Tuesday, March 20, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Telkomsel Uji Coba LTE dengan Smart Car

Posted: 20 Mar 2012 09:33 PM PDT

VIVAnews – Telkomsel terus meningkatkan jaringannya untuk  memenuhi kebutuhan kecepatan akses data dengan mengimplementasikan teknologi Long-Term Evolution atau LTE. Apalagi, perkiraan pertumbuhan total data usage Telkomsel meningkat hingga 200 persen dari tahun sebelumnya dengan rata-rata konsumsi pengguna data per subscribers akan meningkat lebih dari 140 persen.

Telkomsel sejak tahun lalu telah mengembangkan implementasi LTE sebagai upaya memberikan beragam layanan inovatif melalui akses bergerak (mobile) tanpa batas. Saat ini, Telkomsel pun menguji jaringan LTE ini.

"Di Research and Development Center, Telkomsel mengembangkan LTE Smart Car, yaitu kendaraan yang memilki konektivitas teknologi LTE untuk mengakses beragam konten dan aplikasi seperti LBS (Location Base Sevices), Vehicle Monitoring, Mobile TV, Telkomsel Application Store dan aplikasi bermanfaat lain yang berbasis LTE," kata Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division Telkomsel dalam keterangan tertulis, Senin 19 Maret 2012.
Smart Car menggunakan teknologi mobile connection LTE diperkuat dengan Internal Connection berupa MiFi dengan kemampuan modem 4G, Access Point, serta GPS yang dapat dihubungkan melalui Head Unit, Laptop, Tablet, dan smartphone. Mobile Connection dengan jaringan LTE Telkomsel  memungkinkan kecepatan akses layanan data antar manusia maupun antar mesin (Machine to Machine), serta didesain untuk tidak menimbulkan interferensi dengan pengguna selain yang ada di dalam kendaraan.

LTE juga merupakan arsitektur jaringan berbasis Internet Protocol, dengan tingkat delay yang rendah (low-latency).  Kecepatan unduh (download) mencapai 150 Mbps dan kecepatan unggah (upload) mencapai 50 Mbps, yang bisa dilayani oleh operator telekomunikasi yang dapat memiliki bandwidth frekuensi sampai dengan 20MHz.
Kecepatan akses pada jaringan Telkomsel secara otomatis juga akan mengoptimalkan layanan-layanan yang sudah ada seperti e-mail, internet browsing, dan MMS.

LTE Smart Car menghadirkan seluruh layanan internet dalam sebuah perangkat mobile. LTE adalah pintu masuk untuk beragam layanan konten internet lain, misalnya Voice Over Internet Protocol, Multi-User Gaming Over Intenet Protocol, High Definition Video On Demand dan Live TV.

Teknologi LTE atau 4G telah banyak diterapkan di beberapa negara maju, baik dengan menggunakan spektrum baru, atau penataan spektrum. Sementara di Indonesia, penerapannya masih menunggu regulasi dan kesiapan operator.

Telkomsel mengklaim, saat ini telah siap mengimplementasikan teknologi LTE dengan modernisasi jaringan Base Station yang mengadopsi teknologi Single Radio Access Network (RAN). Namun, kesiapan ini masih menunggu kepastian regulasi yang mengatur mengenai teknologi LTE tersebut.

“Pak Einstein, Anda Harus Potong Rambut”

Posted: 20 Mar 2012 09:30 PM PDT

Ribuan dokumen Albert Einstein diunggah ke internet. (guim.co.uk)

VIVAnews – Albert Einstein adalah ilmuwan terbesar abad ke-20, peraih Nobel Fisika. Dari otaknya yang jenius tercipta rumus matematis, yang sejatinya sederhana, namun membuat dunia tak lagi sama, yang mengubah pemahaman kita tentang alam semesta: teori relativitas.

Saat ini, catatan dimana Einstein menuliskan persamaan revolusioner E=MC2, dipamerkan untuk kali pertamanya, sebagai bagian dari arsip digital.

Namun, koleksi yang diunggah tak hanya pemikirannya yang luar biasa terkait hukum dasar fisika. Juga termasuk sejumlah dokumen pribadi, termasuk pengumuman pernikahannya, surat dimana ia mengusulkan cara untuk menyelesaian konflik Arab-Yahudi. Bahkan, surat dari seorang gadis kecil yang gemas melihat tampangnya yang awut-awutan. Ia minta matematikawan terkemuka itu mencukur rambutnya.

Dengan penuh kepolosan, dalam surat yang disimpan baik oleh Einstein, bocah enam tahun itu menulis, “Pak Einstein, saya seorang anak berusia 6 tahun. Saya melihat fotomu di koran, kupikir Anda harus potong rambut, agar penampilan lebih baik.”

Einstein yang meninggal tahun 1955 mewariskan sejumlah besar karya tulis dan dokumen pada  Hebrew University, Yerusalem, di mana ia ikut menjadi pendirinya.

Arsip internet sejauh ini telah merangkum 80.000 dokumen, namun pihak universitas mengatakan, ini belum keseluruhan. Baru yang berangka tahun 1922.

Sisanya akan diunggah belakangan, demikian kata  Hanoch Gutfreund, dosen yang bertanggung jawab atas kekayaan intelektuan Einstein. Dia menambahkan, proyek tersebut harus berujung pada dokumen publik yang bisa diakses dengan mudah.

Dokumen-dokumen yang diunggah menyertakan teks Inggris. Sebab, hampir semua makalah ditulis dalam Bahasa Jerman, atau bahasa akademis.

“Ini akan membuat akses lebih mudah, bukan hanya untuk masyarakat umum yang penasaran, juga para akademisi. Mereka bisa menelusuri 80.000 dokumen yang ada,” kata dia, seperti dimuat Daily Mail.

Proyek ini menawarkan akses ke kehidupan Einstein, yang memungkinkan setiap pengakses  membentuk pendapat mereka sendiri tetang sosok ilmuwan besar itu.

Beberapa item dokumen dalam koleksi bersifat sangat pribadi. Belum jelas apakah arsip itu akan dipublikasikan. Termasuk kategori “rahasia pribadi” adalah 24 surat cinta Einstein pada Elsa, perempuan yang menjadi istri keduanya. Surat-surat itu ia kirimkan saat masih terikat pernikahan dengan istri pertamanya, Mileva.

Yang sudah dimasukkan dalam arsip digital adalah surat Einstein pada editor penerbitan, Falastin. Isinya: ia mengusulkan pendirian “Dewan Rahasia” untuk mengakhiri konflik Arab-Yahudi.

