Thursday, March 1, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Atasi Macet, Jalur Puncak II Dibangun

Posted: 01 Mar 2012 08:59 PM PST

Pemerintah berencana membuat terobosan untuk mengatasi kemacetan di Puncak, Bogor. (VIVAnews/Ayatullah Humaini)

VIVAnews – Pemerintah berencana membuat terobosan untuk mengatasi kemacetan yang terus terjadi di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Caranya,  dengan membangun jalur Puncak II sepanjang 40 kilometer.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat, M Guntoro menuturkan langkah itu merupakan langkah terakhir, setelah pihak Pemprov melakukan survei untuk merelokasi lahan penduduk di sekitar kawasan Puncak, Bogor yang tidak mungkin terlaksana.

“Untuk jalur Puncak II, ini kita memerlukan 1.600 hektare lahan, yang nantinya akan membentang sepanjang 40 km dari mulai Puncak hingga Cipanas. Jalur lingkar ini juga bisa diakses langsung dari pintu tol Jagorawi,” kata Guntoro saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 1 Maret 2012.

Dia menambahkan, proyek jalur Puncak II yang ditargetkan segera direalisasikan awal Maret ini nantinya bisa menampung puluhan ribu kendaraan yang biasa melewati jalur puncak lewat Ciawi.

“Pengendara nantinya akan disuguhi area yang menembus hutan dan perbukitan di sekelilingnya. Untuk melepas kepenatan enak sekali,” tuturnya. (umi)

Diciptakan Es Krim Khusus untuk Anjing

Posted: 01 Mar 2012 08:51 PM PST

Hewan peliharaan pun bisa menikmati es krim  

VIVAnews - Sebuah perusahaan makanan asal Inggris menghadirkan es krim istimewa bagi salah satu hewan peliharaan favorit di dunia, anjing. Hewan yang kerap disebut sahabat terbaik manusia kini dapat menikmati es krim khusus.

Es krim dibuat dari buah dan sayuran yang dihaluskan dengan tambahan aloe vera dan minyak rami. Dibawah merek Billy + Margot, es krim khusus akan mulai dipasarkan di toko Dobbies.

Es krim seharga £2,99 atau Rp44 ribu untuk setiap kemasan 160gram memiliki dua varian rasa yaitu, stoberi-apel-pisang dan apel-wortel.

Juru bicara toko Dobbies, Duncan Kazakevics menjelaskan “Ini adalah sebuah produk unik dan saya berharap pelanggan kami dan peliharannya akan menyukainya.”

Sebelumnya, sebuah pub di Inggris memanjakan anjing untuk menikmati bir dan makanan khusus anjing. Hal ini agar pemiliknya betah berlama-lama di pub.


Bir untuk anjing

Ada menu Mutt's yang disediakan pub King's Head di Woodbridge, terdiri dari honey-dried pig's snout, doggy sausage dan ramekin of gravy bones. Harganya £1 atau Rp14.000. Pub juga menyediakan bir non-alkohol yang khusus diciptakan untuk anjing, dari campuran daging sapi dan ekstrak barley malt.

Langsing Berkat Makanan Berjamur

Posted: 01 Mar 2012 08:46 PM PST

manjakan lidah dengan omelet jamur  

VIVAnews - Tahukah bahwa rutin mengonsumsi jamur akan mengantarkan Anda meraih bentuk tubuh ideal? Menurut penelitian terakhir, jamur dapat dikata sebagai bahan pengganti daging meski tidak berprotein. Ini karena tekstur jamur jenis tertentu yang dapat mengelabui lidah.

Tak hanya lezat dan gurih karena mengandung umami, jamur juga sarat akan anti oksidan, rendah kalori, dan kaya akan vitamin B.

Hmm.. Sudahkah terpikir menu makan malam berjamur apa yang akan Anda sajikan? Mungkin omelet jamur berikut bisa menjadi inspirasi.

Bahan:
2,5 sendok makan minyak zaitun
1 siung bawang merah, cincang
125 gram jamur crimini, cuci singkat lalu keringkan.
1-2 siung bawang putih (sesuai selera), cincang
2 sendok makan daun bawang cincang
2 sendok teh susu low fat
3 sendok makan keju yang sudah di parut
garam dan lada secukupnya

Cara membuat:
1. Iris tebal jamur. Panaskan wajan dengan api sedang, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Tumis bawang merah. Setelah melunak, tambahkan jamur. Tumis selama beberapa menit hingga jamur layu. Tambahkan daun bawang, garam, dan merica secukupnya. Aduk, lalu angkat.

2. Jika membuat satu porsi omelet, Anda hanya memerlukan dua butir telur. Kocok telur dalam mangkuk, lalu tambahkan garam dan lada secukupnya, serta dua sendok teh susu.

Panaskan panci anti lengket dengan dua sendok teh minyak zaitun. Lalu, dadar telur di atas panci. Biarkan sebentar hingga setengah matang. Lalu, beri separuh isian jamur yang sudah diolah sebelumnya di bagian tengah, dan berikan parutan keju. Lipat telur.

Jika sudah matang dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan, Anda bisa segera menyajikannya. Yummy…!

Sisa isian jamur bisa Anda simpan dalam wadah tertutup pada kulkas untuk keesokan hari, akan bertahan hingga dua hari. Jika ingin kembali mengolahnya, pastikan isian jamur sudah Anda panaskan terlebih dahulu.

Menciptakan Pernikahan yang Bergairah

Posted: 01 Mar 2012 08:46 PM PST

Bumbui pernikahan dengan seks yang baik  

VIVAnews – Pernikahan dengan usia yang panjang kerap menimbulkan
kebosanan dalam kehidupan seksual. Bahkan mungkin beberapa dari Anda yang usia pernikahannya masih kurang dari 5 tahun pun sudah merasakan  hubungan yang monoton. Tak heran jika banyak pasangan suami istri yang mengusahakan segala macam cara untuk membumbui kehidupan percintaan mereka.

Seperti dilansir dari Yourtango, setelah masa-masa romantis di awal
pernikahan, pasangan memasuki masa pemeliharaan hubungan. Pada
fase ini, mungkin Anda merasa memiliki kehidupan seks yang baik dan keduanya saling menikmati.

Tapi terkadang, proses itu terasa menjemukan bagi para wanita yang tidak begitu mementingkan kehidupan seks. Coba pikirkan seberapa sering pasangan  menolak untuk melakukan hubungan seks dengan berbagai alasan.

Anda mungkin sering berfantasi untuk melakukan hal yang  lebih menantang, tapi merasa sulit untuk merealisasikannya bersama pasangan. Atau, bisa saja Anda terlalu lelah dengan segudang aktivitas  sepanjang hari  hingga kehilangan gairah saat harus menyentuh pasangan.

Padahal, salah satu kunci untuk mendapatkan kehidupan pernikahan yang sehat  adalah dengan memiliki kehidupan seks yang baik. Hubungan seks secara tidak langsung dapat membuat Anda selalu jatuh cinta pada pasangan.
Waktu, fantasi, dan energi adalah tiga hal penting yang dibutuhkan untuk mendapatkan kehidupan seks yang sempurna. Tapi ini biasanya akan meluntur seiring dengan bertambahnya usia perkawinan.

Luangkan waktu Anda untuk membuat kejutan manis malam ini. Misalnya, dengan mengajaknya berkencan selepas kerja,  mungkin candle light dinner, atau sekadar menonton DVD berdua di rumah. Tapi sebelumnya, jangan lupa mengirimkan pesan seksi di sore hari untuk menciptakan suasana romantis.

Sedangkan bagi Anda para wanita, lingerie terbaik yang Anda miliki adalah kejutan untuk pasangan.  Sedikit memainkan fantasi, biarkan lampu dalam keadaan menyala saat Anda melakukan hubungan. Jangan segan untuk menjajal  posisi baru, eksplorasi gaya juga bisa membuat kehidupan seksual lebih indah lho.

