Sunday, March 18, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


22 Penulis China Menggugat Apple

Posted: 18 Mar 2012 10:00 AM PDT

Apple digugat 22 penulis China (bgr-com.vimg.net)

Sebanyak 22 penulis China mengajukan gugatan melawan perusahaan teknologi AS, Apple. Mereka menuduh App Store menjual salinan buku-buku mereka secara ilegal. Demikian disampaikan Xinhua, seperti dimuat Reuters, Minggu 18 Maret 2012 malam.


Kelompok penulis yang mengatasnamakan diri sebagai “Writers Rights Alliance” mengirimkan petisi tahun lalu kepada Apple, agar raksasa teknologi itu mengghentikan pendistribusian buku mereka secara elektronik. Sebelumnya, mereka juga melakukan pendekatan kepada Baidu — mesin pencari berbahasa China terbesar, untuk menghentikan publikasi buku-buku mereka.


Para penulis menuntut ganti rugi sebesar 50 juta yuan atau setara US$8 juta dari Apple, atas dugaan menjual 95 bajakan buku mereka melalui toko online Apple.


Dikonfirmasi, juru bicara Apple mengatakan, akan merespon gugatan itu. “Sebagai pemegang IP, kami sangat memahami pentingnya perlindungan kekayaan intelektual. Dan ketika kami menerima keluhan, akan akan kami respon secara cepat dan tepat,” kata Carolyn Wu.


Sementara, kelompok penulis yang mengajukan gugatan belum bisa dihubungi untuk dimintai pendapat.


Sebelumnya, selama bertahun-tahun, mengeluhkan penegakan hukum yang longgar terhadap pelanggaran hak kekayaan intelektual di China.


Gugatan ini menambah daftar masalah Apple di China. Perusahaan teknologi terkemuka itu sejak lama terlibat perang gugatan dengan perusahaan China, Proview Technology terkait penguasaan merek dagang iPad di China.


Proview telah meminta distributor China untuk menghentikan penjualan iPad setelah Apple meluncurkan versi terbaru.


Tiga Alasan Golkar Percepat Umumkan Capres

Posted: 18 Mar 2012 09:55 AM PDT

Partai Golkar (Koranbaru/Ikhwan Yanuar)

Koranbaru - Partai Golkar berencana memajukan pengumuman kandidat calon presiden (Capres) yang bakal diusungnya. Semula, partai berlambang pohon beringin ini baru akan mengumumkan nama capres yang diusung pada Pemilu 2014 itu di bulan Oktober 2012.

Kepala Litbang Partai Golkar, Indra J Piliang, di sela orientasi kader Golkar Bali, Sabtu, 17  Maret 2012 menjelaskan rencana memajukan pengumuman nama Capres dikarenakan legitimasi partainya saat ini tengah menguat. Hal ini terbukti dari sejumlah survei CSIS, LSI, dan lembaga survei lain.

“Golkar berada di urutan pertama dari sebelumnya di nomor dua. Momentumnya politiknya ada,” kata Indra.

Indra mengatakan, alasan percepatan pengumuman Capres dari Partai Golkar juga didasarkan pertimbangan upaya konsolidasi di tubuh partai yang dipimpin Aburizal Bakrie itu. Terlebih lagi, suara kader dan pengurus partai saat ini sudah mengerucut pada satu nama.

“Seluruh kader menginginkan beliau. Belum lama ini Fraksi Golkar DPR menyatakan mendukung Ical dan mereka bergerak ke bawah menyatakan hal itu. Sebentar lagi juga seluruh Fraksi Golkar DPRD se-Indonesia. Sayap partai juga sudah menyatakan demikian. Untuk apalagi ditunda-tunda,” tegas dia.

Bulan Oktober, saat Rapimnas digelar, menurut Indra, merupakan ruang untuk pengambilan keputusan dari Aburizal Bakrie. Kendati begitu, sambung Indra, elektabilitas Golkar harus berada pada angka 22 persen.

“Kenapa begitu, itu adalah angka psikologis Pemilu 2004 dan 2009. Jadi yang ingin dikatakan adalah kami sudah melewati masa itu dalam 10 tahun. 2013 kita ingin di atas 25 persen. 20 persen kursi 25 persen pemilih, itu syaratnya,” papar Indra.

Saat ini, Indra melanjutkan, Golkar sudah memenuhi syarat 20 persen kursi di DPR RI. “Sekarang kalau kita ambil angka 17,7 persen,  maka 20 persen kursi sudah terpenuhi. Bang Ical ini orangnya logis,” kata dia. (adi)

Audi A5 Coupe Bertambah ‘Ganas’

Posted: 18 Mar 2012 09:51 AM PDT

Audi A5 coupe (model dua pintu) merupakan mobil pabrikan Jerman yang mulai diproduksi pada 2007. (REUTERS/ Fadi Al-Assaad)

Audi A5 coupe (model dua pintu) merupakan mobil pabrikan Jerman yang mulai diproduksi pada 2007. Namun, saat ini juga hadir beberapa model A5 seperti convertible (tanpa atap) dan versi 5 pintu yang merupakan generasi penerus dari Audi A4 sedan.


Rumah modifikasi Senner Tuning, seperti dilansir Carbuzz, Minggu, 18 Maret 2012, meningkatkan kemampuan Audi A5 coupe khususnya di bagian mesin dan tampilan yang lebih memikat.


Audi A5 coupe facelift dari Senner ini menggunakan blok mesin terbaru dan mendapat julukan ‘white beast‘. Mesin standar milik Audi A5 coupe berkapasitas 3.0-liter V6 supercharged diubah dengan mesin V8, 4.0-liter sehingga tenaganya naik menjadi 371 hp (naik 43 hp) dan torsinya mencapai 369 lb-feet (naik 45 lb-feet).


Senner Tuning melakukan beberapa ubahan mulai dari Engine Control Unit (ECU), ubahan pada knalpot dengan balutan stainless sepanjang 100 mm, dan saringan udara khas mobil sport sehingga kecepatan maksimum mobil ini melonjak dari 250 km/jam menjadi 269 km/jam.


Sebagai penunjang, ubahan dilakukan pada velg sporti dengan tujuh palang berdiameter 20-inci dengan garis berwarna merah di bagian dalamnya.


Sementara itu, harga untuk ubahan eksterior dan aksesoris di bagian interior dengan bahan carbon fiber dan lingkar kemudi milik Audi R8 saja, membutuhkan dana 12.900 euro atau Rp155 juta. (eh)


DP Naik, Penjualan Mobil Murah Bakal Anjlok

Posted: 18 Mar 2012 03:00 AM PDT

Mobil baru (Sandi Adam/ Koranbaru.com)

Koranbaru – Bank Indonesia (BI) akhirnya mengatur batas minimal uang muka atau down payment (DP) kredit kendaraan bermotor.

