Thursday, March 8, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Pram Minta Komisi III Tak Sunat Wewenang KPK

Posted: 08 Mar 2012 06:45 AM PST

 

Wakil Ketua DPR Pramono Anung menilai kewenangan KPK seharusnya ditambah dan diperkuat, bukan dikurangi seperti yang direncanakan Komisi III Bidang Hukum DPR dalam revisi UU KPK.


"Sekarang KPK ada saja tingkat korupsi masih tinggi, apalagi kalau kemudian kewenangannya dikurangi," kata Pram di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 8 Februari 2012. "Saya lebih sepakat kewenangan KPK ditambah supaya KPK semakin punya nyali," tegas politisi PDIP itu.


Pram mengakui dirinya termasuk salah satu pihak yang kecewa dengan kinerja KPK yang belum maksimal. Padahal, menurutnya, KPK sudah diberi kewenangan yang begitu luas. "KPK belum melakukan tindakan yang tajam," ujar Pram.


Ia menilai KPK belum berani membongkar korupsi orang-orang yang berada di lingkaran kekuasaan atau memiliki kekuatan politik. "Begitu masuk lingkaran kekuasaan, KPK maju-mundur, kayak yoyo," ujar Pram. Oleh karena itu ia ingin KPK diperkuat untuk memaksimalkan pemberantasan korupsi.


"Semua lembaga penegak hukum harus kuat," tegas mantan Sekjen PDIP itu. Kepolisian dan kejaksaan, kata Pram, sudah waktunya tidak hanya mengandalkan KPK lagi dalam memberantas korupsi.


Saat ini Komisi III Bidang Hukum DPR sedang menggodok rancangan revisi Undang-undang KPK di mana di dalamnya akan ada rencana pemangkasan kewenangan lembaga ad hoc tersebut. Ketua Komisi III Benny K Harman menyatakan kewenangan KPK perlu dipangkas karena KPK dinilai gagal mencegah tindak pidana korupsi.


"KPK memang sukses menyeret banyak koruptor ke dalam penjara. Tapi bersamaan dengan itu korupsi merajalela. Koruptor seperti dibui satu, tumbuh seribu. Jadi KPK sukses menindak, tapi gagal mencegah korupsi," kata Benny. Menurutnya, tugas pencegahan sekaligus penindakan yang selama ini diberikan kepada KPK pada praktiknya justru menyandera dan membebani KPK.


Oleh karena itu dalam RUU KPK yang baru Komisi III akan memperkuat kewenangan kejaksaan dan kepolisian untuk melakukan penindakan, sementara KPK diminta fokus mencegah korupsi. Mereka berharap KPK berbagi kewenangan dengan dua lembaga hukum lainnya. (umi)

Kejaksaan Minta Tambahan Dana Rp301 Miliar

Posted: 08 Mar 2012 06:44 AM PST


Dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, hari ini, Kejaksaan Agung usul penambahan anggaran operasional penanganan perkara sebesar Rp301 miliar. Kejaksaan menilai anggaran biaya operasional selama ini kurang.


“Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan upaya optimalisasi kinerja serta sasaran yang akan dicapai kejaksaan, masih perlu dukungan dengan sarana dan prasarana anggaran operasional,” kata Jaksa Agung Basrief Arief di hadapan anggota Komisi III bidang Hukum DPR.


Menurutnya, alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk membiayai penanganan perkara tindak pidana umum yang alokasi anggarannya saat ini belum memadai.


Selain itu, dana tersebut digunakan untuk penyediaan sarana dan prasarana fasilitas gedung untuk meningkatkan kinerja para jaksa untuk meningkatkan profesionalitas kinerja serta penyediaan sarana prasarana sistem informasi intelijen terpadu kejaksaan.


Upaya Kejaksaan meminta tambahan anggaran sudah sering dilontarkan. Upaya dilakukan sejak akhir tahun lalu. Saat itu Kejaksaan beralasan salah satu hambatan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi adalah dana operasional yang terbatas dan gaji pegawai yang dinilai terlalu kecil.(umi)

Motor Mini Marco Simoncelli di MotoGP

Posted: 08 Mar 2012 06:13 AM PST

Replika MotoGP Mini Marco Simoncelli (Ultimatemotorcycling)

Koranbaru – Mahasiswa jurusan otomotif di Gateshead College, Inggris, punya caru unik mengenang pembalap MotoGP, Marco Simoncelli yang tewas di Sepang pada 23 Oktober 2011.