Jadi, siapa bilang Anda tidak bisa mendapatkan honeymoon sex setiap malam?

VIDEO : Riasan Klasik ala Ilmu Geometri

Posted: 01 Mar 2012 08:43 PM PST

VIVAnews – Perkembangan teknologi kecantikan mempermudah wanita untuk mendapatkan penampilan sempurna. Kalau sekarang kosmetik dapat dengan mudah diaplikasikan dengan make up brush set, berbeda dengan kondisi pada lima puluh atau delapan puluh tahun lalu.

Sebuah video yang diambil pada tahun 1936 mengungkap bagaimana wanita mengaplikasikan alat kecantikan mereka. Agar tata rias sempurna mereka menggunakan ilmu geometri demi mendapat ukuran yang tepat sebelum memulas kosmetik.

Video singkat berjudul “Secret of Make Up” yang dibuat British Pathe memperlihatkan seorang make up artist sedang mengaplikasikan riasan pada tiga orang wanita dengan bentuk wajah yang berbeda. Ketika mengaplikasikannya pada mata, pipi, dan bibir, ia membuat garis-garis dengan mengukurnya terlebih dahulu.

Ia melakukan pengukuran jarak antara dahi dan pangkal hidung, hidung dan dagu dengan menggunakan alat seperti jangka, tapi berukuran besar berbahan kayu. Garis-garis kemudian dibuat pada wajah polos model. Dengan kata lain, make up dibuat dengan perhitungan matematika.

Dari hasil pengukuran, ia kemudian menentukan area pipi mana yang akan diaplikasikan make up. Kemudian, membuat garis segitiga untuk membentuk area yang disebut dengan area operasi terbatas.

Video juga menunjukkan perbedaan model yang telah di-make up dengan buruk dan baik. Perbandingan gambar tersebut berdasarkan kontras warna hitam dan putih karena pada jaman itu teknologi rekaman yang berkembang adalah rekaman hitam dan putih.

Pada bagian bibir, narasi pada video mengatakan bahwa riasan bibir ditujukan untuk menghangatkan kulit model. Ia juga menjelaskan, jika bibir tidak dibentuk dengan bentuk busur cupid, maka lipstik harus diaplikasikan dengan bentuk V dan sisi samping bibir dibiarkan tak tersentuh polesan lipstik.

Untuk mereka yang memiliki bibir tipis, idenya adalah bagaimana cara memperbesar bagian tengah bibir. Sehingga, mempersempit jarak antara bibir dan hidung.

Video berdurasi satu menit ini, dilengkapi dengan video lainnya berjudul “Beautifying: Where to Put the Accent”. Terlihat bagaimana cara membentuk dan meningkatkan alis dengan menggunakan teknik kecantikan khusus. Lihat saja videonya di sini.

Ketika Bule Terpukau Khasiat Jamu Indonesia

Posted: 01 Mar 2012 08:39 PM PST

Racikan rempah sebagai “obat mujarab”.  

VIVAnews - Susan Jane-Beers merasa menemukan “obat ajaib” sepanjang massa. Nyeri lutut kronis yang ia rasakan sembuh total setelah tiga hari meminum racikan jamu yang ia temui di salah satu sudut kota Jakarta di tahun 1990 silam.

Seperti dilaporkan Time, jurnalis asal Irlandia itu pun terpancing mengenal lebih dekat jamu. Selama 10 tahun, ia menelusuri asal-usul, mitos, resep kuno, dan komersialisasi jamu di Jawa, di mana ramuan herbal telah dimanfaatkan untuk pengobatan sejak zaman prasejarah. 

Dan pada 2001, lahirlah tulisan bertajuk “Jamu: Seni Kuno Penyembuhan Herbal”, yang kini menjadi rujukan diskusi tentang jamu di mancanegara. Ia menyebut jamu sebagai terapi holistik yang mengusung pemikiran: jika penyakit datang dari alam, alam pulalah yang harus menjadi obatnya. 

Jamu muncul dalam beragam bentuk, mulai dari minuman semacam teh, tonik, pil, krim, hingga bubuk yang harus diseduh. Umumnya, terbuat dari aneka rempah murah yang mudah ditemukan di bumi Nusantara. Ada pala yang efektif mengatasi insomnia, jambu biji untuk diare, atau kemangi untuk mengatasi bau badan.

Bukan hanya membantu mengatasi keluhan sepele, jamu bahkan menunjukkan khasiatnya untuk mengobati kanker.

Dalam bukunya, Jane-Beers menceritakan seorang tabib di Yogyakarta yang menyembuhkan pasien kanker serviks dengan racikan rempah sirih, madagaskar prewinkle dan daun benala. Setelah mengkonsumsi jamu itu sembari diet ketat kacang kedelai selama 18 bulan, pasien dinyatakan sembuh total.

Mungkin cerita itu terdengar tidak masuk akal dan tidak ilmiah. Namun faktanya, Studi Virginia Tech’s Department of Food Science and Technology tahun 2001 memperlihatkan sejumlah khasiat rempah jamu untuk pengobatan.

Beberapa temuan mereka membuktikan bahwa ekstrak buah sirsak mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara. Kandungan vincristine dalam madagaskar prewinkle juga mampu meningkatkan harapan hidup anak-anak dengan leukemia. Sementara kunyit dapat dikembangkan untuk mengatasi Alzheimer.

“Ilmu kedokteran modern mencoba berbagai cara untuk menghancurkan sel kanker, tetapi pada saat yang sama, pengobatan itu berpotensi menghancurkan unsur-unsur tubuh. Sementara jamu membantu tubuh memproduksi antibodi sendiri untuk melawan kanker,” kata Bryan Hoare, manajer di MesaStila, pusat penyembuhan di Jawa Tengah. “Datang dari alam, jamu juga membuat perasaan pasien lebih baik.”

Tapi jika jamu benar dikatakan sebagai “obat ajaib”, mengapa keberadaannya tidak lebih populer dari pengobatan tradisional Asia lainnya seperti metode penyembuhan ayurveda dari India atau penyembuhan herbal China?

Charles Saerang, Ketua Asosiasi Pengusaha Jamu Indonesi, mengatakan bahwa yang menjadi halangan utama adalah ketidakmampuan produk jamu Nusantara untuk memenuhi standar manufaktur internasional. Akibatnya banyak industri herbal mancanegara memasarkan produk jamu dengan merek dagang mereka, meski membeli bahan baku langsung dari Indonesia.

Baca juga: Sejuta Khasiat Temulawak

Tidak Perlu Diet Keras untuk Tubuh Sempurna

Posted: 01 Mar 2012 08:38 PM PST

Efek langsing untuk tubuh indah  

VIVAnews – Shapewear adalah satu- satunya jenis pakaian dalam yang dapat menyempurnakan bentuk tubuh. Item busana ini diciptakan karena saking banyaknya wanita yang takut jika timbunan lemak di tubuh mereka tampak jelas terlihat, atau bahkan melekat jelas saat harus menggunakan pakaian berpotongan super ketat. Bukan menjadi seksi, tapi justru sebaliknya.

Shapewear sempat populer pada awal abad 19 ketika wanita memakai
sejenis korset di balik baju dan gaun mereka untuk memberi kesan
ramping. Pada saat itu, pemakaian korset denagn struktur yang kaku menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemakainya. Untungnya, shapewear pada saat ini didesain dengan mengutamakan kenyamanan bagi siapa saja pemakainya. Anda pun dapat menggunakannya dengan
nyaman dan bebas bergerak sesuka Anda.

Beberapa waktu lalu SPANX yang sudah membumi di Amerika, UK, dan Australia membuka gerai di Indonesia. Berbagai koleksi shapewear tersedia sesuai kebutuhan Anda, mulai dari shapewear yang dikhususkan untuk pakaian renang, untuk wanita hamil, hingga shapewear yang dapat dikenakan saat berolah raga. Jessica Alba adalah salah satu aktris yang mempercayakan penampilannya pada jenis busana ini. "Saya menggunakan  untuk  menyamarkan lemak agar lekuk tubuh semakin sempurna."