Besaran uang muka yang kini harus dibayar masyarakat untuk kredit sepeda motor adalah 25 persen, roda empat 30 persen, dan roda empat atau lebih untuk keperluan produktif 20 persen.

Kepala Divisi Keuangan Toyota Astra Financial Services, Surjani Slamet, memprediksi aturan baru tersebut akan berpengaruh terhadap penjualan kendaraan dengan segmen menengah ke bawah.

“Kendaraan middle low akan terpengaruh, turun dalam jangka pendek. Terutama untuk pembeli-pembeli entry level,” kata Surjani ketika dihubungi Koranbaru, Sabtu 17 Maret 2012.

Menurutnya yang paling banyak berpengaruh adalah kendaraan-kendaraan yang dikategorikan murah. Toyota, misalnya, produk yang selama ini menjadi incaran para konsumen baru adalah Avanza dan Innova.

“Entry level itu Avanza, marketnya lebih besar dan pasti akan ada penurunan. Tapi untuk sementara saya belum pegang data perkiraan penurunan penjualannya,” kata dia.

Kendati demikian, lanjutnya, jika aturan itu sudah diterapkan, dalam jangka panjang konsumen akan menyesuaikan diri. Sama halnya dengan kenaikan bahan bakar minyak. Misalnya akan ada titik keseimbangan baru di masyarakat. “Mau tidak mau masyarakat akan mengikutinya,” ujar Surjani.

Selama ini Toyota memang mematok uang muka yang berbeda-beda. Bergantung pada paket-paket yang diminati oleh konsumen. Namun jika dirata-rata, maka uang muka yang dibayarkan oleh konsumen rata-rata lebih dari 20 persen.

“Bukan berarti di bawah 20 persen tidak ada, ada paket-paket sendiri. Analisis per paket berbeda, ada yang 10,15 dan 20 persen,” ucapnya.

Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan alasan dikeluarkannya kebijakan ini untuk meningkatkan prinsip kehati-kehatian. Selain itu juga untuk memperlambat pertumbuhan impor kendaraan bermotor. Saat ini, pertumbuhan impor lebih cepat dibanding ekspor. (umi)

Target Ekonomi Turun, 90 Ribu Kerja Terancam

Posted: 18 Mar 2012 02:57 AM PDT

Bursa Kerja di Senayan (Koranbaru/Tri Saputro)

Koranbaru – Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan, Arif Budimanta, mengatakan bahwa kebijakan pemerintah menurunkan target pertumbuhan akan mengurangi kesempatan kerja. Dengan turunnya pertumbuhan ekonomi dari 6,7 persen menjadi 6,5 persen, maka pemerintah telah menutup 90 ribu kesempatan kerja.

Arief menjelaskan, setiap satu persen pertumbuhan dapat menghasilkan 450 ribu kesempatan kerja. “Berkurang 0,2 persen berarti berkurang kesempatan 90 ribu kesempatan tenaga kerja baru,” kata Arief di Jakarta, Sabtu 17 Maret 2012.

Pemerintah juga dinilai tak memiliki alasan untuk menurunkan target pertumbuhan. Karena APBN pajak perdagangan Internasional meningkat hingga Rp 4 triliun. Selain itu, melemahnya ekonomi di Eropa saat ini, seharusnya menjadi peluang bagi Asia, khususnya Indonesia.

“Sehingga tidak ada alasan pemerintah untuk menurunkan angka pertumbuhan,” kata dia.

Pemerintah telah merevisi pertumbuhan ekonomi tahun ini dari 6,7 persen menjadi 6,5 persen. Meski pertumbuhan ekonomi dikoreksi ke bawah, pemerintah optimis dapat mencapai target itu. Alasannya, sektor penyumbang pertumbuhan yakni konsumsi rumah tangga dan investasi sejauh ini memiliki kinerja baik. (umi)

DP Naik, Masyarakat Bawah Sulit Beli Motor

Posted: 18 Mar 2012 02:39 AM PDT

Deretan motor di areal parkir di Jakarta (Koranbaru/Muhamad Solihin)

Koranbaru – Kendati dinilai positif untuk prinsip kehati-hatian lembaga keuangan, ketentuan baru Bank Indonesia memperketat batas minimal uang muka kredit kendaraan bermotor justru memberatkan kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arief Budimanta disela Talkshow Trijaya FM yang bertema “Jeritan dan Jeratan BBM” di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu, 17 Maret 2012.

“Menurut saya mungkin itu bagus dari aspek kehati-hatian, tetapi tentu saja itu menyakitkan bagi rakyat, terutama rakyat yang memiliki keterbatasan dalam menyiapkan modal awal atau uang muka kredit motor atau rumah,” kata Arief.

Arief mengatakan, pengguna fasilitas kredit kendaraan bermotor dan rumah selama ini lebih banyak berasal dari masyarakat kelas bawah. Golongan masyarakat ini hanya memiliki pendapatan sekitar Rp1,5 juta hingga 2 juta per bulan.

Dengan pendapatan pas-pasan tersebut, masyarakat kelas bawah ini dianggap hanya mampu membeli sepeda motor dengan uang muka sebesar Rp500 ribu.

Dari pengamatan tersebut, Arief menilai aturan baru batas minimal uang muka kredit kendaraan bermotor dihasilkan tanpa melihat realitas sosial ekonomi masyarakat di lapangan. “Seharusnya itu yang dipertimbangkan oleh BI,” kata dia.

Seperti diketahui, BI berdasarkan Surat Edaran BI Nomor 14/10/DPNP tanggal 15 Maret 2012 menetapkan, besaran uang muka yang harus dibayar masyarakat untuk kredit sepeda motor adalah 25 persen, roda empat 30 persen, dan roda empat atau lebih untuk keperluan produktif 20 persen.

Dengan asumsi harga motor baru minimal Rp10 juta, konsumen kini harus menyediakan uang muka minimal sebesar Rp2,5 juta. Padahal, selama ini, masyarakat kelas bawah biasanya bisa memperoleh motor baru hanya dengan uang muka sebesar Rp500 ribu.

Kebijakan yang sama juga dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan yang mengatur batas minimal kredit kendaraan bermotor oleh perusahaan pembiayaan. Pemerintah menetapkan batas minimal lebih rendah 5 persen dibandingkan kredit perbankan. (umi)

Orang Kaya Eropa Kini Makin Irit

Posted: 18 Mar 2012 02:17 AM PDT

Orang kaya di Inggris kini semakin berhemat dengan pengeluarannya  

Koranbaru - Para miliarder atau orang-orang terkaya di Inggris semakin irit dalam pengeluaran mereka. Para hartawan ini kini memilih menabungkan uangnya daripada membeli merek-merek terkenal. Mereka juga mulai mengurangi konsumsi bahan bakar.

