Wednesday, April 20, 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Wajah-wajah Kebahagiaan Pemain Real Madrid

Posted: 20 Apr 2011 07:44 PM PDT


Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/koran/public_html/wp-content/plugins/super-image-plugin/imagesupertools.php on line 382

 

Piala Raja (Copa del Rey) yang baru saja didapat Real Madrid begitu bermakna. Bagaiman tidak, trofi itu terakhir diperoleh klub terkaya di dunia itu tahun 1993.

Dengan tambahan perolehan trofi itu, otomatis Madrid saat ini telah mengoleksi 18 Piala Raja. Madrid masih jauh tertinggal dari Barcelona yang telah mengoleksi 25 Piala Raja.

Jose Mourinho diangkat pemain Real Madrid

Tapi, tambahan satu perolehan Piala Raja sudah membuat wajah para pemain Real Madrid gembira. Suka cita terlihat usai memastikan kemenangan atas Barcelona di partai final Copa del Rey dini hari tadi.

Cristiano Ronaldo mengangkat Piala Raja

Madrid baru bisa memastikan kemenangan setelah melalui laga selama 120 menit. Madrid menang setelah gol semata wayang Cristiano Ronaldo pada menit ke 103.

Bagi Ronaldo, ini adalah Piala pertama yang ia persembahkan untuk klub sejak ia bergabung tahun 2008. Selamat Ronaldo.

 

 

‘Barca Wajib Amankan La Liga dan Champions’

Posted: 20 Apr 2011 07:18 PM PDT

 

Pelatih Barcelona Josep Guardiola meminta anak asuhnya untuk segera melupakan kekalahan dari Real Madrid di final Copa del Rey dinihari tadi. Pep menegaskan Barcelona tidak akan melepaskan trofi La Liga dan Liga Champions.

Barcelona kehilangan peluang untuk merebut treble musim ini setelah dikalahkan Madrid 1-0 pada final Copa del Rey di Stadion Mestalla dinihari tadi, Kamis 21 April 2011. Gol tunggal Cristiano Ronaldo pada menit ke-102 membuat Barcelona harus tertunduk lesu di akhir laga.

Tapi, perseteruan Barcelona dengan Madrid bukanlah berhenti di Copa del Rey. Selain bersaing pada perebutan gelar La Liga, Azulgrana masih akan bertemu dengan Madrid pada dua leg semifinal Liga Champions, 27 April dan 3 Mei mendatang.

Guardiola sadar kekalahan dari Madrid di final Copa del Rey cukup menyakitkan, namun pelatih 40 tahun tersebut meminta Lionel Messi dan kawan-kawan larut dalam kesedihan. Guardiola minta timnya mengamankan gelar La Liga dan Liga Champions.

“Kami (Barcelona) dalam posisi bagus di liga dan kami harus memastikan semuanya berjalan lancar. Kami harus terus lanjut dan tidak boleh menyerah. Pertama kami harus memenangkan liga, dan berusaha untuk melangkah ke Wembley untuk final Liga Champions,” kilah Guardiola kepada Sky Sports.

Meski kalah, Guardiola tetap memuji penampilan anak asuhnya. “Saya pikir kami bermain dengan bagus. Saya tahu terasa buruk setelah kalah, tapi tidak pernah mudah ketika melawan pemain-pemain kuat seperti yang mereka miliki,” kilah Guardiola.

 

Mourinho Langsung Menghubungi Keluarga

Posted: 20 Apr 2011 07:16 PM PDT

 

Jose Mourinho mengaku langsung menelepon keluarganya usai mengantarkan Real Madrid meraih gelar Copa del Rey untuk kali pertama sejak 1993 dengan mengalahkan Barcelona 1-0 dinihari tadi, Kamis 21 April 2011.

Untuk kali pertama sejak diboyong ke Real Madrid awal musim ini, Mourinho sukses mempersembahkan gelar bagi Los Blancos. Terakhir kali Los Blancos menyabet gelar Copa del Rey adalah ketika mengalahkan Real Zaragoza 2-0 pada 1993.

Gol tunggal kemenangan Madrid dicetak oleh Cristiano Ronaldo menit ke-102. Dan Mourinho mengaku tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya ketika wasit meniup peluit panjang tanpa berakhirnya babak tambahan kedua.

“Saya langsung ke ruang ganti pemain untuk menelepon keluarga saya dan sedikit istirahat. Saya ingin pemain menikmatinya. Saya lelah, tapi senang,” ujar Mourinho seperti dilansir situs resmi Madrid, realmadrid.com.

Kesuksesan Mourinho merebut gelar Copa del Rey membuat pelatih asal Portugal selalu sukses merebut gelar lokal di klub yang diarsitekinya, setelah sebelumnya bersama FC Porto, Chelsea dan Inter Milan. The Special One mempersembahkan trofi ini untuk semua fans Madrid.

“Trofi juara ini bukan hanya punya saya, tapi punya semuanya. Setelah sekian lama tanpa trofi Copa del Rey, ini terasa manis. Selalu senang jika merebut trofi. Saya bangga dengan tim saya, fans dan orang-orang di sekitar saya. Ini trofi keempat saya, dan saya sangat bangga,” kilah Mourinho.

“Pertandingan berjalan imbang. Kami bagus di babak pertama, mereka (Barcelona) bagus di babak kedua. Kami melakukan sedikit kesalahan di pertandingan penting. Siapa yang bisa mencetak gol di babak tambahan akan menang,” papar Mourinho.

 

Madrid Lebih Incar Liga Champions

Posted: 20 Apr 2011 07:14 PM PDT

 

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, lebih membidik Liga Champions daripada La Liga usai memastikan merebut trofi Copa del Rey dengan mengalahkan Barcelona 1-0 di final dini hari tadi, Kamis, 21 April 2011.

Ini adalah gelar pertama Perez sejak kembali memimpin Madrid musim lalu, dan Perez mengaku sangat senang. Terlebih Copa del Rey adalah satu-satunya ajang yang belum pernah Perez rasakan di dua kali kesempatan menjadi patron Madrid.

“Saya sangat senang karena ini adalah trofi yang belum pernah saya menangkan. Saya memenangkan Liga Champions, Piala Super dan Piala Interkontinental di masa jabatan saya yang pertama. Saya hanya kurang Copa del Rey dan ini kesempatan ketiga saya,” kata Perez kepada AS.

Di kesempatan pertama Perez menjadi presiden Madrid pada 2000 hingga 2006, Los Blancos sempat melangkah ke final Copa del Rey pada 2002 dan 2004, namun kalah dari Deportivo La Coruna dan Real Zaragoza.

Madrid masih berkesempatan untuk meraih treble dengan menjuarai La Liga dan Liga Champions musim ini, namun Perez lebih berambisi untuk merebut trofi Liga Champions, yang terakhir direbut Madrid pada 2002.

“Sekarang kami harus bisa melangkah ke final Liga Champions dan memenangkannya, itu akan menunjukkan kalau musim kami sangat bagus,” kilah Perez.