Jika Anda tidak yakin bagaimana memilih shapewear yang tepat untuk
tipe tubuh Anda, ikuti panduan ini.

Indentifikasi bentuk tubuh
Sebelum Anda membelinya ada baiknya jika Anda mengetahui bentuk tubuh terlebih dahulu. Apakah tubuh Anda termasuk bentuk tubuh apel dengan dada dan pinggang penuh serta kaki ramping, atau bentuk tubuh pir yang memiliki pinggul dan paha lebih besar dari tubuh bagian atas. Bentuk tubuh lurus seperti bentuk pisang atau yang sering disebut boyish. Dan bentuk tubuh jam pasir yang memiliki lekukan proporsional.

Lalu, shapewear seperti apa yang cocok untuk Anda?
Saat ini, shapewear dirancang hampir untuk setiap bentuk tubuh. Jadi,
jangan takut Anda tidak akan menemukan shapewear yang sesuai.

- Untuk bentuk tubuh Apel
Anda dapat memperbaiki bentuk tubuh dengan mengecilkan bagian pinggang dan menaikkan garis payudara yang kerap turun karena bobot tubuh.  Pilihan yang tepat adalah tummy brief, shapewear ini mampu membentuk perut bagian atas hingga perut bagian bawah karena berbentuk seperti highwaist underpants. Tapi, jika Anda hanya mengingkan  tampilan perut yang rata, Anda dapat memilih korset.

- Untuk bentuk tubuh pir
Jika Anda termasuk kelompok wanita dengan bentuk tubuh buah pir, maka Anda perlu mengecikan pinggul dan paha. Anda dapat menggunakan celana yang menyerupai celana pendek untuk bersepeda.

- Untuk bentuk tubuh pisang

Bentuk tubuh yang lurus sebenarnya tidak terlalu memerlukan koreksi. Anda hanya membutuhkan push up bra untuk  menaikkan payudara.

- Untuk bentuk tubuh jam pasir

Anda tidak perlu"memodifikasi" bentuk tubuh. Cukup kenakan shapewear yang dapat memamerkan bentuk tubuh secara alami. (adi)

Yulianis Diperiksa di Apartemen Ritz Carlton

Posted: 01 Mar 2012 04:58 PM PST

Yulianis (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews –  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas menyatakan, bahwa pertemuan penyidik dengan saksi kunci kasus korupsi Wisma Atlet, Yulianis di Ritz Carlton dalam rangka pemeriksaan, bukanlah di hotel, melainkan apartemen.

“Itu apartemen (Ritz Carlton),” ujar Busyro usai rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis 1 Februari 2012.

Busyro menegaskan, Yulianis yang mengundang KPK untuk datang ke apartemen tersebut karena yang bersangkutan merasa lebih nyaman memberikan keterangan di tempat yang dipilihnya sendiri. “Itu inisiatif dia, karena dia merasa secure dengan tempat yang dipilihnya sendiri. Itu semacam safe house gitu lho. Nah karena penting perasaan secure untuk dirinya itu kami respon, Undang-undang membolehkan, ya kami datang ke sana,” kata Busyro.

Apa saja materi yang disampaikan Yulianis dalam pemeriksaan di apartemen tersebut? “Materi besarnya sebagian yang sudah dikemukakan di sidang,” kata Busyro.

Busyro menegaskan, KPK tak mengeluarkan uang sepeser pun untuk memeriksa Yulianis.

Sebelumnya, saat diperiksa di pengadilan, Yulianis membongkar sejumlah fakta baru. Mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Group itu bahkan mengungkapkan modus Nazaruddin dalam mengelola bisnis. Menurutnya, mantan bosnya itu memerintahkan pegawainya untuk menggunakan nama-nama mereka untuk dicantumkan di akte perusahaan.

“Kalau kami tidak mau gaji kami dipotong, Supervisor ke atas dipotong Rp1 juta, staf dipotong Rp500 ribu,” kata Yulianis di pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Hal itu diketahuinya karena saat menjabat Wakil Direktur Keuangan, ia diperintah secara lisan oleh Nazaruddin untuk memotong gaji pegawai yang tidak mau menjadi pengurus di perusahaannya.

Selain itu, Yulianis juga mengungkapkan mengenai permintaan dana dari politisi Demokrat, Angelina Sondakh, sebesar Rp5 miliar. Kesaksian Yulianis ini yang juga menyebabkan Angelina ikut terseret dalam kasus ini dan ditetapkan sebagai tersangka. (sj)

Jokowi Semangati Murid Pembuat Mobil Esemka

Posted: 01 Mar 2012 04:54 PM PST

Mobil dinas Jokowi rakitan anak SMK (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews -  Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat menjadi kabar buruk bagi Walikota Solo, Joko Widodo. Sebab, dinyatakan, mobil Kiat Esemka tak lulus uji emisi.

Akibatnya, Jokowi terpaksa mengandangkan mobil dinasnya begitu juga dengan Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Persiapan infrastruktur pembuatan Esemka yang direncanakan Juni pun molor. Juga launching yang berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, terpaksa diundur.

Terkait tak lolosnya Esemka dalam uji emisi, Jokowi akan menemui siswa SMK Negeri 2 Surakarta yang terlibat dalam perakitan  Esemka, hari ini, Jumat 2 Maret 2012.

“Pak Jokowi akan menemui siswa jurusan otomotif yang ikut membuat mobil Esemka. Pak Jokowi akan memberikan pengarahan,” kata Humas SMK Negeri 2 Surakarta, Kasmadi kepada VIVAnews.com, Kamis, 1 Maret 2012 malam.

Dia menambahkan selain memberikan pengarahan, walikota juga akan memberikan semangat kepada para siswa jurusan otomotif tersebut. “Pak Jokowi akan menyemangati para siswa. Itu bukan kegagalan, namun hanya belum lulus uji emisi  dan akan diulangi lagi,” katanya.

Pertemuan tersebut, seperti diucapkan Kasmadi, dilakukan di ruang kelas jurusan otomotif. Pasalnya, pertemuan hanya diikuti siswa jurusan otomotif. “Pokoknya kita ikuti saja pertemuannya.”

Selain SMK Negeri 2 Surakarta,  SMK Warga Surakarta juga terlibat dalam perakitan mobil Esemka yang sebelumnya sempat digunakan walikota dan wakil walikota sebagai kendaraan dinasnya.

Tetap semangat

Sebelumnya, Jokowi mengaku tetap semangat dalam usaha menggolkan Esemka sebagai mobil nasional. "Pokoknya tetap semangat, maju, perbaiki dan ulang uji emisi lagi. Supaya mobil Esemka lebih baik," kata Jokowi.

Menurut dia, dengan tidak lulusnya uji emisi membuat mobil Esemka kehilangan satu momentum. "Kita kehilangan sebuah momentum. Yang pesan sudah banyak. Masyarakat sudah semangat seperti ini terhadap mobil Esemka, tetapi malah tidak lulus," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan, tak lolos uji emisi bukanlah kegagalan buat Esemka. Ke depan, kata dia, kualitas gas buang mobil Esemka akan diperbaiki agar dapat ikut kembali uji emisi.

“Uji emisi yang Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan jika ambang batas gas buang belum memenuhi persyaratan,  yakni kadar CO2 masih di atas 5 gram per kilometer," kata Rudy di Solo, Kamis 1 Maret 2012.

Meskipun tidak lolos uji emisi, perjuangan untuk meloloskan mobil Esemka tetap akan dilakukan. “Ke depannya kualitas gas buang mobil Esemka akan tetap terus diperbaiki supaya bisa lolos,” tambah dia.

Menurutnya perjuangan hasil karya anak negeri tidak akan berhenti. “Sertifikat maupun uji emisi tidak bisa meminta-minta. Tetapi harus melalui perjuangan,” ujar Rudy.

