Tuesday, April 19, 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Aparat Keamanan Inggris Bergegas

Posted: 19 Apr 2011 07:29 PM PDT

LONDON – Menjelang upacara perkawinan Kerajaan Inggris antara Pangeran William dan Kate Middleton tanggal 29 April, area publik dekat Istana Buckingham dan Westminster Abbey di London diperiksa tim keamanan khusus yang dilengkapi dengan anjing pelacak.

Polisi, Selasa (19/4), mengatakan telah memeriksa rute parade, apakah ada bahan peledak yang mungkin disembunyikan di saluran limbah, tiang lampu, lampu lalu lintas, dan tempat-tempat lain. Tujuan pengecekan, yang diperkirakan akan berlanjut sampai acara besar selesai, adalah membuat rute yang akan dilewati pasangan pengantin kerajaan itu seaman mungkin.

Pasangan itu akan berangkat dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey secara terpisah. Mereka kembali melewati rute itu seusai upacara perkawinan dalam sebuah kereta kencana terbuka. Mereka akan melambaikan tangan dan kemudian muncul di balkon istana dengan anggota keluarga kerajaan lain.

"Para petugas polisi mulai waspada dan mengecek area tempat barang-barang berbahaya mungkin disembunyikan," kata Inspektur Ian Fairman dari Scotland Yard, Kepolisian London, yang memimpin pemeriksaan. "Polisi akan mengecek daerah-daerah rentan sepanjang rute prosesi."

Ratusan ribu orang diperkirakan berjajar di sepanjang rute pada 29 April. Akan banyak orang penting dan bangsawan dari Inggris dan luar negeri hadir. Acara itu dianggap merupakan target serangan kaum militan.

Inggris saat ini berada di tingkat ancaman "parah" nomor dua, yang berarti sebuah serangan dianggap sangat mungkin. Juga ada kekhawatiran kaum anarkis akan menargetkan acara ini. Pada Desember 2010, mobil yang membawa Pangeran Charles dan istrinya, Camilla, diserang saat demo mahasiswa berlangsung di ibu kota Inggris itu.

Menteri Keamanan Pauline Neville-Jones belum lama ini mengatakan bahwa dia yakin upacara perkawinan itu akan berlangsung aman.

Periksa orang "sakit"

Selain pemeriksaan keamanan, Scotland Yard merencanakan mengidentifikasi sejumlah individu yang dianggap mempunyai obsesi tak sehat dengan keluarga kerajaan. Kepolisian melakukan pengawasan untuk menjamin mereka tidak menyebabkan masalah pada hari perkawinan.

Sementara itu, sebuah jajak pendapat yang dilakukan untuk Reuters memperlihatkan lebih dari separuh orang Inggris akan menyaksikan Pangeran William menikahi kekasihnya, Kate Middleton, pada 29 April mendatang.

Perkawinan kerajaan itu diperkirakan akan menjadi salah satu acara yang paling ditonton secara global. Beberapa perkiraan menyebutkan penonton bisa mencapai dua miliar orang.

Sekitar 56 persen publik Inggris akan menyaksikan pangeran yang berada di urutan nomor dua ahli waris takhta Inggris itu menikahi Kate Middleton. Ini berdasarkan survei yang didapatkan Ipsos MORI. Hanya kurang dari seperempat responden yang mengatakan bahwa mereka pasti tidak akan menonton.

Sekitar 53 persen menyatakan tertarik pada hari besar pasangan itu dan sebanyak 47 persen mengatakan hanya tertarik sedikit atau tak punya perhatian pada hari besar pasangan itu.

Mertua keluarkan uang

Warga Inggris mendapat hari libur untuk acara itu. Pesta-pesta jalanan akan diadakan di seluruh negeri.

Mereka yang paling tertarik pada acara ini adalah perempuan (65 persen), warga berusia 65 tahun ke atas (65 persen), pemilih konservatif (64 persen), dan mereka yang berpendapatan rendah (59 persen).

Walau akan berbesan dengan keluarga Kerajaan Inggris, orangtua Kate Middleton tetap harus mengeluarkan uang untuk biaya perkawinan putrinya dengan Pangeran William.

Menurut sebuah berita, orangtua Kate akan membayar hampir 100.000 poundsterling untuk acara perkawinan itu.

"Kamar hotel, gaun pengantin, baju para pengiring pengantin, dan bulan madu akan dibayar oleh Carole dan Michael Middleton," demikian diberitakan surat kabar The Sunday Times, tanpa menyebutkan sumber.

Mereka akan membayar beberapa kamar suite di Hotel Goring di Distrik Belgravia, termasuk suite untuk Kate dan adiknya, Pippa. Gaun pengantin Kate konon harganya 30.000 poundsterling (sekitar Rp 423.000.000).

Harga gaun Kate ini lebih mahal daripada harga gaun pengantin almarhum Lady Di yang seharga Rp 363.000.000 pada tahun 1981 saat menikah dengan Pangeran Charles. Lady Di, yang meninggal akibat kecelakaan mobil di Paris, Perancis, bercerai dari Pangeran Charles karena saling tidak cocok. (Reuters/AP/AFP/DI)/kompas.com

Ancelotti Beberkan Permasalahan Chelsea

Posted: 19 Apr 2011 07:25 PM PDT

Pelatih Chelsea, Carlo Ancelotti./AFP

 

LONDON Pelatih Chelsea, Carlo Ancotti, membeberkan alasan mengapa timnya nyaris tanpa gelar pada musim ini. Menurutnya, “The Blues” tidak memiliki skuad yang cukup bagus dalam persaingan perebutan gelar juara.

Pada musim lalu yang merupakan musim perdana Ancelotti bersama “The Blues”, pelatih asal Italia itu sukses mempersembahkan dua gelar, yakni Premier League dan Piala FA.

Namun, pada musim ini, Chelsea terancam tanpa gelar. Setelah tersingkir dari Piala FA dan Liga Champions, Chelsea berpotensi gagal mempertahankan juara Premier League. Hingga pekan ke-32, Chelsea berada di peringkat ketiga dengan terpaut sembilan poin dari pemuncak klasemen sementara, Manchester United.

Rentetan kegagalan ini disebut-sebut media Inggris membuat Roman Abramovich selaku pemilik merasa kecewa dan ingin memecat Ancelotti. Namun, bila Chelsea berhasil bercokol di peringkat kedua, Ancelotti kemungkinan besar akan tetap dipertahankan pada musim depan.

