Tuesday, November 6, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Situs Kota Tertua di Eropa Ditemukan di Bulgaria

Posted: 06 Nov 2012 10:05 AM PST

old town

Baru-baru ini sebuah kota yang diduga berasal dari peradaban tua di Eropa ditemukan. Sebuah kota prasejarah ini ada di kota Provadia, timur laut negara Bulgaria. Arkeolog dari Bulgaria, yang menemukan kota tua ini mengatakan, kemungkinan dulu ada sekitar 350 orang yang mendiami tempat tersebut. Dan, seperti dikutip BBC, temuan itu berasal dari zaman sekitar 4.700 – 4.200 sebelum masehi. Tahun tersebut menandakan peradaban kota ini sudah ada sejak 1.500 tahun sebelum dimulainya peradaban Yunani.

"Kami tidak berbicara mengenai kota seperti negara-kota Yunani, Romawi kuno atau situs abad pertengahan, melainkan apa yang disepakati oleh para arkeolog sebagai sebuah kota di abad kelima sebelum Masehi," kata Vasil Nikolov, peneliti dari Institut Nasional Arkeologi Bulgaria, seperti dikutip BBC dari AFP.

Sejumlah tim yang tergabung dalam penemuan situs ini sudah memulai penggalian sejak 2005 silam. Semenjak itu, banyak temuan dan kesimpulan yang dihasilkan.  Arkeolog meyakini, saat itu garam adalah barang komoditi yang cukup penting dalam masyarakat kota tua. Banyak warga yang diduga sering merebus air untuk membuat garam dan dijual. Garam sering dipakai agar daging lebih awet.

Dari sisi bangunan, tim arkeolog menemukan ada rumah berlantai dua yang sudah tidak utuh lagi. Didapatkan pula ada bangunan yang kemungkinan menjadi pos jaga dan pintu gerbang. Tim juga menemukan kuburan dan lubang-lubang yang diduga menjadi tempat para warga melakukan ritual. Kebanyakan, bangunan disusun dengan memakai batu dan sangat tinggi.

Keberadaan peradaban ini ditunjang oleh temuan sebelumnya di daerah Tuzla (Bosnia) dan Turda (Rumania). Di sana terdapat tambang garam, selain juga ada tambang tembaga dan emas.

Resep Gulai Kambing

Posted: 06 Nov 2012 10:05 AM PST

gulai kambing

Dua hari lagi umat Islam merayakan hari raya Idul Adha. Momen yang juga dikenal dengan hari raya Qurban ini diikuti dengan penyembelihan hewan ternak usai melakuka shalat Ied. Selama tiga hari usai hari H adalah masa diperbolehkannya penyembelihan.  Daging ternak, terutama kambing dan sapi, akan dibagikan pada masyarakat sekitar yang kurang mampu dan sebagian untuk orang yang menyerahkan ternaknya untuk qurban.

Inilah saatnya "pesta" daging. Banyak cara untuk mengolah daging kambing. Dan, salah satunya membuatnya menjadi gulai kambing. Sudah tahu cara memasaknya? Jika belum, simak resep gulai kambing berikut ini:

Bahan:

800 gram potongan daging kambing4 butir cengkeh3 cm kayumanis2 buah kapulaga5 lembar daun jeruk tanpa tulangnya2 lembar daun salam2 batang sereh, memarkan bagian putihnya2 buah asam kandis2 cm jahe dimemarkan2 cm lengkuas dimemarkan2 sendok teh garam3/4 sdt merica bubuk1/2 sdt gula pasir1.500 ml santan kelapa2 sdm minyak

Bumbu halus:

5 cabai merah besar buang bijinya1 1/2 sendok teh ketumbar dan sangrai1/8 sdt  jintan, disangrai12 butir bawang merah6 siung bawang putih1/8 sdt pala bubuk2 cm kunyit  yang bakar3 butir kemiri sangrai

Semua bumbu diatas dihaluskan jadi satu.