Meski hasilnya tak seperti yang diharapkan, kemampuan Esemka menempuh perjalanan Solo-Jakarta pulang pergi adalah sebuah bukti ketangguhan mobil buatan anak bangsa. “Bahwa Esemka bukan odong-odong.” (umi)

VIDEO: Aksi Pungli Polisi Terekam Kamera

Posted: 01 Mar 2012 04:49 PM PST

Polisi lalu lintas mensterilkan jalur busway di Jakarta. (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews – Video amatir yang merekam aksi polisi menerima suap menghebohkan Bandung. Apalagi, aksi tawar-menawar polisi dengan pengendara yang kena tilang sudah diunggah ke YouTube, dengan judul dengan judul “Polisi Damai Tilang”.

Oknum anggota Polantas yang menerima uang titip tilang damai itu diketahui bertugas di Polsektabes Astana Anyar, Kota Bandung. Ia kini diganjar sanksi oleh institusinya. Karena dianggap membuat malu.

“Kami sudah melakukan penindakan terhadap oknum anggota kami, dengan memberikan hukuman kurungan atas perbuatannya tersebut yang memalukan korps kepolisian,” ungkap Kasubag Humas Polrestabes Bandung AKP Rosdiana, saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Kamis 1 Maret 2012.

Pihak Polrestabes sendiri, sudah menyerahkan kasus ini ke Propam Polrestabes untuk ditindak lanjuti. “Jika ada anggota melanggar, maka akan kami proses. Untuk sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Misalnya penundaan kenaikan pangkat, penundaan gaji, hingga pemecatan jika masalahnya sudah sangat kronis,” ungkap AKP Rosdiana.

Lihat cuplikan videonya dalam tautan ini.

(eh)

Istri PNS Gorontalo Belum Terima Gaji Suami

Posted: 01 Mar 2012 04:46 PM PST

Pegawai Negeri Sipil (PNS) (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews – Mulai Kamis 1 Maret 2012, Pemerintah Gorontalo menerapkan kebijakan unik, mentransfer langsung gaji suami ke rekening istri. Menyusul keluhan para ibu rumah tangga yang mengaku tak tahu berapa besar gaji yang diterima suami tiap bulannya.

Namun di hari pertama, pelaksanaan kebijakan itu belum memuaskan. Kepala Biro dan Humas pemerintah Gorontalo,  Rifli Katili mengatakan, ada sejumlah kendala yang dihadapi. “Ada beberapa kendala teknis yang kami temui pada realisasi kebijakan ini,” jelas Rifli yang dihubungi VIVAnews.com.

Ia menyebutkan, kendala yang ditemui adalah masih banyak istri yang suaminya PNS belum memiliki rekening di Bank Mandiri, bank yang bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo untuk menampung gaji para PNS tersebut.

Masalah selanjutnya, ketika istri-istri tersebut ingin membuka rekening, terkendala dengan persyaratan jumlah setoran awal.

“Soalnya harus minimal Rp500 ribu, dan beberapa istri kondisinya sedang tidak memiliki dana sebesar itu. Mau dikliring, itu butuh beberapa hari dan harus dipotong,” tambah dia.

Persoalan kedua adalah faktor database, di mana data-data istri belum tercatat oleh SKPD di lingkup Pemprov Gorontalo. Untuk mendata semua nama-nama istri itu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Sebagai tahap awal, yang masih terkendala dengan dua hal tersebut, gaji tetap ditransfer ke rekening suami. Namun pihak suami kemudian harus membuat surat kuasa dan diserahkan kepada pihak perbankan serta bagian keuangan untuk bisa mengambil seluruh gajinya itu.

Soal istri yang belum bisa membuka rekening karena faktor setoran awal, pihak Pemprov Gorontalo melakukan pendekatan kepada pihak Bank Mandiri, agar diringankan pada saat pembukaan setoran rekening awal.

Seperti diketahui, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang dilantik menjadi gubernur pada 16 Januari lalu, mengeluarkan kebijakan tentang gaji PNS harus ditransfer langsung ke rekening istri. Kebijakan itu dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan para istri yang tidak mengaku tidak mengetahui jumlah gaji suaminya.

Selain itu, istri-istri para PNS ini juga mengaku kadang-kadang hanya dijatah uang belanja oleh suaminya seperti pembantu. Kebijakan tersebut sekaligus akan mengajari para ibu rumah tangga soal manajemen keluarga.

“Ibu gubernur sebagai ketua Dharma Wanita akan terlibat langsung dalam membina para istri-istri tersebut tentang cara-cara mengelola keuangan keluarga,” tutup Rifli. (umi)

Periksa Anas, KPK Tunggu Penyelidikan

Posted: 01 Mar 2012 04:41 PM PST

Anas Urbaningrum diperiksa KPK (ANTARA/Andika Wahyu)

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksa Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum terkait dugaan korupsi pembangunan pusat olahraga di Hambalang, Jawa Barat. Namun, KPK belum bisa memastikan kapan pemeriksaan kepada Anas itu dilakukan.

“Ketika nanti pada tahap untuk penyelidikan memerlukan dia (Anas) pasti akan kami panggil,” ujar Busyro usai rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis 1 Februari 2012. “Tergantung capaian-capaian pengumpulan keterangan dalam tahap penyelidikan.”

Busyro mengatakan, sebagaimana kasus lainnya, KPK akan memanggil semua orang yang dinilai memiliki relevansi dalam sebuah kasus. Karena, lanjut dia, sebagai penegak hukum, KPK berkepentingan untuk mencari kebenaran materiil. “Dalam arti, semua pihak yang nanti berpotensi untuk dimintai keterangannya, pasti kami panggil, tidak mungkin kami membatasi diri,” kata Busyro.

Busyro menambahkan, hingga saat ini, penyelidikan yang dilakukan KPK belum menemukan adanya indikasi tindak pidana dalam kasus ini. “Sampai saat ini saya belum bisa mengatakan ada atau tidak ada,” kata Busyro.

Lantas, apa urgensinya memanggil Anas jika KPK belum menemukan indikasi tindak pidaana dalam kasus Hambalang tersebut? “Ketika nanti di dalam tahap penyelidikan ada sejumlah keterangan-keterangan, dokumen-dokumen yang menyebut-nyebut dia (Anas), di situlah letak urgensinya kami memanggil dia,” jawab Busyro.

Sebelumnya, Anas menyatakan mempercayakan penanganan kasus ini kepada KPK. “KPK mempunyai standar, jadi percayakan pada KPK,” kata Anas di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Rabu 29 Februari 2012.

Menurut dia, seharusnya pemanggilan terhadap seorang saksi tidak perlu didorong-dorong pihak lain. “Tidak perlu ditegas-tegas. Jadi tidak perlu dikembangkan opini agar KPK memanggil orang. Dan tidak perlu mendorong-dorong atau dicegah-cegah,” ujarnya. (sj)

Kejagung: Pakai Masker, Dhana Tidak Sakit

Posted: 01 Mar 2012 04:36 PM PST

Gambar paspor Dhana Widyatmika yang beredar di Facebook (Facebook)

VIVAnews – Mantan pegawai Direktorat Pajak, Dhana Widyatmika meninggalkan Gedung Kejaksaan Agung sekitar pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat. Diperiksa 8 jam, ia tetap konsisten diam.

Salah satu pengacaranya, Reza mengatakan pemeriksaan perdana kliennya baru seputar administratif. Tentang riwayat hidupnya. Bagaimana soal uang Rp60 miliar yang diduga ada di rekening Dhana? “Itu tidak betul Rp60 miliar itu tidak betul. Kejaksaan tidak pernah menyampaikan Rp60 miliar itu,” kata dia, Kamis 1 Maret 2012 malam.

Saat ditanya soal asal harta milik Dana, Reza tak menjawab. “Kalau itu sudah masuk substansi, kami tidak bisa jelaskan,” tambah dia.