“Tempat kedua memang lebih baik daripada di peringkat ketiga. Namun, itu tidak terlalu penting. Pada awal musim, Anda memimpikan memenangkan liga, bukan finis pada peringkat kedua,” ucap Ancelotti.

“Saya tidak berpikir bahwa skuad cukup bagus pada musim ini. Pada awal musim, kami tidak bisa membayangkan pemain yang sangat penting cedera pada waktu yang bersamaan. Kami berusaha keras untuk mengelola ini.”

“Tanpa Frank Lampard, Didier Drogba, Michael Essien, John Terry, dan Alex (absen karena mengalami cedera), pertandingan akan sangat sulit. Pada satu titik, kami harus menempatkan Paulo Ferreira sebagai bek tengah karena kami kehilangan bek tengah lain.”

“Tanpa Lampard dan Drogba di saat yang sulit, hal itu tidak mudah. Bukan hanya kualitas teknis mereka, melainkan juga kepribadian dan karakter mereka. Kami menginginkan mereka bisa hadir pada bulan November dan Desember saat kami tidak bermain dengan baik,” papar mantan pelatih AC Milan itu. (DM)/kompas.com

Leonardo Tak Takut Diganti

Posted: 19 Apr 2011 07:23 PM PDT

Manajer Inter Milan, Leonardo Araujo./AFP

 

ROMA — Pelatih Inter Milan, Leonardo, mengaku tak khawatir andai posisinya digantikan pelatih lain. Menurut Leo, ia selalu hidup untuk hari ini dan menyiapkan yang terbaik untuk masa depan.

Hal tersebut berkaitan dengan kemenangan 1-0 yang diraih Inter atas Roma pada leg pertama semifinal Piala Italia di Olimpico, Selasa (19/4/2011). Itu adalah kemenangan pertama Inter dalam tiga laga terakhir.

Menurut pemberitaan di Italia, Inter sedang bergerilya melobi sejumlah pelatih untuk menggantikan Leonardo. Naman mantan pelatih mereka yang kini menukangi Real Madrid, Jose Mourinho, juga disebut masuk daftar itu.

“Saya tak khawatir karena saya tak pernah berpikir soal masa depan. Saya hidup untuk hari ini dan menatap pertandingan kami berikutnya pada Sabtu mendatang (melawan Lazio di Serie-A),” ujar Leonardo.

“Saya memberikan laporan secara terbuka kepada klub dan mereka tahu apa yang saya pikirkan. Kami semua ingin tim ini menang.”

“Sekarang kami harus berusaha menemukan konsistensi di Serie-A karena sejumlah kekalahan belakangan ini merusak ritme. Namun, kami bisa mendapatkannya kembali pada fase akhir ini,” tuturnya. (FBI)/kompas.com

Reina: Dalglish Setara Guardiola

Posted: 19 Apr 2011 07:22 PM PDT

Pelatih Liverpool, Kenny Dalglish/AFP

 

LIVERPOOL  - Kiper Liverpool, Pepe Riena, menilai pelatihnya Kenny Dalglish memiliki kemampuan yang sama bagusnya dengan pelatih Barcelona, Josep “Pep” Guardiola.

Dalglish merupakan pelatih sementara. Ia menggantikan Roy Hodgson yang dipecat Januari lalu. Di tangan Dalglish, Liverpool mampu bangkit dari keterpurukan.

Betapa tidak, Liverpool berhasil menjungkalkan rival-rivalnya di “The Big Four”. Chelsea dan Manchester United sudah merasakan bertapa hebat kemampuan Dalglish dalam meramu tim. Begitu juga dengan Arsenal yang hanya mampu bermain imbang 1-1 pada akhir pekan lalu.

Dalglish pun hanya tinggal beberapa langkah lagi mengembalikan Liverpool ke posisi tradisionalnya di empat besar setelah Dirk Kuyt kini berada di peringkat keenam atau tertinggal tujuh angka dari Manchester City yang berada di peringkat keempat.

Atas dasar itulah, Reina menilai Dalglish pantas disejajarkan dengan Guardiola yang telah mempersembahkan delapan bagi Barcelona. Sebab, menurutnya, kedua sosok tersebut pantas menjadi legenda, karena hebat kala menjadi pemain maupun pelatih.

“Guardiola sedikit lebih muda dari dia tentu saja tetapi mereka memiliki latar belakang yang sangat mirip -ikon sebagai pemain dan juga manajer yang hebat. Sesuatu yang penting bahwa dia (Dalglish) sangat mengetahui klub, ” kata Reina kepada majalah mingguan Liverpool.

“Dia seorang legenda di Liverpool-dan maksudku legenda karena kadang-kadang kata tersebut digunakan terlalu berlebihan untuk orang lain. Kenny tahu persis apa yang orang-orang pikirkan dan apa yang pendukung ingin lihat,”

“Karena dia adalah seorang pemain hebat, ia mengerti sudut pandang seorang pemain dan itu berarti dia tahu bagaimana menetapkan standar dan apa yang dapat diterima. Dia membuat segalanya lebih mudah bagi kami,” papar pelatih asal Spanyol.

Reina juga mengaku yakin, bersama Dalglish, Liverpool meraih kemenangan di lima laga yang tersisa demi memperebutkan tiket ke Liga Champions pada musim depan.

“Kami membaik sejak Kenny menjadi manajer. Kami telah mengalahkan tim-tim besar. Tetapi penting sebagai pemain mengulangi (kemenangan) dalam setiap pertandingan. Kami tidak tampil bagus hanya melawan tim-tim kuat. Jika mendapatkan keseimbangan, kami akan jauh lebih dekat ke tempat yang kami inginkan (empat besar),” beber Reina. (LIV)/kompas.com

Perempuan Anggota DPR Belum Berperan

Posted: 19 Apr 2011 07:16 PM PDT

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Nurul Arifin

 

JAKARTA - Anggota DPR RI, Nurul Arifin, berpendapat, meski jumlah perempuan di parlemen meningkat 18 persen dari periode sebelumnya yang hanya 11 persen, namun peran mereka belum signifikan.

“Jujur saja, tentang perempuan di parlemen, walaupun sudah meningkat jumlahnya dari periode sebelumnya yang hanya 11 persen menjadi 18 persen, namun belum memperlihatkan kontribusi kebijakan yang signifikan,” katanya di Jakarta, Rabu (20/4/2011).

