Thursday, March 22, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


10 Kota dengan Biaya Parkir Termahal (2)

Posted: 21 Mar 2012 09:43 PM PDT

Parkir mobil paralel di Sydney (Caradvice)

VIVAnews – Mobil menjadi transportasi paling ideal saat ini. Selain bisa menampung cukup banyak penumpang, dengan menggunakan mobil setiap orang tidak perlu mengantre atapun berdesak-desakan menunggu bus dan kereta.

Namun di sisi lain, banyak mobil pribadi berdampak pada kemacetan dan terbatasnya lahan parkir. Alhasil, beberapa kota-kota besar di dunia menerapkan peraturan dengan menaikkan biaya parkir kendaraan.

Berikut 10 kota termahal untuk biaya parkir mobil versi Automotto: 1-5 bisa Anda klik di sini.

6. Zurich (Swiss)

Ibukota Swiss ini adalah tempat berikutnya yang masuk daftar. Sebagian besar wilayah di negara ini adalah pegunungan salju, sehingga lahan yang tersedia lebih digunakan untuk membangun rumah dan gedung.

Tempat parkir di Zurich akan sangat sulit ditemukan. Kendati ada, harganya pasti akan sangat mahal. Untuk  parkir di Global Finance Centre, bisa menghabiskan biaya rata-rata per bulan sebesar US$611 atau sekitar Rp5,6 juta.

7. Roma (Italia)

Dengan biaya tarif parkir mencapai US$600 per bulan, Roma menjadi salah satu kota dengan lahan parkir termahal. Parkir mobil di Roma merupakan sebuah ujian berat bagi turis yang ingin berkunjung ke berbagai monumen bersejarah di kota ini.

Orang-orang di Roma biasanya menggunakan skuter untuk bepergian. Selain lebih efisien, biaya parkir yang dikenakan untuk skuter tidak semahal mobil.

8. Tokyo (Jepang)

Ibukota Jepang ini merupakan kota terpadat di dunia dengan jumlah penduduk lebih dari 39 juta orang. Mencari lahan kosong di kota ini hanya untuk memarkir mobil merupakan sebuah mimpi buruk.

Kalaupun menemukannya, akan dikenakan tarif rata-rata per bulan US$ 669 atau sekitar Rp6,1 juta.

9. Hong Kong

Meskipun kota kecil, Hong Kong kini telah tumbuh menjadi raksasa di pasar keuangan. Di sana tidak ada banyak tempat untuk memarkir mobil. Biaya rata-rata yang dibutuhkan tiap bulannya sekitar US$751 atau sekitar Rp6,9 juta.

10. London (Inggris)

Biaya parkir London bisa mencapai US$940 atau sekitar Rp8,6 juta setiap bulannya. Tentunya ini membuat setiap orang berpikir dua kali untuk menggunakan mobil pribadi.

Laporan: Wahyu Prasetyo

Mobil-mobil Desain Mantap Perangkat Minim (2)

Posted: 21 Mar 2012 09:40 PM PDT

VIVAnews – Kehadiran mobil-mobil baru di awal tahun ini tidak selalu mendapatkan respon potifif dari konsumen. Justru model serta fitur mobil itu dinilai kurang menarik, dan tidak kalah baik jika dibandingkan model tahun 70-an dan 80-an.

Dilansir majalah Forbes, Selasa 20 Maret 2012, ada beberapa mobil yang memiliki desain baik, namun tidak didukung dengan perangkat yang mumpuni.

Dari hasil studi terakhir terkait peringkat mobil terbaik oleh Consumer Reports, menggambarkan begitu banyak kekurangan yang dimiliki mobil-mobil edisi terbaru di 2012. Mulai dari segi desain, fitur, tingkat keamanan dan keselamatan

Berikut daftar mobil-mobil terburuk di tahun 2012 versi Consumer Reports dan majalah Forbes: 1-5 bisa Anda klik di sini.

6. Jeep Compass

Jeep melakukan penyegaran terhadap model Jeep Compass. Namun, compact Jeep dilaporkan Consumer Reports mengalami gangguan pada kebisingan mesin, kecepatan, pengereman, menikung, posisi pengemudi, kenyamanan kursi depan, serta visibilitas untuk melihat ke belakang yang buruk.

