Monday, May 2, 2011

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Jelang El Clasico Jilid 5: Barcelona vs Real Madrid (Leg Kedua Babak Semifinal LC 2010/11)

Posted: 02 May 2011 06:10 PM PDT

Jelang El Clasico Jilid 5: Barcelona vs Real Madrid (Leg Kedua Babak Semifinal LC 2010/11). Menjelang pertemuan kedua semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Rabu (4/5), skuad Real Madrid sudah selayaknya melihat catatan di masa lalu. Camp Nou bukan sebuah stadion yang sangat sulit ditaklukkan. Bahkan dengan jumlah gol minimal dua ke gawang Barcelona.

Setidaknya Madrid pernah meraih 10 kemenangan di Camp Nou dengan mencetak dua gol atau lebih. Tepatnya tujuh laga di Camp Nou (1958-2002) dan tiga di kandang lama Barcelona,Les Corts (1930-1942).

Kemenangan terakhir Madrid di Camp Nou terjadi pada 23 April 2002. Dua gol kemenangan di semifinal Liga Champions itu dicetak Zinedine Zidane dan Steve McManaman.

Kemenangan terbesar Madrid yang pernah diraih di Camp Nou tarjadi pada 27 Januari 1963. Dalam pertandingan di La Liga itu, Madrid mengungguli Barcelona dengan skor telak 5-1. Puskas mencetak hat-trick dan ditambah dua gol dari Di Stefano dan Gento.

Dalam 10 kemenangan tersebut, Madrid mampu mencetak 31 gol. Jika dirata-rata maka di tiap kemenangan, Madrid mampu mencetak 3,1 gol.

Jika Madrid mampu mengulang prestasi di masa lalu tersebut, langkah ke final bukan sebuah kemustahilan. Meski demikian, catatan itu bukanlah patokan mutlak. Performa terkini bakal lebih menentukan siap yang lolos ke final pada 28 Mei nanti.

Sebanyak 19 nama pemain Real Madrid akan diboyong ke kandang Barcelona. Dalam 19 daftar pemain ini, nama Cristiano Ronaldo (CR7) kembali masuk ke skuad “Los Blancos”. Sebelumnya, nama CR7 sempat menghilang saat Madrid menghadapi Real Zaragoza akhir pekan lalu. Sebab, pemain asal Portugal itu mengeluarkan pernyataan yang mengkritik taktik Pelatih Jose Mourinho.

Bek Ricardo Carvalho juga kembali masuk skuad setelah tak bermain di leg pertama karena skorsing. Yang menarik adalah, Mourinho memasukkan pemain belia, Nacho, namun mengeluarkan pemain yang lebih senior macam Pedro Leon.

Pemain lain yang absen adalah Sami Khedira dan Fernando Gago karena masalah cedera. Dua bek utama, Sergio Ramos dan Pepe, juga akan absen. Ramos terkena akumulasi kartu kuning di leg pertama, sementara Pepe mendapat kartu merah. Mourinho sendiri tak bisa mendampingi timnya di lapangan nanti karena ia juga diganjar kartu merah.

Semenatara itu, Barcelona menyatakan sebanyak 21 pemainnya telah siap tempurkan dengan Real Madrid dalam ajang semifinal leg kedua Liga Champions.

Andres Iniesta dan Eric Abidal dimasukkan oleh Pep Guardiola dalam daftar skuad Barcelona. Iniesta telah pulih dari cedera betis yang membelenggunya untuk tampil di semi-final pertama pekan lalu dan di kandang Real Sociedad pada lanjutan La Liga.

Sedangkan bagi Abidal, ini adalah kali pertama dirinya masuk skuad usai menjalani operasi demi menyembuhkan kanker hati yang dideritanya. Pemain asal Prancis itu terakhir kali merumput pada pertengahan Maret.

Blaugrana mengantongi kemenangan penting 2-0 di Santiago Bernabeu, tapi wajib mewaspadai Madrid jika tak ingin tiket ke final lepas dari genggaman.  

Bagaiman prediksi skor pertandingan pada laga yang akan disiarkan LIVE di TV One ini mulai pukul 01.45 WIB, silahkan pembaca menyimaknya di PREDIKSI SKOR PERTANDINGAN BARCELONA VS REAL MADRID (LEG KEDUA BABAK SEMIFINAL LIGA CHAMPION 2010/11)



Baca Juga: 8 Momen Bersejarah Lionel Messi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil dan Video Pertandingan Espanyol vs Atheletic Bilbao (La Liga 2010/11)

Posted: 02 May 2011 01:50 PM PDT

Hasil Espanyol vs Atheletic Bilbao. Athletic Bilbao gagal merebut kembali poisis keenam yang direbut Sevilla, setelah Bilbao kalah 1-2 atas tuan rumah Espanyol.

Bertanding di Cornella El Prat, Selasa, 3 Mei 2011, diniahri WIB, Espanyol lebih mendominasi laga dan mempunyai banyak peluang untuk mencetak gol.

Pada menit ke-35, Espanyol mampu membuka skor melalui Pablo Osvaldo. Namun, delapan menit berselang, tendangan bebas Markel Susaeta berhasil membuat kedudukan kembali imbang.

Jordi Amat menghadirkan peluang emas buat Espanyol di menit 60 hasil memanfaatkan umpan silang dari Marquez. Iraizoz sukses menyelamatkan tembakan Amat dari tengah kotak.

Bekerja sama dengan Orbaiz, Castillo mendapatkan kesempatan sepuluh menit kemudian. Tembakannya melenceng tipis dari pojok kiri gawang.

Espanyol kembali memimpin di menit 76. Osvaldo jadi kreator serangan yang berhasil dikonversi Alonso menjadi gol lewat sontekan dari jarak dekat.

Kameni berhasil membuat penyelamatan enam menit berikutnya. Umpan silang Bilbao menjangkau tiang jauh dan disundul ke tiang jauh lagi tapi sayang tak ada pemain Bilbao yang menyambutnya dan menghasilkan sepak pojok.

Hingga waktu tersisa Bilbao tidak dapat membuat gol balasan. Espanyol membawa pulang tiga angka dengan kemenangan 2-1.

Dengan kemenangan ini Espanyol tetap berada di posisi delapan dengan nilai 48 dari 34 kali bertanding sementara Bilbao satu strip di atasnya dengan 51 poin.

Video hasil pertandingan Espanyol vs Atheletic Bilbao bisa disaksikan di Soccer Video.

Susunan pemain Espanyol vs Atheletic Bilbao:

Espanyol: Kaméni, Galán, Amat, Rodríguez, Chica, Verdú (Lopez 90′), Márquez (Isaias 76′), Garcia (Fonte 76′), Alonso, Callejón, Osvaldo.

Atheletic Bilbao: Iraizoz, Iraola, Ekiza, Amorebieta, Xabi Castillo, Gurpegi, Martinez, Susaeta, Iturraspe (Llorente 45′), Muniain (Ustaritz 66′), Toquero (Orbaiz 56′).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil dan Video Pertandingan Lazio vs Juventus (Serie A 2010/11)

Posted: 02 May 2011 01:35 PM PDT

Hasil Lazio vs Juventus. Lazio gagal meraih kemenangan dan harus takluk 0-1 atas tamunya Juventus pada lanjutan Liga Italia 2010/11 Giornata ke-35. Adalah gol Simone Pepe yang memberi Juventus tiga poin.

Bertanding di Stadion Olimpico, Selasa, 3 Mei 2011, dinihari WIB, I Biancocelesti lebih banyak mendominasi serangan. Salah satu kesempatan hadir kala pertandingan memasuki menit ke-27. Tetapi, sundulan Christian Brocchi masih menyamping di sebelah gawang Gianluigi Buffon.

Beberapa saat kemudian, La Vecchia Signora berusaha membalas. Pada menit ke-36, penyelamatan gemilang Fernando Muslera menggagalkan peluang emas yang didapat striker Juventus, Alessandro Matri.

Dua menit setelah turun minum Juve yang gantian mengancam gawang Lazio. Umpan datar Fabio Grosso ke kotak penalti dan disambut Alessandro Matri di tiang dekat. Namun bola hanya menyasar d isamping gawang.

Di menit ke-53 Stephen Lichtsteiner memberikan bola ke Brocchi. Brocchi menyepak bola setengah voli namun tak jua menemuisasaran.

Pada menit ke-66 terjadi insiden di kotak penalti saat Floccari dilanggar oleh Giorgio Chiellini. Namun wasit tak menilai itu pelanggaran dan meneruskan laga. Kerugian bagi Lazio.

Pada menit ke-69, publik Olimpico Roma hampir saja bersorak gembira saat Cristian Ledesma melepaskan tendangan jarak jauh. Beruntung, kehebatan Buffon bisa menyelamatkan gawang Juventus dari kebobolan.

Sembilan menit jelang bubaran, Juventus diuntungkan dengan diusir keluarnya gelandang Lazio, Cristian Ledesma, akibat menerima kartu kuning kedua. Unggul jumlah pemain rupanya mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Juventus. Pada menit ke-88, sepakan Pepe yang sempat mengenai pemain Lazio, Lionel Scaloni, mengecoh Muslera untuk menggetarkan jala tuan rumah.

Upaya Lazio untuk menyamakan kedudukan terhalang waktu yang mulai menipis. Lazio akhirnya gagal membuat gol penyeimbang dan harus mengakui kemenangan Juventus.

Dengan kemenangan ini, Juve mendekati jaraknya dengan Zona Eropa, dengan raihan 56 poin, selisih tiga dengan AS Roma dan Udinese yang berada di atas mereka.

Sementara posisi Lazio di empat besar terancam setelah poin mereka terdiam di angka 60. Liga Italia tinggal menyisakan tiga laga.

Video hasil pertandingan Lazio vs Juventus bisa disaksikan di Soccer Video.

Susunan pemain Lazio vs Juventus:

Lazio: Muslera; Lichtsteiner, Biava (Scaloni 71), Dias, Garrido; Hernanes, Ledesma, Matuzalem, Brocchi (Kozak 88); Floccari, Zarate (Bresciano 85).