Cara memasak:

Siapkan panci dan panaskan minyak di dalamnya.Tumis semua bumbu halus beserta cengkeh, asam kandis, kapulaga, kayumanis, sereh, daun jeruk, jahe, lengkuas, dan daun salam. Tunggu hingga tercium harum.Masukkan potongan daging kambing dan aduk hingga warnanya berubah matang.Lengkapi rasanya dengan memasukkan merica bubuk, gula pasir garam, dan santan. Tunggu sampai kuah mengental dan masak dengan api kecil.

Kalau Anda ingin memasak gulai kambing dengan dipandu dengan video tutorial, silakan saksikan tayangan di bawah ini:

Resep : Sate Kambing Bumbu Kecap

Posted: 06 Nov 2012 10:02 AM PST

sate kambing bumbu kecap

Idul Adha merupakan saat dimana hampir tiap rumah memiliki daging kambing yang siap untuk diolah menjadi berbagai masakan termasuk diantaranya menjadi Sate Kambing. Rasanya yang enak serta cara membuat yang tak terlalu sulit menjadikan resep Sate Kambing Bumbu Kecap sering jadi pilihan para ibu.

Anda juga ingin mengolah daging kambing pembagian Idul Adha Anda menjadi Sate Kambing? Berikut resep sederhana ala Sidominews;

½ kg daging kambing, minyak goreng 5 sdm, tusuk sate, kecap manis, merica.

5 bawang merah, 3 bawang putih, 2 kemiri, 1 sdt ketumbar, 1 sdt garam.

Potong dadu kecil daging kambing, lumuri dengan merica, kecap dan bumbu halus serta minyak goreng, lalu tusuk dengan tusuk sate.

Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap, lalu bakar sate di atas arang yang telah dinyalakan dan panas.

Balik-balik agar sate tak gosong hingga matang dan berbau wangi. Angkat, hidangkan dengan sambal kecap atau sambal kacang.

Bawang merah potong kecil, cabe rawit iris kecil, tomat iris kecil, 1 iris jeruk nipis ambil airnya.

Campur semua bahan dan tambahkan kecap manis. Siap dihidangkan dengan sate kambing.

Keret House, Rumah Memanjang di Sebuah Gang

Posted: 06 Nov 2012 10:01 AM PST

keret-house

Barangkali inilah rumah yang cukup simpel saat ini. Hanya dengen memanfaatkan lebar bangunan yang sempit, sebenarnya sudah bisa dibuat sebuah rumah tinggal. Memang pandangan ke ruangan bakal terasa sempit. Namun, alternatif rumah memanjang ini mugkin daat menjadi alternatif saat harga tanah semakin menanjak.

Penggagasnya adalah Jakub Szczesny, seorang arsitek dari Polandia. Dia berhasil menciptakan sebuah rumah yang hanya punya lebar 122 centimeter di semua sisinya. Rumah ini dibangun pada sebuah gang kecil di antara rumah yang dibuat di era pra-Perang Dunia kedua dengan sebuah apartemen modern dengan bentuk segitiga. Lebih tepatnya, rumah memanjang tersebut berada di Jalan Chlodna 22 dan Zelazna 74 yang ada di pusat kota Warsawa. Szczesny menamainya Keret House.

keret-house

"Pada awalnya terlihat premis membangun ruang hidup tersebut tidak mungkin. Keret House bertentangan dengan gambar rekaan, sekaligus memperluas konsep arsitektur yang tidak mungkin," kata Szczesny seperti dikutip Amusing Planet.