Dalam laporan kuartalan Big Money Index yang dikeluarkan perusahaan asuransi internasional, AXA, terungkap bahwa kalangan masyarakat sukses yang berusia antara 40-50, telah menikah, pendapatan di atas rata-rata dan memiliki rumah kedua, merasa perlu berjuang untuk memenuhi kebutuhannya.

Hampir 30 persen anggota dari kelompok yang disurvei  AXA mengakui mereka akan bahkan telah beralih ke supermarket yang lebih murah untuk belanja makanan. Sementara seperlima peserta survei mengatakan mereka telah mengurangi penggunaan minyak, gas dan listrik pada tiga bulan terakhir.

Kecenderungan ‘pengetatan ikat pinggang’ juga meningkat di antara mereka yang memiliki gaya hidup eksklusif yaitu orang-orang yang berusia sekitar 50-60. Kalangan ini memiliki status telah menikah dengan mempunyai anak-anak yang telah dewasa, bebas hipotek, pendapatan bersih setelah pajak yang tinggi dan beberapa aset.

Nick Turner seperti dikutip Koranbaru dari laman the telegraph, Sabtu, 17 Maret 2012 mengatakan kondisi keuangan dalam beberapa bulan terakhir memang lebih ketat dari sebelumnya, bahkan di antara mereka yang berpendapatan lebih sekalipun.

“Dompet ketat yang jelas, dengan banyak membatasi pada hal-hal lebih bagus dalam hidup, tapi juga membuat perubahan pada belanja makanan dan konsumsi bahan bakar untuk sebuah gelar yang melukiskan gambaran menyedihkan,” katanya.

AXA juga menemukan hanya 12 persen dari semua konsumen yang disurvei oleh YouGov manyatakan mampu membayar utangnya. Mereka ini adalah kalangan pensiunan dengan pendapatan rendah, tidak mempunyai tabungan dan tergantung pada negara. Sisanya, sama sekali tak lagi mampu membayar utang.

Sementara, lebih dari sepertiga atau 34 persen konsumen mengatakan tidak menyimpan dana pensiun karena terlalu fokus pada kebutuhan mendesak mereka di sektor keuangan. Delapan dari 10 orang mengatakan mereka tetap menutup mata pada keuangan pribadinya, dengan gambaran yang jelas tentang berapa banyak masuk dan berapa banyak yang keluar. (umi)

Orang Kaya RI Serap Subsidi BBM Hingga Rp5 T

Posted: 18 Mar 2012 02:10 AM PDT

Mobil-mobil mewah masih banyak yang menggunakan BBM bersubsidi jenis Premium (Koranbaru/ Muhamad Solihin)

Koranbaru - Partai Demokrat mengungkapkan kalangan masyarakat kelas menengah ke atas selama ini merupakan konsumen terbesar dari bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sekitar Rp5 triliun alokasi subsidi BBM, diserap oleh kalangan mampu ini.

Sementara kalangan miskin yang seharusnya menjadi target penerima subsidi, justru hanya menyerap BBM sebesar Rp0,27 triliun.

Hal tersebut disampaikan Ketua Departemen Keuangan DPP Partai Demokrat, Ikhssan Modjo dalam diskusi tentang BBM di Warung Daun, Cikini, Sabtu 17 Maret 2012. “Sebanyak 10 persen orang kaya Indonesia lebih kurang pakai Rp5 triliun,” kata dia.

Sebagai partai pendukung pemerintah, Ikhsan menjelaskan, setidaknya ada tiga alasan besar dari rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. Pertama, adanya perbedaan mencolok antara harga minyak mentah internasional dengan premium dan solar yang beredar di masyarakat.

Saat ini, harga minyak mentah dunia ditaksir mencapai US$127 per barel. Sementara harga BBM bersubsidi jenis premium dan solar berada di level Rp4.500 per liter. Kondisi tersebut menyebabkan tekanan anggaran subsidi BBM melonjak dari Rp123 triliun menjadi Rp190 triliun.

“Inilah yang mengakibatkan tekanan terhadap anggaran,” kata Ikhsan.

Alasan kedua adalah kenaikan BBM bersubsidi dianggap lebih berpihak kepada masyarakat ekonomi kecil. Selama ini pengguna terbanyak  subsidi BBM justru berasal dari masyarakat kaya.

Ketiga, pemerintah tengah berupaya mendorong masyarakat untuk berhemat dan ramah lingkungan. Penghematan terutama berasal dari upaya penggunaan energi dari sumber lain. “Banyak energi kita yang belum optimal. Misalnya gas,” kata dia.

Sementara, Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi PDIP  Arif Budimanta mengatakan, alokasi anggaran subsidi BBM sebesar Rp123 triliun itu digunakan untuk solar, minyak tanah, premium dan gas. Sehingga, pemerintah salah jika mendorong masyarakat beralih ke gas.

Arif menegaskan, rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM harus terlebih dahulu dilakukan dengan menghapus pasal 7 ayat 6 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2011 tentang APBN 2011. Dalam aturan itu ditegaskan, harga BBM bersubsidi tidak mengalami kenaikan.

Sebagai partai oposisi pemerintah, Arif menegaskan, alasan APBN akan membengkak jika BBM bersubsidi tak dinaikkan, sebetulnya tak seluruhnya tepat. Alasannya, pemerintah selama ini memperoleh penghasilan terkait dengan tambahan negara pertama, dari Migas senilai Rp40 triliun, pajak perdagangan internasional Rp4 triliun.

“Kita bisa mengalami penghematan Rp18 triliun. Ini sudah lebih dari cukup untuk menutupi subsidi BBM dan masih sisa,” lanjutnya. (umi)

Langgar Hak Cipta, Penulis China Gugat Apple

Posted: 18 Mar 2012 01:10 AM PDT

Logo Apple (http://www.designtagebuch.de)

Koranbaru – Apple selama ini dikenal sebagai perusahaan yang sibuk mengajukan gugatan terhadap sejumlah perusahaan yang dianggap melakukan pelanggaran paten. Salah satu ‘musuh bebuyutan’ Apple di meja hijau terkait paten, antara lain Samsung.

Tapi ternyata, Apple tetap tak bersih dari tuduhan pelanggaran hak cipta. Kali ini, sejumlah penulis China mengajukan gugatan kepada Apple atas tuduhan pelanggaran hak cipta.

Apple dituduh menjual karya para penulis hCina ini tanpa izin. Ini terlihat dari banyaknya yang mengunduh hasil karya asli penulis China ke perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad.

Penulis terkenal yang mengajukan gugatan terhadap Apple antara lain blogger terkenal Han Han, Li Chengpeng, Cang Yue, dan Murong Xuecun.

Lihat videonya di sini.

Total ada sembilan penulis yang mengajukan gugatan di Pengadilan Beijing atas pelanggaran 37 karya. Mengutip media China, Caixin, para penulis ini pun meminta ganti rugi hingga 11,91 juta Yuan sebagai kompensasi.

