Thursday, March 15, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Showroom Mewah BMW Merambah ke Jakarta Utara

Posted: 15 Mar 2012 04:24 PM PDT

Showroom BMW di Pluit, Jakarta Utara (VIVAnews/Randi Aditya)

VIVAnews – Meningkatnya penjualan mobil premium di area Jakarta Utara dijadikan momentum oleh Astra International Tbk – BMW Sales Operation untuk membuka showroom BMW di Jalan Pluit Putra Raya No. 21, Jakarta Utara.

Showroom modern dan mewah yang dibangun di atas lahan seluas 720 m2, menghabiskan dana investasi sebesar Rp4,7 miliar. Showroom yang dapat memamerkan 7 unit mobil itu, mengusung konsep lounge yang dikelilingi dengan kolam ikan Koi.

“Showroom di Pluit akan kami siapkan menerima layanan 3S (Sales,service,spare part) di pertengahan tahun 2013,” kata Ernando Demily, Chief Executive PT Astra International Tbk – BMW Sales Operation, Selasa 13 Maret 2012.

Dipilihnya daerah Pluit untuk menjadi showroom pertama BMW di Jakarta Utara, karena lokasinya strategis dan berdekatan dengan Mall Emporium Pluit dan Pluit Village.

Berdasarkan data pendaftaran kendaraan di kepolisian, penjualan mobil premium di area Jakarta Utara meningkat sebesar 52 persen di 2011.

Adapun total penjualan BMW dari Januari hingga Februari 2012 sebanyak 295 unit. Angka ini naik dari tahun lalu di periode bulan yang sama. yakni 191 unit. Sedangkan total penjualan BMW pada tahun lalu 1.551 unit.

“Sumbangan terbesar masih dari BMW seri 3, seri 5 dan X1,” ujar Helena Abidin, Corporate Communication Director, BMW Group Indonesia. (sj)

Pembangunan Infrastruktur Butuh Rp1.400 T

Posted: 15 Mar 2012 05:31 AM PDT

Pemerintah membutuhkan peran swasta dalam membangun infrastruktur. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Pemerhati Kemitraan Pemerintah Swasta, Andreas Wibowo menyatakan bahwa kebutuhan investasi infrastruktur tahun 2010 sampai 2014 diperkirakan sebesar Rp1.400 triliun.

Namun, pemerintah hanya mampu membiayai 30 persen atau sekitar Rp420 miliar dari proyeksi angka tersebut.

“Maka dari itu, peran swasta melalui skim KPS (kemitraan pemerintah swasta) sangat diharapkan menutup kesenjangan ini,” ujarnya dalam diskusi di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Selasa 13 Maret 2012.

Andreas menjelaskan, konsep KPS bukanlah konsep yang baru dikenal di Indonesia tapi sudah dikenal sejak era 1970-an meski mulai gencar diimplementasikan tahun 1990-an.

“Menurut Infrascope 2011, Indonesia menempati peringkat ke-9 dari 16 negara Asia Pasifik yang disurvei dengan skor 46,1 dari total nilai 100. Artinya, secara umum Indonesia masih belum dianggap siap benar mengimplementasikan KPS,” tambah dia.

Maka dari itu, Andreas mengatakan bahwa pemerintah dituntut menyediakan iklim usaha yang kondusif bagi calon investor. “Beberapa bentuk dukungan telah disediakan pemerintah, seperti land capping, dana bergulir untuk pembebasan lahan, dan terakhir adalah penjaminan atau garansi serta viability gap funding (VGF) yang saat ini sedang digodok Pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan, dalam proyek pembiayaan infrastruktur dengan mekanisme KPS masih terdapat banyak hambatan. Lengkapnya, silakan buka tautan ini.

BTEL-Sampoerna Integrasikan Operasi Bisnis

Posted: 15 Mar 2012 05:27 AM PDT

Bakrie Telecom akan memperoleh 35 persen saham Sampoerna Telekomunikasi Indonesia. (Bakrie Telecom)

VIVAnews – PT Bakrie Telecom Tbk dan PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, hari ini mengumumkan penandatanganan penjualan bersyarat atas perjanjian jual beli yang telah berlangsung Selasa 13 Maret 2012. Perjanjian tersebut melibatkan Bakrie Telecom serta Sampoerna Strategic dan Polaris, yang bertindak sebagai pemegang saham Sampoerna Telekomunikasi Indonesia.

Dari perjanjian tersebut, Bakrie Telecom memperoleh 35 persen saham Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, dan dalam tiga tahun ke depan akan menjadi pemegang saham mayoritas. Sebagai imbalannya, Sampoerna Strategic akan menjadi pemegang saham Bakrie Telecom.

“Setelah proses negosiasi, Bakrie Telecom dan pemegang saham Sampoerna Telekomunikasi Indonesia setuju untuk mengintegrasikan operasi bisnis di bawah satu manajemen Bakrie Telecom,” kata Presiden Direktur Bakrie Telecom, Anindya Bakrie, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews di Jakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Melalui perjanjian itu, Bakrie Telecom bertujuan untuk mempercepat penetrasi penawaran konvergensi mobile untuk setiap pelanggan di Indonesia. “Baik di kota-kota, daerah pinggiran kota atau bahkan pedesaan di seluruh negeri. Bakrie Telecom akan menawarkan biaya yang paling efektif dan layanan suara konektivitas di Indonesia,” ujar Anindya.

Transaksi tersebut merupakan langkah awal dari transformasi besar operasional dan keuangan yang direncanakan diselesaikan Bakrie Telecom tahun ini. Kerja sama strategis akan menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi entitas baru yang akan fokus di empat bidang bisnis utama guna mencapai keunggulan operasional, keuangan, pelayanan, dan kepuasan pelanggan.

“Kami ingin berbagi dalam model bisnis Bakrie Telecom yang lebih cepat, lebih baik, dan paling terjangkau,” kata Presiden Direktur Sampoerna Strategic, Michael Sampoerna.