Politisi Partai Golkar di Komisi II DPR RI itu mengatakan, angka kenaikan tersebut tidak berbanding lurus dengan substansi atau kemampuan. Ia menunjuk pada sejumlah tugas legislasi, pengawasan, dan penganggaran yang belum maksimal bisa mengakomodasi aspirasi serta kepentingan kaum perempuan.

“Walaupun demikian, saya masih percaya bahwa tindakan afirmasi masih diperlukan untuk mengatrol perempuan masuk ke dunia politik,” kata Nurul Arifin yang berhasil membalik citranya sebagai artis film syur, jadi politisi bermutu.

Ia menilai, hingga saat ini kesenjangan perempuan dengan laki-laki masih cukup jauh. “Mudah-mudahan seiring dengan berjalan waktu dan tantangan bersama yang kian meningkat, peran perempuan parlemen bakal semakin maksimal serta signifikan dalam melahirkan berbagai kebijakan publik,” kata Nurul Arifin./kompas.com

Sudah 800 Kali AS Bombardir Libya

Posted: 19 Apr 2011 07:15 PM PDT

Pemimpin Libya Moammar Khadafy mengadakan tur keliling Tripoli dalam sebuah mobil terbuka, Kamis (14/4/2011), selagi kota itu dibom oleh pesawat-pesawat NATO./REUTERS

 

WASHINGTON — Militer Amerika Serikat telah melancarkan lebih dari 800 serangan mendadak di atas Libya sejak menyerahkan kendali operasi serangan udara di Libya kepada NATO. Departemen Pertahanan AS mengatakan hal itu pada Selasa (19/4/2011).

Kapten Angkatan Laut Darryn James mengatakan bahwa jet-jet tempur AS dalam bulan ini telah meluncurkan bom delapan kali terhadap pertahanan udara pemerintah pemimpin Libya, Moammar Khadafy, yang sedang memerangi pemberontak anti-pemerintah di negara Afrika Utara itu. “AS telah mengalirkan lebih dari 800 serangan tiba-tiba untuk membantu Operasi Unified Protector sejak 1 April. Dari jumlah itu, lebih dari 150 serangan merupakan misi SEAD (Suppresi atas Pertahanan Udara Musuh),” kata James, seorang juru bicara Pentagon.

Washington telah mengoordinasikan operasi pada hari-hari pertama intervensi sekutu di Libya setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui aksi militer internasional untuk merintangi serangan pasukan Khadafy terhadap kota-kota yang telah dikuasai pemberontak.

AS mengalihkan komando pada aliansi militer Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) awal bulan ini, membiarkan Pentagon terutama untuk menyediakan pengisian bahan bakar kembali dan pesawat pengintai. Namun, negara itu masih lentur terhadap kemungkinan aksi militer.

“Pada Senin, sebuah jet tempur F-16CJ milik Amerika telah menjatuhkan meriam ke tempat permukaan-ke-udara di sekitar Tripoli dalam satu misi SEAD”, ujar James.     Inggris dan Perancis, yang memimpin seruan campur tangan internasional untuk menghentikan serangan Khadafy terhadap rakyatnya, belakangan ini telah mendesak sekutu-sekutunya di NATO untuk membagi sebagian besar dari beban operasi itu dan mengerahkan lebih banyak pesawat tempur, ketika konflik Libya memasuki bulan kedua.

Sejak NATO mengambil kendali operasi, pesawat-pesawat sekutu telah melancarkan 2.877 serangan mendadak. Serangan-serangan tersebut termasuk serangan yang ditujukan terhadap sejumlah sasaran potensial yang telah dikenali dan yang tidak selalu memicu bombardir./kompas.com

MUI Sumsel: Koruptor Harus Dihukum Mati!

Posted: 19 Apr 2011 07:13 PM PDT

PALEMBANG - Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan mendorong pemberlakuan hukuman mati bagi koruptor karena perbuatan mereka dinilai sangat merugikan.

Ketua MUI Sumsel, KH Sodikun, di Palembang, Rabu (20/4/2011), menyatakan, selama ini para koruptor masih dihukum ringan, sehingga masing banyak yang menyalahgunakan jabatan dan uang rakyat tersebut.

“Bila para koruptor dihukum mati diharapkan bisa membuat jera pelaku lainnya agar tidak lagi merugikan keuangan negara yang berdampak buruk bagi masyarakat,” katanya.

Namun, dia mengusulkan agar para koruptor yang dihukum mati itu harus disesuaikan dengan besaran uang yang dikorupsi supaya ada keadilan. Menurut Sodikun, Islam mengharuskan bagi mereka yang bersalah dihukum setimpal.

Selain koruptor, lanjut dia, pihaknya juga mengusulkan kejahatan di bidang penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) juga pelakunya harus dihukum mati. “Bila itu diterapkan, Indonesia akan semakin aman dan kesejahteraan juga akan meningkat,” demikian KH Sodikun./kompas.com

Pesawat Michelle Obama Sempat Batal Mendarat

Posted: 19 Apr 2011 07:11 PM PDT

AP
Michelle Obama menonjolkan kelebihan tubuhnya, yakni lengan yang berbentuk indah.

Lantaran terbang terlalu dekat dengan sebuah pesawat kargo Angkatan Udara AS, pesawat jet kepresidenan yang membawa Ibu Negara Michelle Obama sempat batal mendarat di Bandar Udara Militer Andrews, di luar Washington. Insiden itu, menurut The Wall Street Journal, terjadi pada Selasa (19/4/2011) petang.

Media massa itu mengutip catatan dari pihak berwenang penerbangan. Kendati demikian, kejadian itu tidak menimbulkan bahaya apa pun bagi pesawat yang ditumpangi Michelle Obama.

Pihak otoritas penerbangan mengatakan, pesawat kepresidenan Boeing 737 itu cuma berjarak 3 mil atau 5 kilometer dari pesawat kargo C-17 saat mendekati Bandara Andrews. Padahal, jarak ideal di antara keduanya adalah 5 mil atau 8 kilometer.

Alhasil, pengatur lalu lintas penerbangan memerintahkan pesawat Boeing 737 Michelle Obama berputar dahulu untuk memberikan kesempatan pesawat kargo lebih dahulu mendarat. Setelah itu, barulah pesawat Boeing 737 tersebut bisa mendarat dengan selamat./kompas.com

16.000 Penduduk Tanpa KTP Tasikmalaya

Posted: 19 Apr 2011 07:09 PM PDT

TASIKMALAYA — Sekitar 16.000 orang yang tinggal di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, belum memiliki kartu tanda penduduk Kota Tasikmalaya. Masyarakat diminta aktif melakukan pembuatan KTP untuk memudahkan proses pendataan di Kota Tasikmalaya.

Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Tasikmalaya Juniar Havid, Selasa (19/4/2011), mengatakan, dari 320.000 penduduk di Kota Tasikmalaya, sebanyak 5 persen atau sekitar 16.000 penduduk masih belum memiliki KTP.

Banyak warga enggan mengurus KTP karena menganggap tidak penting. Juniar menyayangkan hal itu karena KTP memiliki peran penting, dari sebagai identitas warga, syarat melakukan kegiatan administrasi, hingga keperluan keamanan di suatu daerah.

Minimnya perhatian masyarakat terhadap KTP juga terlihat saat Operasi Yustisi Gabungan dilaksanakan di jalan seputar Terminal Pancasila. “Dalam waktu 2 jam dari pukul 10.00, sebanyak 30 orang didapati tidak memiliki KTP,” katanya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tasikmalaya Hadi Riyadi mengatakan bahwa dalam razia itu, warga yang tidak memiliki KTP menjalani sidang di tempat dan harus membayar denda Rp 20.000. Sidang dilakukan oleh hakim dari Pengadilan Negeri Kota Tasikmalaya.

Roro (30), yang mengaku tinggal di Cibangun, Kecamatan Cibeureum, mengaku belum memiliki KTP Kota Tasikmalaya. Ia beralasan belum sempat mengurus KTP karena sibuk. Namun karena tidak mau lagi berurusan dengan petugas, ia berjanji mengurus hal itu dalam waktu dekat. /kompas.com

AS Tolak Palestina Lagi

Posted: 19 Apr 2011 07:00 PM PDT

AP PHOTO/HATEM MOUSSA Ilustrasi

 

WASHINGTON - Amerika Serikat, Selasa (19/4/2011), menolak lagi rencana Palestina meminta pengakuan akan negara (Palestina) merdeka secara sepihak dari PBB tanpa mencapai perjanjian damai dengan Israel. “Kami tidak yakin itu adalah gagasan yang baik, kami tidak yakin itu akan membantu,” kata juru bicara Deplu AS Mark Toner.

Pembicaraan damai yang diperantarai AS antara Israel dan Palestina telah dimulai lagi pada September 2010, tapi macet tak lama setelah itu ketika Israel menolak memperpanjang moratorium dalam pebangunan permukiman di wilayah Palestina yang didudukinya. Israel bersikeras bahwa semua masalah, termasuk permukiman, sebaiknya dibahas dalam pembicaraan langsung.

Presiden Pemerintah Otonomi Palestina Mahmud Abbas telah menyatakan bahwa ia akan meminta pengakuan di PBB akan negara Palestina merdeka itu pada September mendatang. Tapi AS, yang memimpin proses perdamaian itu, terus menegaskan bahwa hanya perjanjian yang dirundingkan sepenuhnya dengan Israel  mengenai “solusi dua negara” yang dapat menghasilkan perdamaian yang kekal antara kedua negara itu.

“Kami terus mendesak kedua belah pihak untuk memulai pembicaraan lagi dalam perundingan langsung,” kata Toner./kompas.com

Sudah 33 Orang Tewas di Nigeria

Posted: 19 Apr 2011 06:55 PM PDT

Goodluck E Jonathan saat memasukkan surat suara di kampungnya, Otuoke, Provinsi Bayelsa, Nigeria, 16 April 2011. Ia mengalahkan rival utamanya, Muhammadu Buhari./Reuters

 

KADUNA — Kerusuhan pascapemilihan presiden di Nigeria utara menewaskan sedikitnya 33 orang. Angka itu menurut hitungan dari saksi dan pekerja bantuan dan hanya untuk beberapa kota besar. Adapun korban tewas secara keseluruhan dipercaya jauh lebih besar.

Seorang wartawan Reuters melihat lima mayat hangus tergeletak di lingkungan Gonin-Gora di Kaduna, tempat pemerintah setempat mengatakan bahwa mereka telah mengumpulkan 12 mayat. Seorang warga menyatakan, dua mayat lagi tergeletak di luar rumahnya.

Palang Merah memastikan bahwa sedikitnya enam orang tewas akibat kerusuhan yang terjadi pada hari Senin di kota Kano, lebih ke utara, dan delapan orang tewas di Kasina.

Ada juga kematian di kota Zaria dan beberapa orang di Sokoto, di bagian barat laut yang terpencil, yang jumlahnya belum diketahui.

Pemilihan presiden di Nigeria, seperti diumumkan oleh komisi pemilihan negara itu, Senin, dimenangkan petahana, Goodluck Jonathan./kompas.com

Pabrik Miras Oplosan di Serpong Diungkap

Posted: 19 Apr 2011 06:53 PM PDT

Kompas.com/Josephus Primus Ilustrasi.

 

TANGERANG SELATAN - Kepolisian Sektor Serpong berhasil mengungkap pabrik pengoplosan minuman keras di Kampung Ciater, Kelurahan Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Ini merupakan temuan terbesar karena barang bukti yang disita lebih dari 6.500 botol miras siap edar. Kepala Polsek Serpong, Komisaris Polisi Heribertus Ompusunggu, mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai produksi miras oplosan tersebut.

Bersama tiga anak buahnya, Selasa (19/4/2011) malam, Heribertus langsung mendatangi lokasi yang bersebelahan dengan Perumahan Ciater Permai tersebut.

“Lokasi pabrik ini berupa kebun, kurang lebih seluas 2.000 meter persegi dan terdapat warung-warung dari papan,” kata Heribertus di markas Polsek Serpong, Rabu (20/4/2011) dini hari.

Dari lokasi kejadian, polisi berhasil menyita ribuan botol minuman yang dikemas dengan label palsu. Barang bukti yang disita tersebut, antara lain sekitar 6.500 botol whiskey merek Mansion yang dikemas dalam 107 kardus cokelat dan 350 botol ukuran besar dalam 15 kardus.

Polisi juga menemukan jeriken berkapasitas 30 liter sebanyak 9 buah dan 4 drum berkapasitas 200 liter per buah berisi minuman beralkohol. Sejumlah minuman anggur Vigour dan ribuan botol whiskey kosong beserta tutupnya ikut diamankan sebagai barang bukti. Barang bukti lainnya berupa dua buah pompa penyulingan serta dua kardus label bea cukai.

Selain itu, petugas juga mengamankan tiga orang, yang mengaku sebagai kuli angkut di pabrik miras tersebut. Mereka antara lain OA (27) asal Bandung, DH (24) asal Ciamis, dan Og (40) asal Tangerang. Polisi sedang mengejar pemilik pabrik tersebut.

