Saturday, October 20, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Alan Pardew Yang Sudah Lama Mencintai Newcastle

Posted: 20 Oct 2012 03:03 AM PDT

Alan Pardew

Semasa menjadi pebola, Alan Pardew memang tak pernah bermain bagi Newcastle United. Ia pun baru berada di klub tersebut sejak akhir 2010 lalu sebagai manajer. Namun uniknya Pardew sudah lama merasa ia akan berjodoh dengan klub berjuluk The Magpies tersebut.

Pardew merasakan hal tersebut saat ia masih aktif sebagai pemain. Suatu ketika saat timnya bertandang ke St. James Park, Pardew menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu klub malam di sana, Tuxedo Princess, setelah bertanding.

Tak dinyana, awal rasa cinta Pardew pada Newcastle bermula ketika ia berada di klub malam yang terkenal karena bertempat di dua kapal ferry tersebut.

"Saya ingat ketika bermain di Newcastle dan mengunjungi Tuxedo Princess pada satu malam. Disitu saya mendapat gambaran tentang bagaimana kota ini beserta penduduknya. Masyarakat disini sangat menggilai sepakbola," buka manajer berusia 51 tahun itu.

"Kebanyakan fans Newcastle adalah kelas pekerja. Bahkan fans yang berpangkat tinggi disini juga berlatar belakang pekerja. Saya menyukai itu semua karena sepakbola adalah permainan yang mengutamakan kerja keras."

"Beberapa klub tak memiliki fans seperti itu. Kamu tak bisa membandingkan fans kami dengan fans Arsenal, sebagai contohnya, karena memang sangat berbeda. Begitu juga dengan fans Chelsea atau Spurs, mereka tidak seperti fans Newcastle."

Tuxedo Princess

Pardew juga menyebut fans lah yang menjadi pembeda dalam setiap pertandingan yang dilakoni Newcastle. Termasuk pertandingan bertajuk Tyne-Wear Derby kontra Sunderland yang akan berlangsung hari Minggu esok.

"Itulah kenapa pertandingan nanti akan berbeda. Dua tim dengan fans yang berstatus kelas pekerja akan datang bersama dan saling mendukung tim masing-masing. Itu adalah sesuatu yang brilian dan akan menciptakan atmosfer pertandingan yang gila."

Sayangnya, sejak resmi melatih Demba Ba dkk, Pardew sudah tak bisa berkunjung lagi ke Tuxedo Princess yang telah "pergi" sejak 2007 silam.

"Saya selalu tersenyum ketika mengingat malam itu. Malam yang sangat menyenangkan di Newcastle. Bisa datang kesini lagi dan menjadi manajer adalah keinginan yang menjadi nyata," tutup manajer bernama lengkap Alan Dave Pardew itu.

Rasa cinta Pardew dipastikan semakin besar setelah ia sepakat untuk menandatangani kontrak mewah berdurasi delapan musim bersama Newcastle pada bulan lalu.

5 Kemampuan Hebat Bayi yang Melebihi Orang Dewasa

Posted: 20 Oct 2012 03:00 AM PDT

Bayi yang baru lahir terlihat seperti mahluk lemah yang tidak berdaya namun di balik itu ternyata bayi memiliki kemampuan yang tidak di miliki oleh orang dewasa pada umumnya. Mau tahu kemampuan apa saja yang dimiliki bayi yang baru lahir simak berikut ini seperti di kutip dari detik.com.


1. Naluri yang tajam


Bayi baru lahir dapat melakukan berbagai gerakan refleks otomatis yang diperlukan dalam perkembangannya. Salah satunya adalah 'refleks menyelam' atau dikenal juga sebagai respons bradycardic.

Respons ini juga dimiliki anjing laut dan hewan air lainnya. Naluri ini diduga merupakan sisa-sisa evolusi nenek moyang manusia yang berevolusi dari laut.

Contohnya adalah seperti ini: Bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan yang kepalanya terendam air akan menahan nafas secara alami.

