Sunday, March 11, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Massimiliano Allegri: Kemenangan Atas Lecce Belum Tentukan Scudetto

Posted: 11 Mar 2012 09:03 PM PDT

Massimiliano Allegri - Milan (Getty Images)

Sukses membekap Lecce 2-0 di San Siro kemarin malam WIB, AC Milan kini kokoh menduduki singgasana tabel Serie A dengan keunggulan empat poin atas Juventus karena sang rival ditahan imbang Genoa.


Dengan tertatih-tatihnya Si Hitam-Putih belakangan ini, peluang Rossoneri untuk merengkuh titel scudetto untuk kali kedua beruntun terbilang cukup besar.


Namun demikian, pelatih Milan, Massimiliano Allegrih, ogah timnya besar kepala. Meski penting, ia menegaskan kemenangan atas Lecce belum memastikan Milan sebagai juara.


“Ini adalah langkah penting, tetapi tidak menentukan, karena perjalanan yang mesti dilalui masih panjang,” ucap Allegri pascalaga dikutip Football Italia.


“Setelah 20 menit pertama yang bagus, kami terlalu sering kehilangan bola, tapi tampil jauh lebih baik seusai jeda,” imbuh allenatore 44 tahun itu.


Pekan depan Sang Iblis bakal bertamu ke markas Parma, sementara Si Nyonya Tua juga bertandang ke Fiorentina.

Tundukkan Athletic Bilbao, Osasuna Masuk Zona Liga Europa

Posted: 11 Mar 2012 08:59 PM PDT

Raul Garcia, Osasuna Athletic Bilbao gagal melanjutkan catatan positif berupa empat kemenangan, termasuk 3-2 atas Manchester United di Liga Europa pada midweek, dan satu seri di lima gim terakhir.

Bertamu ke Estadio Reyno de Navarra untuk bersua tuan rumah Osasuna pada Senin (12/3) dinihari WIB, Los Leones takluk dengan skor 2-1.


Hasil ini membuat laskar arahan Marcelo Bielsa terlempar keluar dari zona Eropa. Bilbao kini ada di urutan tujuh dengan total nilai sama seperti pekan lalu, 37 poin.


Sebaliknya, kemenangan membawa Osasuna menanjak ke posisi enam, slot terakhir menuju Liga Europa, dengan tabungan 38 angka.


Keputusan Bielsa untuk menyimpan Fernando Llorente, Ander Herrera, serta Javi Martinez di bangku cadangan pada awal laga membuat intensitas permainan Bilbao jadi menurun drastis.


Hal ini pun dimaksimalkan dengan sempurna oleh tuan rumah, yang sukses membuka skor ketika pertandingan baru berumur sembilan menit.


Tendangan bebas yang dilepaskan Patxi Punal tak sengaja dibelokkan ke gawang sendiri oleh gelandang Bilbao, Ander Iturraspe.

Tim tamu nyaris membalas instan enam menit berselang. Oscar De Marcos mengakhiri tusukannya dari sisi kanan dengan tembakan yang tak terjangkau kiper Andres Fernandez, namun bola membentur tiang sebelum akhirnya bergulir keluar lapangan.

Pada menit ke-31, Osasuna berhasil menggandakan skor. Gol ini kembali bermula dari set-piece Punal, yang kali ini ditanduk masuk oleh Raul Garcia untuk menaklukkan Gorka Iraizoz.


Menyudahi babak pertama dengan defisit dua gol, Bielsa pun langsung menyuntikkan Llorente dan Herrera dan menarik keluar Itturaspe serta Jon Aurtenetxe.


Keputusan ini tak langsung berbuah hasil signifikan karena gawang Bilbao justru nyaris jebol untuk kali ketiga beberapa menit usai jeda. Beruntung bagi Bilbao, kans lewat Garcia itu gagal menjadi gol.


Kombinasi Herrera dan Llorente pada akhirnya sukses mengantar Los Leones menipiskan ketertinggalan pada menit ke-55. Herrera beraksi menyisir sisi kanan penyerangan sebelum menyodorkan bola untuk dikonversikan menjadi gol lewat sepakan kencang Llorente.


Selanjutnya Bilbao memegang kendali penuh dalam penguasaan bola, namun jarang menebar ancaman nyata ke wilayah pertahanan Osasuna. Peluang emas bagi Bilbao untuk memaksakan skor imbang baru muncul pada injury time.


Andoni Iraola mengarahkan umpan kepada Iker Muniain, tapi tendangan gelandang belia 19 tahun itu tak sempurna sehingga bola bisa dihalau Fernandez. Skor 2-1 untuk Osasuna akhirnya bertahan sampai wasit meniup peluit panjang.

Hantam Caen, Montpellier Tak Lepas Tekanan

Posted: 11 Mar 2012 08:56 PM PDT

Ligue 1 : Geoffrey Dernis & Olivier Giroud (Montpellier vs Lorient) Montpellier tidak melepas tekanan terhadap pimpinan klasemen Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain, dengan memetik kemenangan telak 3-0 atas Caen pada pertandingan terakhir pekan ke-27, Minggu (11/3) malam.

Keunggulan mutlak tuan rumah baru memetik hasil selepas turun minum. Di awal pertandingan, Caen mampu mengimbangi penampilan Montpellier dan bahkan nyaris mencetak gol. Pada menit kedelapan tendangan melengkung Pierre-Alain Frau menghantam tian ggawang.


Caen kemudian membutuhkan ketangguhan kiper Alexis Thebaux untuk mencegah Remy Cabella dan John Utaka mencetak gol. Namun, ketangguhan Thebaux akhirnya berhasil dibongkar Karim Ait Fana pada menit ke-51.


Tendangan jarak jauh Marco Estrada menghantam mistar. Bola dikuasai Henri Bedimo dan dikirim ke tengah untuk disundul Olivier Giroud. Bola bisa ditepis Thebaux, tapi Ait Fana berada di posisi yang tepat untuk menyambarnya ke dalam gawang Caen.


Gol tambahan Montpellier baru terjadi pada menit ke-83. Memanfaatkan keragu-raguan Aurelien Montaroup, Souleymane Camara mencuri bola dan menyelesaikan peluang dengan tenang.


Kemenangan tuan rumah dilengkapi gol penalti Giroud pada menit terakhir pertandingan, menyusul pelanggaran Livio Nabab terhadap Mapou Yanga-Mbiwa. Gol itu merupakan yang ke-17 bagi Giroud musim ini sekaligus memantapkannya di puncak topskor liga.

Bekuk Udinese, Novara Tinggalkan Dasar Klasemen

Posted: 11 Mar 2012 08:52 PM PDT

Giuseppe Mascara (N), Maurizio Domizzi (U) - Novara-Udinese - Serie A (Getty Images) Novara langsung merasakan dampak positif kembalinya Attilio Tesser. Di laga pertamanya setelah ditunjuk ditunjuk lagi menukangi tim, pelatih berusia 53 tahun itu sukses memimpin I Biancoazzurri membekuk Udinese 1-0, Senin (12/3) dinihari WIB.