Dilansir Ultimatemotorcycling, Kamis 8 Maret 2012, mahasiswa tingkat dua dan tiga dari Akademi Ketrampilan Otomotif, Teknik, Manufaktur dan Logistik di Team Valley, membuat proyek pembuatan replika MotoGP mini sebagai bentuk penghormatan kepada SuperSic–julukan Simoncelli.

Ide untuk menciptakan proyek ini datang dari siswa yang selalu mengikuti pemberitaan tentang kematian Simoncelli.

“Kami ingin melakukan sesuatu yang sangat istimewa untuk menghormati Marco. Dia memiliki bakat besar sebagai pembalap,” kata Sarah Louise Gray, salah satu mahasiswa yang terlibat proyek itu.

Motor ini kini dipajang di resepsi akademi untuk menunjukkan keahlian dan motivasi siswa. “Kami membuat motor mini Simoncelli dengan bantuan gambar motor versi aslinya di internet,” ujar Sarah menambahkan. (adi)

Rahasia di Balik Keiritan Mobil Hybrid Toyota

Posted: 08 Mar 2012 06:10 AM PST

Koranbaru – Toyota Astra Motor, selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia, menggelar workshop untuk pengenalan secara mendalam tentang produk hybrid Toyota di industri otomotif Indonesia.

Setelah sekian lama hybrid Toyota tidak begitu dikenal masyarakat luas, Toyota menggelar workshop mengenai teknologi hybrid, yang disebut sebagai mesin paling ramah lingkungan dengan emisi gas buang nol.

Teknologi ini menggabungkan dua buah tenaga dari motor listrik dan mesin bensin yang menggunakan sistem mesin seri serta paralel. Sistem ini mampu secara konstan mengatur rasio tenaga motor bensin atau listrik ke roda, dan mobil dapat digerakkan hanya dengan motor listrik.

Dengan penggabungan seri dan paralel, sistem mesin hybrid menggunakan baterai Ni-MH 201,6 Volt, yang dapat di-charge selama 1,5 jam dengan daya listrik 240 VAC.

Sistem kerja mesin hybrid adalah mesin akan mati saat mobil berhenti, dan akan hidup bila dijalankan dengan menyedot tenaga dari baterai. Akibatnya, asupan bensin sangat irit.

Saat melakukan deselarasi (pengereman), energi tersebut digunakan untuk pengisian baterai, sehingga penggunaan teknologi hybrid dapat berjalan dengan baik, efisien energi, dan ramah lingkungan dengan emisi rendah.

Sebagai informasi, Toyota Prius Gen 3 sebagai kendaraan hybrid Toyota di Indonesia memiliki mesin berkapasitas 1.8-liter, dengan tenaga mesin 136 ps, dan tenaga listrik 82 ps. Prius Gen 3 memiliki konsumsi bahan bakar 25,6 km/liter, dengan emisi gas buang CO2 89 g/km.

Dalam workshop ini, Toyota juga menyediakan tiga mobil yakni Toyota Prius gen 3, Prius gen 2, dan Corolla, untuk diuji coba di proving ground Bridgestone, Karawang, Kamis 8 Maret 2012.

Teknologi hybrid menjadi salah satu kontribusi Toyota untuk membantu mengurangi penggunaan bahan bakar minyak. (art)

VIDEO: NASA Merekam Badai Matahari Terbesar

Posted: 08 Mar 2012 06:07 AM PST

Efek badai Matahari mencapai Bumi pada Rabu 8 Maret 2012 (BBC)

Koranbaru – Dua lidah api besar terlontar dari Matahari, Selasa 6 Maret 2012. Memicu badai yang diperkirakan mencapai Bumi pada Kamis 8 Maret 2012. Yang terbesar dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggunakan data dari perangkat Solar Terrestrial Relations Observatory (STEREO) dan  Solar Heliospheric Observatory (SOHO) merekam data lontaran massa dari korona matahari atau Coronal Mass Ejection (CME).

Berdasarkan data NASA, kecepatan lontaran pertama lebih dari 1.300 mil per detik. Sedangkan lontaran kedua lebih dari 1.100 mil per detik.

Model NASA memperkirakan, lontaran massa akan berdampak pada Bumi dan Mars, juga sejumlah pesawat luar angkasa milik NASA: Messenger, Spitzer, and STEREO-B. Lontaran pertama akan sampai ke Bumi pada pukul 01.25 EST atau pukul 13.25 Waktu Indonesia Barat.