Model bisnis itu, Michael melanjutkan, terbukti efektif dalam merevolusi konektivitas suara dengan mengurangi hambatan harga dan tarif, yang juga terjadi dalam sistem komunikasi data. Dengan sinergi tersebut, Sampoerna berharap bisa meningkatkan bisnis lebih cepat dan besar untuk melayani konsumen.

Secara teknis, dia menambahkan, frekuensi 6,25 MHz milik Sampoerna dalam 450 MHz band akan menambah kapasitas yang cukup untuk Bakrie Telecom, sehingga bisa menawarkan biaya konektivitas data mobile yang lebih rendah. Kondisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan eksponensial perusahaan yang telah dicapai dengan seri produk AHA.

Selain itu, menurut dia, Bakrie Telecom memiliki frekuensi 800 MHz band, yang akan memberikan tambahan kapasitas yang besar untuk perusahaan, sehingga meningkatkan penetrasi konektivitas suara berbiaya rendah di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Apalagi, Bakrie Telecom sudah mendominasi dengan pangsa pasar 40 persen untuk CDMA.

Dengan berintegrasi dengan penetrasi Sampoerna Telekomunikasi Indonesia di pedesaan Jawa, Sumatera, kepulauan Nusa Tenggara, dan Bali, akan lebih mudah bagi Bakrie Telecom untuk memperbesar pasar di luar Jawa.
“Pelanggan kami harus menjadi yang utama dalam menerima manfaat terbesar dari kerja sama ini. Kami bertujuan untuk membuat entitas baru dengan biaya paling efektif dan tercepat,” ujar Anindya.

Dia menjelaskan, operator di Indonesia berkembang dengan menyediakan pengalaman yang paling lengkap dan konvergensi terbaik bagi pelanggan. Kedua kelompok berkomitmen untuk membuktikan bahwa sinergi antar operator tidak hanya baik untuk operator, tetapi juga diperlukan konsumen Indonesia yang menginginkan nilai lebih bagi setiap rupiah yang mereka keluarkan.
Di sisi keuangan, Anindya menambahkan, transaksi tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang Bakrie Telecom yang bertema “Ekspansi dengan struktur modal sehat”. Perusahaan dalam proses deleveraging pembukuan dengan menaikkan nilai modal hingga US$140 juta tahun ini.

Modal tersebut berasal dari penerbitan non-preemptive rights sebesar US$90 juta dan US$50 juta dari fasilitas pinjaman bank. Bakrie Telecom berencana menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa sebelum mengeluarkan non-preemptive rights hingga 10 persen dari modal disetor.

Dana yang diperoleh dari transaksi tersebut akan digunakan untuk pembayaran awal utang jatuh tempo Rp650 miliar pada September 2012. Selain itu, untuk membiayai penukaran saham dengan Sampoerna, berinvestasi lebih lanjut dalam konektivitas data, serta modal kerja bagi peningkatan kualitas layanan.

Bulog Akan Berperan di Jaringan Pangan Global

Posted: 15 Mar 2012 05:23 AM PDT

Nantinya akan dibuat gudang pangan di ASEAN. (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews – Kementerian Koordinator Perekonomian berencana menjalin kerja sama dengan Myanmar dan Kamboja untuk pengembangan perdagangan dan memperluas jaringan internasional. Pemerintah nantinya akan mendirikan kantor-kantor cabang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti dari Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Saya meminta Menteri Pertanian untuk segera ke Myanmar dan Kamboja. Kami akan bekerja sama di bidang pertanian,” kata Menteri Perekonomian, Hatta Rajasa, saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Nantinya, Hatta menjelaskan, Bulog tidak hanya harus menjamin ketersediaan, distribusi, cadangan beras, dan stabilisasi pangan di dalam negeri. Namun, perannya akan ditingkatkan di level internasional.

Hatta menjelaskan, kerja sama antara Indonesia dan Myanmar maupun Kamboja tidak ada kaitannya dengan impor beras. Karena Myanmar dan Kamboja mengundang Indonesia untuk mengembangkan penggilingan padi, proses pembibitan, hingga teknologi.

“Tentu ini kami sambut baik. Kami punya pengalaman di sana. Bukan berarti untuk pengadaan pangan dari luar negeri,” ujar Hatta.

Hatta menambahkan, bentuk kerja sama itu nantinya akan menjadi agenda di acara ASEAN Summit pada April. Salah satu kerangka kerja sama Indonesia dengan Kamboja dan Myanmar adalah ketahanan pangan.

“Nanti kami akan buat gudang pangan ASEAN. Indonesia, Filipina, dan Malaysia juga bisa bekerja sama dalam mengembangkan pangan ini,” tuturnya. Untuk lahannya bisa di Filipina. “Tapi, sekarang dengan Myanmar dan Kamboja dulu,” ujar dia.

Namun, Hatta belum mengetahui berapa nilai investasi untuk kerja sama itu. Saat ini, pemerintah masih dalam penjajakan, mengingat sesama negara ASEAN akan meningkatkan ketahanan pangan.

“Nanti akan dibicarakan. Apakah Indonesia yang mengembangkan bibitnya atau membangun penggilingan padi, atau siapa yang menyediakan lahannya,” kata Hatta.

Dahlan Tawarkan Saham Garuda Via SMS

Posted: 15 Mar 2012 05:16 AM PDT

Saham Garuda Indonesia ditawarkan kepada lima pengusaha melalui pesan singkat atau SMS. (ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara mengaku sudah menawarkan saham PT Garuda Indonesia Tbk kepada lima pengusaha melalui pesan singkat atau  short message service (SMS).

“Saya sudah kirim SMS, tiga sudah merespon di antaranya Sandiaga Uno, Rachmat Gobel, dan Chairul Tanjung,” kata Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 13 Maret 2012.

Dahlan menuturkan, pihaknya juga telah melakukan promosi lewat running text atau iklan berjalan di beberapa media televisi. “Yang jelas, akhir Maret ini kita tak bisa lagi menunggu lebih lama karena kasihan sekuritas penjamin emisinya itu. Mereka sepakat kalau satu melepas yang lainnya melepas. Membeli satu membeli sekaligus,” ujarnya.