Kemenangan di Stadio Silvio Piola yang dipastikan lewat gol semata wayang Jeda itu membuat Novara meninggalkan posisi dasar klasemen yang lama dihuni, meski memiliki koleksi nilai sama dengan Cesena yang ganti menyandang status tim peringkat bontot.


Sementara hasil negatif di kubu Le Zebrette membuat mereka gagal merebut kembali posisi empat dari tangan Napoli, yang menang 6-3 atas Cagliari pada Jumat lalu. Udinese kini hanya meraih satu kemenangan dari enam giornata terakhir.


Tuan rumah langsung mengancam gawang Udinese hanya tiga menit setelah peluit kick-off dibunyikan. Sayang, tembakan Giuseppe Mascara meleset tipis dari sasaran.


Kurang dari lima menit kemudian, Marco Rigoni yang melepaskan tendangan terarah yang berhasil ditepis Samir Handanovic. Bola muntah bergulir ke arah Jeda, namun striker berpaspor Brasil itu gagal membuat kontak dengan si kulit bundar.


Jeda akhirnya membayar kegagalan sebelumnya dengan merobek jala Le Zebrette menuntaskan sebuah tendangan penjuru pada menit ke-16.

Tak berapa lama setelah itu, tuan rumah memperoleh peluang untuk menggandakan skor, namun upaya Rigoni bisa dimentahkan Handanovic.


Udinese yang tak mampu memberikan respons hingga babak pertama usai baru bisa bangkit dan menyuguhkan performa lebih bagus pascaturun minum.

Peningkatan intensitas serangan Udinese sempat membuahkan hasil dengan bergetarnya jala gawang Novara oleh Danilo di menit ke-70, tapi gol itu dianulir wasit karena sang pemain telah terjebak off-side.

Dengan waktu yang kian menipis, Udinese semakin gencar menggempur pertahanan Novara, termasuk dengan majunya Handanovic menyusul sebuah situasi sepak pojok di menit-menit penghabisan, namun pada akhirnya armada Francesco Guidolin tetap tak mampu menghindari kekalahan.

Hot money akan tekan IHSG

Posted: 11 Mar 2012 08:48 PM PDT

Aktivitas pasar saham di BNI Sekuritas.merdeka.com/arie basuki

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan terus mendapatkan tekanan karena antisipasi money outflow, akibat perkiraan inflasi dari imbas kenaikan BBM. 


“Anjloknya pasar saham hanya akan terjadi sementara dan karena efek inflasi kenaikan bahan bakar minyak juga hanya sementara,” ujar analis pasar saham Nico Omer pada merdeka.com, Senin (12/3).


Kekhawatiran pasar juga didorong oleh pernyataan Bank Indonesia yang mengatakan efek inflasi kenaikan harga minyak ini akan terasa dalam 3 bulan. BI mengakui inflasi akan tinggi dalam 3 bulan mendatang. "Turun sementara lalu naik lagi dan turun lagi," katanya.


Kemudian Nico juga menyebutkan aliran dana atau hot money bisa kabur dari Indonesia dengan cepat jika investor tidak lagi merasa nyaman dengan risiko yang ditanggung. Oleh karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan pemerintah agar investor tetap betah di Indonesia salah satunya menjaga stabilitas.


"Perlambatan bahkan resesi ekonomi, bisa menghentikan aliran dana ke dalam pasar berkembang, saat mata uang dolar Amerika yang lebih perkasa dapat mengalihkan dana dari mata uang Asia," katanya.


Selain itu, kata dia, faktor eksternal yang harus diperhatikan adalah arah pergerakan bursa saham Amerika Serikat. Karena, koreksi yang terjadi di bursa Amerika, sangat erat  dengan pergerakan yang sama di kawasan Asia.

[arr]

RVP sangat yakin Arsenal finish tiga besar

Posted: 11 Mar 2012 08:44 PM PDT

Van Persie percaya atas kemampuan timnya. (c) AFP

Arsenal mulai menunjukkan kemampuannya sebagai sebuah tim kuat selama beberapa pekan terakhir. Robin van Persie yakin timnya dapat mengakhiri musim ini dengan berada di posisi tiga besar Liga Premier.


Perebutan gelar Liga Premier musim ini diyakini telah didominasi oleh Manchester City dan Manchester United. Klub-klub lain seperti Tottenham Hotspurs, Arsenal, dan Chelsea sudah mulai melupakan gelar juara Liga Premier. Mereka lebih memilih mengamankan posisi mereka di empat besar agar dapat masuk ke zona Liga Champions.


Van Persie merasa The Gunners mampu mencapai posisi tiga besar ketimbang hanya berada di posisi keempat klasemen. Penampilan impresif Arsenal selama beberapa pekan terakhir membuat Van Persie makin optimis. Terakhir mereka berhasil mengalahkan Spurs (5-2), Liverpool (2-1), dan AC Milan (3-0).


“Saya memiliki perasaan yang sangat kuat bahwa kami dapat finish di posisi ketiga,” ujar penyerang asal Belanda tersebut.


Jika Arsenal berhasil kembali bermain di Liga Champions musim depan maka itu merupakan tahun ke 15 mereka selama berturut-turut masuk di dalam kompetisi Eropa tersebut.


“Tentu hal itu merupakan pencapaian tersendiri. Sesuatu yang harus dibanggakan dari sebuah klub.”


“Kami ingin melanjutkan rekor tersebut karena Arsenal memerlukan tempat di Liga Champions dan saya rasa klub ini pantas mendapatkannya karena sejarahnya yang mengagumkan di kompetisi ini.” (sw/Rev)

Banjir Buah Impor (3): Kalah adu otak sama importir

Posted: 11 Mar 2012 08:41 PM PDT

Pedagang buah impor. merdeka.com/dok

Ancaman langsung datang dari Asosiasi Importir Buah dan Sayuran Indonesia, usai menteri pertanian meneken aturan pembatasan pelabuhan sandar impor hortikultura.  Para juragan importir mengancam akan menaikkan harga buah-buahan sebesar  Rp 5 ribu per kilogram. Bahkan, kepala daerah dengan lantang menentang aturan tersebut.


Ditekan kanan dan kiri, membuat Menteri Pertanian Suswono memutuskan menunda penerapan pembatasan pelabuhan atau bandara untuk pemasukan atau impor produk pertanian segar asal tumbuhan selama tiga bulan.  Beleid yang mengatur pengetatan barang masuk  47 komoditas pertanian yang seharusnya diberlakukan pada 19 Maret 2012 baru akan diberlakukan  19 Juni 2012 mendatang.


Ketua Asosiasi Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia Kafi Kurnia memprediksi  jika aturan tersebut diterapkan, enam bulan pertama pasca diberlakukan, pasokan buah impor akan turun drastis mencapai 60 persen. "Inilah yang bisa membuat harga buah impor naik," katanya.


