Saturday, March 31, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Voting BBM Dilakukan Terbuka, Tawarkan 2 Opsi

Posted: 31 Mar 2012 06:02 PM PDT

Sidang paripurna DPR (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya melakukan voting terbuka dalam menentukan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Dalam rapat pripurna ini, ada dua opsi yang ditawarkan yaitu adanya pasal 7 ayat 6 dan pasal 7 ayat 6a Undang-Undang APBN 2012. Namun, hujan interupsi dilakukan oleh para anggota dewan. Hal ini, karena dua opsi voting ini belum menuai kesepakatan.

Ketua fraksi PDIP, Puan Maharani meminta agar opsi pertama dihilangkan untuk voting. Hal ini karena semua fraksi sudah menyetujui adanya Pasal 7 ayat 6.

“Setelah menunggu jam 4 karena semua setuju dengan pasal 7 ayat 6 sudah setuju semua. Maka yang hanya divoting pasal 7 ayat 6a saja,” kata Puan saat sidang paripurna, Jumat 30 Maret 2012.

Namun, pimpinan sidang Marzuki Alie tetap pada dua opsi. Pasal 7 ayat 6 dan pasal 7 ayat 6a. “Mau nggak mau kita voting dengan opsi yang kita sepakati,” kata dia.

Voting, dilakukan dengan cara jika setuju pada salah satu opsi tersebut, anggota dewan diminta berdiri.

Pasal 6A yang dimaksud berisi kewenangan Pemerintah untuk menaikkan harga BBM apabila harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP) naik sekian persen di atas ICP yang diasumsikan di APBN Perubahan 2012. (umi)

Fokus Bekerja, Kevin Aprilio Tunda Cari Pacar

Posted: 31 Mar 2012 05:55 PM PDT

Memes dan Kevin Aprilio (VIVAnews/Heryu Nandiasa)

VIVAnews - Personel band Vierra, Kevin Aprilio mengaku belum memiliki seorang kekasih. Di usianya yang sudah menginjak 21 tahun, putra pertama pasangan Addie MS dan Memes tersebut justru tengah sibuk memproduseri girlband Princess.

“Memang lagi fokus karier saja, album Princess sama album Vierra. Hubungan mitra kerja. Kalau bisa tidak pacaran,” kata Kevin saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat, 30 Maret 2012.

Meski belum terpikir menjalin cinta, Kevin mengaku telah memiliki target menikah. Ia berharap bisa membangun rumah tangga saat usianya sudah di atas 25 tahun.

“Targetnya masih lama. Tadinya mau di usia 25, tapi 28 saja deh,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, sang ibunda, Memes mengatakan, ia dan Addie memiliki persyaratan tersendiri terhadap calon pendamping Kevin kelak. Salah satunya adalah satu agama dan tidak mudah cemburu karena sebagai seorang pemain band, Kevin memiliki banyak penggemar wanita.

“Persyaratan masing-masing, aku sama Addie punya. Tapi aku terserah dia,” ujar Memes.

Meski membebaskan sang anak untuk memilih pendamping hidupnya, Memes tak setuju jika Kevin menikah muda. “Aku bilang kalau menikah muda belum lah. Alangkah bagus cari ilmu dahulu. Tapi semua kembali ke Kevin,” ujarnya.

PDIP Berang Puan Maharani Diabaikan

Posted: 31 Mar 2012 05:47 PM PDT

Pramono Anung dan Puan Maharani (Antara/ Akbar Nugroho Gumay)

VIVAnews - Fraksi PDI Perjuangan akhirnya mengikuti langkah Fraksi Hanura untuk meninggalkan rapat paripurna BBM. Alasan Fraksi PDIP bukan hanya karena forum ini dinilai tidak lagi memiliki legitimasi, tapi juga karena kecewa atas sikap pimpinan rapat terhadap Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani.

“PDIP merasa forum ini sudah tidak dihormati lagi. Ketua Fraksi kami diabaikan pendapatnya. Itu artinya kami sudah diabaikan,” kata Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuriyanto di ruang rapat paripurna DPR, Jakarta, Jumat dini hari 31 Maret 2012.

Sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani, Maruarar Sirait, politisi Hanura Syarifudin Sudding, dan dari Gerindra Ahmad Muzani, mencoba merapat ke meja pimpinan rapat.

Tetapi, saat Puan merapat, Ketua DPR yang juga pimpinan rapat Marzuki Alie menghalau dan melarang keempatnya untuk merapat ke meja pimpinan.

Menurut Bambang, PDIP mengucapkan terima kasih yang tinggi atas kesempatan yang diberikan. Tapi PDIP menilai forum rapat paripurna ini sudah tidak lagi memiliki legitimasi atas undang-undang.

“Terjadi pelanggaran tata tertib. Tata tertib disusun melalui badan legislasi. Ini adalah kejadian luar biasa,” kata Bambang.

PDIP menegaskan bukan tidak ingin melanjutkan rapat paripurna. Tetapi karena forum ini dinilai sudah tidak lagi sesuai dengan marwahnya. (umi)

Harga BBM Tak Jadi Naik, Golkar Bersyukur

Posted: 31 Mar 2012 05:42 PM PDT

Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto puas dengan hasil rapat paripurna DPR semalam yang berhasil menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami bersyukur karena fraksi-fraksi lain seperti PAN, PKB, dan PPP ikut koalisi Golkar untuk tidak menaikkan BBM. Kami bersama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat," kata Setya, Sabtu 31 Maret 2012, dini hari tadi.

Paripurna DPR semalam menyepakati penambahan ayat 6a dalam Pasal 7 ayat 6 Undang-undang APBN 2012 yang melarang pemerintah menaikkan harga BBM, melalui voting.

Dalam pasal tambahan itu, pemerintah diizinkan menaikkan atau menurunkan harga BBM apabila harga rata-rata minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) dalam kurun waktu 6 bulan ini mengalami kenaikan atau penurunan hingga lebih dari 15 persen dari asumsi APBN-P 2012 sebesar US$105 per barel.

Artinya, pemerintah tak bisa menaikkan harga bahan bakar saat ini, sebab rata-rata harga minyak mentah Indonesia dalam 6 bulan terakhir belum sampai US$120,75 per barel.

Namun angka ini sesungguhnya hampir tercapai, sebab sejak awal Oktober 2011 sampai akhir Maret 2012 ini, rata-rata harga minyak mentah Indonesia sudah mencapai US$116 per barel.