Reza juga tak mau menyebut perusahaan apa saja yang menjadi klien Dhana. Juga jumlahnya. “Itu penyidik yang tahu,” tukas dia. Apakah Dhana pernah menerima uang dari wajib pajak? “Itu masih proses. Disambung besok ya, Mas. Capek,” kata dia.

Sementara, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung, Adi Togarisman mengatakan, pemeriksaan Dhana belum tuntas. “Jadi karena masih belum selesai akan dilanjutkan besok,” kata dia.

Selain Dhana, besok juga akan dimintai keterangan saksi lain. Sementara, pemeriksaan istri Dhana, DA akan menyusl. “Minta pemeriksaan tanggal 8, Kamis depan,” kata dia.

Selain soal kasus, Adi juga ditanya soal mengapa Dhana memakai masker. Apakah dia sakit? “Dari pemeriksaan tadi berjalan, berarti tidak sakit, kalau sakit kan tidak bisa dilakukan pemeriksaan,” kata dia.

Berarti Dhana bohong dan masker untuk kedok ? “Itu bukan dari pihak kami, kalian nilai sendiri,” jawab Adi. Dana sendiri akhirnya membuka masker yang menutupi wajahnya setelah sempat ricuh.

Dhana dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung, karena transaksi yang dimilikinya tidak sesuai profilnya sebagai pegawai negeri. Dhana dan istrinya, DA, disebut memiliki pundi-pundi miliaran rupiah. “Ada Rp8 miliar, lalu ada pula Rp20 miliar,” kata sumber VIVAnews. Uang itu belum termasuk pundi mata uang asing senilai US$270.000 atau setara dengan Rp2,4 miliar lebih. Juga belum termasuk logam mulia seberat 1 kg.

Dhana juga diketahui memiliki bisnis minimarket dan showroom jual beli truk bekas. Lantas, berapa kekayaan Dhana yang dilaporkan ke negara? Dhana sempat melaporkan hartanya pada 24 Juni 2011, saat itu dia menjabat sebagai Account Representative Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Enam.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara yang diterima KPK, total kekayaan Dhana berjumlah Rp1.231.645.025. Jumlah itu terdiri atas harta tidak bergerak yang nilainya mencapai Rp686.722.000. Harta itu terdiri dari tanah dan bangunan seluas 125 meter persegi dan 45 meter persegi di Depok, Jawa Barat. (umi)

Gayus Bantah Kenal Dhana “The Next Gayus”

Posted: 01 Mar 2012 04:32 PM PST

Dhana Widyatmika tiba di gedung Kejaksaan Agung (Nurcholis Anhari Lubis/VIVAnews)

VIVAnews - Terdakwa kasus korupsi dan pencucian uang Gayus Halomoan Tambunan membantah mengenal Dhana Widyatmika, tersangka kasus rekening miliaran yang juga eks pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

Meski Dhana adalah seniornya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). “Saya tidak kenal,” kata Gayus usai menghadapi sidang vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Gayus pun enggan menanggapi kasus yang menyeret pegawai pajak yang dijuluki ‘The Next Gayus’ itu. Begitupun saat ditanya soal kelaziman praktik korupsi di Ditjen Pajak. “Itu semua sudah ada di media,” ujar Gayus.

Gayus divonis enam tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Gayus telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima gratifikasi, suap dan pencucian uang.

Sementara, Dhana saat ini telah dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung,  karena transaksi yang dimilikinya tidak sesuai profilnya sebagai pegawai negeri.

Dhana dan istrinya, DA, disebut memiliki pundi-pundi miliaran rupiah. “Ada Rp8 miliar, lalu ada pula Rp20 miliar,” kata sumber VIVAnews. Uang itu belum termasuk pundi mata uang asing senilai US$270.000 atau setara dengan Rp2,4 miliar lebih. Juga belum termasuk logam mulia seberat 1 kg.

Dhana juga diketahui memiliki bisnis minimarket dan showroom jual beli truk bekas. Lantas, berapa kekayaan Dhana yang dilaporkan ke negara? Dhana sempat melaporkan hartanya pada 24 Juni 2011, saat itu dia menjabat sebagai Account Representative Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Enam.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara yang diterima KPK, total kekayaan Dhana berjumlah Rp1.231.645.025. Jumlah itu terdiri atas harta tidak bergerak yang nilainya mencapai Rp686.722.000. Harta itu terdiri dari tanah dan bangunan seluas 125 meter persegi dan 45 meter persegi di Depok, Jawa Barat. (eh)

Apa Saja Harta Gayus yang Disita Negara

Posted: 01 Mar 2012 04:27 PM PST

Rumah Gayus Tambunan di Kelapa Gading (VIVAnews/Bayu Galih)

VIVAnews – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memerintahkan Jaksa Penuntut Umum untuk menyita seluruh harta kekayaan Gayus Halomoan Tambunan yang terbukti berasal dari tindak pidana.

Hakim memerintahkan untuk menyita uang tunai senilai Rp206 juta, Sin$34 juta, US$659 ribu, Sin$9,8 juta dan tabungan sebagaimana tersebut dalam daftar barang bukti yang dirampas dan disita untuk negara.

Selain itu, harta lain yang juga ikut disita adalah satu unit mobil Honda Jazz, satu unit mobil Ford Everest, satu unit rumah di Kelapa Gading senilai Rp3 miliar, dan 31 batang emas murni yang jumlahnya masing-masing 100 gram.

“Uang yang sudah dipegang Kejaksaan Agung sebesar Rp74 miliar. Itu dari tabungan dan deposito, sudah kami titipkan ke Bank Indonesia,” kata Jaksa Edy Rakamto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Sebelumnya, hakim menjatuhkan vonis enam tahun penjara kepada Gayus. Selain itu, dia juga harus membayar denda Rp1 miliar. Gayus dinyatakan terbukti bersalah melakukan tiga tindak pidana, yakni suap, pencucian uang, dan gratifikasi.

KAI Luncurkan Kereta Ekonomi AC Yogya-Jakarta

Posted: 01 Mar 2012 04:22 PM PST

Kereta api Indonesia (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – PT Kereta Api Indonesia daerah Operasi VI Jawa Tengah-Yogyakarta kembali meluncurkan kereta api ekonomi ber-AC untuk yang kedua kalinya setelah pada tahun 2011 yang lalu di luncurkan Gajah Wong.

Kereta api ber-AC ke dua yang diluncurkan ini dinamakan Bogowonto yang dioperasikan perdana dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Senen, Jakarta.

“Kereta ini sebelumnya melayani Kutoarjo-Jakarta, karena permintaan transportasi kelas ekonomi semakin banyak maka kami tarik ke Yogyakarta,” kata Sinung Tri Nugroho, Kepala Daerah Operasi VI PT Kereta Api Indonesia Jawa Tengah-Yogyakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Dia menjelaskan, kereta api ekonomi ber-AC tersebut bertarif Rp125 ribu per tiket. Berangkat dari Yogyakarta pada 07.30 WIB dan sampai di Stasiun Senen Jakarta sekitar pukul 16.30 WIB. Sebaliknya, kereta itu berangkat dari Stasiun Senen pada 18.30 WIB dan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 04.00 WIB.

“Kapasitas tiap gerbongnya adalah 80 tempat duduk. Meskipun kereta api kelas ekonomi, namun tidak seperti dulu, saat ini tidak diperbolehkan ada penumpang yang berdiri atau tanpa tempat duduk,” paparnya

Lebih lanjut Sinung mengatakan, permintaan moda transportasi kereta api dengan biaya murah semakin tinggi. Maka dari itu, perlu ada tambahan kereta api terutama jurusan Jakarta yang nyaman tetapi lebih murah dibandingkan kelas bisnis maupun eksekutif yang harganya jauh lebih tinggi. (umi)

Menyusup, Warga Filipina Berkeliaran di Sulut

Posted: 01 Mar 2012 04:18 PM PST

Imigran gelap (Antara/ Ahmad Subaidi)

VIVAnews – Sejumlah warga Filipina bebas berkeliaran di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kamis, 1 Maret 2012. Mereka diduga masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal.