Bahkan, para pengusaha bersiap akan menaikkan harga buah impor rata-rata Rp 5.000 per kilogram.  Dengan alasan biaya transportasi yang tinggi dan investasi gudang mencapai Rp 10 miliar per gudang di setiap pelabuhan tersebut.”Kira-kira total kami akan investasi di satu pelabuhan saja untuk pengadaan gudang baru sekitar Rp 300 miliar," ujarnya.


Mantan ketua umum HKTI Siswono Yudhohusodo menilai kebijakan pemerintah memindahkan pasokan barang impor sayuran dan buah ke pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya kurang tepat. Sebab, wilayah Jawa Timur salah satu daerah penghasil buah-buahan yang potensial.


Senada dengan Siswono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menolak wilayahnya dijadikan sebagai penampung buah impor.  Dengan alasan Jawa Timur adalah salah satu wilayah penghasil  buah nasional. Dia tidak terima alasan Pelabuhan Tanjung Priok sudah over kapasitas karena membanjirnya buah impor yang mencapai 150 kontainer per hari.


Data  Badan Pusat Statistik tahun 2010 menyebutkan beberapa komoditas hortikultura  Jawa Timur semisal jeruk produksinya mencapai  289.592 ton pertahun,  mangga mencapai 416.803 ton, dan  pisang yang mencapai 921.964 ton. Dari total produksi dalam negeri yang dihasilkan mencapai  2.028.904 untuk jeruk,  1,2 juta ton untuk mangga dan 5,7 juta ton untuk pisang.


Ketua Umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir mengatakan setiap tahun produksi hortikultura terutama buah-buahan mengalami peningkatan. Namun, impor juga mengalami lonjakan tajam, paling tidak pada tahun 2011 lalu, total impor hortikulura mencapai Rp 130 triliun. "Otonomi daerah turut berperan dalam peningkatan impor," katanya.


Dia berharap  dengan dilakukan pembatasan pintu masuk, harga buah impor bisa  lebih mahal, karena biaya distribusi yang ditanggung akan menjadi besar."Tapi perlu juga dipikirkan daerah yang menjadi pemampung buah impor, harus ada subsidi bagi daerah," katanya.

[tts]

Jenazah Olivia diberangkatkan ke San Diego Hills pukul 07.00 WIB

Posted: 11 Mar 2012 08:36 PM PDT


Jenazah Olivia Dewi, korban tewas akibat Nissan Juke terbakar di Jl Sudirman Jakarta pagi ini dimakamkan. Olivia akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.


Informasi yang dihimpun merdeka.com, Senin (12/3), Jenazah Olivia akan diberangkatkan pukul 07.00 WIB dari Rumah Duka Dharmais, Jakarta Barat.


Olivia tewas saat mengemudikan Nissan Juke B 60 GOH. Mobil nahas itu terbakar setelah menabrak tiang reklame di depan Mid Plaza Hotel, Jl Sudirman, Jakarta. Mobil ringsek dan hangus terbakar. Olivia meninggal di tempat. Sementara itu, rekan Olivia yang bernama Joy Sebastian, selamat. Saat ini Joy dirawat di RS Gading Pluit.


Joe Sebastian berhasil selamat dalam kejadian nahas itu. Joe selamat setelah ditolong oleh tiga orang polisi yang kebetulan berada di dekat lokasi saat kejadian.


Joe yang berada tepat di samping kiri Olivia berhasil diselamatkan setelah ketiga polisi tersebut menyemprotkan alat pemadam. Alat pemadam diambil dari pos keamanan di Wisma Nugra.


Sementara sang pengemudi mobil Nissan juke, Olivia Dewi tidak berhasil diselamatkan karena api cepat membesar.


Olivia Dewi merupakan mantan gadis sampul tahun 2010. Gadis cantik ini tewas saat mengemudikan Nissan Juke B 60 GOH. Mobil nahas itu terbakar setelah menabrak tiang reklame di depan Mid Plaza Hotel, Jl Sudirman, Jakarta. Mobil ringsek dan hangus terbakar. Olivia meninggal di tempat. Sementara itu, rekan Olivia yang bernama Joy Sebastian, selamat. Saat ini Joy dirawat di RS Gading Pluit.

[war]

Saham Astra akan jadi rebutan investor

Posted: 11 Mar 2012 08:33 PM PDT

Aktivitas perdagangan di BNI Sekuritas./Arie Basuki.merdeka.com

Saham aneka industri seperti Astra International, akan menjadi rebutan para investor dalam perdagangan, Senin (12/3). Pada perdagangan akhir pekan (9/3) saham Astra, ditutup menguat 350 atau sekitar 0,50 persen ke level 70,200.


Analis Pasar Modal Sinarmas Sekuritas Jansen memprediksi secara teknikal indeks berpotensi untuk melaju dengan penguatan pada kisaran 3950 sampai 4015. Penguatan akan didorong data tingkat pengganguran Amerika Serikat.


Selain itu, Indeks akan didorong oleh sentimen ketika mayoritas kreditur swasta Yunani  dikabarkan menyetujui restrukturisasi utang. “Ini dapat memberikan sentimen terhadap indeks,” katanya.


Dia memperkirakan. selain saham Astra. yang akan dapat perhatian investor adalah saham sektor perkebunan di antaranya BW Plantation, saham perdagangan seperti saham perusahaan AKR Corporindo, dan saham infrastuktur, Citra Marga Nusaphala Persada.


Dalam perdagangan, Jumat (9/3) IHSG ditutup pada zona hijau pada level 23,88 poin atau 0,60 persen, berada pada posisi 3991,54. Diiringi indeks LQ 45 yang juga bergerak perlahan dan hanya mampu menguat tipis 4,59 poin atau 0.67 persen di posisi 689,25.

[arr]

Para perwira penikmat narkoba

Posted: 11 Mar 2012 08:30 PM PDT

Ilustrasi pelantikan Akpol. Foto: akpol.ac.id

Di tengah heboh penangkapan anak angkat Wagub Banten Rano Karno, Raka Widyarma, terkait narkoba, seorang polisi juga dibekuk untuk kasus yang sama. Tak main-main, yang ditangkap kali ini seorang kapolsek berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).
Perwira pertama itu adalah AKP Heru Budhi Sutrisno, Kapolsek Cibarusah, Bekasi. Dia ditangkap oleh Propram Polda Metro Jaya di rumah dinasnya di Jalan Raya Loji, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (9/3) malam.


Selain Heru, polisi juga menangkap dua orang lainnya. Polisi menyita sabu seberat 0,87 gram berikut dua alat isap sabu dan sebuah cangklong.


Saat itu juga Heru dicopot dari kapolsek. Jika Heru terjerat hukum, hampir dipastikan karier polisi pemadat itu tamat, meski keputusan itu harus melewati sidang kode etik.


Kasus Heru bukan yang pertama. Lebih gila lagi, seorang Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut, yang seharusnya sebagai yang terdepan memberantas narkoba di wilayahnya, justru jadi pemakai.