Juventus: Buffon; Motta (Salihamidzic 71), Barzagli, Chiellini, Grosso; Krasic, Felipe Melo, Aquilani, Pepe; Matri (Toni 71), Del Piero (Bonucci 93).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciuman, Tak Sekadar Bibir Ketemu Bibir

Posted: 02 May 2011 10:38 AM PDT

Kedua sejoli yang sedang berbahagia Pangeran William dan Kate Middleton melakukan ciuman pertama di balkon Istana Buckhingham setelah upacara pernikahan di Westminster Abbey. Di hadapan khalayak dan dua miliar pemirsa televisi, mereka bukan cuma sekali berciuman, tapi dua kali.

Berciuman memang menimbulkan perasaan menggairahkan dan intim. Tapi tahukah Anda bahwa berciuman tak sekadar bertemunya bibir dengan bibir. Berciuman juga melibatkan berbagai otot wajah, hormon dan gerakan tubuh lainnya.

Para peneliti dari Lafayette College, Pennsylvania menyebutkan, berciuman akan meningkatkan hormon tertentu di otak. Pengeluaran hormon-hormon tersebut merupakan hasil dari kombinasi antara perasaan cinta, gairah, dan perasaan rileks. Berpegangan tangan, kontak mata dan berpelukan sambil berciuman juga diketahui akan mengurangi kadar hormon stres, kortisol.

Kunci berciuman memang ada di bibir. Namun ketika Anda melakukan ciuman yang hangat dan dalam, ada 34 otot wajah yang ikut bergerak. Sementara itu kecupan sederhana yang kita lakukan hanya menggunakan dua otot wajah saja.

Berciuman juga melibatkan ludah. Namun menurut penelitian ternyata pria lebih “basah” dibanding perempuan. “Ada bukti bahwa di dalam air ludah pria terkandung testosteron yang akan meningkatkan dorongan seksual. Karena itu ketika berciuman, pria cenderung lebih banyak menghasilkan saliva, salah satu fungsinya untuk mentransfer testosteron untuk meningkatkan hasrat seksual wanita,” kata Helen Fisher, antropolog dari Rutgers University.

Di luar hal-hal ilmiah tersebut, ciuman yang sempurna juga harus memiliki irama, pelan tapi lama, ringan dan lunak, kemudian semakin cepat, memanas dan menggairahkan.

Sebuah survei juga menyebutkan 66 persen perempuan dan 59 persen pria mengatakan kualitas ciuman pertama akan memengaruhi kelanggengan hubungan. Dengan kata lain, cara Anda berciuman bisa membuat kekasih semakin lengket dengan Anda, atau sebaliknya, dicampakkan begitu saja./kompas.com

Bank Besar Rajin Hapus Utang Macet

Posted: 02 May 2011 10:32 AM PDT

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

 

JAKARTA  - Laporan keuangan kuartal I 2011 sejumlah bank papan atas menunjukkan tren peningkatan write off atau penghapusbukuan kredit bermasalah.

Sejumlah bankir yang dihubungi KONTAN mengatakan, selain akibat kurang hati-hati dalam menyalurkan kredit, hapus buku mereka ambil lantaran prospek debitur menurun. Write off menjadi pilihan agar kondisi keuangan bank tetap sehat.

Salah satu bank yang melakukan hapus buku adalah Bank BNI. Pada kuartal I 2011, bank pelat merah ini menghapus buku kredit senilai Rp 917,32 miliar atau meningkat 1,19 persen secara year on year (yoy). Dari jumlah tersebut, manajemen berhasil menagih (recovery) Rp 337,68 miliar. Pada akhir Maret 2010 recovery tersebut mencapai Rp 315,57 miliar.

Direktur Utama BNI Gatot Mudiantoro Suwondo mengatakan, seluruh kredit macet BNI berasal dari sektor kredit kelas menengah dan manufaktur. “Pada 2008 kami banyak memberikan kredit ke sektor menengah yang ternyata banyak mengalami masalah,” ujarnya Rabu (27/4/2011) lalu.

Dalam menyelesaikan kredit macet ini BNI menjalankan dua langkah: menjadwal ulang cicilan kredit atau melelang agunan bagi debitur yang tidak kooperatif. “Dengan metode ini kami berhasil menekan rasio kredit bermasalah (NPL) pada kredit menengah dari 11,9 persen pada akhir 2010 menjadi 10,6 persen,” tambah Gatot. Kini NPL secara BNI keseluruhan (gross) tinggal 4,1 persen.

Pada akhir Maret 2011 BNI membukukan penyaluran kredit menengah Rp 23,94 triliun atau turun 7,07 persen (yoy). Saat ini komposisi kredit menengah 17,3 persen dari total kredit BNI sekitar Rp 138,64 triliun.

Berbeda dengan BNI yang tersandung di kredit menengah, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki masalah serupa di kredit usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pada kuartal I 2011, BRI menghapus buku kredit Rp 517,09 miliar atau turun 3,27 persen (yoy). BRI berhasil menagih Rp 445,58 miliar, sementara pada kuartal I 2010 tingkat recovery Rp 771,74 miliar.

Direktur Keuangan BRI Ahmad Baiquni mengatakan, kredit macet berasal dari kredit UMKM. “Kebanyakan kami lakukan penjadwalan ulang cicilan,” katanya. Tahun lalu, BRI melakukan recovery Rp 1,5 triliun. Tahun ini targetnya Rp 1,8 triliun.

Bukan korporasi

Bank papan atas lain, yakni Bank Central Asia (BCA), melakukan hapus buku di kuartal I 2011 sebesar Rp 414,67 miliar, tumbuh 2,38 persen dibandingkan periode yang sama 2010. Dari hapus buku tersebut BCA berhasil menagih Rp 115,1 miliar atau lebih tinggi 218,57 persen dari periode sebelumnya.

Wakil Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, hapus buku tersebut terjadi pada nasabah-nasabah kecil dan kelas UMKM. “Kalau korporasi tidak ada yang kami write off,” ujarnya.

Di tiga bulan pertama 2011 Bank Panin juga menghapus buku kredit Rp 1,54 triliun, meningkat 40,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di Maret 2011, manajemen sudah menagih sekitar Rp 557,08 miliar. (Roy Franedya, Wahyu Satriani/Kontan)/kompas.com

Anji Berharap Tetap Diberi Waktu Bertemu Putrinya

Posted: 02 May 2011 10:24 AM PDT

Anji, vokalis grup Drive/KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA – Anji, mantan vokalis band Drive, mendoakan kelanggengan untuk pernikahan artis Sheila Marcia Joseph dengan Kyky Mirano, drummer grup Cannonball, di Denpasar, Bali, Jumat lalu (29/4/2011).

“Semoga langgeng, Sheila dan Kyky. Maaf gue engga bisa datang, karena gue sibuk di sini,” kata Anji, yang Jumat lalu manggung dalam acara SCTV Music Awards 2011, di Jakarta.

Katanya pula, ia berharap tak ada yang menyebar fitnah bahwa hubungannya  dengan Sheila–yang merupakan ibu dari anak mereka yang lahir di luar nikah–akan rusak karena pernikahan Sheila-Kyky. “Tolong orang-orang jangan cepat ambil konklusi. Hubungan gue dengan Sheila-Kiky baik-baik saja,” ujarnya.

Akunya, hubungannya dengan Maria Cecilia Joseph, ibu Sheila, juga terjaga. “Ibu Maria kemarin sempat bilang, ‘Lho, kok enggak datang? Sayang banget,” ceritanya. “Gue juga diundang ke pernikahan itu, lewat broadcast messaging (BlackBerry Messenger atau BBM), ” tambahnya.

Anji pun berharap Sheila juga tidak lupa untuk tetap menyediakan waktu pertemuan antara Anji dengan putri mereka. “Gue sebenarnya kangen dengan anak gue. Sudah dua bulan belum bertemu lagi,” ucapnya.

Walaupun terkesan kecewa dengan perlakuan Sheila, yang seolah menunda pertemuan Anji dengan anak mereka, Anji berusaha memahami keadaan Sheila. “Mungkin dia lagi sibuk. Kan persiapan nikah juga. Gue juga sibuk di sini. Gue BBM dia, mau ketemu (dengan putrinya), tapi dibalasnya lama, sehari atau dua hari berikutnya. Padahal, belum tentu mood gue masih sama kangennya ketika gue BBM-in dia pertama kali,” ungkapnya./kompas.com

Berani Mengakui Kesalahan untuk Menang

Posted: 02 May 2011 10:22 AM PDT

SHUTTERSTOCK
Bila seorang pemimpin berhasil melewati masa sulit, kita sering melihat malah justru hubungan akan diwarnai rasa percaya yang lebih tinggi.
Sering sekali hal-hal yang tidak enak terjadi di luar kesengajaan kita. Dalam dunia real-time dan media sosial yang “tell-all” begini, ucapan, sikap, pendapat atau perbuatan yang dinilai tidak pantas bisa segera menjadi bahan diskusi, sindiran, bahkan sampai menempatkan sosok yang menjadi sorotan sebagai bulan-bulanan.Komentar negatif yang dilontarkan terhadap sebuah restoran tiba-tiba membuat orang lain terdorong timpal-menimpali membicarakan kejelekan restoran tersebut. Foto "nakal" dari masa lalu yang tersebar luas, bisa membuat individu diberi label negatif untuk masa yang panjang. Komentar yang tidak tepat di saat meeting, bisa membuat seseorang yang tadinya dikagumi menjadi disudutkan. Pejabat yang salah bicara atau tertangkap kamera melakukan perbuatan yang tidak patut, mau tidak mau harus siap mempertanggungjawabkan keteledorannya.

Kita sangat sadar bahwa nasib kita tidak selalu di atas angin. Kesalahan, yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak, sekejap mata bisa merusak reputasi dan langsung akan berdampak pada daya jual, respek, dan penerimaan orang.