Pada saat yang sama, jantung berdetak lebih lambat untuk menghemat oksigen dan sirkulasi darah lebih banyak menuju organ paling vital, yaitu jantung dan otak. Respons pada bayi yang terendam air ini lebih lama dibandingkan yang dimiliki orang dewasa.


2. Cepat belajar


Hampir setiap hal yang dialami bayi akan diingat secara permanen dengan cara membentuk sinaps atau sambungan antar sel otak.

Pada saat bayi berusia 3 tahun, telah terbentuk sekitar 1.000 triliun sambungan di otaknya atau 2 kali lebih banyak dibandingkan yang dimiliki orang dewasa. Namun sejak usia 11 tahun, otak anak-anak kemudian mengurangi sambungan yang dianggap berlebihan.


3. Lebih dapat memahami mekanika kuantum


Mekanika kuantum atau hukum aneh yang mengatur pergerakan partikel dasar sangatlah membingungkan. Pengalaman mengenai realitas yang ditemui sehari-hari membuat manusia sulit memahami mekanika kuantum.

Namun bayi yang baru lahir belum terbiasa dengan realitas apapun, dan dengan demikian merupakan satu-satunya makhluk hidup yang dapat secara intuitif memahami mekanika kuantum.

Sampai usia 3 bulan atau lebih, bayi tidak memiliki pemahaman bahwa benda hanya bisa berada di satu tempat pada satu waktu.

Sebelum usia itu, eksperimen dan permainan seperti ‘Ciluk Ba’ menunjukkan bahwa bayi berpikir objek yang tersembunyi bisa ada di mana saja. Hal ini merupakan petunjuk mengenai intuisi bayi dalam memahami mekanika kuantum.


4. Mengenali irama


Semua bayi dilahirkan memiliki sensasi untuk merasakan irama. Hal ini ditunjukkan oleh penelitian tahun 2009 di mana tim peneliti di Eropa memainkan drum secara berirama kepada bayi berusia 2 – 3 hari.

Iramanya sesekali berdetak kencang, kemudian beberapa kali memainkan irama yang mengganggu dan pada suatu waktu berhenti.

Elektroda yang menempel pada kulit kepala bayi mengungkapkan bahwa otak bayi merespons irama ini. Hal ini mengindikasikan bahwa harapannya untuk mendengar irama terganggu dan bisa merasakan irama secara tajam.

Para peneliti berpendapat, mungkin detak jantung ibu mengajarkan irama kepada bayi sewaktu di dalam kandungan. Para ilmuwan kemudian beranggapan bahwa bayi dapat mempelajari makna perkataan orangtua serta mempelajari bahasa hanya dari iramanya saja.


5. Menjadi lucu


Bayi menjadi lucu bukan tanpa alasan. Semua bayi dilahirkan lucu untuk menggugah insting melindungi dari orang dewasa.

Dalam penelitian yang dipublikasikan tahun 2011 lalu, tim psikolog dari Cina dan Kanada menemukan bahwa bayi dinilai lebih imut dan lucu dibanding anak-anak.

Tingkat kelucuan ini akan turun saat bayi menginjak usia 4 tahun. Pada bayi, penampilan yang lucu ini benar-benar masalah hidup dan mati. Penelitian lain menemukan bahwa bayi yang memiliki mata kecil, dahi datar dan wajah persegi cenderung tidak mendapat perhatian dari orangtuanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Tak Lagi Tergantung Pada Lionel Messi

Posted: 20 Oct 2012 02:58 AM PDT

Barcelona Tak Lagi Tergantung Pada Lionel Messi

Barcelona kemungkinan tidak akan memainkan Lionel Messi sebagai starter dalam lawatan mereka ke Riazor menghadapi Deportivo La Coruna. Perjalanan Messi dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 membuat hal ini mesti terjadi. Tidak masalah. Dalam era Tito Vilanova, meski King Leo menjadi sumber gol Barca, nyatanya Barca tak lagi tergantung pada sosok King Leo semata.