7. Jeep Liberty

Jeep Liberty merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) yang memiliki kualitas di bawah rata-rata. Consumer Reports mengumumkan untuk konsumsi bahan bakarnya 6,8 km/liter. Sementara kemampuan off-roadnya, bermasalah dengan kelincahan, pengereman, kualitas kursi yang kurang nyaman, dan ruang kaki yang sempit.

8. Jeep Wrangler Unlimited

Kemampuan kendaraan off-road ini memiliki penilaian Consumer Reports yang rendah. Mobil yang dibanderol  US$40 ribu atau sekitar Rp367 juta memiliki kelemahan dalam hal kemampuan melaju, pengereman, kebisingan suara angin dari luar, akses masuk, posisi pengemudi, visibilitas, kenyamanan kursi, dan desain rancang bangunnya.

9. Smart ForTwo

Ini adalah salah satu mobil terkecil dengan dua tempat duduk paling lamban. Untuk melesat dari 0-100 km/jam membutuhkan waktu 14,6 detik. Sementara dengan kompartemen mesin yang kecil, konsumsi bahan bakarnya 14 km/liter.

10. Toyota FJ Cruiser

Consumer Reports mencatatkan bahwa mobil ini kekurangan pada visibilitas pengemudi di antara semua model. Untuk tenaga dan kemampuan off-roadnya tidak cukup menutupi kelemahan pada kualitas kabin, handling, kesenyapan kabin, dan akses masuk.

Cuma Sedikit, Pembayar DP Motor Rp500 Ribu

Posted: 21 Mar 2012 09:37 PM PDT

Banyaknya sepeda motor di Jakarta salah satunya disebabkan kemudahan kredit motor  

VIVAnews – Manajemen PT Federal International Finance (FIF) menyatakan nasabah pembayar uang muka (down payment/DP) kredit kendaraan bermotor roda dua sebesar Rp500 ribu jumlahnya sangat kecil. Nilai kredit hanya sekitar 4 persen dari total pembiayaan.

Untuk itu, kebijakan kenaikan uang muka tidak akan berpengaruh terhadap kredit kendaraan bermotor (KKB).

Terhadap kebijakan kenaikan uang muka bagi perusahaan multifinance, yaitu pembiayaan motor sebesar 20 persen, FIF tidak mengubah target pertumbuhan kredit kendaraan bermotor.

“Target tahun ini kami tetap optimis tumbuh 10 hingga 15 persen,” kata Direktur Utama FIF, Suhartono, pada paparan publik perseroan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Suhartono optimistis perubahan uang muka sebesar 20 persen tidak akan berdampak pada penurunan KKB perseroan. Menurut dia, dengan adanya kenaikan uang muka justru akan berdampak sehat bagi industri pembiayaan bermotor.

“Kalau ada penurunan bukan disebabkan dari naiknya DP, tapi lebih kepada persaingan saja. Jadi, kami optimis tidak turun. Secara makro kami tumbuh baik, jadi ke depan sepeda motor akan masih penting,” ujarnya.

Saat ini, pangsa pasar pembiayaan FIF sekitar 44 persen. Menurut Suhartono, angka itu masih cukup luas untuk dikembangkan. “Sisa dari 44 persen banyak yang bisa dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menjaga pertumbuhan kredit, FIF akan melakukan inovasi program kredit dengan bekerja sama dengan beberapa klub motor dan membuka jaringan sosial. (art)

Hatta: DP Naik Tak Ganggu Industri Otomotif

Posted: 21 Mar 2012 09:33 PM PDT

Kenaikan DP ini menunjukkan bank mulai melihat tanda kredit macet (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai bahwa kenaikan uang muka kredit kendaraan bermotor menjadi 25-30 persen tidak akan mengganggu pertumbuhan industri otomotif.

“Saya harapkan ini tidak sama sekali mengganggu dari industri otomotif kita,” kata Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Namun, Hatta menuturkan, laju pembiayaan sektor otomotif sangat tinggi dan dengan adanya kebijakan Bank Indonesia untuk meningkatkan uang muka menunjukkan bahwa perbankan Indonesia mulai melihat ada gejala kredit macet.

Menurutnya, kebijakan BI tentunya sudah memperhitungkan hal itu semua, sehingga ia pun yakin pertumbuhan sektor industri otomotif masih sesuai dengan prediksi pemerintah.