Seorang direktur di sebuah perusahaan multi-nasional tadinya berkeyakinan untuk mengabdikan diri sampai akhir masa kerjanya di perusahaan. Saat angka penjualan anjlok, sebagaimana sudah diprediksi dan kerap dikemukakan di dalam rapat, yang bersangkutan kemudian disingkirkan tanpa alasan yang jelas. Ada teman yang kerap berkomentar: "Things happen". Hal-hal yang tak terduga memang bisa saja terjadi.

Dalam kepemimpinan maupun bisnis, kejatuhan atau kegagalan sering sekali tidak tertahankan. Kita lihat banyak orang yang benar-benar merasa terpuruk, malu, dan sulit untuk bangkit. Apakah selalu berarti: "Sekali lancung ke ujian , seumur hidup orang tak percaya?" Masih bisakah kita merasa menang dan tetap bangkit di saat kesalahan kita disorot dan kelemahan kita dipertontonkan? Bukankah sangat manusiawi bila orang sesekali berbuat salah?

Jangan sembunyi
Perusahaan pizza yang terkenal dan tumbuh sangat pesat suatu waktu mendapat komentar negatif yang bertubi-tubi di media sosial. Ada yang mengatakan pizzanya keras dan tidak fresh lagi. Pelanggan lain menimpali bahwa delivery yang tadinya dijamin 30 menit pasti sampai, sekarang ternyata tanpa malu-malu terlambat sejam lebih. Orang-orang yang menyaksikan hal ini mengatakan, " Perusahaan pizza ini pasti ambruk".

Kenyataan ini sangat diakui oleh perusahaan tersebut. Bila mereka tidak bertindak dan melakukan sesuatu, maka reputasi, bisnis, dan kepercayaan pelanggan menjadi taruhannya. Hal yang kemudian dilakukan perusahaan adalah membongkar kembali resep-resep lama.

Mereka pun dengan sungguh-sungguh bereksperimen dengan menu dan kombinasi baru. Hal yang paling mengejutkan adalah bahwa dalam iklannya, perusahaan ini membenarkan bahwa servis dan produknya pernah gagal, tetapi mereka sekarang sudah melakukan perbaikan dan mempersilakan para pelanggan mencobanya. Para pelanggan yang menyaksikan iklan tersebut, memberi komentar positif dan menyatakan respek terhadap komitmen dan kebijakan perusahaan yang jelas dan segar ini. Hal yang paling penting lagi adalah para pelanggan lama mulai lagi mencoba pizzanya dengan rasa baru. Ternyata, keterpurukan perusahaan malah justru menjadi genjotan  baru untuk bangkit.

Kita melihat tidak ada gunanya bersembunyi dari kesalahan dan kegagalan. Dengan sikap gentleman perusahaan ini mengakui kesalahannya dan memperlihatkan bagaimana ia pemperbaiki kesalahan tersebut. Failure point ini  malah menjadi titik balik untuk membuat penjualan berlipat ganda.

Tidak heran juga bila kita tidak berkomentar negatif lagi tentang pejabat yang mengaku salah dan segera mengundurkan diri. Nama baiknya mungkin sempat tercoreng, tetapi paling tidak, untuk ke depannya, ia masih berkesempatan memperbaiki diri, bermodalkan tanggung jawab dan sikap fair-nya itu.

Hubungan interpersonal yang matang berulang kali menjadi obat mujarab bila terjadi "kisruh" dalam kepemimpinan dan bisnis. Bila seorang pemimpin berhasil melewati masa sulit, kita sering melihat malah justru hubungan akan diwarnai rasa percaya yang lebih tinggi. Risiko memang ada, namun sering kali bertindak dan bertanggung jawab memberi hasil yang lebih baik daripada ketidakberanian mengambil risiko.

Berstrategi dalam menangani kesalahan
Teman yang sedang mengalami keterpurukan juga pernah berkomentar bahwa mengalami, menghadapi, bahkan mengakui kesalahan adalah sebuah tugas yang berat tetapi memang termasuk dalam upah kita sebagai pemimpin. Daripada mengerahkan energi untuk menghindari kesalahan, kita lebih baik membangun karakter dan mempersiapkan organisasi yang siap menyikapi kesalahan.

CEO baru perusahaan mobil Ford, Alan Mulally, pada rapat pertamanya dengan para eksekutif, menanyakan pendapat para eksekutif tentang keadaan perusahaan. Ia meminta para eksekutif memberi warna hijau untuk situasi mulus, warna kuning untuk waspada, dan warna merah untuk keadaan bahaya. Semua orang mengangkat kartu hijau. Beliau kemudian meminta mereka berpikir lebih dalam, dan kemudian kembali dengan penilaian baru. Orang pertama yang mengacungkan warna merah kemudian diaplaus oleh si CEO sendiri.

Saatnya kita untuk membuka mata: "Create a new culture that could admit when something was going wrong, and do so early enough so that the organization could still have an impact on the outcome." Dengan demikian, tim terbiasa bersikap waspada dan terbiasa melihat kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Banyak orang mencampuradukkan kesalahan dengan tidak berprestasinya individu atau perusahaan. Padahal kedua hal ini jelas berbeda. Kesalahan memang harus diantisipasi, boleh saja di-punish, namun kita perlu berlatih untuk tidak menyerang individu dan memandangnya sebagai ruang untuk menemukan jalan keluar, menjadi lebih kuat dan memberi momentum untuk "naik kelas"./kompas.com

(Eileen Rachman/Sylvina Savitri, EXPERD Consultant)

Latih Motorik Halus dengan Mengancingkan Baju

Posted: 02 May 2011 10:21 AM PDT

SHUTTERSTOCK
Asah kemampuan motorik halus balita dengan belajar mengancingkan baju. Melatih keterampilan motorik halus akan menunjang kemampuan si kecil saat ia memasuki usia sekolah.Latihan motorik halus akan membuat otot tangan dan jemari lebih lentur sehingga anak lebih pintar menulis dan menggambar. Salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan belajar mengancingkan baju.

Keterampilan motorik halus merupakan hasil dari koordinasi antara tangan, mata dan otak. Bagi anak keterampilan ini tidak mudah, karenanya harus dilatih.

Orangtua bisa melatih motorik halus anak sedini mungkin sesuai dengan perkembangan usianya. Di usia 6 bulan misalnya, bayi biasanya sudah bisa memindahkan benda dari tangan kiri ke tangan kanan. Atau ajari anak untuk membalik-balik halaman buku atau majalah. Cara lain adalah memegang benda-benda kecil.

“Di usia 3-5 tahun balita harus sudah bisa mengancingkan baju sendiri. Jika tidak dilatih karena anak terbiasa dilayani, saat usia sekolah tangan anak tidak bisa memegang pensil dan tidak bisa menulis,” papar dr.Attila Dewanti, Sp.A, dokter anak dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta Selatan./kompas.com

 

Bara Hati Lia Candrasari

Posted: 02 May 2011 10:12 AM PDT

Mengawali kariernya sebagai model, kini Lia Candrasari justru dikenal sebagai pengusaha batu bara./KOMPAS/IWAN SETIYAWAN
Berada di dekatnya terasa seperti dekat tungku membara. Hangat. Namun, hati-hati tenggelam dalam sorot matanya yang selalu menatap lekat kawan bicara. Inilah Lia Candrasari (36), pengusaha batu bara.

Lia dibesarkan dalam tradisi Jawa yang kental. Pakem budaya menuntutnya untuk senantiasa menjadi anak perempuan yang manut, penurut. Namun, dalam perkembangan kehidupannya kemudian, perempuan keibuan ini malah "memberontak", mengikuti gelora bara di hatinya.

"Aku selama ini selalu berusaha manut pada orangtua dan semua tata krama Jawa," kata Lia dengan logat Jawa yang terdengar medok.

Perempuan yang besar di kota Malang, Jawa Timur, ini mengawali kariernya sebagai foto model. Obsesi lamanya memang ingin merasakan dunia foto model, namun tak pernah diizinkan sang ayah. Baru setelah menikah tahun 1997 dan baru memiliki bayi yang berusia tujuh bulan, Lia pun "memberontak". Ia pun masuk sebagai salah satu finalis Wajah Femina.

Kekerasan hati Lia memang tak kasatmata, tenggelam dalam keramahan dan deraian tawanya yang renyah. Dia tak sungkan menjadikan dirinya sendiri bahan guyonan. Siapa pun yang mengobrol dengan Lia akan betah dengan sikapnya yang hangat tak dibuat-buat.

Karakter diri itulah yang membuatnya bisa berjuang sendiri menjadi foto model tanpa terikat pada satu pun agensi. Dunia layar lebar dan film televisi pun sempat dicicipinya tahun 2003-2004, di antaranya Bangsal 13 dan Catatan Akhir Sekolah. Puluhan iklan telah dibintanginya. Parasnya yang melankolik juga sempat menghiasi kemasan susu untuk ibu hamil. Hidupnya menjadi riuh dengan berbagai jadwal pemotretan dan syuting. Di tahun 2005 ia sempat menjadi nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik Piala Vidia, Masih Ada Cinta di Tanah Rencong.

"Waktu dengan Saniyyah sempat tersita," ujar Lia menyebut nama anaknya.

Batu bara
Di tahun 2004, Lia akhirnya didaulat keluarganya untuk terjun ke bisnis keluarga di bidang pertambangan batu bara. Keluwesannya selama menjadi model banyak membantu pekerjaannya yang harus berhubungan dengan berbagai macam orang. Penyayang kucing ini akhirnya menikmati asyiknya berbisnis. Gebyar dunia foto model perlahan ditinggalkannya.

Namun, Lia yang selalu menyimpan bara di hatinya ini tak lantas betah di zona nyaman. Dia mengaku tak suka melulu menjadi orang yang disuruh-suruh. Pada tahun 2006, bersama teman-teman lama dia malah mendirikan perusahaan sendiri, masih di bidang pertambangan batu bara. "Pemberontakan" Lia terjadi lagi dengan meninggalkan perusahaan keluarganya.

