Wednesday, March 7, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


“Jangan Amputasi KPK”

Posted: 07 Mar 2012 03:32 PM PST

Seorang pengunjuk rasa di depan kantor KPK (Antara/ Ismar Patrizki)

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Lukman Hakim Saifuddin meminta Dewan Perwakilan Rakyat jangan mengamputasi kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi. Justru, kata Ketua Partai Persatuan Pembangunan itu, kewenangan KPK ditambah.


“Jangan amputasi KPK menjadi sekadar lembaga yang hanya lakukan fungsi pencegahan terhadap korupsi,” katanya. “KPK justru harus diperkuat, program-program pencegahannya diperluas, tapi wewenangnya juga ditambah,” katanya secara tertulis ke VIVAnews, Rabu 7 Maret 2012. Syaratnya, transparansi, imparsialitas & akuntabilitas KPK harus lebih bisa dipertanggungjawabkan.


Menurut Lukman, KPK telah memberikan keuntungan bagi negara dalam menumbuhkan kesadaran & keberanian memerangi korupsi.
KPK memang belum berhasil berantas koruptor kakap, tapi KPK telah memperbaiki sistem keuangan birokrasi dan pendidikan anti korupsi.


“Gebrakan KPK telah jadi faktor penjera bagi penyelenggara negara yang ugal-ugalan kelola anggaran negara,” katanya. “KPK harus diselamatkan dari upaya pemberangusan atas dirinya.”


Rencana pemangkasan kewenangan KPK digodok dalam revisi Rancangan Undang-undang KPK. Ketua Komisi III DPR Benny K. Harman menyatakan kewenangan KPK perlu dipangkas karena KPK dinilai gagal mencegah tindak pidana korupsi. "KPK memang sukses menyeret banyak koruptor ke dalam penjara. Tapi bersamaan dengan itu pula korupsi merajalela," kata Benny, 7 Maret 2012.


"Koruptor seperti dibui satu tumbuh seribu. Jadi KPK sukses menindak, tapi gagal mencegah korupsi," ujar Benny. Menurutnya, tugas pencegahan sekaligus penindakan yang selama ini diberikan kepada KPK pada prakteknya justru menyandera dan membebani KPK.

Empat Politisi Wanita Bicara Rok Mini

Posted: 07 Mar 2012 10:03 AM PST

Venna Melinda (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews - Heboh wacana larangan mengenakan rok mini di gedung parlemen menuai tanggapan dari para politisi wanita seperti Venna Melinda, Inggrid Kansil, dan Rieke Diah Pitaloka. Ketiga wanita ini setuju bahwa wacana ini tidak perlu dibesar-besarkan, dan menurut mereka banyak tugas pokok yang lebih penting dari sekedar memperhatikan pakaian.

Menurut Venna Melinda, jika wacana itu memang benar akan dijadikan peraturan maka ia setuju saja jika bisa memperbaiki citra DPR. “Saya setuju saja, namun peraturan itu harus jelas agar tidak salah tafsir. Nggak cuma heboh di media saja,” kata politikus Demokrat itu.

Tapi Venna mengingatkan, kalau tujuannya memang untuk memperbaiki citra DPR, jangan cuma rok mini yang diatur. Kebersihan WC, koridor dan lorong-lorong di DPR juga perlu diperhatikan. Belum lagi soal asap rokok yang bebas mengepul. “Masih jorok. Yang itu belum beres, udah ngomongin soal rok mini. Ini pekerjaan rumah yang panjang kalau ingin memperbaiki citra DPR, nggak cuma rok mini,” ujarnya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu 7 Maret 2012.

Begitu pula dengan anggota dewan yang juga pemain sinetron, Inggrid Kansil, menurutnya masyarakat tidak perlu terlalu reaktif menanggapi wacana itu. namun, jika pun ada peraturan seperti itu maka ia menyambut baik.

“Tidak perlu terlalu reaktif untuk menyikapi wacana itu. itu baru wacana di lingkungan internal DPR. Tidak terlalu penting untuk ditanggapi juga, karena itu tidak menyangkut kepentingan orang banyak. Masih banyak masalah bangsa ini yang harus diselesaikan,” ujarnya.

“Tetapi kalau ada aturan itu, ya saya akan menyambut baik. Sudah sepatutnya juga untuk berpakaian santun, sesuai dengan adat ketimuran dan ini kan gedung wakil rakyat. Ya harusnya menjaga etika,” katanya.

Anggota DPR dari fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, bahkan menduga bahwa wacana ini merupakan pengalihan isu kenaikan harga BBM. Dengan lantang ia menyatakan rok mini tidak akan menyebabkan sembako naik.

“Rasanya tidak perlu dibuat aturan tertulis, meski katanya sifatnya imbauan. Rakyat mengatakan kepada saya untuk fokus pada tugas pokok sebagai anggota dewan: legislasi, bujeting dan pengawasan yang pro rakyat. Saya juga jadi menduga, apakah isu pakaian seksi atau larangan “rok mini” di DPR adalah pengalihan isu dari desakan rakyat agar DPR tolak keinginan pemerintah naikkan harga BBM,” tuturnya.

Ledia Hanifa, politikus dari Partai Keadilan Sejahtera, menekankan pentingnya kesadaran bersama laki-laki dan perempuan di DPR untuk berperilaku terhormat. Menurutnya, isu larangan berpakaian mini di areal gedung DPR  pada akhirnya menjadi sebuah perdebatan yang tidak sehat ketika arahnya menjadi seolah-olah laki-laki dan perempuan saling bertikai untuk memperebutkan hak.

"Ini jelas menjadi tidak sehat kalau semua pihak hanya  berpikir tentang dirinya dan "haknya" masing-masing. Padahal soal menjaga kepatutan bersikap, berperilaku, berkata-kata, baik laki-laki maupun perempuan sama-sama bertanggungjawab," Kata Ledia Hanifa yang juga membidangi Komisi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Untuk para lelaki, misalnya, Ledia mengingatkan untuk menjaga diri tidak mengumbar pandangan, bersenda gurau yang mengarah pada omongan jorok, seksis atau melecehkan perempuan. "Seringnya kan begitu, sebagian laki-laki suka jelalatan, bercanda rada porno, seksis atau malah berkata yang merendahkan perempuan, seperti, alaah perempuan bisa apa sih. Atau kalau ada pekerjaan perempuan yang tidak beres, berkata, dasar perempuan!"