Akibat dari aktivitas tersebut, bisa mengakibatkan badai geomagnetis parah, menimbulkan aurora di daerah lintang rendah, kemungkinan gangguan frekuensi radio komunikasi, sistem GPS, dan jaringan listrik.

Erupsi Matahari 6 Maret mengeluarkan lidah api terbesar, masuk kategori X5,4. Jilatan api sebelumnya, dengan kategori X6,9 terjadi pada 9 Agustus 2011. Apa yang terjadi saat ini merupakan bagian normal dari siklus Matahari 11 tahunan. Aktivitas Sang Surya baru akan mencapai puncaknya pada akhir tahun 2013. Lihat rekaman badai Matahari NASA di tautan ini.

Terkait aktivitas saat ini, Matahari diperkirakan juga akan melontarkan massa korona yang signifikan, lebh cepat dari 600 mil per detik, yang mungkin akan sampai ke Bumi pada beberapa harui mendatang.

Sebelumnya, peneliti cuaca National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Joseph Kunches, badai itu terlihat seperti aurora matahari yang kuat. “Aurora mungkin menjadi sesuatu yang menarik yang bisa kita lihat saat terjadi ledakan di matahari,” kata Kunches seperti dikutip Space.com, Rabu kemarin. (sumber: NASA)

FOTO: Tebar Pesona Mobil-mobil Terhebat

Posted: 08 Mar 2012 06:02 AM PST

Geneva Auto Show 2012 (REUTERS/ Valentin Flauraud)

Koranbaru – Mata pecinta otomotif dunia akan tertuju ke Swiss, Eropa, dalam beberapa pekan ke depan. Mobil canggih berdesain eksotis dan mewah siap memukau di ajang Geneva Motor Show, yang akan dibuka untuk umum, Kamis 8 Maret 2012.

Krisis ekonomi yang tengah melanda Eropa tidak menyurutkan semangat para produsen mobil ternama di dunia, untuk ambil bagian di ajang Geneva Motor Show 2012.

Mereka justru siap pamer mobil-mobil terbaru mulai dari yang siap diproduksi hingga konsep. Tak ketingggalan teknologi terbaru juga disematkan dalam mobil-mobil berdesain eksotis dan mewah itu.

Mulai dari Bentley EXP 9 F, Maserati GranTurismo Sport, Infiniti Emerg-E, Lamborghini Aventador J, Mercedes-Benz A Class, Bugatti Veyron Grand Sport,  BMW M6 Coupe, BMW X6 M50d, dan Ferrari F12. Lihat foto-fotonya di sini. (umi)

MPR Kecam Rencana Sunat Kewenangan KPK

Posted: 08 Mar 2012 05:59 AM PST

Kamis, 8 Maret 2012, 12:22 WIBIta Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika Pendemo di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (ANTARA/ Fanny Octavianus)

Koranbaru – Wakil Ketua MPR Hajriyanto Tohari mengecam keras rencana Komisi Hukum DPR untuk menyunat kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia menilai fungsi penindakan yang dimiliki oleh KPK saat ini masih relevan dengan aspirasi rakyat dalam pemberantasan korupsi.

Kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Kamis 8 Maret 2012, Hajriyanto menilai rakyat masih marah kepada koruptor. “Pembacokan jaksa nonaktif beberapa hari yang lalu itu merupakan ekspresi kemarahan rakyat yang sudah sangat tinggi,” kata dia.

Kasus yang dimaksud Hajriyanto adalah penusukan Jaksa Sistoyo, Rabu 29 Februari lalu di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi Bandung. Seorang lelaki pengunjung sidang tiba-tiba menusuk Sistoyo yang duduk sebagai terdakwa dalam kasus dugaan suap.

Menurut politisi Golkar ini, fungsi pencegahan seharusnya dipertegas pada badan-badan satuan pengawasan internal seperti inspektorat jenderal dan badan pengawas daerah.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menyatakan kewenangan KPK perlu dipangkas. Alasannya, dia menilai KPK gagal mencegah tindak pidana korupsi. "KPK memang sukses menyeret banyak koruptor ke dalam penjara. Tapi bersamaan dengan itu pula korupsi merajalela," kata Benny, 7 Maret lalu. "Koruptor seperti dibui satu tumbuh seribu. Jadi KPK sukses menindak, tapi gagal mencegah korupsi."

