Sunday, September 21, 2014

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Foto Selfie Bugil Vanessa Hudgens pun Bocor

Posted: 21 Sep 2014 08:18 PM PDT


Foto bugil mungkin menjadi salah satu barang yang paling banyak dicari dan dengan mudah dapat ditemukan di internet saat ini. Berbagai foto vulgar para artis juga diberitakan semakin banyak beredar di jagat maya, salah satunya Vanessa Hudgens.

Sejumlah foto milik artis Hollywood dengan bermacam pose tersebut langsung menyebar luas via internet. Awalnya, foto Vanessa muncul di media sosial Twitter yang langsung di retweet (RT) para penghuni Twitterland.

Bintang utama di film High School Musical itu masih belum memberikan tanggapan terkait foto bugilnya yang bocor tersebut. Bahkan, perwakilan pihak Vanessa yang telah dihubungi masih enggan memberikan komentar soal foto tak senonoh yang bocor itu.

Namun, seperti dikutip dari liputan6.com, meskipun belum dikonfirmasi sebagian orang percaya bahwa itu foto Vanessa. Sebab, gadis yang sedang berpose bugil dengan rambut coklat di foto yang baru tersebar itu memiliki kemirpan yang sangat mencolok dengan Vanessa.

Sebelumnya, jagat maya telah dihebohkan dengan beredarnya foto bugil ratusan artis top Hollywood. Foto yang tersebar itu disebutkan merupakan ulah hacker yang berhasil meretas layanan penyimpanan awan, iCloud milik Apple.

Sejumlah nama selebriti cantik seperti Jennifer Lawrence, Kate Upton, Rihanna, Selena Gomez dan Ariana Grande masuk dalam daftar foto bugil yang tersebar itu. Apakah Vannesa Hudgens juga menjadi salah satu korban pencurian foto tersebut? Belum ada konfirmasi apapun, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Seleb yang Bocor dari iCloud

Posted: 21 Sep 2014 09:58 AM PDT


Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, saat ini sedang heboh mengenai layanan penyimpanan berbasis Cloud milik Apple, yaitu iCloud, yang berhasil diretas oleh orang tak dikenal. Imbasnya, banyak foto-foto dari selebriti Hollywood yang bocor ke dunia maya.

Foto-foto itu kebanyakan berupa foto syur alias foto seleb yang memperlihatkan bagian pribadinya. Seperti yang dikutip dari jadiberita.com, Kini para pengguna internet tampaknya begitu antusias mencari foto-foto seleb idola mereka yang tampil tanpa busana itu.

Tidak tanggung-tanggung, yang menjadi korbannya merupakan aktris atau penyanyi yang cukup dikenal oleh orang di seluruh dunia. Sebut saja Jennifer Lawrence sang tokoh utama film "The Hunger Games", penyanyi Rihanna beserta Ariana Grande, Selena Gomez yang merupakan kekasih Justin Bieber, sang supermodel Kate Upton, bahkan Jessica Alba juga menjadi korbannya.

Foto-foto yang tersebar itu memperlihatkan para selebritis itu sedang memotret diri mereka sendiri alias selfie, namun tanpa mengenakan busana. Ada juga yang masih terlihat 'sopan' dengan mengenakan bawahan namun tidak baju atasan.

 

Selena Gomez

 

Mandy Moore

 

Kate Upton

 

Scarlett Johansson

 

Victoria Justice

 

Ariana Grande

 

Brie Larson

 

Kristen Dunst

 

Ashley Greene

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Larang Kadernya Jabat Menteri di Kabinet Jokowi-JK

Posted: 21 Sep 2014 08:14 AM PDT

anis matta pks

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta, secara tegas melarang kadernya menerima tawaran jabatan menteri dari Kabinet Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Anis Matta menyatakan PKS tidak pernah tergiur dengan posisi di pemerintahan, baik dulu, sekarang, maupun nanti.

Meskipun hingga saat ini belum ada tawaran dari pihak Jokowi-JK, namun apabila ajakan untuk bergabung dengan kabinet tersebut datang, maka DPP PKS tidak akan mengizinkan kadernya untuk menjadi menteri. PKS tetap konsisten menjadi oposisi bersama Koalisi Merah Putih.

"Ya, kita tetap solid (menjadi oposisi) karena kita bagian KMP (Koalisi Merah Putih). Kita tak pernah tergoda dengan jabatan," tegas Anis Matta dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (21/9/2014).

"Dulu, kursi kita cuma 7 tapi kita dengan gagah katakan kita di luar pemerintahan dan kita sendiri. Sekarang kita banyak teman seharusnya oposisi ini menjadi ringan. Ini risiko yang kita ambil dan koalisi kita perlu mempunyai teman koalisi yang baik dan setia pada koalisi sehingga tidak memunculkan kesalahan dalam komunikasi," lanjutnya.

Anis Matta melanjutkan, meskipun PKS berada di luar pemerintahan, namun diyakini partai ini akan menjadi kekuatan yang tidak bisa dipandang remeh. Pasalnya, PKS saat ini memiliki 1.200 orang kader yang bakal duduk di parlemen sebagai oposisi pemerintah.

"PKS pernah menghadapi guncangan. Penumpangnya banyak yang mabok. Tapi kita harus bangga karena kapal kita tidak tenggelam dalam badai. Dalam situasi badai, kita tetap bisa melaluinya. Dan hasilnya adalah anda-anda (1.200 anggota legislatif) ini," tandas Anis Matta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hong Jong Hyun Mengaku Berhubungan dengan Yura Girls Day di Luar WGM

Posted: 21 Sep 2014 08:10 AM PDT

hong jonghyun

Dalam program MBC 'Section TV Entertainment Relay', Hong Jong Hyun bicara soal hubungannya dengan sang istri virtual, Yura Girls Day.

"Kami menjadi semakin dekat," kata Jong Hyun perihal hubungan 'pernikahannya' dengan Yura.

Ketika ditanya apakah ia berhubungan dengan Yura di luar program WGM, Jong Hyun mengatakan,"(Kami tidak sering berhubungan tapi) kami menghubungi satu sama lain sekarang. Ketika Girls Day meraih posisi pertama, aku mengirimkan pesan ucapan selamat."

Dalam wawancara ini, Hong Jong Hyun juga mengungkapkan bahwa ia menyukai tipe perempuan yang nyaman dan menambahkan bahwa ia tipe yang suka menunjukkan kasih sayang jika ia menyukai seseorang.

Sementara itu, Hong Jong Hyun kini sibuk syuting 'Fearless Mama' dimana ia beradu akting dengan Song Yoon Ah.

shared by soompi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berita Terkini: PAN & PPP Hadiri Rakernas PDI-P, Ini Reaksi Gerindra!

Posted: 21 Sep 2014 08:05 AM PDT

rakernas pdip megawati jokowi ppp

Berita terkini, dua parpol anggota Koalisi Merah-Putih yang pada Pilpres 2014 mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), diketahui telah menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Lantas, bagaimana reaksi Gerindra?

Ketua DPP Gerindra, Desmon J. Mahesa, mempertanyakan motif PAN dan PPP menghadiri rakernas PDI-P. Apakah kedua parpol berbasis Islam tersebut akan merapat ke kubu Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK)? Jika itu terjadi dan Koalisi Merah-Putih pecah, Desmon J. Mahesa, tidak merasa khawatir.

Apabila PAN dan PPP pada akhirnya membelot dari Koalisi Merah-Putih dan memutuskan bergabung dengan kubu seberang, bisa saja upaya untuk menghapus pilkada langsung dan menerapkan kembali pilkada piliha DPRD akan berantakan. Namun, Desmon J. Mahesa menilai kemungkinan tersebut biasa saja.

"Kalau (PPP dan PAN) ke sana (Rakernas PDI-P) dalam rangka apa? Pertanyaannya, PPP (kubu) mana yang ke sana? Makanya kita lihat sampai 25 September 2014 (Paripurna RUU Pilkada). Yang paling berpengaruh kan lewat dari situ. Yang kedua kita lihat PAN tanggal 25 nanti putar balik nggak? Kalau putar balik, (Koalisi Merah-Putih) pecah, ya biasa saja," kata Desmon J. Mahesa beberapa waktu lalu.