Pertandingan internasional selalu menjadi sesuatu yang menakutkan untuk sebuah tim. Seorang pelatih klub Eropa, harus pintar-pintar meracik strategi kalau-kalau salah satu pasukannya cedera kala membela negara, atau kelelahan. Tak terkecuali Barcelona. Bisa jadi Barca akan mengistirahatkan Lionel Messi kala bertandang ke markas Deportivo La Coruna demi menjaga agar King Leo tak kelelahan, lantas mengalami cedera. Masalahkah buat Barcelona?

Hingga saat ini, Messi adalah pencetak gol tersubur Barcelona. King Leo mengemas 12 gol dalam 11 pertandingan. Ia menyumbang 44% gol Baca. Namun, bukan berarti Barca hanya mengandalkan Messi.

Jika musim lalu kemenangan Barca identik dengan gol Lionel Messi; dan hasil buruk identik dengan kemandulan King Leo, kini tidak. Ada 4 kemenangan Barca yang dilalui tanpa satu gol pun dari Messi, yaitu menghadapi Valencia (1-0), Granada (2-0), Sevilla (menang 2-3), dan Benfica (0-2).

Andai Messi tak tampil penuh, ini kesempatan untuk David Villa atau Cesc Fabregas untuk unjuk gigi.  Villa sejauh ini memang sudah tampil dalam 7 laga. Tapi 6 di antaranya dilalui dengan muncul dari bangku cadangan. Dari segi persentase jumlah gol berbanding tembakan, Villa lebih unggul daripada Messi. Si Nomor 7 cuma butuh 6 tembakan untuk mencetak 3 gol (50%). Sementara King Leo memiliki persentase gol 21% dari total tembakan.

Cesc Fabregas yang sukses melakoni peran false nine di timnas Spanyol bisa menjadi pilihan pengganti peran Leo Messi. Plus, jangan lupakan Pedro Rodriguez yang sempat mencetak hattrick ke gawang Belarusia.

Selain King Leo yang mungkin akan duduk di bangku cadangan sementara waktu, Tito Vilanova kemungkinan akan merotasi pula sosok Javier Mascherano yang sama-sama mengalami perjalanan panjang setelah membela Argentina. Artinya, mungkin saja Marc Bartra, andai fit, dipasangkan dengan Gerard Pique.

Rotasi juga mungkin terjadi di sektor gelandang bertahan. Sergio Busquets yang tampil penuh dalam dua laga internasional Spanyol, bisa diganti oleh Alex Song.

Andai Tito benar-benar mencadangkan Messi, bukan berarti Barca kehilangan taji. Keadaan serupa pernah terjadi pada pertandingan Getafe vs Barcelona bulan lalu. Kala itu, King Leo turun dari bangku cadangan dan Barca menang 1-4.

Incoming search terms:

Juventus Harus Hancurkan Mental Napoli, Pinta Claudio Marchisio

Posted: 20 Oct 2012 02:55 AM PDT

Claudio Marchisio

Juventus akan melakoni laga big match dalam pekan kedelapan Liga Italia Serie A 2012/2013. Anak asuhan Antonio Conte dijadwalkan bertemu Napoli yang sama-sama berdiri di garda depan klasemen sementara. Claudio Marchisio pun meminta rekan-rekannya untuk menghancurkan mental Napoli.

Napoli terus menguntit langkah Juventus sejauh tujuh pekan Serie A. Dengan sama-sama mengemas 19 poin, Juve seolah terus ditekan dari belakang. Oleh karenanya, laga pekan ke delapan besok menjadi penentuan siapa yang lebih pantas difavoritkan meraih trofi Serie A musim ini.

Kami ingin mengalahkan mereka dalam rangka untuk menjatuhkan mental, tegas pemain yang masuk kandidat peraih Ballon d'Or.

Juventus dan Napoli adalah dua klub yang sama-sama difavoritkan meraih gelar musim ini. Keduanya tampil kompetitif. Namun Juventus mempunyai modal lebih banyak ketimbang Napoli jelang laga Sabtu (20/10/12) besok.

"Kami memiliki pemain yang lebih baik, sejarah yang lebih mengesankan dan ini berguna untuk meriah kemenangan," ujar gelandang Internasional Italia ini.