Opsi penambahan ayat ini disetujui oleh 356 anggota DPR, sementara jumlah anggota dewan yang menolak ayat tambahan tersebut hanya 82 orang.

Setya menyatakan, melalui ayat itu, penurunan atau kenaikan harga BBM jelas merupakan wewenang pemerintah. "Itu bukan domain kami lagi di DPR. Jadi apabila dalam 6 bulan ini fluktuasi mencapai lebih dari 15 persen, silakan pemerintah menyesuaikan," ujarnya.

Jadi, bisa dibilang sesungguhnya partai koalisi tidak menolak kenaikan harga BBM. Mereka hanya menundanya sampai periode waktu tertentu. "Kita lihat harga pasarnya nanti bagaimana. Kami harap bisa turun," kata Setya.

Aburizal: Semalam Golkar Bermain Elegan

Posted: 31 Mar 2012 05:33 PM PDT

Aburizal Bakrie (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie memberikan apresiasi tinggi terhadap anggota mereka di Fraksi Partai Golkar DPR RI dalam sidang paripurna semalam. Menurut Aburizal, mereka telah memainkan peran yang besar dalam pembahasan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Drama politik baru berakhir kemarin dengan pusat pusaran di Senayan. Seluruh rakyat menyaksikan Partai Golkar menjadi kekuatan konstruktif. Fraksi kami sanggup bermain cantik dan elegan untuk mewujudkan semboyan mewujudkan suara Golkar suara rakyat,” kata Aburizal dalam pidato politik di DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu 31 Maret 2012.

Politikus yang akrab disapa Ical ini tidak segan menyampaikan kebanggaan dan penghargaannya kepada segenap jajaran fraksi di Senayan. Dia pun mempersilakan mereka berdiri dalam acara tersebut.

“Kebanggaan kami jadi lengkap, tidak sekadar berkata ya atau tidak. Atau sekadar ikut gelombang naik turun opini yang bersifat temporer. Fraksi memberi solusi praktis, menawarkan rumusan 15 persen deviasi ICP selama 6 bulan sebagai prasyarat kenaikan harga BBM,” ujarnya.

Ical melanjutkan, dengan rumusan itu, tuntutan rakyat terpenuhi, tetapi hak pemerintah juga terjaga untuk menyesuaikan harga BBM di pasar internasional. Dia mengemukakan, polarisasi opini dan pendapat terlalu tajam, emosi yang tersulut, aksi massa yang hampir lepas kendali, tidak akan mungkin dapat menghasilkan jalan keluar ideal.

“Hanya politisi tangguh, piawai, berakal panjang yang dapat mencari jalan keluar dari situasi yang pelik itu. Itulah yang dilakukan Fraksi Partai Golkar,” katanya.

Ical menambahkan, formula baru yang mereka tawarkan terbukti memberi ruang bagi kompromi fraksi-fraksi koalisi lainnya, yakni Demokrat, PKB, PAN dan PPP. Mereka akhirnya menerima solusi baru itu.

“Karena itu pula saya menyampaikan apresiasi teman-teman koalisi, Presiden SBY, serta segenap jajaran kabinet Indonesia bersatu kedua, apresiasi dan uluran tangan persahabatan. Yang memilih alternatif berbeda yaitu PKS, PDIP, Hanura, perbedaan di antara kami bukan sikap permusuhan, tapi hanya perbedaan cara dalam melihat ekonomi,” ujarnya. (art)

Usai Diperiksa, Meriam Bellina Menangis

Posted: 31 Mar 2012 05:25 PM PDT

Meriam Bellina dan Hotman Paris (VIVAnews/Syahrul Anshari)

VIVAnews – Artis senior Meriam Bellina diperiksa penyidik Polda Metro Jaya selama lima jam. Dia diperiksa terkait laporannya atas pengacara Hotman Paris Hutapea, yang diduga melakukan pemukulan.

“Sekarang BAP sudah selesai. Sekalian nyerahkan alat bukti yang lain,” ujar pengacara Meriam Bellina, Dwi Ria Latifa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 30 Maret 2012.

Dwi menambahkan, wanita 46 tahun itu disodori 25 pertanyaan oleh penyidik. “Masalahnya berkaitan dengan identitas, kemudian alasan laporan. Kronologi kejadian, saksi, itu aja,” tutur Dwi.

Menurut Dwi, laporan ini merupakan akumulasi dari sejumlah masalah antara Meriam Bellina dengan Hotman Paris. “Ini persoalan akumulasi dari beberapa tahun lalu, puncaknya laporan ini. Secara detail tidak bisa dijelaskan satu per satu. Ini rentetan kejadian ulang berulang. Ini klimaks dari semuanya,” katanya.

Sementara, Meriam Bellina masih bungkam saat diburu pertanyaan para sejumlah media. Bahkan, Meriam terlihat mengeluarkan air mata ketika awak media bertanya mengenai kronologi permasalahannya. “Ibu Meriam sudah menjelaskan untuk menyerahkan ke saya. Nanti ada saatnya,” tambah Dwi. (umi)

Warriors Gagal Hadang Beermen di Jakarta

Posted: 31 Mar 2012 05:18 PM PDT

Pemain Indonesia Warriors coba lewati hadangan lawan (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews - Indonesia Warriors gagal mempertahankan performa bagus di ajang Asean Basketball League (ABL). Usai meraih tiga kemenangan beruntun, Warriors sekarang harus mengakui keunggulan wakil Filipina, San Miguel Beermen, dengan skor tipis 69-71.

Pada laga yang digelar Sabtu, 31 Maret 2012, di Mahaka Square, Jakarta, pertandingan berlangsung ketat sejak awal kuarter pertama. Namun, pemain-pemain Warriors yang dimotori Mario Wuysang harus mengakui keunggulan lawan, yang bermain lebih tenang dan mampu mendulang poin krusial pada kuarter akhir.

Legiun asing Warriors, Steven Demon Tomas, menjadi pendulang angka terbanyak dengan menyumbang 19 poin dan 17 rebounds, ditambah 13 poin dan empat assists milik Mario, tetap tidak bisa menghindari Warriors dari kekalahan.

Jonathan Larry Smith yang bermain hampir selama 40 menit untuk Warriors juga bermain cukup baik dengan membuat 14 poin serta 17 rebounds.

Beermen sendiri patut berterima kasih pada penampilan Jarrid Jerome Famous dan Leonindez Avenido. Kedua pemain itu menyumbangkan total 36 angka untuk timnya, guna memberikan timnya kemenangan ke-11 musim ini dan mengumpulkan 22 poin.

