Monday, July 28, 2014

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Enam Alasan Memilih Berinvetasi Reksadana

Posted: 28 Jul 2014 08:08 PM PDT

WE Online, Jakarta – Investasi penting karena adanya inflasi dapat membuat nilai mata uang semakin menurun. Jenis-jenis investasi pun beragam, mulai dari lukisan, prpoperti, saham, hingga reksadana.

Dalam booklet Tips & trik Investasi yang dirilis oleh Commonwealth Bank dikatakan bahwa salah satu investasi yang mudah dan terjangkau adalah reksadana. Paling tidak ada enam manfaat yang membuat reksadana menjadi pilihan investasi yang menarik, diantaranya:

1.    Dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional.
Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat seorang investor pada umumnya memiliki keterbatasan dalam melakukan riset, menganalisa harga efek, maupun mengakses informasi pasar modal secara langsung.
2.    Diversifikasi investasi
Dana yang ditempatkan pada reksadana akan diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga resikonya juga tersebar. Dengan kata lain, resikonya tidak sebesar jika seorang investor membeli satu atau dua jenis efek secara langsung.
3.    Manfaat perpajakan
Hasil investasi yang diterima dari hasil penjualan kembali reksadana bukan merupakan objek pajak. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 36 Pasal 4 (3) huruf i tentang Pajak Penghasilan (PPh) yang dikeluarkan pada tahun 2008.
4.    Likuiditas yang tinggi
Setiap saat investor dapat melakukan penjualan kembali unit penyertaannya sesuai dengan ketentuan prospektus. Manajer Investasi wajib membelinya kembali dan membayarkannya maksimal T+7 hari bursa pada kondisi normal sesuai ketentuan prospektus.
5.    Transparansi informasi
Manajer Investasi wajib memberikan informasi atas perkembangan investasinya secara rutin sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau penempatan dana, kinerja, dan resikonya. Manajer Investasi wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan, prospektus, dan laporan bulanan (Fund Fact Sheet).
6.    Jumlah investasi yang terjangkau
Investasi di reksadana tidak memerlukan jumlah dana yang besar. Dengan jumlah yang terjangkau, investor sudah dapat berinvestasi sejak dini dan mendapatkan semua manfaat diatas.

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baju Lebaran untuk Anak-anak di Gaza

Posted: 28 Jul 2014 07:59 PM PDT

WE Online GAZA- Lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT) mulai mendistribusikan baju lebaran untuk anak-anak Palestina yang tinggal di Jalur Gaza. Jumlah paket tahap pertama sebanyak 580 paket untuk 580 anak. Per paket berisi satu setel baju (baju atas dan bawah (celana atau rok), dan sepasang sepatu baru. Paket Baju Lebaran untuk anak-anak Gaza tersebut didistribusikan relawan lokal ACT yang ada di Gaza.

Pembagian paket baju lebaran anak-anak ini sebagai ikhtiar ACT selaku penyambung amanat bantuan kemanusiaan dari bangsa Indonesia berbagi kebahagiaan dengan warga Gaza pada Hari Raya Idul Fitri 1435 H.Anak-anak warga Gaza itu, tentunya sebagian tak mengerti dengan apa yang terjadi dengannya. Kebahagiaan mereka menjemput lebaran jangan sampai terenggut oleh tragedi yang sedang terjadi.

” Tentunya kita disini, ikut berbahagia melihat anak-anak Gaza bisa tersenyum bahagia bisa berlebaran dengan baju dan sepatu baru,” ujar Senior Vice President ACT, N. Imam Akbari, dalam keterangan tulisnya kepada Warta Ekonomi di Jakarta,Minggu(28/7/2014).

Paket baju lebaran telah didistribusikan, dan targetnya pada Hari H Idul Fitri anak-anak Gaza bisa berlebaran dengan baju dan sepatu baru. Dan tak hanya itu, dengan baju dan sepatu baru, anak-anak Gaza itu juga inshaa Allah bisa menikmati daging bersama makanan pokok mereka, gandum. Seperti sudah diberitakan ACT menyiapkan 50 ton gandum dan 5 ton daging sapi untuk warga Gaza.
"Gandum dan daging sudah dipersiapkan dan sedang didistribusikan, dan harus sampai sebelum sebelum hari Raya Idul Fitri tiba," terang Imam Akbari.

Penulis: Boyke P. Siregar

Foto: Dok. ACT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

38 Peti Jenazah Korban MH-17 Tiba Di Belanda

Posted: 28 Jul 2014 07:54 PM PDT

WE Online - Sebanyak 38 peti jenazah penumpang pesawat maskapai penerbangan Malaysia MH-17 kembali tiba di Bandar Udara militer Belanda di Einhoven dari Kharkiv Ukraina, dengan diangkut dua pesawat C-130 Hercules Kerajaan Belanda dan pesawat Boeing C-17 Australia.

Sekretaris I Pensosbud Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag, Danang Waskito kepada Antara di Jakarta, Senin, menyebutkan bahwa penerimaan 38 peti jenazah tersebut dilakukan dalam prosesi penyambutan yang khidmat, dihadiri pejabat tinggi Belanda di antaranya Menteri Ekonomi Belanda, Henk Kamp, dan pejabat lainnya.

Hadir pula dalam acara penerimaan jenazah tersebut Menteri Luar Negeri Australia, The Hon Julie Bishop MP, serta perwakilan Negara asing dari negara korban, termasuk perwakilan KBRI Den Haag.

Ketigapuluh delapan peti jenazah tersebut kemudian dibawa dengan iringan mobil jenazah menuju Korporaal van Oudheusdenkazerne di Hilversum untuk kemudian akan dilakukan proses identifikasi jenazah.

Sampai dengan Sabtu (26/7) tercatat 227 peti jenazah korban ditembaknya pesawat MH-17 tiba di Belanda dalam empat kali kedatangan, masing-masing 40 peti jenazah pada tanggal 23 Juli, dan tanggak 24 Juli sebanyak 74 peti jenazah dan masing masing 75 peti jenazah dan 38 peti jenazah masing-masing 25 dan 26 Juli lalu.(Ant)

Foto: en.wikipedia.org

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Ucapkan Selamat Idul Fitri Pada Relawan

Posted: 28 Jul 2014 07:46 PM PDT

WE Online - Calon presiden Prabowo Subianto mengucapkan hari Idul Fitri kepada para relawan yang menghadiri acara silaturahim atau open house di rumah Polonia, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur,Senin.

“Saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri bagi kita sekalian. Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin,” kata Prabowo saat memberikan sambutan kepada para relawan di Jakarta.

Prabowo mengharapkan seluruh amal ibadah serta perjuangan yang dilakukan para relawan saat ini dan masa mendatang, mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.

“Semoga tahun yang akan datang kita diberikan kebaikan oleh Allah SWT dan kita direstui perjuangan dan cita-cita kita,” ujar Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Prabowo yang mengenakan batik coklat, menyalami para relawan bergantian diatas panggung dan melayani permintaan foto bersama, ditemani oleh Sekretaris Tim Kampanye Nasional (Timkamnas) Fadli Zon serta beberapa anggota tim sukses.

“Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitas saudara-saudara sekalian. Sekali lagi mohon maaf lahir dan batin,” tambahnya.

Setelah itu, Prabowo yang hadir di rumah Polonia sejak pukul 16.55 WIB langsung meninggalkan tempat acara, setelah berbincang sejenak dengan para relawan, yang memadati rumah Polonia sejak siang hari.

Pada pagi hari, Prabowo melaksanakan ibadah sholat Id di Masjid Az Zikra di Desa Cipambuan, Sentul, Kabupaten Bogor. Setelah itu, bersilaturahim dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana dan mengunjungi rumah Habib Abdurrahman di Islamic Center, Kwitang.