Oleh karena itu dalam RUU KPK yang baru, jelas Benny, kewenangan kejaksaan dan kepolisian untuk melakukan penindakan akan diperkuat, sementara KPK diminta fokus pada pencegahan korupsi. Dengan demikian KPK diharapkan berbagi kewenangan dengan dua lembaga hukum lainnya. (umi)

“Pangkas Kewenangan KPK, DPR Ingkari Rakyat”

Posted: 07 Mar 2012 11:09 PM PST

 

Advokat senior Adnan Buyung Nasution menuding DPR tidak memahami aspirasi rakyat karena berencana memangkas kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi.


"Mereka tidak mau mengerti aspirasi rakyat. Mereka tidak mengerti kedudukannya sebagai wakil rakyat," kata Adnan kepada Koranbaru semalam, 7 Maret 2012, di Jakarta. Padahal, tegas Adnan, KPK dibentuk atas dasar aspirasi rakyat.


Saat ini Komisi III Bidang Hukum DPR sedang menggodok rancangan revisi Rancangan Undang-undang KPK di mana di dalamnya akan ada rencana pemangkasan kewenangan lembaga ad hoc tersebut. Ketua Komisi III Benny K. Harman menyatakan kewenangan KPK perlu dipangkas karena KPK dinilai gagal mencegah tindak pidana korupsi.


"KPK memang sukses menyeret banyak koruptor ke dalam penjara. Tapi bersamaan dengan itu korupsi merajalela. Koruptor seperti dibui satu, tumbuh seribu. Jadi KPK sukses menindak, tapi gagal mencegah korupsi," kata Benny. Menurutnya tugas pencegahan sekaligus penindakan yang selama ini diberikan kepada KPK pada prakteknya justru menyandera dan membebani KPK.


Oleh karena itu dalam RUU KPK yang baru Komisi III akan memperkuat kewenangan kejaksaan dan kepolisian untuk melakukan penindakan, sementara KPK diminta fokus mencegah korupsi. Mereka berharap KPK berbagi kewenangan dengan dua lembaga hukum lainnya.


Namun Adnan tidak setuju dengan cara pandang Komisi III tersebut. Ia berpendapat KPK seharusnya diperkuat dengan ditambah lagi kewenangannya. "KPK harus punya penyidik sendiri, jangan tergantung polisi. Mereka juga harus punya penuntut sendiri, jangan tergantung pada kejaksaan," tegas Adnan.


Adnan melihat rencana Komisi III DPR memangkas kewenangan KPK sebagai upaya DPR untuk memperlemah KPK dengan cara mempreteli kewenangan-kewenangannya. "Logika hukum anggota DPR itu tidak jalan," ucapnya.


Adnan menuding DPR tidak pro dengan kebijakan dan gerakan antikorupsi. Ia pun mempertanyakan kredibilitas anggota DPR. "Mempreteli kewenangan KPK akan melumpuhkan KPK, dan itu maunya koruptor, karena anggota DPR banyak yang jadi korban KPK," kata Adnan. (eh)

NASA: Tragedi Tunguska Tak Akan Terulang 2013

Posted: 07 Mar 2012 11:05 PM PST

Dampak ledakan meteorit di Tunguska, Siberia (Ekspedisi Leonid Kulik, NASA)

Sejak kali pertama ditemukan oleh dua astronom Observatorio AstronĂ³mico de La Sagira, Spanyol, Asteroid 2012 DA14 menimbulkan kontroversi.


Kemunculannya yang tiba-tiba dalam jarak relatif dekat, yakni 2,5 juta kilometer, atau enam kali jarak Bumi dan Bulan 16 Februari 2012, memicu sejumlah spekulasi. Apalagi, batu angkasa ini diperkirakan akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada 15 Februari 2013.


Saking dekatnya, ia akan melayang di bawah satelit buatan manusia yang mengorbit di sekitar planet kita. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apakah ada kemungkinan Asteroid 2012 DA14 menubruk Bumi?


Sejumlah media bahkan menulis soal asteroid ini di halaman muka, dengan judul, “Telah Datang! Asteroid 2012 DA14″ atau “Asteroid ‘Tunguska’ Menuju Bumi”. Sejumlah artikel mengaitkan 2012 DA14 dengan tragedi Tunguska yang terjadi 1908 lalu, di mana komet atau meteorit meledak di Podkamennaya, Tunguska, Siberia. Meratakan dan membuat hangus 500.000 hektar hutan.


Namun, kabar ini dibantah para astronom. Termasuk dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Para ilmuwan di sana menegaskan, 2012 DA14 tak akan menimbulkan dampak bahaya nyata bagi penduduk Bumi.