Keberadaan warga Filipina di wilayah Indonesia itu juga diakui oleh Pelaksana Harian Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bitung, Kumiter Junius Karundeng. “Warga Filipina itu masuk secara ilegal ke Indonesia melalui Bitung. Mereka masuk melalui jalur laut,” kata Kumiter kepada VIVAnews.com.

Dari ratusan warga Filipina yang masuk ke Bitung, kata Kumiter, hanya tiga orang saja yang masuk secara legal. Ketiga warga Filipina itu datang ke Sulawesi Utara dengan status Sosial Budaya atau kunjungan keluarga. “Itu berdasarkan data tahun 2011. Ada sekitar 200-an imigran gelap Filipina di tahun 2011,” kata Kumiter.

“Untuk tahun ini, kami belum mendata, kami masih akan melakukan pendataan lanjutan.”

Dia menambahkan, pihak imigrasi akan bekerja sama dengan kepolisian untuk mengawasi para imigran gelap asal Filipina itu. “Dan juga akan melakukan operasi bersama-sama dengan pihak terkait, yakni kepolisian dan pemerintah daerah,” ujar Kumiter.

Secara terpisah, Kapolres Kota Bitung, AKBP Satake Bayu mengatakan, tak semua orang yang dicurigai itu merupakan warga negara Filipina. Sebagian dari mereka, kata Satake, adalah warga Indonesia yang tinggal di kepulauan utara Sulawesi.

“Sesuai pendataan sementara, tidak semua dari mereka merupakan warga Filipina, ada yang warga kepulauan Sangir yang tinggal di Filipina dan kembali lagi ke Indonesia,” katanya.

“Kami tetap akan memantau jika ada warga Filipina yang menyusup tanpa identitas. Saya sudah memerintahkan intelijen juga untuk menggali informasi,” tambah Satake. (hp).

Jokowi: Mobil Esemka Kehilangan Satu Momentum

Posted: 01 Mar 2012 04:15 PM PST

Jokowi dan mobil Esemka (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews – Walikota Solo, Joko Widodo dan wakilnya, FX Hadi Rudyatmo terpaksa mengandangkan mobil dinas mereka yang baru berusia dua bulan. Sebab, mobil Kiat Esemka buatan murid-murid sekolah Kejuruan itu dinyatakan tak lolos uji emisi berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat.

Meski demikian, Jokowi, demikian walikota akrab dipanggil, tak lantas patah arang. Ia justru mengaku lebih semangat untuk memperbaiki kekuranga mobil Esemka. "Pokoknya tetap semangat, maju, perbaiki dan ulang uji emisi lagi. Supaya mobil Esemka lebih baik," kata Jokowi di Solo Techno Park, Kamis, 1 Maret 2012.

Menurut dia, dengan tidak lulusnya uji emisi membuat mobil Esemka kehilangan satu momentum. "Kita kehilangan sebuah momentum. Yang pesan sudah banyak. Masyarakat sudah semangat seperti ini terhadap mobil Esemka, tetapi malah tidak lulus," ujarnya.

Sejak mobil karya siswa SMK tersebut dijadikan sebagai mobil dinas oleh Walikota Solo, dalam sekejap sambutan masyarakat cukup meriah. Jokowi pun dengan semangat mempromosikan mobil tersebut ke kalangan masyarakat.

Meskipun muncul pertentangan dari beberapa pihak, Jokowi tetap maju semangat untuk mengegolkan mobil Esemka menjadi mobil nasional. Tak ayal, ketika disinggung apakah merasa sendirian dalam memperjuangkan mobil Esemka, ia mengakui. "Saya rasa seperti itu.”

Sebelumnya, Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan, tak lolos uji emisi bukanlah kegagalan buat Esemka.

Ke depan, kata dia, kualitas gas buang mobil Esemka akan diperbaiki agar dapat ikut kembali uji emisi.

“Uji emisi yang Kementerian Lingkungan Hidup menyebutkan jika ambang batas gas buang belum memenuhi persyaratan,  yakni kadar CO2 masih di atas 5 gram per kilometer," kata Rudy di Solo, Kamis 1 Maret 2012.

Meskipun tidak lolos uji emisi, perjuangan untuk meloloskan mobil Esemka tetap akan dilakukan. “Ke depannya kualitas gas buang mobil Esemka akan tetap terus diperbaiki supaya bisa lolos,” tambah dia.

Menurutnya perjuangan hasil karya anak negeri tidak akan berhenti. “Sertifikat maupun uji emisi tidak bisa meminta-minta. Tetapi harus melalui perjuangan,” ujar Rudy. (sj)

Pemeriksaan Dhana Widyatmika Berakhir Ricuh

Posted: 01 Mar 2012 04:10 PM PST

Dhana Widyatmika di Gedung Kejaksaan Agung (Nurcholis Anhari Lubis/VIVAnews)

VIVAnews - Pemeriksaan Dhana Widyatmika, Kamis malam, berakhir ricuh. Puluhan wartawan fotografer yang menunggui tersangka kasus perpajakan tersebut memaksa Dhana untuk memberikan keterangan.

Dhana yang dikawal oleh sejumlah petugas di Kejagung pun tidak dapat berbuat banyak. Bahkan untuk memasuki mobil Avanza yang sudah bersiap di depan pintu utama, dia tidak bisa. “Kasih kami jalan, kasih kami jalan,” pinta salah seorang pengacara Dhana.

Pantauan VIVAnews.com, mobil tersebut rusak. Pintu kanan bagian belakang sampai tidak dapat ditutup kembali akibat digedor-gedor oleh beberapa wartawan.

Sudah sejak pagi, Dhana memang memilih untuk tidak berkomentar banyak. Mengenakan topi dan baju batik, dia langsung menuju ke dalam Gedung Bundar.

Akibat insiden tersebut, Dhana sendiri masuk kembali ke gedung. Kapuspenkum Kejagung Adi Toegarisman menyatakan pemeriksaan akan dilanjutkan besok pagi.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Andhi Nirwanto masih enggan memberi keterangan terkait dengan materi pemeriksaan tersangka korupsi pajak Dhana. Andhi meminta awak media menunggu Kapuspenkum Kejagung untuk memberikan jawabanya.

“Mengenai substansi hasilnya sampai sekarang belum dapat disampaikan karena pemeriksaan belum selesai. Nanti Kapuspenkum saya minta menunggui sampai selesai,” kata Andhi saat ditemui di Gedung Bundar, Kejagung, Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Andhi yang kepergok wartawan saat hendak meninggalkan Gedung Pidsus tersebut mengaku dirinya tidak dapat menyampaikan jawaban seputar siapa penyuap dan berapa jumlah rekening yang dimiliki oleh Dhana. “Nanti, tim penyidik juga belum. Sabar-sabar, nanti berkembang,” ujarnya.

Ditanya soal kemungkinan penahanan pegawai yang juga senior Gayus Tambunan di STAN tersebut menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik. “Kan begini, memang hari ini sesuai dengan jadwal itu diperiksa DW dan istrinya. Alhamdulilah (DW) datang, dan yang lain saksi, inspektorat Pajak,” ucapnya.

Dana dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Agung, karena karena transaksi yang dimilikinya tidak sesuai profilnya sebagai pegawai negeri.

Kisah Gadis Bawah Umur Ditahan di LP Dewasa

Posted: 01 Mar 2012 04:05 PM PST

Rutan Pondok Bambu (Koleksi Kepala LP Pondok Bambu Herlin Chandrawati)

VIVAnews – Dituduh ikut serta melakukan pencurian sepeda motor, Rismawati (15) warga Kampung Portal RT 02 RW 03 Kelurahan Sepanjang Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, harus merasakan dinginnya Lembaga Pemasyarakatan Khusus Wanita Pondok Bambu Jakarta Timur.

Risma yang masih dibawah umur, berada di Blok A4 dan setiap hari tidur bersama 15 tahanan yang sudah dewasa. Total Risma menjalani masa tahanannya selama 1 bulan 10 hari, sebelum hakim di Pengadilan Negeri Cikarang menjatuhkan vonis.