Einstein mengandaikan, sebuah kelompok yang terdiri delapan orang Yahudi dan Arab, dokter, ahli hukum, perwakilan serikat pekerja, dan seorang ulama dari setiap sisi, yang akan bertemu setiap minggu secara rahasia untuk membahas isu-isu Palestina.

Pertumbuhan KPR di Atas Kredit Nasional

Posted: 20 Mar 2012 09:25 PM PDT

Ilustrasi DP KPR (www.kemenpera.go.id)

VIVAnews- Kepala Biro Pengaturan Direktorat Penelitian Pengaturan Perbankan Bank Indonesia, Filianingsih, mengatakan pertumbuhan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) tumbuh diatas rata-rata kredit nasional.

Menurut Filianingsih, berdasarkan data BI per Januari 2012 KPR tumbuh sebesar 43,04 persen. Sedangkan KKB tumbuh 29,33 persen. Sementara pertumbuhan kredit secara keseluruhan sebesar 23,72 persen.

“Sepanjang 2011 kredit banyak di konsumsi tumbuh diatas kredit nasional,” kata Filianingsih di Gedung BI, Jakarta, Selasa 21 Maret 2012

Filianingsih menjelaskan, pada awal 2011 dan akhir tahun 2011 pertumbuhan KPR dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) memang sedikit menurun. Namun, secara umum KPR dan KPA selalu lebih tinggi. Bahkan pada januari 2012 pertumbuhan KPR sempat kembali meningkat mencapai 43 persen year on year sementara kredit umum hanya sekitar 24 persen.

Namun, secara kredit bermasalah (non performing loan/NPL) KPR tidak cukup tinggi yaitu 2,12 persen. Sedangkan NPL KKB sebesar 1 persen. “Tapi jika ditotal mencapai 0,5 persen,” ujarnya.

Seperti diketahui Bank Indonesia mengatur kenaikan DP untuk kredit kendaraan roda dua, minimal uang muka menjadi 25 persen dan untuk mobil sebesar 30 persen. Sementara untuk kredit kendaraan bersifat produktif sebesar 20 persen. Sedangkan untuk KPR, rasio LTV yang diatur maksimal 70 persen. Rasio LTV, yakni angka rasio antara nilai kredit yang dapat diberikan oleh bank terhadap nilai agunan pada saat awal pemberian kredit.

Sakit, Ketua Fraksi Gerindra Diberhentikan

Posted: 20 Mar 2012 09:20 PM PDT

Selasa, 20 Maret 2012, 11:27 WIBIta Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika Rapat paripurna DPR RI (ANTARA/Yudhi Mahatma)

VIVAnews – DPR resmi memberhentikan Ketua Fraksi Gerindra, Widjono Harjanto sebagai anggota DPR. Pemberhentian itu disampaikan dalam Rapat Paripurna pada Selasa pagi, 20 Maret 2012. Selama dua bulan Widjono tidak masuk kantor karena sakit. Karena sakit itu pula dia tidak bisa menjalankan tugas sebagai angggota dewan.

“Setelah dipertimbangan dengan seksama, dengan alat bukti berupa tidak bisa melaksanakan tugas dua bulan berturut-turut maka terjadi pemberhentian secara tetap kepada Saudara Widjono Hardjanto,” kata Wakil Ketua DPR, Pramono Anung saat memimpin Rapat Paripurna.

Keputusan pemberhentian itu diambil dalam rapat Badan Kehormatan (BK) secara tertutup tanggal 27 Februari lalu. Widjono diketahui dirawat karena sakit.

RBS Tutup Sebagian Bisnis di Indonesia

Posted: 20 Mar 2012 09:16 PM PDT

Royal Bank of Scotland (RBS) (REUTERS/Andrew Winning)

VIVAnews – Bank terbesar milik pemerintah Inggris, Royal Bank of Scotland (RBS), akan menutup sebagian operasi di Indonesia, Singapura, dan Korea Selatan, setelah gagal mendapatkan pasar di tiga negara itu.

Juru bicara RBS di Hong Kong, Yuk Min Hui, menyatakan RBS mulai menutup beberapa operasi mulai Selasa, 20 Maret 2012. Bisnis yang ditutup mencakup cash equities, equity capital markets, dan unit-unit corporate finance di Korea Selatan, dan sejumlah cash equities di Indonesia dan Singapura.

“Keputusan ini akan berdampak pada sekitar 70 tenaga kerja,” katanya, seperti dikutip dari laman laman Financial Express.

Pada Januari RBS berencana memangkas sekitar 3.500 pekerja di unit bank investasi dengan menjual atau menutup divisi yang tidak menguntungkan. Bank ini juga sedang dalam pembicaraan untuk menjual beberapa aset di Asia-Pasifik kepada CIMB Group Holdings, Malaysia.

“Namun kami menegaskan bahwa aset tertentu tidak akan disertakan dalam penjualan atas dasar ‘alasan komersial’,” kata Hui.

Hui menjelaskan, RBS akan terus beroperasi untuk layanan transaksi, pembiayaan utang, dan bisnis manajemen risiko di Korea, Indonesia, Singapura, dan delapan negara lainnya di Asia-Pasifik.

Komunitas: Perubahan New Yaris Tak Signifikan

Posted: 20 Mar 2012 09:11 PM PDT

Toyota New Yaris (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan generasi terbaru dari mobil hatchback andalannya, Yaris. Namun, lahirnya New Yaris mendapatkan respons yang kurang positif dari komunitas pecinta Toyota Yaris di Indonesia.

Mereka menilai perubahan yang ada di New Yaris tidak terlalu signifikan dan kurang memuaskan. “New Yaris memang kurang menawarkan perubahan yang baru. Perubahan hanya di bemper depan, belakang serta model lampunya. Bagi TYCI kehadiran New Yaris kurang signifikan,” kata Djunaedy, Ketua Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) di Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Toyota New Yaris menampilkan penyegaran di desain eksterior front dan rear bumper. Rear Combination Lamp kali ini juga tampil lebih atraktif dengan menggunakan New LED Lamp. Perubahan lain juga terjadi di interiornya. Namun, itu tidak terlalu signifikan. Klik di sini untuk mengetahui alasan Toyota tidak merombak total generasi terbaru Yaris untuk pasar Indonesia.

Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) sudah terbentuk sejak tahun 2006. Hingga saat ini, mereka telah telah memiliki member milist lebih dari 1250 orang. Beberapa kegiatan acara telah mereka siap di tahun 2012. Seperti touring, bakti sosial, female gathering, dan mensosialisasikan cara berkendara yang baik dan aman kepada masyarakat.