Sementara itu untuk kredit pemilikan rumah (KPR), Hatta berpendapat, kebijakan ini memberikan kemudahan untuk perumahan yang benar-benar diperlukan seperti tipe 36 yang dibutuhkan masyarakat kelas bawah.

Sedangkan untuk rumah tipe menengah ke atas, l aturan itu diperlukan karena konsumen memerlukan ekuitas yang cukup agar tidak terjadi overheating.

“Kita juga tidak mau terjadi semacam bubble, sehingga untuk kelas menengah ke atas harus cukup equity-nya,” tutur Hatta. (umi)

Penyedia Konten SMS yang Hidup Tinggal 10%

Posted: 21 Mar 2012 09:30 PM PDT

Industri konten seluler semakin berkurang akibat moratorium SMS Premium. (REUTERS/Benoit Tessier )

VIVAnews – Sejak diberlakukannya moratorium SMS Premium pada Oktober tahun lalu, kini hanya 10 perusahaan penyedia konten di industri seluler yang masih hidup.

“Dulu omsetnya setahun kan Rp7 triliun. Sekarang jadi hanya Rp500-Rp600 miliar per tahun,” ujar Augustinus Haryawirasma, Ketua Indonesian Mobile and Online Content Provider Association (IMOCA) dalam Diskusi Pencurian Pulsa di Planet Hollywood, Jakarta, 21 Maret 2012.

Angka tersebut pun masih dibagi oleh beberapa penyedia konten yang saat ini masih membuat aplikasi. “Jumlah penyedia konten yang masih hidup 10 persen dari 200 penyedia konten,” katanya.

Augustinus berharap regulasi yang mengatur lebih lanjut soal konten segera diwujudkan. Ini karena bukan penyedia konten saja yang mengalami kerugian, tapi juga operator dan pelaku industri musik yang kehilangan pelanggan.

Jika pun regulasi tentang konten nantinya sudah ada, ia juga tidak yakin pertumbuhan dan sambutannya kembali normal seperti sebelum  adanya moratorium SMS Premium.

“Ya masih butuh beberapa waktu, terlebih pelanggan semakin beralih kepada layanan berbasis data bukan berbasis SMS premium lagi” katanya.

Regulasi Konten Data

Meningkatnya perkembangan kebutuhan data, industri konten pun sadar perlu ada regulasi terkait konten. “Yang penting aturan yang jelas, mana yang boleh, mana yang tidak,” ucap Augustinus.

Selain itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia juga diminta memperhatikan regulasi berbasis data ini. “Kemarin kan baru berbasis SMS, belum ke mobile data,” ujarnya.

Layanan berbasis data pun saat ini menjadi pilihan pengganti bagi penyedia layanan konten seluler. Android pun masih menjadi pilihan, karena kemudahan pengembangan aplikasi.

Mobil Mungil Mitsubishi Dibanderol Rp113 juta

Posted: 21 Mar 2012 09:25 PM PDT

Mitsubishi Mirage (Inautonews.com)

VIVAnews – Mitsubishi Motor Company mengumumkan peluncuran mobil kecil mereka, Mitsubishi Mirage, yang akan dipasarkan tanggal 28 Maret 2012 di Thailand.

Dilansir Inautonews, Rabu 21 Maret 2012, Mitsubishi Mirage akan ditawarkan ke negara-negara ASEAN dan memulai peluncurannya di Thailand pada akhir bulan ini. Setelah itu, Mitsubishi akan bertahap meluncurkan Mirage ke daratan Eropa dan belahan dunia lainnya.

Mobil kecil ini memulai debutnya di Tokyo Motor Show pada Desember silam. Model yang akan diproduksi ini akan dibuat di pabrik Mitsubishi di Thailand, tepatnya di Laem Chabang yang merupakan MMC terbesar di luar Jepang.

“Mirage merupakan mobil kompak yang irit bahan bakar dan emisi gas buang CO2 yang rendah yang dikembangkan di seluruh dunia. Setelah Thailand, Mirage akan diekspor ke negara-negara ASEAN, kemudian secara bertahap dibuat di seluruh dunia,” kata Presiden MMC, Osamu Masuko.