Perusahaan Cina Puncaki Pendaftaran Paten

Posted: 07 Mar 2012 09:58 AM PST

 

Perusahaan telekomunikasi dan solusi jaringan asal Cina, ZTE, memuncaki pendaftaran untuk hak paten PCT (Patent Cooperation Treaty) tahun 2011. ZTE tercatat memiliki aplikasi paten sebanyak 2.826.000.


Menurut hasil pencarian global yang dijabarkan oleh World Intellectual Property Organization dalam situs resminya, di tahun 2010 perusahaan ini berada pada peringkat kedua. Statistik menunjukkan pertumbuhan ZTE terus meningkat dalam lima tahun terakhir, dengan angka pertumbuhan lebih dari 50 persen di 2011.


Menurut ZTE, lebih dari 60 persen paten yang dimiliki berkaitan dengan LTE/3G, komputasi awan dan Internet of Things. Hingga kini, total pendaftaran untuk hak paten, termasuk aplikasi yang masih tertunda mencapai lebih dari 10 ribu paten.


"Menjadi nomor satu dalam hal aplikasi PCT adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun hal tersebut bukanlah sasaran utama kami," kata Presiden ZTE Shi Lirong dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Rabu 7 Maret 2012.


"Melalui inovasi yang terus menerus, kami bertujuan agar seluruh masyarakat dunia dapat memperkaya pengalaman hidup mereka lewat teknologi-teknologi baru," lanjutnya.


ZTE telah mengantongi lebih dari 40 ribu hak paten baik lokal maupun internasional, termasuk aplikasi yang masih tertunda. Lebih dari 90 persen hak paten yang dimiliki oleh perusahaan berhubungan dengan penemuan, termasuk berbagai paten mendasar yang meliputi standar teknis telekomunikasi dan paten-paten inti untuk teknologi telekomunikasi yang sangat penting.


Perusahaan ini juga telah memenangkan beberapa penghargaan paten dalam negeri, termasuk empat penghargaan Patent Gold Awards, 12 China Patent Awards of Excellence, dan empat penghargaan Major Invention Awards dalam bidang industri informasi Cina.


ZTE juga menginvestasikan 10 persen dari pendapatan per tahunnya ke dalam penelitian dan pengembangan. Jumlah pengeluaran dalam tiga tahun terakhir untuk riset dan pengembangan telah mencapai angka 20 miliar RMB.


Saat ini, ZTE memperkerjakan lebih dari 30.000 peneliti berpengalaman. ZTE juga mengoperasikan 15 pusat penelitian di Cina, Prancis, India, Swedia, dan Amerika Serikat. Perusahaan ini juga telah membangun sepuluh pusat inovasi di seluruh dunia yang bekerja sama dengan operator-operator terkemuka di Eropa dan Amerika Utara di tahun 2011. (umi)

Classroom In A Box, Aplikasi Sekolah Portabel

Posted: 07 Mar 2012 09:53 AM PST

Aplikasi Class Room in a Box (ncomputing.com)

Berawal dari ide ingin mengembangkan teknik belajar yang mudah dan menyenangkan, Nizar Luthfiansyah membuat proyek Bintang Sekolah atau Classroom in A Box. Proyek ini juga dimaksudkan Nizar untuk membantu mewujudkan pemerataan pendidikan, terlebih dalam menghadapi Ujian Nasional.


Proyek pendidikan portabel ini didesain membantu para siswa menyiapkan pelajaran dengan baik. Desainnya menyerupai belajar di sekolah, namun berupa kelas portabel yang dapat dibawa ke mana saja.


“Tampilannya animasi 2D dan 3D, Di dalamnnya meliputi buku ajaib, ruang perpustakaan virtual, classroom testy, simulasi materi pelajaran dan game edukasi,” ujar Nizar yang dinobatkan sebagai pemenang pertama kompetisi Lenovo Do Network, di Hotel Four Season, Kuningan, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.



Aplikasi yang ia buat dan kembangkan bersama delapan anggota timnya tersebut saat ini tersedia dalam versi beta yang dapat diakses melalui CD. Kontennya berupa materi pelajaran Ujian Nasional, yakni matematika, fisika dan biologi.


Ia mengaku menyelesaikan proyek tersebut selama tiga bulan. “Sementara untuk SD, SMP, untuk SMA dan versi guru akan dikembangkan,” katanya.


Bentuk aplikasi ini diharapkan dalam bentuk online dan siswa di sekolah yang masih terkendala jaringan internet, ia sudah menyiapkan versi CD maupun USB dengan kemudahan instal.


“Dengan ini , guru dapat sambil mengevaluasi kesulitan siswa di mana,” sebut Nizar, yang sudah mengujicoba aplikasi ini di daerah asalnya, Malang.


Sedangkan konten yang ada menurutnya juga sesuai standar minimal untuk materi pelajaran. “Kami buat dengan standar BSE (Buku Sekolah Elektronik),” ujarnya.


Untuk harga, ia mematok Rp 50 ribu per aplikasi. Sedangkan untuk sekolah di daerah terpencil, ia akan menggandeng kalangan LSM yang lebih memahami kondisi daerah.


“Konsepnya kita seperti CSR, biar nanti sekolah tinggal pakai saja,” tambah jebolan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang ini. Untuk versi guru, ia sudah menyiapkan royalti, bagi guru yang mengirimkan materi pelajaran.


Tidak hanya menekankan sisi kognitif saja, konten yang dibuatnya juga melibatkan sisi afektif sebagai tambahan nilai pada masing-masing karakter tokoh dalam game tersebut.