Laporan: Wahyu Prasetyo

New iPad Mulai Ditawarkan di Forum Jual Beli

Posted: 20 Mar 2012 09:06 PM PDT

VIVAnews – Setelah sukses menjual The New iPad di hari pertama peluncurannya, Apple baru menunjuk sepuluh negara jadi tempat penjualan iPad terbaru itu. Sepuluh negara itu adalah Amerika Serikat, Kanada, Swiss, Jepang, Australia, Singapura, Hong Kong, Inggris, Prancis, Jerman, serta Puerto Rico.

Hingga saat ini, belum diketahui kapan The New iPad secara resmi dijual di Indonesia. Namun, penawaran penjualan iPad baru ini sudah muncul dalam sebuah thread di situs komunitas dan forum, Kaskus.

Di Kaskus, sebuah thread penjualan iPad terbaru ini muncul di Forum Jual Beli Kaskus. iPad baru dijual di thread “Jual ipad 3 4G hd dan Ipod Nano ready stock..!!!”  Thread starter-nya berstatus “newbie”, dengan nama akun leobagus2001.

Harga iPad terbaru dijual dengan banderol harga Rp 10 juta untuk kapasitas 32 GB dan Rp 11 juta untuk kapasitas 64 GB. Tapi hingga saat ini belum diketahui apakah sudah ada yang memesan iPad terbaru yang dipasarkan melalui portal komunitas ini.

Di AS, new iPad 16GB dijual dengan harga US$499, iPad 32GB dijual dengan harga US$599, dan iPad 64GB dihargai US$699. Sedangkan new iPad yang dilengkapi WiFi+ 4G 16GB dihargai US$629, US$729 untuk 32GB, dan US$829 untuk 64GB.

Apple melengkapi iPad dengan layar 9,7 inch ini dengan teknologi retina display. Apple pun menjadikan iPad terbaru ini untuk mampu berjalan di jaringan 4G LTE.

Untuk kamera, iPad ini dilengkapi kamera 5 MP dengan sensor optik yang sama dengan yang digunakan iPhone 4S. Sedangkan untuk video recording memiliki resolusi 1080p.

“Naikkan BBM, Tapi Cepu Diabaikan Pemerintah”

Posted: 20 Mar 2012 09:02 PM PDT

Kilang mini minyak blok Cepu di Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur (Antara/ Aguk Sudarmojo)

VIVAnews – Pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk menjaga agar APBN tetap sehat. Namun, pemerintah dianggap mengabaikan sumber devisa yang ada.

Analisis keamanan energi, Dirgo W Purbo, mengatakan salah satu sumber devisa yang berpotensi misalnya, ladang minyak di Cepu. Ladang minyak ini, kata Dirgo pernah dijanjikan dapat memproduksi hingga 150 juta barel.

“Tapi sampai sekarang ini belum bisa diproduksi,” kata Dirgo dalam diskusi “Polemik” Sindo Radio bertema “Jeratan dan Jeritan BBM” di Jakarta, Sabtu 17 Maret 2012.

“Satu sisi pemerintah akan menaikkan harga BBM ini, mengapa ladang minyak Cepu tidak segera diproduksi,” lanjutnya.

Menurut Dirgo, sampai saat ini Indonesia hanya bisa produksi dari ladang minyak yang ada sebanyak 800 ribu barel per hari (bph). Dengan dioptimalkannya ladang minyak Cepu, maka minimal produksi minyak bisa mencapai 1 juta bph dan belum lagi kandungan gas di dalamnya.

“Sekarang kesulitan mencari sumber gas di luar Republik Indonesia. Kita ekspor gas keluar, tapi di dalam jerit-jerit. Tapi, ada satu ladang yang tidak dimanfaatkan,” kata dia.

Dirgo juga mengkritik kinerja Komisi VII dan XI DPR yang tak bergerak mendorong pemerintah agar ladang minyak Cepu segera diproduksi. Pemerintah, kata dia seharusnya memikirkan pasokan energi. Jika tidak, tak akan ada ketahanan energi nasional sehingga mengambil jalan pintas dengan menaikkan harga BBM.

“Pertumbuhan ekonomi itu terkait ketersediaan energi. Dunia luar menghadapi kompetisi akses ke sumber energi, justru kita impor 1,6 juta barel per hari, kita alami kesulitan bagaimana memasukkan ke Indonesia,” kata dia.

New iPad Dikeluhkan Cepat Panas

Posted: 20 Mar 2012 08:59 PM PDT

VIVAnews – Kehadiran The New iPad di sepuluh negara disambut penuh antusias oleh pecinta Apple, dengan antrean yang mengular di penjualan hari pertama. Namun, antusiasme tablet terbaru Apple ini juga disertai masalah: overheat atau cepat panas.

Mengutip DeviceMag, Beberapa hari sejak Apple menjual iPad baru ini di sepuluh negara, sejumlah post di forum-forum internet mulai banyak yang mengeluh tentang masalah ini. Para pengguna merasakan tidak nyaman dengan iPad anyar mereka yang lebih cepat panas.

Kabar soal overheating ini bukan hanya terjadi pada New iPad saja. Seri iPad sebelumnya juga disebut memiliki masalah sama. Namun analis merasa bahwa iPad baru ini seperti merangkum semua masalah sebelumnya, dengan bagian dalamnya yang khas.

New iPad ini dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dari pendahulunya. Tak hanya baterai, iPad baru ini juga dilengkapi dengan chip A5X, yang disebut memiliki kinerja lebih baik ketimbang A5 di iPad 2.

Kedua faktor ini dianggap cukup kuat untuk membuat New iPad menjadi lebih cepat panas lebih dari seri sebelumnya.

Menariknya, di sejumlah posting forum tentang New iPad, banyak pengguna yang mengeluh tentang cepat panas di sudut kiri bawah, saat iPad dipegang dalam orientasi portrait atau posisi berdiri.

Selain itu, ada juga kasus saat New iPad baru saja dimatikan, kemudian muncul pesan pop up yang mengatakan, “iPad harus didinginkan terlebih dahulu”. Setidaknya sekali pesan tersebut datang pada saat pemakaian digunakan di bawah sinar matahari.

Hal ini tidak tidak mengherankan, karena gadget seperti iPad dan iPhone tidak dilengkapi kipas di bagian dalam. Selain itu, suhu operasi kisaran untuk New iPad adalah antara 32° sampai 95° F (sekitar 0° hingga 35° C).

Sepertinya Apple telah menyadari masalah ini. Ada laporan dari staf Apple yang menegaskan bahwa iPad terbaru ini semakin panas dari yang sebelumnya karena ukuran baterainya lebih besar.