Madrid akan kembali menghadapi Barcelona di dua leg semifinal Liga Champions, 27 April dan 3 Mei. Sedangkan di La Liga, El Merengues masih tertinggal delapan poin dari Barcelona di puncak klasemen.

 

Xavi Menilai, Copa Del Rey Tak Penting

Posted: 20 Apr 2011 07:13 PM PDT

 

Xavi Hernandez menilai trofi Copa del Rey tidak penting bagi Barcelona musim ini setelah dikalahkan Real Madrid 1-0 pada babak final di Stadion Mestalla dinihari tadi, Kamis 21 April 2011.

Gol tunggal Cristiano Ronaldo menit ke-102 membuyarkan ambisi Barcelona untuk kembali merengkuh treble musim ini. Xavi mengaku ada sedikit kekecewaan di skuad Barcelona, meski begitu Xavi tetap memberi ucapan selamat untuk Real Madrid.

“Ini adalah olahraga. Kami (Barcelona) jujur dengan penampilan kami, tapi mereka (Madrid) menyulitkan kami dengan serangan balik dan merebut trofi. Kami ucapkan selamat untuk mereka dan berusaha mendapatkan gelar yang ada,” ujar Xavi seperti dilansir AS.

Xavi menilai seharusnya Madrid tidak terlalu senang meski sudah merebut trofi Copa del Rey, karena menurut gelandang internasional Spanyol tersebut Copa del Rey kurang penting. “Dua turnamen tersisa, La Liga dan Liga Champions, adalah yang paling terpenting,” papar Xavi.

Barcelona, menurut Xavi, sebenarnya mampu membaca permainan Madrid di babak final. Namun, Azulgrana kurang beruntung karena selalu gagal mencetak gol.

“Babak pertama berlangsung imbang, babak kedua kami lebih baik dari mereka. Kami hanya tidak mampu mencetak gol. Apa yang kami harapkan dari Madrid sudah sama. Madrid menekan, membuat kami bermain pelan dan menjaga secara individual,” kilah Xavi.

 

Ronaldo Sangat Menikmati Kemenangan

Posted: 20 Apr 2011 07:04 PM PDT

 

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo mengaku sangat menikmati kemenangan atas Barcelona dalam final Copa del Rey dengan tajuk El Classico, Rabu, 20 April 2011.

Pemain termahal di dunia ini tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah menjadi penentu kemenangan Madrid melalui golnya di babak extra time. “Sangat menyenangkan meraih hasil ini terlebih saya membuat gol yang membuat kami meraih Copa (del Rey),” ungkap Ronaldo seperti dilansir Goal Uk.

Kemenangan ini merupakan yang pertama sejak ia bergabung dengan Madrid sekaligus menjadi yang ke-18 bagi El Real. “Ini merupakan gelar yang sangat penting dan kami sangat menikmatinya,” ujar Ronaldo.

Ronaldo menganggap kesuksesan Madrid di Copa del Rey tidak lepas dari kecerdikan Mourinho dalam mengatur strategi. “Mourinho sangat memberikan dampak positif. Ia telah banyak membantu kami dengan menyuntikkan energi positif, dan itu semua terlihat di lapangan,” kata Ronaldo.

Ronaldo juga menambahkan alasan ia begitu menikmati kemenangan ini. Menurutnya, kemenangan menjadi terasa begitu bermakna karena Barcelona telah bermain sangat baik tapi Madrid tampil sebagai pemenangnya. “Hanya ada satu pemenang dalam final,”lanjutnya.

El Classico tinggal menyisakan dua pertemuan lagi, yakni di semifinal Liga Champion yang akan berlangsung pada 27 April dan 3 Mei.

 

Ronaldo Berhasil Persembahkan Piala Raja

Posted: 20 Apr 2011 07:00 PM PDT

 

Real Madrid akhirnya menambah perolehan koleksi trofi Copa del Rey (Piala Raja) setelah mampu menang atas Barcelona pada partai final di Stadion Mestalla, Rabu, 20 April 2011.

Dengan tambahan trofi itu, Madrid saat ini mengoleksi 18 trofi Copa del Rey. Madrid terakhir memperoleh Piala Raja pada tahun 1993.

Madrid baru bisa memastikan kemenangan setelah melalui laga selama 120 menit. Madrid menang setelah gol semata wayang Cristiano Ronaldo pada menit ke-103. Gol Ronaldo terjadi berkat umpan silang dari Angel Di Maria. Ronaldo yang tanpa pengawalan ketat pemain belakang El Barca dengan tenang melesakkan bola lewat tandukan kepalanya.

Bermain di Stadion Mestalla, kedua tim bermain keras dan taktis. Wasit yang memimpin pertandingan itu terpaksa sampai harus mengeluarkan delapan kartu kuning dan satu kartu merah.

Madrid terus melancarkan serangan di babak pertama. Sejumlah peluang dari Cristiano Ronaldo masih mentah di tangan kiper Jose Pinto dan barisan pertahanan Barcelona.

Madrid kembali belum menemui keberuntungan ketika sundulan Pepe hanya mampu membentur tiang kanan gawang Barca. Hingga akhir babak pertama, skor masih 0-0.

Di babak kedua, giliran Barcelona yang menebar ancaman. Beberapa kali manuver Lionel Messi merepotkan kubu El Real.

Salah satunya pada menit ke-74 ketika tendangan Messi masih bisa ditepis kiper Iker Cassilas. Peluang emas untuk Barca kembali datang di menit ke-80, kali ini melalui kaki Andres Iniesta.

Menjelang akhir babak kedua, Madrid gantian membalas dengan serangan balik. Dalam rentan waktu yang tidak terlalu lama, Madrid telah melesakkan dua peluang emas melalui Ronaldo dan Angel Di Maria. Namun, Pinto berhasil menggagalkan usaha pemain Madrid dengan melakukan penyelamatan gemilang.

Hingga waktu normal habis, kedua tim masih belum mampu membuat gol. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Memasuki waktu extra time, kedua tim masih saling menyerang. Pilihan pelatih Jose Mourinho yang lebih memilih melakukan serangan balik membuahkan hasil.

Di saat pasukan Pep Guadiola asyik menyerang, Madrid mampu mencuri peluang. Lewat Di Maria yang menggiring bola ke sisi kiri lapangan langsung mengirimkan bola ke dalam kotak penalti. Ronaldo yang tanpa pengawalan ketat pemain belakang El Barca mampu mencetak gol lewat tandukan kepalanya. 1-0 untuk Real Madrid.

Pada menit ke-120, Madrid harus kehilangan satu pemainnya, Di Maria setelah melakukan pelanggaran kepada Messi. Wasit Alberto Undiano Mallenco terpaksa memberikan kartu merah kepada pemain asal Argentina itu.