Selama di tahanan tidak jarang gadis yang putus sekolah sejak tamat SMP itu, mengaku harus mendapatkan perlakuan tidak enak dari sipir di tahanan. "Saya tidur berhimpit-himpitan dengan orang yang sudah dewasa, saya juga pernah diancam dimasukin sel tikus karena ketahuan bawa handphone," ujar Risma dengan nada polos saat minta perlindungan di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Bekasi, Kamis 1 Maret 2012.

Risma sendiri ketahuan membawa telepon genggam saat akan menelpon ibunya untuk minta dibawakan alat salat. "Tapi akhirnya semua selesai, setelah ibu saya kasih uang Rp200 ribu sama petugas," kata dia.

Anak ketiga pasangan Misan dan Sarsiti itu, bisa keluar dari tahanan setelah hakim menjatuhkan vonis bersalah pada 21 Februari 2012, karena Risma dianggap terlibat dalam pencurian. Namun karena di bawah umur, penahanannya diserahkan kepada orang tua.

Wakil Ketua KPAI Kota Bekasi, Umar Fauzi berharap, kasus yang menimpa Risma tidak dilanjutkan. "Saya minta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Cikarang, tidak mengajukan banding atas putusan ini, dan saya minta jika banding tetap dilakukan maka Pengadilan Tinggi Bandung tidak mengabulkannya. Kasihan Risma dia masih dibawah umur, dan masa depannya masih panjang," kata mantan Anggota DPRD Kota Bekasi tersebut.

Menurut Umar, JPU terkesan memaksakan Risma ditahan karena terlibat dalam kasus pencurian. Padahal yang terjadi justru dia diperalat oleh pacarnya yang sudah di vonis 1 tahun 2 bulan penjara dan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian. "Jaksa masih tetap ngotot agar tuntutan 7 bulan penjara dijatuhkan kepada Risma. Kan kasihan dia masih di bawah umur, dan sebenarnya dia hanya diperalat sehingga terseret dalam kasus ini," terangnya.

Tujuan Risma meminta perlindungan KPAI Kota Bekasi, agar kasusnya bisa selesai. Dia juga ingin membantu ekonomi orang tuanya yang hanya buruh serabutan.

"KPAI Kota Bekasi sejak awal sampai kasus ini selesai, akan terus mendampingi Risma. Kasus yang menimpa anak di bawah umur seharusnya tidak dilanjutkan ke persidangan, tapi diselesaikan melalui jalur musyawarah," Umar Fauzi. (eh)

Gayus Kini Harus Mendekam 28 Tahun di Penjara

Posted: 01 Mar 2012 04:00 PM PST

Gayus Tambunan (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews – Gayus Halomoan Tambunan lagi-lagi divonis bersalah dalam kasus korupsi. Dalam kasus terbaru, dia divonis 6 tahun penjara. Dengan vonis ini, berarti mantan pegawai Ditjen Pajak itu harus menjalani hukuman 28 tahun penjara.

Dalam kasus terbaru, Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, menyatakan Gayus bersalah dalam 3 perkara yakni pencucian uang, menerima gratifikasi, dan penyuapan. Sebelumnya, Gayus juga sudah dinyatakan bersalah dalam kasus penggelapan pajak dan pemalsuan dokumen.

Hakim pun mengganjar Gayus dengan hukuman 6 tahun penjara. Selain itu, Gayus juga harus membayar denda Rp1 miliar. Hakim pun menyatakan seluruh harta Gayus disita untuk negara.

Berikut catatan VIVAnews terkait seluruh vonis terhadap Gayus Tambunan:

1. Kasus Suap
Dalam kasus terbaru, Gayus dinyatakan terbukti bersalah menerima suap senilai Rp925 juta dari Roberto Santonius, konsultan PT Metropolitan Retailmart terkait kepengurusan keberatan pajak perusahaan tersebut.

Selain itu, Gayus juga dinayatakan terbukti memberikan uang suap kepada sejumlah petugas rumah tahanan negara Mako Brimob Depok sekitar tahun 2010, termasuk kepada Kepala Rutan (Karutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok Kompol Iwan Siswanto.

Tidak hanya itu, Gayus juga telah dinyatakan terbukti bersalah menyuap Ketua Pengadilan Negeri Tangerang Muhtadi Asnun sebesar US$30.000 dan US$10.00 kepada hakim anggota lainnya.

Gayus juga terbukti bersalah menyuap penyidik kepolisian Arafat Enanie dan Sri Sumartini masing masing US$2.500 dan US$3.500. Sedangkan, Haposan Hutagalung sebagai penasihat hukum juga diberi Rp800 juta dan US$45.000.

2. Gratifikasi

Selain kasus suap, Gayus juga terbukti bersalah dalam penerimaan gratifikasi. Saat menjabat petugas penelaah keberatan pajak di Ditjen pajak, Gayus terbukti menerima gratifikasi sebesar US$659.800 dan Sin$9,6 juta. Gratifikasi itu tidak dilaporkan ke KPK namun disimpan di safe deposit box Kelapa Gading Bank Mandiri.

3. Pencucian uang

Selain dijerat dengan UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Gayus juga dijerat dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang. Selama persidangan, Gayus gagal membuktikan kekayaannya berupa uang Rp925 juta, US$3,5 juta, US$659.800, Sin$9,6 juta dan 31 keping logam mulai masing-masing 100 gram bukan berasal dari hasil tindak pidana.

4. Pajak

Gayus pun dijerat dengan kasus pajak. Karena dinilai lalai dalam menangani keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal (SAT). Hakim menilai Gayus tidak teliti, cermat, sehingga Keberatan Pajak PT Surya Alam Tunggal dikabulkan dan berakibat pada kerugian negara sebesar Rp570 juta. Menurut hakim, terdakwa telah menyalahgunakan wewenang yang ada padanya sehingga merugikan keuangan negara.

Selain itu, Gayus juga terlibat dalam kasus penggelapan pajak PT Megah Citra Raya.

5. Pemalsuan Surat
Gayus juga telah dinyatakan bersalah dalam memalsukan dokumen yakni membuat paspor palsu. Gayus menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono agar dapat bepergian ke luar negeri. Paspor palsu itu digunakan Gayus bepergian ke luar negeri saat ditahan di Rutan Mako Brimob.

Atas sejumlah kasus itu, MA sudah mengganjar Gayus 12 tahun penjara. Gayus dinyatakan bersalah dalam kasus pajak PT SAT, menyuap hakim, penyidik, dan pengacara.

Kemudian atas kasus penggunaan dan pemalsuan paspor, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang pada tanggal 4 Oktober 2011 memvonis Gayus selama 2 tahun penjara, namun perkara tersebut belum berkekuatan hukum tetap, pihak Gayus masih melakukan banding.

Sementara, dalam perkara penggelapan pajak PT Megah Citra Raya di Pengadilan Negeri Tangerang, sebelumnya Gayus divonis bebas. Setelah jaksa mengajukan banding, Gayus dijatuhi vonis 8 tahun penjara. Dan terakhir, Gayus divonis 6 tahun penjara atas kasus gratifikasi, suap, dan pencucian uang.

Djoko: Demo BBM Boleh, Tapi Jangan Rusuh

Posted: 01 Mar 2012 03:57 PM PST

Menko Polhukam Djoko Suyanto (ANTARA/Dhoni Setiawan)

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan pemerintah telah mengantisipasi digelarnya berbagai unjuk rasa memprotes rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Menurut dia, pemerintah telah mantap bersikap dan siap menghadapi kemungkinan tersebut.

“Demo boleh. Yang tidak boleh rusuh,” kata Djoko di Kantor Presiden, Kamis 1 Maret 2012.