Namun, pengguna iPad tak perlu khawatir, setidaknya satu orang telah melaporkan bahwa Toko Apple telah mengganti iPad secara mudah, ketika ia mengeluh tentang masalah overheating ini. (sj)

VIDEO: Rolls Royce Lapis Emas Anti Peluru

Posted: 20 Mar 2012 08:54 PM PDT

Rolls Royce Phantom berlapis emas (Autoguide.com)

VIVAnews – Membuat mobil mewah dilapisi emas ternyata belum cukup bagi rumah modifikasi di Swiss, Eurocash AG. Mereka melakukan kreasi yang lebih gila, yakni melapis Rolls Royce Phantom dengan emas yang juga tahan peluru dan granat.

“Perhiasan berjalan” ini dirancang oleh desainer Inggris, Stuart Hughes. Emas 18 karat yang dibenamkan di mobil itu memiliki berat total 120 kilogram dan tersebar di eksterior dan interiornya. Salah satunya di bagian pegangan pintu.

Hebatnya lagi, mobil ini tahan 570 kali tembakan dengan senjata laras panjang jenis AK47 dan dua ledakan granat. Lihat videonya di sini.

Rolls Royce Phantom dibanderol US$8,2 juta atau sekitar Rp 75 miliar. Namun dengan harga yang relatif mahal, tidak membuat mobil ini sepi peminat. Bahkan, salah satu saudagar kaya dari Timur Tengah sudah bersiap merogoh koceknya demi mendapatkan sebuah tunggangan eksotis ini. (Sumber: Autoguide)

Honda Civic dan CR-V Bakal Bermesin Diesel

Posted: 20 Mar 2012 08:49 PM PDT

Mesin Diesel Honda (Motorbeam)

VIVAnews – Menurunnya pangsa pasar mobil Honda di India langsung diantisipasi oleh produsen asal Jepang ini. Mereka langsung berencana membangun pusat manufactur mobil mesin diesel di negeri Hindustan.
Rencana tersebut didukung dengan kebijakan pemerintah India yang sepakat tidak mengenakan pajak pada mobil bertenaga diesel. Mesin diesel ini nantinya akan digunakan di pasar domestik maupun di ekspor ke beberapa negara Asia dan Eropa.
Setelah membuat pabrik mesin diesel, Honda akan meluncurkan generasi terbaru dari Civic dan CR-V dengan mesin diesel pada awal 2013. Civic diesel nantinya akan dibekali mesin 1.6-liter i-DTEC yang memiliki kandungan sulfur yang rendah.
Mesin tersebut diharapkan dapat menyemburkan tenaga hingga 120 BHP dan torsi 300 Nm. Dan saat ini, Honda juga sedang mencari jalan untuk mencoba membangun mesin diesel 1.2-liter dan 1.4-liter yang akan digunakan di Honda Jazz, Brio dan City.

Pabrik itu diharapkan mampu meningkatkan penjualan Honda di India. (Automotto, Motorbeam, umi)

Penyebab Kemacetan di Gerbang Tol Versi BPJT

Posted: 20 Mar 2012 08:44 PM PDT

Kemacetan di gerbang tol dalam kota Jakarta (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menegaskan kemacetan yang terjadi di pintu gerbang jalan tol bakal menjadi salah satu evaluasi standar pelayanan minimal (SPM) terhadap kinerja operator jalan tol.

Hal tersebut ditegaskan Kepala BPJT, Ahmad Ghani Ghazali di Jakarta, Selasa, 20 Maret 2012. “Sudah banyak keluhan para pengguna tentang hal itu, dalam evaluasi SPM, itu tidak termasuk penilaian. Untuk yang akan datang, akan kami perhatikan,” kata dia.

Ghani mengakui, permasalahan kemacetan di gerbang tol tak bisa terlepas dari ketersediaan jumlah gardu yang disediakan pengelola jalan tol. Hal lain yang bisa memicu kemacetan adalah jumlah kendaraan yang bakal melewati jalan bebas hambatan tersebut

“Kalau masih bisa dikembangkan, ya harus tambah gardu. Yang sulit kan kalau nambah sudah tidak ada tempatnya lagi seperti tol kota,” kata Ghani.

Kendati sulit, BPJT menegaskan masalah kemacetan di pintu gerbang tol itu tetap akan menjadi perhatian lembaganya. Hal itu pula yang mendasari rencana penilaian operator jalan tol dalam kategori SPM.

“Nanti kami perhatikan hal tersebut ke depan. Karena kalau kendaraan banyak seperti Jakarta, agak sulit menghindari antrean,” ujarnya.

Seperti diketahui, aksi Menteri BUMN Dahlan Iskan membuka paksa dua pintu gerbang tol dalam kota Jakarta telah menarik perhatian  masyarakat. Dahlan ‘mengamuk’ setelah melihat antrean panjang di pintu gerbang tol Semanggi I, Jakarta.

Tak hanya membuka paksa pintu gerbang, Dahlan juga sempat melempar dua kursi petugas gardu yang kala itu masih kosong. (art)

Akhir Tahun, Sport One VIVA Tayang

Posted: 20 Mar 2012 08:41 PM PDT

Sport One ditargetkan akan mulai mengudara paling cepat akhir tahun ini. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews – PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) berencana membuat saluran televisi olahraga, Sport One, yang akan ditayangkan di salah satu operator televisi berbayar di Indonesia. Sport One ditargetkan akan mulai mengudara paling cepat akhir tahun ini.

Presiden Direktur VIVA, Erick Thohir, menjelaskan, saat ini, VIVA sedang melakukan penawaran untuk content bola yang rencananya baru diumumkan pada akhir Maret 2012.

“Untuk bersaing di pasar, maka membuka unit baru, Sport One, saluran di TV kabel. Content-nya global, 30 persen akuisisi program luar,” kata Erick di Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Direktur Keuangan VIVA, Charlie Kasim, menambahkan, Sport One mulai dapat ditonton paling lambat awal 2013. “Sport One ini untuk menayangkan acara olahraga, khususnya sepakbola. Ini membutuhkan dana yang cukup besar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, belanja modal atau capital expenditure (capex) VIVA yang awalnya sebesar Rp400 miliar dapat meningkat, tergantung hasil pembelian content olahraga, hak siar olahraga, dan content premium entertainment untuk ANTV.

“Nilai dan acaranya belum bisa diumumkan. Setelah proses selesai akan memberikan dampak positif untuk perusahaan dan masyarakat. Sedangkan pembelian content premium dari perusahaan internasional ini untuk  memperkuat struktur program ANTV di family lifestyle,” tuturnya.

Selain itu, VIVA akan meluncurkan dua portal berita khusus olahraga dan lifestyle, yaitu VIVAbola dan VIVAlife, yang merupakan portal lifestyle female audience. VIVAbola telah diluncurkan bulan lalu dan April 2012 ini akan resmi berdiri.

