Wednesday, May 11, 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


2030, Sampah Luar Angkasa Naik 3 Kali Lipat

Posted: 11 May 2011 08:22 PM PDT

Kini, kawasan di antara ketinggian 700 kilometer sampai 1300 kilometer terdapat jutaaan puing-puing berukuran mulai dari beberapa milimeter hingga beberapa meter. (AP Photo/NASA)
Dalam sebuah konferensi, William Shelton, pimpinan US Air Force Space Command mengungkapkan kekhawatirannya seputar bertambahnya jumlah sampah luar angkasa buatan manusia.

"Angkanya terus meningkat. Sekarang ini sudah lebih dari 50 negara yang terlibat dalam eksplorasi ruang angkasa," kata Shelton, seperti dikutip dari Space, 10 Mei 2011. "Saat ini, lebih dari 20 ribu benda tak terpakai berada di ruang angkasa," ucapnya.

Saat ini, kata Shelton, pihaknya terus memantau secara rutin pertumbuhan sampah-sampah ruang angkasa. "Melihat tren pertumbuhannya, diperkirakan angka itu akan naik tiga kali lipat pada tahun 2030," ucapnya. "Padahal, kemungkinan jumlah sampah itu 10 kali lebih banyak karena sensor yang kami punya saat ini tidak mampu melacak seluruh sampah yang ada," ucap Shelton.

Yang mengerikan, sebut Shelton, benda-benda yang menjadi sampah tersebut sangat berbahaya. "Mereka bisa merusak sistem luar angkasa militer, sistem luar angkasa sipil, satelit komersial, dan lain-lain," ucapnya. "Tak ada yang kebal dari ancaman yang ada di orbit saat ini," kata Shelton.

Menurut Marshall Kaplan, pakar puing-puing ruang angkasa dari Space Department, Johns Hopkins University, sampah luar angkasa yang berada di orbit rendah bumi telah terakumulasi sejak 50 tahun belakangan. Penambahan terakhir adalah, sisa-sisa pengujian Anti-Satellite (ASAT) milik China pada tahun 2007.

"Satu uji coba ini telah meningkatkan jumlah objek puing-puing sekitar 35 persen," kata Kaplan. "Parahnya, lokasinya berada di ketinggian 865 kilometer, kawasan terpadat di mana satelit umumnya mengorbit," ucapnya.

Kasus lain, pada Februari 2009, satelit Iridium 33, satelit komunikasi milik AS bertabrakan dengan Cosmos, pesawat ruang angkasa Russia yang sudah tidak terpakai, di ketinggian yang serupa dengan uji coba ASAT milik China. Akibatnya, pecahan puing-puing makin berserakan.

"Hasil dari peluncuran satelit selama 50 tahun terakhir serta dua kejadian tersebut, kini kawasan di antara ketinggian 700 kilometer sampai 1300 kilometer terdapat jutaaan puing-puing berukuran mulai dari beberapa milimeter hingga beberapa meter," ucap Kaplan.

Sayangnya, kata Kaplan, pertumbuhan jumlah sampah ini tidak bisa dibalik. Upaya pembersihan ruang angkasa akan menjadi terlalu mahal. "Saat ini tidak ada yang bisa kita lakukan. Kita tidak punya dana yang cukup, teknologinya belum ada, dan belum ada kerjasama. Tidak ada yang ingin membiayai upaya itu," ucap Kaplan.

Kaplan menambahkan, pembersihan luar angkasa merupakan 'industri yang terus tumbuh' namun tidak ada yang ingin mengerjakan. "Selain itu, secara politik, itu juga tidak menguntungkan," ucapnya. (eh)• VIVAnews

Satu Hari Kini Tinggal 23 Jam

Posted: 11 May 2011 08:21 PM PDT

Gempa dengan magnitude 9 yang menghantam Jepang, 11 Maret lalu mengubah poros planet Bumi yang mengakibatkan semakin pendeknya waktu dalam satu hari. (NOAA/NASA GOES Project)
Richard Gross, peneliti dari Jet Propulsion Laboratory, NASA menyusun model penghitungan kompleks untuk mengalkulasikan secara teoritis, bagaimana gempa bumi di Jepang, yang merupakan gempa terbesar kelima sejak tahun 1900, memengaruhi rotasi Bumi.

Memanfaatkan data dari United States Geological Survey, hasil perhitungan mengindikasikan adanya perubahan distribusi massa Bumi. Gempa Jepang telah membuat Bumi berputar sedikit lebih cepat, dan memperpendek waktu dalam satu hari hingga 1,8 mikrodetik atau sepersejuta detik.

Kalkulasi yang dibuat juga menunjukkan bahwa poros Bumi bergerak sekitar 17 centimeter ke arah bujur timur. Perubahan poros ini akan membuat pergerakan Bumi sedikit berbeda. Namun itu tidak mempengaruhi posisi Bumi di ruang angkasa karena hanya kekuatan eksternal seperti gravitasi Matahari, Bulan, dan planet-planet yang mampu mengubah itu.

Seputar semakin singkatnya waktu dalam satu hari yang sudah tidak mencapai 24 jam, sebagai gambaran, akibat gempa dengan magnitude 8,8 yang terjadi tahun lalu di Chile, waktu dalam satu hari telah dipangkas sebesar 1,26 mikrodetik dan menggeser poros Bumi sekitar 8 cm.

Padahal, menggunakan kalkulasi serupa yang dilakukan setelah gempa dengan magnitude 9,1 yang menghantam Aceh tahun 2004 lalu, waktu dalam satu hari sudah berkurang sebesar 6,8 mikrodetik akibat bergesernya poros dan bentuk Bumi sekitar 7 cm.

"Rotasi Bumi terus berubah, dan tidak hanya disebabkan oleh gempa, namun juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti angin di atmosfer dan arus samudera," kata Gross, seperti dikutip dari Science Daily, 10 Mei 2011. "Bagaimana gempa memengaruhi rotasi Bumi tergantung pada skala, lokasi, dan bagaimana gempa terjadi," ucapnya.

Gross menyebutkan, dalam kurun satu tahun, waktu dalam satu hari bisa bertambah dan juga berkurang sekitar satu milidetik atau 550 kali lebih besar dibanding akibat gempa Jepang. Demikian pula dengan lempeng Bumi yang bisa bergeser sekitar 1 meter dalam satu tahun akibat berbagai gempa.

"Secara teori, apapun yang mampu meredistribusi massa Bumi akan mengubah rotasi planet Bumi," kata Gross. "Namun demikian, perubahan rotasi dan poros Bumi seharusnya tidak memengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Perubahan ini sangat alami dan terjadi kapan saja. Orang-orang tidak perlu khawatir," ucapnya.

Meski telah membuat penghitungan, kalkulasi yang dibuat Gross, baik untuk rotasi dan poros Bumi, hasilnya kemungkinan akan masih berubah dengan munculnya data-data baru yang lebih akurat seputar fenomena yang terjadi di Bumi. (umi)• VIVAnews

Militer AS Ciptakan Peluru Ramah Lingkungan

Posted: 11 May 2011 08:12 PM PDT

M855, peluru yang telah digunakan sejak 1980an. (foxnews.com)
Teknologi yang sangat dikenal di persenjataan Angkatan Darat Amerika Serikat akhirnya mendapatkan upgrade. Perangkat yang di-upgrade adalah M855, peluru yang didesain pada tahun 1970-an dan terus digunakan sampai saat ini.

Sebagai informasi, meski masih digunakan, peluru itu sering dikeluhkan oleh pasukan tentara karena sering kali tidak efektif dalam mematikan lawan.

Adapun M855A1, peluru yang telah didemonstrasikan di Aberdeen Proving Ground, Maryland, Amerika Serikat terbukti lebih cepat, lebih mematikan, dan dalam waktu dekat akan menggantikan saudara tuanya.