AKBP Apriyanto Basuki ditangkap setelah kedapatan memesan pil Happy Five kepada tiga tersangka yang lebih dulu dibekuk di sebuah diskotek di Medan. Barangkali Apriyanto adalah polisi dengan pangkat tertinggi yang terjerat kasus narkoba untuk tahun ini.


Menjadi tersangka, Apriyanto kemudian dicopot dari jabatannya. Selama menjalani pemeriksaan, perwira menengah itu berstatus non-job, di Bidang Propam Polda Sumut.


Mei 2007, publik juga dihebohkan oleh penangkapan Kapolsek Cisarua AKP Jumantoro. Tidak tanggung-tanggung sang perwira tertangkap tangan dengan membawa 1.660 ekstasi, 132 gram heroin dan 59 gram sabu-sabu.


Seketika itu juga, Kapolri Jenderal Sutanto, langsung memerintahkan pencopotan Jumantoro. Dia pun langsung diproses hukum.


Jika perwira saja terlibat narkoba, maka tak heran jika para bintara juga meniru kelakuan para komandannya. Februari lalu, sebanyak 45 bintara di 10 polres wilayah hukum Polda Lampung, terindikasi narkoba. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan tes urine usai apel pagi.


Meski demikian, kata Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, hasil tes urine positif itu tidak serta merta bisa dibawa ke penyidikan.


“Minimal sekurang-kurangnya harus dua alat bukti yang sah,” ujar Sulistyaningsih mengutip pasal 183 KUHAP saat dihubungi merdeka.com, Rabu (15/2).


Bukannya diproses hukum, para bintara itu akhirnya cukup diberi bimbingan rohani. Setelah ‘disekolahkan’, kasus bintara terduga pemakai narkoba itu hilang begitu saja.


Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, menilai ada empat penyebab pengguna narkoba marak dari kalangan polisi. Pertama karena tidak ada pengawasan maksimal dari atasan. Kedua, tidak ada hukuman yang berat untuk membuat efek jera. Ketiga, tempat penyimpanan barang bukti tidak representatif. Terakhir, gaya hidup polisi makin hedonis.


“Akan sulit bagi Polri untuk menghindari anggotanya terlibat narkoba jika pimpinan Polri tidak tegar dan membiarkan ke empat hal itu tetap terjadi,” ujarnya. “Ke depan akan makin banyak polisi bahkan perwira yang terlibat narkoba.”

[ren]

Banjir Buah Impor (2): Pengendalian setengah hati

Posted: 11 Mar 2012 08:27 PM PDT

Pedagang buah impor. merdeka.com/dok

Kian menjamurnya buah impor di pasar domestik, membuat pemerintah memperketat pintu masuk impor buah dan sayur yang tadinya hanya terfokus di delapan pelabuhan menjadi tiga pelabuhan dan satu bandar udara.


Namun, aturan yang harusnya diterapkan pada 19 Maret ini, kemungkinan akan diundur dengan alasan ketidaksiapan PT Pelindo sebagai pengelola pelabuhan dalam menyediakan lahan karantina dan adanya protes dari asosiasi importir buah segar bahkan kepala daerah.


Dalam beleid yang diteken Menteri  Pertanian Suswono, pemerintah hanya memperbolehkan tiga pelabuhan dan satu bandar udara sebagai pintu masuk impor holtikultura. Pintu masuk tersebut antara lain adalah Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar dan Bandara Soekarno Hatta. Aturan ini, diklaim pemerintah untuk mengendalikan buah impor yang masuk ke dalam negeri dan menjaga daya saing buah lokal.


Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Banun Harpini menegaskan penetapan empat pintu masuk buah dan sayur impor untuk melindungi petani hortikultura. Paling tidak ada sekitar 8,5 juta petani hortikultura harus dilindungi produksinya. "Pembatasan pintu masuk untuk mencegah masuknya penyakit  yang mengancam pertanian nasional," ujarnya.


Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan Winarno Tohir menegaskan selain pengetatan pelabuhan, yang harus dilakukan pemerintah adalah memperhatikan kesehatan impor holtikultura karena beberapa produk hortikultura terutama buah buahan dari beberapa negara tidak layak dikomsumsi."Banyak buah buahan impor yang masuk mengadung bahan yang membahayakan seperti formalin, lilin, dan juga lalat buah. Harusnya hal ini yang diperketat," katanya.


Dia mengatakan, penetapan empat pelabuhan impor hortikultura ditentang oleh kepala daerah, karena takutnya dibanjiri impor buah buahan yang bisa membuat hancurnya harga buah lokal dan pembatasan juga ditentang para importir karena alasan biaya logistik."Pemerintah harus menyiapkan skema subsidi agar daya saing petani di wilayah yang dijadikan tempat pemampungan buah impor bisa bersaing," ujarnya.


Pemerintah, kata Winarno, harus melakukan upaya modernisasi pertanian hortikultura agar produk buah buahan yang dihasilkan para petani bisa bersaing secara harga dan kualitas."Saat ini sangat sedikit kelompok tani yang sukses. Para petani dalam negeri belum bisa membuat kelompok besar untuk produksi dan pemasaran," katanya. Kalaupun ada kelompok yang sukses, mereka kembali merana karena kebijakan pemerintah yang membiarkan impor bebas dilakukan.


Dia menegaskan yang harus dikaji pemerintah selain menetapkan pelabuhan juga memilih komoditas yang berhak masuk pelabuhan tersebut.  Misalnya,  Jawa Timur sebagai penghasil apel tidak boleh dibanjiri Apel dulu sebelum bisa bersaing."Atau dengan pengaturan pola waktu impor. Jangan sampai saat panen, impor dibolehkan," tegasnya.

[tts]

Hari ini, Kejagung kembali periksa mantan atasan Dhana

Posted: 11 Mar 2012 08:23 PM PDT

Dhana usai menjalani pemeriksaan Kejagung. dok/merdeka.com

Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung, hari ini akan kembali memeriksa mantan atasan Dhana Widyatmika, FRM, di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Setiabudi I.


Selain FRM, penyidik Pidsus juga mengaku akan memeriksa mantan atasan Dhana yang lainnya. Hal ini seperti diungkapkan Direktur Penyidikan Pidsus, Arnold Angkow, kepada wartawan di Kejagung, Jakarta, Jumat (9/3) lalu.


“Minggu depan (Senin 12 Maret) ada kemungkinan pimpinan DW yang lain akan diperiksa penyidik. Namanya minggu depan,” kata Arnold.


Sebelumnya, FRM telah menjalani pemeriksaan pada Jumat (9/3). Saat diperiksa FRM mengaku tidak memiliki hubungan bisnis apa pun dengan Dhana.


“FRM menjelaskan tidak pernah ada hubungan bisnis dengan DW,” kata Arnold.


Dhana adalah mantan pegawai di Ditjen Pajak. Kejagung menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang pada 16 Februari 2012. Sejumlah aset kekayaan Dhana telah disita Kejagung.


Penyidik Kejagung sendiri kembali menemukan fakta baru seputar kasus tersebut.


