Sunday, April 3, 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Bakrie Siapkan Rp 100 Miliar Dana Inkubator Teknologi

Posted: 03 Apr 2011 08:09 PM PDT

Anindya Novyan Bakrie

JAKARTA – Kelompok usaha Bakrie mengalokasikan anggaran Rp 100 miliar tahun ini untuk mendorong tumbuhnya pengusaha baru di bidang teknologi. Dana inkubator bisnis tersebut merupakan bagian dari investasi Rp 5 triliun yang disiapkan Bakrie untuk mewujudkan visi visi Bakrie Telecom, Media and Technology (BakrieTMT2015) yang akan mensinergikan lini bisnis telekomunikasi (BTEL), media (VIVA Group) dan teknologi (BConn dan BNET).

“Konsumen telematika di Indonesia merupakan salah satu yang paling tumbuh dan paling dinamis di dunia. Buktinya Indonesia selalu menjadi salah satu pasar terbesar untuk hampir setiap perusahaan teknologi dan internet terkemuka dunia. Ini perlu dimanfaatkan supaya konsumen telematika Indonesia bisa mulai beralih menjadi technopreneur seperti layaknya Google, Facebook dan sebagainya dalam tiga sampai lima tahun ke depan,” kata Anindya Novyan Bakrie, Presiden Direktur PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL), dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Program inkubasi untuk pengusaha baru telematika diharapkan menjadi salah satu pilar utama dalam menunjang visi BakrieTMT2015. Khususnya dalam menambah jumlah ragam dan kualitas konten, sambil memberdayakan potensi industri telematika nasional. Menurutnya dengan investasi yang cukup besar pada tahun 2009 dan 2010, 40 persen pendapatan BTEL ke depannya akan didominasi oleh data. Transisi dari suara ke data sangat sesuai dengan tren konsumen di Indonesia yang semakin menggunakan telepon genggam tidak hanya untuk berkomunikasi tapi juga untuk bekerja, belajar, mencari hiburan bahkan untuk berbelanja.

“Untuk itulah Grup kami mengalokasikan dana inkubasi Rp 100 miliar yang mulai diluncurkan tahun ini agar semakin banyak aplikasi buatan technopreneur lokal yang bisa dipasarkan melalui jaringan BTEL,” tegas Anin./kompas.com

“Mobile Developer” Didorong Kembangkan Aplikasi Lokal

Posted: 03 Apr 2011 07:57 PM PDT

Suasana meetup suWec (Surabaya Web Community pada Sabtu (2/4/2011) di Surabaya yang membahas pengembangan aplikasi mobile./SUWEC

SURABAYA – Besarnya pengakses internet mobile ternyata belum bisa diimbangi jumlah produksi aplikasi dari mobile developer Indonesia. Hal itu sangat disayangkan.

Menurut Narenda Wicaksono, Developer Marketing Manager Nokia Indonesia, ada sekitar 209 juta pengguna internet mobile Indonesia yang seharusnya bisa menjadi pasar potensial untuk karya para mobile developer lokal.

Dalam paparannya di acara pertemuan Surabaya Web Community (suWec) pada Sabtu (2/4/2011), Narenda mengharapkan para mobile developer Indonesia bisa menggali berbagai macam potensi lokal untuk kemudian dibuatkan aplikasi mobile-nya. Narenda juga mengingatkan, sebaiknya para mobile developer jangan terpaku pada platform, tetapi juga harus berfikir bagaimana produk aplikasinya bisa menghasilkan uang.

Selain Narenda, hadir pula Zainal Abidin (pemenang Hackathon Bancakan), Ahmad Masykur (pembuat aplikasi pengingat jadwal shalat), dan Bernardus Sumartok (Head of Digital Media – Mobile, Kompas Gramedia Group) sebagai pembicara. Pertemuan yang fokus membahas tentang potensi aplikasi mobile tersebut digelar di Hotel Novotel Surabaya.

Ahmad Masykur, seorang mobile developer yang aplikasinya diunduh sebanyak 30 ribu kali hanya dalam tiga minggu, mengatakan, pembuatan aplikasi sebaiknya didasari oleh kebutuhan calon pengguna. Meskipun itu kebutuhan kecil. Aplikasi pengingat jadwal shalat yang ia buat, misalnya. Banyak orang berharap, ada aplikasi pengingat jadwal shalat dalam perangkat mobile yang juga bisa menyesuaikan lokasi keberadaan penggunanya. Akhirnya, dari kebutuhan itu, Masykur membuat aplikasi mobile-nya.

Hampir sama dengan Masykur, dasar Zainal membuat aplikasi mobile adalah kebutuhan sehari-hari. Zainal membuat aplikasi jejaring sosial berbasis mobile untuk lokasi tempat kuliner. Dengan aplikasinya tersebut, ia berharap orang akan semakin mudah menemukan tempat kuliner yang tepat melalui perangkat mobile.

Sementara Sumartok, dalam pertemuan tersebut lebih menyoroti tentang bagaimana sebaiknya tata letak serta tampilan aplikasi mobile seharusnya dibuat. Menurut Sumartok, aplikasi yang baik adalah aplikasi yang tidak menyulitkan penggunanya dan bekerja sesuai fungsinya.

Pertemuan yang dihadiri para pemerhati dan pengembang mobile dari Yogyakarta, Madura, Surabaya dan sekitarnya tersebut diakhiri dengan workshop Qt Smartphone. Workshop yang dipandu Erick Kurniawan (Nokia Indonesia Community Enthusiasts Lead) tersebut dimaksudkan agar para mobile developer dapat langsung berpraktek mengembangkan aplikasi mobile dengan software Qt./kompas.com

Miniatur Toko Apple Pun Jadi Bahan “April Mop”

Posted: 03 Apr 2011 07:55 PM PDT

Miniatur Apple Store yang ditawarkan Thunk Geek seharga 179 dollar AS ternyata cuma April Mob./THINKGEEK
Buat para fans Apple, segala yang berbau merek tersebut mungkin diburu. Beberapa waktu lalu, miniatur sosok CEO Apple Steve Jobs terjual mahal di eBay. Bagaimana kira-kira kalau ada miniatur Apple Store lengkap dengan sosok Steve Jobs dan orang-orang yang mengantre iPhone dan iPad?Bisa terbayang, berapa banyak orang yang penasaran pengin memilikinya. Apalagi, jika harganya terjangkau. Satu set Apple Store Playset dari Playmobil yang ditawarkan di situs ThinkGeek dijual 179,99 dollar AS. Murah?

Lihat dulu apa saja yang ditawarkan. Playmobil menyediakan video khusus untuk mempromosikan mainan baru buatannya. Selain gambaran singkat, mainan tersebut juga berisi komentar dari para desainernya. Ide dasarnya memang dari kenyataan bahwa fans Apple sangat fanatik ingin memiliki segala hal yang berbau Apple.

Mainan tersebut terdiri dari sebuah miniatur toko dua lantai dengan ukuran 72 x 36 x 40 cm, sosok orang (figurine) termasuk Steve Jobs, dan lebih dari 60 aksesori. Miniatur-miniatur iMac, iPhone, dan iPad termasuk di dalamnya. Bahkan, iPhone 4 asli bisa diletakkan sebagai layar di belakang miniatur Steve Jobs saat memberikan keynote speech di salah satu ruangan.

Tertarik? Pilih satu set miniatur tersebut atau bisa juga membeli tambahan figurine seharga 49,99 dollar AS untuk menambah jumlah orang yang mengantre di luar miniatur toko. Pilih jumlah yang akan dibeli, lalu klik “Buy Now”. Voila, yang keluar bukannya konfirmasi pemesanan produk telah berhasil. “Gotcha, Happy April Fool’s Day. This really never gets old….