Selain menuntut kompensasi, Apple juga dituntut untuk membuat permintaan maaf secara terbuka. (umi)

Pendiri WikiLeaks Siap Jadi Senat Australia

Posted: 18 Mar 2012 12:44 AM PDT

Julian Assange (REUTERS/Suzanne Plunkett/Files)

 Bos WikiLeaks, Julian Assange, berencana mencalonkan diri sebagai anggota parlemen Australia dalam pemilihan umum tahun depan meski masih menghadapi tuntutan pidana di Swedia dan berstatus tahanan rumah di Inggris.  


Pria berusia 40 tahun itu kini tengah berjuang menghindari ekstradisi ke Swedia akibat tuduhan pelecehan seksual. Selain itu, ia masih berupaya menghindari Mahkamah Agung Inggris. 


“Julian Assange masih mungkin mencalonkan diri sebagai senat Australia meski masih ditahan,” WikiLeaks menyatakan seperti dinukil dari laman Washington Post. 


Semua warga negara Australia berhak mencalonkan diri sebagai anggota parlemen. Namun, hanya beberapa saja yang berhasil lolos tanpa dukungan partai politik. Kini, hanya satu dari sekitar 76 senator Australia yang tak mengusung nama suatu partai. 


Assange kiranya memang takkan mendapat dukungan mayoritas. Namun, kepopulerannya agaknya dapat menarik dukungan empat persen suara. 


Julian Assange ditangkap di Inggris, Selasa 7 Desember 2010, atas perintah pemerintah Swedia. Assange ditangkap terkait tuduhan pemerkosaan, pelecehan seks, dan pemaksaan ilegal di negara Skandinavia itu.


Assange menyangkal tuduhan atas kasus kejahatan seksual yang terjadi saat ia berkunjung ke Swedia Agustus 2010. Pengacaranya mengklaim, tuduhan itu berasal dari ‘sengketa hubungan seksual yang disetujui kedua belah pihak namun dilakukan tanpa pengaman’. (adi)


Aksi Clooney Menuai Simpati di Twitter

Posted: 18 Mar 2012 12:34 AM PDT

George Clooney Ditangkap Polisi (REUTERS/Kevin Lamarque)

Koranbaru – Aktor George Clooney ditahan polisi saat berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar Sudan di Washington, Amerika Serikat. Clooney berunjuk rasa menuntut pemerintah Sudan menghentikan krisis kemanusiaan setelah Presiden Omar al-Bashir memblokir akses makanan dan bantuan ke Gunung Nuba di perbatasan Sudan dengan Sudan Selatan.

Aksi simpatik Clooney pun menuai dukungan di jejaring sosial Twitter. Banyaknya tweet tentang Clooney sempat menjadikannya trending topic di Twitter.

Tak hanya itu, tagar (hashtag) #FREEClooney pun menjadi tren di pengguna Twitter di AS.

Sejumlah selebritis pun menyatakan dukungannya terhadap aktor pemeran Danny Ocean di trilogi Ocean Eleven, Ocean 12, dan Ocean 13 ini. Salah satunya adalah aktris Eliza Dushku.

“Whoa. Go Clooney: George Clooney Arrested ini Sudan Embassy Protest shar.es/pgkrj #andhejustgothotter,” tulis Eliza.

Dalam aksi bersama Clooney, ikut ditangkap ayah George Clooney, Nick Clooney. Selain itu, polisi juga menahan anggota kongres dari Partai Demokrat yang mewakili Virginia, Jim Moran, dan Martin Luther King III. Mereka ditahan setelah menghiraukan peringatan polisi untuk menjauhi garis polisi di luar kedutaan.

Saat diborgol dan diamankan, Clooney sempat berkata kepada wartawan. “Saya tidak pernah ditahan sebelumnya.” Clooney pun mengaku melakukan aksi ini untuk menarik perhatian dunia terhadap krisis kemanusiaan yang ada di Sudan, meski dia tidak mengenal siapa pun di sana.  (Mashable | ABC News, umi)

China Larang Pakai Nama Palsu di Sosial Media

Posted: 18 Mar 2012 12:12 AM PDT

Sosial media di China, Sina Weibo (REUTERS/Stringer/Files)

China semakin mempererat genggaman mereka di laman sosial media (sosmed), demi mencegah komentar negatif soal pemerintah komunis. Peraturan terbaru, para pengguna sosmed paling populer di China, Sina Weibo, dilarang pakai nama palsu.


Dilansir dari Telegraph, Sabtu 17 maret 2012, pemerintah China mewajibkan 250 juta pengguna Weibo mendaftar ulang dan mencantumkan nama asli, nomor telepon dan nomor kartu identitas mereka. Jika tidak, maka mereka dipastikan tidak bisa menuliskan status apapun di sosmed mirip Twitter tersebut.


Tercatat, hanya 19 juta pengguna yang melakukan daftar ulang. Hingga penutupan, Jumat malam, jumlah itu tidak bertambah.


Langkah ini dilakukan pemerintah China untuk memudahkan mereka mencari dan menangkap para pemilik akun, jika menulis sesuatu yang negatif terhadap pemerintah. Hal ini menyusul popularitas Weibo yang semakin menggantikan fungsi televisi dan koran.


Seperti sosmed lainnya, Weibo juga menjadi tempat berbagi berita, gosip, hiburan, skandal dan opini. Pengaruhnya terhadap berbagai kebijakan pemerintah juga cukup terasa.


Contohnya pada kecelakaan kereta cepat di Wenzhou Juli tahun lalu. Ribuan pengguna Weibo menuntut investigasi transparan, memaksa pemerintah beberapa kali mengubah informasi yang telah mereka sampaikan.


Weibo dianggap sebagai alternatif sosmed satu-satunya di China setelah Twitter dan Facebook dibredel sejak beberapa tahun lalu. Tidak hanya masyarakat sipil, sekitar 50.000 pegawai pemerintah, partisan partai komunis, dan pejabat tinggi memiliki akun mereka di sosmed ini.   (eh)


Spesies Manusia Berbeda, Dulu Hidup di China

Posted: 18 Mar 2012 12:12 AM PDT

Rekonstruksi tampang manusia kuno di gua-gua China (University of New South Wales/ Peter Schouten)

Gabungan peneliti China dan Australia menemukan spesies manusia berbeda yang hidup sampai belasan ribu tahun lalu di daratan China. Spesies ini diduga berbeda dengan Homo Sapiens sapiens atau manusia modern sekarang karena memiliki karakter kuno atau arkais, meski juga memiliki ciri modern.