Tertinggal satu gol, Barcelona sebenarnya langsung tancap gas. Sayang, upaya Lionel Messi untuk menembus pertahanan Madrid selalu gagal. Hingga laga usai, skor tetap bertahan 1-0 untuk kemenangan Madrid.

Susunan pemain

Barcelona: Pinto, Alves , Pique , Mascherano,  Adriano,  Xavi, Busquets Iniesta, Pedro, Messi, Villa.

Real Madrid
: Casillas; Arbeloa, Ramos, Carvalho, Marcelo; Khedira, Pepe, Xabi Alonso; Ozil (Adebayor); Ronaldo, Di Maria.

 

Rudal Yakhont Hantam KRI Buatan AS

Posted: 20 Apr 2011 06:54 PM PDT

 

Peluru kendali (rudal) Yakhont milik TNI Angkatan Laut yang dibeli dari Rusia berhasil melaksanakan fungsinya dalam uji coba di Samudera Indonesia.

Rudal yang memiliki kecepatan 2 Mach (atau setara dua kali kecepatan suara), dengan jangkauan maksimal 300 km dan daya ledak 300 kg ini berhasil menenggelamkan eks kapal perang KRI Teluk Bayur-502 buatan Amerika Serikat pada jarak 250 km.

“Pada hari ini TNI AL berhasil menembakkan rudal Yakhont dan dinyatakan eks kapal Teluk Bayur tenggelam,” ujar Kepala Pusat Penerangan Angkatan Laut Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada pers di atas KRI Surabaya-591 di Samudera Hindia, Rabu 20 April 2011.

Rudal Yakhont ditembakkan dari KRI Oswald Siahaan-354 (jenis Perusak Kawal Rudal kelas Fregat Vanspijk) sekitar pukul 10.30 siang.

Seluruh wartawan dari berbagai media yang turut dalam rombongan KRI Surabaya-591 langsung mendokumentasikan penembakan rudal Yakhont oleh KRI Oswald Siahaan-354.

Peragaan diawali dengan beberapa manuver dan peragaan peringatan yang dilakukan KRI OWA-354 kepada sasaran. Kemudian, pada akhirnya rudal dilesakkan.

Dengan kecepatan super dan suara bising yang ditimbulkan, rudal Yakhont meluncur cepat mengarah ke sasaran tembak di tengah Samudera Hindia. Hanya hitungan detik, rudal sekelebat hilang.

Dengan jarak sasaran tembak yang mencapai 250 km, tidak memungkinkan media, pejabat TNI AL dan awak KRI Surabaya-591 untuk melihat langsung rudal Yakhort meluluhlantahkan KRI Teluk Bayur-502.

Selain peluncuran perdana rudal Yakhont, TNI AL juga meluncurkan rudal lain dengan sasaran yang sama. Rudal itu yakni, Excocet MM 40 dan Mistral buatan Perancis yang diluncurkan KRI Sultan Hassanudin-366. Serta Sea Cat yang dilesakkan oleh KRI Karel Satsuit Tubun-356.

Selain tiga rudal handal yang dimiliki, TNI AL juga memperlihatkan kebolehan senjata strategis lainnya yakni, Torpedo Sut yang dilesakkan kapal selam Cakra-401 dan roket anti kapal selam RBU-6000 yang dimuntahkan KRI Cut Nyak Dien-375.

Iskandar menyatakan, selain untuk mengetahui kehandalan, akurasi sasaran dan daya hancur yang ditimbulkan, uji coba kali ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan unsur-unsur TNI AL dalam melaksanakan operasi tempur laut.

Menurutnya, sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia sangat rentan terhadap potensi ancaman dari negara lain melalui laut. Sehingga, sebagai salah satu alat pertahanan negara, TNI AL dituntut berperan aktif menjaga dan mempertahankan kedaulatan Indonesia.

“Karena itu, diperlukan adanya latihan secara bertingkat dan berjenjang untuk meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur prajurit. Serta kesiapan operasional alutsista,” tuturnya.

Jasad Syarif Ditolak, Sang Ayah Pasrah

Posted: 20 Apr 2011 06:35 PM PDT

 

Kepolisian akhirnya mengizinkan jasad bomber bunuh diri di Masjid Az Dzikra, kompleks Mapolresta Cirebon, Muchamad Syarif, dibawa pulang oleh keluarganya.

Namun, ayah Syarif, Abdul Ghofur mengaku tidak tahu kapan jasad itu akan diambil. Untuk diketahui, pihak keluarga Syarif di Jakarta diwakili oleh ibu dan adiknya. “Secepatnya lebih baik, saya sudah capek,” kata Abdul Ghofur saat dihubungi wartawan, Rabu 20 April 2011.

Pria 66 tahun itu juga mengaku belum ada kepastian di mana putranya itu akan dikubur. Awalnya, keluarga menghendaki Syarif dimakamkan di pemakaman kompleks pemakaman keluarga keraton, Gunung Jati, Cirebon.

“Tapi tidak diterima, padahal kita keturunan keraton, bapak dan ibu saya itu keturunan Keraton Kanoman dan Kasepuhan, sejak jaman Belanda,” tambah dia.

Terkait penolakan tersebut, Ghofur mengaku pasrah. “Saya juga menyalahkan anak saya, ikut aliran sesat, Dajjal,” kata dia. Lalu, di mana Syarif akan dikubur? “Jadi itu terserah besok. Mungkin dititipkan di kamar mayat rumah sakit Gunung Jati dulu, nggak tahu nanti,” kata Ghofur.

Penolakan terhadap jasad Syarif tak hanya diutarakan warga melalui spanduk-spanduk yang dipasang di jalanan.  Sultan Kanoman Cirebon (versi surat wasiat) Saladin, juga secara langsung menolaknya.

“Perilakunya kurang baik dan tidak mencerminkan kepribadian positif, kami jelas-jelas menolak yang bersangkutan untuk dimakamkan di kompleks pemakaman Gunung Jati,” kata Saladin, seperti dikabarkan tvOne, Rabu sore. Saladin juga menolak jika jenazah pria 32 tahun itu disalatkan di masjid Agung Keraton Kanoman.

Sebelumnya, Juru Bicara Keraton Kanoman (pendukung Sultan Emirudin), Ratu Arimbi Nurtina mengatakan, mengatakan, secara silsilah Syarif tidak terdaftar dalam keluarga keraton (KK), meski ia putra Sri Mulat — yang keturunan bangsawan.

Ibu Syarif, Sri Mulat, merupakan generasi keenam dari Sultan Imanudin dan bergelar Ratu. Dia terdaftar sebagai anggota Keraton Kanoman pada 2007 dan mendapat pengakuan silsilah. Namun begitu, kata adik kandung Sultan Kanoman Cirebon ini, silsilah dia sangat jauh, karena sejak keluar dari keraton sudah hidup sendiri.

 

 

Briptu Norman Batal Hibur Gorontalo Karena Sakit

Posted: 20 Apr 2011 06:28 PM PDT

 

Kesehatan Briptu Norman turun drastis sejak Rabu kemarin. Ia dilarikan ke Poliklinik Mapolda Gorontalo untuk mendapat perawatan intensif. Akibatnya, Briptu Norman gagal menghibur ribuan warga Gorontalo, Rabu malam tadi.

