Wednesday, March 21, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Tahun Depan Belanjaan Pemerintah Lebih Banyak

Posted: 21 Mar 2012 09:02 PM PDT

Menko Perekonomian, Hatta Rajasa (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Pemerintah menyiapkan resources envelope atau kerangka pendanaan sebesar Rp540 triliun untuk menyusun rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2013. Dana triliunan itu akan dialokasikan untuk 11 prioritas.

Dibandingkan pagu anggaran awal APBN tahun ini sebesar Rp520 triliun, alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah naik Rp20 triliun.

“Pagu awal ini yang sudah di desain Rp540 triliun untuk resource envelope kita untuk 11 prioritas ditambah inisiatif-inisiatif baru yang juga penting,” papar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 21 Maret 2012.

Kesebelas prioritas pembangunan pemerintah itu adalah bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pangan, infrastruktur, investasi, energi, lingkungan hidup, desa tertinggal, dan budaya.

Hatta menjelaskan di dalam struktur pembiayaan, alokasi belanja operasional tahun depan tidak akan mengalami kenaikan. Bahkan belanja pemerintah itu justru akan menurun dari Rp167,8 triliun menjadi Rp164,7 triliun.

Tahun depan, pemerintah cukup optimitis memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Walau masih tahap awal pembahasan, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,7-7,4 persen.

Pertumbuhan ekonomi tahun 2013 itu akan ditopang dari sektor-sektor yang ekspansif dan perkiraan ekspor yang stabil cenderung meningkat. Namun diakui, tantangan kondisi ekonomi global masih akan dihadapi pemerintah.

Dalam rancangan APBN 2013, pemerintah memperkirakan inflasi berkisar antara 3,5-5 persen. Laju inflasi itu sudah memperhitungkan gejolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Dorong Belanja Modal

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menambahkan, pemerintah akan berusaha meningkatkan belanja modal, terutama infrastruktur, dalam rancangan APBN 2013 ini.

Dalam RAPBN 2013, belanja modal pemerintah naik Rp32,2 triliun menjadi Rp180,2 triliun. Belanja barang pemerintah sendiri dialokasikan Rp9,1 triliun sedangkan belanja pegawai naik menjadi Rp2,2 triliun.

“Kami ingin mempercepat infrastruktur dan perhatian ke indonesia timur di berbagai koridor ekonomi, dan kesempatan kerja bagi kaum muda,” katanya.

Dalam R-APBN 2013 pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran untuk pemilu 2014 sebesar Rp8 triliun sebagai pemantapan stabilitas politik. “Pemilu persiapannya dari 2013,” katanya. (sj)

Sosial Media Indikasikan Naiknya Pengangguran

Posted: 21 Mar 2012 08:57 PM PDT

pengguna jejaring sosial (telegraph.co.uk)

VIVAnews – Penyedia layanan analisis bisnis, SAS, mengatakan bahwa obrolan dan topik pembicaraan di media sosial dapat menjadi indikasi meningkatnya pengangguran. Ini diketahui berdasarkan analisis SAS yang membandingkan mood dan jumlah percakapan di media sosial, dengan statistik pengangguran.

Dengan melihat banyaknya tema “pemotongan anggaran belanja” misalnya, maka meningkatnya pengangguran akan dapat diprediksi. Begitu pula jika media sosial ramai membahas tentang “meningkatnya penggunaan transportasi publik” atau “ganti kendaraan yang lebih murah”.

"Sosial media dan isi internet seperti surat dan panggilan telepon yang selalu menginformasikan organisasi. Hanya saja, saat ini bentuknya digital, bersifat publik dan skala besar,” kata I-sah Hsieh, Global Manager untuk International Development SAS, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.

SAS melakukan penelitian terhadap pengguna media sosial di Amerika Serikat dan Irlandia. Analisis dilakukan selama dua tahun, juga digunakan sebagai referensi tentang pengangguran dan bagaimana cara orang-orang mengatasinya.
Di Amerika, meningkatnya mood kata “depresi" terjadi empat bulan sebelum meningkatnya pengangguran. Sedangkan obrolan "cemas” para pengangguran di Irlandia berhubungan dengan meningkatnya pengangguran lima bulan kemudian.

Adapun meningkatnya kata “kebingungan” mendahului peningkatan statistik pengangguran yang terjadi tiga bulan kemudian.

SAS Informasi semacam itu menjadi berharga bagi pembuat kebijakan untuk mencoba mengurangi efek negatif dari meningkatnya pengangguran.

"’Harta’ yang belum tersentuh itu dapat memberikan feedback secara real-time untuk kebijakan, meningkatkan keselamatan publik, meningkatkan hubungan warga negara dan mendukung penelitian sosiologi yang penting," ucap I-sah Hsieh.

SAS melakukan riset ini bekerja sama dengan United Nations Global Pulse, lembaga yang diinisiasi oleh PBB. Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon juga menyebut analisis ini sebagai informasi penting dalam mengambil kebijakan.

"Banyak dari data ini mencakup sinyal yang berkaitan dengan pengembangan. Kita harus dapat menggunakannya untuk menjelaskan apa yang terjadi, dan ketika sedang terjadi," ujar Ban Ki Moon, November lalu. (umi)

Reinkarnasi Mobil The A-Team

Posted: 21 Mar 2012 08:52 PM PDT

Mobil The A-Team (Automotto.com)

VIVAnews – Masih ingat film The A-Team? sebuah film aksi petualangan yang mengisahkan tentang sekelompok mantan anggota tentara khusus Amerika yang berubah menjadi tentara bayaran.

Film yang dibintangi oleh George Peppard sebagai Kol. Hannibal, Dirk Benedict sebagai Lt. Faceman, Dwight Schultz sebagai Kapten Murdock, dan Mr. T sebagai B.A Baracus, selalu menggunakan mobil khusus untuk melakukan aksinya. Mobil itu adalah GMC Vendura 85.

Dilansir Automotto, Selasa 20 Maret 2012, seorang fans bernama Tag Majid telah menghabiskan US$50.000 untuk mengubah mobil van GMC Vendura 85 miliknya, menjadi mobil yang dipakai dalam film The A-Team.

Karena banyak orang yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan mobilnya, ia pun sengaja menyewakannya untuk mengantar calon pengantin.

Tahun lalu sudah ada 24 pasangan calon pengantin menyewa mobil milik Majid. Jumlah ini terus meningkat, bahkan di tahun ini ada 26 pasangan calon pengantin yang juga ingin merasakan mobil The A-Team.

Majid menghabiskan satu tahun untuk berburu asesoris mobil tersebut. Adapun waktu pengerjaannya selama 8 bulan. Semua dilakukannya dengan sempurna, setiap bagian dibuat secara detail dan juga dikolaborasikan dengan beberapa teknologi canggih.