Ketiganya, lanjutnya, yakni PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Danareksa Sekuritas sepakat menjual dalam satu paket di bawah koordinasi Deputi Bidang Jasa Kementerian BUMN, Parikesit Suprapto dengan harga 10 persen diatas harga pasar.

“Siapapun orang dalam negeri, investor strategis ya silakan. Untuk orang asing kalau tidak boleh, nanti ketiganya bisa collapse (bangkrut). Kalau dari asing itu baru dari Hongkong dan Singapura,” kata Dahlan.

Seperti diketahui, Garuda Indonesia mencatatkan sahamnya setahun lalu di papan utama Bursa Efek Indonesia. Maskapai pelat merah itu mencatatkan sebanyak 22,6 miliar saham dengan harga penawaran Rp750 per unit.

Dalam proses penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO), Garuda menawarkan 6,33 miliar saham atau sebesar 27,98 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah penawaran umum. Dari pelepasan saham tersebut, total dana yang dapat diraup sekitar Rp4,75 triliun.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi atau joint lead underwriter adalah PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Danareksa Sekuritas. Ketiga penjamin pelaksana emisi itu telah menyatakan kesanggupan penuh (full commitment) untuk membeli sisa saham Garuda yang ditawarkan dan tidak habis terjual.

Namun, dalam proses IPO, hanya sekitar 52,5 persen dari saham yang ditawarkan terserap pasar. Sementara itu, sisanya sekitar 47,5 persen harus diserap penjamin pelaksana emisi. (umi)

Saham Asia Naik Ikuti Kenaikan Data AS

Posted: 15 Mar 2012 05:13 AM PDT

Bursa saham di Tokyo (REUTERS/ Toru Hanai )

VIVAnews- Saham Asia menguat pada Rabu, karena optimisme data Amerika mendorong sentimen positif pada investor. Kondisi ekonomi yang membaik mendorong indeks Standard & Poor 500 ditutup di level tertinggi sejak Juni 2008, sedangkan Dow Jones ditutup tertinggi sejak Desember 2007.

Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang yang terbawa momentum kenaikan semalam, naik 0,3 persen, sementara indeks Nikkei Jepang rata-rata dibuka naik 1,7 persen, naik di atas 10.000 ke level tertinggi dalam tujuh bulan.

Saham Australia naik 1,1 persen tertinggi dalam dua minggu ini, yang didorong saham bank dan pertambangan.

“Gambaran ekonomi AS semakin cerah, upaya pelonggaran moneter telah meningkatkan likuiditas dan mendorong saham seluruh dunia, meski saat ini investor Jepang tengah menunggu penutupan pembukuan, namun permintaan tetap kuat,” ujar General Manager ekuitas SMBC Nikko Securities, Hiroichi Nishi seperti dikutip Reuters, Rabu, 14 Maret 2012.

Bank Sentral AS meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi dalam outlook-nya pada Selasa. The Fed mengharapkan pertumbuhan moderat selama kuartal mendatang dan tingkat pengangguran bisa turun secara bertahap, meski tingkat pengangguran saat ini tetap tinggi.

Data penjualan ritel AS pada Februari ini menunjukkan kenaikan terbesar dalam lima bulan terakhir. Hal itu mencerminkan tumbuhnya kepercayaan konsumsi Amerika.

Indeks Dow Jones sendiri naik 217,97 poin atau 1,68 persen menjadi 13.177,68. Sedangkan Indeks Standard & Poor’s 500 naik 24,87 poin atau 1,81 persen menjadi 1.395,96. Nasdaq Composite Index naik 56,22 poin atau 1.88 persen menjadi 3.039,88. (eh)

SBY: Singapura Perlu Buah-buahan RI

Posted: 15 Mar 2012 05:10 AM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang Singapura agar memperluas investasinya di Indonesia. (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVAnews - Kerja sama pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Batam-Bintan-Karimun (BBK) merupakan tulang punggung kerja sama bilateral Indonesia-Singapura.

Meskipun kerja sama tersebut mengalami kemajuan signifikan, namun masih ada sejumlah kendala yang harus segera dicari penyelesaiannya.

Untuk itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang Singapura menanamkan investasi lebih luas di Indonesia. “Saat ini, kedua negara telah bekerja sama investasi pengembangan kawasan ekonomi khusus Batam-Bintan-Karimun,” kata dia di Istana Bogor, Selasa 13 Maret 2012.

SBY mengungkapkan, kerja sama di Kawasan Ekonomi Khusus Batam-Bintan-Karimun telah menjadi tulang punggung kerja sama bilateral Indonesia-Singapura untuk pengembangan ekonomi di sebuah kawasan.

Presiden juga mengajak, agar Singapura berinvestasi di luar kawasan BBK. “Singapura memerlukan pasokan buah-buahan dan sayuran yang jumlahnya amat besar. Ini tentu bagi Indonesia sebuah peluang,” ujarnya.

Selain itu, SBY juga menawarkan kerja sama bidang pariwisata dan perhubungan udara.

“Ada ide yang baik sebenarnya dan ini sudah kita bicarakan beberapa tahun silam. Alangkah baiknya, bila ada kerja sama antara Singapura dan Indonesia dalam bidang kepariwisataan yang sekaligus di bidang perhubungan udara,” kata dia.

Hatta: Penyatuan Zona Waktu Sudah Diriset

Posted: 15 Mar 2012 05:06 AM PDT

Jamur roti merah, juga mengalami jet lag saat berpindah ke zona waktu berbeda (University of Stavanger)

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa angkat bicara seputar ide penyatuan zona waktu. Menurutnya, pernah ada studi tentang hal itu sejak dia menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi.

“Studi itu sejak saya menristek sudah ada studi itu dan cukup baik karena kita lebih produktif, lebih hemat waktu, menghemat energi, (membantu) sistem perdagangan kita, pasar modal dan semuanya, transportasi lebih lancar,” kata Hatta di Istana Bogor, Selasa 13 Maret 2012.