Rumah Keret buatan Szczesny dibuat pada bidang berukuran 92 cm di titik tersempit dan 152 centimeter di titik terlebar. Rumah dibuat dua lantai dari bahan alumunium dan plastik. Ukuran rumah tersebut memiliki posisi tersempit 72 centimeter dan lebar terbesar 122 centimeter. Bentuk segitiganya berukuran 10 meter dengan ketinggian dari dasar tempat berdiri sekitar 9 meter. Jalan masuk ke dalam rumah ini melewati sebuah tangga.

keret-house

Di rumah yang amat sempit itu, Szczesny berhasil mengisinya dengan ruang toilet dan kamar mandi, dapur yang dilengkapi wastafel, lemari, meja untuk dua orang, dan sebuah sofa. Itu semua ada di lantai satu. Lantai dua diisi dengan tempat tidur, meja, dan kursi. Rumah ini tidak memiliki jendela. Sebagai gantinya, Keret House dilengkapi fasad baja yang mempunyai lubang untuk masuknya cahaya.

keret-house

Menurut Szczesny, rumah ini bisa dipakai sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu lama. Namun, untuk ptototipe Keret House ini, Szczesny mungkin hanya akan memajang setidaknya selama dua tahun. Keret House sudah dimasukkan dalam ikon pariwisata di kota Warsawa.

Cara Membuat Rainbow Cake

Posted: 06 Nov 2012 09:59 AM PST

rainbow cake

Sekali pun sudah menjadi favorit selama beberapa bulan, rainbow cake masih tetap dicari. Kue ini memang unik. Ketika kue dibelah, akan terlihat lapisan yang berwarna-warni seperti pelangi. Rasa nikmatnya menggoyang lidah. Ini sepadan dengan cara membuatnya yang tidak sebentar.  Pasalnya, untuk bisa membuat lapisan berwarna-warni, diperlukan tujuh pamenggangan adonan yang berbeda warna untuk ditumpuk.

Anda bisa membuatnya sendiri kalau mau. Berikut ini disajikan resep cara membuat rainbow cake. Atau, Anda bisa pula melihat tutorialnya pada video yang ada.

Bahan:

400 gram gula5 butir telur dan ambil putihnya saja350 gram susu UHT230 gram mentega2 sdt esens rasa vanila6 jenis pewarna makanan (merah, oranye, biru, ungu, hijau, kuning)4 sendok teh baking powder375 gram tepung

Bahan toping:

Springkle aneka warna100 gram keju100 gram mentega putih

Cara membuat:

Tuangkan tepung, esense vanila, baking powder, dan garam ke wadah. Sisihkan.Putih telur dikocok hingga kaku dan sisihkan.Kocok mentega dengan gula sampai lembut dan tambahkan putih telur yang sudah dikocok tadi secara perlahan.Setelah kocokan adonan mentega, putih telur, dan gula merata, masukkan campuran adonan yang tersebut dalam poin no. 1.Tuang adonan ke dalam enam wadah berbeda. Masukkan pewarna makanan yang berbeda antara wadah satu dengan yang lain. Aduk sampai warna tercampur sempurna.Panggang semua wadah pada suhu 160 derajat Celcius selama 15-20 menit. Setelah selesai, ambil dan dinginkan cake. Sisihkan.Kocok krim keju dan mentega putih sampai lembut.Oleskan kocokan kedua krim ini pada tiap lapisan cake bagian atas. Lanjutkan dengan menumpuknya bersama cake lain. Ulangi langkah ini sampai semua cake disatukan.Saat semua menjadi utuh, lapisi semua bagian dengan sisa krim. Taburi semua bagian dengan springkle warna-warni.

Berikut ini video cara membuat rainbow cake:

Kawin Hederak,Nikah Massal yang Jadi Aset Budaya Masyarakat Bangka

Posted: 06 Nov 2012 09:58 AM PST

kawin hederak

Pernikahan adalah saat-saat yang membahagiakan. Ikrar "peresmian" cinta tersebut menjadi harapan bahagia semua orang. Namun, kalau prosesi pernikahan dijadikan daya tarik wisata, mungkin hal ini hanya ada di daerah Bangka.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berkeinginan menjadikan pernikahan sebagai salah satu aset wisata di sana. Pastinya pernikahan ini ada sisi uniknya. Di dalam adat  sebagian masyarakat Bangka ada kegiatan rutin nikah massal yang disebut "Kawin Hederek". Wilayah yang masih mempertahankan budaya ini adalah masyarakat Desa Serdang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Kawin Hederak kini telah menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. Pelaksanaannya biasa dilakukan setelah hari besar Islam, Idul Adha, atau setelah panen lada. Dan, kegiatan ini oleh masyarakat setempat dianggap bergengsi. Oleh karena itu, dengan mengedepankan nilai kebersamaan, banyak pasangan yang rela menunggu berbulan-bulan demi mengikuti Kawin Hederal untuk mengucap akad nikah.