Prabowo melanjutkan perjalanan dengan berkunjung ke rumah salah satu kerabat dan bersilaturahim ke rumah Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie untuk bertemu sejumlah tokoh nasional, sebelum tiba di rumah Polonia.

Sebelumnya, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dijadwalkan melakukan acara silaturahim atau open house di salah satu posko pemenangan di jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, pada pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

Acara silaturahim dipindah ke rumah Polonia yang antara lain menyajikan panggung hiburan lagu dangdut. Prabowo dalam melakukan kunjungan ke berbagai tempat, tidak ditemani oleh cawapres Hatta Rajasa, yang mengadakan open house di kediaman pribadi di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan.(Ant)

Foto: SY

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokoh dan Pejabat Bersilaturahim ke Rumah Megawati

Posted: 28 Jul 2014 07:37 PM PDT

WE Online, Jakarta – Sejumlah tokoh dan pejabat mengunjungi kediaman Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin.

Para pejabat itu, diantaranya Mantan Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Dai Bachtiar, Pelaksana Gubernur Banten Rano Karno, akademisi Yudi Latief, Wakil Ketua DPR Pramono Anung Dai Bachtiar dan Rano Karno tiba hampir berbarengan di rumah Megawati sekitar pukul 11.00 WIB, dan langsung disambut Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo.

“Sebenarnya tidak ada ‘open house’, ini hanya inisiatif kerabat dekat Bu Mega saja untuk bersilaturahim. Nanti kabarnya hadir juga para mantan Menteri,” kata dia.

Pemenang Pilpres 2014 yang diusung gerbong koalisi partai pimpinan PDIP yakni Joko Widodo dan Jusuf Kalla juga dijadwalkan akan bersilaturahim ke rumah Megawati pukul 12.00.

“Nanti, Jokowi akan dijemput Pa Jusuf Kalla,” kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, Megawati memang tidak menggelar “open house” atau acara halal bi-halal untuk umum, karena ingin berkumpul dengan keluarga dan kerabat dekat.

“Bu Mega juga masih berduka dengan meninggalnya Pa Taufik Kiemas,” ujarnya.

Semakin siang, kediaman Megawati semakin ramai dikunjungi pejabat dan juga politisi dari partai koalisi pimpinan PDIP.

Tampak, Ketua Umum DPP Hanura Jenderal Purnawirawan Wiranto yang datang bersama istri dan anaknya. Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, dan sejumlah diplomat negara sahabat. (Ant)

Foto: Ist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Data Telkomsel Melonjak 129% di H-1

Posted: 28 Jul 2014 07:32 PM PDT

WE Online, Jakarta – Operator seluler PT Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data pada H-1 Lebaran (27/7) atau malam takbiran Hari Idul Fitri 1435 H terutama lebih dari 129 persen dibanding H-1 Lebaran tahun 2013.

“Trafik layanan data meningkat sebesar 129 persen menjadi 657 Terabytes, sedangkan dibandingkan hari normal selama 2014 terdapat kenaikan 16 persen,” kata kata Vice President Corporate Communications Adita Irawati, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin.

Menurut Adita, kenaikan data sangat signifikan terjadi di Area Sumatera, hingga lebih dari 171 persen menjadi 166 Terabytes, disusul dengan Area Jawa Bali dengan kenaikan hingga 156 persen menjadi 172 Terabytes.

“Secara keseluruhan tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98 persen. Artinya tidak ada masalah berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” kata Adita.

Layanan SMS naik sebesar empat persen menjadi 1,01 miliar SMS jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun 2013. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2014, trafik SMS naik sebesar 10 persen.

Ada pun layanan suara (voice) di malam takbiran cenderung turun dua persen menjadi 1,1 miliar menit dibandingkan dengan trafik percakapan periode sama di tahun 2013.

Adita menambahkan, dalam menghadapi lonjakan komunikasi masyarakat pengguna Telkomsel, perusahaan telah melakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan dan penambahan kapasitas yang lebih besar.

Meliputi upgrading kapasitas core network VLR (Visitor Location Register), SMSC (Short Message Service Center), MMSC (Multimedia Message Service Center), HLR (Home Location Register), dan SGSN (Serving GPRS Support Node).

Kapasitas VLR ditingkatkan menjadi 213 juta, sedangkan HLR sebesar 330 juta pelanggan. Kapasitas SMS ditingkatkan sekitar 11 persen dari tahun sebelumnya menjadi 116.211 SMS/detik dengan kapasitas volume trafik 2,94 miliar SMS.

Telkomsel juga menambah kapasitas MMS menjadi 200 MMS per detik atau setara dengan 4,32 juta MMS per hari.

Sedangkan kapasitas SGSN ditambah menjadi 54 nodes SGSN dengan SAU (Simultaneously Attached Users) sebanyak 161 juta subscriber data.

Dari sisi kapasitas jaringan 2G dan 3G, saat ini Telkomsel telah memiliki lebih dari 79.000 BTS (Base Transceiver Station), dimana sebanyak lebih dari 34.000 di antaranya merupakan BTS 3G (Node-B) yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 114 Gbps (Giga bit per second) termasuk bandwidhth layanan Blackberry sebesar 14 Gbps. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minimalisir Serangan Hacker, Ini Saran FireEye

Posted: 28 Jul 2014 07:29 PM PDT

WE Online, Jakarta – Penjahat dunia maya semakin kreatif dengan berbagai pola skema baru. Di AS, misalnya, hackers menyusup ke server Internet pada sebuah perusahaan ritel dan mengubah alamat pengiriman paket mahal.

Perusahaan ritel tersebut tanpa disadari mengirimkan orderan yang dibeli via kartu kredit curian ke sebuah rumah kosong, di mana seorang pelaku akan bertindak sebagai penerima paket.

Selain kerugian materi, kejahatan ini menimbulkan reaksi media sosial, menciptakan reputasi yang buruk, dan hilangnya kepercayaan konsumen.

Untuk meminimalisir kejahatan cyber, FireEye, perusahaan sistem keamanan cyber, merekomendasikan pertahanan secara bertahap untuk perusahaan ritel, sebagai berikut:
- Siapkan perencanaan cyber incident response (IR) secara menyeluruh
- Siapkan unit security yang bertugas mengidentifikasikan ancaman baik dikenal ataupun tidak, seperti serangan zero-day yang digunakan oleh pelaku Advanced Persistent Threat (APT).

Penulis: Jafei B. Wuysang

Foto: Ist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Lini Depan, Atletico Rekrut Griezmann

Posted: 28 Jul 2014 07:22 PM PDT

WE Online, Spanyol – Juara liga utama Spanyol Atletico Madrid yang ingin memperkuat serangan mereka dengan merekrut pemain sayap timnas Prancis Antoine Griezmann dari Real Sociedad.

“Atletico de Madrid dan Real Sociedad telah mencapai kesepakatan untuk mentransfer Antoine Griezmann,” kata Atletico dalam laman klub (www.clubatleticodemadrid.com) pada Senin.

“Pemain muda Prancis itu akan segera menjalani tes kesehatan sebelum dia menandatangani kontrak dengan klub kami,” tambahnya.

Namun Atletico atau Sociedad tidak menyebutkan nilai kontrak, namun media setempat mengatakan kontrak itu berkisar 30 juta euro (40,3 juta dolar AS).

Griezmann (23), tampil di seluruh lima pertandingan pada Piala Dunia lalu di Brazil, ketika tim itu tersingkir di perempatfinal kalah dari Jerman.

Dia dipanggil masuk timnas senior Prancis untuk pertama kali pada Maret dan telah mencetak tiga gol dalam sembilan pertandingan bagi Les Bleus.

Karir internasionalnya sempat terganjal oleh hukuman disiplin yang dijatuhkan federasasi sepak bola Prancis (FFF) ketika dia bermain di tim U-21, dimana dilaporkan dia telah keluar malam hari tanpa izin.