Ia mengaku tidak membuat aplikasi ini khusus untuk kompetisi Lenovo. Bahkan sebelumnya ia sudah membuat video tutorial komputer di bawah bendera Garuda Media Developer.


Untuk mengantisipasi pembajakan software, ia sudah memproteksinya. “Untuk versi online nggak dapat di-download, untuk CD tidak dapat di bajak,” kata pemuda berkacamata ini.


Aplikasi pendidikan portable ini akan dipasarkan pada Mei mendatang memanfaatkan momentum hari pendidikan nasional. Dengan aplikasi ini ia berhak mendapatkan 227 juta dari Lenovo. Aplikasinya akan dipertandingkan dengan aplikasi kompetisi serupa di India dan Rusia.

Android Market Berubah Jadi Google Play

Posted: 07 Mar 2012 09:50 AM PST


Google melakukan pengembangan Android Market, dan mengubahnya menjadi Google Play. Ini merupakan sumber yang lebih komprehensif untuk mendapatkan film, aplikasi, musik, dan ebook dalam satu fitur.


Menurut Direktur Konten Digital Google, Jamie Rosenboerg, perubahan Android Market menjadi Google Play itu akan mulai berlaku hari ini.


Google Play menandai permulaan radikal dari Android Market, sejak debut Android lebih dari tiga tahun lalu. Dengan layanan ini, Google merancang Google Play untuk meruntuhkan tembok pemisah dari sejumlah layanan penawaran yang dimiliki Google.


“Google Play akan menjadi pengalaman tunggal bagi pengguna,” kata Rosenberg. “Ini menciptakan pengalaman yang lebih kuat di Android dan juga meningkatkan kesempatan bagi mitra konten untuk berinteraksi dengan banyak penawaran Google,” sambungnya.


Pergeseran branding ini mengejutkan, mengingat sumber daya dan energi yang dihabiskan Google dalam membangun brand Android. Selama ini, Android Market memang melekat menjadi sebuah brand unik di sistem operasi mobile Google, dan butuh waktu untuk rebranding Google Play.


Langkah ini seperti menjawab kritikan yang diajukan kepada layanan terpisah Google. Selama ini, Google terkesan tidak melakukan sinkronisasi layanan sejenis, misalnya antara Google Music dengan video musik di YouTube.


Ketika eksekutif Google setuju dengan konsep Google Music sebagai label pada 2010 dan 2011, mereka juga membicarakan integrasi layanan dengan YouTube. Tapi hingga sekarang layanan itu tidak pernah digabungkan.


Dengan pembentukan Google Play, Rosenberg mengatakan musik tidak akan lagi menjadi layanan mandiri.


Walau terbilang sukses sebagai sebuah platform, Android Market berjuang keras untuk menyaingi pendapatan Apple App Store. Sejak diluncurkan pada Oktober 2008, pendapatan Android Market selalu di belakang Apple App Store.


Bulan lalu, Distimo, sebuah perusahaan yang melacak data pada toko aplikasi, melaporkan bahwa iOS App Store milik Apple menghasilkan pendapatan empat kali lipat dari total pendapatan Android Market.


Akibatnya, pengembang terpaksa untuk mengubah model bisnis mereka dengan mengandalkan iklan mobile, dan bukan pembayaran di depan. Pengembang bahkan ada yang memiliki model bisnis “freemium”, yaitu memberikan aplikasi gratis untuk sementara, namun mesti bayar jika ingin meningkatkan level permainan atau menambah senjata di permainan.


Research In Motion, yang memiliki etalase yang jauh lebih kecil dari Android Market, BlackBerry App World, bahkan mengatakan toko aplikasi mereka lebih menguntungkan bagi pengembang, ketimbang membuat aplikasi untuk Android.


Pelanggan Musik


Tidak signifikannya Android Market juga dikabarkan merembet ke Google Music. Seorang sumber dari industri musik mengatakan Google Music belum memenuhi harapan pada pendapatan atau adopsi pelanggan. Google Music sebenarnya dianggap kehilangan pelanggan.


Rosenberg menolak untuk membahas pendapatan, tetapi dia membantah bahwa layanan ini kehilangan pelanggan. Google Music disebut Rosenberg memiliki lebih dari 4 juta pengguna.


Dia menekankan bahwa strategi Google Play, mungkin akan memakan waktu beberapa hari untuk memaparkan di platform Android. Ini juga tidak tidak akan mengubah data pustaka atau playlist.


Meskipun demikian, diubahnya Android Market ke Google Play tidak memperlihatkan gagalnya Android. Bundling semua layanan Android ke dalam satu area dan di bawah satu merek dinilai akan membuat lebih mudah untuk dijual ke pasar. Strategi ini bisa membuat Google Play lebih kompetitif dengan Apple iTunes. | CNet

Amankah Transaksi Via Seluler di Indonesia?

Posted: 07 Mar 2012 09:48 AM PST

Sistem pembayaran e-payment dengan ponsel (gearlive.com)

Perkembangan teknologi mobile, menjadikan smartphone Anda kini mulai berperan menggantikan dompet, dengan sistem pembayaran elektronik.


Pembayaran via seluler tidak hanya bisa dilakukan di Amerika Serikat, dengan menggunakan e-payment ala Google Wallet atau Square. Di Indonesia, provider seluler Telkomsel mengembangkan fitur T-Cash sebagai pembayaran melalui seluler.


Namun, amankah pembayaran dengan cara baru ini?


Head of Corporate Communications Division Telkomsel, Ricardo Indra, menjamin sistem pembayaran melalui T-Cash. Sebab, fitur ini telah lulus uji sertifikasi. “Telkomsel telah lulus uji sertifikasi dari Bank Indonesia pada tahun 2007 untuk menjalankan bisnis e-money," kata Indra, dalam keterangan tertulisnya.


Indra kemudian menjelaskan, aktivasi T-Cash bisa dilakukan pengguna Telkomsel dengan mengakses *828# dari ponsel. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan PIN T-Cash berupa enam digit angka, yang akan digunakan saat transaksi.