Mulai dari layar LCD 26 inchi, sound system, dan DVD player agar Anda dapat memutar film The A-Team setiap saat. Laporan: Wahyu Prasetyo (umi)

Ini Dia Mobil Terbaik 2012 di Indonesia

Posted: 21 Mar 2012 08:48 PM PDT

Avanza Veloz (toyota.astra.co.id)

VIVAnews – Sejak kemunculannya 2004, Avanza sudah menjadi mobil Toyota dengan penjualan terbaik. Dominasi Avanza di segmen pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) tanah air sulit dikalah oleh kompetitor lainnya.

Mobil yang fenomenal tersebut, kembali meraih penghargaan yang dianugerahkan kepada Toyota All New Avanza di ajang Otomotif Awards 2012, di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012. Di ajang ini, Avanza meraih tiga penghargaan, diantaranya Best Mini MPV, Best of the Best MPV, dan Otomotif Award ‘Car of The Year’ 2012.

Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan mengatakan bahwa keberhasilan Toyota All New Avanza sebagai ‘Car of The Year’ diharapkan dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggan Toyota.

“Keberhasilan pencapain Toyota All New Avanza sebagai Car of Ther Year ini merupakan sebuah kebanggaan dan tentunya menjadi lecutan bagi kami untuk dapat terus memberikan yang terbaik bagi para pelanggan Toyota,” kata Johnny.
Hasil yang diperoleh All New Avanza, diikuti oleh Toyota Grand New Kijang Innova dengan meraih Best Mid MPV dan Best MPV Diesel, serta penghargaan juga diberikan kepada kelas sedan, yakni Toyota Vios (Best Mini Sedan) dan dan Corolla Altis (Best Mid Sedan).

Selain produk, Toyota juga meraih layanan purna jual terbaik melalui Auto 2000, yang pada Otomotif award 2012 berhasil meraih Best Innovation and Improvement Aftersales Service.

Negara Berkembang Usul 2 Calon Bos Bank Dunia

Posted: 21 Mar 2012 08:43 PM PDT

Presiden Bank Dunia (World Bank) Robert Zoellick bakal segera mundur dari jabatannya (World Bank)

VIVAnews - Negara-negara berkembang dikabarkan bakal mengusung dua nama dalam perebutan posisi presiden Bank Dunia yang bakal ditinggalkan Robert Zoellick. Kedua nama itu adalah Ngozi Okonjo-Iweala dan Jose Antonio Ocampo.

Okonjo-Iweala adalah menteri keuangan Nigeria dan dianggap memiliki peluang lebih besar. Selain sebagai ekonom, dia juga merupakan diplomat. Sementara itu, Ocampo adalah mantan menteri keuangan Kolombia.

Seperti dikutip dari laman Reuters.com, Kamis, 21 Maret 2012, Okonjo-Iweala mendapat dukungan dari pemerintah Brasil dan Afrika Selatan. Hal itu menjadikannya sebagai kandidat paling mengancam calon dari Amerika Serikat.

Tiga orang sumber Reuters.com, mengatakan nominasi Ocampo yang saat ini menjadi profesor di Universitas Columbia, New York, AS bakal diajukan secara resmi oleh Brasil.

Sementara itu, seorang sumber lain mengatakan, Okonjo-Iweala rencananya akan dinominasikan pada Rabu. Dua sumber lain mengatakan nominasi akan dilakukan pada Jumat.

Penominasian itu akan disampaikan kepada 25 anggota dewan Bank Dunia dan diputuskan dalam sebulan mendatang.

Pencalonan Okonjo-Iweala kabarnya telah memperoleh restu dari Presiden Nigeria, Gooluck Jonathan, yang telah merekrutnya menjadi anggota kabinet setahun lalu.

Keputusan untuk mencalonkan Okonjo-Iweala dan Ocampo dilakukan setelah diskusi panjang di antara negara berkembang di dewan Bank Dunia, termasuk China dan India.

Dua sumber Reuters mengatakan, Direktur Bank Dunia asal Afrika Selatan, Renosi Mokate, yang juga mewakili Nigeria dan negara Afrika yang menggunakan bahasa Inggris, dikabarkan telah terbang ke Abuja, ibukota Nigeria, untuk berkonsultasi dengan Okonjo-Iweala mengenai pencalonannya tersebut.

“Pribadi yang mengesankan dari Ocampo dan Okonjo-Iweala telah memicu tekanan bagi Gedung Putih untuk menominasikan calon dengan tingkat kemampuan yang sama,” kata mantan anggota dewan Bank Dunia, Demenico Lombardi.

Okonjo-Iweala yang pernah menjabat managing director Bank Dunia dan Ocampo sebagai mantan pejabat PBB, bakal bersaing bersama Jeffrey Sachs, ekonom AS, yang kabarnya dicalonkan negara-negara kecil. (art)

Bank Mandiri Bantah Monopoli Kartu E-Toll

Posted: 21 Mar 2012 08:38 PM PDT

E-Tollcard, kartu tol elektronik (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)

VIVAnews- Bank Mandiri menolak disebut pihak yang memonopoli kartu tol elektronik (e-toll card). Pasalnya penyedia e-toll card dipilih operator jalan tol secara tender terbuka. Pada saat tender, semua bank ikut berpartisipasi.

Bank Mandiri juga siap jika pengelolaan e-toll card juga dilakukan oleh bank lain.  “Ini yang menunjuk operator jalan tol. Kalah dibuka untuk bank lain nanti, kita tidak masalah. Cuma konsekuensi good governance saja. Masyarakat mengetahui ini tender terbuka dan semua bank ikut, kebetulan yang menang Bank Mandiri,” ujar Direktur Retail and Banking Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin kepada VIVAnews.

Budi menjelaskan tujuan penggunaan e-toll agar antrian cepat di bawah 5 mobil. Pasalnya jika transaksi manual (cash) membutuhkan waktu 10 detik. Sementara dengan gerbang e-toll dengan penjaga membutuhkan waktu sebesar 6 detik. Sedangkan gerbang tol otomatis (GTO) membutuhkan waktu 6 detik. Budi mengatakan operator jalan tol akan menambah 50 gerbang GTO untuk ruas tol dalam kota.

“Jadi semakin banyak orang yang menggunakan kartu e-Toll card sebenarnya untuk mengurangi antrian. Jika mencapai antrian mobil minimal 5 maka sebanyak 20-25 persen pengguna tol harus menggunakan e-Toll card” ujarnya.

Jumlah e-toll card sendiri menurut Budi naik secara signifikan. Hingga Februari, pengguna e-toll card sebesar 674 ribu. Sementara tahun lalu sekitar 400 ribu. “Dalam dua bulan naik lebih dari 40 persen,” ujar Budi.

Sedangkan dari sisi angka transaksi, naik 3,7 juta transaksi setiap bulan,dengan nilai Rp25 miliar. Padahal pada tahun lalu transaksi mencapai 2,8 juta transaksi per bulan dengan nilai Rp20 miliar.