Padahal, kegiatan yang digelar sebagai syukuran menyambut Briptu Norman tersebut sudah dipersiapkan sejak awal pekan lalu. Seperti mendirikan panggung besar di lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo, karena akan ditonton langsung Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail bersama muspida setempat.

"Apa boleh buat sebagai manusia hanya berencana, Briptu Norman harus batal menghibur warga Gorontalo yang telah menantikannya karena sakit," kata Kepala Divisi Humas Polda Gorontalo, Ajun Komisaris Besar Polisi Wilson Damanik, yang saat dihubungi dari Makassar, Kamis, 21 April 2011.

Sebagai gantinya, acara syukuran tersebut menjadi acara doa bersama untuk Briptu Norman Kamaru. Doa bersama tersebut dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Gorontalo, AKBP Anang Sumpena. Dansat Brimob, kata Wilson, mengajak seluruh masyarakat Gorontalo yang memadati lapangan tersebut untuk menundukkan kepala seraya mendoakan Briptu Norman.

“Doa itu sangat wajar, sebab Briptu Norman dianggap sebagai sosok yang telah mengharumkan nama Gorontalo secara menasional," ujarnya lagi.

Pada kesempatan sama, kedua orang tua dari Briptu Norman, yakni Idris Kamaru dan Halimah Martinus juga tampil dihadapan masyarakat Gorontalo. Mereka menjelaskan alasan Briptu Norman batal menghibur mereka. Atas dasar itu juga, kedua orang tua dan kepolisian Gorontalo meminta maaf atas batalnya Briptu Norman tampil.

“Ini bukan kesengajaan, kondisinya memang tidak memungkinkan untuk tampil. Mudahan-mudahan bisa segera sembuh, agar bisa kembali menghibur warga Gorontalo," kata Wilson lagi.

Seperti diketahui, Briptu Norman yang baru satu hari menginjakkan kaki di kampung halamannya setelah 12 hari menjadi artis di Ibukota, jatuh sakit karena kelelahan. Ia mengaku lemas, pusing dan mata berkunang-kunang. Hingga kamis pagi, Briptu Norman dilaporkan masih di Poliklinik Mapolda Gorontalo. Meski masih di infus, namun kondisinya sudah jauh lebih baik.

 

Seri Lagi, Arsenal Kehilangan Posisi

Posted: 20 Apr 2011 05:40 PM PDT

Daylife

Duo pemain Arsenal, Theo Walcott (kiri) dan Samir Nasri (kanan) merayakan gol pertama Arsenal ke gawang Tottenham Spurs, Rabu atau Kamis (21/4/2011) dini hari WIB.

 

LONDON — Arsenal bermain imbang 3-3 dengan Tottenham Hotspur pada duel Premier League, Rabu (20/4/2011). Ini adalah hasil imbang kedua dalam dua pertandingan terakhir mereka. Mereka pun turun setingkat ke posisi ketiga dengan 64 poin, atau hanya kalah selisih gol dari Chelsea yang menggantikan posisi mereka.

Pertandingan derbi London ini berlangsung ketat dan sengit sejak awal. Kedua tim sama-sama tampak berambisi menang untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik. Jual beli serangan menjadi sajian menarik dari pertandingan ini.

Arsenal pun unggul cepat pada menit ke-5 lewat aksi Theo Walcott. Umpan terobosan dari Cesc Fabregas dimanfaatkan Walcott, yang lolos dari jebakan offside, dengan menempatkan bola ke sudut kiri gawang Tottenham yang dikawal Huerelho Gomes.

Namun keunggulan Arsenal hanya bertahan dua menit. “Spurs” langsung membalas berkat gol Rafael van der Vaart dengan kaki kanannya seusai menerima umpan dari Vedran Corluka.

Arsenal kembali unggul pada menit ke-12. Tendangan keras Samir Nasri dari luar kotak penalti membuat bola melaju kencang ke arah gawang tanpa bisa dihadang oleh Gomes. Skor 2-1 untuk Arsenal.

Memasuki menit ke-29, Arsenal dapat peluang emas. Walcott yang lolos dari penjagaan pemain belakang Tottenham berhasil melepaskan bola dengan tendangan kaki kanannya. Sayang, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Gomes.

“Spurs” balas mengancam pada menit ke-31. Tendangan dari Luka Modric dari dalam kotak penalti hanya berhasil membuat Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang.

Namun pada menit ke-40, Arsenal berhasil menambah keunggulannya. Bola pantul hasil tandukannya berhasil ia manfaatkan kembali untuk menjebol gawang Gomes lewat kaki kirinya.

Satu menit sebelum babak pertama usai, “Spurs” berhasil memperkecil ketertinggalan. Tendangan keras dari Tom Huddlestone membuat Szczensy hanya bisa terpana melihat bola masuk ke dalam gawangnya. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-2 untuk Arsenal.

“Spurs” membuka peluang di awal babak kedua. Tendangan keras kaki kiri Van der Vaart memang menemui sasaran. Namun sayang, bola hasil tendangannya masih bisa diselamatkan oleh Szczesny.

Petaka bagi Arsenal terjadi di menit ke-70. Pelanggaran yang dilakukan Szczesny terhadap Aaron Lennon di kotak penalti membuat wasit Martin Atkinson menunjuk titik putih. Van der Vaart yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Skor sekarang berimbang 3-3.

“Spurs” punya peluang untuk unggul dua menit berselang. Namun, kali ini Szczensy menjadi pahlawan dengan memblok tendangan Modric melalui kakinya. Pada menit ke-75, giliran Gomes yang melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola hasil tendangan keras Cesc Fabregas.

Tak ingin pertandingan berakhir imbang, Manajer Arsene Wenger meningkatkan daya serang pasukannya dengan memasukkan dua pemain bertipe penyerang, Nicklas Bendtner dan Andrei Arshavin, masuk menggantikan Walcott dan Nasri.

Susunan pemain
Tottenham:
Gomes, Michael Dawson, William Gallas, Benoit Assou-Ekotto, Vedran Corluka (Younes Kaboul 46), Luka Modric, Tom Huddlestone, Gareth Bale (Aaron Lennon 46), Rafael van der Vaart, Roman Pavlyuchenko (Sandro 78), Peter Crouch

Arsenal: Wojciech Szczesny, Johan Djourou, Laurent Koscielny, Gaël Clichy, Bacary Sagna, Alex Song, Abou Diaby (Jack Wilshere 52), Samir Nasri (Nicklas Bendtner 82), Theo Walcott (Andrei Arshavin 82), Robin Van Persie, Cesc Fábregas/kompas.com

Menang 3-1, Chelsea Ambil Kursi Arsenal

Posted: 20 Apr 2011 05:39 PM PDT

AFP

Gelandang Chelsea, Florent Malouda (kedua dari kanan), mencetak gol ke gawang Birmingham City, pada lanjutan Premier League, di Stamford Bridge, Rabu (20/4/2011).