“Sedangkan VIVAlife diluncurkan sekitar bulan enam dan tujuh tahun ini,” kata Charlie. (art)

Resolusi New iPad dalam ‘Mata’ Mikroskop

Posted: 20 Mar 2012 08:36 PM PDT

VIVAnews – Kehadiran The New iPad, yang juga sudah dijual secara luas, sepertinya sudah mengobati kerinduan pecinta tablet besutan Apple ini. Dengan resolusi 2048 x 1536 pixel, yang merupakan resolusi terbaik pada tablet saat ini, Apple cukup sukses meraih keuntungan di pekan pertama penjualan iPad terbarunya.

Namun, mengutip laman Mashable, jika melihatnya dengan menggunakan mikroskop, resolusi layar New iPad lebih kecil dibandingkan dengan yang digunakan dalam layar iPad 2.

Ini dibuktikan oleh desainer antarmuka, Lukas Mathis. Ia yang memiliki mikroskop digital dan baru punya New iPad, memutuskan untuk memasang beberapa screenshot dari layar, dengan diperbesar 80 kali. Sebagai perbandingan, ia juga memiliki gambar dari smartphone dan tablet lain dengan perbesaran yang sama.

Seperti yang Anda lihat pada gambar, perbedaan antara pixel dari iPad 2 dan New iPad ini cukup mengejutkan. Bahkan, hanya dua perangkat lainnya dari galeri Mathis itu yang memiliki piksel lebih kecil dari New iPad, yaitu iPhone 4S dan Xperia iPhone, yang memiliki resolusi layar 4-inci 854 x 480 piksel.

Perangkat lain yang termasuk dalam kelompok ini adalah Kindle Fire, Google Nexus One, dan Nintendo 3DS.

Berikut foto-foto perbandingannya:

The New iPad

iPad 2

iPhone 4S

(art)

FOTO: Parkir Ngawur, Mobil Dimutilasi

Posted: 20 Mar 2012 08:33 PM PDT

Mobil di Rusia dipotong dengan gergaji mesin karena parkir sembarangan (Carbuzz)

VIVAnews -  Pemerintah Rusia dikenal cukup tegas untuk menindak pengendara mobil yang gemar memarkir sembarangan. Mereka siap menghancurkan mobil yang diparkir “ngawur” dengan sebuah traktor besar dilengkapi gergaji otomatis.

Dilansir Carbuzz, Senin 19 Maret 2012, beberapa mobil telah menjadi korban dari saksi tilang versi Rusia ini. Mobil yang parkir sembarangan ditindak tegas dengan cara dilindas dengan traktor besar dan dipotong-potong dengan mesin gergaji.

BMW berwarna putih menjadi korbannya. Karena kesalahan dalam memarkir kendaraannya, mobil mewah buatan Jerman ini berubah menjadi rongsokan setelah dilindas oleh “monster tilang Rusia”.

Berikut foto mobil-mobil yang dihancurkan akibat parkir disembarangan di Rusia:

Laporan: Wahyu Prasetyo, umi

Jualan Kartu e-Toll Gagal, Ini Cerita Dahlan

Posted: 20 Mar 2012 08:30 PM PDT

Dahlan Iskan (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan tidak hanya mengkritik pelayanan Jasa Marga. Dahlan juga mengkritik penjualan kartu e-Toll pass atau kartu tol elektronik. Dahlan menilai penjualan kartu e-Toll itu gagal.

“Saya juga sangat tidak puas hasil penjualan kartu e-toll yang kurang berhasil,” kata Dahlan Iskan dalam pesan yang dikirim lewat BlackBerry Messenger, Selasa 20 Maret 2012.

Dahlan mengetahui bahwa penjualan kartu tol elektronik itu kurang memuaskan. Itu sebabnya Dahlan sudah menawarkan diri untuk turut dilibatkan dalam penjualan kartu sistem pendebitan otomatis setiap kali mobil melewati gardu tol, tanpa harus berhenti untuk membayar.

“Saya sudah tawarkan untuk ikut jualan. Saya tunggu-tunggu begitu lama tidak ada realisasinya,” sesal Dahlan.

Padahal, Dahlan sudah memberikan sedikit tips kepada jajaran Direksi Jasa Marga agar penjualan kartu tol elektronik itu bisa sukses. Tetapi, sepertinya tidak ada tindak lanjut.

“Saya sudah bilang perlu cara-cara kreatif untuk jualan kartu itu. Biar kian banyak yang beli kartu e-Toll,” kata mantan Direktur Utama PLN ini.

Kekecewaan Dahlan ini bermula saat pagi tadi dirinya terjebak antrean kemacetan panjang di gerbang tol Semanggi arah Slipi. Lebih dari 30 kendaraan mengular. Salah satunya mobil Sang Menteri. Padahal hari masih pagi, pukul enam lewat sedikit.

Kemacetan dipicu karena hanya satu dari tiga loket gerbang tol yang dibuka. Dahlan berang dan langsung turun dari mobil lalu membuka paksa palang gerbang tol. Sebanyak 100 mobil melenggang gratis masuk tol.

Demokrat Tolak Interpelasi Remisi Koruptor

Posted: 20 Mar 2012 08:26 PM PDT

Anggota Komisi Hukum DPR Didi Irawadi Syamsuddin (Antara/ M Agung Rajasa)

VIVAnews – Partai Demokrat menolak usul hak interpelasi terkait kebijakan pengetatan remisi dan bebas bersyarat bagi koruptor dan teroris. Interpelasi dinilai tak cocok digulirkan untuk mempersoalkan kebijakan Menteri Hukum dan HAM tersebut.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum, Didi Irawadi Syamsudin, jika tetap dipaksakan mengajukan interpelasi, maka sama saja artinya anggota DPR berpihak pada koruptor. Padahal, ujarnya, pengetatan pemberian remisi bagi koruptor justru bertujuan untuk memberikan efek jera.

"Karena kejahatannya yang luar biasa, sangat layak kalau koruptor tidak berhak menikmati hak istimewa itu dengan gampang. Oleh karenanya, diatur lebih ketat. Jika ada pihak yang kemudian menolak itu, maka tidak diragukan lagi itu merupakan semangat membela koruptor," kata Didi di Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Hak interpelasi, kata dia, seharusnya digunakan apabila menyangkut isu strategis dan berdampak luas pada masyarakat. Misalnya mengenai kenaikan harga sembako yang tidak terjangkau masyarakat.

"Sementara jika interpelasi digunakan dalam kasus pengetatan remisi bagi koruptor, maka yang diperjuangkan jelas bukan masyarakat luas, namun hanya segelintir koruptor yang jelas-jelas telah mengkorup dan menjarah hak rakyat," ujar anggota Komisi Hukum DPR itu.