Kepada polisi, mereka mengaku peredaran minuman itu mencakup Bali, Palembang, dan Sumatera. Mereka dijerat dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, yakni memproduksi dan mengedarkan makanan dan minuman yang mengganggu kesehatan./kompas.com

Moggi: Juve Harus Rekrut Mancini

Posted: 19 Apr 2011 06:51 PM PDT

AFP
Pelatih Manchster City, Roberto Mancini

TURIN – Mantan manajer umum Juventus, Luciano Moggi menyarankan Juventus untuk menggaet Manajer Manchester United, Roberto Mancini musim depan. Moggi melihat Mancini punya kapasitas untuk melatih Alessandro Del Piero dkk.

Isu pelatih baru memang gencar menerpa Juve. Posisi pelatih Luigi Del Neri terus digoyah karena dinilai gagal berprestasi musim ini. Beberapa nama sudah dimunculkan media-media Italia sebagai suksesor Del Neri, dan Mancini termasuk salah satunya.

“Mancini pelatih yang bagus dan saya tentu akan membawanya ke Juventus. Saya memang tak punya hubungan dekat dengannya, tapi saya tahu dia karena kami sering berbincang-bincang,” kata Moggi kepada Radio Kiss Kiss.

“Bila Anda mencari sosok pelatih Anda harus melihat talentanya dan Mancini bisa melakukannya dengan baik. Dia juga melakukan apa yang banyak orang tolak lakukan. Ia punya ide cemerlang dan dia sangat mengagumkan di masa lalu,” sambungnya. (RKK)/kompas.com

Selamat Datang Kamerad Raul Castro!

Posted: 19 Apr 2011 06:49 PM PDT

AP PHOTO/ISMAEL FRANCISCO
Raul Castro

HAVANA  - Presiden Kuba Raul Castro telah ditunjuk sebagai pemimpin Partai Komunis yang berkuasa, menggantikan kakak laki-lakinya, ikon revolusi Fidel Castro, yang memegang jabatan tersebut sejak partai itu berdiri pada 1965.

Seorang pejabat menyampaikan pengumuman bersejarah tapi telah diperkirakan itu pada upacara penutupan Kongres Keenam Partai Komunis Kuba, yang dihadiri oleh Fidel Castro yang sudah tua, yang telah memastikan pengunduran dirinya beberapa jam sebelumnya.

Komite Sentral baru partai itu, yang ditunjuk pada Senin malam, juga menunjuk Wakil Presiden Jose Ramon Machado, 80, sebagai sekretaris kedua yang baru dan orang nomor dua (setelah) Raul Castro.

Di antara perubahan partai lainnya, (anggota) politbiro baru itu telah dikurangi dari 19 menjadi 15 orang, termasuk tiga anggota baru./kompas.com

Bolivia Jadi Produsen Lithium Karbonat

Posted: 19 Apr 2011 06:48 PM PDT

Modul baterai lithium-ion yang digunakan Mercedes-Benz pada mobil listrik/Mercedes-Benz

 

UYUNI - Bolivia akan memproduksi lithium karbonat untuk pertama kalinya tahun ini, Presiden Evo Morales mengatakan Selasa. Kebijakan ini sebagai sebuah tanda Bolivia sedang membuat langkah ekonomi berkat cadangan utamanya dari mineral yang digunakan dalam baterai mobil listrik.

Bolivia diperkirakan memiliki 70 persen cadangan dunia dari mineral yang juga digunakan dalam industri keramik dan farmasi tersebut. Mineral ini paling menonjol digunakan saat ini dalam baterai mobil listrik. “Tahun ini kami akan  sudah memiliki lithium karbonat, dan yang paling penting adalah bahwa itu adalah langkah pertama menuju industrialisasi,” kata Morales, seorang kiri yang memimpin negara termiskin di Amerika Selatan itu, mengatakan di Uyuni, dataran garam tempat mineral itu berada.

Morales tertarik untuk memiliki Bolivia yang benar-benar menghasilkan baterai tetapi belum ada kesepakatan keluar pada tahap ini, karena itu akan membutuhkan  masukan  modal utama dari mitra internasional. Bolivia memperkirakan bahwa di dataran garam selatan ada 100 juta metrik ton mineral. Lithium banyak digunakan dalam baterai isi ulang untuk laptop, ponsel, dan mobil listrik./kompas.com

Lindungi Pemberian ASI

Posted: 19 Apr 2011 06:44 PM PDT

Ilustrasi menyusui/SHUTTERSTOCK

 

Jakarta  – Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif akan diterbitkan dalam waktu 1-2 bulan mendatang.

Hal itu dikatakan Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan Minarto, Senin (18/4) malam. "Rapat teknis selesai pada 7 April 2011," kata dia.

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI selama enam bulan tanpa pemberian makanan lain. RPP tentang Pemberian ASI Eksklusif sesuai dengan kaidah Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan kode internasional pemasaran pengganti ASI dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

RPP mengatur larangan promosi dan penjualan susu formula secara langsung kepada ibu baru melahirkan maupun melalui tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Praktik itu dikhawatirkan menghambat pemberian ASI eksklusif. Tenaga kesehatan dan penyelenggara fasilitas pelayanan kesehatan dilarang menerima hadiah dan/atau bantuan dari produsen atau distributor susu formula bayi dan/atau produk bayi lain yang dapat menghambat keberhasilan program pemberian ASI eksklusif. Menurut Minarto, pemerintah dan pemerintah daerah akan mengawasi pelaksanaannya, terutama di fasilitas dan tenaga kesehatan. Peran masyarakat dalam pengawasan juga sangat diharapkan.

Sementara itu, melalui surat kepada harian Kompas, Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Makanan Bayi (APMB) Irawati Susalit menyatakan, sesuai Pasal 13 dan Pasal 14 Permenkes Nomor 237/MENKES/SK/IV/1997, sejak tahun 1997 produk susu formula bayi (untuk 0-6 bulan) dan susu formula lanjutan (infant formula untuk bayi di atas usia 6 bulan) dilarang untuk diiklankan atau dipromosikan. Menurut Ira, semua anggota APMB sejak tahun 1997 telah mematuhi peraturan itu dengan tidak mengiklankan dan mempromosikan susu formula bayi dan susu formula lanjutan. APMB juga mendukung pemberian ASI ekslusif selama enam bulan pertama sejak bayi lahir. (INE)/kompas.com

Rahmad Darmawan Dipilih Menjadi Pelatih Timnas U-23

Posted: 19 Apr 2011 06:40 PM PDT

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan./SRIWIJAYA POST/SYAHRUL HIDAYAT

 

JAKARTA — Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, telah dipilih Satlak Prima menjadi pelatih tim nasional U-23 karena dinilai lebih berpengalaman ketimbang kandidat lainnya, Aji Santoso. Namun, Rahmad belum memberikan jawaban.