"Pada saat mendukung Prabowo, ya bisa dibilang ini pilihan. Jadi Koalisi Merah-Putih ini dijadikan kendaraan juga untuk posisi meningkatkan tawar mereka, kalau enggak kan enggak dilirik," beber Anggota Komisi III DPR-RI ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berita Politik Hari Ini: Prabowo Rangkap Jabatan di Gerindra, Megawati Pimpin PDIP Lagi, Ini Komentar JK

Posted: 21 Sep 2014 08:00 AM PDT

megawati prabowo subianto

Berita politik hari ini, Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih, angkat komentar mengenai Prabowo Subianto yang merangkap sebagai Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra. JK juga ikut ikut bicara tentang terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Mengenai Prabowo Subianto, JK mengakui bahwa ia belum memberikan selamat atas terpilihnya mantan suami Titiek Suharto itu menjadi Ketua Umum Gerindra. Sebagai catatan, Prabowo Subianto terpilih sebagai sebagai Ketua Umum Gerindra sementara untuk menggantikan almarhum Suhardi hingga digelarnya kongres.

"Hehehe, ya itu kan pejabat (sementara), kalau sudah (ketua umum) tetap kita kasih selamat. Masih pejabat, Plt namanya. Kalau dia ketua tetap seperti Bung Surya (Ketum NasDem), kita kasih selamat," seloroh Jusuf Kalla di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sedangkan mengenai terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP lagi hingga tahun 2020 mendatang, Jusuf Kalla menilai bahwa Megawati masih dipercaya dan dicintai kader partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut.

"Itu artinya, Bu Mega tetap dicintai oleh seluruh pengurus PDIP di daerah. Karena wibawa dan kenegaraan Ibu Mega tidak diragukan," ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga tidak sepakat dengan anggapan yang menilai bahwa regenerasi di PDIP tidak berjalan dengan baik karena Megawati Soekarnoputri terpilih kembali sebagai ketua umum. "Ah, itu tergantung pengertiannya, kan nanti wakil ketuanya banyak yang muda-muda pastinya. Nanti untuk melanjutkan yang tua-tua," papar JK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heechul Super Junior Berubah Menjadi Anna dalam “Frozen”

Posted: 21 Sep 2014 07:56 AM PDT

Super-Junior-Heechul_1389333826_af_org

Pada 20 September, Heechul Super Junior mengunggah sebuah foto ke akun Instagram-nya dengan tulisan, "Ahhh!! Apa yang harus Aku lakukan untuk sesuatu yang lucu? Bagaimana Aku harus berubah? Terutama dalam video klip 'Mamacita' kami, tapi secara keseluruhan Aku kehilangan sense perubahan ku. Aku tidak bisa mengecewakan fans ku. Berpikir, Kim Heechul."

Dalam foto yang diunggah, Heechul terlihat menggunakan pakaian yang mirip dengan yang digunakan Anna dalam "Frozen". Dengan sebuah rambut palsu yang juga mirip dengan Anna, Heechul lebih terlihat seperti seorang putri, daripada idola yang melakukan cross-dressed. Dia menerima banyak pujian dari fans karena kemampuan transformasinya yang tak terbatas.

920-kim-heechul-anna

Sementara itu, Super Junior akan memulai tur dunia mereka, "Super Show 6?, di Seoul mulai tanggal 19 September hingga 21 September. Konser pada 21 September besok akan menjadi sangat spesial dan memecahkan rekor karena konser tersebut akan menjadi konser ke-100 mereka.

source: soompi
trans by she @ koreanindo.net
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berita Politik Terbaru: Kabinet Jokowi JK Dinamai Kabinet Trisakti?

Posted: 21 Sep 2014 07:51 AM PDT

Unik, SBY Jadi Sopir Jokowi Saat Naik Mobil Khusus

Berita politik terbaru – Kabinet Jokowi JK kemungkinan akan dinamai Kabinet Trisakti. Hal ini meluncur dari hasil Rakernas IV PDI Perjuangan yang melahirkan berbagai rekomendasi untuk pemerintahan baru. Kabinet Jokowi JK menandai era baru bagi PDI-P yang selama 10 tahun menjadi partai oposisi.

Kabinet Jokowi JK nantinya akan diisi oleh komposisi profesional dan kader partai. Jumlah menteri yang 34 menimbulkan dukungan sekaligus kritikan. Ada yang menyebut Jokowi ingkar janji tentang kabinet ramping, ada pula yang menyatakan postur ini yang paling ideal bagi Indonesia saat ini.

PDI-P sendiri terus melaju dan mengirimkan dukungan penuh kepada kabinet pemerintahan baru. Salah satunya, seperti yang disebutkan Puan Maharani, adalah merekomendasikan nama kabinet.

Dikatakannya pada penutupan Rakernas IV PDI-P Sabtu (20/9) malam, "Kami mengusulkan kepada presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla untuk memberi nama kabinetnya dengan nama Kabinet Trisakti."

Bukan hanya nama kabinet yang diusulkan PDI-P. Ada 24 rekomendasi yang meluncur dari partai berlambang banteng moncong putih ini untuk presiden dan wakil presiden terpilih. PDI-P menilai pemerintahan dalam lima tahun ke depan tidak akan berjalan mudah.

Ada persoalan ekonomi yang cukup serius di bidang pangan, energi, dan keuangan. Selain itu, beberapa masalah pelik juga muncul. Misalnya, melunturnya kedaulatan politik. Juga, kesenjangan sosial dan kemiskinan yang semakin tinggii. Di tingkat politik, PDI-P menilai   perilaku korupsi dan politik transaksional semakin akut dari tahun ke tahun.

Partai yang pada pemilihan presiden 2014 bekerjasama dengan Partai Hanura, PKB, dan Partai Nasdem juga mengirimkan rekomendasi terkait kementerian. PDI-P meyakini pentingnya kabinet ahli yang menteri-menterinya didasarkan pada kriteria profesionalitas atau kompetensi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jackson GOT7 Takut Pada Nana After School?

Posted: 21 Sep 2014 07:46 AM PDT

nana_jackson

Pada 21 September, para anggota baru SBS "Roommate Season 2? terlihat pindah ke rumah mereka.

Dalam episode ini, para anggota lama dan baru "Rommate" bisa saling berkenalan satu sama lain lebih jauh.

Saat anggota lainnya pergi dan masuk ke rumah, anggota seperti artis yang berada dalam satu agensi JYP Entertainment, Park Min Woo, Jackson GOT7, dan juga Park Joon Hyung g.o.d mempunyai kesempatan untuk saling berbincang.

"Aku takut pada Nana noona (kakak perempuan). Aku tidak tahu kenapa tapi Aku takut (padanya)," kata Jackson pada Park Min Woo dan Park Joon Hyung.

Park Min Woo, yang telah terlebih dahulu menghabiskan waktu bersama Nana dalam rumah itu di "Roommate Season 1?, meyakinkan Jackson, "Nana bukan orang yang menakutkan. Dia baik. Aku akan mengenalkan mu (padanya)."

Walau dengan kata-kata menenangkan dari Park Min Woo, Jackson masih memiliki rasa "ketakutan pada Nana"-nya sehingga dia berteriak, "Aku takut pada Nana. Bagaimana ini?" saat mereka sampai dalam rumah.

Saat Jackson melihat Nana, dia bersembunyi di belakang Jo Se Ho yang berusaha menenangkannya, "Nana bukan orang yang menakutkan," kata Jo Se Ho kepada Jackson. Nana juga berkata, "Aku tidak menakutkan", dan menyapa Jackson.

roommates21

roommates22

source: soompi
trans by she @ koreanindo.net
TAKE OUT WITH FULL CREDITS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Selfie Kim Kardashian yang Diretas

Posted: 21 Sep 2014 04:36 AM PDT


Kini giliran Kim Kardashian juga harus merasakan foto syurnya beredar luas tanpa ijinnya. Hacker yang menamakan diri Fappeningreport kembali merilis foto-foto yang berhasil dibobol iCloudnya. Dalam foto yang berhasil mereka sebarkan ke dunia maya, Kim terlihat sedang asyik berfoto selfie tanpa mengenakan busana. Artis seksi kelahiran 21 Oktober 1980 ini pun menanggapi foto-fotonya dengan penuh kecemasan.