Koruptor, kata dia, justru harus dijatuhi hukuman berat dan tidak perlu diberi remisi ataupun pembebasan bersyarat. Menurut Didi, kebijakan pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM tentang pengetatan pemberian remisi dan pembebasan bersyarat telah sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006 tentang Perubahan atas PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, serta Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.01.Pk.04-10 Tahun 2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

Sementara Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri menyebutkan bahwa pembebasan bersyarat bagi narapidana korupsi wajib memperhatikan rasa keadilan masyarakat. "Saat ini sebagian masyarakat tak henti-hentinya menuntut pemerintah agar secara konsisten dan sungguh-sungguh memberantas korupsi," papar Didi.

Menurutnya, kebijakan pengetatan pemberian remisi dan pembebasan bersyarat bagi koruptor ini juga tak melanggar ketentuan dalam UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Kebijakan itu selaras dengan ketentuan hukum internasional yang diatur melalui konvensi internasional tentang UNCAC (United Nations Convention Againts Corruption) Tahun 2003 yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui UU Nomor 7 Tahun 2006.

Menurut UNCAC Tahun 2003, negara harus mempertimbangkan secara ketat pemberian pembebasan bersyarat bagi narapidana korupsi.

Lacak Penimbun BBM, Polisi Cuma Butuh 3 Jam

Posted: 20 Mar 2012 08:22 PM PDT

Aksi penimbunan BBM marak jelang kenaikan harga (BPH Migas)

VIVAnews - Pemerintah sudah memastikan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang akan diterapkan pada awal April 2012. Untuk mengantisipasi aksi penimbunan BBM bersubsidi itu, PT Pertamina (Persero) pun menggandeng Polda Metro Jaya.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Agung Budi Maryoto mengatakan, koordinasi dengan Pertamina akan berlangsung dengan cepat. Salah satunya adalah koordinasi langsung dengan aparat kepolisian di lokasi dugaan adanya penimbunan BBM ilegal.

“Jika benar melakukan tindakan hukum akan diiberitahu juga kepada Pertamina, begitu juga kalau laporan tersebut tidak benar. Jadi, kami sama-sama memberikan informasi mengenai hal itu,” kata Agung di Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Agung menegaskan, reaksi cepat akan diambil aparat kepolisian jika pihaknya menerima laporan indikasi penimbunan BBM dari Pertamina. Bahkan, Polda Metro Jaya memberikan batas waktu pengecekan ada tidaknya tindak pidana itu maksimal 3 jam.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochammad Harun, menambahkan, sejauh ini pengaduan masyarakat yang bersifat distribusi BBM dan tindak kriminal sudah banyak masuk ke pihaknya. Pertamina sudah membentuk satuan tugas untuk menyelidiki orang-orang yang diduga melakukan penimbunan BBM.

“BBM itu kan bahan yang mudah terbakar, maka masyarakat jangan melakukan penimbunan. Karena jika ada percikan api, nanti akan ada kebakaran yang luar biasa. Kalau masyarakat mengetahui ada yang menimbun segera lapor,” kata Harun.

General Manager BBM Retail Region Jawa Bagian Barat, Hasto Wibowo, menjelaskan, stok BBM untuk saat ini masih dalam batasan cukup. Untuk itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir terhadap isu-isu yang berkembang di luar.

Hasto berharap, masyarakat tak perlu ragu melaporkan adanya tindak penimbunan BBM. Selain itu, Pertamina siap menerima laporan seputar SPBU ‘nakal’ yang masih memberikan penjualan melalui jeriken.

“Ada 1.450 SPBU di DKI, Jawa Barat dan Banten. Semua tidak mungkin diawasi oleh kami. Maka dari itu pengawasan dari masyarakat sangat diperlukan,” jelas dia. (art)

Jenis BBM Paling Banyak Dioplos Selama 2011

Posted: 20 Mar 2012 10:42 AM PDT

Jenis BBM yang dijual di SPBU Pertamina (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengungkapkan kerugian penyelewengan bahan bakar minyak (BBM) yang ditemukan oleh penyidik PNS (PPNS) BPH Migas sepanjang 2011 mencapai Rp10,8 miliar.

“Penyelewengan itu berupa Premium dioplos dengan Pertamax, begitu juga Solar dicampur dengan Marine Fuel Oil (MFO). Kan Pertamax dan MFO lebih mahal,” kata Anggota Komite BPH Migas, Ibrahim Hasyim, di Jakarta, Selasa 20 Maret 2012.

Berdasarkan data BPH Migas, temuan PPNS BPH Migas yang telah masuk dalam pengadilan untuk penyelewengan minyak tanah mencapai 115.937 liter senilai Rp1 miliar. Penyelewengan Solar mencapai 677.802 liter senilai Rp7,3 miliar.

Sementara itu, untuk penyelewengan BBM jenis Premium mencapai 304.157 liter atau senilai Rp2,4 miliar. Untuk Pertamax mencapai 2.000 liter atau Rp18 juta dan MFO sebanyak 800 liter atau Rp2,8 juta.

“Totalnya 1,1 juta liter atau senilai Rp10,82 miliar kerugian negara dari penyelewengan BBM sepanjang 2011,” kata Ibrahim.

Dari data BPH Migas itu, BBM jenis Solar merupakan bahan bakar yang paling banyak dioplos masyarakat. Diikuti Premium, minyak tanah, Pertamax, dan MFO.

Sebagai informasi, BPH Migas pada 7 Maret 2012 mengamankan satu kapal bermuatan 100 ton atau sekitar 100 ribu kiloliter bahan bakar bersubsidi (BBM) jenis Solar di Sungai Mahakam, Long Bagun, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Solar bersubsidi tersebut diduga dijual kembali untuk industri pertambangan dan perkebunan.

BPH Migas telah memetakan titik-titik penimbunan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di Indonesia. Dengan pemetaan itu, pihaknya bersama aparat penegak hukum diharapkan bisa segera menindak aksi pembocoran BBM subsidi ke tangan yang tidak berhak. (art)

Alasan BI Tetapkan DP 30% untuk KPR

Posted: 20 Mar 2012 10:38 AM PDT

Ilustrasi rumah dengan KPR (kemenpera.go.id)

VIVAnews - Bank Indonesia menetapkan loan to value (LTV) bank dalam memberikan kredit sebesar 70 persen bagi rumah tipe 70 ke atas. Nasabah yang mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk rumah tipe 70 ke atas harus menyediakan uang muka (down payment/DP) sebesar 30 persen.