Pelanggan kemudian bisa melakukan pengisian di layanan GraPARI, GeraiHALO, dan sejumlah tempat yang menjalin kerja sama dengan Telkomsel. Tak hanya itu, pengguna Telkomsel juga bisa melakukan pengambilan uang tunai (cash out) di sejumlah lokasi yang ditunjuk, hingga Rp 1 juta.


Telkomsel mengklaim, saat ini T-Cash telah digunakan oleh sekitar 8,2 juta pelanggan. Telkomsel juga telah bekerjasama dengan lebih dari 530 merchant dengan total terminal sebanyak 32.737 di seluruh Indonesia. (umi)

Lady Gaga Tembus Rekor Follower Terbanyak

Posted: 07 Mar 2012 09:45 AM PST

Lady Gaga (REUTERS/Mario Anzuoni/Files)

Penyanyi Lady Gaga memang fenomena. Tidak hanya di dunia nyata, fenomena Gaga pun merambah dunia maya saat mencetak rekor di jejaring sosial Twitter.


Mengutip laman BBC, pelantun “Just Dance” ini menembus rekor follower terbanyak. Akun Gaga tercatat sebagai akun pertama yang memiliki lebih dari 20 juta follower.


Penyanyi eksentrik ini melampaui bintang pop lain, seperti Justin Bieber (18 juta follower), Katy Perry (15,7 juta follower), dan Shakira (14,5 follower).


Lady Gaga juga memiliki banyak ‘pengikut’ di jejaring sosial Google+, dengan lebih dari 800 ribu “circle”.


Gaga memang mengaku penggemar jejaring sosial, dan menggunakan akun Twitter miliknya secara personal. Bulan lalu, Gaga pun mengungkapkan persiapannya untuk meluncurkan jejaring sosialnya sendiri, Little Monsters.     
Banyak yang menyebut jejaring sosial ala Gaga itu mirip dengan situs image-sharing, Pinterest. Fans Gaga pun telah diundang untuk sign up dan mencicipi situs itu.


Tak hanya itu, Gaga pun ditawari perusahaan game online, Zynga, untuk membuat game sendiri: GagaVille. Dari namanya, game ini sepertinya akan sama seperti game FarmVille atau CityVille.


“Dia aktif, dia berpartisipasi, dia mendengarkan, dia terikat (dengan penggemarnya),” kata analis Datasift, Stewart Townsend.


Walau begitu, Townsend tetap menyebut teknik tradisional seperti promosi di televisi dan radio tetap penting. “Untuk mendorong dan meningkatkan hasil (ketenaran) itu,” ucap Townsend. (art)

Soal Century, KPK Periksa Pihak Tak Tersentuh

Posted: 07 Mar 2012 09:17 AM PST

 

Pimpinan Tim Pengawas Kasus Century DPR, Priyo Budi Santoso, mengatakan KPK telah memeriksa pihak-pihak yang selama ini tak tersentuh oleh lembaga hukum mana pun terkait kasus Century. Sayangnya, mereka belum bisa diumumkan KPK. Namun, DPR mengapresiasi kinerja KPK yang kali ini dianggap mengalami kemajuan signifikan.


"Kemarin kami merasa getir dengan kerja KPK. Tapi, hari ini hampir semua fraksi sepakat bahwa kepemimpinan KPK yang sekarang ini bagus," kata Priyo usai rapat tertutup Tim Pengawas Century dengan KPK di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.


Politisi Golkar itu juga menyatakan KPK telah berjanji untuk menuntaskan kasus Bank Century ini dalam waktu selambat-lambatnya satu tahun. "Kasus Century pasti akan dituntaskan oleh pimpinan baru KPK paling lama akhir 2012," ujar Priyo optimistis.


"Ada kemajuan-kemajuan dan tindak lanjut dalam kasus ini. KPK melakukan ikhtiar luar biasa untuk melakukan konstruksi hukum pada temuan BPK dan rapat paripurna," kata dia.

Wacana PPP Capreskan JK, Ini Tanggapan Akbar

Posted: 07 Mar 2012 09:13 AM PST

 

Sejumlah Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusulkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai calon presiden dari partai mereka pada pemilu 2014. Rencana itu mendapat respon dari Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Akbar Tandjung.


Akbar menyarankan PPP melakukan konvensi secara terbuka untuk menentukan calon presidennya. Sebab, kata Akbar, Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali masih memiliki peluang sebagai kandidat calon presiden.


“Yang mendukung Suryadharma Ali juga ada. Kalau mau terbuka dan demokratis lakukan saja konvensi,” kata Akbar di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2012.


Namun, Akbar menyatakan sah saja apabila JK menerima dukungan PPP ini, hal itu sah-sah saja.


“Kalau secara opini dia didukung oleh PPP bisa saja, tapi secara formalnya itu bisa dipastikan setelah diketahui berapa dukungan suara PPP dalam pemilu yang akan datang,” kata dia.


Akbar menilai dukungan sejumlah DPW PPP kepada Jusuf Kalla tersebut belum merupakan pernyataan resmi dari Partai PPP. “Itu belum merupakan putusan resmi dari PPP. Memang ada DPD-DPD yang menginginkan Pak JK, tetapi secara totalitas belum diketahui, belum tentu semuanya,” ungkapnya.


Menurut mantan Ketua DPR itu, untuk mengajukan seorang calon presiden, sebuah partai harus mendapat dukungan sebesar 20 persen. “Jadi kalau partai tidak bisa mendapatkan dukungan 20 persen, berarti harus ada gabungan parpol,” tuturnya. (eh)

Demokrat Minta PKS Dukung Kenaikan Harga BBM

Posted: 07 Mar 2012 09:09 AM PST

 

 Partai Demokrat meminta Partai Keadilan Sejahtera untuk satu suara dengan partai-partai koalisi pemerintah lainnya dalam soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).


"Kami berharap PKS bersama partai koalisi mendukung kenaikan BBM," kata Wasekjen Partai Demokrat Saan Mustofa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012. Menurutnya, pemerintah menaikkan harga BBM demi kepentingan bangsa dan penyelamatan APBN.