Sebelumnya Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan kekecewaannya terhadap penjualan kartu e-Toll. Menurut Dahlan, dirinya pernah mengingatkan Bank Mandiri untuk menggenjot penjualan kartu e-Toll tiga bulan yang lalu. Peringatan itu merupakan bagian dari upaya meningkatkan pelayanan bagi pelayan jalan tol.

Dahlan juga mengatakan jika Bank Mandiri tidak mampu menjual kartu e-Toll sebanyak-banyaknya, bank milik pemerintah itu harus mulai berpikir membuka hak monopoli kartu tersebut. Untuk menyerahkan hak penerbitan kartu tersebut, BUMN mengusulkan agar Bank Mandiri memperoleh ganti rugi atau bentuk kompensasi lainnya.

“Saya setuju kalan bisa dibuka untuk semua bank. Penjualan e-Toll akan lebih cepat,” katanya.

Kendati setuju melepas hak penerbitan kartu e-Toll, Dahlan ingin memberikan kesempatan bagi Bank Mandiri menuntaskan perjanjian komitmen yang telah disepakatinya.

RIM Undang Pengembang Pelajari BlackBerry 10

Posted: 21 Mar 2012 08:35 PM PDT

Kantor pusat Research in Motion – RIM (REUTERS/ Geoff Robins)

VIVAnews – Research in Motion disebut mengandalkan sistem operasi terbarunya, QNX, agar BlackBerry bisa bersaing dengan iPhone dan smartphone berbasis Android. BlackBerry 10 atau London, akan menjadi perangkat smartphone BlackBerry pertama yang menggunakan QNX, sekaligus andalan RIM untuk kembali mendominasi pasar smartphone.

RIM memang menunda peluncuran BlackBerry 10, yang kemungkinan hingga akhir tahun. Namun, RIM memperlihatkan keseriusannya menggarap BlackBerry 10. RIM pun mulai mengundang para pengembang aplikasi (app) untuk mempelajari platform BlackBerry 10.

Mengutip situs resmi RIM, sebuah acara khusus pun digelar di Hilton Bonnet Creek, Orlando, Florida, AS, di awal Mei mendatang. Selama tiga hari, 1-3 Mei 2012, para pengembang akan berkumpul untuk mendapatkan demonstrasi dan sharing cerita dari para pengembang.

Di acara ini, para pengembang dapat kesempatan pertama menguji platform BlackBerry 10 dan mengeksplorasi platform ini.

Pengembang juga berkesempatan mengembangkan keahliannya di sejumlah pemrograman, termasuk HTML5, Native, Java, dan Adobe Flash/AIR.

Selain itu, para pengembang dapat menguji keahliannya dalam mengembangkan platform BlackBerry Native SDK (lingkungan C/C++ yang mendukung pustaka open source), HTML5+ BlackBerryWebWorks, juga Android (aplikasi yang bisa di-convert file dari APK ke BAR).

BlackBerry 10 sepertinya akan menjadi perangkat BlackBerry yang bisa menjalankan aplikasi Android. RIM telah menguji coba ini di sistem operasi PlayBook 2.0.

Namun, aplikasi Android itu tidak bisa langsung dijalankan. Ada beberapa tahap yang harus dijalankan. Cara mudahnya adalah memasukkan file APK yang ada di aplikasi Android itu ke situs RIM, untuk kemudian di-convert. (art)

DP KPR Naik, Ciptakan Keseimbangan Baru?

Posted: 21 Mar 2012 08:32 PM PDT

Ilustrasi kredit KPR (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews- Kebijakan Bank Indonesia untuk menaikkan uang muka (down payment/DP) terhadap kredit pemilikan rumah (KPR) bagi rumah type 70 ke atas akan menimbulkan keseimbangan baru. Meski akan mengalami penurunan kredit, namun hal itu hanya bersifat sementara.

Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia Muhammad Ali mengatakan kebijakan itu membawa dampak positif bagi pertumbuhan KPR. Hal itu disebabkan bank akan jauh berhati-hati dalam menyalurkan kredit KPR. Hal itu akan meminimalisir risiko bagi bank. “Bagi bank itu akan lebih prudent,” ujarnya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Ali mengakui hal itu akan berdampak terhadap pertumbuhan KPR dan kredit kendaraan bermotor (KKB). Kebijakan itu akan menciptakan keseimbangan baru dalam mekanisme sisi permintaan dan penawaran kredit. “Akan tetapi untuk jangka menengah akan terjadi keseimbangan baru,” ujarnya.

BRI saat ini menetapkan uang muka KPR sebesar 20 persen dari total harga rumah. Sementara untuk KKB, BRI membedakan kredit berdasarkan kondisi kendaraan apakah cepat laku di pasar. Ali menjelaskan untuk kredit 1-3 tahun DP ditetapkan 15-25 persen. Sedangkan untuk kredit 4-5 tahun DP sekitar 25-35 persen.

Seperti diketahui Bank Indonesia mengatur kenaikan DP untuk kredit kendaraan roda dua, minimal uang muka menjadi 25 persen dan untuk mobil sebesar 30 persen.

Sementara, untuk kredit kendaraan bersifat produktif sebesar 20 persen. Sedangkan untuk KPR, rasio LTV yang diatur maksimal 70 persen. Rasio LTV, yakni angka rasio antara nilai kredit yang dapat diberikan oleh bank terhadap nilai agunan pada saat awal pemberian kredit.

Ngamuk di Tol, Dahlan Siap Tanggung Jawab

Posted: 21 Mar 2012 08:28 PM PDT

Menteri BUMN, Dahlan Iskan (Antara/ Puspa Perwitasari)

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menegaskan insiden pembukaan paksa dua pintu gerbang di jalan tol dalam kota Jakarta kemarin bukan semata kesalahan dari para petugas.

Dahlan menganggap itu merupakan kesalahan sistem yang harus ditanggung bersama-sama. Termasuk dirinya sebagai atasan dari perusahaan pengelola PT Jasa Marga Tbk.

“Keduanya (petugas) memang salah, tapi bukan salah besar,” kata Dahlan Iskan dalam pesan BlackBerry yang diterima VIVAnews.com, Rabu, 21 Maret 2012.

Dahlan menegaskan, dirinya meminta manajemen Jasa Marga agar tidak memberikan tindakan keras kepada dua petugas tersebut. Apalagi sampai menjadikan mereka sebagai korban.

“Kesalahan terbesar ada di sistem. Harus ditanggung bersama-sama, termasuk saya sebagai atasan mereka yang paling atas,” tegas Dahlan.

Seperti diketahui, Dahlan Iskan saat ini tengah berada di China dalam rangka pengobatan hati yang telah 8 bulan dilewatinya. Sehari sebelumnya, Dahlan sempat membuat heboh tatkala membuka paksa dua pintu gerbang tol dalam kota Jakarta. 