Pelatih Prancis Didier Deschamps memanggilnya masuk timnas dan dia menunjukkan kejutan di Brazil, mengungguli Samir Nasri yang dicoret dari timnas Prancis.

Griezmann sempat mengalami kejayaan bersama Sociedad waktu lalu dengan mencetak 16 gol dalam 31 pertandingan liga utama Spanyol dan membantu tim asuhan Basque itu bertengger di urutan ketujuh klasemen liga dan masuk kualifikasi untuk liga eropa.

Pemain kelahiran Macon di pusat Prancis itu, bergabung dengan Sociedad pada usia 13 tahun, dan masuk tim utama setelah membantu timnya memenangi promosi ke liga utama. (Ant)

Foto: livemint.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agung Laksono: DPP Wajib Selenggarakan Rapimnas Evaluasi

Posted: 28 Jul 2014 07:14 PM PDT

WE Online, Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono mengatakan, DPP wajib menyelenggarakan rapat pimpinan nasional dalam rangka mengevaluasi kepemimpinan partai berlambang beringin tersebut.

“Seusai Pilpres (Pemilihan Presiden) maka DPP wajib menyelenggarakan Rapimnas evaluasi,” kata Agung Laksono ketika ditemui setelah acara Open House Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Dengan demikian, ujar dia, tidak perlu Munas Luar Biasa (Munaslub) karena munas biasa dilakukan setiap lima tahun sesuai dengan periode pemerintahan.

Ia mengemukakan bila ada yang berpandangan munas dilakukan pada tahun 2015 mendatang maka pihak tersebut dinilai agak kurang paham dengan aturan di Golkar.

Sebelumnya, Politisi Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid menyatakan, kepemimpinan Partai Golkar saat ini sangat layak untuk dievaluasi setelah mengalami banyak kegagalan.

“Kondisi saat ini, Partai Golkar membutuhkan forum evaluasi besar-besaran,” kata Nusron Wahid.

Menurut Nusron Wahid, forum yang tepat untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh itu adalah Musyawarah Nasional (Munas) Golkar.

Apalagi, ia mengingatkan bahwa pengurus Partai Golkar saat ini adalah periode 2009-2014 dan bukannya sampai tahun 2015.

Evaluasi itu, menurut dia, layak dilakukan antara lain mengingat kegagalan yang dialami partai berlambang pohon beringin itu dalam pemilu legislatif hingga pemilu presiden tahun 2014.

Bila evaluasi tidak dilaksanakan, lanjutnya, maka dicemaskan partai tersebut akan ditinggalkan oleh para konstituennya karena menilai partai tersebut abai dengan kehendak rakyat.

“Golkar tidak boleh disandera oleh oknum pengurus, elit dan kelompoknya, sehingga kesannya menutup forum evaluasi dengan dalih dan argumen akal-akalan,” tegas Nusron.

Nusron yang telah dipecat dari Partai Golkar karena mendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014 menegaskan, Golkar bukanlah milik elitnya saja.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menyiratkan tidak ingin “mengambil pusing” soal desakan dilakukannya Musyawarah Nasional (Munas) Golkar sesuai jadwal Oktober 2014.

“Begitu aja kok ribut. Punya hak suara nggak mereka (yang mendorong Munas Oktober 2014),” kata Aburizal Bakrie seusai menghadiri acara buka puasa bersama Prabowo-Hatta dan tim koalisi merah putih di DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (24/7).

Aburizal Bakrie yang akrab disapa Ical menegaskan, semua yang mendorong munas diberlakukan Oktober 2014 tidak memiliki hak suara di dalam internal partai. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Hadir di ‘Open House’ Istana

Posted: 28 Jul 2014 07:06 PM PDT

WE Online, Jakarta – Prabowo Subianto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, untuk menghadiri acara “open house”, yang dilaksanakan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Berdasarkan pantauan Antara di Jakarta, Senin, Prabowo memakai peci, baju putih lengan panjang dan celana hitam dan tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Prabowo hadir di Istana dan terlihat pula Ketua Umum DPP Partai Golkar, namun masih belum terlihat pasangan calon wakil presiden Prabowo, Hatta Rajasa.

Selain itu, tampak pula Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Fadli Zon.

Berdasarkan rencana, Presiden sejak pukul 08.50 – 10.00 WIB menggelar Open House untuk Keluarga Inti Presiden Republik Indonesia beserta Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, dilanjutkan Keluarga Besar dan Perangkat Kepresidenan Inti.

Selanjutnya, pada pukul 10.30-12.30 WIB Open House antara lain untuk para Pimpinan Lembaga Negara, Duta Besar, Menteri/setingkat, Panglima TNI, Kapolri.

Selain itu, Open House tersebut juga untuk Anggota Lembaga Negara, Mantan Menteri, Gubernur, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pejabat TNI dan Polri.

Kemudian, pada pukul 15.30 sampai dengan 17.00-WIB, Presiden Yudhoyono akan menyelenggarakan Open House untuk masyarakat umum. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Junta Militer Raih Dukungan Mayoritas Untuk Berkuasa Lewat Jajak Pendapat

Posted: 28 Jul 2014 07:03 PM PDT

WE Online, Thailand – Mayoritas warga Thailand sepakat untuk menetapkan konstitusi sementara yang memungkinkan junta militer tetap hidup berdampingan dengan pemerintah sementara yang akan datang, satu jajak pendapat yang disiarkan Minggu menunjukkan.

Konstitusi sementara yang mulai berlaku Selasa lalu menyatakan bahwa Dewan Nasional untuk Perdamaian dan Ketertiban (NCPO) tetap ada setelah pemerintah sementara terbentuk dan bertugas untuk menangani keamanan, sementara mengawasi dan melakukan konsultasi dengan pemerintah.

Mayoritas, atau 79,94 persen, dari 1.256 responden yang disurvei pada 24-25 Juli menyuarakan dukungan bagi keberadaan selanjutnya NCPO, menurut NIDA Poll oleh Institut Nasional Administrasi Pembangunan.

Sekitar 11 persen dari responden, yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan, menyatakan perbedaan pendapat dan sisanya tidak memberikan komentar, jajak pendapat menunjukkan.

Sementara itu, lebih dari 66 persen mengatakan mereka lebih bahagia sejak kudeta 22 Mei karena kekacauan politik berkurang, menurut jajak pendapat itu.

Dalam perkembangan terkait, NCPO menerima peringkat persetujuan 8.87 dari 10 untuk kinerja bulan keduanya, lebih tinggi dari 8,82 untuk evaluasi bulan pertama, kata survei lain oleh Suan Dusit Poll menunjukkan.

Sekitar 92 persen dari 1.689 orang yang disurvei secara nasional antara 22-26 Juli mengatakan mereka puas, untuk luasan yang berbeda, dengan kinerja NCPO itu.

Mayoritas dari mereka mengatakan NCPO memuaskan dalam menjaga perdamaian dan ketertiban, serta administrasi negara. (Ant)

Foto: bigstory.ap.org

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BC Tetap Lakukan Pelayanan Pada Idul Fitri

Posted: 28 Jul 2014 06:55 PM PDT

WE Online - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan tetap melaksanakan pelayanan kepabeanan kepada para pengguna jasa, meskipun saat ini sedang berlangsung perayaan hari raya Idul Fitri.

“Walaupun libur Idul Fitri, proses pelayanan tetap 24 jam,” kata Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok Wijayanta saat menerima kunjungan kerja Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono di Jakarta, Senin.

Selain mengunjungi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok, Agung juga memantau kegiatan kepabeanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno-Hatta.

Wijayanta menambahkan pelaksanaan posko pelayanan dilakukan sepanjang 24 jam selama tujuh hari dan ini sudah dilakukan sejak Bea Cukai Tanjung Priok dicanangkan sebagai Kantor Pelayanan Utama pada 2007.

“Posko pelayanan terbagi dalam dua shift pagi dan malam,” katanya.