Sebelumnya, Rahmad disebut akan segera menangani timnas U-23. Namun, hal ini terhambat oleh kontraknya bersama Persija, yang baru akan berakhir pada 15 Agustus mendatang.

Selain itu, Persija juga telah menyatakan keberatan karena mereka masih berjuang untuk menjuarai Liga Super Indonesia (LSI) musim ini. Akan tetapi, Manajer Timnas U-23, Iman Arif, menyatakan, Satlak Prima telah menunjuk Rahmad seusai rapat yang digelar pada Selasa pagi.

“Satlak telah mengirim surat ke Persija mengenai penunjukan Rahmad,” ujar Iman di kantor Kadin, Selasa (19/4/2011).

Iman juga telah mengumumkan gaji Rahmad di timnas, yakni Rp 7 juta per bulan. Nantinya Rahmad akan dibantu tiga asisten, yakni Widodo C Putro, Edi Harto, dan Satya Panca.

“Awalnya kami menyodorkan nama Aji. Namun, Rahmad meminta nama-nama yang sudah ada, sedangkan Wolfgang Pikal akan tetap menjadi asisten pelatih timnas senior,” tambah Iman. Untuk posisi pelatih timnas senior, Iman menyatakan bahwa posisi itu masih dipercayakan kepada pelatih asal Austria, Alfred Riedl./kompas.com

Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Posted: 19 Apr 2011 06:39 PM PDT

k23-11 Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang di tepi laut.

 

BULUKUMBA — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumaning yang sedang asyik mencuci bentang (tali) rumput laut di tepi laut.

Jumaning melihat ikan duyung itu seakan meminta pertolongan kepadanya. Si ikan terlihat menyelamatkan diri dari kejaran para nelayan. Maka dari itu, Jumaning pun menyelamatkan dan membawanya ke rumah di Desa Garanta, Kecamatan Ujung Loe, Sulawesi Selatan, sekitar 3 km dari tepi pantai.

Ikan itu dibawa Jumaning menggunakan jasa ojek. Saat Kompas.com bertandang ke rumahnya, ratusan warga terlihat berkerumun melihat ikan duyung itu.

Selama di rumahnya, Jumaning bersama istrinya, Sugi (50), memberikan nasi, lauk ikan, bahkan telur ke ikan itu untuk memulihkan fisiknya. Kondisi ikan duyung berbobot 65 kg dan panjang 1,5 meter tersebut memang tampak lemas.

“Waktu saya temukan, ikannya sudah lemas. Bahkan tubuhnya luka-luka akibat sabetan parang nelayan yang akan merebut dagingnya,” ujar Jumaning.

Lantaran terlalu banyak warga yang penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut, Jumaning lantas memberlakukan tarif Rp 1.000 untuk sekali masuk. Uang hasil kunjungan warga tersebut digunakan untuk membeli makanan ikan yang doyan dengan telur itu.

Jumaning hanya berprofesi sebagai pencuci bentang dan penghasilannya tidak tetap. Ia percaya bahwa kehadiran ikan duyung ini merupakan pembawa rezeki bagi keluarganya./kompas.com

Pemilik Suara Percayakan Kongres kepada KN PSSI

Posted: 19 Apr 2011 06:37 PM PDT

JAKARTA — Para pemilik suara sah PSSI telah memercayakan penyampaian keputusan-keputusan Kongres 14 April lalu kepada Ketua Komite Normalisasi, Agum Gumelar.

“Keputusan telah kita capai dengan baik dalam Kongres lalu. Kalau ada yang tidak setuju dengan keputusan tersebut, etikanya ya disampaikan dalam Kongres, bukan diomongkan di luar Kongres,” ucap Hadiyandra, Sekum Pengprov Jambi, yang mewakili 84 dari 101 pemilik suara PSSI, Selasa (19/4/2011).

“Kami yakin Komite Normalisasi (KN) akan membawa keputusan yang merupakan aspirasi mayoritas tersebut ke FIFA. Apa wujud keputusan FIFA, harusnya juga mendengar aspirasi mayoritas pemillik suara,” tambahnya.

Berikut ini 3 poin keinginan para pemilik suara:

1. Penyelenggaraan Kongres PSSI 14 April 2011 lalu untuk membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding, hal ini sudah sesuai dengan Statuta FIFA. Kongres ini merupakan titik awal reformasi di tubuh PSSI. Mayoritas para pemilik suara meminta FIFA untuk mengesahkan hasil Kongres 14 April 2011 lalu karena keputusan untuk membentuk Komisi Pemilihan dan Komisi Banding sebelum penyelenggaraan Kongres Pemilihan adalah suatu yang wajib. Para pemilik suara juga meminta adanya pengawas FIFA pada kongres pemilihan nanti untuk melihat apakah semua sesuai dengan aturan.

2. Sebanyak 84 dari 101 pemilik suara PSSI telah meminta kepada George Toisutta dan Airfin Panigoro untuk tetap maju sebagai kandidat bakal calon ketua umum PSSI (terlampir surat rekomendasi beberapa pemilik suara). Kedua bakal calon ini telah memenuhi semua syarat yang ada di statuta dan aturan FIFA. Oleh karena itu, para pemilik suara meminta FIFA untuk mengizinkan kedua calon dan juga calon-calon lainnya untuk dapat berlaga dengan adil pada pemilihan nanti. Komite Pemilihan-lah nantinya yang akan memutuskan apakah kandidat tersebut dapat terus mengikuti proses pemilihan sesuai dengan Standard Electoral Code FIFA pada setiap keputusannya.