Dengan hasil ini, Beermen terus menempel ketat AirAsia Philippine Patriot yang kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan dua poin atas rival senegaranya itu.

Warriors sendiri gagal menggeser Westports Malaysia Dragons dari peringkat tiga klasemen ABL. Kedua tim memiliki poin sama 14, namun Dragons masih menyimpan dua laga sisa dan unggul dalam statistik poin.

Partai berikutnya Warriors harus melawat ke Vietnam untuk menghadapi Saigon Heat di Tan Binh Stadium, 4 April mendatang. (art)

Wasekjen Demokrat: PKS Khianati Pemerintah

Posted: 31 Mar 2012 05:11 PM PDT

Presiden SBY dan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq di Cikeas. (Antara/ Widodo S Jusuf)

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan menuding Partai Keadilan Sejahtera telah mengkhianati pemerintah dengan menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


"Koalisi itu hakikatnya bersama pemerintah dalam suka dan duka. Jadi PKS mengkhianati pemerintah dan semangat Sekretariat Gabungan Partai Koalisi," kata Ramadhan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 22 Maret 2012.


Ramadhan menyatakan, PKS seharusnya mempergunakan forum diskusi Setgab untuk berdialog jika memiliki perbedaan pandangan dengan partai koalisi lainnya. "Argumentasi silakan saja. Bila PKS ada usulan lain, kan ada forumnya. Jadi jangan seperti sekarang dong," ujar dia.


Apabila PKS tidak menggunakan forum dialog Setgab dan justru mengirim surat penolakan belakangan, maka Ramadan mengibaratkan PKS sedang main tusuk terhadap pemerintah. "Kesannya PKS seolah-olah tau tahu atau tak mau tahu situasi perekonomian dan gejolak ekonomi dunia," ucap Ramadhan.


Anggota Komisi I DPR itu bahkan menuding PKS hanya memanfaatkan posisinya di koalisi untuk menduduki kementerian strategis di kabinet. "Tapi tak mau senasib sepenanggungan dengan pemerintah. Padahal Pemilu 2014 masih jauh, tapi indikasi benih-benih menelikungnya parah," kata Ramadhan.


"Jika sikap plin-plan ini dipelihara, rakyat pasti kecewa. Publik ingin PKS jangan disorientasi, mau nikmat sendiri dan kanan kiri oke," imbuh Ramadhan.


Sebelumnya, Sekjen PKS Anis Matta mengatakan PKS memberi sejumlah opsi kepada pemerintah terkait harga BBM dalam surat mereka kepada SBY. Tapi kenaikan harga BBM sama sekali tidak masuk dalam opsi tersebut karena PKS tidak merekomendasikannya.


"Soal masukan PKS diterima atau tidak, itu urusan lain. Yang penting kami sudah nyatakan sikap," ujar Anis. PKS bersikukuh, masih ada jalan selain menaikkan harga BBM. (umi)


Putri Whitney Houston Rambah Dunia Akting

Posted: 31 Mar 2012 05:08 PM PDT

Bobbi Kristina bersama mendiang ibunya. (REUTERS/Phil McCarten/Files)

VIVAnews - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Peribahasa ini agaknya cukup menggambarkan pilihan Bobbi Kristina untuk mengikuti jejak karier ibunya, Whitney Houston, di dunia hiburan. Bukan musik memang, melainkan dunia seni peran.

Gadis 19 tahun itu mendapat tawaran peran membintangi sebuah tayangan komedi situasi terbaru, yang diproduseri seorang kawan lama ibunya, Tyler Perry.

Dikutip E! Online, Kristina yang belum memiliki banyak pengalaman di dunia akting akan berperan sebagai salah satu anak dari seorang penata rambut di salon yang diperankan Tasha Smith. Belum jelas kapan Kristina mulai muncul, yang pasti komedis situasi dengan 35 episode ini tayang perdana Juli mendatang di jaringan televisi Amerika.

Pilihan Perry melibatkan Kristina bisa jadi sebagai salah satu wujud hubungan baik dengan keluarga Houston. Perry adalah orang yang dikabarkan meminjamkan jet pribadinya untuk mengangkut keluarga Houston dari California ke New Jersey, saat pemakaman lalu.

Perry mungkin ingin mengembalikan keceriaan Kristina usai kepergian ibunya yang tragis. Kristina yang sudah berkomitmen untuk membenahi hidupnya masih belum memiliki keberanian untuk mendengarkan lagu-lagu ibunya.

Dalam wawancara dengan Oprah sebulan setelah kematian ibunya, Kristina mengatakan niatnya untuk mengejar mimpi sebagai seorang bintang, mengikuti jejak ibunya. “Aku harus melanjutkan warisan. Aku akan menyanyi dengan baik, juga berakting dan menari,” ucap gadis yang ingin mengganti namanya menjadi Kristina Houston.

Marzuki Alie Larang Puan Maharani Mendekat

Posted: 31 Mar 2012 05:03 PM PDT

Puan Maharani (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews - Suasana sidang paripurna BBM yang membahas pasal kenaikan harga BBM menjadi tidak menentu. Sampai menunjukkan pukul 00.00 WIB, Sabtu 31 Maret 2012 belum juga ada hasil final. Disepakati akhirnya ada penambahan waktu sampai pukul 01.00 WIB.

Suasana riuh yang tidak jelas itu diperkeruh dengan banyak anggota DPR yang sebagian besar dari Fraksi PDI Perjuangan yang maju ke depan. Anggota Fraksi PDIP merapat ke pembatas antara anggota dengan meja pimpinan.

Semua anggota yang merapat ke depan berteriak-teriak menyampaikan aspirasinya kepada pimpinan rapat yang diketuai Marzuki Alie yang juga Ketua DPR.

Tapi rupanya, sebagian dari mereka yang berdiri di depan tidak juga puas karena aspirasinya seperti tidak didengar. Akhirnya, sejumlah petinggi fraksi mencoba keluar dari pembatas itu dan menghampiri meja pimpinan rapat.

Petinggi fraksi yang maju ke meja pimpinan antara lain Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani, Maruarar Sirait, politisi Hanura Syarifudin Sudding, dan dari Gerindra Ahmad Muzani.

Tetapi, sesaat keempatnya mendekat ke meja pimpinan, Marzuki Alie menahan semua. “Jangan ada yang mendekat ke meja pimpinan. Anda tidak diizinkan mendekat ke sini. Silakan kembali ke meja masing-masing,” kata Marzuki.