Namun Saan belum mengetahui apa yang akan dilakukan Sekretariat Gabungan Partai Koalisi apabila PKS tetap pada pendirian awalnya menolak kenaikan harga BBM. "Kami belum sampai bicara sanksi," ujar Saan.


Sebelumnya, Sekjen PKS Anis Matta menyatakan partainya menolak kenaikan harga BBM. PKS berpendapat kenaikan BBM merupakan cara pemerintah untuk mengalihkan beban pengelolaan fiskal dari anggaran negara kepada rakyat.


PKS berpandangan pemerintah sebetulnya bisa mengantisipasi kenaikan harga BBM sejak dua tahun lalu. "Banyak pilihan yang bisa dilakukan pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM," tegas Anis. PKS lantas menyodorkan opsi memotong pemborosan anggaran pemerintah dan mengurangi subsidi lain di luar BBM.


Selasa 6 Maret 2012 kemarin, pemerintah akhirnya resmi mengajukan usulan kenaikan harga BBM bersubsidi jenis solar dan premium sebesar Rp1.500 per liter. Kepastian itu tertuang dalam Rancangan Undang-undang APBN Perubahan yang dikirim Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada DPR.


DPR pun selanjutnya akan menyerahkan surat presiden berisi RUU APBN-P tersebut kepada Badan Anggaran DPR untuk mulai dibahas.(np)

Mei, Honda Luncurkan Motor Sport Rp8 Juta

Posted: 07 Mar 2012 08:53 AM PST


Honda Motorcycles and Scooters India (HMSI) akan meluncurkan motor sport terbarunya Honda Dream Yuga, pada bulan Mei mendatang. Motor yang dibanderol Rp8 juta diharapkan menjadi senjata andalan Honda untuk merebut pasar motor sport negeri Hindustan.


Dilaporkan Motorbeam, Rabu 7 Maret 2012, motor yang memiliki desain serupa dengan Honda Megapro ini telah diperkenalkan di ajang New Delhi Auto Show 2012.


Honda Dream Yuga mengusung mesin 110cc. Mesin ini menghasilkan tenaga 9 PS pada putaran 7500 rpm dengan konsumsi bahan bakar 72 kmpl.
Dream Yuga memang disiapkan Honda untuk menyasar masyarakat menengah ke bawah di India. Motor ini diharapkan mampu menjadi sepeda motor multifungsi yang kuat di segala medan.


Dream Yuga terlihat sangat mirip dengan motor sport Honda yang dirilis di Indonesia, Honda Megapro. Mulai dari cover lampu depan, tangki, spakbor, bodi depan dan belakang.


Motor yang diplot untuk menjadi penantang motor Bajaj ini, tersedia dalam dua varian, yakni model standard (rem tromol) dan sporty (ban tubles dan rem depan cakram). (eh)

Mendag: Mobil Nasional Jangan Takut Asing

Posted: 07 Mar 2012 08:50 AM PST

 

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berpesan bagi siapa pun pemrakarsa mobil nasional di Indonesia harus memiliki visi besar untuk menyukseskan program tersebut.


“Kuncinya bukan untuk menjual 300-400 unit saja, namun lebih dari itu,” kata Gita saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.


Produsen mobil nasional perlu optimistis, sebab pemerintah terus mengembangkan infrastruktur, khususnya jalan. Dia meyakini, bila telah disumbang dengan produk-produk nasional, penjualan mobil tak cuma 800 ribu unit per tahun. “Pasti akan meningkat jutaan,” katanya.


Gita mengatakan, produsen mobil nasional nantinya tidak perlu mengkhawatirkan persaingan dengan mobil murah dari negara lain. Salah satunya Tata Motor dari India dengan produknya Nano Mobil.


“Saya kira studi yang dilakukan Tata sudah penuh kepekaan terhadap segmentasi, dan semua bermuara pada segmentasi mereka,” katanya.


Mobil nasional sempat ramai diperbincangkan, menyusul munculnya Esemka. Mobil yang diproduksi siswa-siswa SMK di Solo ini sempat digadang-gadang menjadi mobil nasional. (art)

Empat Mobil Kemah Terunik di Masa Depan

Posted: 07 Mar 2012 08:49 AM PST

 

Mobil rumah atau Caravan Recreational Vehicle (RV) cukup disenangi oleh orang-orang yang gemar berkemah dengan cara tradisional. Bentuknya yang eksentrik menjadi daya pikat tersendiri dari mobil tersebut.


Dilansir Carbuzz, Rabu 7 Maret 2012, Caravan atau disebut mobil trailer di Inggris dan RV adalah dua kendaraan terbaik untuk digunakan di saat bepergian. Tidur di sebuah Caravan atau RV dengan dimensi yang besar, tentu terasa nyaman.


Namun, bagaimana bila tidur di dalam Toyota Prius atau berkemah dengan skuter listrik yang dijadikan RV, inilah yang menjadi keunikan dari sebuah Caravan.


Berikut 4 mobil kemah terunik di masa depan:


1. Harley Hybrid

Banyak alasan yang membuat penggunaan kemah pada sebuah motor Harley dengan teknologi hybrid ini. Ya, Harley ini dilengkapi kemah di bagian belakangnya. Di dalamnya, dapat memuat 2 hingga 4 orang untuk tidur. Ditambah juga kursi yang nyaman untuk pengemudi.


2. QTvan

Mungkin skuter untuk kemah ini terlihat unik dan lucu. Desain caravan ini dicetus oleh perusahaan Environmental Transportation Association (ETA) dari Inggris, yang menggunakan 100 persen bahan karbon.
Termasuk di dalamnya terdapat miniatur untuk membuat minuman teh, TV LCD berukuran 19 inci, tempat tidur, dan bar kecil.


3. Colim

Caravan yang dibuat desainer Kristen Susana ini adalah harapan desain untuk sebuah RV atau mobil kemah masa depan. Colim dirancang sebagai mobil yang digunakan untuk berkemah sekaligus menjadi kendaraan operasional dengan melepas ‘rumah’ yang terintegrasi di belakangnya.