Sayang sekali, mainan tersebut baru sekadar khayalan. Namun, dengan sosok yang terlihat nyata, bukan tidak mungkin para desainer di Playmobil benar-benar membuatnya. Tinggal apakah Apple akan memberikan lisensi untuk pembuatan dan penjualan mainan dengan mereknya. Ini mungkin masih mimpi Playmobil, tetapi bukan mustahil bisa diwujudkan./kompas.com

Aplikasi Kodak Bisa Hapus Orang Lain di Foto

Posted: 03 Apr 2011 07:41 PM PDT

Relationshiffft, aplikasi guyonan Kodak yang konon bisa menghapus foto orang lain secara otomatis./KODAK
Hmm, tak mau kalah dengan perusahaan-perusahaan teknologi lainnya, Kodak pun punya humor April Mob yang tidak kalah cerdas. Di tanggal 1 April 2011, Paulette Brandes, Interactive Marketing Manager Design & Usability Kodak, melansir aplikasi baru yang bisa menghapus otomatis orang yang tidak diinginkan di dalam foto.”Www.kodak.com punya aplikasi baru- relatuonshiffft – hapus seseorang di semua foto dan video #aprilfools,” tulis Paulette Brandes di akun Twitter miliknya.

Dari namanya saja sudah pasti main-main pakai huruf “F” tiga buah. Namun, Paulette Brandes menyajikan dengan serius guyonan tersebut. Tulisannya di blog A Thousand Words-Kodak diawali sebuah foto yang menggambarkan secara singkat bagaimana Relationshiffft bekerja.

“Teknologi unik dengan pendekatan tiga tahap yang kami perkenalkan membantu Anda menghapus seseorang yang sudah tidak ada dalam kehidupan Anda dari foto dan video cukup dengan satu sentuhan mudah,” tulisnya.

Pertama, Kodak telah mengembangkan software pengenal wajah yang akan mengidentifikasi seseorang lewat mukanya di dalam foto. Algoritma tingkat tinggi yang dikembangkan bisa melacak foto orang yang sama di semua foto dan video dalam waktu singkat.

Kedua, sensor canggih buatan Kodak akan mendeteksi seluruh bagian tubuh orang tersebut di dalam foto dan video dan akan menghapusnya. Tidak hanya itu, sensor tersebut juga akan mengenali lingkungan sekitar sehingga bagian yang terhalang tubuh orang yang dihapus akan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya. Kemampuan tersebut berkat teknologi piksel decohadron (12 sisi).

Ketiga, Kodak juga punya teknologi tinta pigmen nano yang setiap pikselnya bisa diatur. Ibarat saklar, pikselnya bisa diatur on atau off, sehingga piksel-piksel yang membentuk foto seseorang dapat dimatikan.

Tapi apakah tega menghapus orang yang pernah menjadi sahabat, teman, atau saudara? Nah, Kodak pun tengah menyiapkan aplikasi versi baru yang akan dinamai APP (Automated Person PLUS” yang bahkan bisa menambahkan orang lain secara otomatis di dalam foto.

Tapi, tentu saja semua itu hanya khayalan Paulette Brandes. Sejauh ini, teknologi tersebut memang belum ada, namun bukan tidak mungkin di depan? Ada atau tidak, enggak usah gusar, nikmati saja bulan April ini./kompas.com

Proton Luncurkan Saga FL

Posted: 03 Apr 2011 07:35 PM PDT

Proton Saga Facelift, sedan kompak dengan yang harga yang sangat kompetitif/Proton

 

JAKARTA  – Produsen mobil dari negara jiran, Proton, melalui distributor tunggalnya  di Indonesia, PT. Proton Edar Indonesia (PEI), memperkenalkan New Saga FL atau   facelift. Proton tidak membuat acara khusus untuk memperkenalkan mobil ini, tetapi  mengirimkan rilis ke KOMPAS.com pagi ini.

Saga tampil dengan model sedan, pertatama kali diperkenalkan  Indonesia pada 2009.Perubahan yang dilakukan Proton terhadap aga FL, seperti umumnya produk facelift adalah eksterior dan interior.

Wajah depan yang didandani penampilan adalah gril, bumper dan lampu utama. Bumper kini disertai dengan lampu kabut (fog lamp). Sedangkan belakang, lampu kombinasi menggunakan tipe LED agar mudah dilihat dan juga membuat penampilannya makin menarik.  Tambahan lain adalah kaca spion samping dilengkapi dengan lampu sein. Agar penampilan makin segar,  desain pelek aluminium  juga diganti.

Untuk interior,  dilakukan penambahan dan perubahan, antara lain pada  tatakan cangkir (cup holders, saklar power window depan dan belakang, tombol-tombol untuk mengatur audio di setir, unit audio yang bisa memainkan MP3 dengan koneksi USB, jok dan hiasan pintu (door trimming) baru plus  dual SRS airbags untuk keamanan pengemudi dan penumpang depan.

Tambahan lain adalah kunci pengaman atau  immobilizer, sensor mundur serta Lotus Ride and Handling untuk menghasilkan pengendalian, kenyamanan dan keamanan maksimal.

"Kami berusaha meningkatkan kualitas dan fasilitas produk Proton yang dipasarkan di Indonesia agar konsumen semakin terpuasakan," jelas  Presiden Direktur Proton Edar Indonesia yang baru, Gunther Scherz.

Untuk transmisi, ditawarkan dua pilihan, yaitu manual adan otomatik. Sedangkan warna, yaitu Onyx Black, Genetic Silver, Metalic Café Latte, Metalic Blue Rock, Granite Grey dan Solid White.

Dari segi harga, sebagai sedan kompak, Saga FL sangat kompetitif. Untuk transmisi manual,  dijual Rp 132 juta dan Rp 143 juta untuk otomatis. Jaminan yang diberikan, garansi 3 tahun atau 100.000 km. Layanan yang disediakan untuk konsumennya adalah Proton Response Team 24 jam./kompas.com

Calon Porsche 911 Baru “Ketangkap” Kamera

Posted: 03 Apr 2011 07:33 PM PDT

carscoop

JERMAN – Porsche “ketangkap” juru foto sedang melakukan uji jalan varian coupe 911 2012. Modelnya sangat mirip dengan generasi kedua 997, hanya mendapat beberapa sentuhan, terutama pada bagian atas yang ditutupi dengan kain untuk menyamarkan bentuk aslinya.

Dari segi tampilan, bagian depan calon 911 baru ini diperkirakan mirip Panamera hanya depannya sedikit lebih panjang dengan model lampu belakang baru. Perubahan lain juga diharapkan pada interior.

CARSCOOP

Seperti berita-berita mengenarai generasi Porsche berikutnya, untuk 911 baru ini disebutkan hanya disentuh pada “kulit” saja. Ternyata, platformnya sudah diubah dengan track lebih lebar dan wheelbase lebih panjang. Ubahan ini dikarenakan, kemungkinan 911 akan disematkan mesin boxer.

Menurut sumber, 911 baru akan menggendong jantung pacu boxer enam silinder dengan transmisi dual-clutch. Teknologinya pun baru, termasuk di antaranya sistem injeksi langsung dan “start/stop” yang sangat membantu penghematan bahan bakar dan menekan emisi gas buang.

Pada kaki-kaki juga ditingkatkan dan lebih signifikan. Lalu, serangkain inovasi aerodinamika dan pengurangan bobot didapat berkat pemakaian bahan yang lebih ringan. Masih banyak lagi informasi yang dibocorkan sumber dari dalam, tapi tunggu saat peluncurannya pada Frankfirt Motor Show, September mendatang.

Sumber :
carscoop

BI Panggil Citibank Terkait Tewasnya Nasabah

Posted: 03 Apr 2011 07:13 PM PDT

 

Bank Indonesia memanggil Citibank terkait tewasnya nasabah untuk meminta penjelasan. Regulator perbankan itu meminta agar Citibank menjelaskan secara terbuka kepada publik terkait kejadian itu.