"Amunisi baru ini lebih "hijau" karena ia sudah bebas timah. Artinya, peluru tersebut juga ramah lingkungan," sebut juru bicara militer AS, seperti dikutip dari Foxnews, 9 Mei 2011. Militer AS sendiri, menurut juru bicara itu, telah memasok amunisi bebas timah pada tentara AS yang bertugas di Afghanistan, sejak Juni lalu.

M855 sendiri diakui oleh militer AS tidak menyediakan kemampuan mematikan seperti yang diinginkan pengguna saat menembak musuh dari jarak kurang dari 150 yard atau sekitar 137 meter. Namun, pakar balistik menyebutkan, tidak ada peluru yang sempurna, dan peluru baru itu juga tidak lebih mematikan secara signifikan.

"Tidak ada peluru di dunia ini yang bisa dipastikan mampu menghentikan lawan," kata Martin Fackler, mantan direktur dari Wound Ballistics Laboratory at the Letterman Army Institute of Research. "Bahkan jika Anda menghancurkan jantung lawan, ia masih punya waktu 15 detik untuk balas menembak karena masih punya cukup oksigen di otaknya untuk melakukan itu," ucapnya.

Namun demikian, angkatan darat menyebutkan, amunisi tersebut memang dibuat sebagai bagian dari "menghijaukan" amunisi senjata kaliber kecil agar lebih ramah lingkungan. (eh)• VIVAnews

Ahmadinejad: Gejolak Akan Menyebar ke Barat

Posted: 11 May 2011 08:04 PM PDT

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad (AP Photo/Ben Curtis)
Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengatakan bahwa kerusuhan dan gejolak yang terjadi di Timur Tengah juga akan segera menyebar ke negara-negara Barat. Karena, negara Barat memiliki sistem feodalisme yang lebih kentara dibanding negara di Timur Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Ahmadinejad di sela-sela Konferensi PBB untuk Negara-negara Kurang Berkembang di Istanbul, Turki, dilansir dari Tehran Times, Selasa, 11 Mei 2011. Dia mengatakan kerajaan dan kediktatoran para pemimpin di Eropa dan Amerika Serikat telah berlangsung lebih lama dibanding kerajaan di Timur Tengah maupun Afrika.

“Saya kira gejolak yang terjadi sekarang akan segera menyebar ke Eropa dan Amerika, karena beberapa pihak di negara-negara ini telah memerintah selama lebih dari 70 tahun. Sebagai tambahan, satu atau dua pihak di negara-negara ini bahkan telah berkuasa di Eropa selama 150 tahun,” ujar Ahmadinejad.

Pernyataan Ahmadinejad ini merujuk kepada sumber gejolak dan kerusuhan di beberapa negara Timur Tengah dan Afrika. Pergolakan yang berlangsung beberapa bulan terakhir ini terjadi karena ketidakpuasan rakyat terhadap rezim yang telah memerintah selama puluhan tahun. Akibat pergolakan, sistem feodalisme modern di Timur Tengah mulai runtuh satu persatu dengan tumbangnya para pemimpin negara tersebut.

Pada kesempatan itu, Ahmadinejad juga menyampaikan rencana pembicaraan mengenai nuklir Iran dengan negara 5+1, yaitu Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Rusia, China dan Jerman. Belum diumumkan tanggal pasti kapan pembicaraan tersebut dilakukan, namun diperkirakan akan dilakukan di sela-sela konferensi PBB di Istanbul tersebut.

Ahmadinejad mengatakan bahwa pembicaraan yang akan dilangsungkan adalah pertanda baik dimulainya kembali solusi dialog. Iran, ujarnya, selalu siap melakukan diskusi yang didasarkan atas rasa keadilan dan rasa saling menghargai.

“Pemerintah Iran jelas tidak melanggar hukum yang dikeluarkan oleh Badan Energi Atom Internasional, dan kami yakin negosiasi haruslah menaati hukum tersebut,” tegasnya.• VIVAnews

Catatan Harian Osama Bin Laden

Posted: 11 May 2011 08:03 PM PDT

Osama Bin Laden (businessinsider.com)
Tak hanya menewaskan Osama Bin Laden, penyerbuan pasukan elit Amerika Serikat, US Navy SEAL juga menghasilkan temuan besar: data-data jaringan teror.

Dari dalam rumah persembunyian Osama di Abbotabbad, Pakistan, pasukan khusus Amerika Serikat mengaku menyita lima buah komputer, lusinan flash drive, dan beberapa piranti data lain. Ikut disita dari rumah itu adalah sebuah catatan harian yang ditulis tangan yang diduga milik bos Al Qaeda itu.

Dalam catatan pribadinya itu, Osama terus mendorong pengikutnya menemukan cara-cara baru untuk menyerang AS — termasuk menyerang kota-kota kecil, teror di kereta dan pesawat, dan bagaimana bisa membunuh sebanyak mungkin orang AS dalam satu serangan.

Seorang petinggi AS kepada FOXnews menuturkan bahwa catatan yang saat ini berada di tangan AS berisi ide-ide operasi teror dan plot. “Ini tak mengherankan ia menuangkan ide, target, dan bagaimana mengeksekusinya dalam buku catatan,” kata pejabat tersebut.

Selain mengungkap soal rencana teror, buku harian Bin Laden juga menunjukkan, bahwa ia tak pernah meninggalkan rumah persembunyiannya sejak tiba di Pakistan tahun 2005 lalu. Paling jauh, Osama yang menua berjalan-jalan di halaman rumahnya itu. “Dia seperti terpenjara di sana.”

Meski sudah lama menghilang dari sorotan publik, dan Al Qaeda makin melemah, bukan berarti Bin Laden rela menyerahkan kendali kontrol organisasinya itu. Dokumen yang ditemukan menunjukkan, keterlibatannya dalam sejumlah peristiwa teror, termasuk ancaman teror di Eropa tahun lalu yang membuat wisatawan dan kedutaan memasang status kewaspadaan tinggi.

Dari balik dinding persembunyiannya, Osama terus berkomunikasi dengan cabang-cabang Al Qaeda, terutama Yaman. Dan meski belum dilengkapi bukti cukup, ia diduga berada di balik usaha teror hari Natal 2009 di Bandara Detroit, AS.

“Jangan batasi serangan ke Kota New York,” kata Osama dalam tulisan di catatan itu. Kota lain yang ada dalam jurnal adalah Los Angeles, atau kota kecil yang lain. “Sebarkan target.”

Osama juga menekankan kepada pengikutinya  berapa jumlah orang AS yang harus jadi korban, guna menyingkirkan negara itu dari dunia Arab. Kata dia, serangan kecil tak akan cukup. Kepada para pengikutnya, ia menyebut angka ribuan — jumlah korban yang tak jauh beda dengan tragedi serangan teror 11 September 2009.

Sementara, seperti dimuat situs CNN,  Osama diketahui tidak  hanya mengirim pesan pada jaringannya, bukti-bukti juga menunjukkan bahwa ia menerima respon atas pesannya itu.

Buku harian Osama juga merujuk ke tanggal-tanggal penting di kalender AS: hari kemerdekaan AS 4 Juli, Natal, dan 10 tahun peringatan tragedi 9/11.