 

LONDON — Chelsea menang 3-1 atas Birmingham City pada lanjutan Premier League di Stamford Bridge, Rabu (20/4/2011). Mereka pun naik ke posisi kedua dengan 64 poin atau hanya unggul selisih gol (34-32) dari Arsenal yang kini duduk di tempat ketiga.

Gol pertama Chelsea diciptakan oleh Florent Malouda pada menit ketiga. Setelah menguasai bola kiriman John Terry, Paulo Ferreira berlari menyisir sektor kiri pertahanan tim tamu dan melepas umpan silang. Bola diterima Drogba dan diteruskan kepada Malouda, yang dalam kawalan pemain lawan, menyontek bola masuk gawang Ben Foster.

Adapun gol kedua diciptakan Kalou pada menit ke-26. Setelah menguasai umpan Drogba, ia menggiring bola mencari ruang tembak. Ia mendapatkannya di luar kotak penalti dan melepaskan tendangan kaki kanan yang membuat bola membentur tiang kiri sebelum masuk gawang Foster.

Chelsea mendapatkan gol ketiga dari Malouda pada menit ke-62. Dari kotak 16 meter, ia menanduk bola kiriman Ryan Bertrand masuk ke tengah gawang Foster.

Adapun gol balasan tim tamu diciptakan Sebastan Larsson dari titik penalti pada menit ke-77, menyusul pelanggaran David Luiz kepada Matt Derbyshire.

Selama 90 menit, Chelsea menguasai bola sebanyak 58 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 20 usaha. Adapun Birmingham melepaskan dua tembakan akurat dari delapan percobaan.

Susunan pemain
Chelsea:
Petr Cech; John Terry, David Luiz, Ashley Cole (Ryan Bertrand 56), Paulo Ferreira; John Mikel Obi, Frank Lampard, Michael Essien; Florent Malouda (Nicolas Anelka 68), Didier Drogba, Salomon Kalou (Fernando Torres 67)

Birmingham: Ben Foster; Liam Ridgewell, Roger Johnson, Stuart Parnaby (Curtis Davies 80), Stephen Carr; Craig Gordon, Barry Ferguson, Keith Fahey, Sebastian Larsson; Cameron Jerome (Matt Derbyshire 70), Alexander Hleb (David Bentley 70)

Wasit: Michael Jones/kompas.com

Barca Dominan, Madrid Mengancam

Posted: 20 Apr 2011 05:37 PM PDT

AFP
Manajer Real Madrid Jose Mourinho (kiri) berjabat tangan dengan pelatih Barcelona Josep “Pep” Guardiola sesaat sebelum anak-anak didik mereka melakoni duel final Copa del Rey, di Mestalla, Rabu (20/4/2011).

VALENCIA – Real Madrid dan Barcelona masih bermain imbang tanpa gol sampai akhir babak pertama final Copa del Rey, di Stadion Mestalla, Rabu (20/4/2011).

Secara umum, Barcelona mendominasi permainan. Namun, mereka kesulitan mengalirkan serangan sampai tuntas. Nyaris tanpa peluang, mereka bahkan beberapa kali terancam kebobolan.

Pada menit ke-12, Oezil menggocek bola di dalam kotak penalti Barcelona sebelum mengirim bola kepada Cristiano Ronaldo. Namun, bola berhasil disapu oleh Javier Mascherano.

Setelahnya, tak ada peluang sampai pada menit ke-30, Oezil mengirim umpan silang ke arah Ronaldo. namun, sebelum dijangkau Ronaldo, bola diamankan Jose Manuel Pinto.

AFP
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (kanan), menggiring bola sambil dibayang-bayangi gelandang Real Madrid, Xabi Alonso, pada final Copa del Rey, di Mestalla, Rabu (20/4/2011).

AFP

Gelandang Real Madrid, Mesut Oezil, menggiring bola melewati kawalan dua pemain Barcelona, Sergio Busquets (kanan) dan Andres Iniesta, pada final Cope del Rey, di Mestalla, Rabu (20/4/2011).

Ronaldo akhirnya berhasil menciptakan ancaman berupa tembakan akurat pada menit ke-36. Namun, bola berhasil ditepis oleh Pinto.

Peluang terakhir di babak ini diciptakan bek Real Madrid, Pepe pada menit ke-44. Dari tengah kotak penalti, ia menanduk umpan Oezil, yang sayangnya hanya membentur tiang gawang Pinto.

Susunan pemain: Madrid: Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Pepe, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Marcelo; Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil, Sami Khedira, Angel Di Maria

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Gerard Pique, Adriano; Xavi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets; David Villa, Lionel Messi, Pedro

Wasit: Alberto Undiano Mallenco/kompas.com

Beri Kluster Khusus buat Investor China

Posted: 20 Apr 2011 05:24 PM PDT

ILUSTRASI – Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) yang dibangun bertahun-tahun dengan bantuan besar dari investor sekaligus teknisi dari China./KOMPAS/HERU SRI KUMORO

 

JAKARTA — Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Erwin Aksa menyebutkan perlunya sebuah kawasan industri terintegrasi atau kluster khusus bagi investor dari China.

Kita selama ini banyak sekali mengekspor nikel ore ke China. Padahal di sini kita butuh pabrik pengolahan nikel.
– Ketua Umum HIPMI Erwin Aksa

“Perlu penyediaan satu kawasan khusus bagi para investor China, dengan ada fasilitas pelabuhannya, ada fasilitas power plant-nya,” ucap Erwin kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (20/4/2011).

Erwin melanjutkan, kebijakan fiskal bisa disediakan dalam pembangunan kawasan terintegrasi tersebut, seperti pembebasan pajak untuk jangka waktu tertentu, sehingga hal itu menjadi faktor yang menarik bagi para investor China.

“Ya (ini masih wacana). Artinya kita melihat ada peluang bagi mereka (China) untuk mengembangkan industri, seperti nikel, besi, dan sebagainya,” tuturnya.

Ia berharap Pemerintah China melakukan investasi dalam industri pengolahan yang berbasis sumber daya alam Indonesia. “Kita selama ini banyak sekali mengekspor nikel ore ke China. Padahal di sini kita butuh pabrik pengolahan nikel,” tuturnya. Dengan demikian, ia berharap lagi, Indonesia tidak perlu mengekspor bahan mentah.

Ia menyarankan pula agar Pemerintah Indonesia bisa tegas meminta China berinvestasi di Indonesia dengan salah satu faktor penarik berupa kluster khusus./kompas.com

Nilai Ekspor Jepang Jatuh

Posted: 20 Apr 2011 05:22 PM PDT

Sebuah sepeda motor melewati sebuah kapal nelayan yang terbalik di Hachinohe, Aomori, Jepang utara/AP

 

Gempa dan tsunami berkekuatan 9,0 yang melanda Jepang pada Jumat (11/3/2011) nyatanya membuat nilai ekspor Jepang jatuh. Pasalnya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (21/4/2011), bencana alam itu merusak sejumlah infrastruktur. Alhasil, proses pengiriman sejumlah barang ekspor pun terganggu.