"Keluarga tentu menentang, tapi akhirnya orangtua sudah sampai pada tahap 'sak karepmu' (terserah). Padahal, dulu aku selalu manut, ngalah, enggak mau ribut, menjaga harmoni. Jawa bangetlah, he-he-he," ujarnya.

Lia nekat mendirikan perusahaannya dari nol dan mencari pinjaman modal sendiri. "Keluarga sudah lepas tangan, he-he-he," ujar penggemar komik Tintin dan Nina ini.

Meski begitu, Lia mengaku banyak belajar saat bekerja di perusahaan keluarga. Mulai dari mengatur keuangan sampai cara mengatasi limbah pertambangan secara alami. Dia juga tak ragu kelayapan di kawasan pertambangan di Kalimantan, di bawah terik matahari.

"Dunia pertambangan memang didominasi laki-laki, tetapi dulu pun saat di film dan dunia foto model, krunya kan juga banyak laki-laki. Dan aku juga sering panas-panasan. Dunia yang sama kerasnya kok," cetus Lia.

Filosofinya dalam berbisnis amat mendasar, yakni selalu memegang komitmen. Komitmen apa pun yang sudah dinyatakannya selalu dipenuhinya. "Apa pun itu. Mulai dari membayar cicilan tepat waktu, pajak, juga dalam berbagi keuntungan. Bahkan, kalau terpaksa kitanya yang susah karena komitmen yang sudah telanjur diucapkan, ya enggak apa-apa. Mengalah," kata kolektor ratusan tas karya desainer internasional ini.

Kini, sebagai presiden komisaris di perusahaannya, Lia lebih punya banyak waktu untuk mendampingi putri semata wayangnya, Rr Saniyyah Blesshanti Kusuma Wardhani (11). Sebagai orangtua tunggal untuk Saniyyah sejak 2006, Lia berusaha menebus waktu kebersamaan yang sempat hilang ketika dirinya masih sibuk menjadi model.

Waktu luangnya sesekali dihabiskan untuk bercengkerama dengan teman-temannya atau berlibur bersama Saniyyah. Malang menjadi kota favoritnya untuk tetirah. Di sana pula teman-teman lamanya masih bisa dijumpai. Bagi Lia, teman maknanya bisa lebih dari saudara. "Teman yang sejati itu muncul ketika kita sedang terpuruk," ucap Lia.

• Lahir: Madiun, 30 November 1974
• Anak: Rr Tania Ayu Kusuma Wardhani (alm) dan Rr Saniyyah Blesshanti Kusuma Wardhani (11)
• Pendidikan:
- D-1 Bahasa Inggris Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur
- D-1 IKIP, PGRI Malang, Jawa Timur
- Teknik Arsitektur Institut Teknologi Nasional, Malang, Jawa Timur
• Pekerjaan:
- 2004-2006: Direktur PT Bungo Raya Nusantara
- 2007-sekarang: Presiden Komisaris PT Wana Lestari Utama
- 2009-sekarang: Pendiri yayasan untuk anak jalanan "Amelia"(Sarie Febriane)/kompas.com

Pintu M1 Bandara Ditutup, Macet 10 Km

Posted: 02 May 2011 10:09 AM PDT

Jalan menuju pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, ditutup pada Senin (2/5/2011) pagi. Arus lalu-lintas dialihkan ke putaran pertama setelah pintu M1 sekitar 300 meter. Pengalihan jalan ini mengakibatkan kemacetan sepanjang 10 km dari arah Kota Tangerang./KOMPAS/PINGKAN ELITA DUNDU

 

JAKARTA – Kemacetan arus lalu lintas parah terjadi sepanjang 10 kilometer dari arah Kota Tangerang, Senin (2/5/2011) pagi ini. Arus lalu lintas padat merayap itu terjadi akibat dipicu ditutupnya akses jalan menuju Pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Jalan ditutup terkait dengan adanya isu demo unjuk rasa buruh,” kata Kristanto, petugas polisi yang berjaga di Jalan Suryadarma, Kel Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Ditutupnya akses menuju Pintu M1 membuat kendaraan harus dialihkan memutar arah balik (u-turn) sekitar 300 meter dari Pintu M1. Akses jalan ditutup dengan separator beton, sehingga kendaraan tidak bisa masuk. Antrian kendaraan itu sepanjang sekitar 10 kilometer dari Jalan Burak menuju Jalan Suryadarma, dan dari Jalan Sintanala menuju Jalan Suryadarma./kompas.com

Rumah Modifikasi HKS di Amerika Tutup

Posted: 02 May 2011 10:07 AM PDT

JALOPNIK

HKS AS

Aftermarket dari HKS/HKS AS

CALIFORNIA — Penyedia perangkat balap dan modifikasi aftermarket HKS menutup kantor cabang mereka di Amerika Serikat, Kamis (28/4/2011) sore waktu setempat. Segala hal yang terkait dengan kantor dan pemasaran selanjutnya akan dikembalikan ke HKS Co Ltd di negeri asalnya, Jepang.

Banyak hal mendasari keputusan mereka untuk menutup kantor di Los Angeles, California, AS, tersebut. “Dewasa ini, kami dikepung tanpa ampun oleh tekanan dan tantangan. Pasar produk aftermarket menurun secara global dan terus berlanjut. Dollar AS melemah secara substansial. Ekonomi Jepang dan dunia sedang tertekan. Tsunami Jepang pun memberi dampak,” demikian surat pernyataan mereka yang diterima secara eksklusif oleh Jalopnik.

Penutupan kantor cabang di AS berarti tinggal menyisakan dua cabang lain, yaitu di Cambridgeshire, Inggris (HKS Europe), dan Bangkok, Thailand (HKS Thailand).

Muncul di “2 Fast 2 Furious” HKS sudah ada sejak 1982 atau nyaris bercokol selama tiga dekade di negeri Paman Sam. Di Jepang, perusahaan yang dibangun oleh Hiroyuki Hasegawa selaku “alumnus” awal Yamaha Motor Company, Goichi Kitagawa, dan bekerja sama dengan Sigma Automotive tersebut sudah didirikan sejak 1973.

HKS adalah singkatan dari Hasegawa, Kitagawa, dan Sigma. Khusus di AS, mereka sudah mendukung produk-produk balap di berbagai kelas sejak 1980-an, seperti drag race, JTCC, JGTC, F3, D1 Grand Prix, Superbike, dan banyak lainnya. Mereka pun diklaim sebagai pionir perangkat pendukung performa aftermarket, mengingat invasi Jepang dalam hal produk balap cukup mencuri hati para pemodifikasi di sana.

Film 2 Fast 2 Furious termasuk sekian dari pengiring kehadiran produk HKS di AS. Ambil contoh, Skyline GTR R33 yang digunakan tokoh utama, Brian O’Conner (Paul Walker). Sedan silver bergaris-garis biru dan berspesifikasi balap jalanan itu berkode depan “HKS”. Itu berarti, mulai dari perangkat turbo, manajemen mesin, hingga knalpot didukung oleh HKS. Ini tak lain karena terkait dengan pencitraan bahwa produk HKS memang jadi jagoan dan patut dibanggakan.

Makanya pula banyak konsumen AS yang sudah bergantung kepada mereka. Bahkan, sekitar 17 jam sejak tulisan ini dibuat, seorang konsumen masih butuh masukan dari HKS via Facebook HKS Driving Performance. “Saya punya Lancer 2011 dan kayanya butuh turbo yang lebih besar. Kalian bisa kasih rekomendasi?”

Di Indonesia pun, pemakai suku cadang pendongkrak tenaga tidak sedikit, mulai untuk kendaraan sehari-hari, balap, sampai kontes. (Dimas)/kompas.com

Adil-Makmur Dulu, Baru Berantas Teroris

Posted: 02 May 2011 09:56 AM PDT

Tim gabungan Penanggulangan Teror TNI dan Polri saat melumpuhkan aksi terorisme dalam Latihan Gabungan Antiteror di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu (13/3/2010). Latihan itu melibatkan sekitar 3.559 personil dari TNI dan Polri yang digelar serempak di sejumlah lokasi objek vital di Jakarta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan aksi terorisme secara profesional./TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA

 

Maraknya kembali aksi teror bom setelah sebelumnya muncul fenomena kekerasan atas nama agama seperti menjadi alasan pembenar agar Indonesia harus memiliki instrumen perundang-undangan yang lebih ketat dan bisa menjangkau privasi warga negara. Ada keinginan yang kuat, merevisi perundang-undangan yang ada dan membuat perundang-undangan baru lebih punya kekuatan memaksa.

Perhatikan bagaimana Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pemerintah kesulitan mengatasi penyebaran jaringan Negara Islam Indonesia (NII) karena tidak ada undang-undang yang bisa dijadikan landasan mengendalikan gerakan ini sejak dini (Kompas, 30/4). Purnomo bahkan mencontohkan Singapura dan Malaysia yang memiliki UU yang keras untuk menghadapi radikalisasi dan ancaman teror.

Sebelum rangkaian bom buku, bom bunuh diri di Cirebon, hingga ancaman bom di Serpong, DPR menggunakan hak inisiatifnya mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) Intelijen. Tak ada yang salah dengan pengajuan RUU ini karena bahkan elemen masyarakat sipil melalui sejumlah lembaga swadaya masyarakat mendukung langkah ini. Bagi sejumlah LSM, niat baik DPR menggagas RUU Intelijen sudah bagus karena selama ini kerja intelijen di Indonesia tak memiliki aturan baku dan rawan terhadap potensi pelanggaran hak asasi manusia.

Masalah muncul ketika ada beberapa poin krusial yang belum terselesaikan, seperti keinginan pemerintah agar intelijen diberi kewenangan menangkap orang dan melakukan penyadapan, sementara aturan soal penyadapan belum dibuat. Kewenangan menangkap orang menjadi masalah mengingat…(selengkapnya baca Harian Kompas, Senin 2 Mei 2011, halaman 2)

____________
Baca juga tanggapan pengasuh Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang soal NII yang kerap dikaitkan dengan dirinya.