Tim penyidik menemukan aliran dana miliaran rupiah yang dikirimkan salah satu wajib pajak yang sempat ditangani Dhana, yaitu PT berinisial TRS, kepada Dhana Widyatmika, melalui rekening bank.


“Penyidik menemukan bukti aliran dana miliaran rupiah dari PT TRS ke DW,” kata Arnold Angkow, Jumat (9/3).

[dan]

Presiden Genoa: Juventus layak menang

Posted: 11 Mar 2012 08:19 PM PDT

Simone Pepe kecewa golnya dianulir (c) AFP

Enrico Preziosi mengomentari beberapa hal terkait hasil imbang tanpa gol yang diraih timnya saat melawan Juventus (11/3). Presiden Genoa itu menilai Juve layak menang di pertandingan tersebut.


Kubu Bianconeri memutuskan mogok bicara kepada media sebagai bentuk protes terhadap keputusan-keputusan wasit yang mereka anggap merugikan. Salah satunya, gol Simone Pepe yang dianulir karena dianggap offside.


Preziosi menyatakan bahwa Juventus layak menang, tapi dia merasa timnya juga dirugikan oleh wasit.


“Di atas lapangan, Juventus jelas layak menang,” ujar Preziosi.


“Juve setingkat di atas kami dari menit awal hingga akhir pertandingan. Jika skor akhirnya 0-2, kami akan mengutarakan beberapa komplain.”


“Meski baru bermain di tengah pekan, Juve tak menunjukkan kelelahan. Itu tidak mengherankan, karena mereka tengah berburu Scudetto.”


“Jujur saja, kami harusnya mendapat satu penalti di penghujung laga, seperti halnya gol Simone Pepe yang semestinya disahkan.”


“Kalau Juve melakukan protes dengan puasa bicara kepada media, saya hanya ingin penjelasan tentang penalti yang tidak diberikan itu, tapi saya tak mau memicu kontroversi.”


“Terlepas dari semua itu, saya salut kepada Juve untuk permainan hebat mereka,” pungkasnya.


LIGA ITALIA – Protes Wasit, Juventus Mogok Bicara

Rooney: Misi United tercapai

Posted: 11 Mar 2012 08:15 PM PDT

  Wayne Rooney saat melawan West Brom (c) AFP

Usai mencetak dua gol yang membawa Manchester United menang 2-0 atas West Brom di Old Trafford (11/3) dan merebut puncak klasemen dari Manchester City, Wayne Rooney menyatakan bahwa United telah meraih posisi yang diinginkannya di Premier League.


Menurut striker tim nasional Inggris tersebut, posisi puncak inilah yang layak ditempati United.


“Di sinilah kami ingin berada saat ini, dan di sini juga kami ingin berada pada akhir musim nanti,” ujar Rooney kepada MUTV.


“Terlepas dari performa mengecewakan kami di Eropa, pujian layak diberikan kepada seluruh pemain yang telah berjuang keras membawa tim ke posisi sekarang ini.”


United telah menunjukkan kesabaran dan konsentrasi luar biasa untuk merebut puncak klasemen yang ditempati City selama lima bulan terakhir. Kesabaran itu juga yang diperagakan Setan Merah saat membongkar pertahanan Baggies.


“Mereka datang ke sini dan menyulitkan kami,” lanjut Rooney. “Mereka menempatkan banyak pemain di daerah sendiri. Gol di babak pertama membuat pertandingan menjadi lebih mudah. Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol, tapi tiga poin sudah lebih dari cukup.”


“Ini semua adalah buah dari kesabaran dan kemampuan kami dalam menjaga ketenangan selama berada di atas lapangan.” (manu/gia)

Maradona ingin kembali ke Napoli

Posted: 11 Mar 2012 08:11 PM PDT

Maradona ingin datang ke Italia. (c) AFP

Diego Maradona sempat terbelit masalah pajak di saat membela Napoli. Meski begitu, legenda Argentina tersebut ingin kembali ke kota tempat ia pernah mengalami kejayaan tersebut.


Maradona membela Napoli dari tahun 1984 hingga 1991. Ia menikmati puncak karirnya selama membela klub Serie A tersebut. Sayangnya ia sempat terkena tuduhan memiliki utang pajak sebesar 35 juta euro. Maradona sendiri menyangkal kabar tersebut dan berniat ke Napoli untuk mengembalikan nama baiknya.


“Saya ingin kembali ke Italia untuk memberikan pelukan ke warga Napoli. Saya tak pernah menghindar dari pajak dan selalu membayar apa yang harus saya bayar,” ujar pelatih klub Al Wasl tersebut.


“Saya ingin mengakhiri segala kesalahpahaman. Saya belum bisa kembali ke Italia hingga sekarang dan telah kehilangan 20 tahun cinta. Saya berharap bahwa keadilan memang ada dan sepadan bagi semuanya.”


“Keinginan saya adalah kembali ke Napoli ke semua teman saya.”


“Saya ingin menemukan kedamaian lagi.” (sw/Rev)

“Swansea tunjukkan keberanian atas City”

Posted: 11 Mar 2012 08:07 PM PDT

Rodgers puas atas penampilan timnya. (c) AFP

Swansea berhasil meraih kemenangan penting setelah mereka menaklukkan Manchester City. Pelatih Swansea, Brendan Rodgers mengaku puas dengan pencapaian timnya.


Swansea sebelumnya memang dikenal sebagai tim yang mampu menaklukkan tim-tim raksasa. Anggapan tersebut kian terbukti setelah The Citizen menjadi korban terakhir mereka. City takluk di tangan mereka dengan skor 1-0.


“Hal yang paling utama adalah kami mendapatkan hal yang positif dan secara keseluruhan saya katakan kami mencetak satu gol dan menciptakan peluang lain lalu kami bertahan dengan baik ketika kami harus bertahan,” ujar Rodgers.


“Kami menghargai setiap lawan kami begitu juga terhadap Manchester City. Mereka telah menghadapi Tottenham dan Manchester United untuk memperoleh kemenangan yang hebat jadi kami tahu bahwa datang ke sini hari ini akan menjadi sebuah pertandingan yang sulit karena perbedaan tingkatan kami.”


“Benar bahwa perhatian kami adalah permainan kami sendiri karena kami merasa kami mampu mengoperkan bola dan keberanian untuk bermain,”


“Seperti yang telah saya katakan, kami melukai tim-tim dan hal itu telah terbukti beberapa musim terakhir bahwa kami mampu melakukan hal itu.”


“Bahkan saat melawan tim terbaik, kami yakin kami mampu memberikan masalah jadi hari ini adalah kemenangan yang besar dan gol yang menakjubkan untuk memenangkan pertandingan itu.” (sw/Rev)

Banjir Buah Impor (1): Buah lokal tergantung musim

Posted: 11 Mar 2012 08:02 PM PDT

Penjual buah di pasar lokal. merdeka.com/dok

Jajaran kios berbagai jenis buah bertengger di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, harga buah buahan dipatok murah meriah. Satu potong semangka yang bisa dinikmati di atas jalan layang hanya Rp 1.000, untuk buah bungkus impor seperti pir, apel, jeruk yang dibungkus kecil yang berisi empat biji hanya ditawarkan dengan harga Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu rupiah.