Wijayanta memastikan kegiatan pengawasan yang dilakukan para petugas bea dan cukai tetap berlangsung normal, meskipun aktivitas pelayanan cenderung sepi karena kurangnya kegiatan di kawasan pelabuhan.

Kondisi yang sama dilaporkan Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Soekarno Hatta, Tony Riduan, ketika Agung memantau aktivitas di terminal kedatangan penumpang luar negeri serta pelaksanaan pelayanan serta pengawasan di Kargo Bandara.

Setelah melakukan kunjungan, Agung meminta para petugas untuk tetap melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan tetap meningkatkan pengawasan terhadap upaya-upaya penyelundupan barang larangan, narkotika dan barang berbahaya.(Ant)

Foto: SY

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk ke Lokasi Jatuhnya Pesawat, Malaysia Tandatangani Perjanjian

Posted: 28 Jul 2014 06:50 PM PDT

WE Online, Malaysia – Malaysia telah menandatangani perjanjian dengan pemberontak Ukraina, yang mengontrol daerah sekitar lokasi kecelakaan MH17, untuk memungkinkan sekelompok personil polisi internasional memasuki daerah tersebut.

Mereka akan melindungi para peneliti internasional, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Perdana Menteri, Minggu.

Dikatakan bahwa Alexander Borodai, pemimpin pemberontak Ukraina, Minggu setuju untuk mengizinkan penyebaran personil polisi internasional guna memasuki lokasi kecelakaan, setelah perjanjian sebelumnya ia buat dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Menurut pernyataan itu, Najib telah berbicara pada Minggu dengan rekan-rekannya dari Belanda dan Australia, dan mereka semua sepakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan personil polisi.

Dikatakan bahwa 68 personel polisi Malaysia akan meninggalkan Kuala Lumpur ke lokasi kecelakaan pada Rabu, sebagai bagian dari penyebaran internasional.

“Para pejabat Malaysia sedang membahas rincian penyebaran polisi dengan Belanda dan Australia,” katanya, menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman telah berbicara dengan rekan-rekan internasional dan pejabat dari pemerintah Ukraina mengenai kerangka hukum dan diplomatik bagi penyebaran .

Najib mengatakan Minggu bahwa Belanda, Australia dan Malaysia telah membentuk koalisi untuk mengamankan situs itu. (Ant)

Foto: Ist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontak Senjata di Papua, Dua Polisi Tewas

Posted: 28 Jul 2014 06:45 PM PDT

WE Online, Jayapura – Dua anggota Kepolisian Republik Indonesia tewas tertembak dalam insiden kontak senjata dengan kelompok bersenjata di kawasan Indiwa, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Pudjo ketika dihubungi Antara di Jayapura, Senin malam, membenarkan adanya insiden penembakan terhadap sejumlah anggota Polri tersebut.

Kedua anggota kepolisian yang tewas itu masing-masing Bripda Zulkifli dan Bripda Prayoga.

Kemudian dua anggota kepolisian lainnya mengalami luka tembak, yakni Bripda Alex Numbery dan Briptu Helsky Bonyadone, serta seorang lainnya hingga kini belum diketahui nasibnya.

Menurut Kombes Pudjo, insiden tersebut terjadi saat sejumlah anggota kepolisian melakukan kegiatan bimbingan masyarakat (binmas) dengan mendatangi kelompok warga.

Saat melakukan kegiatan itu mereka tiba-tiba diserang oleh kelompok bersenjata, jelasnya. (Ant)

Foto: www.aldp-papua.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Politisi Bersilaturahim (II)

Posted: 28 Jul 2014 06:38 PM PDT

WE Online, Jakarta – Makin ramai Semakin siang, kediaman Megawati semakin ramai dikunjungi pejabat dan juga politisi dari partai koalisi pimpinan PDIP.

Tampak, Ketua Umum DPP Hanura Wiranto yang datang bersama istri dan anaknya. Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung, dan sejumlah diplomat negara sahabat.

Wakil Presiden Boediono bersama istri Herawati Boediono juga bersilaturahim ke kediaman Megawati. Wapres yang mengenakan kemeja cokelat muda, tiba di kediaman Megawati pukul 12.35, setelah sebelumnya beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II juga bersilaturahim dengan Megawati, yang juga Ketua Umum DPP.PDI Perjuangan.

Tidak lebih dari 30 menit, atau sekitar pukul 13.00 WIB, Megawati dan puterinya Puan Maharani, yang mengenakan baju terusan berwarna merah mengantar Wapres dan Herawati yang hendak pamit.

Tampak hadir Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Ekonomi dan Lingkungan Hidup Emil Salim? yang juga mengantarkan Boediono ke mobil sedan berplat nomor RI 2.

Datang ke Istana Silaturahim juga dilakukan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) yang mengunjungi rumah dinas presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Taman Surapati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat.

Jusuf Kalla yang mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna cokelat bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla, tiba di rumah Jokowi, sekitar pukul 11.00 WIB.

“Biasa silaturahim ke sini,” kata Jusuf Kalla sesaat tiba di rumah Joko Widodo.

Setelah itu, JK dan Jokowi bersama-sama mengunjungi rumah Megawati di kawasan Menteng, Jakarta.

Ia mengaku baru tahun ini kembali merayakan Idul Fitri pada hari pertama di Jakarta setelah selama tiga tahun terakhir selalu merayakan di kota asalnya, Makassar, Sulawesi Selatan. JK mengaku baru akan berlebaran di Makassar pada Selasa (29/7).

“Persiapannya biasa saja, shalat. Paling yang lebih sibuk ya Ibu (Mufidah Jusuf Kalla, red.),” ujar JK yang shalat Idul Fitri di Masjid Al-Azhar.

Joko Widodo-Jusuf Kalla juga silaturahim dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan dan kunjungannya mereka mengaku tidak mendapat pesan khusus saat menyambangi Istana Negara dalam rangka mengikuti Open House Presiden RI.

“Tidak ada pesan (dari Presiden),” kata Jokowi kepada wartawan setelah keluar dari Istana Negara, Jakarta.

Jokowi yang memakai baju batik biru datang menghadiri open house Yudhoyono di Istana Negara didampingi oleh istrinya, Iriana.

Sementara Jusuf Kalla yang memakai batik coklat dan berpeci hitam juga datang bersama istrinya, Mufidah.

Saat bersalaman dengan Presiden, SBY juga menyempatkan berpose untuk foto bersama dengan Jokowi.

Kunjungan silaturahim juga dilakukan calon Presiden Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, untuk menghadiri acara “open house”, yang dilaksanakan oleh Yudhoyono.

Prabowo datang menggunakan peci, baju putih lengan panjang dan celana hitam dan tiba sekitar pukul 10.00 WIB.

Prabowo hadir di Istana dan terlihat pula Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie, namun masih belum terlihat pasangan calon wakil presiden Prabowo, Hatta Rajasa. Selain itu, tampak pula Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Fadli Zon. (Ant/Ahmad Wijaya)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Sulut Segera Luncurkan Obligasi Seri Lima

Posted: 28 Jul 2014 06:32 PM PDT

WE Online, Manado – PT Bank Sulut segera meluncurkan obligasi atau surat utang seri ke lima sebagai salah satu kebijakan permodalan jangka panjang.

“Kami rencanakan Agustus atau September 2014 sudah dilakukan pengumuman kepada publik (public expose) obligsi seri ke lima,” kata Direktur Utama PT Bank Sulut Johanis Salibana di Manado, Senin.

Salibana mengatakan penerbitan obligasi ke lima ini sebagai antisipasi berakhirnya obligasi seri keempat, selain itu guna menghadapi perkembangan ekonomi makro khususnya kebijakan uang ketat(TMP).

“Obligasi seri ke empat yang segera berakhir mampu menghimpun dana bagi Bank Sulut sebesar Rp400 miliar, karena itu kami lanjutkan dengan obligasi seri ke lima,” kata Salibana.