Hatta menilai ide penyatuan zona waktu itu sangat baik. “Jadi memang pemikiran-pemikiran itu adalah pemikiran-pemikiran yang sangat baik untuk kita lebih produktif dan efisien,” ujarnya.

Hatta menambahkan, di samping positifnya ide itu pasti ada negatifnya pula. Namun demikian, tidak perlu disikapi antipati. “Semua itu ada plus minusnya, tidak semuanya bagus aja, ada pro kontranya,” ujarnya.

Hatta minta, ide tersebut “Dibahas, tidak usah keluarkan energi banyak berpolemik yang tidak penting. Cari positifnya yang terbanyak untuk bangsa ini apa, silahkan dikaji.”

Dia mengungkapkan ada dua alternatif penyatuan zona. Opsi pertama, “Tengahnya dengan baratnya jadi satu, timurnya bawa ke tengah,” kata Hatta. Dengan kata lain, dari tiga zona menjadi hanya dua zona. Kemudian opsi kedua adalah dilebur jadi satu. “Silakan saja dibahas.” (sj)

Kementerian ESDM Targetkan 250 SPBG

Posted: 15 Mar 2012 04:49 AM PDT

Tabung gas converter kit (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews- Direktur Jendral Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Evita H Legowo menargetkan pembangunan Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas (SPBG) hingga tahun 2014 sebanyak 250 buah, di daerah Jawa dan Bali dan seluruh Indonesia.

“Untuk investasi, kalau untuk Jawa, Bali SPBG untuk LGV sebanyak 108 dan CNG 54 buah, nilainya sekitar Rp2,5 triliun,” kata Evita di Gedung Menko Perekonomian, di Jakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Menurut Evita untuk kedepan, terkait dengan harga jual BBG masih dalam diskusi, terutama menyangkut harga liquefied gas for vehicle (LGV). dan Compressed Natural Gas (CNG). Untuk sementara harga CNG adalah Rp3.100 utk LGV Rp3.600.

“Itu belum pas itu, terutama untuk LGV karena LGV lebih mahal dari itu. Itu sedang kita diskusikan,” ujarnya.

Evita menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan bahan untuk CNG dan LGV, bahkan bahan itu sudah tersedia di Kementerian ESDM.

“Kalau untuk CNG sudah tinggal tanda tangan saja. Kalau LGV kan gampang kalau kurang tinggal impor saja. Kalau CNG kami dari ESDM sudah menyiapkan,” ujarnya. (eh)

Robert Tantular Beli Saham Artolite

Posted: 15 Mar 2012 04:43 AM PDT

Robert Tantular (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Mantan pemilik dan terpidana kasus Bank Century Robert Tantular diduga telah membeli 10.100 lembar atau 10 persen saham PT Artolite Indah Mediatama, perusahaan pembuat lampu hias yang berkantor pusat di Jalan Meruya Ilir, Taman Kebon Jeruk, Jakarta Barat senilai Rp5,2 miliar.

Seorang sumber VIVAnews yang mengetahui transaksi itu mengatakan, pembelian saham itu tidak semuanya atas nama Robert, melainkan sebagian menggunakan nomine. 70 persen dari 10.100 saham itu dibeli atas nama Hosea K. Gunawan dan sisanya oleh Robert sendiri.

“Tapi semua orang tahu, bahwa HK Gunawan hanya untuk nama saja,” kata sumber itu di Jakarta, Selasa malam. Dengan transaksi yang dilakukan pada pertengahan 2011, kini Robert memiliki 27 persen saham atas perusahaan itu.

Meski memiliki saham, Robert tidak masuk dalam jajaran komisaris perusahaan ini. Dia menyerahkan kepada orang-orang kepercayaannya. “Di situ sekarang ada Tarsisius Triyanto sebagai komisaris. Ini orang dekat Robert, yang juga pengacaranya,” katanya.

Kasus ini terbuka setelah rekan bisnisnya di Artolite, Wirawan Lazuardi, menggugat Robert Tantular ke Pengadilan Jakarta Barat.

Robert dituduh telah  semena-mena dengan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa, untuk mereposisi sejumlah direksi. Alasannya,  reposisi ini dibutuhkan dalam rangka persiapan go public. Dalam reposisi itu, Wirawan yang juga pemilik 28 persen saham, jabatannya digusur dari Direktur menjadi komisaris.

“Undangan RUPS LB disebar 3 hari sebelum pelaksanaan, padahal dalam Peraturan Perseroan Terbatas, undangan RUPSLB disebar paling lambat 14 hari sebelum pelaksanaan,” kata Brian Praneda, kuasa hukum Wirawan.

Karena tindakan ini, Wirawan mengaku telah menderita kerugian. Bersadarkan pada Pasal 61 UU No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Wirawan berhak mengajukan gugatan. Pasal itu berbunyi: Setiap pemegang saham berhak mengajukan gugatan terhadap Perseroan ke pengadilan negeri apabila dirugikan karena tindakan Perseroan yang dianggap tidak adil dan tanpa alasan wajar sebagai akibat keputusan RUPS, Direksi, dan/atau Dewan Komisaris.

Wirawan tak hanya menuntut Robert. Dua juga menuntut HK Gunawan, Triyanto, dan sejumlah nama lain dengan nilai sesuai kerugian, Rp30 miliar.

Sementara itu Triyanto membenarkan transaksi pembelian saham itu. Dalam perbincangan VIVAnews melalui sambungan telepon, Triyanto mengatakan, Robert hanya menambah saham karena ada salah satu pemegang saham lain yang mengundurkan diri. “Saham divestasi sudah ditawarkan ke mana-mana, dan tidak ada yang mau. Maka itu Pak Robert dan HK Gunawan yang mengambil,” katanya.

Triyono mengaku, menjadi komisaris di perusahaan itu karena dekat dengan pemegang saham. “Semua. Bukan hanya Pak Robert,” katanya.