Sekalipun demikian, Juve harus tetap waspada. Dalam pertandingan reguler, apa pun bisa terjadi. Tegas Marchisio kepada La Gazzetta dello Sport.

"Dalam permainan tunggal, apa pun bisa terjadi, tapi kami unggul atas Napoli pada jangka panjang. Sekalipun demikian kami harus tetap waspada. Mereka tim yang terus meningkat."

"Kami ingin mengalahkan mereka dalam rangka untuk menjatuhkan mental mereka. Perburuan gelar juara masih panjang. Tapi itu akan menjadi pukulan psikologis bagi mereka jika kita ambil tiga poin penuh."

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri demi AFF Cup 2012

Posted: 20 Oct 2012 02:01 AM PDT

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri

Timnas Indonesia membutuhkan pertandingan uji coba di luar negeri. Demikian yang dicetuskan oleh pelatih Nil Maizar. Dengan berlaga di luar negeri, mental bertanding pasukan Garuda akan semakin tangguh. Apalagi AFF Cup 2012 mendatang juga akan digelar di Malaysia.

Nil Maizar, pelatih timnas Indonesia, berharap para pemainnya bisa menjalani pertandingan uji coba di luar negeri. Dengan terbiasa menghadapi teror dari penonton tim lawan, diharapkan mental pasukan Garuda semakin matang. Uji coba di luar negeri menjadi semakin penting jika melihat AFF Cup 2012 mendatang. Indonesia berada di Grup B bersama Malaysia, Singapura, dan Laos. Laga Grup B sendiri akan berlangsung di Malaysia.

"Jika bisa ada pertandingan persahabatan lagi di luar negeri, (hal) itu bagus untuk membangun mental pemain. Sebab, nanti di Piala AFF 2012 kita akan bermain di kandang lawan," sebut Nil.

Nil Maizar sendiri mengaku cukup puas dengan mental para pemain kala menghadapi Vietnam (0-0) pada Selasa, 16 Oktober 2012. Ketika itu, meski diteror penonton Vietnam, pasukan Garuda tak terpengaruh.

"Saat menghadapi Vietnam di Hanoi, stadion penuh dan penonton meneror para pemain. Tetapi, anak-anak tidak terpengaruh. Kondisi seperti di Hanoi itu bagus untuk perkembangan tim."

Timnas Indonesia Butuh Pertandingan Uji Coba di Luar Negeri 2

Selama ini, Indonesia memang terkenal dengan sebutan 'jago kandang'. Sebagai contoh, dalam AFF Cup 2010 lalu. Meski mampu menyapu bersih kemenangan kala menjadi tuan rumah babak penyisihan grup, Indonesia justru terkulai dalam satu-satunya laga tandang. Yaitu, kala dibekap Malaysia dengan skor telak 3-0. Di AFF Cup 2007, bahkan Indonesia tak bisa keluar dari babak penyisihan grup kala Singapura menjadi tuan rumah.

Mandi dengan Mata Tertutup Bisa Tingkatkan Memori

Posted: 20 Oct 2012 02:00 AM PDT

Mandi merupakan aktivitas yang dilakukan orang setiap harinya dan punya banyak manfaat. Tapi jika ingin meningkatkan memori, cobalah membasuh air atau menggunakan shower sambil menutup mata saat mandi.

Diketahui beberapa perubahan gaya hidup yang terdengar sepele atau kecil kadang bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh, salah satunya adalah memejamkan mata saat mandi dapat tingkatkan memori.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Franklin Institute mengungkapkan memblokir atau menggabungkan satu atau lebih indra di tubuh, misalnya mandi dengan mata tertutup bisa meningkatkan daya ingat atau memori dan kebugaran mental.

Hal ini dikarenakan jika seseorang menggunakan indra dengan cara yang tidak terduga, maka bisa merangsang sel-sel saraf di otak sehingga mengaktifkan jalur yang ada, seperti dikutip dari Livestrong.