Buah buahan tersebut bukan berasal dari dalam negeri  tapi didominasi pasokan dari China, sebagian dari  Australia, Amerika Serikat dan Selandia Baru. Lantas dimana buah lokal? pedagang kawasan ini hanya mengatakan pasokan buah lokal terlihat sedikit karena tergantung musim.  Misalnya, sekarang yang musim duku Palembang maka buah tersebutlah yang dijajakan di pasar.


"Kalau sekarang musim mangga maka buah yang ada di pasar ya didominasi mangga. Produk buah buahan dalam negeri masih tergantung musim," ujar Kelompok Tani dan Nelayan Andalan Winarno Tohir


Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, tahun 2010 Indonesia mengimpor buah sebanyak 583 ribu ton buah dan 578 ribu ton sayuran. Angka tersebut kemudian naik menjadi 878 ribu ton buah dan 746 ribu ton sayuran pada tahun 2011. Impor buah buahan asal negara tersebut telah mencapai USD 700 juta.


Bahkan, buah impor bukan hanya dijajakan kios pinggir jalan yang jadi pusat keramaian masyarakat saat menunggu kendaraan umum. Pusat belanja pun berlomba lomba memasarkan buah impor terutama dari China.  Lihat saja di  pasar premium ibu kota dereta buah impor memenuhi rak pendingin dengan harga yang ditawarkan mulai Rp 850 rupiah per gram untuk jeruk kecil dibandingkan buah lokal yang dibandrol  diatas Rp 1.000.


Murahnya buah impor, kata Winarno, karena biaya produksi produk pertanian nasional masih tinggi dibandingkan negara lain. Selain itu, pemerintah China memberikan subsidi yang banyak pada petani potensial yang bisa menghasilkan produk dengan skala besar."Petani dalam negeri harus melewati rantai panjang. Ini yang membuat harga holtikultura lokal mahal,"  katanya. Hal ini juga didorong oleh daya beli masyarakat yang rendah sehingga memilih buah impor.


Paling tidak saat ini sebanyak 47 jenis komoditas pertanian impor mulai merajai pasar dalam negeri. Beberapa jenis komoditas seperti alpukat, anggur, apel, cabe, jeruk, mangga, manggis, pepaya, pir, pisang, rambutan, tomat, terong, mentimun, bawang merah, bawang bombai, bawang putih, bawang prei, dan bawang daun sudah beredar di pasaran dalam negeri dan mengalahkan daya saing hasil pertanian masyarakat.


Mantan Ketua Himputan Kerukunan Tani  Indonesia (HKTI) Siswono Yudhohusodo menegaskan melimpahnya produk sayur dan buah luar negeri menyebabkan harga menjadi anjlok. “Harga produksi dalam negeri hancur, hal inilah yang merugikan petani sehingga tidak bisa bersaing,” ujarnya pada merdeka.com akhir pekan lalu.

[tts]

Addie MS: musik adalah simbol persatuan

Posted: 11 Mar 2012 07:58 PM PDT

Addie Ms (a)foto: KapanLagi.com(dan)reg;

Musik orkestra akhir-akhir ini mulai marak dijadikan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Melihat hal ini. salah satu komposer ternama Indonesia, Addie MS, mengaku sangat bangga.


“Gini ya, musik orkestrasi itu menjadi alat edukasi, dan belakangan ini menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, terutama sekolah swasta. Kalau di luar negeri, tingkat Asia saja misalnya, orkestrasi ini sudah menjadi kegiatan resmi di sekolah. Ini sangat membanggakan,” ujarnya kala ditemui di sela-sela Konser The Magical Journey Al Izhar, di Gedung Serbaguna, Kompleks Sekolah Al Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (10/3).


“Saya pertama kali masuk ke sekolah dan coba mengenalkan orkestra ini di tahun 1998. Sejak saat itu, saya seringkali mensosialisasi musik-musik orkestrasi ini ke masyarakat luas, terutama melalui sekolah,” tambahnya.


Ditanya tentang adanya perbedaan di musik orkestra yang beda dibanding dengan yang ada pada umumnya, Addie menyebut hal itu sangat wajar dan merupakan sisi lain dari keindahan musik. Addie lantas menyimpulkan musik adalah simbol persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan.


“Menurut saya, dalam seni musik itu, adanya perbedaan justru indah. Dari instrumennya saja berbeda, suara atau not yang dikeluarkan dari alat musik itu juga pasti berbeda. Tapi jika dimainkan bersama-sama dengan kompak di bawah conductor, enak juga kan didengarnya,” bebernya.


“Artinya, musik adalah simbol persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan. Didalam musik juga, terselip makna disiplin dan komitmen yang erat untuk mereka jalani,” pungkas suami Memes ini. (kpl/adt/adb)

Saham pertambangan dan perbankan layak dibeli

Posted: 11 Mar 2012 07:53 PM PDT

aktivitas perdagangan di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). doc/merdeka.com

Dalam beberapa waktu ke depan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini masih terus melaju hingga kembali ke level 4000. IHSG diperkirakan akan bergerak sejauh 20 hingga 50 poin, dengan rentang support 3950 dan resisten 4025.


Pengamat pasar saham Optima Kharya Capital Ikhsan Binarto menilai, pergerakan IHSG mendekati level 4000 sangat mungkin terjadi dengan dukungan dari dua sektor yang masih potensial dan diminati. “Yang kemungkinan mengalami kenaikan itu sektor tambang dan sektor perbankan,” jelasnya kepada merdeka.com, Senin (12/3).


Dia melihat, dua saham tersebut masuk kategori layak koleksi. Saham-saham dari sektor pertambangan seperti Indo Tambangraya (ITMG) dan ABMN, cukup layak dibeli. Sementara di level kelas menengah saham pertambangan ada GBPO dan INDI. Sedangkan untuk saham perbankan, yang layak beli antara lain saham Bank BRI (BBRI), Bank Mandiri (BMRI), dan bank BNI.


Selain pengaruh dari saham-saham mover indeks, sentimen internal masih menjadi pengaruh yang dominan di pasar bursa. Dari internal terkait langsung dengan laporan keuangan tahun 2011. “Itu memberikan sentimen positif. Kalau eksternalnya masih pengaruh kenaikan Dow Jones. Kalau soal Yunani masih di situ-situ saja,” papar Ikhsan.

[oer]

Avanza terbalik di Tol Jagorawi, satu orang tewas

Posted: 11 Mar 2012 07:49 PM PDT


Sebuah mobil Toyota Avanza terbalik di Km 42,2 Tol Jagorawi arah Cawang, Senin (12/3). Akibatnya, satu orang tewas.


“Kami belum dapat laporan soal identitas korban,” ujar Briptu Halim, petugas TMC Polda Metro Jaya, saat dihubungi merdeka.com.