“Asteroid itu mengorbit matahari, tak mungkin mendekat ke permukaan Bumi lebih dekat dari 3,2 jari-jari Bumi pada 15 Februari 2013,” kata peneliti obyek dekat bumi pada Laboratorium Propulsion Laboratory, Pasadena, Kalifornia, seperti dimuat SPACE.com.


Satu radius Bumi berjarak 6.378 kilometer di khatulistiwa. Jadi dengan perhitungan ini, jarak terdekat  2012 DA14 pada tahun depan adalah 12.680 mil atau 20.406 kilometer.


Sebagai perbandingan, satelit dalam lingkaran orbit geosynchronous Bumi berada pada ketinggian 22.245 mil atau 35.800 kilometer. Satelit lain mengorbit jauh lebih rendah. Stasiun Luar Angkasa Internasional, misalnya, melayang sekitar 240 mil 386 km di atas planet kita.


Meski Asteroid 2012 DA14 tidak akan menghantam Bumi Februari mendatang, umat manusia tak seharusnya lengah. Harus terus waspada terhadap asteroid. Sejarah mencatat, batu angkasa telah menyapu bersih spesies Dinosaurus dari muka Bumi 65 juta tahun lalu. Hanya soal waktu, bagi sejarah untuk terulang.


Bagan pergerakan Asteroid 2012 DA14


Meteorit Tunguska

Pada 30 Juni 1908, pukul 07.14 waktu setempat, sebuah ledakan misterius terjadi di wilayah pedalaman di Krai Krasnoyarsk, Rusia. Kekuatannya mencapai 1.000 bom atom Hiroshima itu.


Akibatnya sungguh luar biasa. Sebanyak 80 juta batang pohon seluas 830 mil persegi hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa. Karena lokasi ledakan jauh dari pemukiman.


Dampak ledakan yang disebut mencapai 30 megaton itu juga dikatakan menimbulkan guncangan di permukaan bumi hingga mencapai 5.0 skala richter (SR). Tidak hanya itu, sesaat kemudian sebuah gelombang ledakan membentang sejauh 40 kilometer, memporakporandakan semua kehidupan.

VIDEO: Bayi Macan Tutul Jawa Lahir di Jerman

Posted: 07 Mar 2012 11:01 PM PST

Arjuna dan Srikandi, macan tutul keturunan Jawa yang dibiakkan di Jerman (express.co.uk)

Masyarakat Jerman tampak antusias menyambut kelahiran bayi macan tutul keturunan Jawa, di Tierpark (kebun binatang) Berlin. Duta Besar Indonesia untuk Jerman Eddy Pratomo, kemudian ikut diundang untuk menyambut kelahiran dua bayi macan tutul itu.


Dua macan tutul itu kemudian diberikan nama yang diambil dari cerita wayang: Arjuna dan Srikandi. Dua macan tutul ini pun kemudian disebut sebagai simbol persahabatan Indonesia dan Jerman.


Lihat videonya di tautan ini.


Pembiakan Macan Tutul itu merupakan kerjasama antara Tierpark Berlin dengan Taman Safari, Jawa Barat, sejak tahun 2010. Induk betina bernama Shinta diambil dari Taman Safari, sedangkan induk jantan bernama Wuppi diambil dari Tierpark Berlin.
Suksesnya pembiakan bayi macan tutul ini juga bisa dianggap sebagai sebuah prestasi. Sebab, ini merupakan pertama kalinya macan tutul asal Jawa berhasil dibiakkan di luar Indonesia.


Macan tutul atau Leopard Jawa merupakan salah satu spesies yang sudah terancam punah. Hewan ini diprediksi paling banyak berjumlah 250 ekor.

Apple Perkenalkan iPad Terbaru

Posted: 07 Mar 2012 10:35 PM PST


Apple menggelar sebuah acara khusus di San Francisco, Amerika Serikat. Seperti telah diprediksi sebelumnya, di acara ini Apple memperkenalkan iPad terbaru.


Tapi sejumlah prediksi mengenai nama tablet terbaru Apple ini terbukti salah. Jika prediksi menamakan tablet terbaru ini dengan iPad 3 atau iPad HD, Apple malah membuat nama yang lebih sederhana: The new iPad.


Bagaimana dengan spesifikasinya?


Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Apple melengkapi iPad dengan layar 9,7 inch ini dengan teknologi retina display. Apple pun menjadikan iPad terbaru ini untuk mampu berjalan di jaringan 4G LTE.