Aparat keamanan AS mengatakan, tak ada indikasi bahwa waktu, tanggal, atau tempat yang tertulis di sana menunjukkan teror yang telah direncanakan. Untuk sementara, itu itu dianggap barus sebatas gagasan sinting Osama Bin Laden.• VIVAnews

Gempa 5,5 SR di Spanyol, Sedikitnya 10 Tewas

Posted: 11 May 2011 08:02 PM PDT

Petugas penyelamat mencari korban gempa bumi di Lorca, Spanyol (AP Photo/Alberto Saiz)
Gempa bumi mengguncang kawasan Spanyol bagian tenggara pada Rabu waktu setempat. Berlangsung dua kali, masing-masing bermagnitudo 4,4 SR dan 5,2 SR, gempa itu menewaskan sedikitnya sepuluh orang dan melukai puluhan lainnya.Jumlah korban dikhawatirkan bisa bertambah. Pasalnya, hingga Kamis dini hari waktu setempat, tim penyelamat masih mencari warga yang terjebak di reruntuhan bangunan.

Menurut kantor berita Associated Press, pusat gempa terjadi di dekat Kota Lorca. Dua gempa terjadi selang waktu dua jam sehingga menghancurkan banyak bangunan.

“Saya merasakan guncangan yang kuat, diikuti oleh banyak suara ribut. Saya saat itu benar-benar sangat takut,” kata warga Lorca, Juani Avellanada, yang dikutip harian El Pais.

Warga lain, Juana Ruiz, mengaku rumahnya terbelah dua setelah diguncang gempa. “Semua perabotan berjatuhan,” kata Ruiz.

Ini merupakan gempa dengan jumlah korban tewas terbanyak di Spanyol dalam kurun lebih dari 50 tahun terakhir. Sebelumnya, pada 1956, gempa bumi di Granada, Spanyol, menewaskan 12 orang dan melukai 70 lainnya.

Menurut Institut Geografi Spanyol, negara itu sebenarnya dilanda 2.500 kali gempa dalam setahun. Namun, hanya sedikit yang dirasakan penduduk sekitar.

• VIVAnews

VIDEO: Nenek Berjoget ala Michael Jackson

Posted: 11 May 2011 07:57 PM PDT

Michael Jackson (Kevin Mazur/AEG/Getty Images (AP))
Walaupun usianya sudah tidak muda lagi, nenek berusia 65 tahun ini tetap tampil lincah dan penuh gaya layaknya anak muda saat mengikuti ajang China’s Got Talent.

Nenek ini tanpa canggung langsung menunjukkan kepiawaiannya berjoget dan menari ala Michael Jackson di depan para juri.

Dengan memakai baju putih dan celana hitam ala Michael Jackson, nenek ini dengan lincah menari penuh semangat diiringi lagu Michael Jackson yang berjudul Beat It.

Aksi nenek ini langsung mengundang kagum para penonton dan dewan juri. Saat si nenek mulai menari, tepuk tangan langsung membahana di seluruh ruangan tempat ajang China’s Got Talent tersebut.• VIVAnews

12-5-2010: Pesawat Jatuh, Bocah Ini Selamat

Posted: 11 May 2011 07:53 PM PDT

Ruben van Assouw, penumpang yang selamat dari kecelakaan pesawat 2010 (AP Photo/Andrew Medichini)
Tepat setahun yang lalu, seorang bocah berusia sembilan tahun menjadi satu-satunya penumpang yang selamat dari kecelakaan pesawat di Libya, yang menewaskan 103 penumpang dan awak. Bocah asal Belanda itu bernama Ruben van Assouw.

Pesawat milik maskapai Afriqiyah Airways itu terbang dari Johannesburg (Afrika Selatan) menuju Tripoli (Libya), namun jatuh saat akan mendarat pada Rabu 12 Mei 2010. Para penumpang berasal dari berbagai negara, termasuk Inggris dan Afrika Selatan.

Menurut stasiun televisi Sky News, dengan kondisi tubuh yang lemah dan kedua kaki yang masih remuk, Ruben sudah mengetahui dari paman dan bibinya, yang sudah tiba di rumah sakit di Tripoli, bahwa dia kini yatim piatu. Papa Patrick (40 tahun), Mama Trudy, (41), serta kakak Enzo (11) sudah lebih dulu meninggalkan dia.

Ruben tampaknya anak yang cerdas dan memiliki mental baja . Menurut seorang diplomat Belanda, ketika pertama kali ditemukan oleh tim penyelamat di tengah puing-puing pesawat, Ruben tidak menangis. Kepada petugas yang menemukannya, Ruben justru berkata, “Holland! Holland!” Kemungkinan dia memberi tahu bahwa dirinya berasal dari Belanda.

Perkataan serupa juga disampaikan Ruben ketika menjawab pertanyaan pertama dari seorang wartawan harian Telegraaf. “Nama saya Ruben dan saya dari Belanda,” kata dia seperti yang diungkap laman harian itu, Jumat 14 Mei 2010.

“Saya baik-baik saja, namun kedua kaki saya sangat sakit,” lanjut Ruben dari ranjang rumah sakit. “Saya tidak tahu bagaimana sampai di sini dan saya tidak tahu apa-apa lagi. Saya benar-benar mau pulang,” ujar Ruben, yang masih berusia sembilan tahun (bukan 10 tahun seperti yang diberitakan kalangan media sebelumnya).

Dalam beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Tripoli cerah dan tidak berawan. Afriqiyah Airways merupakan maskapai Libya yang didirikan pada 2001.• VIVAnews

Cile Bangun Bendungan Super Raksasa

Posted: 11 May 2011 07:52 PM PDT

Proyek bendungan raksasa di Patagonia, Cile.
Pemerintah Cile menyetujui proyek US$7 triliun untuk membangun bendungan raksasa yang akan membendung dua aliran sungai paling deras di dunia. Seperti dilansir The Telegraph, proyek ambisius ini telah lolos uji lingkungan terlepas dari gelombang penolakan oleh sejumlah kalangan.

Bendungan raksasa itu nantinya merupakan gabungan dari lima bendungan yang ditempatkan di aliran sungai Baker dan Pascua di Aysen, Patagonia – wilayah terpencil di ujung selatan Amerika. Sangking terpencilnya, jarang dijumpai jalan-jalan beraspal di kawasan ini. Malahan, Patagonia merupakan region dengan infrastruktur jalan yang paling minim di seantero Cile.

Di Patagonia, hujan turun secara konstan. Sungai-sungai di wilayah ini berasal dari berbagai gletser lempeng pegunungan Andean yang mengalir melalui lembah-lembah menuju Samudera Pasifik. "Saya percaya, itu adalah tempat yang paling menakjubkan di muka bumi. Saya tidak tahu tempat lain seindah Patagonia," kata Robert F. Kennedy, pengacara Dewan Sumber Daya Nasional – sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat.

Pemerintah Cile di bawah kepemimpinan Presiden Sebastian Pinera memutuskan, proyek bendungan raksasa Patagonia sangat penting bagi masa depan Cile yang kini sedang menikmati lonjakan pertumbuhan ekonomi. Dengan kekayaan sumber mineral dan pertumbuhan ekonomi semacam itu, bukan tak mungkin Cile akan bergabung dengan negara-negara kaya di dunia di masa mendatang.

Persoalan bagi Cile kini terletak pada ketersediaan energi listrik. Tingginya tingkat eksplorasi tambang di Cile menuntut ketersediaan energi dan listrik yang makin besar, serta perbaikan standar hidup di Cile. Sejumlah analis mengatakan, kapasitas energi di Cile harus ditingkatkan tiga kali lipat dalam 15 tahun, untuk menampung berkembangnya industri-industri di Cile.

Oleh karena itu, proyek bendungan raksasa di Patagonia dipandang akan mendatangkan keuntungan ekonomi dalam jangka panjang bagi Cile. Menurut kelompok pendukung rencana pembangunan bendungan itu, membangun bendungan sama artinya dengan membangun jalan-jalan menuju jantung wilayah Cile yang selama ini sebagian di antaranya belum memiliki akses infrastruktur yang baik.