Prediksi Skor Pertandingan Barcelona vs Real Madrid (Semifinal Leg Pertama Liga Champion 2010/11)

Posted: 02 May 2011 09:54 AM PDT

Prediksi Barcelona vs Real Madrid. UEFA seperti mulai gerah dengan perangai Jose Mourinho, yang secara terang-terangan mengkritik sederet pengadil beremblem Uni Sepak Bola Eropa tersebut. Apakah akibat dilandasi kekesalan maka UEFA justru mengirim Frank de Bleeckere sebagai wasit 2nd leg semifinal Liga Champion di Camp Nou, Rabu (4/5) ini?

Nama refree asal Belgia itu dikenal tegas dan pastinya sangat layak memimpin partai sekeras Barcelona kontra Real Madrid. Tapi, bagi Mourinho, De Bleeckere punya cerita spesial. Ya, dialah yang mengusir Thiago Motta tatkala Inter besutan Mou menyambangi Camp Nou pada semifinal II Liga Champion musim lalu.

Apakah keputusan, yang menurut versi Mou, kontroversial bakal kembali dikeluarkan De Bleeckere? Yang jelas, bagi siapapun itu, jika tarjeta roja alias kartu merah sampai tercabut dari sakunya, outcome laga bisa berubah 180 derajat. Terutama saat dua tim yang dijejali kualitas individu melimpah saling adu kekuatan.

Kian mendidihnya tensi laga bertajuk el clasico jilid 5 ini bukan mustahil bakal menggiring jugador kedua kubu bermain keras. Berharap mencetak dua gol untuk menyamakan agregat, Madrid amat mungkin memancing emosi Barca sejak menit pertama. Ketika emosi mulai tak terkendali, Madrid bakal mengupayakan intensitas serangan lewat counter attack. Persis seperti duel clasico 2 dan 3 yang berujung sukses buat El Real.

“Fakta bahwa Barca mengalahkan kami di Madrid berarti kami pun bisa mengalahkan mereka di Camp Nou,” ujar Gonzalo Higuain, penyerang Madrid asal Argentina, seperti dilansir situs resmi klub. “Kami punya kualitas untuk memenangi laga agar bisa sampai di final dan kami akan berjuang hingga mati.”

Tertinggal 2-0 di leg pertama, tentunya tidak ada pilihan bagi Real Madrid untuk menyerang Barcelona di leg kedua ini, apalagi Mourinho harus meramu strategi baru tanpa Pepe, yang menjadi kunci kemenangan Real Madrid di final Copa del Rey melawan Barcelona.

Terakhir kali Real Madrid dan Barcelona bertemu di Liga Champions, pada semi-final musim 2001/02. Saat itu Real Madrid berhasil mengalahkan Barcelona 2-0 di Camp Nou. Kemudian kedua tim bermain imbang 1-1 di leg kedua di Santiago Bernabeu. Real Madrid pun lolos ke final dan menjadi juara setelah mengalahkan Bayer Leverkusen 2-1.

Total head to head kedua tim di semua level kompetisi, Real Madrid menang 86 kali, Barcelona menang 83 kali, dan sebanyak 43 imbang. Di Camp Nou, Barcelona menang 47 kali, Real Madrid menang 18 kali, dan 16 imbang.

Head to Head Barcelona vs Real Madrid :
27 Apr 2011 (LC)  Real Madrid 0-2 Barcelona
20 Apr 2011 (CDR) Barcelona 0-1 Real Madrid  
16 Apr 2011 (LL)  Real Madrid 1-1 Barcelona  
29 Nov 2010 (LL)  Barcelona 5-0 Real Madrid
10 Apr 2010 (LL)  Real Madrid 0-2 Barcelona  

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona :
30 Apr 2011 (LL)  Real Sociedad 2-1 Barcelona  
27 Apr 2011 (LC)  Real Madrid 0-2 Barcelona  
23 Apr 2011 (LL)  Barcelona 2-0 Osasuna  
20 Apr 2011 (CDR) Barcelona 0-1 Real Madrid
16 Apr 2011 (LL)  Real Madrid 1-1 Barcelona  

Lima Pertandingan Terakhir Real Madrid :
30 Apr 2011 (LL)  Real Madrid 2-3 Zaragoza  
27 Apr 2011 (LC)  Real Madrid 0-2 Barcelona
23 Apr 2011 (LL)  Valencia 3-6 Real Madrid
20 Apr 2011 (CDR) Barcelona 0-1 Real Madrid
16 Apr 2011 (LL)  Real Madrid 1-1 Barcelona  

Prediksi susunan dan formasi pemain Barcelona vs Real Madrid:


Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes; 2-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 5-Carles Puyol; 16-Sergio Busquets, 6-Xavi, 15-Seydou Keita; 17-Pedro, 10-Lionel Messi, 7-David Villa.
Cadangan: 31-Mino, 26-Fontas, 20-Afellay, 34-Jonathan, 30-Thiago, 11-Jeffren.

Real Madrid (4-2-3-1): 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 2-Ricardo Carvalho, 18-Raul Albiol, 12-Marcelo, 14-Xabi Alonso, 24-Sami Khedira; 23-Mesut Ozil, 7-Cristiano Ronaldo, 22-Angel Di Maria, 20-Gonzalo Higuain.
Cadangan: 13-Adan, 19-Garay, 8-Kaka, 11-Granero, 28-Adebayor, 9-Benzema, 10-Lassana Diarra.

Prediksi skor pertandingan Barcelona vs Real Madrid by BolaGoalNet: Imbang dengan skor 2-2. Pertandingan Barcelona vs Real Madrid disiarkan LIVE di RCTI pada tanggal 4 Mei 2011, pukul 01.45 WIB. 

Anda siap dan ingin raih keuntungan dengan memasang bet pertandingan Barcelona vs Real Madrid berdasarkan prediksi diatas. Kami ajak anda untuk join di TARUHANKU.COM. AGEN BOLA ONLINE yang membuat anda nyaman dan aman dalam bertransaksi baik saat deposit maupun withdraw. Layanan Costumer Service yang sangat memuaskan siap membantu anda dalam bermain.  Untuk informasi dan panduan, silahkan langsung kontak kami di:

Baca Juga: 8 Momen Bersejarah Lionel Messi

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, madrid barcelona koran baru (1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dude Herlino Belum Mau Melamar Asmirandah

Posted: 02 May 2011 09:53 AM PDT

Dude dan Asmirandah/KOMPAS.com/EKO HENDRAWAN

JAKARTA — Dude Herlino (30) sampai saat ini belum mau meminang pacarnya, Asmirandah Zantman (21), untuk menjadi istrinya. Hal itu diungkapkan oleh Asmirandah, yang juga mengaku belum ingin menikah.

Kata Asmirandah, ia dan Dude masih dalam tahap menjalani hubungan melalui komunikasi. “Aku belum kepikiran untuk ke arah sana ya (menikah). Diomongin juga belum. Yang terpenting adalah untuk melihat cinta lebih ke komunikasi, karena itu lebih penting,” ucap Asmirandah, yang seperti Dude berkarier sebagai artis peran.

Asmirandah juga masih mengembangkan kariernya di bidang sinetron dan film. Contohnya, ia ikut kegiatan Bikin Film Bareng Artis dalam Indie Movie 2011.  “Jadi, aku itu lulusan sekolah penyutradaraan beberapa bulan yang lalu. Sebelum ditawari (ikut Indie Movie 2011), aku sudah produksi beberapa film. Aku mau terima tawaran ini juga sekaligus untuk menjadi masukan bagi aku mengenai film yang aku buat nanti,” terangnya.

Keterlibatan Asmirandah dalam aktivitas tersebut, akunya pula, mendapat dukungan dari Dude. “Dude selalu mendukung apapun yang aku kerjakan selama itu positif. Ya, sama seperti orangtuaku,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu, ketika diwawancara oleh Kompas.com, Dude mengatakan bahwa yang terpenting baginya dalam menjalani hubungannya dengan Asmirandah adalah lebih saling mengenal dulu. “Yang paling pokok adalah untuk lebih saling mengenal lagi, kami saling support, banyak belajar, dan melengkapi,” ujarnya./kompas.com

Posisi Seks untuk Mendapat Bayi Laki-laki

Posted: 02 May 2011 09:48 AM PDT

Ilustrasi/Shutterstock

 

TANYA :

Dok saya ingin bertanya, bagaimanakah cara untuk mendapatkan anak laki-laki? Adakah posisi tertentu dalam berhubungan seks, yang dapat mempengaruhi dan memperbesar peluang dalam mendapatkan anak laki-laki? Mohon diberikan penjelasan yang detail, terima kasih.

Ika, 27, Tangerang

 

JAWAB :

Jenis kelamin bayi tergantung pada spermatozoa apa yang berhasil membuahi sel telur. Kalau sel spermatozoa Y yang berhasil membuahi, maka akan jadi anak laki-laki. Tetapi kalau sel spermatozoa X yang membuahi, maka akan lahir bayi perempuan.

Kedua jenis sel spermatozoa itu secara biologis mempunyai perbedaan. Berdasarkan perbedaan itu kemudian dilakukan beberapa cara untuk mengatur jenis kelamin bayi sesuai yang diharapkan.

Salah satu cara ialah dengan mengatur hubungan seksual. Ketika melakukan hubungan seksual pada saat subur wanita, diatur agar istri lebih dulu mengalami orgasme, barulah sang suami.

Dengan pengaturan ini diharapkan akan lahir anak laki-laki. Tetapi kalau merencanakan anak perempuan, lakukan hubungan seksual sehari sebelum masa subur, dan istri tidak harus mengalami orgasme lebih dulu.

Tetapi tentu ada cara yang menggunakan teknologi kedokteran untuk membantu pasangan merencanakan jenis kelamin bayi sesuai dengan yang diharapkan./kompas.com

Psst… Ada Apa antara Pangeran Harry dan Pippa?