Untuk kamera, iPad ini dilengkapi kamera 5 MP dengan sensor optik yang sama dengan yang digunakan iPhone 4S. Sedangkan untuk video recording memiliki resolusi 1080p.



“(Ini memiliki) teks yang lebih tajam dari koran. Foto pun terlihat luar biasa. Fonts juga menakjubkan,” ujar Senior Vice President Apple, Phil Schiller.


“Ini merupakan display perangkat mobile terbaik yang pernah dikapalkan,” ujar Schiller.


iPad terbaru ini akan dipasarkan mulai 16 Maret 2012 di Amerika Serikat, Jepang, Inggris Raya, Kanada, Swiss, Jerman, Perancis, Hong Kong, Singapura, dan Australia. Ada dua model tersedia, putih dan hitam, dengan harga jual mulai dari US$ 499. | Mashable | TechCrunch

Badai Matahari Mencapai Bumi

Posted: 07 Mar 2012 10:31 PM PST


Badai matahari diperkirakan akan mencapai bumi pada Kamis 8 Maret 2012. Dua lidah api besar terlontar dari matahari pada Selasa 6 Maret yang lalu. Fenomena itu diprediksi menimbulkan badai matahari terbesar dalam kurun lima tahun terakhir.


Menurut peneliti cuaca National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), Joseph Kunches, badai itu terlihat seperti aurora matahari yang kuat. “Aurora mungkin menjadi sesuatu yang menarik yang bisa kita lihat saat terjadi ledakan di matahari,” kata Kunches seperti dikutip space.com, Rabu kemarin. Aurora bukan satu-satunya produk sampingan dari badai matahari.


Lidah api matahari itu melepaskan awan plasma dan partikel bermuatan listrik, yang disebut coronal mass ejection (CME), ke angkasa. Namun, CME diperkirakan tidak akan menabrak bumi secara langsung, gelombang ini diperkirakan akan menghantam planet lain.


Kunches mengatakan, CME yang melaju dengan kecepatan 4 juta mil per jam akan mencapai bumi pada Kamis pukul 07.00 pagi waktu AS (12.00 GMT). Namun, material yang terbawa badai itu baru sampai ke bumi pada 01.25 waktu AS (06.25 GMT), plus minus 7 jam.


Energi partikel itu mempengaruhi medan magnet bumi, sehingga aurora akan tampak lebih jelas pada tempat-tempat tertentu di bumi. “Orang yang mengamati langit di semua lintang harus waspada pada aurora,” tulis astronom Tony Phillips pada website-nya.


Fenomena ini akan menyebabkan sejumlah gejala di bumi. Lidah api matahari yang kuat dan CME yang dihasilkan dapat menimbulkan badai geomagnetik dan radiasi matahari.


“CME dapat mengakibatkan badai geomagnetik yang parah, menimbulkan aurora di lintang rendah, dengan kemungkinan gangguan pada komunikasi radio pada frekuensi tinggi, sistem penentuan posisi global (GPS), dan jaringan listrik,” kata ilmuwan NASA dalam sebuah pernyataan dikutip space.com.


Geomagnetik dan badai radiasi matahari terkadang juga mengganggu komunikasi dan jaringan listrik di Bumi. Satelit di ruang angkasa juga bisa terganggu fenomena itu.


“Ada potensi arus induksi di jaringan listrik,” kata Kunches. “Operator jaringan listrik semuanya telah diberi tahu. Fenomena ini bisa menyebabkan arus induksi tidak diinginkan.” Tak hanya itu, fenomena ini juga bisa menyebabkan gangguan komunikasi pada pesawat yang terbang di atas kutub.

Diperiksa KPK, Alex Aman di Pilkada Jakarta?

Posted: 07 Mar 2012 10:27 PM PST

 

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis pagi ini, 8 Maret 2012. Dia akan dimintai keterangan terkait salah satu kasus yang saat ini masih dalam tahap penyelidikan.


Apakah pemanggilan ini bakal mengganggu kans Alex di pilkada DKI Jakarta?


Partai Golkar hakulyakin pencalonan Alex tak terganggu. “Aman,” kata Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto di Gedung DPR, Kamis, 8 Maret 2012.


DPD Partai Golkar DKI Jakarta sudah resmi mengusung Alex sebagai calon gubernur Jakarta. Toh begitu, Setya tidak memastikan apakah DPP Golkar akan mendukung Alex untuk maju menjadi calon gubernur. Menurut Setya, Golkar menilai kredibilitas Alex baik selama menjabat Gubernur Sumatera Selatan.