Kementerian Keuangan Jepang mengatakan, ekspor Negeri Sakura tersebut pada bulan ini jatuh hingga 2,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. Sejumlah analis sebelumnya memperkirakan nilai ekspor Jepang akan jatuh sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya.

Salah satu faktor yang cukup memengaruhi penurunan nilai ekspor tahun ini adalah terpuruknya ekspor mobil yang jatuh hingga 28 persen dibanding tahun sebelumnya. Gempa juga telah mengakibatkan terganggunya rantai suplai barang.

Penurunan ekspor ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 16 bulan terakhir. Sejumlah pabrik besar di Jepang terpaksa harus menunda produksi karena persediaan bahan baku yang terbatas.

Toyota dan Sony adalah dua di antara banyak perusahaan besar Jepang yang menghadapi persoalan akibat suplai barang yang terganggu. Kondisi ini diperparah oleh pasokan energi yang masih terganggu.

Pengamat memperkirakan, kondisi seperti ini kemungkinan masih harus dihadapi oleh sejumlah perusahaan di Jepang hingga paling tidak akhir tahun ini./kompas.com

Main 45 Menit, “Spurs”-Arsenal Lima Gol

Posted: 20 Apr 2011 05:19 PM PDT

Daylife
Duo pemain Arsenal, Theo Walcott (kiri) dan Samir Nasri (kanan) merayakan gol pertama Arsenal ke gawang Tottenham Spurs, Rabu atau Kamis (21/4/2011) dini hari WIB.

LONDON — Arsenal unggul 3-2 atas Tottenham Hotspur hingga berakhirnya babak pertama laga lanjutan Premier League, Rabu atau Kamis (21/4/2011) dini hari WIB.

Menyandang status derbi London membuat laga ini berjalan ketat dan sengit. Kedua tim sama-sama berambisi menang untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik. Jual-beli serangan menjadi sajian menarik dari pertandingan ini.

Arsenal pun unggul cepat pada menit ke-5 lewat aksi Theo Walcott. Umpan terobosan dari Cesc Fabregas dimanfaatkan Walcott, yang lolos dari jebakan offside, dengan menempatkan bola ke sudut kiri gawang Tottenham yang dikawal Heuerelho Gomes.

Namun, keunggulan Arsenal hanya bertahan dua menit. “Spurs” langsung membalas berkat gol Rafael van der Vaart dengan kaki kanannya setelah menerima umpan dari Vedran Corluka.

Arsenal kembali unggul pada menit ke-12. Tendangan keras Samir Nasri dari luar kotak penalti membuat bola melaju kencang ke arah gawang tanpa bisa dihadang oleh Gomes. Skor 2-1 untuk Arsenal.

Memasuki menit ke-29, Arsenal dapat peluang emas. Walcott yang lolos dari penjagaan pemain belakang Tottenham berhasil melepaskan bola dengan tendangan kaki kanannya. Sayang, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Gomes.

“Spurs” balas mengancam pada menit ke-31. Tendangan Luka Modric dari dalam kotak penalti hanya berhasil membuat Wojciech Szczesny melakukan penyelamatan gemilang.

Namun, pada menit ke-40, Arsenal berhasil menambah keunggulannya lewat Robin van Persie. Bola pantul hasil tandukannya berhasil ia manfaatkan kembali untuk menjebol gawang Gomes dengan kaki kiri.

Satu menit sebelum babak pertama usai, “Spurs” berhasil memperkecil ketertinggalan. Tendangan keras dari Tom Huddlestone membuat Szczesny hanya bisa terpana melihat bola masuk ke dalam gawangnya. Babak pertama pun berakhir dengan skor 3-2 untuk Arsenal.

Susunan pemain
Tottenham
: Gomes, Michael Dawson, William Gallas, Benoit Assou-Ekotto, Vedran Corluka, Luka Modric, Tom Huddlestone, Gareth Bale, Rafael Van der Vaart, Roman Pavlyuchenko, Peter Crouch

Arsenal: Wojciech Szczesny, Johan Djourou, Laurent Koscielny, Gaël Clichy, Bacary Sagna, Alex Song, Abou Diaby, Samir Nasri, Theo Walcott, Robin Van Persie, Cesc Fábregas/kompas.com

Milan-Palermo Bertukar Gol

Posted: 20 Apr 2011 05:18 PM PDT

AFP
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic.

MILAN Sempat unggul terlebih dulu, AC Milan dipaksa bermain imbang 1-1 pada babak pertama saat menjamu Palermo di leg pertama semifinal Coppa Italia, Rabu atau Kamis (21/4/2011) dini hari WIB.

Tanpa Alexandre Pato yang harus absen karena mengalami cedera, Pelatih Milan, Massimiliano Allegri, menurunkan duet Zlatan Ibrahimovic dan Antonio Cassano sebagai ujung tombak.

Taktik Allegri sangat brilian. Pasalnya, hanya dalam tempo lima menit, Milan berhasil unggul lewat gol yang diciptakan oleh Ibrahimovic. Mendapatkan umpan dari sektor kanan, Ibra menanduk bola tanpa mampu ditepis oleh kiper Palermo, Salvatore Sirigu.

Sayang, keunggulan Milan hanya bertahan sembilan menit. Javier Pastore berhasil menyamakan kedudukan setelah memaksimalkan umpan terobosan Mauricio Pinilla.

Setelah gol tersebut, Milan bereaksi cepat. Andrea Pirlo dan kawan-kawan kembali berusaha mengendalikan permainan. Pada menit ke-22, Cassano nyaris mengoyak gawang Palermo. Menguasai bola dari umpan yang dilepaskan Ibra, Cassano berhasil lepas dari kawalan bek Palermo. Sayang langkah Cassano terhenti karena wasit menilai dia telah berada dalam posisi offside.

Tak peduli dengan kegagalan itu, Milan terus menekan tamunya. Pada menit ke-26, gawang Palermo kembali nyaris bergetar. Saat itu, Ibra berhasil merangsek ke jantung pertahanan lawan. Sial bagi Milan, peluang tersebut sia-sia setelah tidak ada satu pun pemain yang menyambut umpan yang dilepaskan penyerang asal Swedia tersebut.

Jelang turun minum, Milan masih tampak menguasai permainan. Namun, usahanya untuk kembali unggul setelah skor 1-1 di papan skor bertahan sampai jeda.