Dahlan ‘mengamuk’ setelah melihat antrean panjang di pintu gerbang tol Semanggi I, Jakarta. Tak hanya membuka paksa pintu gerbang, Dahlan juga sempat membuang dua kursi petugas gardu yang kala itu masih kosong. (umi)

Kiemas: Gulingkan SBY, Banyak Syaratnya

Posted: 21 Mar 2012 08:24 PM PDT

Taufiq Kiemas dan Susilo Bambang Yudhoyono (www.indonesia-ottawa.org)

VIVAnews – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Taufiq Kiemas,  mengatakan tak mudah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia mengatakan, banyak syarat yang harus dilakukan.

“Penggulingan kan ada syarat-syaratnya, musti ada sidang MK lalu ke DPR. Tidak bisa kayak dulu, langsung demo lalu jatuh,” kata Taufiq Kiemas di Gedung DPR, Rabu 21 Maret 2012.

Dia mengatakan, wajar jika suatu kepemimpinan tidak sempurna. “Kita bikin reformasikan setengah  mati. Kurang-kurang boleh lah,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan PDI Perjuangan itu.

Taufiq juga mengatakan, wajar jika SBY merasa takut jika kepemimpinannya akan digulingkan. Hal itu manusiawi. “Ya boleh lah (takut), masak takut nggak boleh,” kata dia.

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menanggapi kabar pemboikotan pemerintahannya sebelum masa jabatannya sebagai kepala negara berakhir pada 2014 mendatang. SBY menilai ada gerakan aneh dalam fenomena politik yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

“Fenomena politik yang saya maksud ada gerakan aneh yang saudara juga mengikuti, pokoknya pemerintahan ini harus jatuh sebelum 2014. Pernah dengar?” kata SBY saat memberikan pengarahan dan pembekalan kepada para kader Partai Demokrat di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu 18 Maret 2012. (umi)

Mobil-mobil Desain Mantap Perangkat Minim (1)

Posted: 21 Mar 2012 08:21 PM PDT

VIVAnews – Kehadiran mobil-mobil baru di awal tahun ini tidak selalu mendapatkan respon potifif dari konsumen. Justru model dan fitur mobil itu dinilai kurang menarik, dan tidak kalah baik jika dibandingkan model tahun 70-an dan 80-an.

Dilansir majalah Forbes, Selasa 20 Maret 2012, ada beberapa mobil yang memiliki desain baik, namun tidak didukung dengan perangkat yang mumpuni.

Dari hasil studi terakhir terkait peringkat mobil terbaik oleh Consumer Reports, menggambarkan begitu banyak kekurangan yang dimiliki mobil-mobil edisi terbaru di 2012. Mulai dari segi desain, fitur, tingkat keamanan dan keselamatan

Berikut daftar mobil-mobil terburuk di tahun 2012 versi Consumer Reports dan majalah Forbes:

1. Cadillac Escalade

Mobil ini dikatakan buruk karena daya pengeremannya tidak baik. Handling dan konsumsi bahan bakar juga boros. Belum lagi jok baris ketiga yang terlalu sempit. Mobil ini tergolong mahal dengan harga jual yang jatuh. Konsumsi bahan bakarnya tercatat 5,5 km/liter.

2. Chevrolet Colorado/ GMC Canyon

Menurut Consumer Reports, dua mobil pick-up truk ini memiliki akselerasi yang kurang, tingkat kebisingan kabin dari suara mesin yang buruk. Begitu juga kualitas pengendaraan, pengereman, dan bentuk bodinya yang kaku.

Kedua mobil ini juga memiliki tingkat keselamatan yang rendah dalam uji coba yang dilakukan lembaga keselataman Jalan di Amerika.

3. Chevrolet Tahoe/GMC Yukon

Kedua mobil ini menggunakan platform yang sama dengan Cadillac Escalade. Consumer Reports menyatakan, mobil ini bermasalah pada pengereman dan kursi baris ketiga yang tidak dapat dilipat rata dengan lantai mobil. Konsumsi bahan bakarnya pun hanya 5,9 km/liter.

4. Dodge Avenger

Pada tahun lalu, Dodge Avenger melakukan pembaharuan dengan mesin V6 dan dashboard. Consumer Reports mencatatkan bahwa Dodge Avenger memiliki nilai terendah karena kebisingan kabin dari suara mesin, akselerasi, pengereman, handling, transmisi, konsumsi bahan bakar, posisi pengemudi, dan visibilitas kaca belakang yang buruk.

5. Dodge Ram 2500 Diesel

Mesin diesel milik Dodge ini salah satu produksi kendaraan paling bermasalah. Di bagian belakang, tampilan truk ini kurang memikat, banderolnya pun tergolong tinggi.

Meski dilengkapi dengan fasilitas derek dan dapat membawa barang tambahan, Ram 2500 Diesel bermasalah dengan kualitas pengendaraan, handling, kinerja transmisi, kabin berisik, dan ground clearance yang terlampau tinggi. Bersambung…

PKS Kirim Surat ke SBY Tolak Harga BBM Naik

Posted: 21 Mar 2012 08:17 PM PDT

Sekjen PKS Anis Matta (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Anis Matta, mengatakan partainya tak setuju dengan rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). PKS sudah mengirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait sikap tersebut.

“Kita sudah krim surat ke presiden, harusnya sudah sampai 3 atau 4 hari lalu,” kata Anis Matta di Gedung DPR, Rabu 21 Maret 2012.

Menurut Anis, dalam surat itu, PKS memberikan sejumlah opsi kepada pemerintah terkait harga BBM. Yang jelas, kata dia, dalam opsi itu, PKS tak merekomendasi kenaikan harga BBM.

“Soal diterima atau tidak, itu urusan lain, yang penting kita sudah nyatakan sikap,” katanya. Anis mengatakan, secara fiskal, sebenarnya masih ada jalan selain menaikkan harga BBM.

PKS juga menyoroti rencana pemberian kompensasi setelah kenaikan harga tersebut. PKS juga tak setuju dengan langkah ini. “Kalau kita menaikkan harga BBM, lalu membuat kompensasi, itu artinya hanya pindah kantong kanan ke kantong kiri,” kata Anis.

“Lebih bagus tidak menaikkan dan tidak perlu ada kompensasi. Jadi secara fiskal menurut kami masih bisa untuk menaikkan.”

Anis menambahkan, untuk mengurangi beban APBN, pemerintah bisa menghemat pengeluaran. Pemerintah harus menghemat belanja pegawai.