4. Toyota Prius RV

Toyota Prius lebih dikenal sebagai mobil hybrid lansiran Jepang yang memiliki emisi yang sangat rendah. Prius Recreational Vehicle (RV) yang pernah dipamerkan di ajang Tokyo Auto Salon 2012, memiliki dua lantai dengan ruang yang cukup untuk meja kopi atau sofa kecil. (art)

Generasi Penerus Mobil Termurah Sejagat

Posted: 07 Mar 2012 08:45 AM PST


Tata Nano atau yang lebih dikenal sebagai mobil termurah di dunia ini memiliki desain sangat minimalis dan sederhana. Tapi kali ini, mobil buatan India tampil berbeda dengan gubahan di sekujur bodinya.


Dilansir Motorbeam, Rabu 7 Maret 2012, Tata Nano terlihat lebih keren dan mewah setelah di “makeover”, dan dipamerkan di ajang Geneva Motors Show 2012. Mobil diberi nama Megapixel digadang-gadang akan menjadi penerus Tata Nano, yang akan dijual di Eropa pada 2015.


Megapixel dirancang sepenuhnya di studio Tata Motors di Eropa. Ia dirancang mengakomodasi berbagai macam pilihan mesin, mulai dari hibrida dan motor elektrik sepenuhnya. Informasi lainnya meliputi penggunaan mesin diesel kecil 950 cc dengan tiga silinder.


Bentuknya yang terkesan tajam dan agresif membuat mobil ini “naik kelas” dan layak disandingkan dengan mobil-mobil buatan Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat


Berikut foto-foto Tata Nano Megapixel yang diambil dari Motorbeam:





Jeep Irit Meluncur di Jakarta

Posted: 07 Mar 2012 07:56 AM PST

 

Selain meluncurkan Dodge Journey, PT Garasindo Inter Global selaku agen pemegang merek Chrysler, Jeep, dan Dodge di Indonesia, juga memperkenalkan generasi terbaru Jeep Wrangler.


Jeep Wrangler hadir dalam varian beragam, mulai dari Wrangler Sport 2 pintu, Wrangler Sport 4 pintu berbahan bakar bensin dan Wrangler Sport berbahan bakar diesel.


“Untuk Wrangler bermesin diesel sudah disesuaikan spesifikasinya di Indonesia, sehingga dapat menggunakan solar yang kurang baik di Indonesia,” ujar Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, PT Garansindo Inter Global di Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.


Dua varian Jeep lain adalah Wrangler Sahara dan Wrangler Rubicon. Semua varian baru Wrangler bensin dipersenjatai mesin 3.6-liter. Mobil dibanderol mulai dari Rp670 juta sampai Rp865 juta, off the road Jakarta.


Jeep terbaru ini diklaim lebih irit 10 persen dari pendahulunya. Konsumsi bahan bakar 1 liter untuk delapan kilometer di dalam kota dan satu liter menembus 10 kilometer untuk lintas jalan bebas hambatan. “Jeep mengusung teknologi trail rated 4X4 dengan penggerak empat roda yang mampu melibas segala jenis jalan, ground clearance tinggi,” tambah Rieva.


Pada 2011, PT Garansindo Inter Global menjual sebanyak 600 unit untuk semua produknya. Saat ini, Garansindo telah memiliki beberapa dealer di Jakarta seperti di Warung Buncit, Sunter, Surabaya, dan Bali. Sementara itu, untuk 2012, akan ada 5 dealer baru di Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, dan Samarinda. (art)


Laporan: Wahyu Prasetyo

Mobil Keluarga “Beraroma” Amerika

Posted: 07 Mar 2012 07:53 AM PST

 

PT Garasindo Inter Global selaku agen pemegang merek Chrysler, Jeep, dan Dodge di Indonesia meluncurkan model terbaru dari Dodge Journey.


Mobil yang dijuluki Family Crossover ini memiliki tiga pilihan varian, yakni Journer SXT, SXT Luxury, dan SXT Platinum. Mobil berdesain garang ini dilengkapi dengan fitur mewah dan canggih.


Kemewahan interior Dodge Journey terletak pada peranti head unit monitor layar 4.3 inci touch screen, yang dapat memutar cd, radio, MP3. Di layar ini juga mampu mengoperasikan rear view camera (kamera mundur) pada varian SXT luxury (monitor 8.4 inci), serta fitur dvd roof 9 inci di bagian tengah dan GPS navigation (SXT Platinum).


Dashboard stylish Dodge menggunakan fitur Electronic Vehicle Information Center (EVIC), yang dapat menerima 7 panggilan telepon, voice command, konektifitas untuk iPod soket Auxilary Jack (Aux in), secure compartment, cooler box, dan child booster untuk anak-anak di kursi belakang. Tak ketinggalan fitur keselamatan dengan 9 airbag di depan, samping dan belakang.


Eksterior Journey dilengkapi dengan LED Light, pintu terbuka hingga 90 derajat, bukaan bagasi 220 derajat, dan velg berdiameter 19 inci.


Dodge Journey menggunakan mesin 4 silinder, 2.4 liter torsi, 16 valve, bertenaga 173 hp dan torsi 225 Nm. Dodge Journey dibanderol mulai dari Rp488 juta hingga Rp545 juta, off the road Jakarta.


Laporan: Wahyu Prasetyo

Berapa Harga Yaris Versi Irit

Posted: 07 Mar 2012 07:52 AM PST

 

Toyota Motor Corp (TMC) memanfaatkan ajang Geneva Motor Show 2012 untuk mengumumkan harga awal Toyota Yaris Hybrid. Mobil jenis hatchback ini dibanderol mulai 16.950 euro atau sekitar Rp204 juta.
Dilansir Inautonews, Rabu 7 Maret 2012, Yaris Hybrid memiliki tampilan desain bumper baru yang lebih agresif. Mobil ini didukung dengan teknologi VVT-I 1.5-liter bensin, dan sebuah motor listrik yang dapat menyemburkan tenaga hingga 98 hp.
Mesin itu dikawinkan dengan continuously variable automatic transmission (CVT), yang dapat mengeluarkan bahan bakar hanya 3.5-liter setiap 100 kilometer dan memancarkan emisi gas buang 79 gram CO2 per kilometer.