Susunan pemain
AC Milan:
Marco Amelia; Massimo Oddo, Socratis Papaststhopoulos, Emiliano Thiago Silva; Andrea Pirlo, Clarence Seedorf, Luca Antonini, Mathieu Flamini, Kevin-Prince Boateng; Zlatan Ibrahimovic, Antonio Cassano

Palermo: Salvatore Sirigu; Cesare Bovo, Federico Balzaretti, Mattia Cassani, Dorin Goian; Giulio Migliaccio, Antonio Nocerino, Javier Pastore, Afriyie Acquah; Mauricio Pinilla, Abel Hernande/kompas.com

Torres Cadangan, Chelsea Unggul 2-0

Posted: 20 Apr 2011 05:16 PM PDT

Penyerang Chelsea, Salomon Kalou, merayakan golnya ke gawang Birmingham City, pada lanjutan Premier League, di Stamford Bridge, Rabu (20/4/2011)./AFp

 

LONDON — Tanpa Fernando Torres di barisan starter, Chelsea mampu unggul 2-0 atas Birmingham City sampai akhir babak pertama duel Premier League, Rabu (20/4/2011) di Stamford Bridge.

Gol pertama Chelsea diciptakan oleh Florent Malouda pada menit ketiga. Setelah menguasai bola kiriman John Terry, Paulo Ferreira berlari menyisir sektor kiri pertahanan tim tamu dan melepas umpan silang. Bola diterima Drogba dan diteruskan kepada Malouda, yang dalam kawalan pemain lawan, menyontek bola masuk gawang Ben Foster.

Gol kedua diciptakan Kalou pada menit ke-26. Setelah menguasai umpan Drogba, ia menggiring bola mencari ruang tembak. Ia mendapatkannya di luar kotak penalti dan melepaskan tendangan kaki kanan yang membuat bola membentur tiang kiri sebelum masuk gawang Foster.

Selama 45 menit pertama, Chelsea menguasai bola sebanyak 51 persen dan melepaskan empat tembakan akurat dari 12 usaha. Adapun tim tamu menciptakan satu peluang emas dari empat percobaan.

Susunan pemain
Chelsea:
Petr Cech; John Terry, David Luiz, Ashley Cole, Paulo Ferreira; John Mikel Obi, Frank Lampard, Michael Essien; Florent Malouda, Didier Drogba, Salomon Kalou

Birmingham: Ben Foster; Liam Ridgewell, Roger Johnson, Stuart Parnaby, Stephen Carr; Craig Gordon, Barry Ferguson, Keith Fahey, Sebastian Larsson; Cameron Jerome, Alexander Hleb

Wasit: Michael Jones/kompas.com

Susunan Pemain Real Madrid VS Barcelona

Posted: 20 Apr 2011 05:14 PM PDT

AFP
Pelatih Barcelona, Josep Guardiola, dan pelatih Real Madrid, Jose Mourinho.

VALENCIA — Berikut ini adalah susunan Real Madrid dan Barcelona, yang akan melakoni duel final Copa del Rey di Stadion Mestalla, beberapa saat lagi. Madrid tampak turun dengan kekuatan penuh, sedangkan Barcelona menampilkan sejumlah pemain lapis dua.

Madrid: Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Pepe, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Marcelo; Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil, Sami Khedira, Angel Di Maria

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Gerard Pique, Adriano; Xavi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets; David Villa, Lionel Messi, Pedro

Wasit: Alberto Undiano Mallenco/kompas.com

Konstitusi Baru Telah Siap

Posted: 20 Apr 2011 05:07 PM PDT

Saif Al-Islam, anak Presiden Moammar Khadafi, sedang bicara untuk pertama kalinya menanggapi pergolakan di Libya melalui televisi pemerintah, Minggu (20/2/2011)./al jazeera

 

KAIRO — Anak Moammar Khadafy mengatakan, sebuah konstitusi baru telah siap saat kelompok oposisi yang berupaya menggulingkan ayahnya berhasil dikalahkan. Televisi Al Arabiya melaporkan hal itu, Rabu (20/4/2011).

Ia juga mengatakan bahwa Pemerintah Libya akan mengatasi kelompok oposisi yang tengah mencoba untuk menggulingkan ayahnya itu.

Saluran televisi satelit yang berbasis di Dubai itu mengatakan, Saif al-Islam, yang berbicara kepada televisi Pemerintah Libya, menuduh dewan nasional yang berbasis di Benghazi termotivasi oleh kekuasaan dan kekayaan minyak. “Libya tidak akan kembali seperti semula,” kata Al-Islam seperti dikutip Al Arabiya.

“Zaman republik rakyat pertama (jamahiriya) telah usai dan sebuah rancangan konstitusi baru telah disiapkan,” katanya.

Saif al-Islam merupakan tokoh paling terkenal di antara anak Khadafy lainnya. Seperti ayahnya, ia tidak memiliki posisi di pemerintahan.

Para kelompok opisisi sejak bulan Februari telah berjuang untuk mengakhiri 41 tahun pemerintahan Khadafy. Namun, mereka harus berjuang menghadapi pasukan yang lebih berpengalaman dan bersenjata canggih.

Meskipun serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengemban mandat Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melindungi warga sipil, mereka hanya mencapai sedikit kemajuan untuk mencapai benteng pertahanan Khadafy di Tripoli.

Saif al-Islam menurut laporan Al Arabiya mengatakan, situasi sedang berubah menuju sistem Libya yang lebih baik. Ia juga mengatakan bahwa ayahnya akan mengatasi kelompok oposisi./kompas.com

Wina Armada: Pers Jangan Jadi Pengemis!

Posted: 20 Apr 2011 05:05 PM PDT

shutterstock
ILUSTRASI

BENGKULU — Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Dewan Pers Wina Armada Sukardi mengingatkan para wartawan, perusahaan pers, dan organisasi pers untuk tidak “mengemis” atau meminta-minta kepada kepala daerah demi menjaga independensi.

Kalau masih ada wartawan meminta-minta kepada kepala daerah, mereka dapat dikategorikan sebagai orang miskin atau cacat yang dipelihara pemerintah.
– Anggota Dewan Pers, Wina Armada Sukardi

“Kalau masih ada wartawan meminta-minta kepada kepala daerah, maka yang ia dapat dikategorikan sebagai orang miskin atau cacat yang dipelihara pemerintah,” kata Wina Armada di Bengkulu, Rabu (20/4/2011).

Ia tampil dalam forum diskusi Perubahan Kelima Undang-Undang Dasar 1945 yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Daerah RI dan Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Bengkulu (PWI Cabang Bengkulu).

Menurut dia, pers harus tetap menjaga independensi dan mengedepankan pemberitaan berimbang. Pertimbangannya, selama ini ada kesan bahwa pers sudah dijadikan alat bagi pejabat dan pengusaha untuk kepentingan tertentu. Dengan demikian, keindependenan pers sudah hancur di mata masyarakat.

Akhirnya pemerintah daerah seenaknya menjadikan pers untuk mencapai tujuan tertentu. Dampaknya, masyarakat tidak percaya pemberitaan media.