Mitsubishi Mirage akan menggunakan mesin 1.2-liter berteknologi Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC) yang meminum bahan bakar 22km/liter. Mobil pabrikan Jepang ini memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam.

Mirage yang dijual di Negeri Gajah Putih itu, akan dibanderol mulai dari 380.000-551.000 bath atau sekitar Rp113-165 juta. Pada tahap awal, mobil ini akan diproduksi 2.500 unit di Thailand.

Misteri Wanita Indonesia Temukan Madagaskar

Posted: 21 Mar 2012 09:20 PM PDT

Tari Gending Sriwijaya: Kolonialisasi Madagaskar diduga di era Sriwijaya (img.kaskushotthread.com)

VIVAnews — Ini salah satu episode aneh dalam kisah pengembaraan manusia: faktor ketidaksengajaan menuntun orang menemukan Madagaskar.

Seperti dimuat situs sains, Physorg.com, sejak lama Madagaskar menjadi daya tarik bagi para antropolog. Salah satu alasannya, mengapa manusia tak menjamahnya selama ribuan tahun. Pulau keempat terbesar dunia itu sebelumnya hanya dihuni para lemur.

Tim ilmuwan biologi molekular yang dipimpin Murray Cox dari Massey University Selandia Baru menggunakan uji DNA dari 266 orang dari tiga etnik Malagasy — orang asli Madagaskar, untuk menguak teka-teki migrasi itu.

Mereka menemukan, sekitar 1.200 tahun lalu, sekelompok manusia untuk kali pertamanya menginjakkan kaki di Madagaskar. Diduga karena kapal yang karam.

Hasil analisa gen dari mitokondria — baterai sel yang gennya diwariskan dari ibu, menyimpulkan, 30 perempuan termasuk penemu Madagascar, 28 di antaranya dipastikan dari Indonesia. Para ilmuwan juga memastikan, pembawa kromosom Y — yang diwariskan garis ayah berasal dari nusantara, hanya belum diketahui pasti berapa jumlahnya.

Simulasi komputer menunjukkan, pemukiman pertama di Madagaskar ada pada tahun 830 Masehi, saat yang bersamaan dengan berkembangnya perdagangan nusantara di bawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, yang berpusat di Sumatera.

Tak hanya soal DNA, ada faktor lain yang menunjukkan kontribusi nusantara, yakni bahasa. Dari segi linguistik, penduduk Madagaskar bicara dalam bahasa, yang asal-usulnya bisa dilacak sampai Indonesia.

Sebagian besar dari leksikon Ma’anyan, bahasa yang dipraktekan sehari-hari di masyarakat yang bermukim di sepanjang Sungai Barito, di wilayah pedalaman. Juga ditemukan segelintir bahasa yang akarnya dari Jawa, Melayu, atau Sansekerta.

Bukti lain pengaruh nusantara di Madagaskar adalah penemuan perahu cadik, peralatan besi, instrumen musik seperti gambang. Juga peralatan makan yang sangat ‘tropis’, sistem tanam padi, pisang, ubi jalar di sela-sela hutan.

“Kontribusi Indonesia ada pada bahasa, budaya, dan gen, yang terus berlanjut hingga saat ini di Madagaskar,” demikian isi laporan tim ilmuwan.

Bagaimana para perempuan ini sampai di Madagaskar, hingga kini masih jadi misteri besar. Tapi, ada tiga teori soal ini.

Pertama, meski tak ada bukti, mereka dibawa oleh kapal dagang. Teori kedua, Madagaskar sejak dulu memang dijadikan koloni dagang atau tempat pelarian orang yang kehilangan tanah dan juga kuasa karena ekspansi Kerajaan Sriwijaya.

Hipotesis ketiga dan paling berani, para perempuan itu kebetulan ada dalam kapal yang tanpa sengaja mengarungi samudera. Simulasi arus laut dan pola cuaca di musim hujan mendukung teori ini.

Memang, fakta membuktikan, reruntuhan kapal pengebom dari Sumatera dan Jawa saat Perang Dunia II terbawa arus ke Madagaskar. Bahkan, dalam sebuah kasus, termasuk seorang korban selamat dalam sekoci yang berlabuh di Madagaskar.