"Sepertinya banyak sekali orang yang suka menghabiskan waktunya hanya untuk melakukan hacking foto dan itu menjadi sangat mengkhawatirkan", ujar Kim kepada BBC Radio 1 host Nick Grimshaw

Seperti yang dikutip dari jadiberita.com, Kim Kardashian sepertinya sudah terbiasa menghadapi kasus seperti ini. Sebelumnya Kim juga telah membuat sensasi dengan beredarnya video porno dirinya dengan mantan kekasih Ray J, dibuat pada 2003 lalu itu bocor pada 2007. Awalnya keluarga Kardashian mengajukan tuntutan hukum atas perusahaan Vivid Entertainment yang menyebarkan video itu ke tengah masyarakat.

Namun setelah beberapa kali melakukan negosiasi, akhirnya tuntutan itu dicabut dengan Vivid Entertainment membayar biaya sebesar US$ 5 juta sebagai distributor video itu. Apakah hal yang sama akan juga dilakukan oleh keluarga Kim terhadap foto-foto syurnya yang kini tengah beredar luas? Kita tunggu saja.

Berikut adalah foto-foto pribadi Kim yang berhasil dicuri oleh hacker melalui layanan iCloud:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Seksi Jennifer Lawrence yang Diretas

Posted: 21 Sep 2014 03:42 AM PDT


Beberapa waktu lalu terdengar kabar kalau akun iCloud milik aktris pemeran film "The Hunger Games", Jennifer Lawrence, dibobol oleh peretas dan foto pribadinya tersebar. iCloud adalah platform komputasi awan milik Apple yang disediakan bagi pengguna iOS. Mereka bisa menyimpan dan mengunduh berbagai file di penyimpanan cloud itu dari perangkatnya masing-masing.

Foto-foto yang sebagian cukup panas itu, seperti yang dikutip dari jadiberita.com, pertama kali beredar di situs berbagi foto 4Chan. "Ini adalah pelanggaran privasi yang tak bermoral, pihak berwenang telah kami hubungi dan akan mengusut siapa yang mem-posting foto-foto curian milik Jennifer Lawrence," kata seorang perwakilan dari Lawrence.

Selain foto, ternyata ada juga video mesum Jennifer yang belum dipublikasikan oleh sang peretas akun iCloud miliknya itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto Hot dari iCloud Kate Upton yang Diretas

Posted: 21 Sep 2014 02:29 AM PDT


Akhir-akhir ini memang sedang ramai dibicarakan mengenai bocornya foto para selebriti Hollywood gara-gara iCloud berhasil diretas oleh seseorang yang tak dikenal. Yang menjadi korbannya salah satunya adalah Kate Upton.

Kate Upton sendiri adalah seorang model cantik dan juga aktris yang baru-baru ini bermain dalam film "The Other Woman" bersama Nikolaj Coster-Waldau (alias Jamie lannister) and Cameron Diaz. Kate cukup dikenal karena sering berpose seksi mengenakan bikini dalam beberapa majalah.

Seperti yang dikutip dari jadiberita, Dalam foto yang tersebar di dunia maya ini, tampak Kate memotret dirinya dari mengenakan bikini atau pakaian dalam hingga tanpa pakaian. Bahkan yang lebih heboh lagi, ada satu foto dimana Kate berfoto bersama seorang pria, dan keduanya tanpa busana.

"Hal ini jelas melanggar privasi klien kami," kata pengacara Kate Upton, Lawrence Shire. "Kami akan menuntut siapa saja yang menyebarkan foto ini dan kami akan menuntut dengan hukuman sebrat-beratnya," lanjut Lawrence.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekurangan Zat Ini Bikin Otak Jadi Tumpul

Posted: 21 Sep 2014 02:06 AM PDT

otak tumpul

Kinerja otak akan normal dan bagus, jika ditunjang dengan berbagai faktor dari luar dan dalam tubuh. Misalnya mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung jenis mineral tertentu. Jika kurang, maka kerja otak melambat, atau tak lagi tajam alias berubah jadi tumpul.

Salah satunya adalah magnesium, yang terdapat dalam jenis sayur hijau seperti bayam, juga kangkung dan beberapa sayuran lain. Magnesium penting peranannya bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Selain fungsi peningkatan kekebalan, bila Anda mengonsumsinya kurang dari 400 mg per hari, maka Anda dapat beresiko lebih terkena alergi, asma atau gangguan jantung.

Dalam sebuah studi yang terbaru, bahkan disebut bahwa magnesium-L- threonate (MGT) akan membuat kerja otak dari hewan yang diujikan menjadi lebih maksimal. Daya ingat juga meningkat dengan konsumsi zat tersebut dengan dosis cukup.

Dijelaskan oleh Guosong Liu, Direktur Pusat Belajar dan Memori di Universitas Tsinghua di Beijing, China, bahwa penuaan membuat seseorang sering kekurangan magnesium.

"Setengah penduduk negara-negara industri cenderung kekurangan magnesium, yang meningkat akibat penuaan," kata dia seperti dilansir laman Liputan6.

Jika kekurangan maka resiko seseorang menderita penyakit yang merugikan saraf akan makin besar. Salah satunya adalah penyakit Alzheimer yang hingga kini masih diteliti oleh Liu dan rekan-rekannya.

Mereka berupaya menambahkan asupan senyawa magnesium tersebut pada penderita Alzheimer dan meneliti kemajuan yang dialami penderita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persebaya vs Kedah FA Batal?

Posted: 21 Sep 2014 02:01 AM PDT

manahati lestusen persebaya

Jadwal Persebaya vs Kedah FA dalam laga ujicoba hingga saat ini belum menemui kejelasan. Apakah itu berarti pertandingan persahabatan Persebaya melawan klub asal Malaysia, Kedah FA, yang semulai diagendakan akan digelar pada tanggal 23 September 2014 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya batal dilangsungkan?

Manajemen tim Bajul Ijo mengungkapkan bahwa hingga saat ini, belum ada konfirmasi apapun dari pihak Kedah FA mengenai kepastian laga ujicoba melawan Persebaya Surabaya. Padahal, waktu sudah semakin mepet.

"Sampai sekarang masih belum ada kabar mengenai kapan mereka datang, siapa saja pemainnya dan menginap di mana," ujar Sekretaris Tim Persebaya, Rahmad Sumanjaya beberapa waktu lalu.

"Harusnya sudah tanding tanggal 23 September besok. Tapi sampai sekarang tak ada follow-up dari mereka (Kedah FA)," timpal Asisten Manajer Persebaya, Amran Said Ali.

Yang mengejutkan, Kedah FA justru dikabarkan akan menggelar laga ujicoba melawan Pelita Bandung Raya (PBR) pada tanggal 23 September 2014 yang sebelumnya direncanakan untuk menghadapi Persebaya. Rahmad Darmawan selaku pelatih tim Bajul Ijo pun dibuat kaget dengan kabar tersebut.

"Jujur, saya kaget waktu baca koran Jakarta. Mereka menulis Pelita Bandung Raya akan bertemu Kedah pada tanggal 23 September 2014. Seharusnya seperti itu (Kedah FA melawan Persebaya pada tanggal tersebut). Saya juga kaget waktu baca berita itu," kata Rahmad Darmawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas U19 Mirip Sepakbola Spanyol, Kata Pelatih Valencia B

Posted: 21 Sep 2014 01:35 AM PDT

timnas u19 atletico madrid tur spanyol

Valencia B tampaknya cukup terkejut setelah ditahan imbang 1-1 oleh Timnas Indonesia U19 di laga tur Spanyol beberapa waktu lalu. Toni Hernandes, salah seorang anggota tim pelatih Valencia B, menyebut apa yang diperagakan Timnas U19 di pertandingan kemarin mirip dengan sepakbola Spanyol.