“Hari ini Citibank dipanggil untuk menjelaskan dari versi mereka, namun BI juga meminta penjelasan secara tertulis,” ujar Kepala Biro Humas BI Difi A Djohansyah kepada VIVAnews di Jakarta, Jumat, 1 April 2011.

Menurut Difi, Citibank harus bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Pasalnya bank tersebut yang merekrut pihak ketiga untuk penagih atau debt collector. BI juga meminta agar Citibank terbuka kepada publik. “Citibank harus menjelaskan kepada BI, aparat dan publik,” ujarnya.

BI memang memperbolehkan bank menggunakan jasa ketiga untuk penagihan kredit. Hal itu tercantum dalam Surat Edaran BI No.11/10/DADP Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu. Dalam halaman 38 disebutkan penerbit kartu yang menggunakan jasa pihak lain dalam melakukan penagihan transaksi kartu kredit dapat dilakukan jika, pertama, jika kualitas tagihan kartu kredit telah termasuk kolektibilitas diragukan atau macet.

Kedua, penagihan pihak lain dilakukan dengan cara yang tidak melanggar hukum. Ketiga, dalam perjanjian kerjasama antara Penerbit dan pihak lain untuk melakukan penagihan transaksi Kartu Kredit tersebut harus memuat klausul tentang tanggungjawab Penerbit terhadap segala akibat hukum yang timbul akibat dari kerjasama dengan pihak lain.

Menurut Difi yang harus bertanggung jawab adalah pimpinan bank tersebut, karena ia yang menugaskan debt collector. Dalam fit and proper test, pimpinan harus mengerti aturan yang dikeluarkan BI.
“Dalam ketentuan tersebut terdapat kode etik, jangan menggunakan kekerasan, itu yang harus diperhatikan bank,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Country Corporate Affairs Citi Indonesia Head Ditta Amahorseya mengatakan Citibank memiliki dan mematuhi kode etik yang ketat sehubungan dengan proses penagihan utang. Menurutnya, seluruh karyawan agensi yang mewakili Citibank dituntut untuk mematuhinya di setiap interaksi dengan nasabah.

“Kami bekerja sama dengan polisi dalam proses penyidikan ini, untuk melihat apakah karyawan agensi kami mematuhi kode etik kami,” ujarnya kepada VIVAnews, di Jakarta, Jumat, 1 April 2011.

Seperti diketahui, sorotan mengenai debt collector kembali muncul setelah adanya kasus nasabah Citibank, Irzen Octa yang meninggal dunia di halaman Menara Jamsostek, setelah mempertanyakan jumlah tagihan kartu kredit yang membengkak hingga Rp100 juta.

Menurut korban, tagihan kartu kreditnya semula hanya Rp48 juta. Tidak mendapat penjelasan mengenai hal itu, korban justru dibawa ke ruang bagian penagihan dan dipaksa oleh tiga tersangka untuk membayar. Tiga orang ditetapkan jadi tersangka

 

Indonesia Jadi Salah Satu Prioritas

Posted: 03 Apr 2011 07:00 PM PDT

HONGKONG – Krisis politik dan keamanan di sejumlah negara Timur Tengah serta bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang membuat calon investor asal Eropa dan Amerika Serikat meninjau ulang rencana investasi. Selaras dengan situasi itu, Indonesia dan India saat ini dinilai sebagai negara yang paling berpotensi untuk dijadikan tempat pengalihan investasi.

Demikian disampaikan Chairman & CEO UBS Asia Pacific Alex Wilmot Sitwell kepada Kompas seusai seminar "Asia Pacific (APAC) Journalist Forum" di Hongkong, Sabtu (2/4/2011). Seminar ini diikuti puluhan wartawan media cetak, elektronik, dan internet dari kawasan Asia Pasifik. UBS— selaku penyelenggara kegiatan—merupakan lembaga usaha di bidang perbankan, manajemen aset, serta riset moneter dan keuangan.

Menurut Alex, pernyataannya soal potensi India dan Indonesia sebagai tujuan investasi didasarkan pada hasil dialog dengan para calon investor. Selain itu, kesimpulan Alex juga didukung riset UBS tentang keunggulan dan modal dasar yang dimiliki Indonesia dan India, meliputi besarnya populasi penduduk, luasnya kondisi demografis, kestabilan iklim politik-pemerintahan, serta kondisi infrastruktur dasar yang memadai.

"Bagi calon investor, khususnya UBS, kondisi seperti ini sangat menarik dan menantang. Alasannya, ada banyak peluang untuk melangsungkan kegiatan bisnis guna memenuhi asas ekspansi usaha," katanya.

Perhatian khusus

Duncan Wooldridge, Head of Asian Economics UBS Investment Research, membenarkan pendapat Alex. Hasil riset UBS menunjukkan bahwa para calon investor dari Eropa dan AS tengah membidik Asia Tenggara dan Asia Selatan sebagai tempat yang paling berpotensi untuk pengalihan rencana investasi.

"Pascakrisis keuangan global tahun 1997 dan 2008, kondisi perekonomian di regional Asia tercatat sangat baik. Riset UBS menunjukkan rata-rata pertumbuhan ekonomi Asia dua tahun terakhir mencapai 8 persen atau tergolong baik," katanya. (Bonivasius Dwi Pamudiyanto dari Hongkong)/kompas.com

BI: “Debt Collector” Tanggung Jawab Bank

Posted: 03 Apr 2011 06:57 PM PDT

shutterstock ILUSTRASI

 

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menjelaskan dalam aturan BI mengenai kartu kredit memang dibolehkan untuk menggunakan pihak lain menagih utang nasabah yang kolektibilitas kreditnya dianggap macet.

“Namun ditegaskan bahwa penagihan harus dilakukan tanpa menggunakan kekerasan,” kata Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah ketika dikonfirmasi Tribunnews.com, Sabtu (2/04/2011).

Selain itu, kata dia, ditegaskan bahwa akibat hukum akibat penggunaan jasa pihak lain itu adalah tanggung jawab penerbit kartu kredit. Dalam Surat Edaran (SE) Bank Indonesia No. 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 perihal penyelenggaraan kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK).

Ada 11 pokok materi diatur dalam SE ini namun yang terkait dengan debt collector bisa dilihat pada poin (4) yang berbunyi “Penyelenggaraan kegiatan APMK yang meliputi prinsip perlindungan nasabah, prinsip kehati-hatian, peningkatan keamanan APMK, kerjasama Penerbit dengan Pihak Lain, kerjasama Acquirer dengan Pedagang atau Pihak Lain, dan pengelolaan risiko operasional”. Serta pada poin (6) yakni “Pengawasan penyelenggaraan kegiatan APMK”.

Kasus debt collector bank mengemuka akhir-akhir ini menyusul meninggalnya Sekjen Partai Pemersatu Bangsa (PPB) Irzen Octa (50) karena diduga dianiaya debt collector Citibank terkait pelunasan kartu kredit./kompas.com

Soekarno-Hatta untuk 67 Juta Penumpang

Posted: 03 Apr 2011 06:55 PM PDT

Suasana Bandara Soekarno Hatta/Reuters

 

JAKARTA - Rencana induk Bandara Soekarno-Hatta telah dituntaskan oleh manajemen PT Angkasa Pura II (Persero). Rencana induk itu untuk menyongsong pergerakan 67 juta penumpang di Soekarno-Hatta pada 2014-2015.

Angkasa Pura II, saat ini sedang menunggu arahan dari Wakil Presiden terkait rencana induk (masterplan). Baru kemudian menajamkan detail desain, sebagai patokan pembangunan Soekarno-Hatta. Angkasa Pura II pun mengharapkan pembangunan dapat dimulai awal tahun 2012.