Dia menegaskan pemerintah tidak melarang demonstrasi. Asal, kegiatan itu murni untuk menyalurkan aspirasi dalam koridor demokrasi. “Yang tidak boleh tindakan anarkis, apapun temanya–merusak, menganiaya orang lain, mengganggu ketertiban, mengganggu kegiatan masyarakat lain. Di negara demokrasi mana pun tidak boleh. Itu yang kami jaga saat ini,” katanya.

Menurutnya, pemerintah telah mengkalkulasi kemungkinan bakal adanya demonstrasi besar-besaran. “Pasti ada. Yang penting bagi yang melakukan kegiatan seperti itu harus paham bahwa hukum harus ditegakkan. Kebebasan harus berdampingan dengan kepatuhan kita terhadap pranata sosial dan hukum,” dia menegaskan.

Djoko menilai kalaupun massa demonstran mencapai puluhan ribu, bahkan ratusan ribu sekalipun, selama berlangsung tertib dan tidak merusak, tidak masalah. Tapi, “Kalau 10-20 orang tetapi anarkis, itu yang harus ditindak.”

Apakah Presiden khawatir?

“Khawatir tidak. Tetapi antisipasi terhadap kegiatan-kegiatan seperti itu pasti ada. Jangankan kenaikan harga BBM, tak ada policy apapun demo pasti ada,” ujar dia.

Menteri ESDM Jero Wacik sebelumnya mengatakan pemerintah mempunyai dua opsi mengantisipasi melonjaknya harga minyak dunia–di mana rata-rata harga minyak mentah (ICP) sudah menembus US$121 per barel.

Opsi pertama adalah menaikkan harga BBM bersubsidi Rp1.500 sehingga Premium naik dari Rp 4.500 menjadi Rp6.000 kembali seperti pernah ditetapkan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I. Adapun opsi kedua adalah mematok secara tetap dana subsidi sebesar Rp2.000 per liter, sehingga harga Premium akan berfluktuasi mengikuti harga minyak dunia.

KPK Akui Periksa Yulianis di Ritz Carlton

Posted: 01 Mar 2012 03:52 PM PST

Yulianis bersaksi di sidang Nazaruddin (VIVAnews/Fernando Randy)

VIVAnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui telah memeriksa saksi kunci kasus suap wisma atlet, Yulianis, di Hotel Ritz Carlton. Pemeriksaan terhadap mantan anak buah Muhammad Nazaruddin itu di luar KPK atas dasar keamanan.

Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas menyatakan pemeriksaan di hotel bintang lima bertaraf internasional tersebut pun, atas kemauan dari Yulianis.

“Apakah benar Yulianis diperiksa di hotel Ritz Carlton, benar. Siapa yang punya ide itu, yang punya inisiasi itu Yulianis sendiri,” ujar Busyro dalam rapat dengar pendapat di Komisi III DPR RI, Jakarta, Kamis 1 Februari 2012.

Busyro tidak menjelaskan lebih detail mengenai kapan pemeriksaan tersebut dilakukan. Namun Busyro menegaskan bahwa tidak ada biaya yang ditanggung KPK dalam pemeriksaan Yulianis di hotel tersebut.

Semua biaya ditanggung Yulianis sebagai yang punya inisiatif. “KPK tak mengeluarkan uang meskipun sepeserpun,” kata Busyro. “Kenapa pemeriksaan di hotel, ini permintaan Yulianis untuk memperoleh keamanan. Dia merasa memperoleh keamanan,” tambah Busyro.

Seperti diketahui, saat diperiksa di pengadilan, Yulianis membongkar sejumlah fakta baru. Mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Group itu bahkan mengungkapkan modus Nazaruddin dalam mengelola bisnis. Menurutnya, mantan bosnya itu memerintahkan pegawainya untuk menggunakan nama-nama mereka untuk dicantumkan di akte perusahaan.

“Kalau kami tidak mau gaji kami dipotong, Supervisor ke atas dipotong Rp1 juta, staf dipotong Rp500 ribu,” kata Yulianis di pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 25 Januari 2012.

Hal itu diketahuinya karena saat menjabat Wakil Direktur Keuangan, ia diperintah secara lisan oleh Nazaruddin untuk memotong gaji pegawai yang tidak mau menjadi pengurus di perusahaannya.

Selain itu, Yulianis juga mengungkapkan mengenai permintaan dana dari politisi Demokrat, Angelina Sondakh, sebesar Rp5 miliar. Kesaksian Yulianis ini yang juga menyebabkan Angelina ikut terseret dalam kasus ini dan ditetapkan sebagai tersangka. (eh)

Pemicu Tewasnya Imigran Afganistan

Posted: 01 Mar 2012 03:49 PM PST

Petugas memperlihatkan mayat WN Afganistan di Pontianak (VIVAnews/Aceng Mukaram)

VIVAnews - Mayat pencari Suaka warga negara Afganistan sudah tiga hari berada di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat. Menurut penyelidikan polisi, dia dianiaya oleh tujuh orang yang saat ini masih dalam pemeriksaan.

Kepala Satreskrim Polresta Pontianak, Komisaris Puji Prayitno,  mengatakan ke tujuh orang pelaku terdiri dari dua orang imigran asal Myanmar dan lima petugas Rumah detensi Imigrasi (Rudenim) Pontianak. Polisi juga akan meminta keterangan dari enam orang saksi.

"Kami juga sudah melakukan visum terhadap korban. Sekujur tubuh memar kebiru-biruan. Ada juga bekas borgol di lengan korban. Kemungkinan dia dipukul menggunakan benda tumpul. Para pelaku mengaku jengkel terhadap korban,” kata Puji.

Kepala Rudenim Pontianak, Ageng Pribadi, mengatakan menyerahkan semuanya kepada kepolisian. Dia menegaskan, jika memang anak buahnya terlibat maka akan mendapatkan ganjaran sesuai hukum.

"Kalau benar ditemukan sejumlah bukti-bukti kuat, maka pelaku penganiayaan ini dapat dikenakan hukum pidana dan administrasi kepegawaian. Kita serahkan kasus ini kepada pihak berewenang," kata ageng.

Ageng menjelaskan, jenazah korban masih berada di kamar mayat RSUD Soedarso karena belum mendapatkan surat balasan dari Kedutaan Besar Afganistan di Jakarta. “Kami sudah melayangkan surat ke Kedubes Afganistan dan IOM di Jakarta. Kami hanya tinggal menunggu kabar saja dari mereka,” jelas Ageng. (umi)

Usai Lahar Dingin, Belerang Merapi Mengancam

Posted: 01 Mar 2012 03:46 PM PST

Endapan material vulkanik Gunung Merapi di Sungai Progo (Antara/ Anis Efizudin)

VIVAnews – Arus deras sungai yang berhulu di Gunung Merapi akibat diguyur hujan lebat beberapa hari ini ternyata tidak hanya membawa material erupsi vulkanik. Kandungan air sungai dari Merapi juga mengandung zat berbahaya yang mengancam usaha warga.

“Selain membawa material erupsi merapi, air hujan yang mengalir ke sungai membawa kandungan belerang yang akan mengancam ikan di kolam sekitar aliran sungai di kawasan Sleman,” ujar Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Suparmono.

Dia menjelaskan, dari hasil pemetaan saat intensitas curah hujan di lereng Merapi tinggi, wilayah rawan aliran kandungan belerang terbentang mulai dari daerah Kecamatan cangkringan hingga arah selatan kabupaten Sleman.

Meski demikian, lanjutnya, berdasarkan pengalaman saat hujan tiba, petugas pintu air biasanya langsung menutup aliran sungai yang mengandung belerang mengarah ke kolam para petani ikan di sekitar sungai.

“Berdasarkan hasil pendataan petugas, di wilayah kabupaten Sleman terdapat sekitar 150 hingga 200 hektar kolam ikan yang terancam belerang,” tuturnya.

Di lahan ratusan hektar ini, petani memelihara ikan jenis nila, gurami, lele serta jenis ikan tawar lainnya. Dikhawatirkan, kandungan belerang akan merugikan usaha mereka. (umi)

No comments:

Post a Comment