Mengenai kasus gugatan, dia malah menuding balik Wirawan yang tak mau dilengserkan. Menurut dia, sesuai RUPS, semua pemegang saham setuju pergantian direksi dan komisaris. “Pak Wirawan hanya kalah suara. Jadi dia harus mengikuti keputusan pemegang saham lain,” katanya. (eh)

Politisi PPP Dukung Pembatasan Iklan Kampanye

Posted: 15 Mar 2012 04:40 AM PDT

Ahmad Yani (kiri) bersama Ketua Umum PPP Suryadharma Ali (kanan).  

VIVAnews – Usul pembatasan iklan kampanye makin banyak meraup dukungan. Setelah Sekjen PDIP dan Ketua Fraksi Demokrat yang sepakat mendukung gagasan itu, kini politisi PPP Ahmad Yani juga berpendapat wacana itu penting untuk dikembangkan dan direalisasikan.

"Itu perlu karena saat ini masyarakat kita menentukan pilihannya berdasarkan pandangan dan persepsi yang dibentuk oleh media," kata Yani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 14 Maret 2-12.

Ia lantas mencontohkan partai baru yang belakangan gencar berkampanye di televisi, dan berdasarkan hasil survei terbaru mengalami kenaikan elektabilitas secara signifikan.

"Padahal belum ada bukti partai itu melakukan sesuatu yang konkrit," kata Yani. Oleh karena itu, menurutnya, iklan politik yang tidak diatur akan tidak adil bagi partai yang memiliki nilai-nilai ideologis namun tidak punya uang sehingga tidak mampu melakukan pendekatan ke masyarakat melalui media.

"Jadi menurut saya, perlu asas keadilan, perlu ada pembatasan iklan," tegas anggota Komisi Hukum DPR itu. Ia menambahkan, negara maju seperti Jerman menyediakan fasilitas dan dana kampanye bagi partai-partai politik, sehingga semua partai mempunyai kesempatan yang sama untuk dikenal publik dan memenangi pemilu.

Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Pemilu yang juga berasal dari Fraksi PDIP, Arif Wibowo, sebelumnya mengatakan pembatasan iklan politik bisa diatur melalui UU Pemilu yang sedang digodok oleh pansusnya di Komisi II DPR.

"Agar pemanfaatan media elektronik untuk iklan politik itu tidak jor-joran (berlebih), maka pansus rencananya akan mengatur pembatasan belanja kampanye. Hal itu sedang kami rumuskan di pansus," ujar Arif.

Komisi Penyiaran Indonesia pun berencana mengeluarkan aturan khusus mengenai pembatasan iklan kampanye politik dengan memasukkan poin tersebut dalam draf revisi UU Penyiaran. "Karena kalau iklan politik di luar masa kampanye pemilu belum terjangkau oleh UU Pemilu," ujar Komisioner KPI Pusat Idy Muzayyad. (umi)

Aburizal: BBM Naik Perlu Dikaji Lebih Dalam

Posted: 15 Mar 2012 04:35 AM PDT

Aburizal Bakrie saat berkunjung ke Pandeglang (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menilai rencana kebijakan Pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi perlu dikaji ulang. Menurut Ical, perlu dikaji dulu apakah itu merupakan jalan keluar satu-satunya yang harus diambil, atau ada pilihan-pilihan lain yang lebih akomodatif.

“Rencana kenaikan BBM itu harus dikaji terlebih dahulu apakah itu benar jalan keluar satu-satunya,” kata Aburizal Bakrie di Yogyakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Ia menjelaskan, yang paling penting adalah kenaikan harga BBM itu harus bisa memperbaiki neraca anggaran negara. “Kalau pun kebijakan itu terpaksa harus dilakukan, maka harus make sure bahwa rakyat mendapatkan suatu imbalan (kompensasi),” ujarnya.

Ical menambahkan kompensasi dari kenaikan BBM itu harus seimbang dengan kebutuhan rakyat. Misalnya: program pendidikan 9 tahun dinaikkan menjadi 12 tahun.

Selain pendidikan, layanan kesehatan untuk masyarakat juga harus jadi perhatian. “Tidak boleh ada satu pun penolakan Jamkesmas oleh rumah sakit manapun,” Aburizal menegaskan.

Menurut Ical, kompensasi yang diberikan oleh Pemerintah juga harus bisa mengurangi beban masyarakat kecil agar masyarakat tidak terlalu dikorbankan atas kenaikan harga BBM tersebut. “Sekali lagi saya katakan, kaji lebih dalam apakah itu kebijakan yang harus diambil,” ujarnya. (kd)

Tjatur-PAN: Harga BBM Naik Keputusan Berat

Posted: 15 Mar 2012 04:32 AM PDT

Rencana pemerintah menaikkan harga BBM direspon aksi demo (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews – Semalam koalisi menggelar rapat di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan itu dibeber alasan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Tjatur Sapto Edy mengatakan, poin dari pertemuan adalah untuk mencari alternatif melindungi masyarakat yang terkena dampak langsung apabila BBM jadi dinaikkan. “Apa planning-nya, beasiswa apa ditambahkan, apa yang wajib ditanggung. Yang jelas masyarakat yang masih miskin, 25 persen itu harus dikover betul-betul,” kata dia di Gedung DPR RI, Kamis 15 Maret 2012.

Juga dibahas tentang dana infra stimulus yang besarnya Rp30 triliun. Namun, Tjatur mengatakan soal bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) belum diputuskan. “Itu belum kesepakatan dan itu rapat tidak memutuskan karena memutuskan sesuatu di gedung ini, di DPR.”

Dalam rapat di Cikeas, Tjatur mengatakan, kenaikan BBM adalah keputusan pemerintah yang sangat berat. “Presiden sampaikan itu keputusan berat buat presiden,” kata dia.

Apakah kenaikan harga BBM Rp1.500 opsi tunggal? “Ada yang usulkan lebih dari itu, tapi studi UGM dan UI, yang optimal dikatakan Rp1.500,” tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kenaikan harga BBM ini dalam rangka membuat APBN yang sehat dan subsidi tepat sasaran.  “Manakala APBN-P disesuaikan, lantas diperlukan penyesuaian harga BBM. Tapi ini akan berdampak bagi masyarakat luas,” katanya.