“Kami lihat nanti. Kami sudah sebutkan bahwa faktor pengalaman, leadership yang kuat, dan program-program yang sudah diterapkan akan jadi pertimbangan kami,” kata dia.


Mengenai pemeriksaan Alex, Setya mengatakan menyerahkan hal itu ke proses hukum. “Kami ikut memberantas korupsi,” kata dia.


Nama Alex disebut-sebut dalam kasus wisma atlet SEA Games. Rosalina Manulang, mantan anak buah Muhammad Nazaruddin menuding Alex juga mendapat jatah fee 2,5 persen dari proyek senilai Rp191 miliar itu.


Namun, tuduhan itu langsung dibantah Alex. “Saya sudah katakan dari awal, saya tidak kenal dan tidak pernah bertemu, tidak pernah minta, dan tidak pernah terima. Itu sudah saya katakan, itu sudah terang,” kata Alex di kediaman Jusuf Kalla di Jakarta Selatan, 1 September 2011 lalu. (kd)

VIDEO: Mobil Paling Perkasa di Dunia

Posted: 07 Mar 2012 09:44 PM PST

 

Geneva Motor Show 2012 yang digelar pekan ini, menjadi kesempatan bagi Bugatti untuk membuktikan diri sebagai produsen mobil paling cepat di dunia. Kali ini, mereka meluncurkan varian terbarunya, Bugatti Grand Sport Vitesse.


Dilansir Carbuzz, Rabu 7 Maret 2012, Bugatti Grand Sport Vitesse dilengkapi mesin W16 7.9-liter, empat turbo charger jumbo. Mobil ini mampu memproduksi tenaga sebesar 1.200 hp dan torsi puncak 1.500 Nm, dan mampu melesat hingga kecepatan 410 km/jam. Lihat videonya di sini.


“Kami memberikan gagasan untuk penggunaan tenaga yang luar biasa pada varian Grand Sport ini di mana sebelumnya diberitahukan memiliki tenaga maksimum 1.001 hp. Ini raja jalanan baru Bugatti,” kata Wolfgang Durheimer, CEO Bugatti.


Grand Sport Vitesse menggunakan velg berdiameter 20 inci, yang harus dipesan terlebih dahulu dengan memperhatikan aerodinamika pada spoiler depan. Spoiler depan yang lebih besar mampu menampung udara, untuk disalurkan ke knalpot ganda di belakang yang diposisikan di bagian tengah.

Facebook Four Kuasai Daftar Miliarder Termuda

Posted: 07 Mar 2012 09:40 PM PST

Mark Zuckerberg (thesocialbazaar.com)

Muda, sukses, dan kaya? Tentu ini impian menjadi hampir semua anak muda dunia. Tapi bagi empat anak muda pendiri dan petinggi Facebook menjadi kaya raya bukan lagi mimpi belaka. Sudah jadi kenyataan.


Majalah Forbes pekan ini merilis daftar orang kaya sedunia. Dan empat anak muda yang mendirikan Facebook, dan dikenal dengan sebutan Facebook Four, masuk dalam daftar jajaran para orang kaya itu, bersama orang-orang yang sudah berjuang berpuluh tahun bahkan menerima harta warisan dari kakek-neneknya.


Pendiri Facebook Mark Zuckerberg tercatat sebagai orang ke-35 terkaya dunia. Harta Zuck yang kini berusia 27 tahun tercatat sebanyak US$ 17,5 miliar.


Tapi Zuck bukanlah miliarder termuda. Sebab posisi termuda dipegang oleh rekannya saat mendirikan Facebook, Dustin Moskovitz. Beda usia Dustin dengan Zuck hanya tercatat delapan hari. Walau begitu, harta rekan sekamar Zuck saat di Harvard ini jauh lebih sedikit dari Zuck, dan ‘hanya’ sebesar US$ 3,5 miliar.


Sedangkan pendiri Facebook yang lain, Eduardo Saverin, tercatat sebagai miliarder termuda nomor lima dunia. Saverin juga sahabat Zuck dan Dustin saat ketiganya kuliah di Harvard. Harta Saverin yang kini berusia 30 tahun tercatat sebesar US$ 2 miliar.