Posted: 02 May 2011 09:43 AM PDT

Pippa tampak menggandeng lengan Harry saat berjalan berdampingan usai pemberkatan pernikahan./THE DAILY MAIL Coba, apa kira-kira yang dibisikkan Pangeran Harry kepada Pippa/THE DAILY MAIL Pippa Middleton dan Pangeran Harry dengan pasangannya masing-masing./THE DAILY MAIL Salah satu momen yang sempat mencuri perhatian saat berlangsungnya pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton adalah ketika Pangeran Harry berinteraksi dengan [...]

Sidang Gugatan Gedung Baru DPR Digelar

Posted: 02 May 2011 09:34 AM PDT

Rancangan gedung baru DPR./www.dpr.go.id

 

JAKARTA — Setelah sempat ditunda selama dua minggu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, hari ini, Senin (2/5/2011), kembali menggelar sidang gugatan warga negara (citizen law suit) terkait pembangunan gedung baru DPR.

Gugatan dengan nomor perkara 144/PDT.G-2011/PN.JKT.PST ini diajukan oleh seorang karyawan BUMN, FX Arief Poyuono, dan seorang advokat, Adi Partogi Singal Simbolon. Gugatan ditujukan kepada para politisi pendukung gedung DPR, termasuk Ketua DPR Marzuki Alie.

“Rencananya sidang nanti siang dimulai pukul 10.30,” ujar kuasa hukum pihak penggugat, Habiburokhman, ketika dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Senin.

Isi gugatan tersebut adalah menuntut pembatalan pembangunan gedung DPR yang saat ini sudah berjalan. Menurut Habiburokhman, pembangunan gedung yang memakan biaya sebesar Rp 1,138 triliun itu melanggar Pasal 3 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara karena dianggap telah menyelewengkan aspirasi rakyat yang sebagian besar menolak pembangunan tersebut.

Sebelumnya, Senin (18/4/2011), Ketua Majelis Hakim Antonius Widiantoro memutuskan menunda sidang gugatan tersebut selama dua minggu karena pihak tergugat, yakni perwakilan DPR, tidak hadir dalam persidangan. Keputusan tersebut membuat pihak penggugat kecewa. Pasalnya, menurut ketentuan Pasal 125 HIR, sidang dapat dilanjutkan tanpa kehadiran pihak tergugat (verstek).

“Kok ini malah dikasih bonus dua minggu. Ini, kan, menunjukkan bahwa penguasa yang digugat boleh tidak hadir dan pengadilan serta majelis hakim melindungi perilaku seperti itu,” ujar Habiburokhman.

Dalam persidangan, pihak penggugat juga meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan. Menurut Habiburokhman, berdasarkan Pasal 164 HIR, Presiden Yudhoyono memenuhi kualifikasi untuk dijadikan saksi fakta dalam perkara tersebut.

Ia menilai, Presiden telah menyatakan penolakannya terhadap pembangunan gedung baru tersebut dalam pidatonya pada 17 April lalu. “Sebagai presiden, SBY juga pasti mengerti jika gedung DPR yang ada saat ini masih sangat layak digunakan,” katanya./kompas.com

Melirik Bisnis Air Bersih

Posted: 02 May 2011 09:32 AM PDT

shutterstock
Semakin merosotnya daya dukung lingkungan membuat pasokan air bersih makin berkurang. Saat ini, akses aman terhadap air minum secara nasional baru mencapai 47,63 persen. Dari angka tersebut baru sekitar 25,56 persen yang dilayani dengan sistem perpipaan. Artinya, peluang bisnis yang tersedia masih sangat besar.Apalagi, pelayanan perpipaan sebagian besar masih diselenggarakan oleh perusahaan daerah air minum (PDAM), yang manajemennya payah. Bayangkan, dari 382 PDAM hanya 140 yang bisa mencatatkan keuntungan. Mereka juga belum bisa beroperasi 24 jam penuh. Tingkat kehilangan air juga tinggi, yakni 33 persen.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum, sebanyak 209 PDAM juga terlilit utang. Dengan kondisi seperti itu, harapan cerah sulit disandarkan ke pundak PDAM. Padahal, peluang yang tersedia cukup fantastis, yakni senilai Rp 34,6 triliun. Peluang tersebut dihitung berdasarkan target pembangunan milenium (millennium development goals/MDG's) di mana tahun 2015 Indonesia harus menaikkan cakupan pelayanan air dengan sistem perpipaan dari 25,56 persen menjadi 45,72 persen.

Menurut perhitungan Kementerian Pekerjaan Umum, untuk merealisasikan target tersebut dibutuhkan tambahan 8,5 juta sambungan baru. Investasi total yang dibutuhkan sekitar Rp 46,6 triliun. Dari jumlah tersebut pemerintah hanya mampu menyediakan dana sekitar Rp 12 triliun. Sisanya Rp 34,6 triliun menjadi peluang investasi bagi kalangan swasta.

Sayangnya, minat kalangan swasta masih sangat rendah. Umumnya mereka berpendapat, bisnis air bersih tak terlalu prospektif karena pasokan air bersih masih dengan mudah didapatkan. Padahal, pasokannya terus berkurang. Jumlah penduduk yang terus bertambah juga membuat kebutuhan air bersih terus meningkat.

Ke depan, air akan menjadi potensi strategis yang diperebutkan banyak pihak. Pasalnya, proses fisika alami di bumi membuat suplai air menjadi langka. Saat ini gejala kelangkaan tersebut sudah terjadi dengan banyaknya kerusakan di daerah aliran sungai, perubahan iklim, dan meningkatnya polusi air akibat sampah dan penggundulan hutan. Realisasinya, investasi swasta bahkan belum menyentuh level Rp 1 triliun. Selain pandangan tak prospektif, mereka juga ragu karena berkaca dari kegagalan PDAM.

Di tingkat usaha kecil-menengah, kemunculan para pelaku usaha air bersih justru meningkat. Hal itu terlihat dari menjamurnya usaha air minum isi ulang di pelosok-pelosok desa. Usaha mereka tumbuh subur karena tingginya permintaan masyarakat. Semangat itu kontras dengan para pengusaha kelas kakap, yang justru melempem.

Indonesia seharusnya banyak belajar dari Singapura. Negara yang dikelilingi laut tersebut mengimpor 40 persen kebutuhan air bersihnya. Selain mengimpor, kebutuhan air bersih Singapura diperoleh dari reservoir dan daerah tangkapan air lainnya sebesar 20 persen, penyulingan air laut 10 persen, dan pengolahan air terpakai 30 persen. Salah satu proyek mereka yang spektakuler adalah Marina Barrage, yakni sebuah bendungan raksasa sebagai penampungan air. Bendungan tersebut telah menjadi pusat atraksi publik karena dirancang dengan sedemikian menarik.

Kondisi itu berbeda dengan Indonesia. Di Jakarta, misalnya, ada 13 sungai dengan air melimpah. Sayangnya, sungai-sungai tersebut justru menjadi tong sampah. Cadangan air tanah dan danau juga habis disedot untuk keperluan rumah tangga dan industri. Air hujan yang seharusnya bisa ditampung dan diolah justru dibuang percuma menjadi banjir.

Fakta-fakta tersebut seharusnya menjadi pertimbangan untuk menggairahkan bisnis pengolahan air bersih. Tanpa ada pengolahan, bisa-bisa kita menjadi pengimpor air bersih di kemudian hari. Tragis…. (Eny Prihtiyani)/kompas.com

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, manfaat paaang naik air laut (1)

Simoncelli Akui Bikin Kesalahan

Posted: 02 May 2011 09:30 AM PDT

Pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli./AFP/JAVIER SORIANO

 

ESTORIL — Marco Simoncelli mengakui, ban menjadi faktor utama penyebab kecelakaan dirinya di GP Portugal, Minggu (1/5/2011). Ban yang masih dingin membuat dia jatuh saat memasuki tikungan keempat di lap pertama balapan MotoGP di Sirkuit Estoril tersebut.

Saya sangat menyesal atas kecelakaan ini karena kami memiliki potensi untuk bertarung memperebutkan podium dan kemenangan dalam balapan ini.

– Marco Simoncelli

Padahal, menurut pebalap berambut jabrik ini, dia sangat yakin bisa bersaing ketat dalam balapan yang berlangsung 28 lap tersebut. Bahkan, pebalap Italia ini cukup optimistis bisa menjadi pemenang jika tidak tertimpa nasib buruk tersebut.

Memang, Simoncelli menunjukkan tanda-tanda bakal jadi pebalap paling tangguh di Portugal. Pebalap Gresini Honda ini menunjukkannya selama akhir pekan ketika mendominasi dua latihan bebas pertama. Kemudian ia sempat mencatat waktu terbaik saat kualifikasi sebelum dikalahkan Jorge Lorenzo lima menit menjelang sesi kualifikasi selesai.

Namun, Sirkuit Estoril juga sekaligus menjadi mimpi buruk Simoncelli karena dia selalu mengalami kecelakaan. Bukan cuma saat latihan bebas, tetapi juga saat kualifikasi—sehingga dia gagal mengalahkan Lorenzo di sisa waktu kualifikasi—dan puncaknya terjadi saat balapan. Tanpa ada gangguan apa pun, Simoncelli, yang start dari urutan kedua, tiba-tiba terlontar dari motornya saat akan menikung ke kiri. Dia pun gagal melanjutkan lomba yang baru dimulai.

Mengenai kecelakaan itu, Simoncelli mengakui bahwa dia telah membuat sedikit kesalahan. Suhu ban yang masih sangat rendah membuat dia tak bisa menguasai keadaan.

“Saya sangat menyesal atas kecelakaan ini karena kami memiliki potensi untuk bertarung memperebutkan podium dan kemenangan dalam balapan ini,” ujar Simoncelli kepada situs resmi MotoGP.