"Kami dijadwalkan bertemu Wakil Presiden pada minggu kedua bulan April ini. Setelah itu, segera dijabarkan poin-poin pentingnya dalam berbagai turunan dari rencana induk. Kemudian, percepatan pembangunan Soekarno-Hatta terus digulirkan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko, Jumat (1/4/2011) malam di Jakarta.

Dalam rencana induk itu nantinya Soekarno-Hatta akan memiliki empat terminal penumpang dan satu terminal kargo. Selain itu, juga ada satu gedung parkir berlantai empat berkapasitas 20.000 unit kendaraan yang dibangun antara Terminal 1 dan 2. Di sekeliling dua basin atau waduk pengendali banjir akan dibangun pula area komersial hotel.

Di area komersial antara Terminal 1 dan 2 itu pula akan ditempatkan stasiun kereta bandara. Fasilitas kereta bandara itu sendiri akan ditender bulan Juni 2011 dengan perkiraan biaya investasi Rp 10,2 triliun.

Oleh karena lalu lintas penerbangan yang makin meninggi, maka juga akan dibangun landasan pacu (runway) ketiga. Landasan pacu ini akan dibangun di sisi utara landasan pacu Terminal 2. Angkasa Pura II akan membebaskan lahan seluas 300 hektar untuk landasan pacu ketiga dan Terminal 4 itu. (RYO)/kompas.com

Ada Tawaran Investasi di Tebing Tinggi

Posted: 03 Apr 2011 06:53 PM PDT

Investasi atau menabung? Mana yang lebih menjamin masa depan Anda?/SHUTTERSTOCK

MEDAN — Pemerintah Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, menawarkan lima peluang investasi yang cukup menjanjikan dikembangkan di wilayah berpenduduk sekitar 140.000 jiwa itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari paviliun Kota Tebing Tingi di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Minggu (3/4/2011), sebanyak lima peluang investasi itu antara lain rumah sakit, industri hulur dan hilir pertanian dan perkebunan, perdagangan ritel dan grosir, hotel, restoran, serta usaha kuliner dan wisata air.

Pengembangan investasi untuk lima bidang usaha jasa tersebut diyakini memiliki pangsa pasar yang cvukup besar karena di hinterland Tebing Tinggi merupakan daerah pertanian dan perkebunan yang dihuni sekitar 900.000 jiwa.

Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi Eddy Syofian mengatakan, investasi sektor industri hilir prospektif dikembangkan terutama industri yang berbasis bahan baku aluminium.

Pengembangan investasi industri hilir berbasis bahan baku aluminium didasarkan atas keberadaan pabrik peleburan aluminium PT Inalum yang lokasinya berdekatan dengan Tebing Tinggi.

Sektor usaha jasa potensial dikembangkan di Tebing Tinggi karena letak wilayahnya merupakan jalur lintas utama Sumatera yang cukup strategis sebagai kota persinggahan sambil menikmati wisata kuliner.

Peluang pengembangan ekonomi dan investasi Tebing Tinggi didukung pula dengan infrastruktur yang cukup baik dan lengkap, rencana pembangunan Bandara Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang dan pembangunan jalan tol Tanjung Morawa-Tebing Tinggi.

Selain itu, penetapan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan umum di Kabupaten Batubara turut berdampak positif bagi pengembangan investasi di Tebing Tinggi.

Di kota yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Medan itu juga akan dibangun kawasan pergudangan peti kemas dengan basis alat angkut kereta api. Untuk mendukung kebutuhan dunia usaha terhadap jasa perbankan, di kota seluas 38.438 kilometer persegi itu saat ini terdapat sembilan kantor cabang bank./kompas.com

Perbaikan Aturan Tenaga Kerja Tak Jelas

Posted: 03 Apr 2011 06:52 PM PDT

Sofjan Wanandi

JAKARTA - Pemerintah harus segera menyelesaikan proses revisi dan penyusunan regulasi ketenagakerjaan, tata ruang, sampai pengadaan lahan untuk mengakselerasi investasi di sejumlah koridor ekonomi nasional. Perbaikan regulasi akan menjadi kunci menarik minat investor membangun industri, terutama padat karya, di koridor-koridor ekonomi.

Demikian disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di Jakarta, Minggu (3/4/2011). Pemerintah telah menetapkan rencana induk pembangunan yang membagi Indonesia dalam enam koridor ekonomi meliputi koridor timur Sumatera dan utara Jawa Barat (I), pantai utara Jawa (II), Kalimantan (III), Sulawesi (IV), Papua (V), dan Jawa-Bali-Nusa Tenggara (VI).

“Kalau diminta mengisi koridor-koridor ini, kami pasti akan meminta perubahan (regulasi) ini. Ini menjadi syarat utama kalau pengusaha mau investasi dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri. Silakan saja kalau mau diabaikan, kita lihat apakah akan ada asing yang mau investasi,” ujar Sofjan.

Menurut Sofjan, revisi Undang-Undang Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan menjadi salah satu syarat penciptaan lapangan kerja baru. Persoalan tata ruang, pengadaan lahan, dan otonomi daerah juga terus menekan minat pengusaha membangun industri padat karya.

Kalangan pengusaha berharap pemerintah berani bersikap dan membuat terobosan untuk memanfaatkan momentum emas pertumbuhan ekonomi nasional. Peluang emas di tengah kenaikan peringkat Indonesia sebagai layak investasi bagi investor internasional terancam sia-sia jika pemerintah tidak segera menyelesaikan pekerjaan rumah.

Infrastruktur, reformasi birokrasi, ekonomi biaya tinggi, sampai jaminan pasokan energi masih saja menjadi persoalan investor saat ini. Defisit energi dan kendala logistik menjadi persoalan klasik yang harus segera diatasi untuk meningkatkan daya saing nasional.

“Undang-Undang Ketenagakerjaan harus dibereskan supaya ada kesempatan kerja di dalam negeri. Pemerintah tidak punya nyali untuk ini. Padahal, undang-undang ini merugikan semua pihak, termasuk buruh dan pengusaha,” ujar Sofjan.

Desakan revisi UU Ketenagakerjaan muncul kembali bulan Mei 2010. Kabar ini memicu perdebatan sengit antara pengusaha dan serikat buruh, yang mendapat bocoran draf revisi UU Ketenagakerjaan dinilai memihak pengusaha.

Pemerintah lalu menengahi dengan meminta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat kajian akademis tentang UU Ketenagakerjaan. Sampai saat ini, LIPI atau pemerintah tak kunjung memaparkan hasil kajian tersebut.

Ditunda

Seusai meninjau Balai Pelatihan Transmigrasi Kemennakertrans di Pekanbaru, Riau, Sabtu (2/4/2011), Mennakertrans Muhaimin Iskandar menegaskan, kendala investasi terbesar adalah birokrasi dan bukan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, pemerintah menghentikan pembahasan revisi regulasi ketenagakerjaan tahun 2011.

“Mungkin nanti tahun 2012 pembahasan tentang regulasi ketenagakerjaan yang akan disempurnakan. Jadi, mari kita isi tahun 2011 dengan diskusi-diskusi untuk penyempurnaan regulasi (ketenagakerjaan) ini,” ujar Muhaimin.

Penundaan ini bisa menjadi sinyal keinginan pemerintah mendinginkan isu revisi UU Ketenagakerjaan. Pemerintah tampak tak ingin mengambil risiko terutama menghadapi Hari Buruh Internasional pada 1 Mei nanti.

Secara terpisah, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (K-SBSI) Rekson Silaban mengungkapkan, buruh sekarang menghadapi banyak masalah hubungan industrial akibat outsourcing, kontrak kerja, dan status kerja harian lepas. Praktik ini semakin menjauhkan buruh dari kondisi pekerjaan yang layak.