Sontak saja langkah Puan yang juga putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu terhenti. Puan hanya sampai dekat meja wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso.

Tak lama kemudian Maruarar berdiri merapat di depan Marzuki Alie. Marzuki dan Maruarar terlibat pembicaraan yang tidak jelas. Akhirnya, keempatnya diusir Marzuki Alie untuk kembali ke kursinya masing-masing. (umi)

Demokrat: Marzuki Pimpin Rapat Dengan Baik

Posted: 31 Mar 2012 04:53 PM PDT

Ketua DPR Marzuki Alie memimpin rapat paripurna DPR. (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVAnews – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Didi Irawady Syamsuddin menilai Ketua DPR Marzuki Alie telah memimpin rapat paripurna DPR dengan baik semalam, terlepas dari insiden diusirnya Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani dari meja pimpinan.

"Pak Marzuki telah memberikan kesempatan yang adil bagi semua pihak untuk menyampaikan sikap dan pandangan politik masing-masing," kata Didi kepada VIVAnews, Sabtu 31 Maret 2012. "Apabila ada dinamika-dinamika yang cukup panas dalam rapat semalam, itu masih dalam batas wajar," imbuhnya.

Suasana sidang paripurna DPR membahas kebijakan harga bahan bakar minyak malam tadi sempat memanas ketika sampai pukul 24.00 WIB, rapat belum juga menelurkan hasil final. Situasi semakin keruh ketika banyak anggota DPR, terutama dari Fraksi PDIP, yang maju ke depan untuk menyuarakan pendapat mereka.

Para anggota Fraksi PDIP itu keluar dari meja mereka dan maju mendekat ke meja pimpinan. Mereka berteriak-teriak menyampaikan aspirasinya kepada Ketua DPR Marzuki Alie yang memimpin paripurna itu. Mereka tak kunjung puas karena suara mereka tak juga didengar oleh pimpinan.

Akhirnya sejumlah petinggi fraksi oposisi mencoba menerobos pembatas meja pimpinan dan merapat ke meja pimpinan. Mereka antara lain Ketua Fraksi PDIP Puan Maharani, politisi PDIP Maruarar Sirait, politisi Hanura Syarifudin Sudding, dan Wakil Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani.

Tetapi sesaat sebelum keempatnya mendekat ke meja pimpinan, Marzuki berteriak menahan mereka semua. "Jangan ada yang mendekat ke meja pimpinan. Anda tidak diizinkan mendekat ke sini. Silakan kembali ke meja masing-masing," tegas Marzuki yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat.

Sontak langkah Puan terhenti. Ia diam di dekat meja Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, sebelum akhirnya membalikkan badan dan kembali turun dari teritori meja pimpinan. "Suara kami tidak dihargai pimpinan rapat atau Ketua DPR," kata putri Megawati Soekarnoputri itu usai rapat.

Besok, Legislator Gerindra Tak Boleh Sakit

Posted: 31 Mar 2012 04:43 PM PDT

Suasana voting dalam rapat paripurna DPR.  

Fraksi Gerindra menginstruksikan seluruh kadernya di parlemen untuk hadir dalam rapat paripurna DPR soal kenaikan harga bahan bakar minyak, esok Jumat, 30 Maret 2012.


Hal ini menandakan konstelasi politik semakin genting. Satu suara pun bisa sangat berharga apabila paripurna memutuskan kebijakan harga BBM diambil lewat cara voting. Fraksi Gerindra bahkan tidak menolerir anggotanya yang sakit.


"Kalau ada yang sakit, kami angkut dari rumah sakit ke paripurna," kata Wakil Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 29 Maret 2012. Ia menegaskan, Gerindra telah melakukan konsolidasi dan memutuskan semua anggota fraksi mereka wajib hadir meski sakit.


Muzani mengatakan, Gerindra tetap konsisten dan kompak menolak kenaikan harga BBM meski berdasarkan hitung-hitungan di atas kertas, kelompok penolak ini masih tetap kalah suara ketimbang kelompok pendukung kenaikan BBM.


"Tiga partai politik di luar pemerintah bisa saja kalah suara. Tapi itu tidak memundurkan sikap kami," ujar Muzani. Tiga parpol yang dimaksud Muzani itu adalah PDIP, Gerindra, dan Hanura. Namun kini ketiganya memiliki sekutu baru berhubung PKS telah menegaskan sikapnya menolak kenaikan BBM.


Gentingnya persoalan dukung-mendukung kebijakan BBM ini juga tercermin dari perintah Fraksi Demokrat yang melarang anggotanya pergi dari luar Jakarta hingga tanggal 30 Maret 2012. Instruksi ini dikeluarkan Demokrat guna memastikan suara mereka utuh apabila terjadi voting di paripurna DPR.


Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua menjamin, seluruh anggota fraksinya akan hadir dalam paripurna besok. Menurutnya, sebagai partai koalisi penyokong utama pemerintah, Demokrat bertekad memenangkan voting untuk meloloskan kebijakan kenaikan harga BBM. (umi)


Lindsay Lohan Lega Hukuman Percobaan Berakhir

Posted: 31 Mar 2012 04:36 PM PDT

Lindsay Lohan (REUTERS/Joe Klamar)

VIVAnews - Senyum mengembang dari wajah Lindsay Lohan. Aktris berusia 25 tahun itu akhirnya dibebaskan dari hukuman masa percobaan formal selama hampir lima tahun atas kasus mengemudi dalam kondisi mabuk dan kepemilikan kokain.

Bintang film ‘Mean Girls’ itupun dipuji karena telah menyelesaikan layanan masyarakat di kamar mayat Los Angeles dan menjalani psikoterapi. “Ia telah melakukan semua yang telah diperintahkan pengadilan ini kepadanya,” ujar Hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles, Stephanie Sautner di Los Angeles, 29 Maret 2012 waktu setempat, seperti dikutip dari laman Reuters. “Masa percobaan berakhir hari ini. Sekarang.”

Lohan yang mengenakan blazer warna biru muda terlihat lega dan langsung memeluk pengacaranya. Meski harus menjalani masa percobaan informal hingga 2014 mendatang, atas kasus pencurian perhiasaan, Lohan tak perlu melapor secara teratur ke pengadilan dan tidak lagi diperintahkan tinggal di Los Angeles, dengan syarat tidak membuat ulah.