Toni Hernandes juga memberikan pujian terhadap mentalitas pelatih dan skuat Garuda Jaya saat ini. Timnas Indonesia U19 dinilai sudah tidak minder lagi ketika berhadapan dengan lawan yang secara level lebih di atas.

"Mentalitas pelatih cukup menarik karena mirip dengan sepak bola Spanyol. Mereka (Timnas Indonesia U19) sangat bagus dengan bola. Permainan mereka terorganisasi, berbeda dengan tim Indonesia sebelumnya yang saya tahu," ungkap Toni Hernandes usai laga Timnas Indonesia U19 vs Valencia B.

timnas u19 valencia indra sjafri pelatih

Di laga melawan Valencia B, Timnas Indonesia U19 tertinggal lebih dulu pada menit 15. Namun, Evan Dimas sukses menyamakan kedudukan lewat gol cantiknya yang berawal dari aksi brilian Septian David Maulana. Penampilan tim Garuda Jaya sendiri cukup apik dan bisa mengimbangi permaian Alex Sanchez dan kawan-kawan.

Pada pertandingan sebelumnya, skuas asuhan Indra Sjafri harus mengakui keunggulan Atletico Madrid B dengan skor tipis 1-2 kendati unggul duluan lewat gol indah Paulo Oktavianus Sitanggang. Selanjutnya, Timnas Indonesia U19 akan menghadapi Real Madrid C dan Barcelona B dalam rangkaian Tur Spanyol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Senior Tingkatkan Kondisi Fisik Jelang Lawan Kamboja

Posted: 21 Sep 2014 01:26 AM PDT

timnas indonesia alfred riedl pelatnas latihan

Kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia senior dinilai belum maksimal saat menghadapi Yaman dan Malaysia di laga ujicoba beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, jajaran pelatih tim Garuda akan berupaya meningkatkan daya tahan Firman Utina dan kawan-kawan jelang melawan Kamboja pada tanggal 25 September 2014 mendatang.

"Kami ingin performa pemain semakin bagus. Sejauh ini, saya senang karena permainan anak-anak ada sedikit peningkatan. Namun, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, terutama kondisi pemain agar lebih maksimal," ungkap Asisten Pelatih Timnas Indonesia senior, Wolfang Pikal, beberapa waktu lalu.

"Mudah-mudahan, melawan Kamboja nanti permainan semakin meningkat. Namun, tidak ada latihan khusus menghadapi Kamboja, seperti halnya saat menghadapi laga uji coba sebelumnya yakni melawan Malaysia," lanjut tangan kanan pelatih Alfred Riedl ini.

Kamboja akan menjadi lawan berikutnya bagi Timnas Indonesia senior di pertandingan ujicoba sebelum skuat Merah-Putih berlaga di ajang AFF Cup 2014. Sebelumnya, PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) sebenarnya telah menyiapkan Lebanon sebagai lawan latih tanding Timnas Indonesia, namun pada akhirnya batal.

"Melawan Lebanon tanggal 22 September 2014 dipastikan batal. Namun bagus, PSSI dan BTN bekerja keras mencari lawan. Tanggal 25 September 2014 kita akan melawan Kamboja," kata Wolfgang Pikal.

"Kita terus lakukan latihan di Sidoarjo demi menjaga kondisi untuk laga melawan Kamboja. Persiapan kami normal saja tidak ada yang spesial, kita jalani dua kali sesi latihan, pagi dan sore. Kami berterima kasih dengan pengurus (PSSI) yang memberi kami lawan Kamboja," tambah Alfred Riedl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas U19 Tur Spanyol 2014, Bersiap Hadapi Barcelona & Real Madrid

Posted: 21 Sep 2014 01:11 AM PDT

timnas u19 skuat tur spanyol

Jadwal Timnas U19 dalam rangkaian Tur Spanyol 2014 masih berlanjut. Setelah menjajal tim B milik Atletico Madrid dan Valencia, dua calon rival Timnas Indonesia U19 berikutnya bukanlah lawan sembarangan. Evan Dimas dan kawan-kawan akan menghadapi Barcelona dan Real Madrid meskipun dua raksasa La Liga itu tidak menurunkan skuat utamanya.

Untuk meladeni Timnas Indonesia U19, La Blaugrana bakal memainkan tim Barcelona B, sedangkan Los Blancos telah menyiapkan Real Madrid C. Kendati yang akan dihadapi pasukan asuhan Indra Sjafri bukanlah skuat utama, namun level kedua tim tersebut masih berada di atas anak-anak Garuda Jaya.

Indra Sjafri sendiri telah menegaskan bahwa ia tetap akan menerapkan pola permainan yang selama ini menjadi ciri khas Timnas Indonesia U19, yakni dengan strategi bola-bola pendek dari kaki ke kaki dan berupaya mendominasi penguasaan bola. Taktik ini kerap disebut-sebut mirip tiki-taka yang menjadi karakter permainan Barcelona, terutama sejak ditukangi Pep Guardiola.

"Kita dianggap sudah punya identitas bermain sendiri. Jangan diubah. Jadikan itu identitas tim hingga di level senior. Cara bermain seperti paling cocok untuk Indonesia. Tapi, kami tidak ingin cepat puas. Karena itu, akan terus memodifikasi permainan supaya bisa tampil maksimal pada Oktober nanti (putaran final Piala Asia U19 di Myanmar)," papar Indra Sjafri.

Di dua laga dalam rangkaian tur Spanyol sebelumnya, Timnas Indonesia U19 memperoleh hasil yang berbeda. Tim Garuda Jaya kalah 1-2 dari Atletico Madrid B di pertandingan pertama, dan berhasil menahan imbang Valencia B 1-1 di laga kedua. Apakah Indonesia mampu meraih kemenangan di laga berikutnya? Kita lihat saja aksi anak-anak Garuda Jaya pada tanggal 24 dan 25 September 2014 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris & Prediksi Manchester City vs Chelsea 21 September 2014

Posted: 21 Sep 2014 01:06 AM PDT

Jadwal Liga Inggris & Prediksi Manchester City vs Chelsea 21 September 2014

Jadwal Liga Inggris antara Manchester City vs Chelsea akan digelar pada Minggu, 21 September 2014 pukul 22.00 WIB. Meski berstatus sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris, tim tamu tidak diunggulkan dalam prediksi City vs Chelsea. Pasukan Manuel Pellegrini sebagai juara bertahan mungkin menyengsarakan The Blues di Etihad Stadium.

Manchester City dan Chelsea sama-sama menuai hasil mengerikan di Liga Champions. Tim biru langit baru saja diperosokkan Bayern Munchen 1-0. Sementara, tim biru gelap harus puas dengan hasil imbang 1-1 saat menjamu Schalke 04. Kini, keduanya bertarung untuk membuat salah satu di antara mereka merasakan hari biru berupa kekalahan.

Diego Costa tidak diturunkan dalam starting XI di laga pertengahan pekan. Meskipun Jose Mourinho menyebut fisik sang penyerang bermasalah, adalah kejutan besar jika ia tidak ada dalam line up di Etihad. Chelsea membutuhkan kehausan gol Costa yang sudah mengoleksi 7 gol.

Chelsea punya catatan selalu memang dalam lima laga tandang terakhir di Liga Inggris. Namun, duel dengan Manchester City bukan perkara mudah. Mourinho harus terlebih dahulu menentukan siapa yang akan menyokong Costa di lini tengah. Apakah Oscar, Andre Schurrle, atau Willian yang mesti terpental.

Kubu tuan rumah harus mewaspadai Cesc Fabregas yang sudah menyumbang 6 assist untuk Chelsea. Namun mereka juga punya penyelesai masalah sendiri. Sergio Aguero yang menjadi cadangan saat melawan Bayern, siap kembali masuk starting XI berada di belakang Edin Dzeko.