“Supaya tidak simpang siur, ada baiknya riset yang dibuat Bank Dunia dan LIPI menjadi bahan debat publik. Harus dikupas manfaat Undang-Undang Ketenagakerjaan, apakah bisa melindungi buruh atau malah mengancam eksistensi buruh tetap,” ujar Rekson./kompas.com

Manajemen Citibank akan Dipanggil Polisi

Posted: 03 Apr 2011 06:47 PM PDT

 

Kepolisian Resor Jakarta Selatan akan segera memanggil manajemen Citibank terkait meninggalnya Sekjen Partai Pemersatu Bangsa (PPB) Irzen Octa. Irzen Octa meninggal saat sedang mengurus tagihan kartu kredit di kantor bank tersebut.

Kapolres Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, kepolisian akan segera melakukan pemanggilan terhadap Citibank terkait meninggalnya Octa. Menurut Gatot, saat ini sudah ada sembilan orang saksi yang diperiksa, mulai dari rekan korban hingga staf Citibank yang saat itu melihat kedatangan korban.

“Tidak menutup kemungkinan kami akan segera memanggil manajemen dari bank tersebut,” kata Gatot Eddy di Jakarta, Minggu, 3 April 2011.

Menurut dia, pemeriksaan terhadap manajemen Citibank terkait dengan dua oknum penagih (debt colector) yang diperkerjakan di bank tersebut.

Kapolres melanjutkan, dalam pemeriksaan awal, kedua debt collector tersebut sebenarnya dari perusahaan outsourcing. Karena itu, pihaknya akan langsung menanyakan kepada pihak manajemen terkait hal tersebut.

Hingga saat ini, ketiga tersangka juga telah menjalani pemeriksaan. “Dalam waktu dekat kami juga akan menggelar rekonstruksinya untuk melengkapi pemberkasan,” ujarnya.

Kepolisian juga masih memeriksa beberapa saksi lainnya. Kapolres meyakini, kasus ini bisa diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dilakukan persidangan.

Seperti diketahui, kejadian ini bermula ketika korban pada Selasa 29 Maret 2011, sekitar pukul 10.20 WIB mendatangi kantor Citibank di Menara Jamsostek, Jakarta Selatan. Korban datang ke kantor tersebut bermaksud mempertanyakan jumlah tagihan kartu kreditnya. Menurut korban, tunggakannya itu Rp68 juta.

Namun, tagihan yang datang ke tempatnya ternyata mencapai Rp100 juta. Korban yang datang bersama seorang kawannya kemudian dibawa ke satu ruangan. Di situ, korban diinterogasi oleh ketiga tersangka dan dipaksa untuk membayar utangnya.

Entah mengapa, justru rekan korban yang menunggu di luar kaget begitu diberitahu kalau korban sudah pingsan. Saat datang ke bank tersebut, tersangka A membawa Octa ke ruang Cleo di lantai lima gedung. Di sana Octa diinterogasi oleh A, B, dan H.

Ketiga tersangka baru mengetahui kalau korban sudah tidak bernyawa setelah setengah jam kemudian. Para pelaku kemudian menghubungi rekan korban melalui ponsel milik Octa dan mengatakan kalau korban hanya pingsan tanpa membawanya terlebih dahulu ke rumah sakit.

Baru setelah rekannya datang korban dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo, namun pihak rumah sakit saat itu menyatakan korban telah meninggal dunia hingga akhirnya langsung dibawa ke RSCM.

Dari hasil visum ditemukan pembuluh darah pada otak korban pecah. Sehingga mengakibatkan pendarahan hebat yang berujung pada kematian. Selain itu, dalam olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan bercak darah yang menempel di gorden dan dinding ruangan di lantai lima.

Ketiga tersangka, dijerat pasal berlapis yaitu pasal 351 KUHP tentang penganiayaan dengan ancaman 2 tahun, pasal 170 tentang pengeroyokan dengan ancaman penjara selama lima tahun dan pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan dengan ancaman satu tahun penjara.

Sementara itu, di tempat terpisah, Bendahara Umum PPB Tubagus menyatakan pihaknya sedang melakukan pembicaraan lebih jauh untuk meminta pertanggung jawaban dari Citibank terkait kematian Sekjen PPB tersebut.

Menurut dia, pihaknya juga tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa pengacara untuk membahas hal tersebut.

“Kami memang berencana untuk menuntut. Tapi, kami akan membahasnya dengan pengacara,” katanya. Dia juga berharap pihak bank bisa memberikan tanggung jawab atas perbuatan yang dilakukan oleh petugas penagih.

 

Tang, Perempuan Tertua Jadi Terdakwa

Posted: 03 Apr 2011 06:47 PM PDT

Ilustrasi

SYDNEY  – Clara Tang mencetak rekor sebagai perempuan tertua yang didakwa dalam sebuah kasus pembunuhan di Australia. Tang berusia 92 tahun saat dihadapkan ke pengadilan atas tuduhan memukuli dan menikam suaminya hingga tewas, Maret tahun lalu.

Suaminya, Chin Yung Tang, berusia 98 tahun waktu itu dan mereka sudah melewati suka dan duka bersama sebagai suami-istri selama lebih dari 70 tahun.

Dokumen yang diserahkan kepada polisi menyebutkan, mereka berhasil selamat dari invasi Jepang ke China pada awal abad ke-20 dan Revolusi Kebudayaan Mao Zedong pada dekade 1960-an, sebelum akhirnya pindah dari Shanghai ke Sydney, 30 tahun silam.

Menurut harian Sun-Herald, Minggu (3/4), Tang mengaku tak bersalah karena berada dalam kondisi sakit jiwa saat melakukan perbuatannya itu. Tang memang menderita dementia dan selalu merasa khawatir makanannya sudah diberi racun oleh suaminya. Saat ditangkap polisi, Tang dalam keadaan bersimbah darah dari luka-luka suaminya. (AFP/DHF)/kompas.com

Ini Dia, Kucing Paling Brisik di Dunia

Posted: 03 Apr 2011 06:46 PM PDT

Kucing betina bernama Smokey yang mencatat rekor sebagai kucing paling berisik di dunia./metro.co.uk

 

PITSFORD - Kucing betina bernama Smokey ini mencatat rekor sebagai kucing paling berisik di dunia. Paling tidak sampai saat ini. Saat tidur, Smokey mendengkur sangat keras hingga tingkat kebisingannya mencapai 73 desibel atau hampir setara dengan kebisingan yang ditimbulkan penyedot debu, pengering rambut, dan jalanan ramai di kota besar.

Kucing berumur 12 tahun itu jadi tokoh populer di Inggris sejak bulan lalu setelah pemiliknya, Ruth Adams, menggelar kontes dengkuran kucing paling keras. Menurut Adams, warga kota Pitsford, 110 kilometer sebelah barat laut London, Smokey memang punya hobi mendengkur, bahkan saat makan pun ia mendengkur.

"Kadang ia mendengkur terlalu keras sampai terbatuk-batuk," tutur Adams, yang mengadopsi Smokey dari sebuah tempat penitipan hewan, tiga tahun lalu. Berharap kucingnya menjadi makin populer, Adams pun meminta bantuan Northampton College untuk menyediakan alat guna mengukur suara dengkuran Smokey.

Pihak kampus pun setuju dan berhasil mendapatkan angka 73 desibel atau sekitar 16 kali lebih keras daripada suara dengkuran kucing normal. Mereka kemudian mendaftarkan rekor itu ke Guinness World Records. (Reuters/DHF)/kompas.com

Jepang Perlu Waktu Berbulan-bulan Atasi Radiasi

Posted: 03 Apr 2011 06:44 PM PDT

 

Pejabat pemerintah Jepang menilai butuh waktu berbulan-bulan untuk mengatasi kebocoran radiasi di kompleks Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Provinsi Fukushima. Reaktor yang rusak di PLTN Fukushima Daiichi itu bahkan dikhawatirkan telah mengalirkan air yang tercemar radioaktif ke laut lepas di Samudera Pasifik.