Dalam sekali pelaksanaan, nikah massal bisa diikuti ratusan pasangan. Mereka dibekali dengan busana adat, dan pernikahannya juga memakai adat setempat. Meskipun para pasangan dipermudah untuk pernikahannya, mereka tetap diminta sebelumnya melakukan tertib administrasi ke instansi yang terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Seperti dikutip Tourism News, Kawin Hederak 2012 rencananya dihelat Oktober ini. Targetnya sekitar 300 pasangan. Dan, pelaksanaannya akan disatukan pada acara Bangka Tengah Heritage

5 Makanan Untuk yang Ingin Gemuk

Posted: 06 Nov 2012 09:57 AM PST

makanan yang bikin gemuk

5 makanan untuk yang ingin gemuk berikut bisa dicoba jika Anda sedang memimpikan bobot tubuh yang lebih dari yang Anda miliki saat ini. Karena tak semua orang punya masalah dengan kegemukan, dan ingin punya bentuk tubuh lebih berisi.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak dan karbohidrat tinggi adalah solusi bagi Anda yang ingin gemuk. Misalnya seperti jenis makanan berikut;

Kandungan protein dan lemak yang ada dalam telur bisa membuat berat tubuh Anda bertambah. Apalagi dalam kuning telur yang berisi setengah dari total jumlah protein dalam sebutir telur.

Susu sapi punya nutrisi tinggi termasuk protein dan lemak yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menambah berat badan Anda. Ini termasuk juga semua produk makanan yang menggunakan susu sebagai bahan pembuatnya.

Kacang, termasuk produk olahannya seperti selai kacang pun dapat menjadi bahan makanan yang menggemukkan. Ini disebabkan kandungan protein dan lemak yang tinggi pada kacang.

Sebagai bahan makanan pokok, kentang punya kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sekitar 25-30 gr per butirnya. Apalagi jika diolah dengan cara digoreng dan dikonsumsi dengan keju dan produk susu. Pasti Anda bisa gemuk dalam waktu singkat.

Karbohidrat dalam gandum diklaim merupakan jenis yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Konsumsi gandum dengan jumlah besar dapat membuat tubuh menyimpan kelebihan karbohidrat menjadi lemak.

Inilah Empat Rumah Adat Indonesia yang Tahan Gempa

Posted: 06 Nov 2012 09:56 AM PST

gunung krakatau

Indonesia adalah wilayah yang dilewati oleh lempeng-lempeng yang dapat memicu gempa tanpa diduga. Gunung api yang aktif juga terbilang cukup banyak. Aktivitas tektonik tidak lepas dari negara ini.

Tahukah Anda? Di balik ancaman gempa ini, ternyata di Indonesia ditemukan rumah adat yang memiliki konstruksi tahan terhadap gempa. Dikutip dari Tourism News, ada empat bentuk rumah tradisional yang dapat diandalkan:

1. Omo Hada. Rumah adat dari Nias, Sumatera Utara ini, berberapa waktu lalu membuktikan kehebatan konstruksinya. Tahun 2010 silam, Nias mendapatkan gempa besar. Ternyata, banyak rumah Omo Hada yang masih berdiri dan posisinya hanya sedikit bergeser. Konstruksi rumah ini didominasi kayu. Untuk menyatukan antarbagian, dipakailah pasak dan bukan paku. Rumah Omo Hada tidak ada jendelanya. Atapnya oval dan pengganti jendela hanya dibuat model teralis. Baik orang yang di dalam atau luar rumah, bisa saling melihat. Rumah ini banyak ditemukan di desa Tumori, Gunungsitoli.