Mobil Komodo & Tawon Tebar Pesona di INAPA

Posted: 21 Mar 2012 09:17 PM PDT

VIVAnews – PT Global Expo Management (GEM Indonesia) kembali menggelar pameran otomotif tahunan INAPA 2012. INAPA (International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition) merupakan pameran otomotif, aksesoris, dan peralatan kendaraan terbesar di Asia Tenggara.

Pameran ini nantinya akan memperkenalkan model-model dari mobil Esemka dari berbagai daerah di Indonesia. Esemka tidak sendirian, Asosiasi Industri Automotive Nusantara (ASIANUSA) juga menyatakan, ada tiga mobil nasional yang tercatat akan ambil bagian di ajang INAPA 2012. Mulai dari Fin Komodo, Tawon, dan Gea.

Gelaran INAPA 2012 akan dibarengi juga dengan IIBT 2012, Heavy Equipment Indonesia 2012, Tyre and Rubber Indonesia 2012 dan INABIKE 2012. Event ini digelar pada 28 – 31 Maret 2012 di JIExpo Kemayoran.
IIBT merupakan pameran khusus untuk bus, truk, dan komponen pendukung dengan Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) sebagai penyelenggara. IIBT 2012 disajikan secara eksklusif untuk menampilkan teknologi terbaru dari mesin bus, truk, dan industri pendukung.

Selain itu ada juga Heavy Equipment Indonesia 2012, sebagai pameran yang menampilkan industri alat-alat berat dan fitur pendukungnya dengan didukung penuh oleh HINABI (Asosiasi Industri Alat Berat Indonesia) dan ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia).
Berdasarkan survey pengunjung INAPA & IIBT dari tahun ke tahun, ketertarikan dalam industri karet dan ban untuk kendaran bermotor sangat tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pengunjung, diciptakanlah sebuah zona khusus ban dan karet dalam pameran Tyre & Rubber Indonesia 2012.
INAPA 2012, Tyre & Rubber Indonesia 2012, INABIKE 2012, IIBT 2012, dan Heavy Equipment Indonesia 2012 menciptakan satu platform industri otomotif untuk memamerkan produk dan teknologi terbaru demi memenuhi keinginan pasar. (sj)

Hatta Rajasa: Kemarahan Dahlan Wajar

Posted: 21 Mar 2012 09:13 PM PDT

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan (VIVAnews/ Ikhwan Yanuar)

VIVAnews – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menilai tindakan Menteri Badan usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang mengamuk di pintu tol Semanggi arah Slipi, Jakarta, masih dalam tahap wajar.

“Saya kira memang manusia bisa marah melihat ada gardu yang kosong,” kata Hatta di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Menurut Hatta, yang terpenting Jasa Marga tak boleh membiarkan tutupnya gardu tol saat jam sibuk, sehingga menyebabkan antrean panjang. “Jangan sampai loket yang ada tidak bisa dilewati,” katanya.

Indisen kemarahan Dahlan terjadi sekitar pukul 06.10 WIB, Selasa, 19 Maret, saat hendak berangkat rapat di kantor Garuda, Cengkareng. Antrean panjang terjadi di Pintu Tol Semanggi menuju Slipi.

Saat itu hanya satu loket manual dan satu otomatis yang buka. Dua loket lainnya tutup. Melihat itu, Dahlan langsung turun.

Dahlan masuk loket yang masih kosong dan membuang kursi yang ada di situ. Lalu, masuk loket satunya lagi, dan membuang kursinya juga. “Tidak ada gunanya kursi ini,” kata Dahlan.

Sesaat kemudian, dia melihat antrean tambah panjang. Secara spontan, Menteri Negara BUMN yang membawahi PT Jasa Marga itu berinisiatif membuka sendiri penghalang di loket yang masih kosong. Dahlan lalu meloloskan mobil-mobil yang antre segera masuk secara gratis. (adi)

VIVA Perkuat Kualitas dan Distribusi Konten

Posted: 21 Mar 2012 09:10 PM PDT

Tahap awal, sekitar 20 persen dana IPO akan digunakan untuk membayar pokok pinjaman kepada Credit Suisse. (VIVAnews/Muhamad Solihin)

VIVAnews - PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) dan anak perusahaan saat ini dalam proses negosiasi dengan beberapa majors dan suppliers untuk akuisisi berbagai konten berkualitas. Perusahaan berkeyakinan bahwa konten-konten itu akan dapat memenuhi kebutuhan sekaligus memanjakan pemirsa di seluruh Indonesia dengan konten-konten yang menarik, atraktif, dan menghibur.