Selain itu, serapan anggaran harus dimaksimalkan. Selama ini, kata dia, serapan anggaran masih sangat rendah, sehingga kebanyakan dana hasil utang tidak terpakai. “Ini jadi gangguan dalam fiskal karena ada beban bunga, uangnya juga tidak dipakai,” kata Anis. (umi)

Chevy Trailblazer Penantang Pajero & Fortuner

Posted: 21 Mar 2012 08:13 PM PDT

All-New Chevrolet Trailblazer (chevrolet.co.id)

VIVAnews – General Motors meluncurkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) terbarunya di ajang Bangkok International Motor Show, Rabu 21 Maret 2012. All-New Chevrolet Trailblazer menjadi penantang terbaru bagi Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan dalam bentuk kendaraan konsep, pada ajang Dubai International Motor Show, di Timur Tengah tahun lalu. Trailblazer akan dipasarkan di seluruh dunia, dimulai di Thailand pada bulan Juni ini.

TrailBlazer menggunakan body-on-frame (tubuh mobil berdiri di atas rangka). TrailBlazer berbagi platform dengan Colorado pickup. TrailBlazer dikembangkan General Motors (GM) Brazil.

“All-New Chevrolet Trailblazer akan diproduksi di fasilitas manufaktur GM Thailand di Rayong. Trailblazer dirancang dengan kokoh untuk pengguna Chevrolet seluruh hal yang diperlukan dari sebuah heavy-duty SUV," kata President GM Southeast Asia, Martin Apfel dalam keterangan pers, Rabu 21 Maret 2012.

All-New Chevrolet Trailblazer akan menggunakan mesin empat silinder Duramax turbo-diesel, masing-masing dengan kapasitas 2,5 dan 2,8-liter. Mesin 2.8 liter tenaga maksimal 180 hp dan torsi maksimum 470 Nm dikawinkan transmisi otomatis 6-speed. Sedangkan Mesin 2.5 liter menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi maksimum 350 Nm.

Dijual, Mobil Balap Legendaris Schumi

Posted: 21 Mar 2012 08:10 PM PDT

Mobil F1 Benetton-Ford B192 (Carbuzz)

VIVAnews – Siapa yang tidak kenal Michael Schumacher. Dia merupakan seorang legenda hidup di dunia balap Formula 1. Berbagai prestasi berhasil ditorehkannya di ajang balap Formula 1.

Tak ayal Schumi sapaan akrabnya memiliki fans yang cukup banyak di berbagai dunia. Bagi para fans fanatiknya mungkin ini sebuah kabar menyenangkan, setelah mobil Benetton-Ford B192 yang dikendarai Schumi pada balapan Formula 1 tahun 1992 diberitakan akan dijual.

Dilansir Carbuzz, Rabu 21 Maret 2012, mobil balap berwarna kuning itu, akan dijual dengan mobil-mobil lainnya dari ahli restorasi Hall & Hall di kota Lincolnshire, Inggris.

Mobil balap yang dulu dikendarai oleh Michael Schumacher dan Martin Brundle tersebut memiliki mesin Ford V8 3.5L tanpa kontrol traksi, ABS, dan sistem komputer kemudi bantu.

Dirancang oleh Ross Braun dan Rory Byrne, mobil ini dilengkapi oleh monocoque berserat karbon, double wishbone suspensi dan extensive serat karbon.

Bersama mobil ini, Schumi telah naik podium sebanyak 8 kali, salah satunya adalah kemenangan pertamanya di GP Belgia dalam kondisi hujan deras sehingga dia dijuluki sebagai “Raja Hujan”. Pada akhir musim, Schumi menempati peringkat ketiga klasemen pembalap dengan raihan 53 poin.

Laporan: Wahyu Prasetyo

5 Motor Berdesain Buruk yang Pernah Dibuat

Posted: 21 Mar 2012 08:05 PM PDT

VIVAnews – Setiap sepeda motor dibuat dengan tujuan membantu seseorang untuk bertransportasi mudah dan efisen. Untuk lebih menambah nilai jual dari setiap motor, para produsen berlomba-lomba menciptakan teknologi serta tampilan yang menarik di setiap produknya.

Namun, tidak semua yang dihasilkan oleh pabrikan otomotif roda dua mendapatkan respon positif di pasar. Terkadang ide-ide ceroboh yang mereka kembangkan malah membuat motor menjadi tidak laku
di pasaran, dan lebih buruk lagi ditertawakan oleh konsumen.

Dilansir Automotto, Rabu 21 Maret 2012, berikut ini adalah beberapa contoh sepeda motor yang memiliki desain paling buruk yang pernah diciptakan oleh produsen motor.

1. Suzuki B-King

Memiliki ban yang besar, knalpot gantung, lalu ditambah dengan kepala yang menyusut. Inilah tampilan dari Suzuki B-King, yang diperkenalkan sebagai konsep sepeda motor di tahun 2001.

Meski memiliki teknologi yang impressif, Suzuki B-King kelihatan jelek. Lebih menyedihkannya lagi, motor pabrikan Jepang ini memiliki tangki bensin yang lebih besar dari bodinya.

2. Morbidelli v8

Motor yang didesain oleh perancang mobil Ferrari serta Alfa Romeo memiliki model yang aneh. Motor bermesin V8 keluaran tahun 1994 ini menjadi bahan tertawaan konsumen.

3. KTM 690

KTM 690 memang motor offroad unggulan dari KTM ketika mengikuti berbagai macam balapan, termasuk reli Paris-Dakkar.

Tetapi jika kita membicarakan tentang desainnya, motor ini tak akan diijinkan mengikuti kontes “kecantikan”. Performanya tidak sebanding dengan tampilan desainnya yang sangat kaku dan tidak menjual.

4. BMW K1

Anda pasti berpikir bagaimana mungkin pabrikan otomotif terkenal seperti BMW membuat desain yang salah. Motor yang satu ini membuktikan bahwa nama besar tak berarti selalu membuat terobosan yang bagus.

Bahkan, motor ini lebih terlihat seperti batu bata. Para perancangnya lebih berkonsentrasi pada aerodinamika dan sangat terobsesi dengan hal itu. Tetapi mereka lupa bahwa tampilan yang bagus akan mempengaruhi penilaian konsumen.

5. BSA Rocket 3

Ini benar-benar yang paling buruk dan lebih menyedihkan lagi motor ini mendapatkan julukan “The Ugly Ducking” dari keluarga BSA.

Rocket 3 ini lebih jelek diantara motor-motor jenis Triumph Rocket 3 yang pernah ada. Meski tampilannya buruk, motor ini merupakan superbike modern pertama yang diluncurkan pada tahun 1968.

Motor ini juga menjadi produk terakhir yang diproduksi oleh Triumph Engineering, setelah BSA mengalami masalah keuangan.

Laporan: Wahyu Prasetyo

Hatta Lebih Suka Kereta Supercepat Surabaya

Posted: 21 Mar 2012 08:01 PM PDT

Kereta Super Cepat China (reuters)

VIVAnews – Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, memilih pengembangan kereta api supercepat Jakarta-Surabaya dibandingkan kereta api supercepat Jakarta-Bandung. Pengembangan kereta api Jakarta-Surabaya itu dianggap lebih memberikan keuntungan secara ekonomi.