Pernyataan pemerintah Jepang dan perkembangan terakhir PLTN di Fukushima itu dilaporkan Voice of America (VOA), Minggu, 3 April 2011. Kepala Sekretaris Kabinet, Yukio Edano, mengatakan bahwa solusi untuk mengatasi masalah radiasi itu membutuhkan waktu beberapa bulan. Namun, “pemerintah juga tengah memikirkan cara-cara lain yang lebih cepat.”

Selama ini, pemerintah mengandalkan para relawan di darat untuk berjuang mengatasi bocornya radioaktif di sejumlah reaktor PLTN Fukushima Daiichi, yang rusak setelah diguncang gempa bumi 9 SR dan dihantam tsunami pada 11 Maret lalu. Selain itu, pihak berwenang juga mengerahkan pesawat udara dan helikopter untuk menyiram reaktor agar tidak meledak.

Namun, akhir pekan lalu, ditemukan lubang berdiameter 20 cm di salah satu reaktor yang rusak dan dari situ keluar air yang mengarah ke laut. Pengelola PLTN, Tokyo Electric Power bertekad menutup lubang itu dengan campuran serbuk, kertas, dan plastik.

Sementara itu, ditemukan dua pekerja PLTN yang tewas di dalam kompleks PLTN. Mereka berada di basement salah satu reaktor. Mereka tewas akibat berbagai luka.

 

Saya Bertanya, Apakah Pagi Akan Datang

Posted: 03 Apr 2011 06:43 PM PDT

Tak ada tempat untuk lari. Gelombang besar air hitam berbusa melewati tanggul di Miyako./REUTERS

 

KETIKA gempa hebat mengguncang Jepang utara pada 11 Maret dan menimbulkan tanda peringatan tsunami di pelabuhan perikanannya di Pantai Pasifik, Takako Suzuki yang pegawai negeri tahu betul ke mana dia harus pergi berlindung.

Setidaknya, dia kira dia tahu. Suzuki (40) mengikuti instruksi yang disiarkan melalui pengeras suara dan menuju ke lantai tiga balai rakyat yang telah ditetapkan kotanya, Rikuzentakata, sebagai titik evakuasi tsunami.

Saat dia berlari menaiki anak tangga, tsunami setinggi 14 meter menghantam memasuki gedung itu. Air hitamnya yang berputar menelan orang-orang di sekitarnya.

"Air hitam memasuki gedung melalui jendela-jendela dengan suara menderam. Saya tak berdaya dilempar ke sana kemari oleh air itu. Saya bahkan tidak ingat bagaimana saya tersapu," ujar Suzuki.

Dia tersadar berada dalam kelompok 12 orang. "Kami terbawa ke sebuah ruang di mana air terus naik sampai sekitar 10 sentimeter dari langit-langit," kata Suzuki kepada wartawan-wartawan Reuters yang disertainya kembali ke tempat kejadian perjuangan hidup-matinya tiga pekan sebelumnya.

"Saya berpikir, 'kalau air naik sedikit lagi, habislah saya'. Namun, untungnya air tiba-tiba berhenti naik dan mulai surut," ujarnya.

Kedua belas korban yang bertahan hidup, masih setengah terendam saat malam tiba dan angin dingin bertiup melalui jendela-jendela yang bolong, berkerumun bersama. Di sekitar mereka terkapar jenazah-jenazah korban tewas.

"Gedung itu bergerak miring karena masih penuh dengan air dan gempa susulan terus mengguncang bangunan itu, menyebabkan puing-puing menjatuhi kami. Itu menakutkan," kata Suzuki.

"Kami bertanya-tanya apakah pagi akan pernah datang, apakah bantuan akan pernah datang," katanya.

Cobaan bagi mereka itu berakhir hampir 24 jam kemudian ketika Suzuki dan 10 orang lainnya diambil dari gedung tersebut oleh sebuah helikopter penyelamat yang dioperasikan Pasukan Bela Diri, militer Jepang. Salah seorang dari kedua belas orang itu, pria lanjut usia, tewas pada malam hari.

Suzuki memperkirakan bahwa kelompoknya, yaitu 11 orang yang selamat itu, ada di antara 60 orang yang berlindung di balai rakyat tersebut. Majalah Jepang, AERA, melaporkan 100 orang mencari perlindungan di sana. "Ini sebuah misteri bagi saya bagaimana saya masih hidup," katanya.

"Saya pikir waktu itu saya akan mati, tetapi saya ibu tiga anak sehingga saya bertahan hanya dengan memikirkan bahwa saya ingin melihat anak-anak saya lagi," kata Suzuki, suaranya yang tenang tiba-tiba memecah.

Rikuzentakata, salah satu kota yang paling parah terkena dari sepanjang lebih dari 250 kilometer garis pantai Jepang yang terkena, menghitung ada 1.066 korban tewas dan 2.041 hilang dari 23.000 penduduk.

Rumah keluarga Suzuki terletak di ketinggian dan tak terkena tsunami yang meratakan tempat kerjanya. Suzuki bergabung dengan rekan-rekannya dan sukarelawan untuk membantu 160 orang di tempat penampungan. "Hidup saya telah diberikan kembali kepada saya," katanya. (Reuters/DI)/kompas.com

Dua Prajurit AS Tewas

Posted: 03 Apr 2011 06:40 PM PDT

Baghdad, Irak

BAGHDAD  — Dua prajurit Amerika Serikat yang bertugas di Irak tewas akibat “tembakan tidak langsung” pada akhir pekan, demikian diumumkan militer AS, Minggu (3/4/2011).

“Dua prajurit AS tewas pada 2 April karena luka-luka yang mereka alami ketika pasukan musuh menyerang satuan mereka dengan tembakan tidak langsung,” kata militer AS dalam sebuah pernyataan tanpa penjelasan terinci lebih lanjut.

Dengan kematian terakhir itu, jumlah prajurit AS yang tewas di Irak menjadi 4.443 orang sejak invasi pimpinan AS pada 2003 menggulingkan Saddam Hussein, menurut hitungan AFP berdasarkan atas data dari situs independen www.icasualties.org. Dalam situs itu disebutkan, 60 anggota militer AS tewas di Irak pada 2010–jumlah terkecil sejak 2003.

Korban terakhir militer AS di Irak adalah pada 20 Maret ketika ledakan sebuah bom rakitan menewaskan seorang prajurit AS di Irak selatan. Serangan akhir pekan itu merupakan yang terakhir dari rangkaian kekerasan yang meningkat lagi di Irak dan terjadi beberapa bulan setelah penarikan pasukan AS.

Ratusan orang tewas dalam gelombang kekerasan terakhir di Irak, termasuk sejumlah besar polisi Irak. Namun, AS tetap melanjutkan penarikan pasukan dari negara itu./kompas.com

Hamas Percayai Laporan Goldstone

Posted: 03 Apr 2011 06:33 PM PDT

Pasukan Hamas di Gaza/AFP

KOTA GAZA — Hamas mengatakan, Minggu (3/4/2011), laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengecam ofensif mematikan Israel terhadap Jalur Gaza pada 2008-2009 tetap bisa dipercaya, walau penyusun utamanya menyatakan ia salah menyebut pasukan Israel menyerang warga sipil.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Minggu, juru bicara Sami Abu Zuhri mengatakan, Hamas terkejut oleh perubahan sikap dari hakim Afrika Selatan, Richard Goldstone, yang menyatakan bahwa informasi yang diterimanya sejak itu menunjukkan Israel tidak sengaja menyerang warga sipil. Tuduhan utama dalam laporan itu adalah Israel dengan sengaja menyerang warga sipil.