Rekor pertemuan Manuel Pellegrini dan Jose Mourinho adalah hal buruk bagi manajer City. Namun, ia memperbaikinya kala menaklukkan The Blues 2-0 musim lalu. Kini, kejadian sama berpotensi terulang. The Citizens harus menang untuk menjaga peluang mereka mempertahankan gelar.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Manchester City (4-1-4-1): Hart; Zabaleta, Demichelis, Kompany, Kolarov; Milner, Toure, Fernandinho, David Silva; Aguero; DzekoChelsea (4-3-3): Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Fabregas, Matic, Ramires; Willian, Diego Costa, Hazard

HEAD TO HEAD

15-02-2014    Manchester City vs Chelsea 2-003-02-2014    Manchester City vs Chelsea 0-127-10-2013    Chelsea vs Manchester City 2-125-05-2013    Chelsea vs Manchester City 3-524-05-2013    Manchester City vs Chelsea 4-3

PREDIKSI SIDOMI: 55-45

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia 2014: Prediksi Palermo vs Inter Milan 22 September

Posted: 21 Sep 2014 12:58 AM PDT

FC Internazionale Milano v US Sassuolo Calcio - Serie A

Jadwal Liga Italia 2014 antara Palermo vs Inter Milan akan digelar pada 22 September 2014 pukul 01.45 WIB. Meskipun berstatus tim tamu, prediksi Inter Milan vs Palermo tetap mengarah pada pasukan Walter Mazzarri. Tiga angka akan membuat Internazionale mendekati Juventus di klasemen Liga Italia sekaligus meninggalkan AC Milan.

Dalam dua giornata awal, Inter Milan seperti kalah start dari sang rival sekota. Rossoneri bersama Filippo Inzaghi berhasil memuncaki klasemen, sementara Nerazzuri sempat imbang di laga perdana. Namun kini kutub telah berubah. Tumbangnya Milan di tangan Juventus membuka peluang Inter menyalip peringkat mereka.

Setelah kemenangan 7-0 dari Sassuolo, semua membicarakan transformasi Nerazzuri. Hanya Mateo Kovacic yang kemungkinan absen di Palermo. Namun sudah ada sang pengganti, rekrutan anyar Yann M'Vila. Kekokohan lini belakang yang menutup Samir Handanovic juga bisa diandalkan karena belum pernah terkoyak.

Di depan, kemungkinan Rodrigo Palacio bisa kembali pilihan utama. Ia akan menemani Mauro Icardi yang pekan lalu mencetak hattrick. Dengan dukungan playmaker Hernanes, Inter akan menguji Palermo yang hingga kini masih menunggu kemenangan perdana di Liga Italia.

Tuan rumah masih dihantui dengan cedera Enzo Maresa. Namun mereka punya kekuatan ekstra. Dalam dua kali lawatan terakhir di Serie-A, Inter selalu keok oleh tim yang kini dilatih oleh Giuseppe Iachini.

Modal memiliki Franco Vazquez yang di laga terakhir sangat hidup, berpotensi mengantarkan kemenangan pertama bagi Palermo, sekaligus kekalahan perdana bagi tim tamu. Namun, mungkinkah inter menyerah begitu saja kala peluang naik di klasemen ada di depan mata?

HEAD TO HEAD

28-04-2013    Palermo vs Inter 1-002-12-2012    Inter vs Palermo 1-001-02-2012    Inter vs Palermo 4-411-09-2011    Palermo vs Inter 4-329-05-2011    Inter vs Palermo 3-1

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Palermo (3-5-1-1): Sorrentino; Andjelkovic, Terzi, Bamba; Pisano, Barreto, Rigoni, Bolzoni, Daprela; Vazquez, DybalaInter Milan (3-5-2): Handanovic; Jesus, Vidic, Ranocchia; Dodo, Hernanes, M'Vila, Medel, Jonathan; Palacio, Icardi

PREDIKSI SIDOMI: 45-55

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Timnas U19 Indra Sjafri Kagumi Pembinaan Pemain Muda di Eropa

Posted: 21 Sep 2014 12:52 AM PDT

timnas u19 indra sjafri tim pelatih

Pelatih Timnas Indonesia U19, Indra Sjafri, mengaku terkesan dengan konsep pembinaan pemain muda di klub-klub Eropa. Hal tersebut dikatakan juru racik Timnas U19 ini usai melakukan diskusi dengan tim pelatih Atletico Madrid B dan Valencia B di Spanyol beberapa waktu lalu.

"Tim-tim Eropa bermain untuk mengembangkan taktik mereka. Mereka tak mau memikirkan antisipasi taktik lawan. Kalau mencetak gol, itu adalah bonus pengembangan taktik, itu yang saya lihat perbedaannya saat melawan tim-tim di luar Eropa," papar Indra Sjafri belum lama ini.

Indra Sjafri melanjutkan, tim pelatih Atletico Madrid B dan Valencia B menilai bahwa Timnas Indonesia U19 saat ini sudah memiliki karakter pemainan, yaitu dengan bola-bola pendek umpan dari kaki ke kaki, mirip taktik tiki-taka yang lekat dengan salah satu tim raksasa La Liga Spanyol, Barcelona.

"Mengenai penilaian, kita dianggap sudah punya identitas bermain sendiri. Jangan diubah. Jadikan itu identitas tim hingga di level senior. Cara bermain seperti itu, kata mereka paling cocok untuk Indonesia," ungkap Indra Sjafri.

"Tapi, kami tidak ingin cepat puas. Karena itu, akan terus memodifikasi permainan supaya bisa tampil maksimal pada Oktober 2014 nanti (putaran final Piala Asia U19 di Myanmar)," tambah pelatih asal Sumatera Barat ini.

Di Spanyol, Timnas Indonesia U19 telah melakoni dua laga ujicoba, dengan hasil dikalahkan Atletico Madrid B (1-2) dan imbang melawan Valencia B (1-1). Selanjutnya, Paulo Oktavianus Sitanggang dan kawan-kawan akan meladeni Barcelona B dan Real Madrid C sebelum kembali ke tanah air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Orang yang Ingatannya Hanya dapat Bertahan Beberapa Menit

Posted: 20 Sep 2014 11:00 PM PDT


Pernah nonton film Memento? Dimana tokohnya tidak bisa mengingat sesuatu lebih dari 15 menit? Nah postingan kali ini menjuga menceritakan seseorang yang seperti itu, namun ini bukan film tapi kisah nyata …

Foto Otak dibawah ini adalah sumber pengetahuan yang besar. Tapi pemiliknya, bangun setiap hari dengan tidak tahu betapa pentingnya otaknya. Otak ini milik Henry Gustav Molaison.

 

Seperti yang dikutip daru versesofuniverse.blogspot.com, Henry Gustav Molaison Lahir pada tanggal 26 Februari 19 26. Dia adalah salah satu pasien yang paling terkenal dalam sejarah penelitian otak. Pada tahun 1953, sebuah operasi eksperimental yang dimaksudkan untuk meringankan epilepsi parah nya, malah membuat dia “membeku dalam waktu”: Dia bisa mengingat peristiwa dan fakta yang dia tahu dan alami sebelum operasi, tapi tidak bisa mempertahankan memori atau mengingat apa yang dia alami atau tahu setelah operasi. Setiap pengalaman baru akan meninggalkan otaknya hanya dalam beberapa menit.

Selama beberapa dekade, Molaison (yang dikenal sebagai HM dalam buku teks psikologi dan puluhan makalah penelitian) bekerja sama dengan para peneliti yang tertarik pada defisit memori anehnya, karena hal tersebut dapat mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana otak menciptakan rekaman wajah-wajah, fakta-fakta, dan pengalaman hidup.

Di masa operasi Molaison, pendapat konvensional yang berkembang saat itu adalah bahwa jejak memori didistribusikan ke seluruh otak. Tapi kasus Molaison menunjukkan bahwa bagian-bagian tertentu dari otak memegang peranan penting untuk fungsi memori tertentu. Dokter yang membedahnya waktu itu, William Beecher Scoville, telah mengangkat sebagian besar dari lobus temporal medial, termasuk hippocampus. Sekarang kita tahu bahwa jika struktur ini diambil, seseorang tidak akan dapat mengingat atau membentuk memori baru tentang tempat, benda, peristiwa serta dari orang-orang yang dia jumpai. Jadi Molaison menyapa para peneliti yang telah bekerja dengannya selama beberapa dekade seolah-olah ia tidak pernah melihat mereka sebelumnya.