Orang keempat dari Facebook Four yang tercatat masuk daftar miliarder termuda adalah Sean Parker, di peringkat delapan. Mantan Presiden Facebook yang kini berusia 31 tahun ini sebelumnya telah dikenal sebagai pendiri situs musik Napster, yang kemudian ditutup karena tuduhan pembajakan. Harta Parker yang kini telah berpindah ke situs musik Spotify tercatat sebesar US$ 2,1 miliar.


Kisah Zuck dan ketiga sahabatnya dalam mendirikan Facebook tergambar sangat menarik di film “The Social Network”. Film garapan David Fincher itu juga mengisahkan Zuck, Saverin, dan Dustin mulai mengembangkan Facebook atas bantuan Sean Parker.

Saklar Bermasalah, 730 Ribu Toyota Ditarik

Posted: 07 Mar 2012 09:36 PM PST


Toyota mengumumkan penarikan kembali atau recall sekitar 730.000 kendaraan di Amerika Serikat dan Kanada. Recall dilakukan lantaran ditemukan masalah airbag pengemudi dan saklar kontak lampu.


Dalam pernyataan Toyota yang dilansir Autoblog, Kamis 8 Maret 2012, potensi kerusakan airbag terjadi pada 495.000 truk Tacoma di Amerika Serikat dan 17.178 di Kanada, dengan model tahun 2005 sampai 2009.


Menurut Toyota, adanya gesekan antara kabel spiral dan alat penahan dalam pemasangan kabel spiral roda kemudi, dapat mengakibatkan hilangnya konektivitas ke modul airbag pengemudi.


Jika konektivitas hilang, lampu peringatan airbag pada panel instrumen akan tetap menyala setelah kendaraan dihidupkan. Namun, airbag pengemudi tidak aktif jika terjadi kecelakaan.


Sedangkan penarikan karena stop lamp (lampu berhenti/rem) berlaku untuk 70.500 mobil Camry dan 116.000 Venza di Amerika Serikat bersama dengan 2.740 kendaraan Camry dan 27.737 Venzas dengan model tahun 2009 hingga 2011.


“Selama pemasangan saklar kontak lampu berhenti di salah satu perakitan Amerika Utara, minyak silikon mungkin telah mencapai bagian dalam saklar dan menyebabkan peningkatan hambatan listrik,” ujar Toyota.


Situasi ini menyebabkan lampu peringatan pada panel instrumen menyala, namun mobil tidak bisa dihidupkan, atau tuas perseneling mungkin tidak bisa bergeser dari posisi parkir.


Toyota dalam proses untuk mendapatkan suku cadang yang diperlukan dan akan memberitahu pemilik mobil ketika suku cadang tersedia. Pemeriksaan, perbaikan dan penggantian komponen yang bermasalah tidak dikenakan biaya.

VIDEO: Adu Canggih Mobil-mobil Eksotis

Posted: 07 Mar 2012 09:33 PM PST

 

Krisis ekonomi global tampaknya tidak mematahkan semangat produsen otomotif dunia untuk meluncurkan mobil-mobil terbaru mereka di ajang Gevena Motor Show, yang dibuka untuk umum, Kamis 8 Maret 2012.


Kondisi ini disiasati dengan merilis mobil-mobil berkuran kecil dan harga terjangkau. Seperti yang dilakukan produsen otomotif asal Jerman, Opel. Mereka meluncurkan sebuah mobil listrik Opel RAK e. Lihat videonya di sini.


Mobil listrik dua penumpang ini dapat menjelajah hingga 100 km. Kecepatan maksimal 120 km/jam. Adapun untuk harganya mulai dari Rp140-170 juta.


Tak ketinggalan, pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, juga meluncurkan generasi terbaru hatchback andalannya, Hyundai i20. Hyundai mengklaim kalau emisi yang diproduksi mobil ini merupakan emisi terendah yang bisa dicapai di dunia.


Rahasia dibalik itu, tidak terlepas dari mesin yang dikembangkan di pusat riset Hyundai di Jerman, yang dikawinkan dengan teknologi Hyundai Blue Drive. Ini membuat produksi CO2-nya hanya sekitar 84 g/km atau terendah dari semua mobil bermesin konvensional yang ada di dunia.


Sedangkan untuk konsumen yang suka dengan kecepatan dan kewahan bisa menjadikan beberapa pilihan mobil ini. Mulai dari Bentley EXP 9 F, Maserati GranTurismo Sport, Infiniti Emerg-E, Lamborghini Aventador J, Mercedes-Benz A Class, Bugatti Veyron Grand Sport,  BMW M6 Coupe, BMW X6 M50d, dan Ferrari F12. (eh)

No comments:

Post a Comment