“Saya kira kalau kereta api supercepat Jakarta-Bandung, baru duduk nanti sudah sampai. Yang saya minta diseriusin itu Jakarta-Surabaya dengan beberapa pemberhentian, itu akan sangat menolong,” kata Hatta di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Hatta menjelaskan, Indonesia sebetulnya tidak harus bergantung pada teknologi Jepang dalam pengembangan kereta supercepat. Saat ini, negara-negara seperti Korea, Jerman, dan Prancis dianggap telah banyak mengembangkan teknologi kereta supercepat.

“Semua itu sudah jago-jago di kereta api,” katanya.

Terkait pengembangan rel ganda (double track) yang akan dikembangkan untuk rute Jakarta-Surabaya, pemerintah masih optimistis bisa diselesaikan pada akhir 2013. Rel ganda itu nantinya akan memprioritaskan pengangkutan kereta barang.

“Kalau double track selesai, maka kereta barang yang akan diutamakan,” kata Hatta.

Sebelumnya, Kementerian Infrastruktur dan Transportasi Jepang menunjuk Japan Railway Technical Service sebagai rekanan dari Yachiyo Engineering Co. Ltd, sebagai penggarap studi pembangunan kereta supercepat Jakarta-Bandung. Ini merupakan tindak lanjut kerja sama pemerintah Indonesia-Jepang dalam pembangunan infrastruktur nasional.

Dalam studi itu, Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam 45 menit. Jauh lebih cepat dengan kereta saat ini yang memakan waktu 3 jam. Agar mempersingkat waktu perjalanan, kereta supercepat itu harus berjalan di atas kecepatan 200 kilometer per jam.

Proyek yang akan digarap bersama Kementerian Perhubungan itu diperkirakan menelan anggaran Rp56,1 triliun dengan panjang rel 144 kilometer. (art)

Anak Pejabat China Tewas, Ferrari Diblokir

Posted: 21 Mar 2012 07:57 PM PDT

Ferrari 458 Italia (www.msn.com)

VIVAnews – Ferrari merupakan perusahaan pembuat mobil-mobil sport yang menonjolkan kecepatan pada produknya. Namun, karena kecepatannya, tak jarang mobil berlogo kuda jingkrak ini memakan korban di jalan raya.

Salah satunya adalah seorang anak dari Ketua Dewan Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat di China yang tewas ketika mobil Ferrari 458 Italia miliknya mengalami kecelakaan.

Kecelakaan itu rupanya sangat membekas di hati pemimpin itu, sehingga efeknya jika kita mencari kata-kata Ferrari di internet China, tak akan menemukannya. China telah memblokir Ferrari di seluruh jaringan internet China.

Dilansir dari inautonews.com, Rabu, 21 Maret 2012, China telah memblokir Ferrari lantaran sakit hati sang pemimpin. Jia Qinglin, anak pemimpin itu, tewas dalam kecelakaan ketika mengendarai supercar Ferrari 458 Italia, dua gadis yang ikut ngebut di mobil tersebut juga luka-luka.

Kecelakaan semacam ini bukan pertama kalinya di awal 2012. Sebelumnya, Ferrari 458 seharga Rp2,3 miliar ini juga memakan korban dalam sebuah tabrakan beruntun di Jalan Raya 172, dekat Taranto, Italia. Seorang pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman tewas bersama dua orang lainnya, dan korban luka-lukanya lainnya berjumlah 10 orang.

Ferrari 458 Italia merupakan supercar yang diluncurkan sejak 2009. Didukung oleh mesin 4.5l V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 562 daya kuda dan torsi 540 Nm. Dikawinkan dengan 7 speed dual clutch transmission membuat mobil ini sangat disukai oleh orang-orang yang doyan ngebut.

Untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 4 detik. Kecepatan maksimumnya dapat mencapai 325 km per jam. (Wahyu Prasetyo)

Bangun Showroom di Bogor, Mazda Rogoh Rp10 M

Posted: 21 Mar 2012 07:52 PM PDT

Showroom Mazda di Bogor (VIVAnews/Randi Aditya)

VIVAnews – PT Mazda Motor Indonesia (MMI), mendirikan showroom pertama Mazda yang dilengkapi dengan pelayanan 3S (Sales, Service, Spare Part) di Bogor, Jawa Barat, Rabu 21 Maret 2012.

Investasi showroom kelima Mazda di bawah PT Sumber Trada Mobilindo ini menghabiskan dana Rp10 miliar lebih. Bengkel yang berada di Jalan Pajajaran No. 45, berdiri di atas lahan seluas 1.000 m2, dengan bangunan seluas 900 m2.

“Lokasi sangat strategis di pusat jalan Kota Bogor. Kami harapkan dealer ini memberikan alternatif pilihan produk Mazda di masyarakat Bogor,” kata Direktur PT Sumber Trada Mobilindo, Djunaedi Hadiwidjaja, di sela-sela acara peresmian Dealer Mazda Bogor.
Mazda Bogor memiliki dua lantai yang dapat memamerkan lima unit mobil dan area servis yang luas. Semua kelebihan ini menjadikan Mazda Bogor berbeda dari standar showroom mobil yang biasa. “Tentunya kami ingin terus meningkatkan penjualan,” katanya.
Djunaedi melanjutkan untuk shoroom di Bogor ini ditargetkan melakukan penjualan sebesar 500 unit di tahun 2012. “Dealer Bogor akan membuka lapangan kerja, dan 90 persen karyawan adalah masyarakat kota Bogor,” kata Djunaedi.

Tahun lalu, Mazda membukukan penjualan sebesar 9.056 unit. Sedang di tahun 2012, MMI menargetkan penjualan 12 ribu unit.

“Tahun 2012 akan ada 9 dealer Mazda baru. Saat ini Mazda Indoneisa merupakan penyumbang penjual kedua terbesar setelah Thailand di wilayah ASEAN,” kata Keizo Okue, President Director PT Mazda Motor Indonesia. (umi)

Cara RI Tarik Investasi Daging Sapi Australia

Posted: 21 Mar 2012 07:49 PM PDT

Pemerintah Australia sudah membuat komitmen dengan beberapa perusahaan peternak sapi Australia untuk melakukan investasi di Indonesia. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Kementerian Perdagangan akan meningkatkan pembelian daging sapi dari dua kilogram per orang per tahun menjadi 20 kilogram agar perusahaan peternak sapi di Australia berinvestasi di Indonesia.

“Tadi, saya jelaskan bahwa kami itu sekarang daya belinya sudah meningkat,” kata Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Gita menambahkan, upaya meningkatkan konsumsi daging sapi bagi masyarakat Indonesia menjadi 20 kilogram per orang per tahun itu diharapkan memicu investasi pengusaha sapi Australia.