“Perusahaan akan segera mengumumkan ke publik hasil negosiasi dengan pihak ketiga tersebut,” kata Presiden Direktur VIVA, Erick Thohir, dalam penjelasan tertulis yang diterima VIVAnews di Jakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Kemarin, Visi Media Asia telah melaksanakan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB). Dalam RUPSLB tersebut manajemen memaparkan berbagai perkembangan terkini mengenai kinerja keuangan dan operasional perusahaan.

RUPSLB menyetujui dua hal penting. Pertama, para pemegang saham yang hadir dengan suara bulat menyetujui rencana perubahan penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Awalnya, dalam prospektus disebutkan bahwa sekitar 40 persen dari dana IPO plus dana kas internal akan digunakan untuk membayar utang kepada Credit Suisse.

“Dengan disetujuinya perubahan ini, untuk tahap awal hanya sekitar 20 persen dari dana IPO yang akan digunakan untuk membayar pokok pinjaman kepada Credit Suisse,” ujar Erick.

Sisanya, termasuk dana kas internal akan digunakan untuk mengakuisisi konten-konten berkualitas yang memiliki hak siar (broadcasting rights) lebih dari satu tahun. Selain itu, untuk peluncuran kanal olahraga di platform TV berbayar dengan call sign SportOne dan pengembangan berbagai kanal digital di portal VIVAnews.

Kanal SportOne direncanakan diluncurkan akhir tahun ini untuk memperkuat distribusi dan diseminasi konten-konten olahraga yang saat ini dimiliki serta nantinya akan diakuisisi perusahaan. Berdasarkan data-data riset yang tersedia, perusahaan berkeyakinan bahwa kanal olah raga akan mendapat sambutan positif dari pelanggan TV berbayar.

Selain itu, VIVA melalui PT Viva Media Baru, operator VIVAnews akan memanfaatkan dana IPO untuk memperkenalkan produk-produk digital online baru kepada para visitor dan masyarakat Indonesia dengan hadirnya beberapa situs baru. VIVAsocio bukan hanya sekadar social media, namun akan menjadi ajang bagi visitor, user, dan komunitas internet untuk memasang iklan atau menjual produk mereka melalui electronic commerce (e-commerce).

Selain VIVAsocio, komunitas internet akan dimanjakan oleh VIVAlife yang akan menjadi situs rujukan gaya hidup dan hiburan (lifestyle dan entertainment). Selanjutnya, terdapat VIVAbola, sebuah situs sepakbola yang memberikan informasi terkini seputar sepakbola Indonesia dan dunia, jadwal hingga skor pertandingan.

Situs-situs baru tersebut bersama dengan VIVAnews akan berada di bawah portal VIVA yang dapat diakses melalui www.viva.co.id. Inovasi-inovasi baru dengan nilai strategis ini diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat Indonesia akan informasi yang terpercaya dan menghibur dengan memanfaatkan konvergensi teknologi. (art)

Norton Hadirkan Fitur Keamanan Samsung Galaxy

Posted: 21 Mar 2012 09:10 PM PDT

Samsung Galaxy Nexus (samsung.com)

VIVAnews – Norton dari Symantec mengumumkan tersedianya mobile security untuk sistem operasi Android untuk sejumlah smartphone Samsung. Mobile security ini pun akan terkoneksi di sejumlah seri Galaxy Samsung.

Menurut Norton, smartphone kini berpotensi menjadi sasaran baru kejahatan cyber. Apalagi, saat ini penjualan smartphone melampaui penjualan PC.

"Dengan penjualan ponsel pintar yang kini melampaui penjualan PC, penjahat cyber menciptakan ancaman-ancaman baru setiap harinya untuk mencuri dari pengguna ponsel. Konsumer harus mendapat perlindungan lebih dibandingkan sebelumnya," kata Janice Chaffin, group president, Consumer Business Unit, Symantec dalam keterangan tertulis.