Riset ini dilakukan atas fosil yang ditemukan di Gua Longlin di Provinsi Guangxi yang terletak di timur laut China dan Maludong, Provinsi Yunan, China, di selatan China. Para peneliti yang antara lain dari University of New South Wales; Yunnan Institute of Cultural Relics and Archeology; dan La Trobe University, Melbourne, ini mengambil sampel tengkorak, rahang bawah dan gigi dari dua lokasi yang berbeda itu.


Para peneliti menyimpulkan, sampel-sampel itu muncul dari populasi yang sama, memperlihatkan campuran bentuk manusia modern, manusia arkais dan sejumlah tampilan tak biasa. Penanggalan karbon atas arang yang ditemukan bersama fosil adalah sekitar 14.000 sampai 11.500 tahun yang lalu atau di masa menjelang akhir zaman es.


Mereka memiliki karakteristik manusia modern karena memiliki antara lain gigi depan yang kecil dan tulang tengkorak atas yang tipis. Namun, fosil ini juga membawa ciri arkais seperti rahang bawah yang maju dan dalam, volume tengkorak yang lebih kecil dari manusia modern dan geraham yang besar.


Penemuan fosil manusia yang memiliki karakter kombinasi tak biasa khususnya di Eurasia. Di Afrika, ada beberapa temuan fosil zaman es yang memiliki karakter kombinasi seperti ini.


Seperti dilansir jurnal Public Library of Open Science (PLoS) One, yang dipublikasikan pada 14 Maret 2012, ada dua kemungkinan mereka dari mana. Pertama, mereka mewakili populasi arkais terakhir yang serupa dengan yang ditemukan di Afrika Utara seperti yang tampak di Dar-es-Soltane dan Temara. Kemungkinan kedua, Asia Timur telah dikolonisasi dalam serangkaian gelombang kedatangan di zaman es, sehingga mereka merupakan substruktur populasi di Afrika yang menyebar ke Eurasia.


Dalam peta penyebaran manusia yang disusun berdasarkan penanda genetika, penyebaran manusia dari Afrika ke Asia telah terjadi sejak 70 ribu tahun lalu. Namun, beberapa migrasi diduga terjadi kemudian seperti disimpulkan dari ekstraksi DNA atas fosil manusia kuno di Gua Denisova di Siberia yang berusia kurang dari 50 ribu tahun yang lalu.


DNA Denisova ini diketahui memiliki gen Homo Neandertal dan gen Homo Sapiens yang kini dikenal sebagai aborijin atau Melanesia. Temuan ini telah diterjemahkan, satu, terjadi perkawinan antara Orang Denisova dengan manusia pertama yang menghuni kawasan itu; dan kedua, Asia Tenggara pernah diduduki populasi arkais ini masa awal zaman es.


Apakah mungkin, populasi kuno di China ini adalah orang-orang Denisova ini? Para peneliti di China ini belum bisa melakukan ekstraksi DNA atas sampel fosil yang mereka lakukan karena kurang material genetika yang bisa diperbaiki lagi. (eh)


Sabuk Pengaman Cacat, Hyundai Sonata Ditarik

Posted: 17 Mar 2012 11:55 PM PDT

 

 Pabrikan mobil asal Korea, Hyundai Motor Company, mengumumkan penarikan kembali (recall) model Sonata Hybrid tahun 2011 hingga 2012. Langkah ini dilakukan setelah ditemukan masalah dengan sabuk pengaman belakang bagian tengah.


Dilansir Inautonews, Minggu 18 Maret 2012, Lembaga Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA), mengungkapkan sebanyak 14.728 unit Hyundai Sonata Hybrid produksi 2 Desember 2011 hingga 7 Maret 2012 harus ditarik ke dealer resmi untuk menyelesaikan masalah ini.


Kendaraan ramah lingkungan ini harus ditarik kembali untuk memperbaiki sabuk pengaman tengah di belakang demi meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan. Untuk biaya recall, pihak Hyundai menggratiskan seluruh pelayanan dan penggantian.


Hyundai mengatakan, dari seluruh unit yang ditarik, sekitar 13.095 unit di antaranya sedang ditangani. Seluruh dealer Hyundai, khususnya di Amerika Serikat juga memberitahukan bahwa mulai 8 Maret 2012, penjualan Hyundai Sonata Hybrid akan dihentikan hingga kasus ini tuntas.


Sebelumnya, masalah serupa juga pernah dialami oleh Subaru Forester. Sabuk pengaman bagian belakang mobil jenis ini tidak bisa mengunci sempurna, sehingga sebanyak 275.000 unit produksi tahun 2009-2012 harus ditarik. (eh)


Produksi Terhambat Banjir, Ford Tetap Untung

Posted: 17 Mar 2012 11:51 PM PDT

 

PT. Ford Motor Indonesia (FMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia mengumumkan bahwa pasokan untuk produksi unit masih terganggu akibat krisis banjir di Thailand. Kendati demikian, penjualan ritel secara keseluruhan untuk bulan Februari mencapai 711 unit, naik 17 persen di bulan yang sama pada tahun lalu.


FMI yang mengandalkan tiga model terlarisnya, yakni All New Ford Fiesta, Ford Ranger dan Ford Everest merupakan unit yang diproduksi di Thailand. Meski pasokan terhambat, All New Ford Fiesta membukukan kenaikan penjualan di bulan Februari sebesar 33 persen.


Managing Director Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto, mengatakan bahwa All New Fiesta adalah salah satu pemimpin di segmen mobil kecil. “Konsumen Indonesia akan memiliki peluang untuk terkoneksi dengan Fiesta bahkan dengan lebih banyak cara,” kata Bagus.


Dia menambahkan, bahwa Ford tetap optimis atas kinerja di tahun 2012 secara keseluruhan serta berlanjutnya pertumbuhan di Indonesia. Hal ini didukung oleh peluncuran dua kendaraan ‘global One Ford’ baru, yakni All New Ranger dan All New Focus.


“Ini sekaligus menjadi pembuka delapan dealer resmi baru Ford di lokasi-lokasi strategis di seluruh Indonesia,” tutur Bagus. Pembukaan delapan dealer tahun ini akan menambah total jaringan dealer Ford di Indonesia menjadi 48 lokasi.


Kendati produksi tersendat akibat banjir di Thailand, Bagus mengatakan, FMI terus berupaya keras untuk memulihkan kembali pengiriman dan persediaan kendaraan sesegera mungkin.


“Situasi ini dapat berlangsung terus hingga beberapa bulan mendatang. Namun, melalui peluncuran All-New Ranger dan All-New Ford Focus tahun ini, kami yakin bahwa rencana kami akan terus berjalan dan kami akan membangun momentum yang signifikan di tahun ini,” ujarnya. (eh)


Koleksi Motor dengan Banderol Selangit (1)

Posted: 17 Mar 2012 11:47 PM PDT

 

Bila Anda memiliki uang melimpah dan gemar memodifikasi motor. Tentunya biaya yang besar tidak akan menjadi penghalang untuk bisa memiliki sebuah tunggangan berkelas yang tidak dimiliki oleh orang lain.