“Saya mungkin melakukan kesalahan kecil. Tetapi, saya pikir kesalahannya adalah ban dingin di sebelah kiri, karena ketika keluar dari tikungan 1, motor cenderung ke kiri saat meningkatkan kecepatan dan untuk pertama kalinya saya kehilangan cengkeraman bagian belakang.”

“Jadi, di sudut-sudut lain saya memberikan perhatian, terutama di tikungan 4, saya menikung dengan satu gigi lebih tinggi sehingga motor lebih netral dan halus. Tetapi di tengah-tengah tikungan, tanpa mengegas, saya jatuh. Tidak ada yang bisa saya lakukan.”

Menurut Simoncelli, seharusnya dia bisa menunjukkan penampilan yang bagus jika menyelesaikan balapan. Namun, apa mau dikata, kenyataan di lintasan jauh dari harapan.

“Saya minta maaf untuk diri saya, tim saya, tetapi inilah balapan,” kata Simoncelli. “Hal yang bagus adalah bahwa saya cepat dan potensi kami tinggi. Kami akan mencoba berbuat lebih baik lagi dalam balapan berikutnya.”

Simoncelli mengakui, kecelakaan tersebut sungguh menyakitkan.

“Saya mengalami rasa sakit di bagian punggung dan juga beberapa masalah dengan leher saya,” katanya.

Menjelang balapan di Portugal ini, Simoncelli sempat terlibat masalah dengan pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, saat jumpa pers seusai kualifikasi. Ini terkait kritik Lorenzo bahwa gaya balap Simoncelli terlalu agresif. Tentang perseteruan tersebut, Simoncelli mengatakan bahwa tensi di antara mereka masih berlangsung.

“Dengan Lorenzo, tidak ada yang berubah,” ujar Simoncelli. “Saya tidak berbicara dengan dia sebelumnya, dan saya akan terus tidak berbicara dengannya.”/kompas.com

Indonesia Jadi Medan Perang Baru

Posted: 02 May 2011 09:28 AM PDT

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Anggota Densus 88 Antiteror Polda Metro Jaya saat melakukan latihan penanggulangan terorisme di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (17/12/2008)./KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

 

JAKARTA — Berbagai penemuan bom tahun 2011 ini menunjukkan bahwa generasi baru pelaku aksi terorisme telah lahir di negeri ini. Lebih dari itu, berbagai kasus bom itu juga membuktikan, Indonesia kini sudah menjadi medan perang baru bagi pelaku aksi terorisme.

Jaringan pelaku terorisme sebelumnya terkait Jemaah Islamiyah (JI) menjadikan Amerika Serikat dan kelompok non-Muslim sebagai musuh terdekatnya. Generasi pelaku terorisme baru yang berakar pada jaringan Negara Islam Indonesia (NII) menjadikan institusi pemerintah, TNI, Polri, dan kelompok non-Muslim sebagai musuh terdekatnya. AS menjadi musuh jauh.

Karena itu, untuk menghadapi kelompok teroris baru itu, semua komponen bangsa harus bergerak bersama, tak bisa bergantung pada pemerintah dan aparat saja. Deradikalisasi kepada kelompok radikal itu perlu dilakukan oleh berbagai komponen bangsa ini. "Sekarang di Indonesia banyak rekrutmen baru. Indonesia dianggap sebagai medan perang," papar pengamat intelijen Wawan Purwanto, Minggu (1/5/2011) di Jakarta./kompas.com

Acara “Ngubek Situ” Berbuntut Kerusuhan

Posted: 02 May 2011 09:03 AM PDT

Ilustrasi: Ratusan warga mamasa Sulawesi barat mengikuti lomba mincing di kolam pemancingan kondosapata, mamasa. Warga tak hanya berlomba memancing tapi juga jadi sarana hiburan di akhir pecan/K25-11

 

DEPOK — Sedikitnya 4.000 orang yang memadati Situ Citayam, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, mengamuk. Mereka merusak panggung acara "Ngubek Situ", menjarah hadiah, dan menceburkannya ke dalam situ. Amuk massa ini terjadi hanya gara-gara ikan.

Massa kecewa dengan panitia yang menjanjikan menebar 2 ton ikan di dalam situ. Kenyataannya, ikan tidak sebanyak yang dijanjikan panitia. Kemarahan massa makin menjadi ketika tahu panitia menyimpan sebagian ikan. Padahal, peserta acara telah membayar Rp 20.000 per orang.

"Keributan tidak akan terjadi kalau panitia bagus. Mereka tidak terbuka soal ikan. Namanya juga acara ngubek situ, orang yang ngubek berharap mendapatkan ikan. Apalagi panitia janji menebar 2 ton ikan," tutur Nendi (44), warga Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Minggu (1/5/2011).

Gelagat terjadinya keributan terlihat sejak pukul 08.00. Saat itu, peserta Ngubek Situ mulai turun ke dalam situ mencari ikan. Beberapa peserta mulai melontarkan kekecewaan. Sekitar 30 menit setelah Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il meninggalkan lokasi, makin banyak orang kecewa.

Tidak lama kemudian, kerusuhan di lokasi Ngubek Situ terjadi. Massa nekat menceburkan hadiah ke dalam situ.

Keributan kian membesar. Massa tidak lagi peduli kepada petugas keamanan yang berjaga. Mereka menginjak-injak panggung utama panitia. Massa menjarah hadiah yang tersisa di panggung terpisah. Sebagian hadiah tersebut mereka rusak. Massa kemudian membakar panggung tempat hadiah berada.

Hadiah yang diceburkan massa ke dalam situ antara lain sepeda motor Yamaha Mio dan kulkas. Hadiah yang dijarah massa antara lain 1 televisi, 2 sepeda kayuh, 10 magic jar, 6 kompor gas, 6 kipas angin, 15 helm, dan 5 jaket. Sementara hadiah yang dirusak massa adalah 1 televisi dan 1 kulkas.

Mahwan (51), warga Kelurahan Bojong Pondok Terong, mengaku kecewa dengan panitia. Acara yang digelar setiap tiga tahun itu baru kali ini rusuh. Sebelumnya, acara Ngubek Situ tidak pernah rusuh dan menjadi semacam pesta rakyat.

Periksa panitia

Petugas Kepolisian Resor (Polres) Kota Depok saat kejadian lebih banyak berada di Jalan Raya Bogor, memantau aksi buruh yang akan ke Jakarta. Hanya beberapa personel Kepolisian Sektor (Polsek) Pancoran Mas yang berada di lokasi. Itu pun atas inisiatif personel kepolisian. Dari informasi yang dihimpun Kompas, panitia belum memiliki izin resmi dari Polsek Pancoran Mas ataupun Polres Kota Depok.

Kepala Polsek Pancoran Mas Komisaris Ismail Usman mengatakan, panitia sempat mengajukan izin. Namun, berkas perizinan tersebut dikembalikan karena masih ada dokumen yang belum lengkap. Setelah itu, pihak Polsek Pancoran Mas belum menerima berkas baru lagi dari panitia.

Menurut Usman, saat ini polisi memeriksa beberapa unsur panitia. Panitia acara Ngubek Situ berasal dari Kelompok Kerja Situ Citayam, harian lokal terbitan Depok, Dinas Pariwisata Depok, dan pihak Kelurahan Bojong Pondok Terong.

"Mereka harus bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi di Situ Citayam. Kerusuhan ini tidak hanya menimbulkan kerugian materi panitia dan peserta, tetapi juga kerusakan lingkungan situ," kata Usman.

Asep Hidayat (26), pemilik panggung dan kursi, hanya bengong. Ribuan warga membakar panggung dan kursi yang disewa panitia. "Paling tidak, saya rugi sekitar Rp 50 juta," kata Asep.

Sesaat setelah kejadian, tidak ada satu pun panitia yang berada di lokasi. Kompas berusaha menghubungi salah seorang panitia yang bernama Marhasan, tetapi telepon selulernya tidak aktif.

"Saya tidak tahu di mana mereka. Kami tidak dilibatkan dalam panitia. Kami diundang sebagai peserta," kata Camat Cipayung Eko Herwianto. (Andy Riza Hidayat)/kompas.com

Lepas dari Drive, Anji Merapat ke Dewa 19?

Posted: 02 May 2011 09:01 AM PDT

Anji, vokalis band Drive/KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA — Menyatakan diri resmi keluar dari band Drive, vokalis Erdian Aji Prihartanto alias Anji disebut-sebut akan segera merapat ke grup Dewa 19, yang dinakhodai oleh Ahmad Dhani dan belum memiliki vokalis pengganti Elfonda Mekel atau Once. Benarkah?

Mendengar kabar itu, Anji lantas bereaksi. “Enggak tahu ya, ngobrol dengan Mas Dhani juga belum pernah. Baru ketemu sekali dengan Mas Dhani. Kayaknya enggak deh,” tangkis Anji, yang mengadakan jumpa pers di Jakarta, Minggu (1/5/2011).

Daripada terlarut dalam isu mengisi posisi vokalis Dewa 19, Anji saat ini memusatkan diri untuk mendapatkan vokalis penggantinya dalam Drive. “Kami (fokus) cari pengganti gue. Kami berharap semuanya bisa maju,” ujarnya./kompas.com

Diduga Bom, Tabung Gas Diamankan Gegana

Posted: 02 May 2011 08:58 AM PDT

Petugas Pertamina mengangkut elpiji subsidi tiga kilogram di LPG Filling Plant Pertamina, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (23/8/2007)./KOMPAS/LUCKY PRANSISKA

 

YOGYAKARTA — Sebuah tas ransel warna hitam yang diduga berisi rangkaian bom ditemukan Senin (2/5/2011) pagi di Jalan Suryotomo atau di depan Hotel Melia Purosani, Yogyakarta.

Peristiwa yang menjadi perhatian warga itu terjadi ketika Toha, warga Ledok Ratmakan, menemukan sebuah tas ransel warna hitam yang diletakkan di depan pintu sebuah bengkel di Jalan Suryotomo. Khawatir tas tersebut berisi bom, warga pun melapor kepada polisi.