Norton Mobile Security mengkombinasikan fitur-fitur anti pencurian dengan antimalware yang kuat untuk melindungi data-data penting yang dimiliki pengguna. Fitur Remote Locate mampu menunjukkan lokasi ponsel cerdas pengguna, jika hilang atau dicuri.

Fitur Remote Lock memungkinkan pengguna untuk mengunci melalui Internet atau SMS dari jarak jauh ponsel saat hilang atau dicuri. Adapun Remote Wipe memungkinkan untuk menghapus data di ponsel melalui SMS.

Selain itu, ponsel juga terkunci secara otomatis jika SIM card-nya diambil atau diganti, sehingga ponsel tidak bisa menggunakan SIM card lain.

Fitur Anti-malware memindai semua file dan update aplikasi yang diunduh dan secara otomatis mendeteksi seerta menghilangkan ancaman-ancaman keamanan tanpa memperlambat kerja ponsel.

Untuk pemindaian kartu memori, SD Card Scanning memberikan pilihan pengguna untuk secara otomatis memindai kartu memori SD (Secure Digital) dari ancaman-ancaman saat pengguna memasangnya ke ponsel.  Dan fitur Automatic LiveUpdate mampu mengunduh dan instal update keamanan secara otomatis.

Norton Mobile Security dapat diunduh dari kategori "Utility" di Samsung apps atau dengan memasukkan pencarian dengan kata kunci "Norton Mobile Security" ke dalam pencarian di Samsung Apps.  Norton Mobile Security mendukung semua ponsel pintar Samsung Galaxy Android, termasuk  Samsung Galaxy S2.

Adapun harga lisensi selama satu tahun  adalah 139 ribu. Samsung juga akan menawarkan 90 hari gratis berlangganan Norton Mobile Security. (adi)

Tak Mau Mati, Industri Konten Lari ke Luar

Posted: 21 Mar 2012 09:05 PM PDT

Konten Manchester United di ponsel (VIVAnews)

VIVAnews – Kalangan industri konten sedang menjajaki  menjual aplikasi ke luar negeri. Industri ini sulit beroperasi sejak ada moratorium SMS Premium pada pertengahan Oktober tahun lalu.

“Kami buat aplikasi yang bisa dijual di luar, misalnya ke Android,” kata Augustinus Haryawirasma, Ketua Indonesian Mobile and Online Content Provider Association (IMOCA), seusai Diskusi Pencurian Pulsa di Planet Hollywood, Jakarta, 21 Maret 2012.

Saat ini, ia mengatakan sudah ada perusahaan yang memfasilitasi pera pembuat aplikasi konten. Perusahaan itu antara lain Ericcson dengan RPX, aplikasi berbasis BlackBerry dan Android. Secara teknis, nantinya aplikasi itu mengatasnamakan aplikasi Ericsson yang dijual ke operator lokal di sejumlah negara. “Sudah beberapa penyedia konten yang ikut,” ujarnya.

Harya wirasma mengatakan untuk negara tujuan masih dipilih. Namun, ia memberikan petunjuk ke negara yang banyak membutuhkan konten. “Misalnya, kita jual konten ke negara yang ada TKI-nya,” ujarnya.

Sedangkan untuk komposisi pembagian pendapatan, di luar negeri menurutnya bisa mencapai 80 persen untuk pembuat konten, 20 persen untuk operator lokal. “Tapi umumnya, di sama komposisinya 60 persen untuk pengembang konten, dan 40 persen untuk operator,” katanya.

Untuk jenis aplikasi kontennya, ia mengatakan bahwa di wilayah Asia, aplikasi yang digemari masih seputar jejaring sosial. Ia mencontohkan, di Jepang, aplikasi jejaring sosial untuk jual beli online digemari dengan jumlah pelanggan mencapai 2 juta.

“Itu pelanggan aktif. Mereka terapkan konten berbasis komunitas,” jelasnya.

Untuk Indonesia, menurutnya juga tidak jauh berbeda. Aplikasi berbasis jejaring sosial akan menjadi prioritas, terlebih mengingat pengguna jejaring sosial saat ini sangat signifikan.

Upaya menjual konten ke luar negeri menurutnya dilakukan untuk menyelamatkan industri kreatif ini dari kematian. “Ya daripada berhenti,” katanya. (umi)

No comments:

Post a Comment