Pengalaman obligasi keempat, kata Salibana banyak peminatnya, ini yang memberi keyakinan kepada kami untuk melanjutkan ke obligasi ke lima.

“Kinerja keuangan Bank Sulut yang baik, ditandai berbagai penghargaan atau Infobank Award, menjadi salah satu pendorong kuat kepada masyarakat untuk berminat membeli obligasi Bank Sulut,” kata Salibana.

Melihat animo yang sangat besar dari masyarakat, maka Salibana optimis target Rp750 miliar untuk obligasi ke lima mampu tercapai.

“Obligasi ke empat, mampu capai target Rp400 miliar, karena itu kami yakin obligasi seri lima ini mampu tercapai lebih banyak yakni Rp750 miliar,”kata Salibana.

Dengan peluncuran obligasi ini, kata Salibana, Bank Sulut akan dapat melakukan ekspansi lebih besar, sehingga pada akhirnya mampu berperan aktif dalam mendorong pertimbuhan sektor riil.

Bank Sulut ingin membuktikan sebagai salah satu bank potensial yang bisa bersaing dengan bank umum baik dalam ekspansi kredit maupun sebagai tempat menyimpan uang masyarakat. (Ant)

Foto: Ist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis-jenis Ketupat

Posted: 28 Jul 2014 01:12 AM PDT


Ketupat atau Kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara yang dibuat dari beras. Beras ini dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa dan dikukus sehingga matang. Ketupat paling banyak ditemui sekitar waktu Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Bila dihidangkan dengan tahu dan gulai menjadi kupat tahu. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Di antara beberapa kalangan di Jawa, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat. Di Bali ketupat sering pula dipersembahkan sebagai sesajian upacara.

Berikut macam-macam ketupat asli Indonesia, dikutip dari tanbihun.com

 

1. Ketupek Katan Kapau
Katupek katan yang khas Kapau, yaitu ketupat ketan berukuran kecil yang dimasak dalam santan berbumbu. Ketupat ketan adalah versi rebus dari lemang. Santannya menjadi sampai kental sekali dan merasuk ke dalam ketupat. Ketupat kentan ini bisa dimakan sebagai dessert, tetapi juga bisa dimakan dengan lauk pedas, misalnya gulai itik cabe hijau atau rendang.

 

2. Ketupat Glabed
Ada lagi sajian rakyat lain di Tegal yang sangat populer, yaitu Kupat Glabed. Kali ini bukan ketupat dari desa Glabed. Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah kuning kental. Glabed sendiri sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal bila mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!

Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed. Tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Topping-nya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng. Sebagai lauknya, Kupat Glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang.

 

3. Ketupat Betawi (Bebanci)
Masakan paling khas dan unik yang dimiliki masyarakat Betawi adalah ketupat bebanci. Saat ini nggak ada orang yang jual ketupat bebanci. Padahal sangat unik dan enak.

Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utama ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

 

4. Ketupat Blegong (tegal)
Kupat Blengong, kupat Glabed dengan daging Blengong, Blengong=Keturunan hasil perkawinan Bebek dan Angsa.

 

5. Ketupat Bongko (tegal)
Kupat Bongko adalah Ketupat dengan sayur tempe yang telah diasamkan.

 

6. Ketupat cabuk rambak (solo)
Cabuk rambak adalah ketupat nasi yang diiris tipis-tipis, dan disiram dengan sedikit sambal wijen (dicampur kemiri dan kelapa parut yang terlebih dulu digongseng). Ada yang menyukai sambal yang sangat pedas, ada yang menyukai rasa sambal yang gurih. Rasa sambalnya memang sangat khas. Hidangan ini disajikan dengan kerupuk nasi yang disebut karak.

 

7. Ketupat/lontong Sayur
Lontong Sayur. Biasanya Lontong sayur itu artinya santan kental yang gurih, tapi kalo mau sehat (baca: engga mau makan santan) dikasih soun, telur rebus dan ditaburi bawang goreng.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tradisi Unik Perayaan Idul Fitri di Indonesia

Posted: 28 Jul 2014 01:08 AM PDT


Perayaan Hari Raya Idul Fitri pasti identik dengan bersalam dan bermaaf-maafan, namun di beberapa daerah di bawah ini, suasana perayaan hari Lebaran terkesan unik dan seru. Penasaran? Berikut adalah beberapa daerah di Indonesia yang menggelar tradisi unik setiap Hari Raya Idul Fitri seperti dikutip dari bandungreview.com

 

1. Grebeg Syawal – Yogyakarta
Grebeg syawal adalah tradisi "menggerebeg" gunungan yang berisi kacang panjang, cabai, dan hasil bumi lainnya. Tradisi ini dilakukan setiap tanggal 1 syawal sebagai perwujudan sedekah dari Sultan kepada rakyatnya. Masyarakat berebut mendapatkan isi dari gunungan karena dipercaya dapat mendatangkan berkah dan ketentraman bagi siapa saja yang mengambilnya.

 

2. Bakar Gunung Api – Bengkulu
Menyusun batok kelapa seperti tusuk sate sehingga membentuk gunungan, lalu membakarnya itulah maksud dari tradisi ini. Tradisi ini dilakukan oleh Suku Serawak, dipercaya bahwa batok kelapa menyimbolkan ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga doa bagi arwah keluarga agar hidup tentram di akhirat.

 

3. Ilo Sanggari – Dompu, Nusa Tenggara Barat
Sebelum adanya penerangan seperti lampu, warga Dompu menyambut hari Lebaran dengan membakar ilo sanggari atau lentera. Warga percaya bahwa dengan membakar ilo sanggari akan mengundang malaikat dan roh leluhur yang akan memberikan berkah di hari Lebaran keesokan harinya. Namun sekarang, tradisi ini jarang dilakukan karena lentera sudah jarang digunakan.

 

4. Harus Makan! – Papua
Jika Anda akan berlebaran di Papua, Anda harus siap dengan perut kosong! Karena setiap Anda berkunjung ke rumah kerabat di sana, maka Anda harus ikut menyantap hidangan khas Lebaran yang disediakan oleh tuan rumah. Jika tidak, Anda akan di cap tidak sopan.

 

5. Perang Topat – Pulau Lingsar, Lombok Barat
Tradisi ini biasa dilakukan satu minggu setelah solat eid. Kegiatannya berupa perang topat dimana warga sekitar saling melempar ketupat satu sama lain. Tradisi ini dipercaya dapat mengabulkan doa-doa mereka yang telah dipanjatkan di Hari Raya Idul Fitri.

 

6. Meriam Karbit – Pontianak
Malam Takbiran menjadi sangat menakutkan di Pontianak karena suara meriam akan berdentum semalaman. Meriam berukuran jumbo yang terbuat dari batang kayu ini biasa dipasang di tepian sungai Kapuas. Dahulu, meriam ini dinyalakan untuk mengusir kuntilanak, namun sekarang itu dinyalakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

 

7. Ngejot – Bali
Nyama selam adalah sebutan penduduk Bali yang beragama Hindu kepada kerabat mereka yang beragama Islam. Menjelang Hari Raya Idul Fitri warga muslim menggelar tradisi "ngejot" atau membagi-bagikan makanan kepada masayarakat sekitar tanpa membeda-bedakan agama yang dianutnya. Sehingga tercipta keharmonisan saat hari Lebaran nanti.

 

8. Kenduri Lebaran – Katapang, Kalimantan Barat
Tradisi kenduri Lebaran adalah tradisi berkunjung ke rumah kerabat lalu membacakan doa dirumahnya. Kegiatan ini biasa diiringi dengan tradisi "ketupat colet" yaitu cara memakan ketupat yang berbeda dengan biasanya. Ketupat yang sudah dipotong-potong tidak boleh dimakan langsung menggunakan sendok dan lauk pauk, melainkan "dicolet".