Pada kesempatan yang sama, Hakim memberikan peringatan kepada Lohan untuk berhenti pergi ke klub malam dan fokus pada pekerjaan. “Saya tahu agak sulit ketika orang-orang mengikuti Anda di seluruh tempat, namun ini adalah hidup yang Anda pilih. Anda harus menjalani hidup dengan cara yang lebih dewasa,” ujar Sautner.

“Saya tak berharap untuk bertemu Anda lagi,” kata Sautner menambahkan. “Selamat tinggal dan semoga sukses.”

Sementara itu Lohan berterimakasih kepada Sautner karena telah membantu mengubah hidupnya. “Saya hanya ingin mengucapkan terimakasih yang mulia karena telah bersikap adil. Hal itu telah membuka banyak pintu bagi saya,” ujar Lohan.

Kepada situs TMZ, Lohan juga menyatakan bahwa beban di pundaknya seolah terangkat setelah hukuman masa percobaannya berakhir. Ia pun mengaku sudah tak lagi pergi ke klub malam dan ingin kembali fokus menjalani karier di dunia akting.

Lindsay LohanLindsay Lohan

Giring Tak Mau Anak Kenal Internet Sejak Dini

Posted: 31 Mar 2012 04:27 PM PDT

Giring bersama istri dan anaknya (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Aktif di jejaring sosial media, tidak membuat Giring ‘Nidji’ lupa dengan keluarga. Ia tetap memprioritaskan waktu untuk istri dan anaknya. Meski senang berselancar di internet, vokalis berambut kribo itu mengaku tidak ingin memperkenalkan dunia internet kepada anak-anaknya terlalu dini.

“Nggaklah, saya ingin anak-anak saya main layangan, main dampu, nonton channel buat anak kecil. Jangan terlalu buru-buru buat anak cepet besar. Mereka akan besar pada waktunya,” tuturnya saat ditemui di Pisa Cafe Menteng, Jakarta.

Giring pun mengaku hanya mampir di situs jejaring sosial hanya saat diirnya memiliki waktu kosong atau ketika sedang tur di luar kota dan harus tinggal di hotel.

“Setiap pagi, aku malah suka antar anak sekolah dulu. Sebelum anterin dia ke sekolah, setelah shalat subuh, suka menyapa dulu teman-teman Nidjiholic,” ungkapnya. (ren)

Dirugikan, Kumala Somasi Artis Terkenal ILB

Posted: 31 Mar 2012 04:17 PM PDT

VIVAnews – Artis sekaligus distributor parfum, Kumala Sari, mensomasi seorang artis terkenal berinsial ILB. Si artis itu adalah pemimpin PT AR. Kumala menegaskan bahwa somasi itu terpaksa ditempuh sebab dia merasa dirugikan. Si ILB itu dianggap melanggar kerja sama yang sudah disepakati.

Kasus ini, kisah Kumala, bermula dari ketika PT AR mengajak Kumala untuk bermitra dalam penjualan parfum. Pada perjanjian awal, jelasnya, semua promosi akan di lakukan oleh PT AR. Tapi sampai tujuh bulan, perjanjian itu tidak berjalan dengan baik.

“Saya awalnya sangat tertarik dengan bisnis yang ditawarkan oleh ILB dan managemennya. Bisnis parfum yang bentuknya seperti MLM. Saya pikir dengan menjual nama si artis itu akan banyak yang mau beli. Ditambah lagi dengan promo gratis dari mereka, saya pikir akan bisa menguntungkan,” kata Kumala Sari yang ditemui VIVAnews di Kawasan Pondok Indah, Jumat, 31 Maret 2012.

Menurut pengakuan Kumala, dirinya  sudah mentransfer uang Rp245,5 juta, ditambah dengan biaya promosi sekitar Rp50 juta. Total uang yang sudah dikirim sekitar Rp300 juta.

ILB, katanya, mengaku tidak tahu apa-apa. “Bagaimana dia tidak tahu, kan dia sebagai Direktur Utama.Masa tidak tahu. Saya selalu menghubungi dia lewat BBM dan telepon tapi tidak ada jawaban yang memuaskan,” kata Kumala lagi.

Itu sebabnya Kumala Sari mensomasi ILB dan perusahaannya. Somasi ini akan berlaku sampai tanggal 3 April 2012. “Jika sampai 3 April somasi kami ini tidak diindahkan, maka kami akan melaporkan ILB, TL dan AL ke Polda Metro Jaya,” kata Sunan Kalijaga selaku pengacara Kumala Sari.

Konser di Ancol, SuJu Kolaborasi dengan EXO-M

Posted: 31 Mar 2012 04:10 PM PDT

Super Junior (REUTERS/ Kim Hong-Ji)

Boyband Korea Selatan, Super Junior (SuJu), akhirnya dipastikan akan tampil di Indonesia untuk pertama kalinya dalam konser yang bertajuk “Super Show 4 Indonesia”. Konser ini direncanakan akan digelar di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta, pada 28-29 April 2012 mendatang.


Showmaxx Entertaiment sebagai promotor memastikan konser yang akan berlangsung selama dua hari itu akan menjadi konser paling besar yang pernah mereka buat. Salah seorang direktur Showmaxx Entertaiment, Erie Posse, menyatakan konsep panggung dan jalannya konser akan benar-benar sama dengan konser-konser yang pernah SuJu gelar di negara-negara lain.


“Panggungnya 42 x 56 meter, super besar. Mereka akan tampil persis sama. Semuanya sama dari stage, teknik lighting, LED, sound system, efek firework, fountain. Semua penonton dipastikan bisa melihat keseluruhan penampilan Suju,” ujarnya saat konferensi pers Super Show 4 Indonesia di Cilandak, Jakarta, Kamis, 29 Maret 2012.


Direktur Showmaxx Entertainment, Sherwin Djajadi, menyatakan akan ada yang beda dengan penampilan Suju mendatang. Di setiap penampilan Super Show, Suju selalu menghadirkan tamu-tamu seperti Henry dan Zoumi dari Super Junior M, dan f(x) dari manajemen yang sama. Kali ini, menurutnya akan ada bintang tamu yang berbeda.


“Kami sudah lihat SS4 di Singapura, bintang tamu sama, Henry, Zoumi, dan f(x). Khusus di sini kami kasih yang berbeda. EXO-M akan datang dan SuJu akan berkolaborasi dengan EXO-M untuk pertama kalinya,” katanya.


EXO adalah boyband baru besutan SM Entertaiment. Grup ini mendapat sambutan meriah dari para pecinta K-Pop bahkan sebelum debut resminya. Penampilan EXO di panggung Super Show adalah yang pertama kalinya.