“Hamas terkejut… oleh sikapnya yang menarik beberapa bagian dari laporannya dan mendukung pernyataan Israel,” kata pernyataan itu, yang mengingatkan bahwa Hamas telah bekerja sama dalam penyelidikan, sementara Israel tidak.

“Hamas mendesak PBB tetap teguh pada ketentuan-ketentuan dalam laporan Goldstone karena laporan itu telah menjadi dokumen internasional,” kata Hamas dalam pernyataan itu.

Menurut Hamas, Goldstone kini tidak memiliki hak untuk tampil dan mengubah hasil temuan tersebut. “Itu kini bukan milik pribadi Goldstone karena tim hakim internasional serta Goldstone mengambil bagian dalam penyusunannya–selain kenyataan bahwa laporan itu bergantung pada sejumlah dokumen dan pernyataan saksi yang menambah kekuatan dan kredibilitas laporan tersebut,” katanya.

Sabtu, Goldstone mengatakan, penilaiannya atas laporan itu juga berubah karena kenyataan bahwa Israel menyelidiki kekhawatiran yang diungkapkan oleh panelnya, sementara Hamas tidak. Laporan Goldstone itu telah menyulut kecaman-kecaman luas internasional atas ofensif mematikan Israel di Gaza.

Israel menggempur habis-habisan Jalur Gaza dua tahun lalu dengan dalih untuk menghentikan penembakan roket yang hampir setiap hari ke wilayah negara Yahudi tersebut. Perang di sekitar Gaza meletus lagi setelah gencatan senjata enam bulan berakhir pada 19 Desember 2008.

Israel membalas penembakan roket pejuang Palestina ke negara Yahudi tersebut dengan melancarkan gempuran udara besar-besaran dan serangan darat ke Gaza dalam perang tidak sebanding yang mendapat kecaman dan kutukan dari berbagai penjuru dunia.

Operasi “Cast Lead” Israel itu, yang menewaskan lebih dari 1.400 orang Palestina yang mencakup ratusan warga sipil dan menghancurkan sejumlah besar daerah di jalur pesisir tersebut, diklaim bertujuan mengakhiri penembakan roket dari Gaza. Sebanyak 13 warga Israel, 10 dari mereka prajurit, tewas selama perang itu.

Proses perdamaian Timur Tengah macet sejak konflik itu dan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas masih tetap diblokade oleh Israel.

Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari. Sejak itu, wilayah pesisir miskin tersebut diblokade oleh Israel. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah–Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas.

Uni Eropa, Israel, dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris./kompas.com

Gempa 7,1 SR Warga Cilacap Mengungsi

Posted: 03 Apr 2011 06:31 PM PDT

 

 

Gempa yang berpusat di kawasan Cilacap, Jawa Tengah, sekitar pukul 03.06 WIB, Senin, 4 April 2011, dirasakan secara jelas oleh warga di sana. Badan Madan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya menyatakan gempa berpotensi tsunami.

Warga di kota Cilacap sempat panik. Ada yang sudah memutuskan mengungsi.

“Orang-orang langsung keluar rumah. Di dalam kota, masyrakat menggunakan motor dan mobil-mobil mereka lari menjauh dari pantai karena khawatir ada tsunami,” kata Trisnarto, warga Jalan Indraloka Cilacap, sekitar 4 kilometer dari garis pantai.

Bagian selatan, barat dan timur Cilacap memang berada di pesisir pantai.

Menurut Trisnarto, sebagian warga ada yang mengungsi ke tempat yang lebih tinggi seperti Jeruk Legi di kawasan Bandara Tunggul Wulung.

“Kami langsung ke kantor BMG di Jalan Gatot Subroto. Kata petugas di sana tidak ada kenaikan air laut. Jadi saya memutuskan tidak ke mana-mana,” ujar Trisnarto.

 

Korban Tewas 38 Orang

Posted: 03 Apr 2011 06:31 PM PDT

Protes Kecam Pembakaran Alquran Pecah di Kandahar

KABUL  — Jumlah korban kerusuhan Kandahar, Afganistan, akibat rencana pembakaran Al Quran oleh seorang pendeta asal Amerika Serikat, John Terry, bertambah menjadi 38 orang, serta 84 orang terluka, kata Kementerian Dalam Negeri Afganistan.

Kekerasan di Afganistan dimulai pada Jumat (1/4/2011) di kota Mazar-i-Sharif, utara Afganistan, tempat tujuh sukarelawan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan empat pengunjuk rasa meninggal ketika massa menyerbu kantor perwakilan PBB di sana. Konflik itu bergeser ke kota Kandahar di selatan pada Sabtu, yang berlanjut hingga Minggu dan menyebar ke Jalalabad di timur, tempat sedikitnya 20 orang juga tewas.

Presiden AS Barack Obama pada Sabtu menyebut pembunuhan di Afghanistan sebagai tindakan memalukan. “Penodaan terhadap semua teks suci, termasuk Al Quran, adalah tindakan fanatik dan intoleransi yang ekstrem. Namun, menyerang dan membunuh orang tidak berdosa guna membalasnya adalah memalukan dan penghinaan terhadap martabat dan harkat manusia,” kata Obama dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih.

Rusia pada Jumat mengutuk serangan yang “tidak dapat diterima” terhadap misi PBB di Mazar-i-Sharif dan meminta agar tindakan segera diambil guna menghentikan kekerasan terhadap staf PBB./kompas.com

Cilacap Berangsur Pulih. Adakah Korban Jiwa?

Posted: 03 Apr 2011 06:27 PM PDT

 

Situasi Kota Cilacap, Jawa Tengah berangsur pulih, tak terlihat lagi kepanikan paska gempa 7,1 Skala Richter yang mengguncang dini hari tadi, Senin, 4 April 2011. Kendaraan melaju tenang di jalanan kota, warga yang sempat mengungsi menenteng barang bawaan mereka, pulang ke rumah.

“Warga sudah pulang ke rumah. Kabupaten dan masjid agung yang sebelumnya jadi lokasi evakuasi ribuan warga, sudah kosong,” kata warga Cilacap, Krisnarto.

Diceritakan dia, Pemerintah Daerah Cilacap relatif tanggap mengatasi warga yang panik dan khawatir gelombang gergasi tsunami bakal menggulung kota mereka. “Semua pintu kabupaten dan pintu masjid agung dibuka lebar-lebar, warga dibolehkan masuk.”

Sementara itu, Kepala Bagian Operasi Polres Cilacap, Kompol Widiantoro mengatakan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan serius.

“Untuk kota Cilacap, saya sudah cek ke seluruh jajaran Polsek di wilayah pantai, belum ditemukan kerusakan. Yang terjadi, warga berusaha mengungsi, tapi sudah diimbau kembali, karena BMKG menyatakan ancaman tsunami berakhir,” kata dia.

Saat ini, tambah dia, polisi dikerahkan untuk mengamankan lalu lintas, mengantisipasi arus balik warga pengungsi yang kembali. “Tadi dinas sudah mengumumkan agar warga yang mengungsi segera kembali.”

Selain mengamankan gempa, Kepolisian Cilacap kini sedang sibuk mengamankan kebakaran tangki di kilang Pertamina RU IV Cilacap.

Gempa yang mengguncang pukul 03.06 WIB membuat panik warga Cilacap. Sesaat setelah lindu mengguncang dan ancaman tsunami dikeluarkan, warga berlarian ke luar rumah, menuju gedung tinggi atau alun-alun kota Cilacap.

Kendaraan–mobil, bus, dan sepeda motor–melaju kencang di jalan raya, menuju arah utara, ke kawasan Jeruk Legi yang lebih tinggi dan direkomendasikan pemerintah untuk jalur evakuasi.

Sebagian warga menuju Pantai Teluk Penyu, mengecek kondisi air laut atau ke Kantor BKMG Cilacap untuk memantau situasi. Seruan “alhamdulillah” menggema di kota ini saat BMKG menyatakan: ancaman tsunami telah berakhir.