omo hada

2. Gadang. Rumah adat dari Minangkabau, Sumatera Barat ini, memperlihatkan ketahanannya saat terjadi gempa di Padang pada 30 September 2009. Banyak rumah yang tidak runtuh kala itu. Bentuk rumah Gadang cukup dikenal dengan kekhasan atapnya yang melengkung ke dalam. Atapnya dibuat dari ijuk.

gadang

3. Laheik. Rumah adat ini berasal dari Kerinci, Riau. Hampir sama dengan Omo Hada, Laheik tersusun dari kayu yang saling disatukan dengan pasak. Antarbagian juga disatukan dengan ikatan tambang yang terbuat dari ijuk. Laheik banyak ditemukan di Kecamatan Danau Kerinci. Biasanya, Laheik ditinggali beberapa keluarga dan dibuat menjadi susunan beberapa rumah yang disatukan.

laheik

4. Woloan. Rumah adat ini berkonsep rumah panggung. Asalnya dari Tomohon, Sulawesi Utara. Bahan yang dipakai biasanya kayu besi dan kayu cempaka. Rumah ini turut dikenal di mancanegara. Argentina dan Venezuela adalah beberapa negara yang kerap mengimpor rumah ini. Rumah Woloan sudah dikenal sejak dulu tahan terhadap gempa. Namanya pun cukup berkibar sebagai rumah tahan gempa.

woloan

Persebaya Tak Akan Jual Andik Vermansyah Ke Negeri Sembilan

Posted: 06 Nov 2012 09:50 AM PST

Persebaya segera merespon rumor yang mengabarkan bahwa klub Negeri Sembilan yang berlaga di Malaysia Super League (MSL), berminat terhadap Andik Vermansyah. Alhasil dengan rumor tersebut, pihak manajemen Bajul Ijo menegaskan bahwa pemain bintang mereka tidak akan dijual.

Meski akhir-akhir ini penampilannya menurun, namun pesona Andik sebagai pemain bintang belumlah pudar.

Tak hanya dari klub kompetisi lokal Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL) yang tertarik mendapatkan servisnya, kini tawaran juga datang dari tim luar negeri yakni Negeri Sembilan.

Hal itu tidak terlepas dari peran sang pelatih Negeri Sembilan, yang kini diarsiteki Divaldo Alves.

Kesempatan pun terbuka lebar, mengingat kontrak Andik kini dipenghujung penghabisan. Selain itu sebagai mantan pelatih Persebaya, Divaldo tahu benar celah untuk mendaratkan Andik ke Malaysia.

Kontrak Andik di Bajul Ijo memang memasuki masa akhir. Andik mengaku akan habis masa kontraknya bersama Persebaya, Desember 2012 mendatang. Itu artinya, sebulan lagi Andik akan berstatus bebas transfer.

Tak mau kehilangan pemain bintangnya, pihak Persebaya langsung merespon terhadap pihak-pihak yang menginginkan Andik.

"Sekali lagi untuk klub-klub yang berminat pada Andik, kami sampaikan bahwa Andik tak akan dijual. Dia tetap bersama kami musim depan. Dalam waktu dekat kami akan lakukan pembicaraan kontrak dengannya"

"Apalagi CEO Persebaya, Pak Gede juga sudah pulang dari Haji. Insya Allah bulan ini beres" tegas Ram Surahman yang menjabat sebagai Media Relation Persebaya.

Setelah Juara Celebes Cup, Persib Siap Juara Inter Island Cup 2012

Posted: 06 Nov 2012 09:49 AM PST

Setelah sukses menjadi tuan rumah dan juara turnamen pra musim Celebes Cup II, kini Persib Bandung siap untuk menjadi tuan rumah sekaligus menjuarai turnamen pra musim lainnya, Inter Island Cup 2012.

Ketika dimintai keterangannya, manajer Persib Umuh Muchtar tidak merasa keberatan jika PT Liga Indonesia kelak memutuskan Maung Bandung sebagai tuan rumah Inter Island Cup 2012.