Kepala Biro Pengaturan Direktorat Penelitian Pengaturan Perbankan Bank Indonesia, Filianingsih, mengatakan, penetapan itu karena berdasarkan tipe, mayoritas kredit properti ditujukan untuk kredit kepemilikan rumah tinggal tipe 22 sampai 70. Pangsa pasar mencapai 43,87 persen atau senilai Rp88,8 triliun. Setelah itu diikuti kredit rumah tipe di atas 70 dengan pangsa pasar 31 persen atau Rp62,7 triliun.

Adapun kredit kepemilikan apartemen dan ruko secara keseluruhan kurang lebih mencapai 10 persen dari total kredit properti.

BI juga mencatat, dalam beberapa periode menunjukkan kenaikan harga properti. Pertumbuhan harga tertinggi hampir 20 persen pada periode 2002, 2003, 2006, dan 2007, yang terjadi setiap kuartal ketiga.

“Berdasarkan historical trend terlihat bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara kenaikan jumlah kredit dengan harga properti,” ujarnya.

Menurut dia, rumah dengan tipe 22 ditujukan untuk kebutuhan primer. Karena untuk ditinggali, komitmen nasabah untuk menyelesaikan kreditnya lebih tinggi.

Sementara itu, untuk rumah tipe di atas 70, harganya meningkat di atas rata-rata. “Paling tidak, bank melihat sekarang DP-nya sangat kecil. Kalau memang belum mampu DP tipe 70, ya, tunda dulu sampai memenuhi. Yang diutamakan unsur prudensial,” ujarnya.

Untuk kelas menengah, dia menjelaskan, biasanya memiliki rumah dengan tipe 22-70. Sementara itu, rumah tipe di atas 70 biasanya banyak dibeli kalangan menengah atas. Di Indonesia didominasi kalangan menengah ke bawah. (art)

Di RI, 1,5 Juta Hacker Menyerang Tiap Hari

Posted: 20 Mar 2012 10:34 AM PDT

VIVAnews – Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet melalui berbagai perangkat, peluang bagi para peretas untuk menyerang jaringan internet pun semakin besar. Para peretas kian berevolusi dengan sarana yang lebih canggih.

“Catatan kami, di kita (Indonesia) 1,5 juta hacker menyerang internet tiap hari,” kata Rudi Lumanto, Ketua Indonesian Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) dalam diskusi keamanan internet di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa 20 Maret 2012.

Ia menambahkan bahwa tren serangan internet di Indonesia dan negara berkembang cenderung masih memakai rekayasa sosial. Caranya adalah membobol data lewat pendekatan komunikasi dengan pengguna lain. Sedangkan di negara maju tren yang dilakukan oleh para peretas menggunakan rekayasa teknis teknologi.

“Untuk skala Indonesia masih soal pemalsuan identitas,” ujarnya.

Namun, ia mengingatkan bahwa kejahatan internet juga berpotensi menyerang ke negara seperti malware Stutnext yang menyerang instalansi nuklir Iran. “Apalagi kejahatan internet migrasi di berbagai negara,” ucapnya.

Rudi mengatakan bahwa serangan internet yang terjadi  di Indonesia berbasis program SQL, DOS, ICNT, dan malware. Pihaknya mencatat bahwa serangan pada akhir tahun dan awal tahun cenderung meningkat. “Dan punya potensi meningkat dua kali lipat,” tambahnya.

Untuk itu ia berharap agar semua pengguna mempunyai kesadaran tinggi dalam berinternet, terlebih institusi yang mempunyai data penting. Rudi mengatakan saat ini sedang disosisalisasikan CERT (Computer Emergency Response Team), tim pengawas Internet untuk diterapkan pada institusi.

“Kami berharap setiap institusi mempunyai CERT. Saat ini sudah ada CERT Community, Academy CERT, dan nanti akan ada Goverment CERT,” katanya.

Dalam rangka tersebut, akhir bulan ini ID SIRTII dengan didanai oleh Kementerian Kominfo akan menggelar konferensi internasional soal keamanan internet di Bali, yakni Asian Pasific CERT dan Technical Colloquim CERT.

“Di sini sebagai wadah kolaborasi CERT juga berbagi pengetahuan soal penanggulangan kejahatan internet di berbagai negara,” ujar Rudi. Dalam even ini, akan hadir Menteri Pertahanan RI, Menkoinfo RI dan kalangan pemerhati keamanan Internet dunia.

Daftar Mobil-mobil Tertangguh di 2012 (1)

Posted: 20 Mar 2012 12:52 AM PDT

Koranbaru – Sebuah mobil dapat dikategorikan baik tidak hanya karena memiliki tampilan bergaya, namun juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar, berkualitas, tangguh, serta layanan suku cadang yang mudah.

Dilaporkan majalah Forbes, Senin 19 Maret 2012, kategori mobil tangguh adalah memiliki fitur keselamatan yang baik dan mesin bertenaga kuat. Sudah pasti mobil ini mampu menghadapi segala kondisi jalan dan cuaca tanpa mengalami keluhan.

Lembaga keselamatan lalu lintas di Amerika, Insurance Institute for Highway Safety’s Top Safety Picks 2012 (IIHS) membuat beberapa data mobil-mobil yang telah lolos uji tabrak dan mendapatkan rating bintang lima.

Berikut daftar 10 mobil yang kuat dan handal dengan fitur keselamatan maksimal di tahun 2012:

1. Acura TL 2012

Mobil buatan negeri Sakura ini memiliki dua varian mesin, yakni 3.5-L V6 bertenaga 280 hp dan torsi 254 lb-ft, serta mesin 3.7-L V6 bertenaga 305 hp dan torsi 273 lb-ft. Mobil ini dibanderol US$35.605 atau sekitar Rp327 juta.

2. Ford Fusion Hybrid 2012

Ford dengan mesin hybrid ini dibanderol Rp264 juta. Mesin 2.5-L I4 yang digunakan mampu menyemburkan tenaga 156 hp dan torsi 136 lb-ft. Mesin ini juga mendapat sokongan tenaga motor listrik sebesar 35 hp.

3. Honda Fit 2012

Dengan mesin 1.5-L I4, Honda Fit memiliki tenaga 117 hp dengan torsi 106 lb-ft. Hatchback kreasi dari Soichiro Honda ini dibanderol Rp139 juta.

4. Lincoln MKZ Hybrid 2012

Mobil yang satu grup dengan Ford Motor Company ini, memiliki mesin hybrid 2.5-L I4 bertenaga 156 hp dan torsi 136 lb-ft, dengan tambahan tenaga motor listrik 35 hp. Sedan mewah ini dibanderol Rp319 juta.

5. Scion xB 2012

Scion xB merupakan mobil pabrikan Toyota yang dipasarkan di Amerika Serikat dengan 5-pintu. Multi Purpose Vehicle (MPV) ini menggunakan mesin 2.4-L I4 bertenaga 158 hp dan torsi 162 lb-ft. Scion xB dihargai Rp156 juta. Bersambung….