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Makan Ketupat Saat Lebaran

Posted: 28 Jul 2014 01:00 AM PDT


Makan ketupat di hari raya idul fitri Sudah menjadi tradisi wajib dalam menyambut hari kemenangan umat muslim setelah satu bulan berpuasa. Namun tahukah kalian sejarah dibalik adanya makanan ketupat di hari raya idul fitri ini? Baiklah untuk itu mari disimak penjelasan tentang Sejarah Makanan Ketupat di Hari Raya Idul Fitri di bawah ini seperti dikutip dari kumpulansejarah.com

 

Sejarah Makanan Ketupat di Hari Raya Idul Fitri
Ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga kepada masyarakat Jawa, beliau membudayakan sebuah tradisi, yaitu setelah Lebaran, masyarakat setempat menganyam ketupat dengan daun kelapa muda lalu disii dengan beras.

Setelah selesai dimasak, ketupat itu diantarkan ke anggota keluarga atau kerabat yang dituakan. Sejak itu, ketupat jadi lambang kebersamaan.

Selain itu, ternyata ketupat punya filosofi tersendiri yaitu anyaman-anyaman pada kulit ketupat itu mencerminkan betapa banyaknya kesalahan manusia.

Setelah dibelah dua, terlihatlah isi ketupat yang berwarna putih, menggambarkan kebersihan dan kesucian hati manusia, setelah menahan nafsu dengan berpuasa dan memohon ampun atas segala kesalahan.

Sementara itu, bentuk ketupat yang sempurna itu melambangkan kemenangan umat Muslim yang akhirnya mencapai hari yang Fitri Nah sekarang sudah tahu khan sejarahnya ketupat.

Jadi, ternyata betapa besarnya peran para wali untuk memperkenalkan agama islam dengan tetap menghomati budaya setempat dalam mensiarkan agama baru yaitu Islam

Salah satu contoh yang nyata adalah cerita tentang pandawa lima, beliau mengumpamakan pandawa lima itu sebagai rukun Islam (ada lima) sehingga agama Islam dengan mudah diteima oleh masyarakat pada masa itu.

Kini warisan dari Sunan Kalijaga ini masih tetap dipertahankan bahkan sudah bukan milik Jawa saja tetapi sudah menjadi makanan Asia tenggara, hal ini dapat dilihat di negara Malaysia masih dijumpai ketupat ini, hal ini terjadi akibat banyaknya orang orang Jawa yang bermukim di Malaysia.

Lebaran ketupat merupakan tradisi masyarakat sebagai ungkapan syukur setelah melaksanakan ibadah puasa.

Namun, tujuan dari tradisi makan ketupat bersama keluarga maupun tetangga setelah salat sunah Id diharapkan menjadi momen untuk saling mengakui kesalahan.

Selain dari makna mengakui kesalahan, makna tersembunyi dari ketupat, bentuk segi empat ternyata wujud dari prinsip "kiblat papat lima pancer" yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat.

Prinsip tersebut kalau diotak-atik maknanya berarti empat arah mata angin utama, yaitu timur, selatan, barat, dan utara yang bertumpu di satu pusat.

Bila salah satu arah mata angin itu hilang, maka keseimbangan alam goyah. Terjemahan bebas filosofi tersebut bisa dikaitkan dengan arah jalan hidup manusia.

Ke mana pun arah yang ingin ditempuh manusia hendaknya tidak akan lepas dari pusatnya, yaitu Allah Yang Maha Esa. Oleh sebab itu, agar tidak goyah maka manusia harus tetap ingat kepada Sang Khalik sebagai pusat dari segalanya.

Ada pula yang mengartikan prinsip "kiblat papat lima pancer" bahwa ke mana pun manusia menuju, pasti selalu kembali kepada Allah.

Ketupat juga bukan sekadar makanan yang disajikan untuk menjamu para tamu pada hari raya Idul Fitri maupun merayakan genapnya enam hari berpuasa sunah Syawal.

Sebagian masyarakat Jawa memaknai rumitnya membuat anyaman ketupat dari janur sebagai bungkus beras, mencerminkan kesalahan manusia.

Warna putih ketupat ketika dibelah melambangkan kebersihan setelah bermaaf-maafan. Butiran beras yang dibungkus dalam janur merupakan simbol kebersamaan dan kemakmuran.

 

Penggunaan janur sebagai kemasan pun memiliki makna tersembunyi.
Janur dalam bahasa Arab yang berasal dari kata "jaa a al-nur" bermakna telah datang cahaya. Sedangkan masyarakat Jawa mengartikan janur dengan "sejatine nur" (cahaya). Dalam arti lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya selama bulan Ramadan.

Selain itu, tradisi makan ketupat lebaran yang masih langgeng sampai saat ini adalah penggunaan sayur opor sebagai pasangannya. Sayur opor pun memiliki makna filosofi , jika dilihat dari asal-usul bahan dasarnya yang menggunakan santan kelapa. Bahasa Jawa dari santan ialah "santen" yang memunyai makna "pangapunten" atau memohon maaf.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tradisi Unik Lebaran di Dunia

Posted: 28 Jul 2014 12:52 AM PDT


Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari yang paling membahagiakan bagu umat islam diseluruh dunia sebab pada hari raya Idul Fitri umat muslim sedunia merayakan kemenangan setelah berpuasa menahan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja yang memiliki tradisi dalam menyambut lebaran di berbagai belahan negara di dunia juga memiliki cara cara tersendiri untuk merayakan hari lebaran Idul Fitri, kamu mau tahu tradisi semacam apa iti simak 10 tradisi unik lebaran di berbagai negara di dunia seperti dikutip dari palingseru.com.

 

1. Australia
Sebagai salah satu negara terdekat dari Indonesia, Australia merayakan Lebaran dengan cukup meriah. Hal ini tentu sangat istimewa mengingat Australia bukan negara muslim. Perusahaan memberikan toleransi kepada karyawan yang muslim untuk mendapat libur, kawasan yang mayoritas muslim pun dapat menggunakan jalanan umum untuk shalat Ied. Australia memang negara sekuler yang memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk mempraktikkan ajaran agamanya masing-masing.

 

2. Arab Saudi
Di Riyadh, Arab Saudi, perayaan Lebaran kental dengan kesenian. Sejumlah pagelaran diadakan, misalnya teater, baca puisi, parade, dan pertunjukan musik. Para saudara kita di sana mendekorasi rumahnya agar terlihat meriah dan menarik. Bila Indonesia punya ketupat dan opor ayam, Arab Saudi punya daging domba yang dicampur nasi dan sayuran tradisional. Hal ini juga terjadi di Sudan, Suriah, dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

 

3. China
Mengunjungi makam leluhur, membersihkan dan mempersembahkan doa adalah tradisi saudara kita di China sana. Tradisi doa ini pun dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan selama Revolusi Kebudayaan. Lebaran ditetapkan sebagai hari libur dan saat itu kaum pria mengenakan jas khas dan kopiah putih, sementara wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tutup. Seusai salat Ied, umat muslim makan-makan dan bersilaturahmi.

 

4. Turki
Festival Gula atau Seker Bayram merupakan nama untuk Idul Fitri bagi orang Turki. Kemungkinan sebutan ini muncul karena tradisi mereka saling mengantarkan manisan di hari raya Idul Fitri. Seperti tradisi sungkem di Indonesia, anak-anak di sana juga bersalaman dan sembah sujud kepada orangtua. Kemudian orangtua membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang. Setelah itu, anak-anak pun mendapatkan hadiah berupa koin uang, permen, atau manisan.

 

5. Malaysia
Tradisi merayakan Lebaran di negeri tetangga itu ternyata tak jauh berbeda dari masyarakat di Indonesia. Malah bisa dibilang sangat mirip. Sebagai hidangan khas, masyarakat Malaysia makan ketupat, lemang, lontong, dan rendang. Setelah shalat Id, mereka berziarah ke makam kerabat. Di rumah, anak-anak akan memberikan hormat kepada orangtua. Orang yang sudah dewasa dan berpenghasilan memberikan uang kepada kerabat yang lebih muda.