Hanya saja Umuh menegaskan agar PT Liga Indonesia kelak menunjuk panpel yang memiliki kompetensi dalam mengelola pertandingan.

"Ya kita siap-siap saja, asal nanti panpelnya harus jelas dan benar. Jangan sampai bermasalah seperti Celebes kemarin" tegas Umuh kepada wartawan Senin (5/11/2012).

Selain itu Umuh mengatakan bahwa Persib baru akan menjadi tuan rumah, jika turnamen Inter Island Cup 2012 benar-benar jelas dan tidak merugikan pihak manapun.

"Kita mau main di IIC jika semuanya jelas dan benar, agar nantinya tidak ada yang dirugikan" tambahnya.

Persyaratan yang diajukan Umuh Muchtar memang cukup beralasan. Pasalnya melihat kinerja dari panpel Celebes Cup beberapa waktu yang lalu, jelas-jelas membawa dampak negatif bagi citra Persib di kancah sepakbola nasional.

Selain malasah keterlambatan persyaratan administratif, penemuan mayat lelaki dalam stadion Siliwangi secara tidak langsung mencoreng citra sepakbola kota Bandung dan sepakbola nasional.

Berkaitan dengan turnamen Inter Island Cup 2012 sendiri, PT Liga Indonesia sebelumnya sudah memutuskan Sriwijaya FC, Persib Bandung, Arema Indonesia, dan Persisam Samarinda ditunjuk sebagai tuan rumah penyisihan grup.

Jika tidak ada perubahan, turnamen ini rencananya akan digulirkan pada awal Desember 2012 mendatang.

PSSI Targetkan Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2012

Posted: 06 Nov 2012 09:47 AM PST

Timnas Indonesia

Meski mengalami berbagai kendala menjelang bergulirnya Piala AFF 2012 yang akan dimulai pada akhir November ini, bukan berarti PSSI tak optimis. Melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Halim Mahfudz, PSSI menargetkan timnas Indonesia menjuarai AFF Cup 2012. Halim Mahfudz juga menyebutkan, skuad Garuda memiliki semangat luar biasa untuk menghadapi ajang dua tahunan anar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Piala AFF (dahulu bernama Tiger Cup) adalah misteri bagi timnas Indonesia. Meskipun menjadi salah satu tim yang paling sering masuk ke final (empat kali), belum sekalipun pasukan Garuda memboyong gelar bergengsi antar negara Asia Tenggara ini. Timnas Indonesia masih kalah dari Thailand dan Singapura (3 kali juara) serta Vietnam dan Malaysia (1 kali juara).

Meskipun masih terus menyimpan rasa penasaran, bukan berarti PSSI meredupkan semangat. Mereka yakin tahun ini pasukan Garuda dapat menjadi yang terbaik di Piala AFF 2012.

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, yakin anak asuh Nil Maizar mampu melakukannya. "Kita doakan saja. Target kita adalah juara," sebutnya seperti dikutip oleh Okezone.

Saat ini, persiapan timnas Indonesia menjelang AFF Cup 2012 memang terhalang berbagai kendala. Kesulitan menemukan lawan bertanding adalah satu hal. Dan, dilarangnya kebanyakan pemain ISL bergabung ke skuad Garuda juga merupakan kendala lain. Hal ini tak mengurangi optimisme pasukan Nil Maizar. Menurut Gus Iim, sapaan akrab Halim Mahfudz, Elie Aiboy dkk. memiliki semangat juang tinggi untuk mempersembahkan yang terbaik untuk negeri.

"Persiapan ke AFF sudah maksimal. Mereka semangatnya luar biasa meski dalam situasi kesulitan karena digembosi dan memang gembos juga," katanya kepada Okezone.

Timnas Indonesia sendiri, akan memulai petualangan mereka di AFF Cup 2012 kala berhadapan dengan Laos pada 25 November 2012 mendatang. Perjuangan Indonesia ke depan akan relatif berat. Selain Laos, mereka bergabung dengan Malaysia dan Singapura di Grup B yang akan digelar di Malaysia.