3. Penunjukan Joko Drijono sebagai pejabat sementara Sekjen PSSI akan menimbulkan konflik kepentingan. Sekjen PSSI seharusnya dipegang oleh seseorang yang bukan anggota Exco PSSI. Sementara itu, KN, sesuai dengan FIFA, berperan sebagai Exco PSSI. Oleh karena itu, kami meminta KN untuk mengubah kebijakan ini, dan menunjuk orang lain untuk sementara menduduki posisi tersebut./kompas.com

Dua Teman Almarhum Helmy Masih Trauma

Posted: 19 Apr 2011 06:29 PM PDT

Keluarga, tetangga dan teman Helmy Yohanes Manuputi (34) tampak mendatangi kamar duka di RS UKI, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (19/04/2011). Helmy merupakan debt collector yang menjadi korban tewas setelah dianiaya oleh nasabahnya./Maria Natalia

 

JAKARTA — Aldo Hitipeuw (32) dan Videl Sitanala (27), dua rekan almarhum Helmy Yohanes Manuputi (34) yang menjadi korban penculikan dan penganiayaan oleh oknum TNI, mengalami trauma berat.

Menurut salah satu kerabat, keduanya belum bisa diwawancarai untuk saat ini. “Mereka trauma dan mengalami tekanan mental yang berat karena penganiayaan tersebut. Jadi, percuma kalau ditanya atau diwawancarai sekarang. Mereka masih susah untuk diajak bicara saat ini. Kalau kita tanya, jawabnya lama sekali. Mungkin karena dipukul juga di bagian kepala. Memori otaknya jadi agak susah,” ungkap salah satu kerabat di Rumah Sakit Universitas Kristen Jakarta Timur, Selasa (19/4/2011).

Sejak Selasa siang, Aldo dan Videl menjalani visum di Detasemen Polisi Militer Cijantung. Istri Aldo, Windy Noya, juga membenarkan bahwa sampai saat ini suaminya masih menjalani visum di Detasemen Polisi Militer Cijantung.

Ia menyatakan, suaminya mengalami luka hampir di semua bagian tubuh akibat dianiaya pada Senin (11/4/2011) lalu. “Tadi saya SMS, katanya suami saya masih jalani visum. Dia badannya memar biru-biru semua karena dipukuli itu,” ujar Windy saat dihubungi Kompas.com.

Sementara itu, Aldo saat dihubungi Kompas.com hanya menjawab dengan suara yang nyaris tak terdengar karena sakit dan menyarankan agar meminta informasi seputar peristiwa tersebut pada kerabat dan teman-temannya di RS Universitas Kristen Indonesia.

Aldo dan Videl merupakan korban penganiayaan yang dilempar ke Jalan Raya Margonda, Depok, setelah diduga dianiaya oleh beberapa oknum TNI. Sementara itu, salah satu korban lain yang terparah telah meninggal pada 18 April lalu, yakni Helmy Yohanes Manuputi./kompas.com

Juventus Tak Mau Lepas Buffon

Posted: 19 Apr 2011 06:13 PM PDT

 

Juventus menampik rumor bahwa penjaga gawang utamanya, Gianluigi Buffon akan hengkang musim depan. Direktur Umum Juventus, Beppe Marotta menyatakan Buffon akan tetap berada di Turin meski Juve gagal ke Liga Champion.

Marotta menekankan bahwa Juve tidak akan menjual pemain yang justru akan melemahkan tim. Sebelumnya, kiper yang akrab dipanggil Gigi ini memang tengah diincar beberapa klub besar Eropa. Salah satunya adalah AS Roma yang mendapat dana segar pasca dipimpin oleh Thomas DiBenedetto.

“Gigi telah diakui sebagai kiper terbaik dalam 10 tahun terakhir. Berarti sudah jelas kami tidak ingin kehilangan ‘warisan’ itu dengan mudah,” kata Marotta kepada Sky Italia. “Tidak pernah ada keinginan untuk menjual Buffon,” lanjutnya.

Terkait dengan strategi transfer Juve, Marotta masih belum ingin membicarakannya. Paling tidak, ia masih menunggu hingga bursa transfer musim panas nanti. Pengatur kebijakan transfer Juve itu menekankan Bianconeri lebih memerlukan renovasi daripada revolusi.

Menurut Marotta, Juve harus berhati-hati dalam memilih pemain yang akan di jual. Ia memberi contoh pada penjualan Mauro Camoranesi dan David Trezeguet yang dianggap bukan karena faktor uang.

Ia menambahkan, Buffon masih sangat berarti dan penting bagi Juve. Uang tidak dijadikan pertimbangan untuk mempertahankan penjaga gawang nomor satu Italia itu.

“Kami akan memulai renovasi, kami telah membuat dasarnya. Sekarang kami harus melanjutkannya,” ujar Marotta. “Kami perlu mengenali dua atau tiga pemain dengan kualitas bagus yang bisa meningkatkan mutu tim ini,” tegas Marotta.

• VIVAnews

 

Fergie Kembali Protes Wasit

Posted: 19 Apr 2011 06:10 PM PDT

 

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson kecewa timnya tidak mendapat penalti saat melawan Newcastle United dalam lanjutan Premiere League, Rabu, 20 April 2011. Dalam pertandingan itu, MU harus puas berbagi angka setelah skor 0-0 bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Menurut Manajer Sir Alex, MU harusnya mendapat penalti setelah strikernya, Javier Hernandez dijatuhkan Danny Simpson di dalam kotak penalti. Namun, wasit justru menilainya sebagai diving dan Chicharito pun diganjar kartu kuning.

Manajer Fergie mengungkapkan kekesalannya pada wasit Lee Probert yang tidak memberi hadiah penalti.

“Itu jelas penalti. Saya pikir awalnya wasit telah menangani pertandingan dengan baik malam ini, tapi dia mencorengnya sendiri dengan menghukum pemain itu (Chicharito),” ungkap Fergie.

“Tidak apa-apa bila itu bukan penalti, tapi mengganjarnya dengan kartu itu sebuah penghinaan. Ada sedikit kontak, tidak diragukan lagi,” kilah Fergie.

Sepanjang pertandingan, Tim Krul memang tampil cukup baik menahan gempuran pemain Setan Merah. Barisan pertahanan Newcastle juga disliplin dalam menjaga daerahnya. Beberapa kali Wayne Rooney dan Ryan Giggs membuang peuang emas dan membuat manajernya kecewa.

Sementara itu, manajer Newcastle, Alen Pardew menganggap timnya juga berhak mendapat penalti ketika Peter Lovenkrands diganggu Anderson.  “Ada dua cerita tentang penalti saat itu: satu jelas untuk kami dan satu lagi tidak jelas untuk mereka,” kilah Pardew.

Sedangkan, bek yang terlibat insiden kartu kuning Chicharito, danny Simpson membantah dirinya melakukan pelanggaran. “Aku tidak merasa seperti menyentuh dia,” ungkap Simpson seperti dilansir AP.