Dilansir Automotto, Jumat 16 Maret 2012, bagi mereka motor-motor itu akan memperlakukan layaknya seorang anak mereka sendiri. Itu sangatlah beralasan, karena harga sepeda motornya mungkin melebihi dana yang dikeluarkan untuk membeli rumah atau mobil terbaru.


Berikut 10 motor termahal di dunia versi Automoto:

1. Motor Berlapis Emas


Motor berlapis emas yang dipamerkan di ajang International Motorcycle di Seattle ini, memiliki banderol hingga US$500 ribu atau Rp4,5 miliar. Motor ini menggunakan kursi beludru merah, yang membuatnya semakin mahal. Tunggangan ini tergolong unik dan cocok untuk mereka yang memiliki banyak uang.


2. Ultra-rare Porcupine

Motor ini dibuat saat terjadinya Perang Dunia II oleh salah satu perusahaan di Inggris, yakni AJS. Ultra-rare Porcupine hanya dibuat empat unit di seluruh dunia.


Selama 20 tahun terakhir, sepeda motor ini pernah dipamerkan di Museum Nasional Sepeda Motor di kota Coventry, Inggris. Ultra-rare dibanderol Rp6,9 miliar.


3. Ecosse Titanium Seri FE Ti XX

Sepeda motor seharga Rp2,7 miliar ini, dibuat oleh perusahaan Ecosse Motor, sebuah perusahaan yang sudah terkenal untuk membuat beberapa kreasi sepeda motor mahal di dunia. Ecosse Titanium Seri FE Ti XX
menggunakan mesin alumunium berkapasitas 2.4-liter dengan tenaga 225 hp.


4. Motor klasik Inggris berwarna hitam

Ini adalah sepeda motor klasik paling ekslusif yang dibanderol mencapai Rp3,7 miliar hingga Rp5,5 miliar. Tunggangan ini memang bukan yang tercepat, namun telah menjadi salah satu motor termahal di dunia.


5. Harley karya Jack Armstrong

Harley ini menjadi sepeda motor termahal di dunia, dengan banderol hingga Rp9,1 miliar, yang dirancang oleh seniman Jack Armstrong.


Artis yang terkenal berkat lukisan-lukisannya menyebut desainnya ini ‘Cosmic Extensionalism’, karena wujudnya menyerupai komet dan memiliki efek berbeda bila dilihat dari berbagai sisi. Bersambung….


Perampok rumah duta PBB sekap dan lukai satpam

Posted: 17 Mar 2012 11:32 PM PDT

Rumah di Pondok Indah dirampok. merdeka.com/Arbi Sumandoyo

Sebelum menggasak uang dan perhiasan, perampok rumah duta PBB di kawasan elite Pondok Indah, Jakarta Selatan, lebih dulu melumpuhkan satpam. Ngatiran, sang satpam, dipukul untuk kemudian disekap.


Kejadian berawal saat empat orang perampok datang ke rumah milik Imran Farauque, warga negara Bangladesh itu, pukul 11.00 WIB, Senin (12/3).


Kepada Ngatiran yang berjaga, pelaku berpura-pura ingin memasang CCTV yang menurutnya dipesan pemilik rumah. “Pura-pura masang CCTV, pelaku yang masuk dua orang,” terang Ngatiran.


Kemudian Ngatiran mencoba mengonfirmasi majikannya lewat telepon. Namun kepada Ngatiran, pelaku mengatakan sudah surat izin pemasangan.


“Ini sudah ada suratnya,” kata Ngatiran menirukan pelaku.


Nah, saat Ngatiran berbalik badan, pelaku kemudian memukulnya, diduga dengan menggunakan pistol. Dalam kondisi berlumuran darah di kepala, Ngatiran lalu dibawa ke dalam dan disekap sebuah kamar mandi.


“Lalu kemudian pelaku mulai menjalankan aksinya menguras uang serta perhiasan,” kata Kapolsek Kebayoran Lama, Imam yulisdianto, di lokasi kejadian.


Setelah menggasak isi rumah, kata Imam, pelaku kemudian melarikan diri dengan menggunakan Suzuki Baleno hitam. Perampok berhasil menggasak 1000 poundsterling, USD 20 ribu dan perhiasan.


Farauque baru menyadari rumahnya dirampok setelah pulang dan melihat satpam tidak ada di pos penjagaan. Marwan, sopir pemilik rumah, lantas menemukan satpam disekap di kamar mandi.


“Dengan luka sobek di kepala,” ujar Imam.

[ren]

ISL Review: dua gol telat Persija akhiri perlawanan Persegres

Posted: 17 Mar 2012 11:32 PM PDT

Gol dari Bambang Pamungkas menangkan Persija (c) Bola-Eggi

Persija Jakarta melakoni laga kandang terakhirnya di putaran pertama Indonesia Super League. Lawan yang dihadapi adalah Persegres Gresik United yang datang untuk mencuri poin dari tuan rumah Persija Jakarta.

Kedua tim tidak dapat menurunkan komposisi terbaiknya pada laga ini. Di kubu Persija Jakarta, gelandang elegan Robertino Pugliara tidak dapat memperkuat lini tengah Persija pada awal babak. Sedangkan Agus Indra tidak dapat berpartisipasi melawan mantan klub nya kali ini.

Kedua tim mencoba untuk langsung menguasai lini tengah dan bermain lebih menekan langsung ke pertahanan. Uston Nawawi yang dipercaya menjadi jenderal permainan Persegres langsung mencoba menekan pertahanan Persija Jakarta yang dikomandoi Fabiano Beltrame.

Peluang pertama datang pada menit 18 ketika umpan terobosan yang diterima Gaston Castano mampu di terima dengan baik oleh Gaston Castano. Lolos dari jebakan offside, Gaston langsung berhadapan dengan kiper Persija, Adritany. Sayang tendangan Gaston masih melebar dari sasaran.

Tak ingin kalah dengan Persegres, Persija langsung membalas dengan memperoleh peluang pada menit 22 ketika sundulan Fabiano Beltrame membentur mistar gawang Persegres yang dikawal Hery Prasetya.

Dua menit berselang, giliran Ismed Sofyan yang mempunyai peluang membuka skor. Lewat tendangan bebas yang menjadi spesialisnya masih membentur mistar gawang Persegres. Skor tetap 0-0 untuk kedua tim.

Persija kembali mengancam gawang Persegres pada menit 28. Sepak pojok Ismed Sofyan dapat diteruskan Leo Saputra dengan sundulannya, namun bola masih dapat ditepis kiper lawan.

Jelang berakhirnya babak pertama, kedua tim menurunkan tempo permainan. Namun peluang hadir untuk Persegres pada menit 38. Tendangan James Koko Lomell masih melebar dari gawang Persija Jakarta. Skor imbang ini pun menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Persija yang bertindak sebagai tuan rumah mencoba mempercepat tempo permainan untuk memburu gol.