Selama ini, pasukan Garuda terkenal dengan istilah 'jago kandang' dan mudah menyerah kala bermain di depan pendukung lawan. Pengalaman pahit tahun 2007 (tahun terakhir Indonesia menjalani babak penyisihan grup di luar kandang)  tak boleh terulang.

Ketika itu, bermain di Singapura, skuad Garuda cuma duduk di peringkat ketiga dari empat peserta. Tak lolos ke semifinal. Dua tahun lalu, kita pun gagal merebut AFF Cup 2010 karena terseok di satu-satunya partai tandang, kala dicukur Malaysia 3-0.

Timnas Indonesia PSSI: Jadwal Resmi AFF 2012 Hingga Final

Posted: 06 Nov 2012 09:45 AM PST

Suporter Indonesia

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi telah merilis jadwal lengkap turnamen AFF 2012. Jika tidak ada perubahan, turnamen 2 tahunan ini akan dimulai pada tanggal 24 November 2012 dan berakhir tanggal 22 Desember 2012, dengan menempatkan Thailand dan Malaysia sebagai tuan rumah babak penyisihan grup.

Timnas Indonesia berada di grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura dan Laos. Melihat peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari fase grup, sepertinya masih terbuka lebar.

Pertandingan pertama dan kedua menghadapi Laos dan Singapura harus benar-benar dimaksimalkan Bambang Pamungkas Cs untuk mengamankan 6 poin.

Sehingga pada pertandingan terakhir penyisihan grup menghadapi tuan rumah Malaysia, Timnas Indonesia cukup bermain imbang untuk memastikan langkah mereka maju ke babak semifinal.

Berikut ini jadwal lengkap pertandingan putaran final Grup A di Thailand dan Grup B di Malaysia, seperti yang dilansir situs resmi PSSI.

Grup A

ThailandVietnamFilipinaMyanmar

Jadwal Pertandingan

24 November 2012: Vietnam vs Myanmar, Stadion: Rajamangala Stadium, Bangkok.24 November 2012: Thailand vs Filipina, Stadion: Rajamangala Stadium, Bangkok.27 November 2012: Vietnam vs Filipina, Stadion: Rajamangala Stadium, Bangkok.27 November 2012: Myanmar vs Thailand, Stadion: Rajamangala Stadium, Bangkok.30 November 2012: Filipina vs Myanmar, Stadion: Supachalasai Stadium, Bangkok.30 November 2012: Thailand vs Vietnam, Stadion: Rajamangala Stadium, Bangkok.

Grup B

MalaysiaIndonesiaSingapuraLaos

Jadwal Pertandingan

25 November 2012: Indonesia vs Laos, Stadion: Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur.25 November 2012: Malaysia vs Singapura, Stadion: Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur.28 November 2012: Indonesia vs Singapura, Stadion: Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur.28 November 2012: Laos vs Malaysia, Stadion: Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur.1 Desember 2012: Singapura vs Laos, Stadion: Shah Alam Stadium, Shah Alam.1 Desember 2012: Malaysia vs Indonesia, Stadion: Bukit Jalil National Stadium, Kuala Lumpur.

SEMI FINAL

Pertandingan Pertama (First Leg)

Semi Final 1 (SF1), 8 Desember 2012 (Peringkat Kedua/ Runner-up Grup A) vs (Juara/ Winner Grup B).Semi Final 2 (SF2), 9 Desember 2012 (Peringkat Kedua/ Runner-up Grup B) vs (Juara/ Winner Grup A).

Pertandingan Kedua (Second Leg)

Semi Final 1 (SF1), 12 Desember 2012 (Juara/ Winner Grup B) vs (Peringkat Kedua/ Runner-up Grup A).Semi Final 2 (SF2), 13 Desember 2012 (Juara/ Winner Grup A) vs (Peringkat Kedua/ Runner-up Grup B).