Bendungan raksasa juga dapat menjadi pembangkit listrik yang mengirimkan transmisi energi ribuan mili jauhnya menuju ibukota Cile di Santiago. Bendungan raksasa itu diperkirakan dapat menghasilkan 2,75 gigawatt energi listrik – nyaris sepertiga dari kapasitas listrik Cile saat ini – dalam 12 tahun. Sejauh ini, pihak investor telah mengucurkan dana sebesar US$220 juta untuk proyek pembangunan bendungan raksasa itu.• VIVAnews

Cile Bangun Bendungan Super Raksasa

Posted: 11 May 2011 07:52 PM PDT

Proyek bendungan raksasa di Patagonia, Cile.
Pemerintah Cile menyetujui proyek US$7 triliun untuk membangun bendungan raksasa yang akan membendung dua aliran sungai paling deras di dunia. Seperti dilansir The Telegraph, proyek ambisius ini telah lolos uji lingkungan terlepas dari gelombang penolakan oleh sejumlah kalangan.

Bendungan raksasa itu nantinya merupakan gabungan dari lima bendungan yang ditempatkan di aliran sungai Baker dan Pascua di Aysen, Patagonia – wilayah terpencil di ujung selatan Amerika. Sangking terpencilnya, jarang dijumpai jalan-jalan beraspal di kawasan ini. Malahan, Patagonia merupakan region dengan infrastruktur jalan yang paling minim di seantero Cile.

Di Patagonia, hujan turun secara konstan. Sungai-sungai di wilayah ini berasal dari berbagai gletser lempeng pegunungan Andean yang mengalir melalui lembah-lembah menuju Samudera Pasifik. "Saya percaya, itu adalah tempat yang paling menakjubkan di muka bumi. Saya tidak tahu tempat lain seindah Patagonia," kata Robert F. Kennedy, pengacara Dewan Sumber Daya Nasional – sebuah organisasi yang berbasis di Amerika Serikat.

Pemerintah Cile di bawah kepemimpinan Presiden Sebastian Pinera memutuskan, proyek bendungan raksasa Patagonia sangat penting bagi masa depan Cile yang kini sedang menikmati lonjakan pertumbuhan ekonomi. Dengan kekayaan sumber mineral dan pertumbuhan ekonomi semacam itu, bukan tak mungkin Cile akan bergabung dengan negara-negara kaya di dunia di masa mendatang.

Persoalan bagi Cile kini terletak pada ketersediaan energi listrik. Tingginya tingkat eksplorasi tambang di Cile menuntut ketersediaan energi dan listrik yang makin besar, serta perbaikan standar hidup di Cile. Sejumlah analis mengatakan, kapasitas energi di Cile harus ditingkatkan tiga kali lipat dalam 15 tahun, untuk menampung berkembangnya industri-industri di Cile.

Oleh karena itu, proyek bendungan raksasa di Patagonia dipandang akan mendatangkan keuntungan ekonomi dalam jangka panjang bagi Cile. Menurut kelompok pendukung rencana pembangunan bendungan itu, membangun bendungan sama artinya dengan membangun jalan-jalan menuju jantung wilayah Cile yang selama ini sebagian di antaranya belum memiliki akses infrastruktur yang baik.

Bendungan raksasa juga dapat menjadi pembangkit listrik yang mengirimkan transmisi energi ribuan mili jauhnya menuju ibukota Cile di Santiago. Bendungan raksasa itu diperkirakan dapat menghasilkan 2,75 gigawatt energi listrik – nyaris sepertiga dari kapasitas listrik Cile saat ini – dalam 12 tahun. Sejauh ini, pihak investor telah mengucurkan dana sebesar US$220 juta untuk proyek pembangunan bendungan raksasa itu.• VIVAnews

PD Ingin Dihancurkan, Ini Kata Benny Harman

Posted: 11 May 2011 07:50 PM PDT

Benny K Harman (Antara/ Yudhi Mahatma)

 

Tersangka suap wisma atlet SEA Games, Mindo Rosalina Manullang mengatakan mantan kuasa hukumnya, Kamaruddin Simanjuntak ingin menghancurkan partai Demokrat. Apa kata Demokrat?

“Lihat fakta hukum yang ada. Jangan mengaitkan secara imajinatif,” tegas Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Demokrat bidang Hukum Benny K Harman, Kamis 12 Mei 2011.

Namun, sambungnya, Demokrat tidak berurusan baik dengan Rosa maupun Kamaruddin. “Tidak ada urusan kami. Itu urusan Rosa,” kata dia.

Demokrat, imbuhnya, menyerahkan kasus yang disebut-sebut menyeret dua kader Demokrat, yakni bendahara umum Muhammad Nazarudin dan politisi Angelina Sondakh ini kepada proses hukum.

Kamaruddin merupakan orang yang pertama kali mengungkap dugaan keterlibatan Nazarudin dalam kasus ini. Menurut Kamaruddin, Nazarudin adalah atasan Rosa. Dan, apa yang dilakukan Rosa di kantor Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Wafid Muharram adalah perintah Nazarudin.

Nazarudin sendiri telah membantah tudingan ini dengan menegaskan tak ada kader Demokrat yang terlibat dalam kasus suap yang menyeret Wafid dan Rosa sebagai tersangka itu. (umi)

 

• VIVAnews

Adik Sultan: Ini Pelecehan

Posted: 11 May 2011 07:46 PM PDT

Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo (ANTARA/Regina Safri)
Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo dari keluarga Keraton Yogyakarta menilai, pemerintah pusat tidak menghormati Keraton dan masyarakat Yogyakarta atas perpanjangan masa jabatan Sri Sultan HB X selama dua tahun. “Itu adalah pelecehan,” kata adik Prabukusumo kepada VIVAnews.com.

Menurut adik tiri Sultan ini, perpanjangan masa jabatan itu tidak sah, karena tidak ada landasan hukumnya. “Kalau perpanjangannya satu tahun, dua tahun, ataupun tiga tahun,” ujarnya.

Ia menambahkan, alasan pemerintah pusat atas perpanjangan masa jabatan dua tahun untuk sosialisasi hasil RUU Keistimewaan (RUUK), itu juga salah. “Karena RUUK ini bisa panjang, bisa cepat. Kalau hasil RUU ini adalah ‘Penetapan’ mungkin bisa cepat, tapi kalau hasilnya pemilihan, itu pasti lama,” jelas dia.

Sementara itu, kalau hasil RUUK itu adalah pemilihan, kata Gusti Prabu, rakyat Yogyakarta akan marah dan akan maju ke Mahkamah Konstitusi.

Jabatan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X diperpanjang lagi dua tahun atau hingga 2013 mendatang. Perpanjangan masa jabatan itu merupakan hasil konsultasi tim delegasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Hasil pertemuan Tim Delegasi dengan Kemendagri pada 4-5 Mei adalah bahwa masa Jabatan Gubernur DIY yang berakhir pada 9 Oktober 2011 diperpanjang hingga 9 Oktober 2013,” kata Ketua Tim Delegasi, Janu Ismadi, pekan lalu.

Dengan keputusan itu, Gubernur DIY tidak perlu membuat laporan pertanggungjawaban pada Oktober mendatang. “Sebab, Kemendagri meyakini, Rancangan Undang-Undang Keistimewaan akan ditetapkan pada bulan Juni-Juli mendatang,” kata Janu anggota DPRD DIY dari  Fraksi Golkar, yang juga menjadi ketua delegasi ini.

Pertemuan dengan pihak Kemendagri itu, katanya, merupakan tindak lanjut dari  Keputusan Presiden Nomor 86 tahun 2008 tentang Masa Jabatan Gubernur DIY.

Berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, kata Janu, waktu dua tahun itu merupakan masa transisi bagi Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mempersiapkan diri dan persiapan pergantian di 2013.  Sebab,”Undang-undang Keistimewaan berlaku sah dan efektif pada tahun 2013,” jelasnya. (eh)

Laporan: Erick Tanjung/Yogyakarta• VIVAnews

[VIDEO] Hidung Fans Madrid Berdarah Akibat Ulah Cristiano Ronaldo

Posted: 11 May 2011 07:44 PM PDT

[VIDEO] Hidung Fans Madrid Berdarah Akibat Ulah Cristiano Ronaldo. Kembali lagi terjadi kejadian memilukan di lapangan sepak bola, setelah kita lihat video saat Ibrahimovic menendang kepala Cassano.

Kali ini terjadi di Liga Spanyol, tepatnya pada laga Real Madrid vs Getafe di Stadion Santiago Bernabeu. Seorang fans Madrid mengalami pendarahan pada hidungnya akibat terkena bola hasil tendangan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo kini telah mencetak 36 gol di Liga Primera, lima gol lebih banyak dari Messi, sebuah rekor dan hasil yang membuat fans Real Madrid sedikit tersenyum, salah satunya seorang suporter yang hadir di Bernabeu pada pertandingan lawan Getafe.

Saat laga masih 0-0, Ronaldo berebut bola dengan salah satu pemain Getafe, malangnya, bola yang dibuang Ronaldo dengan keras mengenai muka seorang suporter hingga hidungnya Agen SBOBET berdarah.

Ketika pertandingan usai, Ronaldo menghampiri suporter itu, memberinya kostum Real Madrid dan berfoto bersama sebagai wujud permintaan maaf sang bintang.

Berikut video insiden bola nyasar dari Ronaldo pada fans di Bernabeu:




Meski dengan muka memerah dan hidung sempat berdarah-darah, sang suporter tampaknya telah memaafkan Ronaldo dan menjadi orang paling bahagia seisi stadion karena pulang dengan kostum Real Madrid, berfoto dengan Ronaldo, dan tentu saja kemenangan 4-0 atas Getafe.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Mewahnya Pesantren Al Zaytun

Posted: 11 May 2011 07:38 PM PDT

Kompleks Pondok Pesantren Al Zaytun
Kemegahan dan mewahnya pondok pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat mengundang decak kagum. Termasuk Menteri Agama, Suryadharma Ali yang untuk kali pertamanya berkunjung ke sana. ‘Bagaikan kota di tengah hutan’. 

Mengenai asal-usul kehadiran Pesantren Al Zaytun ini pernah disampaikan mantan Menteri Peningkatan Produksi NII, Imam Supriyanto. Menurut dia, yayasan Al Zaytun didirikan pada 2 Januari 1994, setelah itu dilakukan pembebasan tanah. “Pondasi pertama diletakkan tahun 1996, tahun 1999 diresmikan oleh Presiden BJ Habibie,” kata dia saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 11 Mei 2011.

Dijelaskan dia, Al Zaytun adalah program dari Negara Islam Indonesia (NII) Komandemen Wilayah 9 untuk kaderisasi pendidikan formal. “Kami sduah mengukur bahwa dinamika apa yang harus dibekalkan pada anak-anak untuk menghadapi kehidupan, agar tidak phobia,” kata dia.

Mengapa gedung Al Zaytun bisa demikian mewahnya? Dijelaskan Imam, dana awal pembangunan adalah obligasi senilai 350 miliar. Selanjutnya dikumpulkan dari anggota-anggota itu, dari bawah yang mencari,” kata dia.

“Sekarang you itung, kalau dari uang masuk US$3500, kalau 500 anak, berapa sih yang terkumpul. Belum lagi biaya cicilan dan operasional,” kata Imam. Untuk itulah diduga pengumpulan dana NII masuk ke pesantren itu.

Lha iya, sementara Al Zaytun nggak punya bisnis yang lain. Kalau Panji Gumilang jualan kardus, besi tua, butuh berapa juta ton?”

Untuk mengungkap aliran dana Al Zaytun, tambah Imam, bisa dilakukan dengan pembuktian terbalik. “Panji Gumilang itu pengajar sekolah aliyah swasta, jadi dai di Malaysia. Pulang tahun 1988, kemudian pada 1998 sudah mengagungkan banyak orang, punya pengikut militan, punya uang ratusan miliar. Dari mana?”

Lantas mengapa pengikut NII mau menyerahkan uang berjuta-juta  pada pimpinannya. “Kalau sudah dibaiat kemudian jadi warga NII, bayangannya  jaminannya surga, nilainya ibadah. Di luar NII neraka. Itu kenapa mereka rela,” kata Imam.

Tak hanya itu,  para pengikut juga dijanjikan mendapat keuntungan jika NII benar-benar berdiri sebagai sebuah negara. “Kalau suatu ketika menang dapat banyak harta, jabatan.”

Dalam wawancara dengan VIVAnews sebelumnya, Panji Gumilang membantah ada keterkaitan Al Zaytun dengan NII. “Negara Islam Indonesia itu sudah selesai sejak Imam Sekarmaji Marijan Kartosoewiryo mengumandangkan proklamasinya, dengan tahun 1962 sudah selesai. Tidak ada. Selesai.”

“Kemudian pembuktian, apa pendidikan masyarakat di sini, saya terangkan itu, baik murid, maupun guru maupun eksponen yayasan, maupun karyawan yang kerja di sini, seperti itu adanya. Kita terapkan toleransi, terapkan perdamaian, maka tidak terlalu sulit hidup di sini, mudah mengatasi entah itu keroyokan, entah itu pertikaian entah itu silang pendapat yang tidak bisa diselesaikan, damai-damai saja. Karena memang niatnya toleransi dan damai.”

Baca bantahan Panji Gumilang selengkapnya di sini.• VIVAnews

Miranda dan Tjahjo Jadi Saksi Agus Condro

Posted: 11 May 2011 07:37 PM PDT

Miranda S Goeltom (VIVAnews/Tri Saputro)
Hari ini terdakwa Agus Condro kembali menjalani sidang lanjutan dalam perkara suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) di Pengadilan Tipikor, Kamis, 12 Mei 2011.

Dalam sidang kali ini, sejumlah saksi-saksi penting akan dihadirkan. Saksi-saksi itu adalah, Miranda Swaray Gultom, Tjahjo Kumolo, Izedrik EM, Hamka Yandhu, Udju Djuhaeri dan Endin Soefihara.

Agus menjadi terdakwa dalam kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia bersama Max Moein, Willem Tutuarima, Poltak Sitorus, dan Rusman Lumbantoruan.

Agus didakwa dengan dakwaan alternatif pasal 5 ayat 2 Jo Pasal 11 (1) KUHP yakni bersama-sama empat terdakwa lainnya menerima cek pelawat. Rencananya, sidang akan mulai digelar pada pukul 09.00 WIB.• VIVAnews

Satgas: Ada Kendala Ungkap Kasus Travel Check

Posted: 11 May 2011 07:35 PM PDT

Satgas Mafia Hukum Koordinasi Dengan KPK (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)
Satgas Pemberantasan Mafia Hukum (PMH) akan ikut memberikan kontribusi untuk membantu KPK terkait kasus travel cek yang melibatkan sejumlah mantan anggota DPR RI periode 2004-2009 .

“Kami ikut memantau, ikut mendiskusikan dan mengikuti terus menerus di dalam pertemuan,” kata Anggota Satgas PMH, Achmad Santosa di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jumat, 6 Mei 2011.

Namun, ia tidak menyebutkan secara jelas bentuk kontribusi yang akan diberikan oleh Satgas. “Satgas sendiri sedang mengkaji sejauh mana kami bisa memberikan kontribusi untuk membantu KPK,” ujarnya.