“Ya, 20 kilogram daging dikalikan harganya Rp70 ribu per kilogram, dikalikan 250 juta masyarakat Indonesia, jadi per tahun US$35 miliar. Mereka baru terbuka matanya dan tidak mungkin kita hanya mengonsumsi daging sapi dua kilogram setahun,” ujarnya.

Untuk itu, Gita mengatakan, pemerintah Australia sudah berkomitmen dengan beberapa perusahaan peternak sapi Australia guna berinvestasi di Indonesia. “Tapi, untuk nilai investasinya masih kecil,” kata dia tanpa menyebutkan jumlahnya.

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tengah mencari investor yang berniat menanamkan investasi di bisnis peternakan sapi. Hingga kini, pemerintah menilai pasokan sapi masih kurang.

“Kalau di pertanian akan terus digenjot, khususnya peternakan sapi. Itu harus digalakkan, karena kepentingan kami untuk meningkatkan protein. Makanya saya mau cari investor sapi,” kata Gita Wirjawan, di sela Seminar Jakarta Food Security Summit 2012 di JCC, Jakarta, belum lama ini.

Gita menuturkan, sejumlah negara yang tengah menjadi bidikan pemerintah adalah Australia, Selandia Baru, Brasil, Kanada, Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan  India. “Di sini ada beberapa pengusaha sapi yang sudah datang. Kami akan mulai menggagasnya tahun ini,” katanya. (art)

Ninja Jadi Motor Pemadam Kebakaran

Posted: 21 Mar 2012 07:44 PM PDT

Kawasaki Ninja ZX10R digunakan sebagai motor pemadam kebakaran (Visordown)

VIVAnews – Pelayanan satuan unit pemadam kebakaran asal Inggris menggunakan sepeda motor khusus, untuk membantu memadamkan api saat motor balap di ajang Isle of Man terbakar akibat kecelakaan.

Dilansir Visordown, Rabu 21 Maret 2012, motor yang digunakan adalah Kawasaki Ninja ZX-10R yang telah diwarnai khas kendaraan pemadam kebakaran milik mereka.

Motor yang disumbangkan oleh salah satu donatur, Jason Griffiths, merupakan motor Kawasaki superbike yang biasa digunakan oleh masyarakat umum. Ini memang bentuk dari promosi produk dan sosialisasi berkendara secara aman.

Motor ini akan ditunggangi oleh petugas pemadam kebakaran yang memiliki pengalaman di arena balap TT serta Grand Prix. Pengemudinya juga telah dilatih oleh Institute of Advanced Motorist (IAM).

“Mereka akan menggunakan pengalamannya, termasuk penggemar motor dan sebagai petugas pemadam kebakaran yang telah mengikuti ujian keselamatan di jalan,” kata Kepala Pemadam Kebakaran, Brian Draper.

Kawasaki Ninja ZX10R menggunakan mesin DOHC 998 cc, 4-silinder segaris dengan pendingin cairan. Motor yang menggunakan transmisi 6-percepatan ini, memiliki tenaga maksimum 210 ps pada 13.000 rpm dan torsi puncak 112 Nm pada 11.500 rpm. (art)

Anak Sejuta Bintang, Bukan Novel Politik

Posted: 21 Mar 2012 07:39 PM PDT

Akmal Nasery Basral dalam bedah novel ‘Anak Sejuta Bintang’ (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews – Penulis novel biografi, ‘Anak Sejuta Bintang’, Akmal Nasery Basral, menuturkan, novel karyanya yang menceritakan biografi Aburizal Bakrie bukanlah novel politik.

“Saya bisa ambil kesimpulan, yang bilang ini novel pilpres, saya yakin dia belum baca. Kalau sudah baca pasti langsung berubah,” kata Akmal, dalam Meet and Greet, Penulis dan Bedah Novel ‘Anak Sejuta Bintang’, di kampus Universitas Bakrie, Jakarta, Rabu, 21 Maret 2012.

Menurutnya, proses pembuatan buku ini terdiri dari informasi pribadi seorang Aburizal Bakrie sebanyak 20-25 persen. Sementara sisanya lebih dari 75 persen berasal dari orang-orang sekitarnya. Termasuk Ibunda Ical, Roosniah Bakrie dan juga teman-teman masa kecil Ical,” tambahnya.

Untuk itu, ia menegaskan novel ini sama sekali bukan novel politik. Sebab, tokoh Ical diceritakan dalam novel sangat apa adanya. Bahkan ketika dia ditolak saat ‘menembak’ teman perempuannya.

“Buat apa Ical cerita masa kecilnya, bahkan dia ditolak cewek dia tidak merasa keberatan,” ujarnya.

Novel ketiga Akmal ini, dia memutuskan untuk bercerita tentang masa anak-anak dari seorang Ical. Dia beralasan, kisah anak-anak akan selalu menarik baik bagi anak-anak itu sendiri maupun bagi kalangan dewasa.

Dalam novel ini, diceritakan masa-masa keluarga Ahmad Bakrie dan Roosniah, yang mengalami jatuh bangun kehidupan pada masa-masa awal menikah. Tidak pernah terbayangkan akan menjadi sebuah ‘dinasti’ yang bahkan menjadi keluarga kaya di negeri ini.

“Yang menarik bukan hanya soal pasangan muda yang punya dua anak, tapi pasangan muda itu rumahnya masih ngontrak, perusahaan baru bangkrut, utang banyak, anak kedua sakit parah, anak ketiga Agus Alamsyah meninggal,” tuturnya.

Namun, dalam kondisi seperti itu, keluargha Ahmad Bakrie tetap mengajarkan hal-hal positif bagi anak-anaknya. Akmal menceritakan, salah satu kisah yang menurutnya menarik adalah kisah pertemanan sejak masuk sekolah Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar.

“Ini kilas balik ke 60 tahun ke belakang. Ini nama-nama yang faktual,” kata dia.

BI: Hingga BBM Jelas, Rupiah Terus Melemah

Posted: 21 Mar 2012 07:34 PM PDT

Nilai tukar dolar AS terhadap mata uang asing terus menguat (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah seiring rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution menjelaskan pelemahan nilai tukar tersebut terjadi seiring kemungkinan meningkatnya laju inflasi akibat naiknya harga BBM bersubsidi. “Kalau inflasi meningkat tentu saja pengaruhnya terhadap Rupiah agak melemah,” kata dia.

Darmin memperkirakan pelemahan nilai tukar rupiah saat ini akan terus berlangsung hingga pemerintah memberikan keputusan resmi terhadap kenaikan harga BBM. Hingga penetapan resmi itu belum ada, nilai tukar dolar AS akan terus menyesuaikan dengan besaran kenaikan harga BBM.