Peneliti mengungkapkan kondisi ini hampir sama ketika orang menengadahkan tangan saat hujan atau mencium bau bunga sambil memejamkan mata. Ketika menutup mata maka tubuh mengandalkan penalaran spasial dan indra penciuman serta sentuhan.

Mandi dengan mata tertutup ini juga bisa memberikan efek relaksasi bagi tubuh yang dapat membantu mengurangi kadar kortisol atau hormon stres yang diproduksi akibat tekanan saat kerja atau masalah lain.

Selain itu, berdasarkan jurnal Alternative and Complementary Therapies diketahui mandi dan menambahkan minyak esensial ke dalam air bak mandi bisa membantu meningkatkan kinerja dari otak, mempertajam memori serta mengurangi stres.

Sedangkan ketika orang mandi dengan shower secara otomatis mekanisme tubuh akan mendorong lebih banyak darah mengalir sehingga dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu menghilangkan racun.
 
 

Prediksi Tottenham vs Chelsea, Sabtu 20 Oktober

Posted: 20 Oct 2012 01:58 AM PDT

Tottenham 1-5 Chelsea, FA Cup

Pertandingan seru bertajuk Derby London antara Tottenham Hotspur vs Chelsea akan membuka tirai Liga Inggris pekan ini di Stadion White Hart Lane, Sabtu (20/10/2012) pukul 18.45 WIB. Performa Tottenham yang tengah dalam tren meningkat dijamin akan menjadi kesulitan tersendiri bagi Chelsea. Apalagi laga nanti digelar di markas Spurs.

Dalam enam pertandingan terakhir di White Hart Lane, Chelsea tercatat tak mampu menumbangkan Spurs. Kubu London Biru hanya bisa meraup hasil tiga kali seri dan tiga kali kalah.

Pertandingan nanti juga akan dibumbui dengan perjumpaan Andre Villas-Boas dengan Chelsea untuk pertama kalinya sejak ia didepak dari kursi manajer The Blues, Maret silam. Namun AVB menyatakan ia tak akan mengusung misi balas dendam di pertandingan nanti.

"Pertandingan nanti hanyalah seperti pertandingan lain yang bernilai tiga angka jika menang. Kedua tim masih akan menjalani 30 pertandingan lagi yang lebih sulit," papar Villas-Boas.

Manajer asal Portugal itu akan dipusingkan dengan siapa kiper yang akan ia pilih. Selama ini ia lebih sering memasang Brad Friedel di bawah mistar gawang Spurs. Namun penampilan memukau Hugo Lloris akhir-akhir ini tentu tak bisa ia pandang sebelah mata.

Dari kubu Chelsea, mereka akan bermain tanpa sang kapten John Terry yang mulai menjalani skorsing empat pertandingan sebagai buntut dari kasus rasismenya dengan Anton Ferdinand.

Ketiadaan Terry akan membuat Roberto Di Matteo menduetkan Gary Cahill dengan David Luiz di jantung pertahanan tim, ditemani Branislav Ivanovic dan Ashley Cole di posisi fullback.

Selain Terry, Chelsea kemungkinan juga masih belum bisa menurunkan Frank Lampard dan Ryan Bertrand. Keduanya mengalami cedera dan bahkan juga harus mangkir dari dua pertandingan Timnas Inggris di Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Perkiraan susunan pemain:

Tottenham (4-2-3-1): 24. Brad Friedel; 28. Kyle Walker, 13. William Gallas, 33. Steven Caulker, 5. Jan Vertonghen; 30. Sandro, 19. Moussa Dembele; 7. Aaron Lennon, 11. Gareth Bale, 2. Clint Dempsey; 18. Jermain Defoe. Manajer: Andre Villas-Boas

Chelsea (4-2-3-1): 1. Petr Cech; 2. Branislav Ivanovic, 4. David Luiz, 24. Gary Cahill, 3. Ashley Cole; 12. Obi Mikel, 7. Ramires; 11. Oscar, 10. Juan Mata, 17. Eden Hazard; 9. Fernando Torres. Manajer: Roberto Di Matteo