Sejauh ini, Satgas tidak mau menyebut ada indikasi jaringan mafia di balik kasus lembar travel check itu. Yang jelas, Satgas menginginkan kasus ini segera diungkap secara tuntas. “Satgas melihat memang ada kendala di balik proses penegakan hukum ini,” ungkap Achmad.

Ia menjelaskan, kendala yang dihadapi masih sedang dikaji. Karena itu, Achmad belum mau menyampaikannya ke publik.  “Intinya semua proses penegakan hukum baik oleh kejaksaan dan kepolisian dibutuhkan satu level indepensi yang tinggi,” tutup Achmad.

Sampai saat ini, 4 anggota komisi keuangan periode 1999-2004 sudah dipidana dalam kasus ini. Sedangkan 25 anggota DPR periode yang sama saat ini juga tengah menjalani sidang.Laporan: Luzman Rifqi Karami

• VIVAnews

Panji Gumilang Jawab Tudingan Pemalsuan

Posted: 11 May 2011 07:19 PM PDT

Panji Gumilang alias Abu Toto
Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang menepis tudingan pemalsukan dokumen lembaga yang dia pimpin. Dia juga mengaku belum mendapat surat panggilan dari Kerpolisian terkait tuduhan pemalsuan tersebut.

“Di Al-Zaytun tak ada palsu-memalsukan dokumen,” kata Panji Gumilang di kediamannya, Indramayu, Jawa Barat, Rabu 11 Mei 2011.

Panji mengaku dekat dengan aparat. Sehingga, kapan saja jika Kepolisian mau memanggil dirinya, tidak perlu repot-repot. “Jangan berandai-andai (dipanggil polisi), kami dekat dengan polisi, dengan tentara,” kata dia.

“Apa susahnya manggil saya. Alamatnya jelas, rumahnya jelas. Mukanya ya begini-begini saja nggak berubah.”

Namun demikian, dia mengaku telah melakukan perubahan surat-surat yayasan pendidikan Al-Zaytun. Menurut dia, perubahan surat itu dilakukan karena menyesuaikan kondisi Al-Zaytun. “Kita perbarui karena ada pengurus yang meninggal dan ada yang keluar,” kata dia.

Dia menceritakan, yayasan pendidikan di Al-Zaytun berdiri pada tahun 1994 dengan nama Yayasan Pendidikan Indonesia. Lima tahun kemudian, surat-surat yayasan itu diperbarui lagi karena ada pengurus yang mengundurkan diri.

Kemudian, terakhir, pada 2011 surat Yayasan Pendidikan Indonesia kembali diperbarui. Perubahan terakhir disebabkan adanya perubahan pada peraturan pendirian yayasan dan keluarnya dua pengurus dari Al-Zaytun. “Karena kepengurusan yayasan itu harus setiap hari ngantor, jadi perlu kita perbarui. Mau tak mau kita lakukan pembaruan,” kata dia.

Panji Gumilang mengaku perubahan-perubahan surat itu telah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM. “Izinnya sudah disahkan oleh notaris dan Kemenkum HAM, izinnya sudah ada pada kami,” kata dia.

Sebelumnya, mantan Menteri Peningkatan Produksi NII, Imam Supriyanto melaporkan Panji Gumilang dengan tuduhan melakukan pemalsuan surat-surat yayasan. Dia merasa diberhentikan secara sepihak dari Al-Zaytun oleh Panji Gumilang. Padahal Imam tak pernah mengajukan surat pengunduran diri. Panji juga dituduh memalsukan tanda tangan Imam. (umi)• VIVAnews

[VIDEO] Zlatan Ibrahimovic Tendang Kepala Antonio Cassano

Posted: 11 May 2011 07:18 PM PDT

[VIDEO] Zlatan Ibrahimovic Tendang Kepala Antonio Cassano. Sebuah insiden lucu namun berbahaya terjadi saat AC Milan merayakan scudetto di Stadion Olimpico hari Minggu lalu. Insiden ini terjadi pada diri Antonio Cassano.

Ketika Cassano sedang menjawab pertanyaan dari reporter televisi, tiba-tiba Ibrahimovic menendang kepala Cassano dengan tendangan ala taekwondo yang menjadi keahlian Ibra. Jangan kaget karena striker asal Swedia itu memang menyandang sabuk hitam taekwondo.

Tentu saja Ibra hanya bergurau saat menendang kepala Cassano dan tak berniat melukai rekannya tersebut. Bagaimana kejadiannya, Agen SBOBET silahkan saksikan melalui video dibawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Menteri NII: Selamatkan Al Zaytun

Posted: 11 May 2011 07:17 PM PDT

Imam Supriyanto Mantan Menteri Peningkatan Produksi NII (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)
Kunjungan Menteri Agama, Suryadharma Ali, ke Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, disambut baik mantan Menteri Peningkatan Produksi NII, Imam Supriyanto. 

“Dengan kunjungan menteri agama, dengan keinginan pemerintah menyelamatkan lembaga pendidikan, saya justru bergembira,” kata Imam saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 11 Mei 2011.

Imam menjelaskan, tidak ada NII di Al Zaytun. Pesantren itu adalah lembaga pendidikan yang netral dan sesuai aturan formal. Tak ada materi NII yang diajarkan, kalaupun ada hanya nilai-nilainya. “Saya sudah bilang lembaganya tak masalah, bukan Al Zaytun yang dipermasalahkan, tapi pihak-pihak yang bersembunyi di balik itu,” kata dia.

Imam justru berpendapat, pesantren megah itu dan murid-muridnya harus diselamatkan. “Karena saya tahu perasaan orang tua murid, karyawan yang dapat nafkah dari sana,” kata dia.

Dia menegaskan, upaya membongkar borok NII bukan untuk menyerang Al Zaytun. Namun, memperkarakan oknum Panji Gumilang, yang kebetulan pimpinan pesantren itu. “Kalau [dia] perlu dana, lakukan dengan  cara-cara arif yang tidak mengganggu kehidupan sosial,” kata dia.

Imam menambahkan sumber daya Al Zaytun mampu untuk melakukannya. “Saya dulu kan pegang kegiatan pertanian, peternakan. Sapi, misalnya, tingkat keberhasilan di Al Zaytun di atas rata-rata.”Bisa menghasilkan sapi unggul yang nilainya bisa Rp100 juta saat berusia satu tahun. Sperma sapi yang dihasilkan berharga sampai US$500. “Banyak cara sebetulnya, cuma manajemennya bermasalah.”

Dijelaskan Imam apa yang dia lakukan dengan melaporkan perbuatan Panji Gumilang ke polisi bukan karena ingin mendiskreditkan Al Zaytun. “Sekolahnya saya ikut membangun, masa saya hancurkan. Saya bukannya dendam, kalau Panji Gumilang mau diajak biaca, bisa menerima masukan, tidak seperti ini jadinya,” tambah Imam.

Setelah kunjungan Menteri Agama ke Al Zaytun, lanjut dia, Kementerian Agama dikabarkan akan membentuk tim investigasi. “Saya sudah janji dengan mereka, memberikan kontribusi berupa data dan bukti.”

Sebaliknya, jika tujuan Menteri Agama datang untuk mencari keterkaitan NII di Al Zaytun, Imam menilai itu hal yang sia-sia. “Mana ada gerakan di permukaan. Strategi NII ada di atas ada di bawah, yang di atas ada ormas, parpol, pendidikan. Yang di bawah punya struktur sendiri. Tidak mungkin kelihatan, apalagi sekarang saya bicara blak-blakan.”

Sebelumnya, Menteri Agama mengaku sulit mengaitkan pondok pesantren itu dengan paham radikal dan keras, termasuk gerakan Negara Islam Indonesia (NII).