Yaris Hybrid dilengkapi dengan fitur keselamatan standar, seperti tujuh airbag termasuk airbag lutut untuk pengemudi, lampu LED daytime running, electronic stability control, dan pusat penguncian pintu yang berada di pintu pengemudi.


Adapun untuk tipe tertinggi Yaris Hybrid dilepas dengan harga 17.900 euro atau sekitar Rp216 juta. Yang membedakan tipe ini adalah konektivitas USB, Bluetooth, kamera spion, dan ECO-Drive monitor. (art)

Calon Presiden dari Golkar Diumumkan Oktober

Posted: 07 Mar 2012 06:41 AM PST

 

 Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan kandidat kuat dari Partai Golkar untuk maju menjadi calon presiden akan diputuskan Oktober 2012 mendatang.


“Oktober 2012 menjadi momen kami memastikan secara final capres dari Golkar,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2012.


Hingga hari ini, Aburizal Bakrie masih menjadi satu-satunya kandidat kuat dari Golkar. Namun hal tersebut bisa berubah seiring hasil survei. “Kalau surveinya tidak memperlihatkan hasil yang signifikan, bisa saja muncul pikiran-pikiran lain,” katanya.


Menurut Akbar, Golkar terus melakukan konsolidasi jajaran partai secara struktural dan sosial, serta fokus mempersiapkan pemilu legislatif 2014 mendatang. “Kami juga sedang meningkatkan program pengkaderan, dan terus konsisten menyuarakan aspirasi rakyat,”  katanya.


Ia mengaku optimistis Golkar bisa meraih dukungan dan menjadi pemenang di 2014. “2004 Kami sudah pernah menang, padahal waktu itu tantangannya lebih berat. Kami yakin bisa menang,” kata Akbar.

KPK Nilai Revisi UU KPK Tak Diperlukan

Posted: 07 Mar 2012 06:39 AM PST

 

Ketua KPK Abraham Samad berpendapat revisi Undang-undang KPK tidak dibutuhkan. Padahal Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Australia, Prancis, dan China demi mempersiapkan rancangan revisi UU KPK tersebut.


"Untuk sementara revisi belum perlu," kata Abraham usai rapat dengan Timwas Century di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012. KPK menilai UU KPK yang ada saat ini sudah cukup memadai. "Mendapatkan UU yang ideal itu susah. Tapi UU KPK memadai," imbuhnya.


Ketua Komisi III DPR Benny K. Harman sebelumnya menyatakan komisinya berkunjung ke Prancis dan Australia untuk mencari bahan guna menyempurnakan draf revisi RUU KPK. Kedua negara itu dipilih karena dinilai sukses memberantas korupsi.


Rombongan ke Prancis dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Azis Syamsuddin dari Fraksi Golkar, sedangkan rombongan ke Australia dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edy dari Fraksi PAN. Komisi III selanjutnya menambahkan China ke daftar negara yang hendak dikunjungi.

Soal Rok Mini, DPR Harus Belajar Kasus Foke

Posted: 07 Mar 2012 06:21 AM PST


Wacana pelarangan staf anggota Dewan yang mengenakan pakaian seksi atau rok mini mendapatkan kritik dari Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan. Komnas berpandangan, seharusnya bukan cara berpakaian yang diubah, melainkan cara pandang terhadap para perempuan.


“Kita kecewa dengan cara pandang kepada perempuan,” kata Ketua Komnas Perempuan Yuniyanti Chuzaifa di kantornya, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012.


Yuniyanti mencontohkan komentar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terkait cara berpakaian perempuan saat marak peristiwa pemerkosaan di angkutan kota. Komentar itu langsung menimbulkan reaksi negatif dari sebagian perempuan.


Akibat pernyataannya, Foke didemo oleh sejumlah perempuan. Foke akhirnya meminta maaf terkait pernyataannya. “Harusnya pejabat publik belajar dari Foke,” kata dia.


Menurut Yunianti, cara pandang yang menyalahkan gaya berpakaian perempuan itu menandakan laki-laki sebagai predator seksual. “Laki-laki lain ada yang sangat clear dengan perempuan, bisa menghargai, punya martabat dan tidak bisa dikurangi karena cara berpakaiannya,” ujarnya.


Sementara, menurut Komisioner Komnas Perempuan, Ketua Sub Komisi Pemantauan, Arimbi Heroepoetri, kekerasan seksual tidak berhubungan dengan pakaian yang digunakan. Ia pun menegaskan moralitas merupakan sebuah nilai yang berbeda.


“Contohnya, penari sudah nari telanjang, difoto, lalu ditangkap karena fotonya beredar di masyarakat. Sedangkan mantan anggota DPR yang mengunduh materi porno tidak diproses. Masalah seksi atau tidak seksi dilepaskan kepada masyarakat,” katanya.


Sebelumnya, Ketua DPR, Marzuki Alie juga mengomentari banyaknya staf Dewan yang mengenakan pakaian seksi. Menurut dia, perempuan yang mengenakan baju seksi dapat menimbulkan hasrat laki-laki berubah sehingga menimbulkan tindak asusila. “Namanya laki-laki, pakaian yang tidak pantas itu yang menarik laki-laki berbuat sesuatu,” kata Marzuki di Gedung DPR, Selasa 6 Maret 2012.


Menurut Marzuki, banyaknya pemerkosaan karena banyak perempuan yang mengenakan rok mini. “Sebaiknya perempuan berpakaian yang memenuhi kepantasan sesuai dengan budaya kultur bangsa, asas kepatutan. Meski dalam hukum tidak dilarang tapi pantas dan patut itu perlu, supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Itu saya imbau untuk yang di luar,” kata dia. (umi)

Adik Nazar Bungkam Soal Acak-acak Ruang Sutan

Posted: 07 Mar 2012 06:17 AM PST

 

Adik kandung Nazaruddin, Muhajidin Nur Hasyim, dituding merupakan salah seorang yang ikut mengobrak-abrik ruang kerja politisi Demokrat Sutan Bhateogana di Gedung DPR bulan lalu.