Meskipun mempunyai banyak peluang untuk mencetak gol, namun Persija tampaknya masih dijauhi oleh Dewi Fortuna dalam urusan mencetak gol. Berulang kali peluang melalui aksi Bambang Pamungkas dan Pedro Javier merepotkan barisan pertahanan Persegres Gresik United. Tetapi tak satupun dari peluang itu mampu menemui sasarannnya.

Permainan kedua tim tak mengendor meskipun gol yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Persija yang ingin memberi kemenangan penutup pada laga kandang terakhirnya di putaran pertama ini akhirnya mampu membuat ribuan the jak yang memenuhi stadion Gelora Bung Karno bersorak saat pertandingan memasuki injury time.

Berawal dari akselerasi yang dilakukan oleh Pedro Javier di sisi kanan pertahanan Persegres Gresik United. Dirinya mampu melewati tiga hadangan pemain belakang Persegres sebelum mengakhiri dengan sebuah tendangan kaki kiri. Bola yang sempat membentur salah satu pemain belakang ini mampu mengecoh kiper Hery Prasetyo dan dengan mulus meluncur ke dalam gawang.

Tak puas hanya dengan satu gol, Bambang Pamungkas mampu melesakkan gol kedua Persija sore ini. Berawal dari umpan terobosan yang dikirim oleh Robertino Pugliara dari lini tengah. Bambang yang tak terjaga melepaskan tendangan datar yang tak mampu dijangkau oleh kiper Persegres Gresik United. 2-0 untuk kemenangan Persija pun menjadi kado terbaik di laga kandang terakhir putaran pertama ini.

Dengan hasil ini Persija Jakarta berhasil merangsek ke peringkat empat klasemen sementara ISL dengan 26 poin dari 15 laga, menggeser Persela Lamongan. Sementara kekalahan ini kembali meneruskan tren negatif Persegres di laga away. Posisi mereka pun tertahan di peringkat 14 atau hanya dua strip di atas zona degradasi.

Persija Jakarta: Andritany, Hasyim Kipuw, Fabiano Beltrame, Precious, Ismed Sofyan, Octavianus, Leo Saputra, Amarzukih, Rahmat Affandi, Pedro Javier, Bambang Pamungkas

Persegres Gresik United: Hery Prasetya, Wismoyo, M. Husen, Anang Ma’ruf, Kacung Munif, Uston Nawawi, Ade Suhendra, Lan Bastian, Gustavo Chena, James Koko Lomell, Gaston Castano (bola/dzi)

Perampok toko emas Ciputat gunakan 14 senpi

Posted: 17 Mar 2012 11:27 PM PDT


Hasil pengembangan yang dilakukan Polda Metro Jaya terkait kasus perampokan empat toko Emas di Ciputat terungkap sejumlah fakta. Para perampok ternyata membawa 14 pucuk senjata api (senpi).


“Dari pengakuan para tersangka yang ditangkap, ada 14 pucuk senpi yang digunakan. Selesai merampok para tersangka langsung melarikan diri ke Serang,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/3).


Menurut pengakuan para tersangka, senpi kemudian dikumpulkan dalam satu tas. Karena kebingungan, senpi tersebut kemudian dibuang di beberapa lokasi di Serang, Banten.


“Di kali Padekpancur, Desa Banten, Serang, dua pucuk, satu FN dan satu revolver dengan enam butir peluru. Lalu di bawah jembatan kali Bedeng, ini satu pucuk rakitan revolver, lalu di kali irigasi Bedeng satu revolver rakitan berikut 3 peluru dan selongsongnya,” papar Rikwanto.


Saat ini, kata dia, polisi terus mengembangkan kasus tersebut. Beberapa pelaku yang belum berhasil ditangkap juga diburu, termasuk dua orang yang diduga pentolan dalam kelompok ini.


“Kita masih mengejar beberapa pelaku lain, yaitu HN dan dua orang yang diduga tokoh penting. Sudah ada 11 yang ditangkap 3 di antara di tembak,” imbuhnya.

[hhw]

Di Matteo: Chelsea menang bukan karena pemain senior

Posted: 17 Mar 2012 11:22 PM PDT

 

Pelatih sementara Chelsea, Roberto Di Matteo, sama sekali tidak setuju jika keberhasilan mereka lolos dari lubang jarum kontra Napoli semata-mata hanya karena sumbangsih pemain senior.

Menurut Gaffer asal italia tersebut, pemain senior memang menolong dengan pengalaman yang mereka miliki, namun hasil ini buah dari kerja sama seluruh elemen The London Blues.

“Ini bukan hanya karena keberadaan pemain senior, kami menuai hasil karena secara kolektif kami bekerja dengan bagus,” ucap Di Matteo.

“Namun memang pemain senior punya pengalaman lebih di lapangan, karena mereka pernah melakoni laga seperti ini,”

“David Luiz hingga tak lagi bisa berjalan di akhir laga, Terry juga tertatih-tatih, Drogba, Torres semua bekerja keras. Cech juga punya penyelamatan krusial,”

“Saya melihat kami semua malam ini memainkan peranan yang luar biasa,” tandas caretaker posisi Andre Villas-Boas tersebut seusai laga berakhir.

LIGA CHAMPIONS – Terry: Kemenangan Yang di Atas Segalanya

Keluarga iringi jenazah adik Habibie ke rumah duka

Posted: 17 Mar 2012 11:19 PM PDT


Jenazah adik BJ Habibie, Fanny Habibie akhirnya dibawa menuju rumah duka di Jalan Prapanca Buntu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Keluarga besar Habibie pun ikut mendampingi jenazah yang dibawa dengan ambulans itu.


Pantauan merdeka.com, jenazah dibawa dengan menggunakan mobil ambulan RSCM B 7121 II. Beberapa keluarga pun ikut mengiringi mobil ambulans yang dikawal dua voorijder itu.


Enam mobil mewah, Alpard, Mercy dan Camry tampak mengiringi mobil ambulans yang keluar dari gerbang RSCM. Jenazah diusung oleh kerabat dari gedung Kencana RSCM menuju mobil ambulans.


Junus Effendy (JE) Habibie adalah anak kelima dari delapan bersaudara. JE Habibie atau yang kerap disapa Fanny Habibie lahir pada Juni 1937.


Fanny tutup usia pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB di RSCM Kencana. Jenazah saat ini akan dibawa pulang oleh keluarganya ke kediaman almarhum di Jalan Prapanca Buntu, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.


Rencananya jenazah Fanny akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Sebelum di makamkan, jenazah akan terlebih dahulu dibawa ke rumah di Prapanca, Jakarta Selatan.