Tiga isu sentral

Anggota DPD-RI H Bambang Suroso dalam acara tersebut mengatakan, komunitas pers adalah mitra dalam mendukung program perubahan kelima UUD 1945 sebagai solusi pesoalan bangsa dan kebutuhan bangsa ke depan.

Hingga saat ini ada tiga isu sentral dalam perubahan tersebut, yaitu memperkuat sistem presidensial, lembaga perwakilan, dan memperkuat otonomi daerah.

Ia menjelaskan, dalam memperkuat sistem presidensial, presiden tidak memiliki kewenangan legislasi (membahas dan menyetujui rancangan undang-undang), tetapi hanya dapat mengajukan rancangan undang-undang (RUU) tersebut.

Sebagai imbalannya, presiden dapat memveto setiap RUU yang disetujui DPR dan DPD serta veto tersebut dapat dibatalkan bila disetujui dua pertiga anggota DPR dan dua pertiga anggota DPD.

Dalam memperkuat lembaga perwakilan, katanya, kekuasaan legislatif berada di tangan DPR dan DPD yang kedudukannya relatif sejajar. Kekuasaan legistatif meliputi kewenangan membentuk UU, pengawasan, anggaran, pengisian jabatan publik, dan representasi.

Menurutnya, semua rencana undang-undang harus mendapat persetujuan bersama DPR dan DPD, termasuk rencana undang-undang APBN. Baik DPR maupun DPD berwenang mengusulkan perubahan UUD 1945./kompas.com

Orang Dalam Ikut Membantu

Posted: 20 Apr 2011 05:02 PM PDT

KABUL  - Para pejabat Afganistan, Rabu (20/4/2011) menyatakan menyelidiki kemungkinan serangan terhadap kementerian pertahanan dilakukan dengan bantuan orang dalam.

Dalam serangan Senin, seorang pria yang memakai seragam militer Afganistan berhasil memasuki kementerian pertahanan Afganistan sebelum ditembak mati di dekat kantor Menteri Pertahanan Abdul Rahim Wardak.

Seorang juru bicara militer mengatakan, kemungkinan bahwa serangan itu dilakukan dengan bantuan orang dalam merupakan salah satu hal yang diselidiki ketika ia mengumumkan bahwa satu orang lagi tewas akibat luka-lukanya. Sehingga, jumlah kematian dalam serangan itu menjadi tiga, dan enam orang cedera./kompas.com

Tanpa Champions, Robben Mau Bertahan

Posted: 20 Apr 2011 05:01 PM PDT

AFP
Ekspresi winger Bayern Muenchen, Arjen Robben (kanan).

MUENCHEN — Pemain sayap Bayern Muenchen menyatakan siap bertahan, sekalipun klubnya tidak tampil di Liga Champions musim depan.

“Aku tak pernah mengatakan berniat pergi. Aku tak mengatakan aku akan pindah jika kami hanya akan bermain di Liga Europa musim depan. Aku terikat kontrak dengan Bayern. Jadi, aku akan bertahan,” ujar Robben.

Bayern telah melakoni 30 dari 34 pertandingan Bundesliga dan duduk di tempat ketiga (zona kualifikasi Liga Champions) dengan 55 poin. Mereka kalah enam angka dari Bayer Leverkusen di tempat kedua dan 14 angka dari Borussia Dortmund.

Sementara peluang lolos langsung ke Liga Champions belum tentu diraih, Bayern juga terancam oleh Hannover yang ada di tempat keempat (zona Liga Europa) dan memiliki 54 poin, juga dari 30 pertandingan. (TZ)/kompas.com

Barca Siap Ucapkan Selamat kepada Madrid

Posted: 20 Apr 2011 05:00 PM PDT

AFP/JAVIER SORIANO
Duel Barcelona melawan Real Madrid.

BARCELONA — Direktur Olahraga Barcelona Andoni Zubizarreta menilai final Copa del Rey antara timnya dan Real Madrid di Mestalla, beberapa saat lagi, bukan semata persaingan dua tim terbesar Spanyol. Pertemuan ini lebih merupakan pesta sepak bola. Ia pun mengaku berharap atmosfer pertandingan meriah dan positif.

“Saya yakin ini merupakan pesta sepak bola dan itu akan luar biasa. Dari apa yang saya lihat pada (pertemuan Madrid-Barca di Liga BBVA) Sabtu lalu, kami datang dengan keadaan lebih baik. Namun, pertemuan sekarang ini adalah final dan pertandingan seperti ini biasanya ditentukan oleh hal-hal kecil,” ujar Zubizarreta.

“Kami harus bermain seperti yang biasanya kami lakukan dan berusaha mencetak gol. Jika kami menang, itu bagus. Namun, jika kalah, kami akan mengucapkan selamat kepada lawan.”

“Pertandingan akan sulit. Ada ketegangan karena banyak hal telah terakumulasi selama beberapa jam terakhir. Namun, kami akan memainkan sepak bola kami (menyerang) dan dengan begitu akan ada kesempatan lebih besar untuk menang,” tuturnya.

Final Copa del Rey tersebut adalah “El Clasico” ketiga musim ini. Sebelumnya, kedua kubu bertemu di Liga BBVA, dengan Barcelona mencatatkan sekali menang (5-0) dan imbang (1-1).

Setelah final ini, kedua kubu masih akan kembali bertemu dua kali lagi, yaitu pada semifinal Liga Champions. (GL)/kompas.com

Liga Arab Tunda Pertemuan di Irak

Posted: 20 Apr 2011 04:58 PM PDT

WIKIPEDIA
Logo Liga Arab

KAIRO  - Liga Arab menunda sebuah pertemuan yang sedianya akan digelar di Irak  bulan depan, sebagai imbas dari pergolakan politik yang mengguncang wilayah tersebut, kata wakil sekretaris jenderal mereka, Rabu (20/4/2011).

Ahmed Ben Hilli mengatakan konsultasi dalam organisasi pan-Arab beranggota 22 negara itu menunjukkan kecenderungan terhadap penundaan pertemuan yang sedianya dijadwalkan pada 10-11 Mei itu, dan menambahkan pertemuan tingkat menteri yang akan datang juga akan dijadwal ulang.

Sekretaris Jenderal Liga Arab, Amr Mussa, sebelumnya telah mengatakan sebaiknya pertemuan tersebut ditunda karena pergolakan politik yang tengah berlangsung di Timur Tengah. “Suasana hati rakyat di wilayah tersebut menginginkan transisi, gugup, dan bersifat memberontak, sehingga kita harus berpikir ulang untuk menggelar pertemuan di periode seperti ini,” katanya.

Dua pemimpin Arab, Hosni Mubarak dari Mesir dan Zine El Abidine Ben Ali dari Tunisia, telah digulingkan oleh aksi protes yang menyebar ke negara lain di wilayah itu.

Irak tidak pernah menjadi tuan rumah pertemuan rutin Liga Arab sejak 1978, namun sempat menjadi tuan rumah pertemuan luar biasa yang digelar di Baghdad pada 1990./kompas.com

No comments:

Post a Comment