SBY Ingin Bikin Mobnas Bertenaga Listrik

Posted: 19 Mar 2012 11:10 PM PDT

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Koranbaru – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan niatnya untuk segera membuat mobil dan motor bertenaga listrik. Untuk membahas hal tersebut, sore tadi, Presiden mengundang rektor dari perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Indoneisa, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Surabaya.

Selain mengundang para rektor, turut hadir juga Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Menristek Balthasar Kambuaya.

“Kami membahas rencana bangsa untuk memproduksi sarana transportasi yang efisien dan ramah lingkungan, utamanya mobil dan motor,” kata Yudhoyono di Kantor Presiden, Senin 20 Maret 2012.

SBY menjelaskan, mobil dan motor elektrik dinilai bisa menjadi solusi jitu dari ketergantungan pada bahan bakar minyak. Menurutnya, dua tahun lalu, dia bersama sejumlah menteri membahas riset dan pengembangan untuk produksi mobil ramah lingkungan.  “Bahkan yang tidak memerlukan bahan bakar minyak sebagai sumber energinya,” katanya.

Lebih lanjut, kata SBY, kabar terakhir yang diterima dari Menteri BUMN, Dahlan Iskan, bahwa banyak kalangan telah mendesak perlunya Indonesia memiliki mobil elektrik. 

“Ketika industri bertumbuh, keperluan akan bahan bakar minyak itu akan makin besar. Apalagi belakangan harga minyak dunia kerap bergejolak. Kecanduan sebuah bangsa atas BBM juga tidak bagus,” ujarnya.

Ia menambahkan telah disiapkan desain rekayasa industri mobil dan motor elektrik karya anak bangsa. “Saya senang semangat itu tinggi sekali. Proses untuk hadirkan motor atau mobil bersumber listrik itu terus dilakukan. Kita memiliki urgensi untuk melakukan percepatan semua ini,” katanya menambahkan.

Namun, dia mengingkatkan, hal itu hanya bisa terwujud manakala pemerintah sebagai pembuat kebijakan, perguruan tinggi dan lembaga riset sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia industri bersinergi.

“Ini bukan pekerjaan mudah, banyak tantangannya, mudah-mudahan tidak selalu dikejutkan gejolak harga minyak dunia, tenaga listrik bisa menjadi solusi strategis,” kata SBY.

Indonesia Jadi Basis Produksi Nissan Renault

Posted: 19 Mar 2012 11:06 PM PDT

Menteri Perindustrian MS Hidayat (Koranbaru/Muhamad Solihin)

Koranbaru – Pabrikan otomotif terkemuka di dunia, Nissan Renault Group, berkomitmen untuk menambah investasi di Indonesia. Bahkan, mereka telah siap menggelontorkan US$400 juta untuk meningkatkan produksinya di tanah air.

“Mereka mau investasi di Cikampek. Nilainya dari US$100 juta menjadi US$400 juta,” kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu para petinggi Nissan Renault Group di Kantor Presiden, Senin 19 Maret 2012.

Dengan perluasan pengembangan investasi ini, Nissan Renault nantinya bakal meningkatkan produksi kendaraan dari 100.000 unit per tahun, menjadi 250.000 unit per tahun. “Mereka akan mulai berproduksi awal 2014. Tahun ini akan dimulai dengan membangun pabrik di Cikampek, Jawa Barat,” kata dia.

Pengembangan investasi Nissan Renault Group di bidang otomotif ini termasuk rencana pengembangan proyek ECO alias Green Car di Indonesia. Menurut Hidayat, Nissan Renault menyanggupi semua permintaan pemerintah menyangkut program Green Car.

Salah satunya adalah keharusan kendaraan yang diproduksi mampu menkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 22 kilometer/liter. Mereka juga menyanggupi untuk lokasi program 80 persen komponen berasal dari dalam negeri.

Investasi Nissan Renault Group, kata Hidayat, bakal menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk kawasan regional ASEAN maupun Afrika. “Saya minta dia ekspor sekitar 20 persen, dia sanggup. Jadi selain pasar domestik, saya minta menjadikan Indonesia basis produksi,” katanya.

Seperti diketahui, niat produsen otomotif ini untuk menambah investasi di Indonesia sudah dikemukan saat Chairman Group Nissan-Renault, Carlos Ghosen dan Presiden SBY bertemu di sela-sela pertemuan Word Economic Forum (WEF), di Davos, Swiss, akhir 2011 lalu.

Kali ini, Ghosen langsung bertemu SBY bersama Executive VP Nissan Motor Hiroto Saikawa, Corporate VP Nissan Motor Vincent Cobee, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Takayuki Kimura, dan Presiden Direktur Indomobil Yusak Kartowidjojo.

Mobil Keluarga Chevrolet Dibandrol Rp324 Juta

Posted: 19 Mar 2012 11:01 PM PDT

Chevrolet Orlando (General Motors Co)

Koranbaru – General Motors Indonesia akhrinya resmi meluncurkan mobil keluarga tujuh penumpang, Chevrolet Orlando, di Central Park, Jakarta, Senin 19 Maret 2012. GM Indonesia membandrol Rp324 juta untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

President Director General Motors Indonesia Marcos A Purty mengatakan, meski sama-sama mobil tujuh penumpang, Orlando dirancang di segmen baru. Orlando dirancang dengan menggabungkan fleksibilitas SUV dan kelegaan mobil station-wagon. “Orlando cocok untuk berpetualang dan santai bersama keluarga,” kata Marcos.

Orlando yang dipersenjatai mesin DOHC, 1.796 CC bisa menghasilkan tenaga 141 daya kuda pada 6.200 rpm. Mobil bertransmisi otomatis 6-percepatan triptronik ini juga bisa menghasilkan torsi yang cukup besar, yaitu 176 Nm pada 3.800 rpm.

Mobil ini juga  dilengkapi fitur unggulan yakni sistem kemudi dengan audio entertainment control, head unit yang dapat memainkan radio, CD, MP3, aux in, dan 6 speaker. Selain itu power AC juga sudah otomatis, sehingga tak perlu repot menyetel pendingin ruangan.

Pada sistem keamanan, Orlando dilengkapi Electronic Stability Program yang memungkinkan kendaraan tetap stabil saat terjadi kekurangan atau kelebihan stir. Traction Control System, Anti-lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, dan Brake Assist akan menjaga mobil tetap stabil saat terjadi pengereman mendadak.  

Mobil ini juga dilengkapi side impact protection beams, serta dua airbags di depan dan samping. Alat antimaling engine immobilizer juga terpasang di mobil ini. (umi)

No comments:

Post a Comment