 

6. Suriname
Negara ini bisa dikata memiliki kedekatan psikologis dengan Indonesia karena sebagian penduduk Suriname merupakan keturunan suku Jawa yang dikirim ke negeri itu sebagai kuli kontrak pada masa penjajahan Belanda. Tradisi ied mubarok (lebaran) di negara ini bisa dibilang sangat unik karena penetapan hari Lebaran dilakukan berdasarkan perhitungan mereka sendiri dengan menggunakan prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang sejak ratusan tahun lalu.

 

7. Afrika Selatan
Setiap tahun orang-orang akan berkumpul di Green Point, Cape Town, untuk menyaksikan datangnya hari terakhir Ramadhan bersama kerabat sambil berbuka puasa. Setelah maghrib, biasanya diumumkan tentang datangnya hari raya lebaran dan masyarakat berkesempatan untuk melaksanakan shalat Id yang dilanjutkan dengan berkunjung ke rumah sanak saudara.

 

8. India
Pemeluk islam di India biasanya akan berkumpul di Jama Masjid yang terletak di New Delhi untuk melakukan shalat Id. Masjid ini menjadi pusat perayaan Idul Fitri di New Delhi, ibu kota India. Mereka juga menyiapkan hidangan khusus yang disebut dengan siwaiyaan, yakni campuran bihun manis dengan buah kering dan susu. Siwaiyaan hadir dalam beragam bentuk dan warna.

 

9. Fiji
Di negara kecil Fiji pun terdapat tradisi serupa. Negara tersebut memang mayoritas non-Muslim. Namun, ada tradisi unik dalam perayaan Idul Fitri. Hidangan spesial khas Idul Fitri adalah samai, mi manis yang dicampur dengan susu. Samai disajikan bersama samosas, sejenis kari ayam atau daging. Uniknya, hanya kaum pria yang datang ke masjid untuk shalat Id.

 

10. Amerika Serikat
Seperti dikutip dari laman VOA, komunitas masyarakat muslim yang ada di negara ini menginformasikan datangnya hari raya lebaran melalui sambungan telepon ataupun internet (e-mail). Uniknya, karena mayoritas muslim disana merupakan kalangan imigran, maka pakaian yang dikenakan berwarna-warni sesuai dengan negara asalnya. Selesai shalat, dilanjutkan dengan saling mengucapkan Happy Eid atau Eid Mubarak antarsesama jemaah Shalat Id, para kenalan dekat dan kaum kerabat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Peran Atase Perdagangan Perlu Lebih Efektif

Posted: 28 Jul 2014 12:30 AM PDT

WE Online, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengharapkan peran atase perdagangan di berbagai kedutaan besar RI di luar negeri dapat lebih diefektifkan, guna meningkatkan kebermanfaatan perdagangan global untuk kepentingan nasional.

“Efektifkan peran atase perdagangan atau perwakilan di luar negeri untuk memperluas pasar dan bertindak sebagai ‘marketing intelligence’,” kata Peneliti Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin Ina Primiana, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Ina, penguatan peran itu antara lain agar Indonesia mempunyai posisi tawar yang kuat dengan pihak asing untuk melindungi industri nasional.

Selain itu, ujar dia, perlu pula dipelajari praktek dagang negara/aturan lain khususnya negara maju agar tidak merugikan industri nasional. Hal tersebut dinilai dapat dilakukan antara lain dengan mencari tahu info terbaru terkait kesulitan apa yang dihadapi para eksportir.

“Lakukan strategi defensif dan ofensif untuk memperkuat industri nasional,” ucapnya.

Ia juga menegaskan agar pemerintah berani mengevaluasi perdagangan yang terus-menerus defisit.

Sebelumnya, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Suryo Bambang Sulisto mengatakan Indonesia telah mengalami pengalaman pahit dengan perjanjian pasar bebas ASEAN-Tiongkok (ACFTA).

“Pengalaman pahit dengan ACFTA menunjukkan bahwa industri Indonesia tidak siap, sehingga pasar dalam negeri banjir barang dari Tiongkok,” kata Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Selasa (22/7).

Menurut Suryo, setelah ACFTA telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir ini, industri Indonesia tidak juga menunjukkan kemajuan. Ketua Kadin mengemukakan, dalam kerangka menciptakan perubahan struktural dan mendasar di berbagai bidang tersebut, pihaknya berada pada posisi yang sangat strategis.

“Sebagai wadah tunggal dunia usaha, Kadin terwakili di seluruh propinsi, kabupaten dan kota di seluruh negara. Peran Kadin juga didukung oleh berbagai asosiasi usaha serta asosiasi profesi,” ucap Suryo.

Selain itu, lanjutnya, Kadin juga diwakili di luar negeri serta menjalin kerjasama organisatoris dengan kamar dagang di seluruh dunia. Kadin, tegas dia, tidak ingin terus menerus berada di luar pagar sebagai objek regulasi, namun ingin bersama pemerintah secara integratif berperan dalam perencanaan dan evaluasi kebijakan dan regulasi. (Ant)

Foto: WE

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Minta SPBU Ternate Buka saat Lebaran

Posted: 28 Jul 2014 12:21 AM PDT

WE Online, Ternate – Depot Pertamina Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta kepada semua pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di Ternate dan sekitarnya untuk tetap membuka SPBU, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan BBM selama Lebaran.

“Kami telah sampaikan kepada seluruh pengelola SPBU di Ternate untuk tetap beroperasi saat lebaran nanti, karena dikhawatirkan terjadinya kelangkaan BBM di tengah-tengah masyarakat,” kata Manajer Penjualan, Depot Pertamina Ternate, M Faruk di Ternate, Minggu.

Ia juga mengakui, kalau di hari raya Idul Fitri nanti, semua orang termasuk karyawan di SPBU akan merayakan lebaran, tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan BBM, dimintakan agar SPBU tetap dibuka, meskipun dibuka pada siang hari.

Hal tersebut dilakukan, menyusul terjadinya penimbunan BBM terutama jenis premium yang dilakukan oleh pemilik depot penjualan eceran, guna menaikkan harga saat lebaran. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk tidak panic, karena stok BBM hingga lebaran Idul Fitri aman dan pengelola SPBU untuk tetap beroperasi pada H-1 hari ini.

Sebelumnya, Kadis Perindag Kota Ternate, Arif Gani ketika dikonfirmasi menyatakan, stok BBM terutama untuk jenis minyak tanah untuk kebutuhan masyarakat pada lebaran Idul Fitri dijamin tetap normal.

Ia menyatakan, kepastian mengenai kebutuhan BBM untuk masyarakat di Kota Ternate setelah Pemkot telah berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina guna membahas soal stok BBM terutama untuk jenis minyak tanah. Dimana, dari jawaban dari PT Pertamina adalah pada lebaran Idul Fitri tahun ini, stok BBM jenis minyak tanah tetap memenuhi kuota masyarakat Kota Ternate.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak PT Pertamina guna membahas soal kesiapan stok BBM jenis minyak tanah, dan kami telah mendapat konfirmasi bahwa stok BBM jenis minyak tanah masih tetap aman untuk keperluan masyarakat di lebaran ini,” ujarnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Distan Bogor Imbau Warga Teliti Pilih Daging

Posted: 28 Jul 2014 12:18 AM PDT

WE Online, Bogor – Dinas Pertanian Kota Bogor, Jawa Barat, mengimbau masyarakat untuk waspada dan teliti saat membeli daging terutama menjelang Lebaran, mengingat seiring meningkatnya kebutuhan, banyak pedagang musiman bermunculan.