Sebagian besar dari dua hippocampus Molaison diambil/dihapus secara bilateral

 

Karena kerusakan otak Molaison adalah hasil pengambilan bagian otak tertentu dan menghasilkan defisit memori yang begitu spesifik, ia adalah test case yang sempurna untuk munculnya ilmu memori. Dia adalah orang yang membuat jelas bahwa kenangan disimpan dalam lokasi tertentu, tidak didistribusikan ke seluruh otak. Otak Molaison juga mengungkapkan perbedaan antara memori keterampilan, seperti bagaimana mengendarai sepeda, dengan memori peristiwa, meskipun Molaison tidak bisa menyimpan informasi yang baru, dia dapat melakukan tugas-tugas yang ddiberikan padanya (seperti mengerjakan Maze) dengan baik, meskipun segera kemudian dia tidak ingat telah bermain maze. Selama 55 tahun ia dipelajari secara mendalam oleh para peneliti mencoba untuk memahami bagaimana memori terbentuk dan tersimpan di otak. Hingga saat kematiannya, Molaison telah diuji oleh sekitar 100 ahli saraf dan disebutkan dalam ribuan karya ilmiah.

Ketika Molaison meninggal, pada usia 82 tahun, tugas melestarikan otaknya jatuh ke Jacopo Annese, seorang neuroanatomist di University of California, San Diego dan direktur dari Observatory Brain. Annese membekukan otak dalam blok gelatin dan mengirisnya menjadi 2.401 bagian yang tiap bagiannya setipis kertas, pada tahun 2009. Dan pengirisan otak tersebut, yang memakan waktu 5 jam disiarkan secara online di internet, dan mendapat 400.000 kunjungan selama prosedur.


Otak Henry Molaison dalam blok gelatin

 


Proses Pengirisan Otak Molaison menjadi 2401 helai

 

Tujuan Annese adalah untuk menciptakan akses terbuka bagi siapa saja mengenai atlas otak Molaison. Sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Communications menjelaskan beberapa temuan awal dan memberikan tampilan yang paling rinci pada kerusakan otak yang menyebabkan masalah memori Molaison tersebut.

Ternyata dokter bedah Scoville tidak menghapus seluruh hippocampus. Sebaliknya, alat hisap nya hanya mendapat sekitar setengah dari bagian depan hippocampus pada setiap sisi otak, serta korteks entorhinal di dekatnya, dan banyak amigdala. Studi MRI yang dilakukan ketika Molaison masih hidup mencapai kesimpulan yang sama, tetapi pemeriksaan post-mortem baru menunjukkan lesi bedah dalam resolusi yang jauh lebih besar. Di bawah mikroskop, ada bukti neuron tampak sehat di bagian hippocampus yang terhindar.


Salah satu layer dari otak Molaison

 

Kerusakan korteks entorhinal pada otak Molaison, hampir pasti adalah apa yang menyebabkan defisit ingatannya. Korteks entorhinal berisi semua jalur yang membawa informasi dari dunia luar, dari semua indera, pada hippocampus. Tanpa hubungan itu, apa pun yang tersisa dari hippocampal (mesin pembuatan memori) nya Molaison itu benar-benar terputus dari segalanya.

Otak Molaison kini telah direkonstruksi secara digital. Model virtual 3D telah dibuat dan tersedia secara gratis untuk para peneliti untuk dapat memeriksa otak manusia secara lebih rinci daripada sebelumnya, yang berarti bahwa penelitian akan terus berlanjut, dan memastikan bahwa Henry Molaison tidak akan pernah terlupakan ….

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Orang yang Ingatannya Hanya dapat Bertahan Beberapa Menit

Posted: 20 Sep 2014 11:00 PM PDT


Pernah nonton film Memento? Dimana tokohnya tidak bisa mengingat sesuatu lebih dari 15 menit? Nah postingan kali ini menjuga menceritakan seseorang yang seperti itu, namun ini bukan film tapi kisah nyata …

Foto Otak dibawah ini adalah sumber pengetahuan yang besar. Tapi pemiliknya, bangun setiap hari dengan tidak tahu betapa pentingnya otaknya. Otak ini milik Henry Gustav Molaison.

 

Seperti yang dikutip daru versesofuniverse.blogspot.com, Henry Gustav Molaison Lahir pada tanggal 26 Februari 19 26. Dia adalah salah satu pasien yang paling terkenal dalam sejarah penelitian otak. Pada tahun 1953, sebuah operasi eksperimental yang dimaksudkan untuk meringankan epilepsi parah nya, malah membuat dia “membeku dalam waktu”: Dia bisa mengingat peristiwa dan fakta yang dia tahu dan alami sebelum operasi, tapi tidak bisa mempertahankan memori atau mengingat apa yang dia alami atau tahu setelah operasi. Setiap pengalaman baru akan meninggalkan otaknya hanya dalam beberapa menit.

Selama beberapa dekade, Molaison (yang dikenal sebagai HM dalam buku teks psikologi dan puluhan makalah penelitian) bekerja sama dengan para peneliti yang tertarik pada defisit memori anehnya, karena hal tersebut dapat mengajarkan kepada mereka tentang bagaimana otak menciptakan rekaman wajah-wajah, fakta-fakta, dan pengalaman hidup.

Di masa operasi Molaison, pendapat konvensional yang berkembang saat itu adalah bahwa jejak memori didistribusikan ke seluruh otak. Tapi kasus Molaison menunjukkan bahwa bagian-bagian tertentu dari otak memegang peranan penting untuk fungsi memori tertentu. Dokter yang membedahnya waktu itu, William Beecher Scoville, telah mengangkat sebagian besar dari lobus temporal medial, termasuk hippocampus. Sekarang kita tahu bahwa jika struktur ini diambil, seseorang tidak akan dapat mengingat atau membentuk memori baru tentang tempat, benda, peristiwa serta dari orang-orang yang dia jumpai. Jadi Molaison menyapa para peneliti yang telah bekerja dengannya selama beberapa dekade seolah-olah ia tidak pernah melihat mereka sebelumnya.


Sebagian besar dari dua hippocampus Molaison diambil/dihapus secara bilateral

 

Karena kerusakan otak Molaison adalah hasil pengambilan bagian otak tertentu dan menghasilkan defisit memori yang begitu spesifik, ia adalah test case yang sempurna untuk munculnya ilmu memori. Dia adalah orang yang membuat jelas bahwa kenangan disimpan dalam lokasi tertentu, tidak didistribusikan ke seluruh otak. Otak Molaison juga mengungkapkan perbedaan antara memori keterampilan, seperti bagaimana mengendarai sepeda, dengan memori peristiwa, meskipun Molaison tidak bisa menyimpan informasi yang baru, dia dapat melakukan tugas-tugas yang ddiberikan padanya (seperti mengerjakan Maze) dengan baik, meskipun segera kemudian dia tidak ingat telah bermain maze. Selama 55 tahun ia dipelajari secara mendalam oleh para peneliti mencoba untuk memahami bagaimana memori terbentuk dan tersimpan di otak. Hingga saat kematiannya, Molaison telah diuji oleh sekitar 100 ahli saraf dan disebutkan dalam ribuan karya ilmiah.

Ketika Molaison meninggal, pada usia 82 tahun, tugas melestarikan otaknya jatuh ke Jacopo Annese, seorang neuroanatomist di University of California, San Diego dan direktur dari Observatory Brain. Annese membekukan otak dalam blok gelatin dan mengirisnya menjadi 2.401 bagian yang tiap bagiannya setipis kertas, pada tahun 2009. Dan pengirisan otak tersebut, yang memakan waktu 5 jam disiarkan secara online di internet, dan mendapat 400.000 kunjungan selama prosedur.


Otak Henry Molaison dalam blok gelatin

 


Proses Pengirisan Otak Molaison menjadi 2401 helai

 

Tujuan Annese adalah untuk menciptakan akses terbuka bagi siapa saja mengenai atlas otak Molaison. Sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Communications menjelaskan beberapa temuan awal dan memberikan tampilan yang paling rinci pada kerusakan otak yang menyebabkan masalah memori Molaison tersebut.