Karena itu, pemerintah sudah menyiapkan antisipasi dampak sosial dari kenaikan harga BBM. “Koalisi sangat peduli termasuk dampak perekonomian global dan perekonomian nasional,” katanya.

Yudhoyono juga mengatakan bahwa partai koalisi pendukung pemerintah yang tergabung dalam sekretariat gabungan (setgab) semua memahami langkah pemerintah menaikkan harga BBM jenis solar dan premium, meski akan berdampak terhadap masyarakat luas. (eh)

Ambang Parlemen Perlu Akomodasi Lokal?

Posted: 15 Mar 2012 04:29 AM PDT

Politisi Demokrat Saan Mustofa (kanan) dan Politisi PAN Laurens Bahang Dama (Antara/ Widodo S Jusuf)

VIVAnews - Salah satu sisi perdebatan mengenai ambang parlemen adalah apakah akan diberlakukan menyeluruh atau hanya berlaku secara bertingkat. Partai Demokrat masih bingung memilih antara keduanya.

“Alternatif pertama, apakah sapu jagat,” kata Sekretaris Fraksi Demokrat Saan Mustofa. “Sapu jagat itu misalnya kalau suara nasional yang 4 persen, yang lolos misalkan cuma 9 parpol, di daerah pun 9 parpol,” kata Saan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012.

Atau yang ke dua, 4 persen tapi cara perhitungannya berjenjang. Berjenjang itu DPR dulu dihitung sesuai dengan perolehan nasional, yang kedua DPRD provinsi sesuai dengan perolehan suara DPRD, yang ke tiga DPRD kota sesuai dengan perolehan kabupaten/ kota.

“Maka akan ada perbedaan, bisa saja misalnya yang lolos secara nasional 8 partai tapi bisa aja di provinsi ada 12 partai, atau misalnya ada parpol yang di Jawa Barat lolos tapi di provinsi lain tidak,” kata Saan. “Nah ini saya katakan juga untuk mengakomodir itu tadi, soal politik lokal itu tadi.”

Alternatif pertama, sistem sapu jagat, didukung salah satunya oleh Partai Keadilan Sejahtera. Sementara fraksi lainnya, sama seperti Demokrat, belum bersikap. (eh)

Menkeu Protes, Komisi Hukum DPR Tersinggung

Posted: 15 Mar 2012 04:22 AM PDT

Menteri Keuangan Agus Martowardojo (VIVAnews/Adri Irianto)

VIVAnews – Menteri Keuangan Agus Martowardojo Selasa kemarin mengajukan protes atas kunjungan Komisi III Bidang Hukum DPR ke Direktorat Jenderal Pajak, yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Protes itu ia sampaikan di tengah-tengah rapat dengan Komisi XI Bidang Keuangan DPR yang merupakan mitra kerja Kemenkeu.

Protes Menkeu itu ditanggapi dingin oleh Wakil Ketua DPR Pramono Anung. Pram membenarkan bahwa urusan pajak adalah wilayah kerja Komisi XI DPR. Namun menurutnya komisi lain juga bisa melakukan tugas pengawasan di situ selama mendapat izin dan persetujuan dari pimpinan DPR.

"Jadi kunjungan itu sah kalau ada persetujuan pimpinan DPR. Kunjungan itu kan untuk memperoleh data-data di lapangan yang akan digunakan dalam rapat dengar pendapat," kata Pram di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 14 Maret 2012.

Apapun, Pram menghormati protes yang dilontarkan oleh Menkeu. Menkeu sendiri berpendapat, terkait kasus-kasus pajak, hanya komisi terkait saja yang bisa masuk ke Ditjen Pajak untuk memeriksa instansi terkait, yaitu Komisi XI DPR.

"Untuk itu kami mohon jangan izinkan komisi yang tidak terkait untuk masuk ke Direktorat Pajak. Kalau tidak, bagaimana kami menjaga motivasi jajaran kami?" ujar Agus.

Harus Bantu

Namun protes Menkeu ini berbuntut panjang karena Komisi III DPR merasa tersinggung. Mereka pun berniat memanggil Menkeu pekan ini juga untuk mengklarifikasi pernyataannya.

"Komisi XI itu bukan atasan Komisi III. Seharusnya Menkeu membantu Komisi III agar masalah mafia pajak bisa dituntaskan," kata Wakil Ketua Komisi III Nasir Djamil.

Soal alasan Menkeu bahwa kunjungan Komisi III ke Ditjen Pajak bisa mendemotivasi pegawai pajak, Nasir menegaskan tidak ada alasan staf pajak mengalami penurunan motivasi.

"Apa alasan motivasi turun? Renumerasi sudah berjalan. Gaji pegawai Kementerian Keuangan juga sudah naik. Jadi Menkeu jangan membuat opini yang menyesatkan," ujar politisi PKS itu. (ren)

Kenaikan BBM Jadi Tema Sentral Rapat Koalisi

Posted: 15 Mar 2012 04:17 AM PDT

Presiden SBY bersama para ketua umum parpol koalisi di Cikeas. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto menyatakan, rapat Sekretariat Gabungan Parpol Koalisi yang digelar di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas malam ini, Rabu 14 Maret 2012, akan membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami tentu mengevaluasi masalah kenaikan BBM. Itu memang rapat untuk menentukan hal-hal strategis," kata Setya kepada VIVAnews. Menurutnya, Golkar akan memanfaatkan pertemuan tersebut untuk memutuskan apakah harga BBM perlu dinaikkan atau tidak.

Jika akhirnya pemerintah yang didukung parpol koalisi menaikkan harga BBM karena harga minyak dunia sekarang sudah berada di posisi US$105 per barel, maka Golkar menuntut alokasi anggaran hasil penghematan subsidi BBM itu harus diberikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan infrastruktur, dan program pendidikan serta kesehatan.

"Penghematan yang mencapai Rp57 triliun itu harus untuk infrastruktur gas, program pendidikan gratis 12 tahun, dan membangun transportasi massal," ujar Setya.