Head to head:

16-04-2012: Tottenham 1-5 Chelsea

24-03-2012: Chelsea 0-0 Tottenham

23-12-2011: Tottenham 1-1 Chelsea

30-04-2011: Chelsea 2-1 Tottenham

12-12-2010: Tottenham 1-1 Chelsea

Prediksi SidomiNews: Tottenham (33%) Draw (34%) Chelsea (33%)

5 Makanan Pengganti Obat Tidur

Posted: 20 Oct 2012 01:00 AM PDT

Tidur nyenyak buat beberapa orang merupakan kemewahan. Faktanya, tidur merupakan waktu untuk sel dari tubuh termasuk sel otak untuk bisa pulih.

Kekurangan tidur dapat membuat badan anda lemas, pusing, dan tidak fokus pada pagi harinya, sebagaimana dikutip dari Healthmeup.

Untuk membuat anda dapat tidur lebih nyenyak, tanpa meminum obat tidur, lebih baik anda memakan makanan berikut ini sebelum beranjak tidur sebagai penggantinya.

1. Kacang Almond


Kacang segar, terutama almond, dianggap sebagai “makanan berkhasiat” untuk membantu anda tidur lebih nyenyak. Kandungan magnesium dalam kacang mencegah anda memiliki masalah tidur dan memicu relaksasi otot.

Kandungan protein di dalamnya juga membantu menstabilkan tingkat gula darah selama tidur. Disarankan untuk memakan almond setidaknya 2-3 jam sebelum tidur.


2. Sereal


Penelitian baru-baru ini menunjukan bahwa sereal rendah gula dapat juga membantu anda tidur lebih nyenyak. Salah satunya sereal dengan topping yoghurt.

Kombinasi keduanya dapat membantu mengaktifkan serotonin di otak yang bertanggungjawab untuk menstabilkan ‘mood’ dan menciptakan kualitas tidur yang lebih baik. Ketika tingkat dari serotonin di tubuh sangat tinggi, maka anda akan merasa ngantuk.


3. Telur Rebus


Jika anda bangun dan merasa lapar di tengah malam, anda mungkin memakan makanan tertentu. Pilihan terbaiknya adalah telur rebus.

Tingginya kandungan protein dalam telur membantu memperbaiki kualitas tidur dan menjaga kesehatan tubuh, sehingga hal itu memberikan anda perlindungan yang lengkap. Meski begitu, jika anda memiliki masalah kolesterol tinggi, disarankan untuk mengkonsumsi putih telurnya saja.


4. Madu.


Tambahkan madu ke dalam teh sembari menikmati roti kesukaan anda. Madu dapat memperbaiki kualitas tidur. Kealamian untuk menstimulasi tidur dalam madu bisa menjadi solusi.


5. Popcorn


Popcorn mengandung cukup karbohidrat untuk membantu memastikan asupan yang memadai dari trytophan (asam amino) untuk otak.

Asam amino ini digunakan untuk menghasilkan serotonin, yang menstimulasi anda untuk tidur. Sehingga, tak ada masalah bila memakan popcorn sebelum tidur, selama tak ada tambahan mentega atau gula.
 
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Kesehatan yang Super Unik

Posted: 20 Oct 2012 12:00 AM PDT

Tes kesehatan tidak selalu harus dilakukan di laboratorium dengan peralatan yang serba rumit. Beberapa pemeriksaan bisa dilakukan tanpa alat khusus, bahkan dengan cara unik misalnya melakukan kayang untuk mendeteksi masalah punggung.

Beberapa cara unik yang bisa dilakukan sendiri sebagai pengganti tes kesehatan adalah sebagai berikut:


1. Kayang untuk mendeteksi masalah punggung

Diperkirakan 4 dari 5 orang pernah mangalami nyeri punggung minimal sekali dalam hidupnya. Penyebab terbanyak di kelompok usia 50-an tahun adalah masalah pada facet joint yang menghubungkan tiap ruas tulang belakang.