Dari hitungan BI, laju inflasi tahun 2012 bakal menjadi 6,8 persen jika harga BBM hanya naik Rp1.500 per liter menjadi Rp6.000 per liter. Inflasi akan menjadi lebih tinggi menjadi 7,1 persen jika pemerintah memutuskan subsidi BBM dipatok tetap pada level Rp2.000 per liter.

Selain faktor rencana kenaikan harga BBM, nilai tukar dolar AS juga terus menguat terhadap mata uang negara lain. Hal ini terjadi karena perekonomian AS relatif semakin membaik dibandingkan Eropa yang terlambat pulih dari krisis.

“Jadi jangan melihat rupiah melemah, tetapi dolar AS-nya menguat ke mata uang lainnya,” paparnya.

Terkait rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL), BI memperkirakan pengaruhnya tak terlalu besar dibandingkan naiknyaharga BBM. Bahkan, inflasi cenderung akan tetap tinggi kendati tarif dasar listrik (TDL) tidak jadi naik tahun ini.

“Kalau tidak menggunakan kenaikan TDL, inflasinya dibawah itu lagi (lebih rendah). Pengaruh TDL itu kira-kira 0,25 persen,” kata Darmin. (sj)

Hatta Ajak Daerah Bentuk Satker Awasi BLT

Posted: 21 Mar 2012 07:29 PM PDT

Menko Perekonomian Hatta Rajasa (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mempersilakan pemerintah daerah  membentuk satuan kerja (satker) untuk mengawasi pemberian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM)- dulu bernama BLT- agar tepat sasaran.

“Saya mengajak semua silakan dibentuk tim-tim satker untuk mengawasi itu (BLSM) supaya betul-betul tepat sasaran supaya tidak ada kecurigaan, disalahgunakan dan sebagainya,” kata Hatta di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Hatta menjamin skema BLSM tahun ini akan dijalankan jauh lebih baik dari skema-skema terdahulu karena pemerintah saat ini memiliki data yang akurat sesuai dengan nama dan alamat.

“Pemerintah sangat tidak mungkin menaikkan BBM tanpa memberikan perlindungan sosial berupa BLSM itu,” katanya. Tanpa BLSM, lanjutnya, akan menambah jumlah orang miskin. Dengan adanya BLSM pemerintah
akan bisa menutup kemungkinan terjadinya penambahan kemiskinan.

Adanya program-program kompensasi kepada masyarakat yang miskin berupa BLSM dapat meringankan biaya hidup yang meningkat. Pemerintah tidak hanya menyediakan BLSM, namun juga program infrastruktur pedesaan sebesar Rp20 triliun yang diambil dari Saldo Anggaran Lebih.

“Dengan BLSM sembilan bulan itu diharapkan bisa menyesuaikan income dengan program-program infrastruktur pedesaan seperti irigasi, jalan, jembatan dan sebagainya yang kita sediakan Rp 20 triliun dari SAL,” katanya. (umi)

Ruang Rapat Mewah Banggar Segera Digunakan

Posted: 21 Mar 2012 07:25 PM PDT

Ruang rapat baru Banggar siap digunakan (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews - Sekretaris jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Nining Indra Saleh memastikan bahwa “Ruang Banggar DPR Rp20 miliar” sudah bisa dipergunakan.

“Sudah selesai. Tapi efisiensi anggaran sedang ditangani BPK. Kalau sudah final nanti kami infokan,” kata Sekjen DPR Nining Indra Saleh kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Anggota DPR akan memasuki masa reses awal bulan depan. Memasuki masa sidang kedua tahun 2012, anggota Banggar DPR akan menempati ruang rapat baru.

Ruang rapat yang menghabiskan anggaran Rp20,3 miliar ini masih dalam tahap penyederhanaan. Barang-barang impor yang dinilai mahal sedang diganti dengan produk lokal.

Sementara, Wakil Pimpinan DPR, Priyo Budi Santoso memastikan bahwa ruang rapat banggar telah diganti semua komponen yang dinilai mahal itu. “Dipastikan tidak ada kursi made in asing,” kata dia.

“Tidak ada lagi sistem telekomunikasi canggih yang bisa mendeteksi sinyal telepon selular, dipastikan tidak ada. Tidak ada yang melebihi yang dipakai pimpinan DPR. Tempat-tempat lain tidak menggunakan sistem audio,” kata Priyo.

Sampai saat ini baru kursi impor ruang Banggar senilai Rp5 miliar yang diganti dengan barang lokal. Sementara itu karpet impor seharga Rp980 juta tak diganti, LCD impor seharga 1,9 miliar juga tidak dicopot. Yang paling mahal adalah perangkat IT di ruang Banggar yang berharga Rp7,9 miliar.

Untuk lampu ruang Banggar yang berharga hampir Rp1 miliar dalam proses pergantian. Dari total penghematan, saat ini ruang baru Banggar masih berharga sekitar Rp14 miliar. (umi)

SBY Minta Menteri Pertahankan Asumsi Makro

Posted: 21 Mar 2012 07:22 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Rumgapres/Abror Rizki)

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta jajaran kabinet Indonesia Bersatu Jilid II untuk mempertahankan angka-angka asumsi makro yang terdapat dalam rencana APBN-Perubahan 2012 yang sedang dibahas di DPR-RI.

SBY menjelaskan R-APBNP 2012 yang saat ini sedang dibahas di DPR-RI, harus disimak dan diikuti oleh seluruh jajaran kabinet karena R-APBNP 2012 itu ditandatangani oleh Presiden yang berarti produk pemerintah.

“Saya minta seluruh jajaran kabinet harus betul-betul mengikuti, betul-betul berkontribusi. Jangan apatis, jangan terserah bagaimana outcome-nya, berpartisipasilah dengan baik,” kata SBY dalam pembukaan sidang kabinet paripurna di kantor Presiden, Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Presiden menjelaskan pembahasan RAPBN-P 2012 bisa saja alot dan keras, namun hal tersebut masih dalam taraf kewajaran dalam kehidupan demokrasi. “Negara lain pun juga begitu,” katanya.

Namun yang jelas, Presiden meminta kepada para Menteri yang telah menyusun R-APBNP 2012 untuk mempertahankan R-APBNP 2012. “Yang jelas karena saudara ikut menyusun, pertahankan mengapa harus ada angka-angka seperti itu,” Yudhoyono.

Ia minta agar para menteri untuk tidak hanya sekadar memantau pembahasan R-APBNP 2012 di DPR, namun juga aktif. Presiden mengatakan apa pun nanti yang telah menjadi kesepakatan bersama antara pemerintah dan DPR harus dijalankan.

“Menurut aturan dalam waktu 1 bulan R-APBN-P itu ditetapkan menjadi APBN-P jadi saya minta kita aktif, kemudian bukan hanya memantau tapi terus berkontribusi untuk APBN-P ini berjalan baik,” kata Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu. (ren)

No comments:

Post a Comment