Namun Hasyim menolak menjawab maupun berkomentar saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut. Ia terus mengelak sambil berjalan keluar ruang sidang usai menjadi saksi meringankan bagi kakaknya, Nazaruddin, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.


"Makasih, Mas. Makasih, Mas," hanya itu yang diucapkan Hasyim seraya berjalan keluar di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu 7 Maret 2012. Ia pun meninggalkan pengadilan tanpa menjawab semua pertanyaan yang diajukan wartawan.


Selasa 28 Februari 2012 lalu ruang kerja Wakil Ketua Fraksi Demokrat, Sutan Bathoegana, di lantai 9 Gedung Nusantara I, DPR, diacak-acak oleh sejumlah orang. Salah seorang staf Sutan mengatakan ada dua orang yang saat itu masuk ke ruangan Sutan. Mereka mengaku bernama Hasyim dan Akbar.


Orang yang mengaku bernama Hasyim memukul printer sehingga asbak yang berada di atas meja Sutan terpelanting ke lantai. Hasyim kemudian berteriak, "Mana Sutan? Telepon, suruh ke sini, suruh bayar utang," kata staf Sutan yang menolak disebut namanya, menirukan Hasyim.


Tak hanya berteriak, Hasyim juga mengancam staf Sutan karena menolak untuk menghubungi Sutan. "Anda jangan macam-macam. Nggak sampai 24 jam di sini bisa saya culik," kata Hasyim seperti ditirukan si staf. Hasyim selanjutnya kembali berteriak, "Kamu tahu siapa saya? Saya adiknya Nazaruddin."


Menurut staf Sutan, ciri-ciri fisik orang yang mengaku Hasyim itu berkulit putih dan berperut buncit. "Tampangnya mirip Nazar. Cuma lebih pendek dan gemuk," kata dia.

Akbar: BBM Naik, Bukan Alasan Jatuhkan SBY

Posted: 07 Mar 2012 06:13 AM PST

 

Politisi senior Partai Golkar Akbar Tandjung menilai momentum kenaikan harga BBM tidak dapat dijadikan manuver politik untuk menurunkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tak mudah menjatuhkan kepemimpinan SBY hanya karena kebijakan yang diambil.


Ditemui usai diskusi di Jakarta, Rabu 7 Maret 2012, Akbar mengatakan, “Mungkin saja kebijakan itu tidak bisa diterima oleh masyarakat, tapi atas dasar kebijakan itu tidak bisa menjatuhkan presiden.”
Meski begitu, dia tidak menampik jika ada kelompok-kelompok yang menggunakan momentum ini untuk melancarkan manuver-manuver tertentu. Apalagi, imbuhnya, Indonesia menganut sistem demokrasi.


Menurut Akbar, seorang presiden hanya bisa dijatuhkan kalau terbukti melakukan pelanggaran hukum, penyuapan, dan tindakan tercela, sehingga mengurangi kredibilitas daripada institusi lembaga kepresidenan.


“Momentum kenaikan BBM ini tentu pemerintah diharapkan memberikan penjelasaan-penjelasan secara terbuka, agar bisa diterima oleh masyarakat,” kata dia usai diskusi bertajuk ‘Ketidakpercayaan Kepada Partai Politik dan Masa Depan Demokrasi.’

Opsi Terbaik


Mantan Menko Kesra ini menilai kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM merupakan opsi terbaik. Sebab, untuk mengambil opsi lain pemerintah belum siap. “Opsi konversi gas ternyata infrastruktur belum siap,” ujarnya.


Untuk itu, Akbar menyarankan agar pemerintah menyiapkan dana bantuan untuk masyarakat miskin agar jumlah kemiskinan di Indonesia tidak bertambah karena adanya kebijakan ini.


“Itu bisa meredakan reaksi dari masyarakat, tapi kebijakan ini tidak akan mengurangi secara signifikan angka kemiskinan di Indonesia,” katanya. (umi)

VIDEO: “Dewa Listrik” Motor Balap Honda

Posted: 06 Mar 2012 09:27 PM PST

Mugen Shinden (motorcycle.com)

Honda Motor kembali melakukan terobosan teknologi di dunia otomotif khususnya untuk kendaraan listrik. Produsen motor asal Jepang ini, telah menyiapkan motor balap bertenaga listrik di ajang balapan TT Zero di Isle of Man 2012.


Dilansir Motorcylce.com, Kamis 7 Maret 2012, motor ini adalah bentuk kerjasama Honda dan Mugen. Nantinya, Tim Mugen yang akan mengikuti lomba ini. Sedangkan Honda hanya mensuport teknologi dari motor tersebut.


Motor yang dipakain untuk kejuaraan ini adalah Mugen Shinden. Motor ini bukanlah modifikasi dari motor balap elektrik Honda lainnya, yaitu Honda RCE.


Mugen Shinden merupakan motor yang benar-benar berbeda. Motor yang diresmikan pada tahun lalu ini, memiliki perbedaan di bagian frame dan swing arm. Shinden menggunakan rangka kembar dan swing arm yang terbuat dari karbon fiber. Shinden juga menggunakan suspensi sport dari Showa dan menggunakan rem Nissin.


Mugen Shinden mampu menghasilkan tenaga hingga 120hp dan torsi 162ft-lb. Motor berbobot 260 Kg ini didukung dengan baterai bertenaga 370V. Shinde menjadi motor balap listrik pertama yang mampu mencapai kecepatan 100 mph. Lihat videonya di sini.


Nama Shinden memiliki arti “Dewa Listrik”, yang menunjukkan harapan Mugen untuk memenangkan balapan ini. Nantinya, Mugen Shinden akan dikendarai oleh John McGuinness.

No comments:

Post a Comment