Kecelakaan mobil bernomor polisi B 1632 BKS itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. “Saat ini masih dalam penanganan petugas PJR,” kata Halim.


Belum diketahui soal penyebab kecelakaan tersebut.


Sebelumnya, minibus Mitsubishi Colt Diesel bernomor polisi B 7916 ST terbalik di Km 5,3 Tol Jagorawi. Minibus itu terbalik sekitar pukul 21.05 WIB, Minggu (11/3), karena mengalami pecah ban kanan belakang. Akibatnya, empat orang mengalami luka ringan.

[ren]

Preview: Ditekuk Swansea, City turun takhta

Posted: 11 Mar 2012 07:46 PM PDT

Tendangan penalti Scott Sinclair (c) AFP

Manchester City bertandang ke markas Swansea City di pekan ke-28 Premier League, Minggu (11/3), dengan target menang demi mengukuhkan posisinya di puncak klasemen sementara. Terakhir kali Swansea menang menjamu City adalah dengan skor 4-1 pada tahun 1983.


City turun di laga ini dengan krisis pemain di lini belakangnya. Vincent Kompany dan Joleon Lescott absen akibat cedera yang didapat saat melawan Sporting Lisbon di Liga Europa.


Roberto Mancini menurunkan Hart, Richards, Savic, Kolo Toure, Clichy, Barry, de Jong, Yaya Toure, Nasri, Silva dan Balotelli dari menit awal. Pantilimon, Kolarov, Milner, Pizarro, Johnson, Dzeko dan Aguero didudukkan di bangku cadangan.


Satu kegagalan penalti dan satu pembatalan gol mewarnai laga ini.


Swansea berpeluang membuka skor lewat titik putih pada menit ke-7 setelah Joe Hart menjatuhkan Wayne Routledge di area terlarang. Akan tetapi, eksekusi penalti Scott Sinclair bisa dimentahkan oleh Hart.


Tumpulnya barisan depan City membuat Mancini menarik Gareth Barry dan menggantikannya dengan Sergio Aguero pada menit ke-37.


Swansea tampil lebih baik daripada City sepanjang babak pertama, tapi tidak ada gol yang tercipta.


Tempo permainan di babak kedua tidak banyak berubah. Serangan demi serangan bergantian dilancarkan kedua kubu, tapi skor tak juga berubah.


Pada menit ke-83, petaka menghampiri kubu City. Umpan silang Wayne Routledge dari sayap kanan berhasil dimanfaatkan dengan maksimal oleh Luke Moore untuk membawa Swansea unggul 1-0.


Tertinggal 0-1, sementara di pertandingan lain United unggul 2-0, City pun terancam turun takhta.


Pada menit ke-90, Micah Richards mencetak gol untuk City lewat sundulan, tapi dianulir karena hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Harapan City untuk menyamakan kedudukan pun musnah. Skor 1-0 untuk kemenangan Swansea bertahan hingga akhir laga.


Hasil ini, ditambah kemenangan 2-0 Manchester United atas West Brom, membuat City tergusur ke peringkat dua oleh rival sekotanya itu dengan selisih satu poin.


Premier League menyisakan 10 pertandingan. Pekan depan, City akan menjamu Chelsea di Etihad Stadium, sedangkan United melawat ke kandang Wolverhampton. (bola/gia)

FPMM sadari pentingnya pembinaan sepakbola usia dini

Posted: 11 Mar 2012 07:43 PM PDT

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FPMM Jakarta Timur, Abdul Manan. (c) Bola-Esa

Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) menyadari betul betapa pentingnya pembinaan sepak bola usia dini. Karena itu, FPMM memprakarsai lahirnya kompetisi sepak bola usia dini yang akan memperebutkan Piala Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin.


"Salah satu kurang berhasilnya pembinaan olah raga sepak bola di Indonesia disebabkan kurangnya regenerasi. Akibatnya, jumlah pemain berkualitas yang ada sangat terbatas. Padahal dari sisi bakat, banyak bibit para pemain sepak bola muda Indonesia yang memiliki kualitas bermain sepak bola secara baik," terang Ketua Umum DPD FPMM Jakarta Timur, Ade Muhammad Nur, kepada Bola.net.


Ade menambahkan, dirinya kini tengah mensosialisasikan agendanya tersebut kepada pesantren-pesantren yang tersebar di seluruh Jabodetabek.


"Pesertanya tidak hanya terbatas dari pesantren saja, namun bagi yang non-muslim diharapkan dapat ambil bagian. Sekarang, kami tengah menggodok formulasinya. Mulai dari peraturan pertandingan, usia peserta, hingga termasuk menunggu respon positif dari para pesertanya," sambungnya.


Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FPMM Jakarta Timur, Abdul Manan menambahkan, kompetisi sepak bola usia dini di Tanah Air perlu ditingkatkan untuk menjaring bibit baru berkualitas di bidang sepak bola guna mengangkat prestasi.


“Persoalan yang dihadapi dalam pembinaan pemain usia muda selama ini karena masih minimnya kompetisi yang mengakomodir. Terutama, ditingkat usia berkisar antara 10 hingga 17 tahun,” ujarnya.


Seharusnya, dilanjutkannya, tidak hanya PSSI yang diberi kewajiban untuk menggelar kompetisi. Namun, di masing-masing daerah mampu menyediakan wadah kompetisi untuk usia dini. Karena, potensi pemain yang berkualitas cukup besar, termasuk FPMM yang melihat potensi tersebut dan mencoba menjalankannya.


Pembinaan sepak bola yang selama ini dilakukan, katanya lagi, masih sering terputus.


“Jika ada kompetisi sepak bola yang berkesinambungan, tentunya akan banyak melahirkan pemain muda berbakat. Sehingga, pilihan pemain yang akan memperkuat tim nasional lebih mudah karena tersedia stok pemain berkualitas yang cukup banyak,” ujarnya. (esa/Rev)

Bom meledak di gereja Nigeria, tiga orang tewas

Posted: 11 Mar 2012 07:40 PM PDT


Serangan bom bunuh diri kembali terjadi di Negeri. Kali ini sebuah bom meledak di luar sebuah gereja Katholik di kota Jos dan menewaskan sedikitnya tiga orang, Minggu (11/3).


Pemboman itu merupakan serangan kedua terhadap sebuah gereja di kota Jos dalam dua pekan terakhir, setelah serangan 26 Februari yang diklaim dilakukan oleh kelompok militan Boko Haram. Saat itu tiga orang tewas dan 50 luka pada acara kebaktian Minggu.


Seperti dikutip AFP, Kota Jos tegang setelah pemboman itu dan diliputi kekhawatiran akan serangan balasan.


“Ada desas-desus mengenai pembalasan dari pemuda Kristen, namun kami berharap aparat keamanan mengendalikan situasi karena mereka telah menutup daerah tersebut,” kata Alhassan Danjuma Aliyu, ketua lokal Badan Penanganan Darurat Nasional (NEMA).