“Untuk mendeteksinya, berdiri tegak lalu lengkungkan punggung ke belakang sejauh dan serendah mungkin. Ini akan menyebabkan kondisi yang agak menyakitkan jika ada kontak antara tulang dengan tulang yang akan terasa sakit,” kata Mushtaque Ishaque dari Royal Orthopaedic Hospital, Birmingham.


2. Makan jagung manis untuk mendeteksi flu perut

Pencernaan yang lambat bisa dipicu oleh berbagai kondisi seperti gastroenteritis atau disebut juga flu perut. Makan jagung manis bisa mendeteksi gangguan ini karena lapisan terluar jagung manis yang berwarna kuning tidak bisa dicerna oleh perut.

“Ukur saja waktu yang dibutuhkan sejak jagung itu dimakan hingga keluar bersama kotoran. Waktu transit selama 24-48 jam masih dianggap normal, tapi kalau 72 jam itu terlalu lambat,” kata Anton Emanuel dari University College Hospital, London.


3. Naik tangga untuk periksa fungsi paru

Cara paling mudah untuk mengukur kapasitas paru-paru dalam memproses oksigen adalah dengan naik tangga selama 2 menit sambil ngobrol. Kalau ngos-ngosan sampai susah ngobrol, berarti ada masalah dengan paru misalnya ada Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK).


4. Memegang hidung untuk mengukur fungsi otak

Menguji kemampuan koordinasi gerak bisa sekaligus mendeteksi berbagai gangguan serius seperti multiple schlerosis (MS) dan risiko stroke. MS mempengaruhi otak di bagian cerebellum yang mengatur persepsi, koordinasi dan keseimbangan.

Untuk mengujinya, ajak seorang teman duduk berhadapan lalu minta teman tersebut menggerakkan jarinya di depan wajah. Tiap tangannya bergerak, sentuh jarinya lalu bergantian sentuh hidung sendiri.

Kerusakan pada cerebellum bisa membuat permainan sederhana ini sulit dilakukan dan bakal sering meleset saat berusaha menyentuh jari teman yang bergerak-gerak.


5. Selembar kertas A-4 untuk mendeteksi hormon

Tangan yang selalu gemetar bisa menunjukkan adanya hiperaktivitas kelenjar tiroid. Kelebihan hormon tiroid membuat berbagai fungsi tubuh bekerja lebih kencang dari seharusnya.

“Untuk mendeteksinya, buka telapak tangan menghadap ke bawah lalu letakkan selembar kertas ukuran A-4 di atasnya. Kalau kertasnya goyang-goyang itu menandakan hipertiroidisme,” kata Richard Ross, ahli endokrinologi dari University of Sheffield.
 
 

Sumber Bunyi yang Paling Menyiksa Manusia

Posted: 19 Oct 2012 11:00 PM PDT

Para peneilti asal University of Newcastle, Inggris menemukan suara paling tak mengenakkan untuk didengar bagi manusia.

Temuan ini didapat setelah peneliti melihat interaksi di dalam otak sekitar 13 relawan yang diminta mendengar bunyi-bunyian dari 74 bunyi berbeda. Para relawan diminta mendengarkan bunyi-bunyian tersebut sambil otaknya dipindai menggunakan mesin MRI.


Dari penelitian itu ditemukan, gesekan pisau pada botol kaca menempati suara paling tak mengenakkan untuk didengar manusia.

Suara paling tak mengenakkan nomor dua adalah gesekan ujung mata garpu ke kaca. Sementara bunyi yang paling nyaman didengar dari seluruh sampel tadi adalah suara aliran air.

Sukhbinder Kumar, penanggung jawab penelitian ini mengatakan, ia dan rekannya, Tim Griffiths memilih suara-suara yang tidak memiliki koneksi pengalaman pahit atau emosi tak mengenakkan dalam diri relawan.

Hasil pindai menunjukkan, suara tak mengenakkan bukan saja meningkatkan aliran darah ke korteks auditori otak seseorang, tempat suara diproses, tetapi juga memicu amygdala, area primitif pada otak yang memproses emosi.