[hhw]

Di Matteo tak paham akan masa depan Drogba

Posted: 17 Mar 2012 11:14 PM PDT


Masa depan Didier Drogba di Chelsea masih terus menjadi misteri. Pelatih sementara The Blues, Roberto Di Matteo juga tidak mengetahui bagaimana nasib striker asal Pantai Gading itu di akhir musim nanti.


Drogba yang saat ini memasuki tahun terakhir kontraknya di Stamford Bridge sudah meminta perpanjangan kontrak 2 tahun kepada pihak klub. Namun Chelsea masih keberatan dengan permintaan gaji yang disodorkan Drogba, jika tidak ada kesepakatan baru hingga akhir musim nanti, maka Drogba bakal meninggalkan Chelsea dengan status bebas kontrak di akhir musim nanti.


“Itu (kontrak Drogba) bukan menjadi kewenangan saya untuk memutuskan,” ucap Di Matteo kepada ESPN. “Pihak klub akan membuat keputusan jika saatnya tepat. Dia sudah bermain hebat untuk klub ini,” ucap Di Matteo menyanjung Drogba yang baru saja mencetak gol ke-100 di ajang Liga Premier Inggris.


“Itu merupakan gol kemenangan, jadi dia (Drogba) tentu bakal senang dengan gol ke-100 nya,” pungkas Di Matteo. (espn/mac)

Paus Benediktus XVI pesan eau de cologne khusus untuk dirinya

Posted: 17 Mar 2012 11:14 PM PDT

 

Beliau pernah tertangkap kamera sedang mengenakan sepatu berwarna merah sampai-sampai Esquire menyebutnya sebagai “accessorizer of the year“. Ia juga sempat terlihat mengenakan kacamata hitam buatan Gucci dan konon jadi pelanggan salah satu perancang busana Italia. Sebentar lagi, Paus Benediktus XVI bakal punya eau de cologne khusus yang tak akan diperjualbelikan secara umum.


Seperti diberitakan MSNBC (15/03), wewangian pria ini adalah kombinasi aroma pohon jeruk limau, verbena dan grass hasil racikan Silvana Casoli. Silvana Casoli sendiri bukanlah nama asing di dunia parfum karena wanita yang dijuluki “Italian nose” ini sempat jadi peramu parfum milik Sarah Jessica Parker, Katy Perry, Madonna, dan Sting.


Sejauh ini Casoli masih belum mau banyak berkomentar soal proyek istimewanya ini. Ia tak mau mengungkap lebih jauh bahan apa saja yang ia gunakan untuk meracik eau de cologne untuk Paus Benediktus XVI ini. Bahkan Casoli juga tak mau menyebutkan nama parfum yang nantinya bakal dikenakan Paus Benediktus XVI secara eksklusif ini. Ia hanya mengatakan kalau aroma eau de cologne membawa nuansa kemurnian, kesucian, dan kedamaian.


“Saya sadar kalau esens seperti ini harus membawa kesan murni, suci, dan mengingatkan pada kedamaian. Saya berusaha menyajikan aroma yang biasanya dicium Paus saat beliau berdoa di Gua Lourdes,” papar Silvana Casoli saat diwawancarai harian Il Messagero.


Sebelum mendapat tugas khusus ini, Silvana Casoli sempat membuat parfum untuk para pendeta yang mengadakan ziarah ke Santiago de Compostela di Spanyol. Parfum ini diberi nama Water of Faith dan Water of Hope.[roc]

Diperiksa di Jampidsus, Dhana lewat pintu samping

Posted: 17 Mar 2012 11:11 PM PDT

Dhana Widyatmika dok/merdeka.com (Arie Basuki)

Tersangka kasus korupsi dan pencucian uang Dhana Widyatmika, siang ini kembali diperiksa di gedung bundar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus). Dhana masuk ke gedung bundar melalui pintu samping.


Pantauan merdeka.com, Senin (12/3), Dhana tiba-tiba turun dari mobil bertuliskan PPTPK Kejaksaan Agung di pintu samping gedung bundar. Dhana yang dikawal dua pegawai kejaksaan itu langsung masuk ke area gedung bundar tersebut.


Dengan mengenakan kemeja putih bergaris dan celana hitam, mantan pegawai Dispenda DKI Jakarta ini tampak santai saat masuk ke gedung Bundar. Dhana yang tidak mengenakan topi atau penutup muka ini langsung ke ruang penyidik.


Dhana juga terlihat tidak didampingi pengacaranya saat pemeriksaan tersebut. Belum ada keterangan resmi mengenai pemeriksaan hari ini.


Dhana adalah mantan pegawai di Ditjen Pajak. Kejagung menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang pada 16 Februari 2012. Sejumlah aset kekayaan Dhana telah disita Kejagung.


Penyidik Kejagung sendiri kembali menemukan fakta baru seputar kasus tersebut. Tim penyidik menemukan aliran dana miliaran rupiah yang dikirimkan salah satu wajib pajak yang sempat ditangani Dhana, yaitu PT berinisial TRS, kepada Dhana Widyatmika, melalui rekening bank.

[hhw]

Mazda tawarkan pegawainya pensiun dini

Posted: 17 Mar 2012 11:07 PM PDT

 

Mazda Motor Corp. menawarkan paket pembelian kendaraan sukarela kepada para karyawannya sebagai upaya memotong kerugian yang dialami Mazda, terutama di Amerika Utara. Tak hanya itu, Mazda meminta pegawainya untuk mengambil pensiun dini atau di-PHK.


Keputusan ini datang setelah Mazda mengumumkan estimasi kerugian senilai US$ 1,2 miliar untuk pada tahun fiskal, dan merupakan kehilangan laba terbesar Mazda dalam 11 tahun terakhir. “Mungkin sebagai langkah selanjutnya, pekerja menjadi sedikit, dan meminta mereka meninggalkan (perusahaan) secara sukarela,” kata juru bicara Mazda.


Chief Executive Mazda Amerika Utara, Jim O’Sullivan, mengaku tantangan berat dan kondisi lingkungan bisnis yang dihadapi saat ini menjadi alasan perusahaan melakukan restrukturisasi.


Seperti dilaporkan Inautonews, menariknya, keputusan tersebut justru diambil setelah 5 wilayah penjualan Mazda di Amerika Utara mengalami kenaikan penjualan pada tiga kuartal pertama tahun fiskal. Penjualan Mazda di AS sendiri dilaporkan naik 48 persen hingga Februari 2012.


Tahun lalu, Mazda mengumumkan rencana pengembangan generasi baru Mazda6 di Jepang, bukan dilakukan di pabrik Flat Rock AS. Mazda sendiri merupakan mitra Ford di pabrik tersebut, yang juga memproduksi Ford Mustang. Saat ini membuat mobil Jepang tersebut memiliki 701 karyawan di AS. (kpl/nzr/bun)

No comments:

Post a Comment