 

Dinonaktifkan Sebagai Jaksa, Apa Tanggapan Cirus?

Posted: 19 Apr 2011 06:07 PM PDT

 

Jaksa Agung Basrief Arif menonaktifkan Cirus Sinaga dari lingkungan kejaksaan. Namun, Basrief belum menandatangani surat penonaktifan itu.

Cirus yang sedang ditahan oleh Bareskrim Mabes Polri tampaknya telah mengetahui penonaktifan dirinya. Lantas, bagaimana tanggapan Cirus?

“Tidak ada masalah. Nanti kan kelihatan di sidang bebas atau tidak,” kata pengacara Cirus, Tumbur Simanjuntak, menirukan kliennya ketika ditemui di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 19 April 2011.

Sebagai informasi, Cirus dituduh telah menghalang-halangi penuntutan perkara pencucian uang, penggelapan, dan korupsi yang dilakukan oleh Gayus Tambunan. Cirus diduga telah menghilangkan pasal korupsi yang dijeratkan kepada Gayus.

Perkara Gayus itu disidangkan di Pengadilan Negeri Tangerang. Akibatnya, Gayus hanya divonis satu tahun dengan masa percobaan alias bebas. Perkara itu kemudian mencuat sebagai kasus mafia hukum setelah mantan Kabareskrim Susno Duadji membongkarnya.

Selain itu, Cirus diduga memalsukan Rencana Penuntutan (Rentut) perkara Gayus. Pemalsuan itu mencuat dari pengakuan Gayus saat disidangkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gayus saat itu mengaku mendapat berkas rentut dari Cirus melalui pengacaranya, Haposan Hutagalung.

Menilai dugaan-dugaan yang dituduhkan kepadanya, Cirus dan tim pengacaranya bersikukuh bahwa segala tuduhan itu tidak benar dan tak ada bukti sama sekali. “Kalau saya tetap berpendapat, tidak ada alat bukti. (Tuduhan) itu kan cuma Gayus yang ngomong di sidang,” kata Tumbur.

Dia menambahkan, pemeriksaan perkara korupsi Cirus terkait menghalang-halangi penuntutan Gayus diklaimnya mengalami kemacetan, tak mengalami kemajuan. “Masih bolak balik soal harta. Katanya ini pemeriksaan terakhir mau dilimpahkan ke kejaksaan,” kata dia.

Demikian juga terkait tuduhan pemalsuan rentut. “Rentut kan tidak ada buktinya. Tidak ada yang jalan,” ujar Tumbur.

Jika macet, apakah Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh polisi akan dihentikan? “Tidak tahu, SP3 tidak, jalan juga tidak. Berkas setahu saya tidak pernah dikirimkan,” kata Tumbur.

Terkait penahanan Cirus pun, Tumbur mengatakan polisi sebenarnya tak punya alat bukti yang kuat. Namun demikian, Cirus tak mau mengajukan penangguhan penahanan.

Lantas, apakah akan mengajukan praperadilan atas penahanan itu? “Kami masih pikirkan itu. Saya kan harus tanya klien saya,” kata Tumbur.

 

 

Main di Kolong, Bayi Tewas Kesetrum

Posted: 19 Apr 2011 06:03 PM PDT

BONE - Seorang bayi yang baru berusia dua tahun lebih asal Desa Padaelo, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone, tewas kesetrum atau tersengat listrik, Selasa (19/4/2011).

Bayi bernama Isma Umase itu diduga tewas saat bermain di bawah kolong rumah tetangganya yang merupakan rumah pangung, dan kemungkinan saat itu tersengat aliran listrik.

“Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Tenriawaru Bone, namun saat dalam perjalanan, korban meninggal dunia,” ungkap Kapolres Bone, AKBP Zarialdi. Kendati demikian, polisi masih menyelidiki kematian bayi tersebut.

“Pokoknya tunggu saja informasi saya. Kalau dalam penyelidikan tidak ditemukan unsur kesengajaan maka akan kami hentikan, namun jika ditemukan ada unsur kesengajaan, kami pasti akan mengusutnya. Untuk sementara dugaan kami adalah tersengat listrik,” ujar Zarialdi./kompas.com

LSM Tuntut MA Batalkan Perda Anti-Ahmadiyah

Posted: 19 Apr 2011 06:02 PM PDT

 

Siang ini, Rabu 20 April 2011, sejumlah lembaga swadaya masyarakat termasuk Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia mengajukan uji materiil empat perdaturan daerah mengenai Ahmadiyah. Sejumlah LSM yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Sipil untuk Perlindungan Warga Negara ini meminta keempat perda itu dibatalkan karena dinilai mengekang hak asasi manusia.

“Kebijakan lokal tersebut dibeberapa daerah telah dijadikan alat legitimasi dan justifikasi untuk melakukan kekerasan terhadap kelompok Ahmadiyah,” kata Erna  Ratnaningsih, Ketua Badan Pengurus YLBHI, dalam rilis ke VIVAnews.

Di dalam berbagai laporan independen termasuk laporan YLBHI-LBH, laporan Komnas HAM 2006 menyebutkan bahwa Fatwa MUI dan kebijakan lokal (SKB dan Perda) telah dijadikan alat pembenaran dan pengesahan untuk melakukan kekerasan atas massa Ahmadiyah.

Kekhawatiran terjadinya pelanggaran HAM terhadap pengikut Ahmadiyah paska dikeluarkannya peraturan daerah tentang Pelarangan Ahmadiyah terbukti dengan adanya 56 kasus tindakan kekerasan yang berbentuk pendataan yang diikuti dengan pemaksaan keluar dari Ahmadiyah, pengambilpaksaan iman dan khatib Salat Jumat di masjid Ahmadiyah, penyegelan masjid Ahmadiyah dan lain-lain.

Berkaitan dengan kondisi tersebut diatas, YLBHI-LBH Jakarta bersama dengan lembaga swadaya masyarakat lainnya yang tergabung dalam Tim Advokasi Jaringan Masyarakat Sipil untuk Perlindungan Warga Negara akan mengajukan permohonan pembatalan empat peraturan daerah yaitu Peraturan Gubernur Jawa Barat, Peraturan Gubernur Sumatera Barat, Peraturan Gubernur Banten dan Peraturan Bupati Pandeglang. Para Pemohon yang terdiri dari lembaga-lembaga yang concern terhadap Hak Asasi Manusia dan Tokoh-tokoh Pluralisme akan hadir di Mahkamah Agung.

 

 

No comments:

Post a Comment