“Karena pendidikan di sini mengaitkan realitas kehidupan, di mana ada proses ekonomi yang terjadi. Mulai dari produksi, pengolahan, hingga penjualan,” jelas Suryadharma di sela kunjungannya ke Pondok Pesantren Al Zaytun, Rabu 11 Mei 2011.

Hasil penelitian Kementerian Agama, kata dia, “Tidak ada kaitan Al Zaytun dengan NII. Jadi, ini bukan berarti membantah.”

Baca juga : Panji Gumilang Jawab Tudingan Pemalsuan

• VIVAnews

Perlu Kajian Mendalam untuk Grounded MA60

Posted: 11 May 2011 07:15 PM PDT

MA60 (jetphotos.net)
Desakan berbagai pihak untuk menghentikan pengoperasian (grounded) pesawat jenis MA60 terkait kecelakaan beberapa waktu lalu tidak bisa dilaksanakan secara mendadak. Grounded suatu pesawat membutuhkan kajian yang mendalam.

“Itu kami kaji, tim saya sudah ke lapangan untuk melihat kelayakan pesawat itu. Jadi kami tunggu hasilnya,” kata Dirjen Penerbangan Kementrian Perhubungan, Herry Bakti.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa perihal basic sertifikasi, pesawat MA60 sebenarnya sudah layak terbang namun kembali lagi pada faktor individual tiap-tiap pesawat yang berbeda-beda.

“Mungkin pada awalnya pesawat A waktu baru datang bagus kemudian tidak dirawat dengan baik jadi jelek. Itu kan individual. Kami kan ada banyak pertanyaan kenapa tidak di-grounded Pak? Ya kan kami harus profesional harus ada dasarnya,” ujarnya.

Namun Herry, tidak menutup kemungkinan pemberlakuan kebijakan grounded pesawat MA60 asalkan memenuhi beberapa unsur pendukung. Unsur pendukung tersebut adalah berkaitan dengan desain pesawat buatan pabrikan China tersebut dan proses pengoperasian oleh pihak Merpati itu sendiri. Ancaman penutupan terhadap maskapai Merpati menanti apabila ditemukan unsur kedua dalam proses pengkajian yang saat ini berlangsung.

“Kalau kami temukan berkaitan dengan desain, ya kami harus mengrounded. Atau, kami lihat bahwa Merpati mengoperasikannya tidak proper, bisa kami grounded. Bukan berarti pesawatnya tetapi Merpatinya kami stop. Jadi opsinya macam-macam,” paparnya.

Disinggung mengenai kapan kajian ini akan mendapatkan hasil, Herry menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin terburu-buru dan akan bertindak professional. “Saya tidak mau pemerintah itu seolah-olah memaksakan kehendak karena kami akan ditertawakan penduduk dunia,” katanya.

Kejadian saat ini, menurut Herry, tidak bisa dijadikan alasan untuk mengroundedkan seluruh pesawat MA60. “Di Amerika ada kecelakaan, dia tidak langsung mengrounded semuanya. Di Indonesia juga sama tergantung kasusnya. Kasus grounded tidak bisa dipukul rata, gara-gara kecelakaan langsung grounded semua, ya tidak,” ungkapnya.

Terkait kedatangan dua pesawat terakhir MA60 pekan depan, Herry tidak bisa melarang hal tersebut disebabkan ini kebijakan pihak Merpati untuk menundanya atau tidak. “Itu tergantung Merpati, itu kan punya operator karena itu bisnis mereka,” katanya. (sj)• VIVAnews

85 Mahasiswa Unpad Diduga Terjerat NII

Posted: 11 May 2011 07:14 PM PDT

Bendera Negara Islam Indonesia
Sudah jadi rahasia umum, bahwa mahasiswa adalah target empuk Negara Islam Indonesia (NII). Tak hanya di Malang, Jawa Timur, kelompok ini diduga menggurita di banyak universitas, baik negeri maupun swasta.

Salah satunya di Jawa Barat, NII diyakini telah menyusup di Universitas Padjadjaran. Elni Napisah, dari Departemen Akidah Crisis Centre, Forum Komunikasi Dakwah Islam Fakultas atau (FKDF) Unpad mengaku, pihaknya telah mendata mahasiswa yang diduga terjerat NII. “Data terakhir yang kami miliki, ada 85 mahasiswa terjaring NII,” kata dia saat dihubungi VIVAnews.com.

Dijelaskan Elni, mahasiswa yang terjerat berasal dari 20 fakultas di Unpad, di Jatinangor, Sumedang dan di Bandung. “Di Bandung marak perekrutan ini, Unpad menjadi salah satu universitas target,” tambah dia.

Mahasiswa Fakultas MIPA ini mengungkapkan, berdasarkan hasil investigasi, kelompok NII mengincar mahasiswa baru. “Kalau sekarang angkatan 2010, biasanya mahasiswa baru itu bersemangat mencari Islam yang lebih dalam,” tambah dia.

Celah inilah yang dimanfaatkan NII. Mereka mengajak mahasiswa baru berdiskusi, tentang pergerakan Islam dan topik-topik lain. “Tapi yang disampaikan ayat-ayat itu saja,” kata dia. Setelah korban berhasil digaet, akan terus dibaiat. “Baiatnya di Bandung, di sana mereka langsung bertemu Imam. Setelah itu akan dilakukan semacam kajian tertutup di kos.” Selain mahasiswa anyar, NII mengutamakan perekrutan mahasiswa yang satu daerah dengan anggota NII senior.

Berbagai iuran akan diberlakukan pada anggota yang telah dibaiat. “Setahu saya ada infak khusus, kalau tidak salah 2/3 pendapatan tiap bulan, notabene dari kiriman orang tua,” kata dia.

Elni mengaku, pihaknya menerima pengaduan dari korban NII. Mahasiswa pria ini merasa terganggu dengan pendekatan mereka yang gencar. “Korban menyatakan ke luar, namun diancam, ancamannya sampai nyawa. Kami sempat susah menanganinya, tapi untung sekarang sudah baik.”

FKDF jelas Elni, punya sikap tegas, mendukung segala upaya untuk memberantas NII di Unpad. Selain melakukan monitoring, juga melakukan penguatan akidah. Tak ketinggalan melakukan pendampingan kepada para korban. “Kami juga membuka call centre pengaduan korban di nomor 085295293809,” tambah dia. (sj)• VIVAnews

Eks NII Beber Kaitan Al Zaytun-NII ke Polri

Posted: 11 May 2011 07:04 PM PDT

Imam Supriyanto Mantan Menteri Peningkatan Produksi NII (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)
Mantan Menteri Peningkatan Produksi Negara Islam Indonesia (NII), Imam Supriyanto memberikan keterangan kepada penyidik Polri terkait laporan dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan pimpinan Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Dalam keterangannya, Imam juga membeberkan keterkaitan Panji Gumilang dengan gerakan NII. 

“Dalam keterangan saya itu, juga ada masalah makar,” kata Imam kepada VIVAnews.com, Rabu 11 Mei 2011.

Sebelumnya, Imam melaporkan Panji Gumilang ke Mabes Polri dengan tuduhan pemalsuan dokumen. Imam merasa diberhentikan secara sepihak dari kepengurusan Al-Zaytun oleh Panji Gumilang dengan cara memalsukan tanda tangan dan akta yayasan. Selasa, 10 Mei kemarin, Imam memberikan keterangannya sebagai pelapor.

Selain kepada penyidik, Imam juga menjelaskan keterkaitan Panji Gumilang dengan NII kepada tim yang ditunjuk Mabes Polri untuk menangani masalah NII. “Kita kemarin diskusi soal keterkaitan tersebut,” kata dia.

Dia menceritakan, telah mengenal Panji Gumilang sejak 1988. Saat itu, Panji Gumilang menjabat sebagai Kepala Staf Komandemen Wilayah 9 NII. “Saya juga cerita bagaimana sejarah berdirinya Al-Zaytun dan bagaimana kaitannya dengan NII,” kata dia.