 

Gempa 7,1 SR Perburuk Suasana Kebakaran Pertamina?

Posted: 03 Apr 2011 06:25 PM PDT

 

Dua musibah beruntun menimpa Kota Cilacap, Jawa Tengah. Pada Sabtu 1 April 2011 pukul 05.00 WIB, sebuah tangki di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap meledak dan menjalar ke dua tangki lainnya. Sementara dini hari tadi, pukul 03.06 WIB, giliran gempa 7,1 skala Richter mengguncang. Tsunami mengancam.

Kepanikan melanda kota yang dikelilingi laut itu. Warga yang panik mengungsi ke wilayah utara, menjauhi bibir pantai. Gempa juga sempat memengaruhi upaya pemadaman di kilang.

“Tadi kami meningkatkan kewaspadaan, teman-teman di lapangan waspada, apabila dimungkinkan ada eskalasi (tsunami),” kata VP Corporate Communication, Mochamad Harun saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 4 April 2011.

Meski demikian, kata Harun, upaya pemadaman terus dilakukan. Sementara, unit-unit lain juga melakukan tugasnya. “Kami punya pendeteksi untuk hal-hal demikian. Kondisi kilang tak terganggu dan tidak terpengaruh,” tambah dia. Gempa juga tak membuat kondisi tangki yang terbakar makin parah.

Diceritakan Harun, setelah ancaman tsunami berakhir, upaya pemadaman semakin ditingkatkan. Petugas terus menyemprot tiga tangki yang terbakar, sembari mengamankan yang lain dari jilatan api.

“Dua tangki yang padam 31 T-2 dan 31 T-3 terus dilakukan karena masih ada percikan api. Sementara tangki 31 T-7 masih dilakukan upaya pendinginan.”

Gempa 7,1 skala Richter mengguncang Cilacap pukul 03.06 WIB. Pusat gempa berada di  kedalaman 10 kilometer di 293 km Barat Daya Cilacap atau 10.01  Lintang Selatan (LS) dan 107.69 Bujur Timur (BT).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut ancaman tsunami 1,5 jam paska gempa, tepatnya pukul 04.45 WIB.

 

Satu Prajurit Yaman Tewas

Posted: 03 Apr 2011 06:12 PM PDT

CNN Para korban tewas akibat ledakan di sebuah pabrik amunisi di Yaman selatan, Senin (28/3/2011).

 

ADEN — Seorang prajurit Yaman tewas dan tiga lainnya cedera, Minggu (3/4/2011), dalam serangan separatis selatan di Provinsi Lahij, kata seorang pejabat militer. “Orang-orang bersenjata anggota Gerakan Selatan menyerang sebuah pos pemeriksaan antara kota-kota Al-Malah dan Al-Habilayn, menewaskan seorang prajurit dan melukai tiga lainnya,” kata pejabat yang tidak bersedia disebutkan namanya itu kepada AFP.

Seorang saksi mengatakan kepada AFP, dua penyerang terluka dalam penembakan balasan oleh militer dan dirawat di rumah sakit kota berdekatan Radfan.

Anggota Gerakan Selatan menginginkan pemisahan atau otonomi luas bagi kawasan yang dulu negara merdeka itu. Serangan itu terjadi di tengah meningkatnya protes menuntut pengunduran diri Presiden Ali Abdullah Saleh.

Pada Minggu, seorang pemrotes anti-pemerintah tewas dan puluhan lain cedera akibat tembakan polisi selama demonstrasi di Taez, sekitar 200 kilometer sebelah selatan Sana’a, ibu kota Yaman, kata petugas medis dan saksi. Dengan kematian pemrotes itu, sudah hampir 100 orang tewas akibat penumpasan terhadap protes anti-pemerintah di negara Semenanjung Arab itu sejak akhir Januari, kata kelompok hak asasi manusia internasional.

Oposisi Yaman mendesak Saleh mengakhiri kekuasaan tiga dasawarsanya dan menyerahkan wewenang kepada deputinya untuk periode peralihan. Namun, usulan itu ditolak oleh pemimpin kawakan tersebut pada Minggu.

Sedikitnya 1.200 orang cedera hari Minggu di Taez, beberapa akibat tembakan peluru amunisi, ketika polisi menggunakan gas air mata dan pentungan untuk membubarkan pemrotes, kata petugas medis di Rumah Sakit Al-Thawra. Banyak dari mereka berada dalam kondisi serius.

Washington telah memperingatkan bahwa jatuhnya Saleh selaku sekutu utama AS dalam perang melawan Al Qaeda akan menimbulkan “ancaman nyata” bagi AS. Yaman adalah negara leluhur pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, dan hingga kini masih menghadapi kekerasan separatis di wilayah utara dan selatan. Yaman Utara dan Yaman Selatan secara resmi bersatu membentuk Republik Yaman pada 1990. Namun, banyak pihak di wilayah selatan, yang menjadi tempat sebagian besar minyak Yaman, mengatakan bahwa orang utara menggunakan penyatuan itu untuk menguasai sumber-sumber alam dan mendiskriminasi mereka.

Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh mendesak rakyat Yaman tidak mendengarkan seruan-seruan pemisahan diri, yang katanya sama dengan pengkhianatan.

Negara-negara Barat, khususnya AS, semakin khawatir atas ancaman ekstremisme di Yaman, termasuk kegiatan Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP).

Para komandan militer AS telah mengusulkan anggaran 1,2 miliar dollar AS dalam lima tahun untuk pasukan keamanan Yaman, yang mencerminkan kekhawatiran yang meningkat atas keberadaan Al Qaeda di kawasan tersebut, kata The Wall Street Journal bulan September.

Negara-negara Barat dan Arab Saudi, tetangga Yaman, khawatir negara tersebut akan gagal dan Al Qaeda memanfaatkan kekacauan yang terjadi untuk memperkuat cengkeraman mereka di negara Arab miskin itu dan mengubahnya menjadi tempat peluncuran untuk serangan-serangan lebih lanjut.

Yaman menjadi sorotan dunia ketika sayap regional Al Qaeda, AQAP, menyatakan mendalangi serangan bom gagal terhadap pesawat penumpang AS pada Hari Natal. AQAP menyatakan pada akhir Desember 2009, mereka memberi tersangka warga Nigeria “alat yang secara teknis canggih” dan mengatakan kepada orang-orang AS bahwa serangan lebih lanjut akan dilakukan.

Para analis khawatir bahwa Yaman akan runtuh akibat pemberontakan Syiah di wilayah utara, gerakan separatis di wilayah selatan dan serangan-serangan Al Qaeda. Negara miskin itu berbatasan dengan Arab Saudi, negara pengekspor minyak terbesar dunia. Selain separatisme, Yaman juga dilanda penculikan warga asing dalam beberapa tahun ini./kompas.com

Gempa Guncang Fiji

Posted: 03 Apr 2011 06:10 PM PDT

Kota Suva, Fiji/ilustrasi

WELLINGTON  — Gempa bumi bermagnitud 6,4 mengguncang kawasan Fiji, Senin (4/4/2011) waktu setempat, demikian pernyataan Badan Survei Geologi AS (USGS), tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Gempa bawah laut itu melanda kawasan 321 kilometer sebelah barat Suva di kedalaman 555 km, Senin pukul 02.07 waktu setempat atau Minggu pukul 21.07 WIB, demikian pernyataan USGS.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang mengamati kawasan tersebut dan menerbitkan buletin-buletin mengenai tsunami tidak mengeluarkan peringatan semacam itu.

Kawasan tersebut terletak di lingkaran api Pasifik, sebuah zona tektonik sangat aktif yang sering mengalami gempa bumi dan letusan vulkanik./kompas.com

No comments:

Post a Comment