“Kami takut, jangan-jangan bom, sebab diletakkan begitu saja pada pukul 02.30 dini hari tadi. Kemudian kami laporkan ke polisi,” ujar Toha, orang yang pertama kali menemukan tas tersebut.

Sekitar pukul 06.30, tim Gegana Polda DI Yogyakarta datang dan langsung mendeteksi tas hitam tersebut. Arus lalu lintas di Jalan Suryotomo pun macet akibat banyaknya warga yang menyaksikan penyelidikan. Apalagi pendeteksian benda berlangsung sangat hati-hati dan cukup menegangkan.

Untuk memudahkan proses evakuasi benda tersebut, arus lalu lintas di Jalan Suryotomo dialihkan dan ditutup untuk sementara waktu.

Setelah dideteksi dengan alat X-Ray diketahui ada unsur logam di dalam tas ransel. Namun, benda tersebut tidak diurai di lokasi karena berada di pusat kota dan di dekat keramaian. Tas tersebut lalu diamankan dan dibawa ke Markas Brimob Polda DIY untuk diurai.

Sebelum tas itu dibawa, anggota Gegana sempat membukanya dan terlihat bahwa benda di dalam tas adalah tabung gas 3 kilogram. Namun, benda tersebut tetap dibawa ke markas Brimob Polda DIY untuk diketahui isi tas lainnya.

“Untuk sementara yang terlihat di permukaan adalah tabung gas 3 kilogram. Namun, benda tersebut dibawa ke markas untuk diurai,” ujar Wakil Kepala Polda DIY Komisaris Besar Tjiptono yang ikut memantau di lokasi.

Tas ransel hitam itu kemudian dimasukkan ke dalam tabung khusus bahan peledak dan dibawa dengan mobil Gegana./kompas.com

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, bom di depan meliapurosani jogja (1)

Kronologi Satgas TNI di Perairan Somalia

Posted: 02 May 2011 08:49 AM PDT

BBC Ilustrasi

 

TNI akhirnya membuka diri mengenai misi militer yang dikirim untuk alternatif pembebasan MV Sinar Kudus yang disandera bajak laut Somalia sejak 16 Maret 2011. "Kami mengirim pasukan sejak 23 Maret. Ada tiga kapal perang, satu pesawat, dan satu helikopter. Meski akhirnya serbuan militer dibatalkan, KRI dan satuan udara terus membayangi MV Sinar Kudus dan mengumpulkan data tentang bajak laut," kata Kepala Pusat Penerangan Markas Besar TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul di Jakarta, Minggu (1/5/2011).

Keputusan mengirim 800-an personel militer diambil setelah Presiden RI memimpin rapat kabinet terbatas pada 18 Maret 2011. Ditetapkanlah satuan tugas (satgas) dengan sandi Duta Samudra I/2011.

Akhirnya pada 23 Maret diberangkatkan dua fregat, KRI Abdul Halim Perdanakusumah dan KRI Yos Sudarso, dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta. Sepasang fregat ini bertolak menuju Kolombo, Sri Lanka, dengan singgah di Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat.

Selanjutnya pada 29 Maret, sebuah Boeing 737 TNI AU mengangkut personel Kopassus TNI AD dan Intai Amfibi TNI AL. Pasukan khusus diberangkatkan ke dua KRI yang berada di Sri Lanka. Perjalanan dilanjutkan ke daerah operasi pada 30 Maret.

Satgas mengumpulkan data intelijen dan pengintaian (reconnaissance) di perairan Somalia pada 5 April. Ada tambahan kekuatan berupa KRI Banjarmasin, sebuah kapal tipe landing platform dock, yang mampu mengangkut beberapa helikopter dan puluhan kendaraan tempur. Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Kolinlamil, 21 April.

Pada 25 April, Satgas Duta Samudra tiba di Pelabuhan Salalah, Oman, untuk mengisi ulang perbekalan.

Pada 26 April, Satgas Duta Samudra kembali ke daerah operasi di Perairan Somalia. MV Sinar Kudus berada di pesisir Eil, kampung nelayan sekaligus sarang bajak laut Somalia yang berada 500 mil sebelah utara ibu kota Mogadishu.

Pada 1 Mei pukul 06.00 waktu setempat (pukul 11.00 WIB), Satgas Duta Samudra berada dalam jarak 15 mil laut dari MV Sinar Kudus. Jarak tersebut memungkinkan kontak visual dengan mata telanjang. Jangkauan mata manusia adalah 20 mil horizon di lautan luas.

"KRI kita membayangi para bajak laut dan MV Sinar Kudus yang bergerak. Kami mengawal sampai semua bajak laut turun meninggalkan kapal. Kami mencegah agar jangan sampai ada kelompok bajak laut lain yang mengambil kesempatan. Ada sekurangnya 15 kelompok besar bajak laut di sana," ujar Iskandar Sitompul.

Iskandar Sitompul mengatakan, serangan militer tidak dilakukan karena permintaan keluarga dan para nakhoda kapal niaga serta para sandera berada di tempat terpisah.

"Namun, kami menjaga seluruh proses dan mengawal Sinar Kudus hingga selamat tiba di Oman," kata Sitompul. MV Sinar Kudus dengan muatan dan 20 awak kini bergerak dengan kecepatan 12 knot menuju Salalah di barat Oman, dekat perbatasan Yaman.

Pertanyaan tersisa, apakah TNI akan bergabung dengan patroli internasional membasmi bajak laut di Somalia? (Iwan Santosa)/kompas.com

Rossi Tak Peduli Hasil Portugal, tapi…

Posted: 02 May 2011 08:39 AM PDT

Pebalap Ducati, Valentino Rossi./AFP/JAVIER SORIANO

 

ESTORIL — Valentino Rossi gagal mempertahankan posisinya di peringkat keempat menjelang finis di GP Portugal, Minggu (1/5/11), karena disalip pebalap Repsol Honda, Andrea Dovizioso. Meskipun demikian, “The Doctor” tetap puas dengan hasil di Sirkuit Estoril tersebut. Ia yakin, di Catalunya pada 5 Juni mendatang, kondisi fisiknya akan pulih 100 persen.

Saya pikir kami tidak siap untuk menang. Target untuk Le Mans adalah mencoba untuk perbaiki posisi. Mungkin saya tidak dalam kondisi 100 persen di Le Mans. Tapi saya pikir untuk Barcelona, ??saya akan fit

– Valentino Rossi

Memang, hasil di Portugal ini terbilang cukup sensasional bagi Rossi. Start dari urutan kesembilan, juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut mampu menggeber Ducati Desmosedici GP11 miliknya sehingga langsung melejit ke posisi keempat dan mampu mempertahankannya hingga menjelang finis. Sayang, ketika akan menyentuh garis akhir, dia dilewati Dovizioso.

Namun, Rossi tak peduli dengan hasil di seri ketiga tersebut. Pebalap Italia ini mengatakan, dia tak terlalu melihat hasil akhir, tetapi senang karena kondisi fisiknya terus menunjukkan perubahan ke arah positif.

“Kami senang dengan lomba ini karena, pertama, saya senang dengan kondisi fisikku—saya bisa mengendarai dengan cukup normal sampai akhir perlombaan,” ujar Rossi.

“Saya belum dalam kondisi 100 persen. Kekuatan bahuku mungkin masih kurang 15 persen. Dan setelah melakukan cukup banyak putaran, saya mengalami masalah di kaki kiri. Sebab, ketika saya kehilangan sedikit tenaga di bahu kanan, saya mencoba untuk mendekap tangki dengan kaki kiri dan lutut saat menikung, karena saya mendorong lebih ke dalam dan mulai merasa sakit.”

“Tetapi ini masalah yang bisa saya atasi mungkin bukan untuk Le Mans (15 Mei), tetapi untuk di Catalunya.”

Rossi juga merasa telah membuat kemajuan dalam pengesetan Ducati antara kualifikasi dan balapan.

“Kami sudah banyak melakukan perbaikan pada motor, terutama di bagian depan, sehingga saya bisa lebih banyak mendorong,” ujar mantan pebalap Honda dan Yamaha ini. “Saya melakukannya 20 kali selama perlombaan dibandingkan dengan waktu saat kualifikasi, yang artinya pengesetan sudah jauh lebih baik.”

Mengenai kegagalannya menjelang finis, Rossi bergurau bahwa hal tersebut untuk membuat GP Portugal lebih menarik. Apalagi, dia juga mengalami hal serupa ketika dikalahkan Toni Elias pada tahun 2006 di tempat yang sama.

“Saya senang berada di posisi keempat karena itu bisa menjadi hasil terbaik dengan Ducati. Tetapi, Dovi lebih cepat dan pintar daripada saya. Dia menyalip saya ketika menyentuh garis finis. Garis finis tidak memberikan keuntungan kepada saya…,” ucap Rossi.

Juara dunia sembilan kali balap motor ini juga yakin Ducati masih perlu menambah 0,4 detik lagi jika ingin membidik kemenangan. Namun, Rossi berpikir, dia harus lebih dulu kembali dalam kondisi terbaik dalam beberapa balapan—lebih dari setahun setelah mengalami kecelakaan motocross, yang menjadi awal dari bencana cederanya sepanjang musim lalu hingga sekarang.

“Sekarang kami harus banyak bekerja pada motor untuk memperbaiki beberapa masalah,” kata Rossi.

“Saya tidak berharap bisa menempati peringkat keempat klasemen sementara setelah tiga seri. Untuk saat ini, tiga pertama lebih cepat dari kami, minimal 0,3 sampai 0,4 pada balapan terakhir ini. Jadi, target sekarang adalah membuat agar motor kami bisa memangkas gap.”

“Saya pikir kami tidak siap untuk menang. Target untuk Le Mans adalah mencoba memperbaiki posisi.”

“Mungkin saya tidak akan dalam kondisi 100 persen di Le Mans. Tetapi untuk Barcelona? Saya akan fit.”/kompas.com

Sumber : autospor

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

, DUCATI PORTUGAL 01 MEI2011 (2)

No comments:

Post a Comment