“Temuan ini juga menjelaskan kaitan antara korteks auditori dan amygdala. Kami berhasil mengetahui jaringan di dalam otak yang menghubungkan suara dan perasaan tak mengenakkan,” jelas Griffiths.

Suara yang berada dalam frekuensi 2000-5000 Hertz adalah suara yang paling tak mengenakkan untuk didengar manusia, kata Kumar.

Temuan ini diharapkan bisa membantu para peneliti mengerti apa yang membuat sebagian orang lebih sensitif terhadap suara tertentu ketimbang orang lain, kata Kumar.

Harapannya, hal ini bisa membantu memberi jalan lain untuk melihat masalah misophonia, yakni intoleransi/kesensitivitasan berlebih terhadap bunyi, yang sedang didalami oleh Kumar.
 
 

Bola Mata Raksasa Misterius Ditemukan di Tepi Pantai

Posted: 19 Oct 2012 10:00 PM PDT

Sebuah bola mata raksasa misterius ditemukan seseorang di Pompano Beach, Florida, Amerika Serikat dan menghadirkan banyak pertanyaan mengenai seperti apa pemiliknya. Demikian diberitakan NBC News.

Bola mata raksasa ini ditemukan pada Rabu lalu dan sudah dilaporkan ke Florida Fish and Wildlife Conservation Commission untuk menyimpannya. Setelah itu, akan dikirim ke Fish and Wildlife Research Institute di St. Petersburg, Florida, untuk dianalisa.

Para ahli biota laut tidak bisa segera mengetahui spesies laut terkait mata raksasa misterius itu namun para ahli akan menggunakan tes genetik untuk memecahkan misteri tersebut. Demikian disampaikan juru bicara komisi, Carli Segelson.


Segelson mengatakan pikirannya dipenuhi beragam pertanyaan mengenai kasus ini termasuk sejak foto bola mata raksasa misterius itu terpanjang di page komisi di Facebook. “Foto ini begitu saja menyebar,” katanya.

“Dugaan sementara kemungkinan mata itu milik ikan besar,” katanya. Kemungkinannya adalah ikan tuna, ikan todak, atau ikan yang berasal dari laut dalam.

 
 
 

Hotel-hotel Unik di Genting Malaysia

Posted: 19 Oct 2012 10:00 PM PDT

Jika kalian berlibur ke Malaysia, jangan lupa mampir ke Resorts World Genting. Salah satu tempat yang sayang kalau dilewatkan saat kalian berada di Malaysia. Disana kalian dapat menikmati aneka permainan, melihat pemandangan yang indah, mencicipi beraneka ragam kuliner, bahkan bisa mencoba keberuntungan di kasino. Untuk penginapan disana terdapat beberapa hotel yang masih di bawah management Resorts World Genting, yaitu First World, Theme Park, Awana dan Maxims. Tapi yang paling banyak dicari oleh turis adalah First World dan Theme Park hotel. Kelebihan First World hotel adalah banyaknya kamar yang tersedia disana, dengan harga yang termurah, dan juga arena permainan indoor dan kasino berada di lantai bawah dari hotel tersebut.

        

--> First World Hotel 


First world hotel cukup nyaman walaupun tidak ber-AC karena kawasan Resorts World Genting cuacanya sudah dingin. Kamar dengan desain minimalis, terdiri dari 2 ranjang, lengkap dengan teko listrik. Nyaman dan bersih. Saat menginap di First World Hotel, mimin dapet kamar yang viewnya mengarah ke Theme Park.
  

-->View dari kamar First World Hotel


Kalian tidak perlu repot-repot membeli air minum, karena di koridor dekat lift terdapat dispenser air minum, air panas dan dingin.

Jika kalian ingin ke Indoor Theme Park atau ke kasino, dapat ditempuh dengan jalan kaki. Mimin merekomendasikan hotel ini.

Dan yang terakhir terima kasih buat Resorts World Genting yang udah ngajakin mimin jalan-jalan ke Genting.

Foto-foto #gentingtrip juga bisa kalian lihat di instagram @terselubung


No comments:

Post a Comment