Menurut dia, dalam diskusi itu, polisi mengatakan segera mendalami cerita yang dia sampaikan. “Yang didalami kaitan makarnya,” kata dia.

Imam pun berjanji kepada Kepolisian akan menyerahkan bukti-bukti keterkaitan antara Panji Gumilang, Al-Zaytun, dan NII. “Dalam seminggu, akan saya sampaikan bukti-bukti itu. Ini inisiatif saya sendiri,” kata dia.

Sejumlah pihak menuding Pesantren Al-Zaytun yang berada di Indramayu, Jawa Barat sebagai pusat pemerintahaan NII. Panji Gumilang alias Abu Maarik diduga sebagai presidennya. Namun, tudingan itu telah dibantah oleh Panji Gumilang. Bantahan selengkapnya baca di sini. (eh)• VIVAnews

Pengacara MD: Kami Tunggu Gugatan Citibank

Posted: 11 May 2011 07:02 PM PDT

Malinda Dee (kaskus)
Citibank berencana menggugat mantan karyawannya, Inong Melinda alias Malinda Dee secara perdata. Menanggapi rencana gugatan ini, kubu Malinda malah menyambut baik.

“Kami memang menunggu gugatan ini supaya jelas semuanya. Berapa sih klaim Citibank yang merasa dirugikan (Malinda),” kata Batara Simbolon selaku pengacara Malinda Dee dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu malam.

Menurutnya, gugatan perdata itu bisa menyelesaikan persoalan antara Citibank dan Malinda Dee dengan sederhana. Dalam penilaiannya, gugatan itu dilayangkan Citibank untuk membersihkan nama baik. Apalagi, Bank Indonesia telah menghukum bank tersebut, yakni dilarang untuk menerima nasabah Citigold (segmen nasabah kaya) selama satu tahun.

“Hukuman ini jelas membuktikan ada yang salah di Citibank. Hukuman ini juga pasti merugikan bank tersebut sehingga dia perlu mengajukan gugatan untuk membersihkan nama,” jelasnya.

Di sisi lain, kata Batara, Malinda pun sudah mengajukan somasi ke Citibank sebanyak tiga kali. Jika Sabtu ini somasi tersebut tidak gubris juga, “Kemungkinan klien saya pun akan mengajukan gugatan perdata ke Citibank.”

Isi somasi dan gugatan? “Aset klien kami yang ada di tangan Citibank. Padahal aset ini diperoleh Malinda jauh sebelum kasus ini terjadi.”

Batara memperkirakan aset Malinda yang ‘diambil’ Citibank mencapai Rp8 miliar berupa satu unit rumah dan satu unit mobil. Kedua aset ini dibayar dengan mendebet gaji Milanda setiap bulan.”Belum lagi pesangon dengan masa kerja Malinda 22 tahun, kami perkirakan 5-7 miliar,” jelasnya. Gugatan ini, kata dia, akan segara didaftarkan juga ke pengadilan. (umi)

• VIVAnews

Bappenas: Pembelian Pesawat Diteken Menkeu

Posted: 11 May 2011 07:01 PM PDT

 

Armida S. Alisyahbana (VIVAnews/Adri Irianto)
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyatakan pembelian pesawat Merpati ditandatangani oleh Menteri Keuangan yang saat itu menjabat, yaitu Sri Mulyani Indrawati.

Menteri PPN/Bappenas Armida S Alisjahbana mengatakan pembelian pesawat ini dibeli pada periode lalu sebelum dirinya menjabat. Penandatanganan subsidiary loan agreement (SLA)-nya juga diteken Menkeu.”Pada waktu itu, Bu Ani (Sri Mulyani Indrawati) menjawab di periode kedua,” ujar dia di Jakarta.

Menurut dia, saat ini Bappenas sedang membuka file-file yang dulu mengenai pembelian pesawat tersebut. Armida menegaskan bahwa file tersebut masih tersimpan rapi.

“Kontrak dari pinjaman itu yang skemanya government to government pasti Menteri Keuangan yang tanda tangan,” kata Armida.

Sementara itu, terkait kecelakaan pesawat, Menko Perekonomian Hatta Rajasa meminta semua pihak untuk bersabar hingga pihak KNKT selesai melakukan penyelidikan. Ia juga meminta agar tidak ada spekulasi yang macam-macam mengenai proses pembelian pesawat MA-60 itu. Ia akan menjelaskan secara detail kronologi proyek ini.

“Di negeri ini tidak ada yang ditutupi, semuanya terbuka kok, tunggu saja,” kata Hatta.

Namun, ketika disinggung pembelian itu pada saat Hatta menjabat Menteri Perhubungan, ia menjawab Menhub tidak mengurusi pembelian. Kementerian Perhubungan sendiri memiliki andil dengan mengeluarkan Aircraft Type Certificate (ATC) untuk MA-60 pada 10 Mei 2006.

“Menhub tidak mengurusi pembelian,” tegas Hatta.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan saat ini masih dalam suasana duka, sehingga lebih baik menunggu hasil investigasi. “Tidak usah terlalu banyak polemik, mari kita tunggu hingga hasil investigasi selesai,” ujarnya. (art)

• VIVAnews

Putra Mahkota Osama Menghilang

Posted: 11 May 2011 06:29 PM PDT

 

Tiga janda Osama bin Laden yang kini berada dalam tahanan otoritas Pakistan, mengungkapkan kepada tim yang menginvestigasi mereka bahwa salah satu putra Osama, Hamza, tidak pernah terlihat lagi sejak operasi militer khusus pasukan AS di kediaman mewah mereka di Abbottabad, Pakistan, pada 2 Mei 2011 lalu.

Fakta terbaru ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Hamza berhasil lolos dalam penyergapan pasukan elit AS tersebut. Hamza yang kini berusia 20 tahun, adalah putra bungsu sekaligus orang kepercayaan Osama. Ia dijuluki 'putra mahkota teror' oleh sejumlah anggota parlemen AS.

Dalam sebuah situs ekstrimis, Hamza terlihat sedang memperingati perayaan Bom 7 Juli London yang menewaskan 52 orang. Hamza tampak membaca sebuah puisi yang berisi seruan untuk menghancurkan Amerika, Inggris, Perancis, dan Denmark. Pihak intelijen yakin, Hamza merupakan calon potensial penerus Osama. Ia bahkan disinyalir terlibat pembunuhan pemimpin Pakistan Benazir Bhutto pada tahun 2007.

Sebelumnya, Gedung Putih mengklaim bahwa Hamza ikut terbunuh di Abbottabad. Namun pernyataan itu kemudian direvisi sendiri oleh mereka. Alih-alih Hamza, ternyata yang terbunuh bersama Osama adalah Khalid, putra Osama lainnya yang berusia 22 tahun.

Sumber intelijen di Islamabad mengatakan kepada The Daily Telegraph, perubahan identitas putra Osama yang terbunuh itu, cocok dengan pengakuan para istri Osama tentang keberadaan Hamza yang kini tidak diketahui rimbanya. Ibu Hamza, Khairiah Sabar, dilaporkan merupakan salah satu anggota keluarga Osama yang ikut berada dalam tahanan otoritas Pakistan.

"Kami tidak tahu apakah benar dia (Hamza) adalah putra Osama. Yang pasti, seseorang – satu orang ini – mungkin saat ini sedang berada di tempat persembunyian yang tidak kami ketahui," kata sumber intelijen itu. Osama memiliki total 24 anak dari lima pernikahannya. Tidak ada yang tahu dengan pasti siapa saja di antara mereka yang selama lima tahun ini tinggal bersama Osama di Abbottabad.

No comments:

Post a Comment