Ternyata dokter bedah Scoville tidak menghapus seluruh hippocampus. Sebaliknya, alat hisap nya hanya mendapat sekitar setengah dari bagian depan hippocampus pada setiap sisi otak, serta korteks entorhinal di dekatnya, dan banyak amigdala. Studi MRI yang dilakukan ketika Molaison masih hidup mencapai kesimpulan yang sama, tetapi pemeriksaan post-mortem baru menunjukkan lesi bedah dalam resolusi yang jauh lebih besar. Di bawah mikroskop, ada bukti neuron tampak sehat di bagian hippocampus yang terhindar.


Salah satu layer dari otak Molaison

 

Kerusakan korteks entorhinal pada otak Molaison, hampir pasti adalah apa yang menyebabkan defisit ingatannya. Korteks entorhinal berisi semua jalur yang membawa informasi dari dunia luar, dari semua indera, pada hippocampus. Tanpa hubungan itu, apa pun yang tersisa dari hippocampal (mesin pembuatan memori) nya Molaison itu benar-benar terputus dari segalanya.

Otak Molaison kini telah direkonstruksi secara digital. Model virtual 3D telah dibuat dan tersedia secara gratis untuk para peneliti untuk dapat memeriksa otak manusia secara lebih rinci daripada sebelumnya, yang berarti bahwa penelitian akan terus berlanjut, dan memastikan bahwa Henry Molaison tidak akan pernah terlupakan ….

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Gulungan Tembaga Gua Qumran

Posted: 20 Sep 2014 10:00 PM PDT


Gulungan Tembaga atau Copper Scroll (3Q15) adalah salah satu dari Gulungan Laut Mati yang ditemukan di Gua Qumran 3 dekat Khirbet, tetapi berbeda secara signifikan dari yang lain. Sementara gulungan lainnya ditulis pada perkamen atau papirus, gulungan tembaga ini ditulis pada logam: tembaga dicampur dengan sekitar 1 persen timah.

Juga tidak seperti yang lain, gulungan ini tidak berisi karya sastra, tapi berisi daftar lokasi di mana berbagai harta, emas dan perak dimakamkan atau disembunyikan, seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru.

1:1 In the ruin that is in the valley of Acor, under
1:2 the steps, with the entrance at the East,
1:3 a distance of forty cubits: a strongbox of silver and its vessels
1:4 with a weight of seventeen talents.

Begitulah kira-kira terjemahan kolom pertama dari Copper Scroll, salah satu gulungan yang paling menarik, dan membingungkan, yang ditemukan di antara koleksi yang dikenal sebagai Gulungan Laut Mati. Terdengar seperti sesuatu dari film Indiana Jones, teks Copper Scroll (3Q15) menjelaskan sejumlah besar harta karun. Ditemukan pada tahun 1952 di Gua 3 di Khirbet Qumran di tepi Laut Mati, salah satu dari beberapa gulungan yang ditemukan, telah berada disana selama hampir 2.000 tahun.

Sebagian besar dari apa yang disebut “Dead Sea Scrolls” ditemukan oleh Bedouin dan dijual melalui dealer barang antik, tapi yang gulungan tembaga ini benar-benar ditemukan oleh arkeolog. Pada zaman kuno teks dokumen telah ditorehkan pada lembaran tipis tembaga yang kemudian digulung bersama-sama.

 

 

Pada saat ditemukan, bagaimanapun, dokumen itu digulung menjadi dua gulungan terpisah dan tembaganya sangat teroksidasi serta terlalu rapuh untuk membuka gulungan. Selama lima tahun sarjana dan ahli membahas cara-cara membuka gulungan itu. Akhirnya, mereka memutuskan untuk memotong gulungan itu menjadi beberapa bagian dari luar dengan menggunakan gergaji kecil.

Setelah bekerja dengan sangat hati-hati, mereka memotong gulungan menjadi 23 strip, masing-masing melengkung ke dalam setengah silinder. Sebelum dipotong, seorang pakar merasa melihat kata-kata untuk perak dan emas dan menyarankan bahwa gulungan itu daftar harta karun. Tentu saja, ketika itu diuraikan, ternyata sarjana tersebut benar!

Bagaimana dengan semua harta itu? Harta siapa itu? Apakah ada yang menemukannya? Jawaban untuk pertanyaan terakhir adalah, tidak, setidaknya itu yang para peneliti katakan.

Harta-harta yang dijelaskan dalam Copper Scroll terdiri dari sejumlah besar emas dan perak, serta banyak koin dan barang emas. Sulit untuk mengetahui berapa nilai harta-harta yang dijelaskan dalam gulungan, karena kita tidak mengetahui satuan berat yang digunakan dalam gulungan sebenarnya setara dengan apa, tetapi diperkirakan pada tahun 1960, nilai total dari harta-harta tersebut diatas US $ 1.000.000

 

 

Dengan daftar harta sebesar ini, Anda mungkin bertanya, mengapa tidak semua orang keluar mencari harta karun itu? (Dan mungkin bertanya mengapa Stephen Spielberg belum membuat film tentangnya?) Yang benar adalah, beberapa orang memang berusaha mencarinya, tetapi sangat tidak mudah untuk menemukannya. Mengapa tidak mudah? Pertama adalah kita tidak tahu arti semua kata yang ada dalam teks tersebut. Teks di gulungan tembaga kebanyakan adalah bahasa Ibrani kuno, yang tentu saja merupakan bahasa yang dikenal, tapi kebanyakan teks Ibrani kuno yang kita miliki dan ketahui artinya adalah teks-teks yang berkaitan dengan agama, sedangkan teks Copper Scroll tidak satupun yang berkaitan dengan agama. Sebagian besar kosakata dalam Copper Scroll sama sekali tidak ditemukan dalam Alkitab atau apapun yang kita miliki dari zaman kuno.

Tidak hanya masalah kosakata yang membuat kita kesulitan, beberapa lokasi geografis saat teks dibuat tidak dikenal lagi saat ini, banyak yang terlalu spesifik dan beberapa merujuk ke tempat-tempat yang tidak lagi ada.

 

 

Ada beberapa orang yang telah menyarankan bahwa harta yang disebut di dalam Copper Scroll tidak pernah benar-benar ada, dan Copper Scroll hanyalah sebuah karya fiksi. Bahkan jika harta itu memang ada, kita tidak tahu dari mana asalnya atau milik siapa harta-harta itu. Beberapa teori lainnya yang berusaha menjelaskan asal-usul harta tersebut adalah seperti dibawah ini:

Teori Pertama: harta tersebut bisa jadi adalah berasal dari komunitas Qumran. Kesulitan teori ini adalah bahwa komunitas Qumran adalah komunitas pertapa, dan biasanya para pertapa tidak memiliki harta yang cukup banyak.

Teori Kedua, harta tersebut bisa jadi berasal dari Bait Suci Kedua. Namun, Yosefus menyatakan bahwa harta utama bait atau kuil itu masih berada di dalam kuil ketika jatuh ke tangan Romawi, dan juga bahwa teks-teks Qumranic lainnya tampaknya terlalu kritis terhadap imam-imam kuil sehingga penulis-penulis mereka tak mungkin cukup dekat dengan imam-imam kuil untuk membawa harta mereka untuk diamankan. (The Arch of Titus menunjukkan beberapa item bait kedua dibawa ke Roma)

Teori Ketiga, harta tersebut bisa jadi berasal dari Bait Suci Pertama, yang dihancurkan oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada tahun 586 SM. Teori ini tidak cocok dengan karakter gulungan lain, dan Copper Scroll ini ditulis terlalu terlambat untuk teori ini.

Semua teori diatas hanyalah tebakan. Darimana harta-hata tersebut, Siapa pemiliknya, dan apa yang terjadi, kita mungkin tidak pernah tahu ….