Kerusuhan yang terjadi setelah pemboman sebelumnya menewaskan tiga orang yang diduga muslim. Penyerang pada Minggu melajukan mobilnya ke Gereja Katholik St Finbar di kota itu sebelum meledakkan bom berkekuatan besar yang menewaskan dirinya dan sedikitnya tiga pengunjung gereja.


“Tiga orang dipastikan tewas,” kata Shuaib menambahkan beberapa orang yang terluka berada dalam kondisi kritis dan telah dibawa ke rumah sakit.


Jos terletak di lintasan tengah yang memisahkan kawasan utara yang berpenduduk mayoritas muslim dan wilayah selatan yang sebagian besar penduduknya Kristen, dan ratusan orang tewas dalam bentrokan-bentrokan antara kelompok muslim dan Kristen dalam beberapa tahun ini.


Kekerasan meningkat di Nigeria sejak serangan-serangan menewaskan puluhan orang selama perayaan Natal 2011 yang diklaim oleh kelompok muslim garis keras Boko Haram.

[ren]

Pemungutan suara Pilbup Bekasi lancar

Posted: 11 Mar 2012 07:31 PM PDT


Proses pemungutan suara Pilkada Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan hari ini berlangsung lancar dan kondusif. Relatif tidak ada konflik yang terjadi semenjak tahapan awal Pilkada.


“Secara umum kegiatan Pemilukada mulai dari tahapan kampanye hingga pemungutan suara berjalan lancar tertib dan kondusif tanpa konflik,” kata Kepala Humas Polresta Bekasi, AKP Bambang Wahyudi, di Cikarang, Minggu (11/3).


Menurut dia, pihaknya telah menerjunkan 2.803 personel untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi itu di 23 kecamatan setempat.


“Personel tersebut kita sebar dengan formasi satu polisi, dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), empat Linmas atau satu polisi, tiga TPS, enam Linmas, tergantung kepadatan penduduk dan tingkat kerawanan,” ujarnya.


Selain pengamanan TPS, katanya, polisi bertugas mengamankan kota suara mulai dari pendistribusian ke TPS, lalu dikumpulkan ke kantor desa dan kecamatan hingga dikembalikan ke kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.


Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menyatakan akan mengumumkan hasil rekapitulasi pemungutan suara pada 18 Maret 2012.


“Hasil perhitungan yang akan disampaikan kepada publik hanyalah hasil rekapitulasi dari 23 kecamatan yang dihitung pada 15-17 Maret 2012,” kata Anggota KPUD Kabupaten Bekasi, Idham Kholik.


Pihaknya tidak akan mengumumkan hasil rekapitulasi suara hasil pemungutan dari 3.907 TPS di 23 kecamatan setempat sebelum jadwal yang ditentukan meskipun masing-masing tim sukses kandidat telah merilis hasil perhitungan cepatnya sesaat setelah pemungutan suara.


KPUD Bekasi, katanya, sengaja tak menyediakan sistem “online” untuk menerima laporan penghitungan suara dari tiap-tiap TPS. Laporan yang diandalkan ialah isian formulir C yang dinilai paling valid karena berdasarkan laporan tertulis dari tiap-tiap TPS.


“Sengaja kami andalkan model C dan tidak membuat sistem ‘online’ demi otentifikasi data,” ujarnya.


Terkait potensi suara yang hilang akibat banyaknya warga setempat yang tidak bisa mempergunakan hak suaranya karena tidak memperoleh undangan untuk datang ke TPS, Idham menegaskan hal tersebut tidak mutlak sebagai kesalahan KPUD.


“Sebab selama yang bersangkutan tercantum di daftar pemilih tetap di TPS, apat memberikan suara dengan berbekal KTP,” katanya.


Idham memprediksi angka partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini sangat minim. Jauh lebih rendah daripada saat Pemilihan Bupati tahun 2007 yang hanya mencapai 56,81 persen.


Akan tetapi, meskipun angka partisipasi rendah, secara umum Idham menilai penyelenggaraan Pilkada cukup baik dan terlaksana dalam kondisi yang tetap kondusif.


“Saya berharap kondisi aman ini bertahan hingga pemenang resmi diumumkan,” demikian Idham.

[ren]

Review: Lazio dipermalukan Bologna di kandang sendiri

Posted: 11 Mar 2012 07:26 PM PDT

Pemain Bologna merayakan kemenangan mereka. (c) AFP

Lazio menjamu Bologna di stadion Olimpico dalam lanjutan Serie A. Lazio terus mendapatkan tekanan dari Bologna terutama setelah dua pemain mereka diusir. Lazio takluk dengan skor 1-3.


Pertandingan baru memasuki menit 11 namun Lazio sudah tertinggal. Daniele Portanova berhasil menjebol gawang Lazio. Ia mampu melesakkan bola ke gawang Lazio setelah menerima sebuah tendangan pojok.


Lazio kian tertinggal pada menit 28. Alessandro Diamanti tampil menawan setelah ia berhasil melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti Lazio. Bola meluncur deras ke tengah gawang tanpa mampu dihalau kiper Lazio.


Alvaro Gonzalez berhasil mendapatkan sebuah umpan terobosan dari Miroslav Klose pada menit 37. Sayang bola hasil tendangannya justru melebar ke sisi kanan gawang.


Sempat terjadi keributan menjelang akhir babak pertama. Pemain Lazio, Francesco Matuzalem terkena kartu merah akibat terlibat dalam sebuah perkelahian. Hingga babak pertama berakhir, Lazio masih tertinggal 0-2.


Upaya Lazio untuk memperkecil ketertinggalan terwujud pada menit 56. Kelengahan dari Matteo Rubin membuat ia mencetak gol bunuh diri ke gawangnya sendiri. Skor menjadi 1-2 tetap bagi keunggulan Bologna.


Lazio harus bermain dengan 9 orang sejak menit 58 setelah Alvaro González menerima sebuah kartu merah karena pelanggarannya yang terlalu keras terhadap pemain Bologna.


Keadaan yang tidak imbang ini membuat pemain Bologna dapat memanfaatkan keadaan. Mereka berhasil mencetak gol ke gawang Lazio setelah bola hasil tendangan Rene Krhin menjebol gawang Lazio pada menit 60.


Bologna terus menekan pertahanan Lazio. Panagiotis Kone berhasil memberikan sebuah umpan terobosan kepada Gaston Ramirez pada menit 73. Sayang Ramirez tak mampu memaksimalkannya setelah bola hanya melebar dari gawang.


Meski bermain dengan 9 orang namun Lazio masih cukup beruntung tidak kebobolan lebih banyak. Saphir Sliti Taider sempat mengancam gawang Lazio pada menit 90 namun bola masih berhasil diblok oleh kiper Lazio.


Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol yang tercipta. Lazio takluk dengan skor 1-3. Kekalahan ini membuat Lazio tertahan di posisi 3 dengan raihan 48 poin. Bologna sendiri berada di posisi 9 klasemen sementara. (bola/Rev)

No comments:

Post a Comment