“Menjelang Lebaran permintaan akan daging meningkat, dan pedagang daging dadakan banyak bermunculan. Maka, kami mengimbau masyarakat untuk waspada dan teliti sebelum membeli daging,” kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bogor Shahlan Rasyidi, Minggu.

Shahlan menyebutkan sehari menjelang Lebaran, banyak pedagang daging musiman bermunculan di sejumlah pasar.

“Mereka menghiasi jalan setiap pasar, menjajakan daging, baik sapi maupun ayam,” katanya.

Seiring dengan dekatnya Lebaran, permintaan masyarakat terhadap daging sapi maupun ayam juga meningkat. Sehingga banyak pedagang daging yang bermunculan.

“Sebelum membeli hendaknya teliti, perhatikan kondisi daging, pastikan daging masih terlihat segar, tidak berbau busuk, dan tidak berubah warna,” kata Shahlan.

Menurut Shahlan tidak menutup kemungkinan, menjelang lebaran ini ada pedagang nakal yang melakukan kecurangan seperti menjual daging campur atau daging yang sudah diberikan pengawet. Oleh karena itu masyarakat diminta mewaspadainya.

“Belilah daging ditempat yang resmi yang sudah bersertifikat seperti di dalam pasar, tidak dipinggir jalan. Jangan tergiur dengan harga murah, karena belum tentu daging kualitas bagus,” katanya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Perairan Merak-Bakauheni Aman untuk Penyeberangan

Posted: 28 Jul 2014 12:14 AM PDT

WE Online, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan penyeberangan jarak pendek dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni menggunakan kapal laut masih aman karena tinggi gelombang di perairan tersebut hanya 0,2 meter hingga di bawah satu meter.

“Kondisi serupa juga terjadi di perairan penyeberangan Gilimanuk menuju Ketapang. Namun, yang harus diwaspadai adalah transportasi laut yang ada di Selat Sunda bagian selatan dan pesisir barat Sumatera karena ketinggian gelombang berkisar dua hingga tiga meter,” kata Kepala Sub-Bidang Cuaca Ekstrim BMKG, M Fadli di Jakarta, Minggu.

Fadli mengatakan, untuk jalur transportasi darat dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jatim dan Bali nisbi lebih aman, namun harus mewaspadai peluang hujan lokal dengan intensitas lebat selama dua hingga tiga jam.

“Khusus warga Jawa Barat dan DKI Jakarta hendaknya mewaspadai hujan lokal yang akan terjadi hingga dua hari ke depan,” ujarnya.

Dia mengharapkan pengguna sepeda motor berhati-hati ketika melakukan perjalanan saat hujan karena berisiko kecelakaan, serta mewaspadai jalan berlubang yang permukaannya telah tertutup air.

Dia menambahkan, pengguna jalur penerbangan yang melintasi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan akan merasakan goncangan-goncangan kecil, sehingga disarankan menggunakan penerbangan pagi dan siang hari agar lebih nyaman. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHBI Denpasar Sepakat Tidak Lakukan Takbir Keliling

Posted: 28 Jul 2014 12:09 AM PDT

WE Online, Denpasar – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) di Kota Denpasar, Bali, sepakat tidak melakukan kegiatan takbiran keliling kota pada malam menjelang Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1435 H, Minggu malam.

“Menjelang Idul Fitri tanpa takbiran kali ini merupakan yang keenam kalinya, setelah sebelumnya dilaksanakan hal serupa,” kata Ketua Panitia PHBI Kota Denpasar Haji Said Dudin, SPd di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, malam takbiran hanya dilakukan di masing-masing masjid dan mushala tanpa mengurangi makna dan kemeriahan Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Takbiran tidak diadakan dengan alasan lalu lintas yang cukup padat, guna mencegah kemacetan Kota Denpasar dan sekitarnya, serta menekan sekecil mungkin hal-hal yang tidak diinginkan.

Khusus di perkampungan muslim di daerah-daerah pedesaan Pulau Dewata, seperti Kepaon, Kota Denpasar, Pegayaman, Kabupaten Buleleng, takbiran keliling desa tetap dilakukan.

Haji Said Dudin menambahkan, PHBI telah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1435 H, termasuk menyiapkan lokasi shalat Id. Khusus Kota Denpasar dan sekitarnya pihaknya telah menyiapkan 15 lolasi, 10 di antaranya lapangan umum dan tempat terbuka untuk tempat shalat Idul Fitri.

Ke-15 lokasi untuk shalat itu di luar masjid-masjid besar yang juga dijadikan tempat shalat Idul Fitri, termasuk sejumlah masjid sudah memasang tenda di halaman tempat suci itu. Ke-10 lokasi lapangan terbuka tersebut antara lain lapangan GOR Ngurah Rai, lapangan Niti Mandala Renon, lapangan Sesetan, Lapangan Niti Praja Lumintang, lapangan Perumnas Monang-Maning Denpasar dan halaman Universitas Udayana (Unud).

PHBI telah melakukan berbagai persiapan dengan matang, dengan harapan seluruh rangkaian kegiatan Idul Fitri 1435 dapat terlaksana secara baik dan lancar, ujar Haji Said Dudin. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Inginkan Percepatan Realisasi Infrastruktur yang Tertunda

Posted: 28 Jul 2014 12:03 AM PDT

WE Online, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menginginkan pemerintah dapat mendorong percepatan realisasi infrastruktur yang tertunda guna meningkatkan daya saing dan menekan biaya ekonomi tinggi yang masih terjadi di Tanah Air.

“Percepat realisasi infrastruktur yang tertunda,” kata Peneliti Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin Ina Primiana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Ina, percepatan realisasi infrastruktur tersebut terutama pada akses jalan dari dan ke pelabuhan serta kawasan industri yang mesti dapat diselesaikan dengan segera. Untuk itu, ujar dia, diperlukan pula pentingnya sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah yang perlu ditingkatkan.

Ia menegaskan, sinergi antara kementerian/lembaga mutlak dibutuhkan untuk menghindari kebijakan yang tanpa koordinasi. “Perhatikan kebutuhan yang dapat meningkatkan daya saing dan seluruh fasilitas untuk menekan biaya ekonomi tinggi,” katanya.

Program pembiayaan terhadap pembangunan infrastruktur menjadi sorotan penting bagi Bank Dunia antara lain karena adanya permintaan yang meningkat terkait hal tersebut dari negara-negara berkembang.

“Merupakan hal yang jelas bahwa negara-negara berkembang sangat membutuhkan infrastruktur,” kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (19/7).

Untuk itu, menurut Jim Yong Kim, pihaknya telah memberikan pembiayaan lebih jauh antara lain untuk menyediakan lebih banyak prasarana air minum bersih dan tenaga listrik. Selain itu, lanjutnya, tidak kurang penting pula peningkatan pembiayaan terhadap pembangunan jalan-jalan raya yang bermanfaat antara lain sebagai akses bagi petani membawa hasil pertaniannya untuk dijual ke pasar.

Sebelumnya, Ekonom Citibank Indonesia Helmi Arman mengemukakan, pemerintahan mendatang hasil dari Pemilihan Umum 2014 perlu melakukan penguatan sektor berorientasi ekspor dan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dengan pertumbuhan global yang melambat, reformasi struktural dibutuhkan untuk mempertahankan pertumbuhan perekonomian di atas lima persen. Diperlukan penguatan sektor-sektor berorientasi ekspor sebagai sumber devisa,” kata Helmi Arman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (15/7).

Karena itu, ujar dia, perlu pula penguatan pembangunan infrastruktur yang lebih baik pada periode 2014-2019 untuk menunjukkan bangkitnya investasi dan perekonomian negara. Apalagi, ia mengingatkan bahwa dengan sorotan dan perhatian yang diberikan oleh masyarakat internasional, Pilpres 2014 juga bisa memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengukuhkan posisinya di mata dunia. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

No comments:

Post a Comment