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Gulungan Tembaga Gua Qumran

Posted: 20 Sep 2014 10:00 PM PDT


Gulungan Tembaga atau Copper Scroll (3Q15) adalah salah satu dari Gulungan Laut Mati yang ditemukan di Gua Qumran 3 dekat Khirbet, tetapi berbeda secara signifikan dari yang lain. Sementara gulungan lainnya ditulis pada perkamen atau papirus, gulungan tembaga ini ditulis pada logam: tembaga dicampur dengan sekitar 1 persen timah.

Juga tidak seperti yang lain, gulungan ini tidak berisi karya sastra, tapi berisi daftar lokasi di mana berbagai harta, emas dan perak dimakamkan atau disembunyikan, seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru.

1:1 In the ruin that is in the valley of Acor, under
1:2 the steps, with the entrance at the East,
1:3 a distance of forty cubits: a strongbox of silver and its vessels
1:4 with a weight of seventeen talents.

Begitulah kira-kira terjemahan kolom pertama dari Copper Scroll, salah satu gulungan yang paling menarik, dan membingungkan, yang ditemukan di antara koleksi yang dikenal sebagai Gulungan Laut Mati. Terdengar seperti sesuatu dari film Indiana Jones, teks Copper Scroll (3Q15) menjelaskan sejumlah besar harta karun. Ditemukan pada tahun 1952 di Gua 3 di Khirbet Qumran di tepi Laut Mati, salah satu dari beberapa gulungan yang ditemukan, telah berada disana selama hampir 2.000 tahun.

Sebagian besar dari apa yang disebut “Dead Sea Scrolls” ditemukan oleh Bedouin dan dijual melalui dealer barang antik, tapi yang gulungan tembaga ini benar-benar ditemukan oleh arkeolog. Pada zaman kuno teks dokumen telah ditorehkan pada lembaran tipis tembaga yang kemudian digulung bersama-sama.

 

 

Pada saat ditemukan, bagaimanapun, dokumen itu digulung menjadi dua gulungan terpisah dan tembaganya sangat teroksidasi serta terlalu rapuh untuk membuka gulungan. Selama lima tahun sarjana dan ahli membahas cara-cara membuka gulungan itu. Akhirnya, mereka memutuskan untuk memotong gulungan itu menjadi beberapa bagian dari luar dengan menggunakan gergaji kecil.

Setelah bekerja dengan sangat hati-hati, mereka memotong gulungan menjadi 23 strip, masing-masing melengkung ke dalam setengah silinder. Sebelum dipotong, seorang pakar merasa melihat kata-kata untuk perak dan emas dan menyarankan bahwa gulungan itu daftar harta karun. Tentu saja, ketika itu diuraikan, ternyata sarjana tersebut benar!

Bagaimana dengan semua harta itu? Harta siapa itu? Apakah ada yang menemukannya? Jawaban untuk pertanyaan terakhir adalah, tidak, setidaknya itu yang para peneliti katakan.

Harta-harta yang dijelaskan dalam Copper Scroll terdiri dari sejumlah besar emas dan perak, serta banyak koin dan barang emas. Sulit untuk mengetahui berapa nilai harta-harta yang dijelaskan dalam gulungan, karena kita tidak mengetahui satuan berat yang digunakan dalam gulungan sebenarnya setara dengan apa, tetapi diperkirakan pada tahun 1960, nilai total dari harta-harta tersebut diatas US $ 1.000.000

 

 

Dengan daftar harta sebesar ini, Anda mungkin bertanya, mengapa tidak semua orang keluar mencari harta karun itu? (Dan mungkin bertanya mengapa Stephen Spielberg belum membuat film tentangnya?) Yang benar adalah, beberapa orang memang berusaha mencarinya, tetapi sangat tidak mudah untuk menemukannya. Mengapa tidak mudah? Pertama adalah kita tidak tahu arti semua kata yang ada dalam teks tersebut. Teks di gulungan tembaga kebanyakan adalah bahasa Ibrani kuno, yang tentu saja merupakan bahasa yang dikenal, tapi kebanyakan teks Ibrani kuno yang kita miliki dan ketahui artinya adalah teks-teks yang berkaitan dengan agama, sedangkan teks Copper Scroll tidak satupun yang berkaitan dengan agama. Sebagian besar kosakata dalam Copper Scroll sama sekali tidak ditemukan dalam Alkitab atau apapun yang kita miliki dari zaman kuno.

Tidak hanya masalah kosakata yang membuat kita kesulitan, beberapa lokasi geografis saat teks dibuat tidak dikenal lagi saat ini, banyak yang terlalu spesifik dan beberapa merujuk ke tempat-tempat yang tidak lagi ada.

 

 

Ada beberapa orang yang telah menyarankan bahwa harta yang disebut di dalam Copper Scroll tidak pernah benar-benar ada, dan Copper Scroll hanyalah sebuah karya fiksi. Bahkan jika harta itu memang ada, kita tidak tahu dari mana asalnya atau milik siapa harta-harta itu. Beberapa teori lainnya yang berusaha menjelaskan asal-usul harta tersebut adalah seperti dibawah ini:

Teori Pertama: harta tersebut bisa jadi adalah berasal dari komunitas Qumran. Kesulitan teori ini adalah bahwa komunitas Qumran adalah komunitas pertapa, dan biasanya para pertapa tidak memiliki harta yang cukup banyak.

Teori Kedua, harta tersebut bisa jadi berasal dari Bait Suci Kedua. Namun, Yosefus menyatakan bahwa harta utama bait atau kuil itu masih berada di dalam kuil ketika jatuh ke tangan Romawi, dan juga bahwa teks-teks Qumranic lainnya tampaknya terlalu kritis terhadap imam-imam kuil sehingga penulis-penulis mereka tak mungkin cukup dekat dengan imam-imam kuil untuk membawa harta mereka untuk diamankan. (The Arch of Titus menunjukkan beberapa item bait kedua dibawa ke Roma)

Teori Ketiga, harta tersebut bisa jadi berasal dari Bait Suci Pertama, yang dihancurkan oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada tahun 586 SM. Teori ini tidak cocok dengan karakter gulungan lain, dan Copper Scroll ini ditulis terlalu terlambat untuk teori ini.

Semua teori diatas hanyalah tebakan. Darimana harta-hata tersebut, Siapa pemiliknya, dan apa yang terjadi, kita mungkin tidak pernah tahu ….

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taman di Dasar Danau

Posted: 20 Sep 2014 09:08 PM PDT


Grüner See, secara harfiah berarti “Danau Hijau”, adalah sebuah danau di Styria, Austria, dekat kota Tragöß (Tragoss), yang terletak di kaki pegunungan Hochschwab yang tertutup salju. Selama musim dingin, danau ini hanya sedalam 1-2 meter dan daerah sekitarnya digunakan sebagai taman desa. Saat musim dingin inilah sekitar danau menjadi situs favorit bagi pejalan kaki.

Namun, seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, setelah suhu mulai meningkat pada musim semi, es dan salju di puncak gunung mulai mencair dan mengalir turun ke cekungan tanah di bawahnya. Danau Hijau ini akan “membengkak” hingga menelan seluruh wilayah sekitarnya termasuk taman. Selama musim panas, danau mencapai kedalaman maksimum sekitar 12 meter dan danau menjadi situs favorit bagi para penyelam karena pemandangan di dalam danau seperti dunia indah yang tenggelam.

 

 

Danau mendapat pewarnaan hijau yang khas, dan nama, dari rumput dan dedaunan di bawahnya, dan berkat salju segar yang mencair, air danau menjadi dingin dan jernih. Suhu danau musim panas sekitar 4 sampai 8°C, namun danau menjadi populer di kalangan penyelam yang dapat mengamati padang rumput hijau di zona tepi danau khususnya pada bulan Juni ketika level air danau berada pada titik tertinggi. Rumput alpine dan bunga padang rumput terlihat mekar penuh di bawah air. Bahkan kita dapat melihat bangku-bangku, jembatan dan jalan setapaknya.

Sekitar bulan Juli, danau mulai surut dan saat kembali ke musim dingin, danau ini juga kembali ke ukuran aslinya dan taman yang terungkap kembali digunakan lagi oleh para pejalan kaki.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

No comments:

Post a Comment