Selain itu, para Elf (sebutan untuk penggemar Suju) juga diberikan kesempatan untuk menampilkan hasil karya mereka sebagai bentuk kecintaan mereka kepada Suju. Karya-karya itu nantinya akan dipilih dan dipajang di area Kpopland di MEIS, Ancol.


“Kalau mau memberikan gift, kami bikin kontes kreativitas, bisa dikirim ke kami, nanti akan dipilih yang terbaik, terunik, dan akan dipajang di Kpopland. Kontes dibuka mulai besok sampai satu minggu sebelum konser,” ucap Erie.


“Kami juga akan casting tiga orang yang bisa main bass, gitar dan drum, untuk ada di panggung SS4 Indonesia dengan Siwon. Yang pasti laki-laki. Audisi dibuka di Seoul Stage Ancol tanggal 8 April,” ujarnya. (kd)


Depe: Seperti Mimpi Main Film Bareng Mr. Bean

Posted: 31 Mar 2012 04:05 PM PDT

Dewi Perssik main film bareng Mr. Bean  

VIVAnews - Dewi Perssik masih tak percaya bisa beradung akting dengan aktor sekelas Rowan Atkinson. Seperti diketahui Depe, panggilan akrab Dewi Perssik, dan pemeran Mr.Bean itu bermain dalam film bertajuk ‘Mr Bean Kesurupan Depe’.

“Jangankan semua orang, saya juga nggak percaya dan seperti mimpi sampai sekarang. Kok bisa ya,” ujar Dewi Perssik kepada VIVAnews.

Aktor asal Inggris tersebut memerankan dua karakter sekaligus, yakni jadi pocong dan orang biasa. Hal sama juga dialami Depe yang harus memerankan dua karakter dalam film produksi KK Dheeraj itu.

“Saya berperan ganda sebagai Marni gadis desa yang hamil besar dan catwoman yang digandrungi juga sama Mr.Bean,” ucapnya.

Kate Winslet Mau Muntah Dengar Lagu ‘Titanic’

Posted: 31 Mar 2012 03:56 PM PDT

Kate Winslet saat premiere film ‘Titanic 3D’ (REUTERS/ Paul Hackett)

VIVAnews - Kate Winslet tak bisa mengelak kesuksesan ‘Titanic’ yang melambungkan namanya. Tapi, itu tak membuatnya sanggup berpura-pura menutupi kebenciannya terhadap soundtrack film tersebut: ‘My Heart Will Go On’.

“Aku merasa ingin muntah ketika mendengar lagu itu. Aku tidak seharusnya mengatakannya. Tapi, aku sungguh-sungguh merasa ingin muntah,” ujarnya tanpa basa-basi saat diwawancara MTV News, seperti dikutip Yahoo OMG.

Aktris peraih Oscar itu merasa muak setiap kali mendengar lagu yang dinyanyikan Celine Dion tersebut. “Aku berharap bisa mengatakan, ‘Oh semuanya, dengarkan ini lagu Celine Dion!’. Tapi tidak. Aku hanya duduk seperti menatap kosong sambil diam-diam memutar bola mataku.”

Kenapa aktris peraih Oscar itu begitu muak mendengar lagu yang terjual hingga 20 juta kopi di seluruh dunia itu? Itu karena lagu itu selalu mengalun di setiap tempat yang ia kunjungi, seperti bar atau restoran. Bahkan, ia tak jarang ditodong untuk menyanyikannya langsung.

Ia juga sempat kesal ketika menghadiri sebuah talk show di Perancis, pianis tiba-tiba mulai mendentingkan instrumen lagu tersebut. “Parahnya, host acara memaksaku menyanyikannya. Tidak, aku tidak akan melakukannya. Ini bukan lelucon,” kata aktris yang sedang sibuk mengikuti promo peluncuran film ‘Titanic’ versi 3D.

Mahar Carissa Putri: Gelang Bertahta Berlian

Posted: 31 Mar 2012 03:47 PM PDT

Carissa Putri usai akad nikah (VIVAnews/ Febry Abddinnah)

VIVAnews - Carissa Putri resmi menjadi istri Navies bin Abdullah Naif. Bintang ‘Ayat-ayat Cinta’ ini menerima mahar berupa seperangkat alat salat dan gelang emas putih 9 gram bertahta berlian 3,6 karat.

“Mahar itu pilihan dari keluarga Navies,” kata Carissa, saat jumpa pers usai akad nikah di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Sabtu 31 Maret 2012.

Aktris yang juga membintangi film ‘Tarix Jabrix’ itu mengatakan akad nikah berlangsung sakral dengan menggabungkan sejumlah adat, yakni Betawi, Sunda, Jawa, dan Palembang. Berlangsung tertutup, hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat.

Sebelum akad nikah, ia dan suaminya menjalani prosesi Palang Pintu, yang mengadopsi budaya pernikahan Betawi. “Alhamdulillah semua berjalan lancar. Ijab kabul juga lancar, sekali ucap langsung sah,” ujarnya.

Carissa memperkenalkan suaminya dari kalangan pengusaha, bukan artis atau politisi. Pernikahan ini berlangsung setelah melalui 3,5 tahun pacaran. “Baik orangnya, lucu, bisa menjadi imam. Insya Allah bisa jadi bapak yang baik,” katanya.

Rangkaian pernikahan ini akan diakhiri dengan gelaran resepsi malam nanti. Sekitar 750 undangan sudah disebar di kalangan keluarga, kerabat, dan teman. (art)

SM dan ASPAC Janjikan Partai Ganas

Posted: 31 Mar 2012 03:42 PM PDT

Aspac vs Satria Muda (Hendra Eka/NBL)

VIVAnews – Calon jawara musim reguler National Basketball League (NBL) Indonesia 2011-12 hanya mengerucut pada dua klub Jakarta, Dell Aspac dan Satria Muda Britama. Kini kedua raksasa dipertemukan pada pertandingan pembuka seri terakhir yang digelar di hadapan pendukung mereka sendiri.

Tanpa terasa NBL sudah akan memasuki seri keenam yang akan digelar 31 Maret sampai 8 April mendatang. Laga yang akan mengambil tempat di Hall A Senayan itu bahkan langsung disuguhkan laga antara Aspac kontra Satria Muda pada hari pertama, Sabtu 31 Maret 2012.

Selain memiliki nama besar, kedua tim sedang dalam performa terbaik dan sama-sama berpeluang meraih gelar musim reguler.