Untuk mengantisipasi dampak sosial atas kenaikan harga BBM, Golkar pun berharap pemerintah tidak menaikkan tarif dasar listrik dan tarif telepon. (umi)

Ical “Uji Kelayakan Capres” di Yogyakarta

Posted: 15 Mar 2012 04:12 AM PDT

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie hadir dalam diskusi bersama puluhan anak muda lintas profesi di Yogyakarta.

Dalam diskusi yang digelar “Kader Bangsa Fellowship Program” ini, Ical sapaan Aburizal, melayani tanya jawab seolah sedang uji kelayakan dan kepatutan calon presiden (capres).

Acara yang digelar di Hotel Novotel Yogyakarta ini, Ical dicecar berbagai pertanyaan. Mulai dari keseriusannya jadi capres, sampai soal kelemahan dan kekuatannya sebagai capres. Dia juga ditanya mengenai berbagai kasus seperti luapan Lumpur di Sidoarjo.

“Seberapa serius jadi presiden? Soal Lumpur Lapindo bagaimana?” tanya Rurit, peserta yang berprofesi jadi jurnalis.

Menjawab pertanyaan itu, Ical menyatakan jika dikehendaki dirinya tentu serius. “Tapi kalau ada yang lebih baik dari saya, ya why not. Saya serius. Dari dulu saya selalu serius,” tegasnya.

Ical juga mengaku akan berani jika jadi pemimpin. Pengalaman organisasinya selama ini juga menunjukkan dia berani mengambil keputusan walau tak populer.

“Tidak ada satu keputusan pun yang semua orang akan setuju, kita harus berani memutuskan,” ujarnya.

Soal Lumpur Sidoarjo, Ical menjelaskan bahwa dalam kasus itu secara hukum pihaknya dinyatakan tidak bersalah. Meski demikian pihaknya tetap beritikad baik membantu para korban.

“Saya tolong karena ibu saya meminta saya. Salah atau tidak harus tetap bantu. Kalau saya tidak berniat membantu gampang kan ada UU, PT Lapindo perusahaan kecil, tinggal bangkrutkan. Tapi tetap saya bantu,” ungkapnya.

Dia juga menyatakan tetap membeli tanah korban meski harganya dinaikkan sangat mahal. Ical juga mengatakan akan menyelesaikan sisa pembelian tahun ini.

“Kita sudah keluarkan Rp9 triliun uang ganti. Dari mana? Dari kantong keluarga. Karena perusahaan hanya mampu Rp100 miliar. Saya tanya, ada gak pengusaha yang mau berbuat seperti saya?” ucapnya.

Lebih lanjut, Ical juga mengungkapkan dalam hal pengeboran bukan hanya ada Lapindo tapi juga Medco dan Santos.

“Santos jual saham dan kasih uang pada kita. Kemana Medco dia tidak ikut bertanggungjawab,” tandasnya.

Laporan: Dian Widyanarko

Nanti Malam Setgab Juga Bahas RUU Pemilu

Posted: 15 Mar 2012 04:08 AM PDT

Taufik Kurniawan (PAN) (Antara/ Andika Wahyu)

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan, menyatakan rapat Sekretariat Gabungan (Setgab) Koalisi nanti malam akan dimanfaatkan pula membahas Rancangan Undang-undang Pemilu. RUU Pemilu ini memang sebelumnya terkendala sejumlah isu krusial sehingga terkesan buntu.

“Akan ada pertemuan Setgab yang akan dilaksanakan mensikapi dalam tahapan proses finalisasi draf Undang-Undang Pemilu yang masih jalan di tempat,” kata Taufik di Gedung DPR, Rabu 14 Maret 2012.

Persoalan yang akan dibahas dalam RUU Pemilu, kata Taufik, soal parliamentary threshold yang mengerucut menjadi 4 persen. Sementara hal lainnya, seperti alokasi kursi per daerah pemilihan dan sistem pemilu juga akan dibahas.

“Sebagaimana usulan kami, PAN berharap ada penguncian keputusan di Setgab. Kami harapkan pertemuan ini ditindaklanjuti di rapat konsultasi pimpinan DPR dan fraksi besok pukul 10.00 WIB. Kami harapkan sebelum itu akan ada rapat yang dipimpin Ketua Setgab Pak SBY,” kata Taufik yang juga Wakil Ketua DPR itu. (eh)

Cedera Ferry Rotinsulu Mulai Membaik

Posted: 15 Mar 2012 04:05 AM PDT

SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir

Akhir pekan ini, J-League musim 2012 resmi bergulir setelah melewati fase peristiwa alam yang tak pernah mereka lupakan: bencana tsunami pada Maret 2011 silam.

Penjelasan Muhaimin Soal Foto dengan Caddy

Posted: 15 Mar 2012 04:00 AM PDT

Muhaimin Iskandar (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Publik disentakan dengan foto tiga menteri dengan sejumlah caddy golf berpakaian seksi. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Pramono Anung sontak menyatakan foto itu tak pantas dilakukan seorang menteri.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar yang merupakan salah satu dari menteri itu memberi penjelasan. Muhaimin menyatakan, sebenarnya foto itu bagian dari kegiatan yang terkait dengan posisinya.

“Jadi itu acara sosialisasi K3,” kata Muhaimin, Rabu 14 Maret 2012. K3 adalah kependekan dari “Keselamatan dan Kesehatan Kerja”, jargon untuk pekerja di tempat usaha.

“Nah, sudah delapan kali dilakukan dan kebetulan saya ikut saat itu,” kata Muhaimin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Foto itu, kata Muhaimin, diambil oleh panitia acara. Para menteri termasuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik dan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal tak ada maksud sama sekali menampilkan foto itu di media massa.

“Kalau dianggap mengganggu, ya, kami minta maaf,” kata Muhaimin.

Ditemui di Gedung DPR, Selasa, 13 Maret 2012, Jero menjelaskan dia dan dua menteri lainnya diminta berfoto bersama direksi Minggu, 11 Maret lalu, di lapangan Golf Royale Halim, Jakarta Timur. Selain itu, kata Muhaimin, dia juga diminta oleh para panitia yang masih muda untuk berfoto. “Kalau pada minta foto saya bilang enggak mau foto, nanti dia sakit hati juga,” katanya.