Saat ini, Aspac kokoh di puncak klasemen dan hanya membutuhkan empat kemenangan lagi untuk mengamankan gelar raja musim reguler, sementara SM mengintai ketat di belakangnya. Kedua tim pun sesumbar bisa meraih hasil terbaik pada pertandingan hari ini.

“Kalau dari kita, kita pasti main maksimal karena kita mau meraih juara, baik juara musim reguler maupun Championship Series,” kata guard Aspac, Xaverius Prawiro.

“Kita akan ikuti instruksi pelatih, tapi hasil akhir di tangan Tuhan. Yang pasti kita akan berusaha ambil (menang),” lanjutnya.

Aspac akan langsung dihadapkan dengan SM pada partai pembuka hari ini. Dengan misi mempertahankan pucuk klasemen, Xaverius menegaskan tetap incar kemenangan.

“Kita tidak peduli mau lawan siapa. Karena persaingan tim sekarang merata. Kalau pilih-pilih (lawan di playoff) malah bakal terperosok sendiri. Jadi lebih baik kita fokus pada setiap pertandingan,” lanjut pemain yang akrab disapa Iyus itu.

“Kami sudah siap 100 persen. Pertandingan besok akan lebih ditentukan oleh mental. Jadi ini mental lawan mental,” tegas Iyus.

Kubu SM pun tidak mau kalah mengeluarkan nada optimisme. Sang juara bertahan berniat menjungkalkan Aspac.

“Kita akan tetap main dengan sistem SM. Saling percaya antar pemain dan hanya memikirkan gelar juara. Karena menurut kami siapa yg menang nanti bisa jadi juara,” ujar motor serangan SM, Faisal Julius Ahmad.

“Bedanya kalau sekarang mental akan menentukan. Dan kami yakin mental saat ini masih dlm kondisi bagus jelang seri terakhir ini. Siapapun lawannya, siapapun pulnya, kita siap lawan saja. Kami terus fokus hanya untuk jadi juara.”

Meski begitu Faisal mengungkapkan ada dua sosok yang harus diawasi skuadnya. Selain Xaverius, forward Pringgo Regowo juga dinilai bisa jadi ancaman.

“Saya pribadi akan menjaga ketat Iyus karena dia sedang on fire sejak kembali dari cedera. Selain itu juga ada Pringgo yang mainnya bagus,” ungkap Faisal. “Kalau kami bisa jaga limit poin mereka, semua tinggal kembali pada form kami sendiri.”

Seri keenam NBL akan bergulir sejak 31 Maret sampai 8 April mendatang di Hall A Senayan. Pertandingan bakal digelar sejak pukul 14.00 WIB

Kenaikan BBM, Siapa Setuju Siapa Tidak

Posted: 31 Mar 2012 03:39 PM PDT

VIVAnews - Anggota DPR dari Partai Golkar setelah selesai melakukan konsolidasi internal memasuki ruangan rapat paripurna dengan kompak menyanyikan lagu ‘Tolak-tolak BBM, tolak BBM sekarang juga’.

Ketua Komisi XI dari Fraksi Golkar, Harry Azhar Azis, mengatakan Partai Golkar tetap pada pendiriannya untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). “Kita tetap berpegang pada ketua umum Golkar, tidak ada kenaikan harga BBM,” katanya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat malam, 30 Maret 2012.

Partai Golkar, kata Harry, memutuskan untuk menyerahkan keputusan untuk menaikkan harga BBM kepada pemerintah dengan catatan apabila ICP sudah berada pada plus minus 15 persen dari US$90 per barel dengan jangka waktu enam bulan.

“Kita berpegang pada posisi bahwa harga BBM itu nggak boleh naik saat ini, itu sikap resmi partai Golkar,” ujarnya.

Dia memprediksi harga minyak dunia akan menurun pada beberapa waktu mendatang sehingga usulan penolakan untuk menaikkan harga BBM itu sudah tepat. Saat ini, lanjut Harry, harga ICP berada pada kisaran US$113 per barel.

“Jadi kalau 15 persen itu sekitar US$123 per barel, Itu risiko (porsi APBN berubah),” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengatakan permasalahan kenaikan harga BBM dan APBN adalah masalah rakyat. “Jangan dipolitisir,” ujarnya.

Puan menegaskan, PDI Perjuangan akan mengawal kebijakan yang diambil oleh pemerintah agar tidak membebani rakyat. Menurutnya, penolakan PDI Perjuangan itu sudah melalui berbagai pertimbangan yang matang.

“Argumentasi itu berdasarkan data dan survei yang dilakukan, fiskal hari ini cukup untuk tidak menaikkan harga BBM,” tegasnya.

Sementara itu Partai Demokrat berubah pandangan dengan pemerintah boleh menaikkan harga BBM saat harga minyak mentah Indonesia (ICP) sudah melambung hingga 15 persen dari asumsi ICP APBN-P, sebesar US$105.

Fraksi PAN juga mengubah opsi menjadi 15 persen di atas ICP, dan menolak untuk menaikkan harga BBM per 1 April. (umi)

Marzuki: Partai Keadilan Sosial, Eh Maaf

Posted: 31 Mar 2012 03:38 PM PDT

Marzuki Alie (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie meminta maaf kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) karena salah menyebut nama partai itu. Sebelumnya, Marzuki menyebut partai ini dengan nama Partai Keadilan Sosial.

“Silakan giliran Partai Keadilan Sosial,” kata Marzuki mempersilakan Fraksi PKS memberikan pandangannya di rapat paripurna DPR, Jakarta, Jumat 30 Maret 2012 malam.

Mendengar nama partainya salah disebut, sejumlah anggota Fraksi PKS berang. Dia meminta Marzuki meminta maaf secara langsung. “Tolong ketua minta maaf,” kata Anshori Siregar, anggota FPKS. Permintaan itu disertai banyak interupsi dari anggota FPKS lainnya.

Mendengar berbagai protes itu, Marzuki akhirnya meminta maaf atas kekeliruannya itu. “Jangan terlalu serius, maksud saya Sejahtera. Saya minta maaf, Fraksi Keadilan Sejahtera. Jadi clear ya,” kata Marzuki.

Sidang paripurna sendiri hingga saat ini masih berlangsung. Sidang berjalan alot. Sejumlah fraksi menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak. Sedangkan lainnya, menyertakan syarat untuk menaikkan harga BBM. (umi)

Dewi Perssik: Kedatangan Mr.Bean Dirahasiakan

Posted: 31 Mar 2012 03:33 PM PDT

Dewi Perssik main film bareng Rowan Atkinson  

VIVAnews - Pedangdut Dewi Perssik mendapat kesempatan beradu akting dengan aktor asal Inggris, Rowan Atkinson. Depe, panggilan akrab Dewi Perssik dan pemeran Mr. Bean itu akan bermain dalam film berjudul ‘Mr Bean Kesurupan Depe’.

Menurut Depe, kedatangan Atkinson ke Indonesia memang sengaja dirahasiakan.”Karena keterbatasan waktu dari Mr. Bean sendiri bersama manajemennya. Tapi mungkin cara mereka karena artis besar gitu loh,” ujar Depe kepada VIVAnews.

Depe yang masih tak percaya bisa bermain dengan Atkinson mengaku bahwa ia tak banyak berbicara dengan sang aktor. “Kami pun nggak leluasa berbicara dengan Mr. Bean karena penjagaan yang super ketat sekali,” katanya.

Sebelumnya produser film ‘Mr Bean Kesurupan Depe’, KK Dheeraj menyatakan bahwa Atkinson akan memerankan dua karakter sekaligus di film tersebut.

“Iya dia ada dua perannya. Satu jadi pocong dan satunya lagi jadi orang biasa. Tapi bagaimana karakternya, saya belum bisa ceritakan secara detail,”  ujar KK Dheeraj.

Dheeraj menambahkan, film yang dibintangi Depe dan Atkinson ini bergenre komedi horor. Dheeraj juga memastikan bahwa Depe dan Atkinson bertemu dan beradu akting secara langsung. (hp).

Laga Klasik Warnai Pembukaan Seri VI NBL

Posted: 31 Mar 2012 03:27 PM PDT

Aspac vs Satria Muda (Hendra Eka/NBL)

VIVAnews - Laga klasik Satria Muda Britama melawan Dell Aspac akan mewarnai hari pertama Seri VI National Basketball League (NBL) Indonesia, Sabtu 31 Maret 2012. Tidak seperti musim sebelumnya, kali ini juara musim reguler bisa saja ditentukan pada hari terakhir Seri VI di Jakarta.

Setelah melalui 200 pertandingan, calon peraih mahkota juara musim reguler mengerucut pada persaingan antara dua tim teratas, Dell Aspac Jakarta dan Satria Muda Britama. Laga dua raksasa itu akan mewarnai hari pertama Seri VI di Hall A Senayan, Jakarta.

“Ini akan jadi pertarungan klasik antar dua tim basket terkuat Indonesia, apalagi dengan iming-iming juara musim reguler. Tim yang jadi pemenang berkesempatan besar meraih gelar tersebut,” papar Commissioner NBL, Azrul Ananda, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 30 Maret 2012.

Aspac saat ini di atas angin. Selain masih kokoh di puncak klasemen NBL (52 poin) dengan unggul dua poin atas SM, klub asuhan Tjetjep Firmansyah itu juga berkesempatan merebut gelar musim reguler lebih cepat.

“Kalau Aspac besok menang, dan terus menang, mereka bisa jadi juara hari Kamis saat menantang Pelita Jaya Esia. Tapi, kalau besok SM yang menang, gelar juara baru ditentukan sampai hari-hari terakhir seri reguler,” jelas Azrul.

Azrul juga mengungkapkan adanya perubahan format pada babak Championship Series, yang kini tidak menggunakan sistem single elimination, tapi menggunakan double elimination. Jadi, tim yang sudah menelan kekalahan masih memiliki kesempatan untuk lolos ke babak selanjutnya.

“Tapi, kami beritahukan bahwa partai final hanya satu laga. Perubahan ini sudah melalui pembicaraan dengan perwakilan tim. Kami pilih sistem ini karena mengikuti format Olimpiade dan kejuaraan dunia,” lanjutnya.

Seri keenam NBL akan bergulir sejak 31 Maret hingga 8 April mendatang di Hall A Senayan. Sementara itu, Championship Series akan berlangsung di GOR UNY Yogyakarta, 21-29 April 2012. (art)

DPR Nyaris Baku Pukul di Paripurna BBM

Posted: 31 Mar 2012 03:19 PM PDT

Suasana tegang dalam paripurna BBM  

VIVAnews - Rapat paripurna membahas pasal “kunci” penentuan kenaikan harga BBM di dalam gedung DPR berlangsung alot. Suasana semakin tidak terkendali ketika sebagian besar anggota DPR merasa tidak terakomodir untuk menyampaikan pendapatnya kepada pimpinan rapat.

Kealotan rapat bermula saat Ketua DPR yang juga pimpinan rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Jumat 30 Maret 2012, menyebutkan sejumlah opsi sebelum voting.

Fraksi PDI Perjuangan menginginkan harga mati. Tidak ada lagi opsi untuk penambahan ayat baru pada pasal 7 ayat 6 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2011 tentang Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara 2012. Pasal 7 ayat (6) ini menyatakan, “Harga jual eceran BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan.”

Fraksi PDI Perjuangan menginginkan tidak ada lagi opsi lain. Bahwa dengan menciptakan ayat baru, maka membuka peluang akan menaikkan harga eceran BBM.

Sebelumnya, terbuka opsi lain yakni harga BBM bisa dinaikkan bila harga rata-rata ICP (minyak mentah Indonesia) mengalami kenaikan 15 persen lebih dari harga ICP yang diasumsikan, dengan jangka waktu 6 bulan.

Ketidaktegasan pimpinan rapat paripurna membuat suasana sidang menjadi gaduh. Siapa mereka yang interupsi, berteriak, nyeletuk, dan asal bunyi menjadi tidak jelas.

Anggota Dewan pun mulai maju satu persatu merapat ke depan. Sontak saja suasana menjadi riuh. Jarak diskusi antara pimpinan rapat dengan anggota Dewan lainnya hanya berjarak pembatas saja. Semua berdiri dan mendekat menyampaikan aspirasinya kepada pimpinan. Akhirnya suasana bisa ditenangkan.

Tetapi suasana menjadi ricuh. Semua kembali maju ke depan. Bahkan sempat terjadi gesekan antara politisi PDI Perjuangan Aria Bima dengan salah satu anggota Demokrat di bibir depan pimpinan Dewan.

Utut Adianto dari Fraksi PDI Perjuangan memaksa masuk ke dalam meja pimpinan. Tetapi aksinya dihalangi oleh Pengamanan Dalam. Bahkan ada ketegangan yang membuat kondisi nyaris baku pukul. (umi)

No comments:

Post a Comment