Jero berpendapat, jika ada sekelompok anak muda minta foto bersama dengan menteri, itu menandakan, mereka hormat kepada menterinya. “Ya kami harus hormat sama masyarakat. Kebetulan ini masyarakatnya, gadis-gadis cantik. Jadi, pikirannya negatif,” kata dia. (hp).

Kenny Dalglish Termotivasi Kalahkan Everton

Posted: 15 Mar 2012 03:55 AM PDT

SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir

Akhir pekan ini, J-League musim 2012 resmi bergulir setelah melewati fase peristiwa alam yang tak pernah mereka lupakan: bencana tsunami pada Maret 2011 silam.

SBY: Koalisi Bahas Dampak Kenaikan BBM

Posted: 15 Mar 2012 03:52 AM PDT

SBY-Boediono bersama ketua parpol koalisi (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi partai koalisi, membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pertemuan dilakukan di Kediaman SBY, di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, 14 Maret 2012.

Usai pertemuan, SBY kemudian menjelaskan hasil pertemuan. Menurut SBY, dalam pertemuan itu pemerintah menjelaskan mengenai alasan perlunya menaikkan harga BBM.

“Tadi saya menerima usulan-usulan yang saya pandang konstruktif. Ingin memilih opsi, kebijakan untuk kepentingan rakyat dan selamatkan perekonomian dari berbagai tekanan,” ucap SBY.

SBY kemudian menjelaskan, koalisi memahami kalau kenaikan akan berdampak terhadap masyarakat luas.

“Koalisi sangat peduli termasuk dampak perekonomian global dan perekonomian kita. Kami sangat peduli, dan kami bahas bantuan perlindungan sosial seperti apa yang bisa kami berikan secara tepat,” ucap SBY. (eh)

Marzuki Alie: Hukum Perusak Foto SBY

Posted: 15 Mar 2012 03:47 AM PDT

Demonstran pecahkan foto SBY di gedung DPR  

VIVAnews – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengecam aksi oknum mahasiswa yang memecahkan foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Marzuki juga mengatakan, agar oknum mahasiswa itu ditindak secara hukum.

“Anarkis. Proses hukum saja. Mereka datang baik-baik kok, ketemu Pramono, setelah itu kurang ajar,” kata Marzuki di Gedung DPR, Rabu 14 Maret 2012.

Marzuki menambahkan, pengrusakan dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan. Apalagi, kata dia jika dilakukan dalam gedung DPR.

“Meski bukan foto SBY yang dirusak, yang jelas ini gedung DPR. Apapun tidak boleh diganggu, siapapun, gambar siapapun, wartawan, tokoh misalnya, diturunkan, dirusak, tidak usah SBY lah, orang biasa juga,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Sebelumnya, para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jawa Barat memprotes rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada April nanti.

Saat berunjuk rasa, beberapa mahasiswa memecahkan bingkai foto Presiden SBY yang terpasang di pilar-pilar lobi gedung Nusantara III. Bingkai foto itu berukuran besar, yaitu 1,2 x 2 meter.

Mahasiswa sudah berada di gedung DPR sejak tadi pagi. Mereka telah bertemu dengan Wakil Ketua DPR, Pramono Anung dan menyampaikan aspirasinya.

Tuntutan mereka antara lain, turunkan harga BBM, sembako dan Tarif Dasar Listrik, serta tangkap semua para koruptor. Sementara karena aksi itu, lima orang mahasiswa telah dibawa ke Polda Metro Jaya. (eh)

Pramono: Keputusan BBM Naik Bukan di Setgab

Posted: 15 Mar 2012 03:42 AM PDT

Presiden SBY bersama para ketua umum parpol koalisi di Cikeas. (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Wakil Ketua DPR Pramono Anung menyatakan keputusan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bukan berada di tangan Sekretariat Gabungan Partai Koalisi, melainkan di tangan DPR yang akan mengambil kata akhir apakah mereka bersepakat atau tidak untuk menerima usulan pemerintah soal kenaikan BBM.

"Presiden punya kewenangan mengusulkan kenaikan BBM, tapi keputusan ada di DPR," tegas Pram di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012. Seperti diketahui, semalam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat mengumpulkan ketua-ketua partai koalisi di kediamannya di Cikeas guna membahas rencana kenaikan BBM.

Usai rapat itu, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengemukakan seluruh anggota partai koalisi bisa memahami opsi pemerintah untuk menaikkan harga BBM, termasuk PKS yang selama ini menolak usul pemerintah tersebut. "Ada satu kesamaan pandangan soal ini," kata Hatta optimis, Rabu malam, 14 Maret 2012, di Cikeas.

PDIP sendiri sebagai partai di luar koalisi pemerintah ikut memahami langkah pemerintah untuk menaikkan BBM itu. Namun mereka mengajukan catatan mengenai kompensasi yang hendak diberikan pemerintah kepada rakyat apabila harga BBM benar-benar dinaikkan.

"Kompensasi harus gamblang dan jelas. Penghematan anggaran Rp25 triliun dari pengurangan subsidi BBM jangan dalam bentuk BLT (Bantuan Langsung Tunai)," tegas Pram yang juga politisi PDIP.

Apabila kompensasi diberikan dalam bentuk BLT, maka partai-partai tertentu jelas akan diuntungkan, yaitu partai koalisi pemerintah. Untuk itu PDIP menyarankan agar anggaran penghematan BBM dialokasikan untuk pos-pos lain seperti efisiensi birokrasi. (sj)

Nova Arianto Dirumorkan Hengkang, Pelatih Sriwijaya FC Palembang Kaget

Posted: 15 Mar 2012 03:38 AM PDT

SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir SPESIAL: Pasca Tsunami, J-League Musim 2012 Resmi Bergulir

Akhir pekan ini, J-League musim 2012 resmi bergulir setelah melewati fase peristiwa alam yang tak pernah mereka lupakan: bencana tsunami pada Maret 2011 silam.

No comments:

Post a Comment