Jadwal FINAL AFF Cup 2012

Pertandingan Pertama (First Leg): 19 Desember 2012 (Pemenang/ Winner Semi Final 1) vs (Pemenang/ Winner Semi Final 2).Pertandingan Kedua (Second Leg): 22 Desember 2012.

Manajer Persib Bicara Soal PSSI & Timnas Indonesia

Posted: 06 Nov 2012 09:42 AM PST

Persiapan tidak maksimal yang dilakukan Timnas Indonesia PSSI, ternyata menarik perhatian manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. Memang tidak dipungkiri pasca terjadinya dualisme kepengurusan PSSI dan KPSI, Timnas Indonesia ikut mengalami dampak negatif dari kondisi tersebut.

Umuh Muchtar mengaku sangat prihatin dengan kondisi dan persiapan Timnas Indonesia PSSI besutan Nil Maizar.

Meski pelaksanaan Piala AFF 2012 semakin dekat, namun hingga saat ini belum menemukan solusi untuk dualisme yang terjadi.

"Bila ada solusi sebaiknya ada kompromi sejak sekarang ini, kasihan pemain jangan sampai mereka berlatih sia-sia. Mereka adalah aset-aset bangsa ini yang tidak seharusnya terlibat dalam konflik seperti ini" ungkap Umuh Muchtar, Senin (5/11/12).

Umuh juga berharap agar Timnas Indonesia bisa tampil maksimal di ajang 2 tahunan itu, sehingga tidak terlalu memalukan nama Indonesia di dunia sepakbola internasional.

"Jangan sampai Timnas gagal tampil di ajang Piala AFF, itu akan memalukan bangsa dan negara Indonesia. Semua yang berkonflik diharap mengendurkan ego masing-masing" jelas Umuh, Senin (5/11/12).

Berkaitan dengan konflik dualisme yang tak kunjung kelar, umuh mengatakan dirinya siap bila diminta PSSI menjadi fasilitator sekaligus penengah konflik dualisme ini.

Namun ia ingin ada keikhlasan dari masing-masing pihak, dengan meninggalkan ego kelompok dan individu.

"Kuncinya butuh keikhlasan dan tidak menjadikan pembentukan timnas PSSI ke Piala AFF ada yang merasa menjadi pihak yang menang dan kalah. Hati kecil saya menangis dengan kondisi saat ini, kasihan pemain bisa-bisa menjadi trauma. Kesempatan mereka jadi pemain timnas itu tidak panjang" tutup Umuh Muhtar.

Liga Inggris, Xabi Alonso: Semoga Steven Gerrard Mencapai 700 Caps

Posted: 06 Nov 2012 09:42 AM PST

Xabi Alonso mengenang masa-masa indahnya bersama Steven Gerrard semasa masih berlaga di Liga Inggris. Mantan pemain Liverpool itu menjunjung tinggi eksistensi Gerrard di Anfield. Tak lupa, ia pun berharap supaya pemain internasional Inggris itu mampu membela Liverpool hingga 700 caps.

Kapten Liverpool, Stevan Gerrard sampai pada pencapaian fantastis akhir pekan kemarin. Sekalipun klubnya meraih hasil imbang melawan Newcastle United, namun laga itu telah menandai raihan 600 caps Gerrard bersama Merseyside. Xabi ALonso yang mempunyai kedekatan psikologis dengan sang pemain, merasa terpanggil untuk mengomentari raihan tersebut.

"Dia fleksibel. Dia pemain yang cerdas. Dia mampu bermain di Liga Inggris maupun sepak bola yang mengharuskan penguasaan bola lama. Dia sangat cerdas, sehingga mampu bermain di mana saja. Dia menjadi orang yang spesial di klub dan salah satu pemain yang saya idolakan."

Xabi Alonso menikmati kebersamaan bersama Gerrard sejak 2004 hingga 2009. Sekalipun kini Alonso berbaju Real Madrid, ia tidak kehilangan kontak dengan eks partnernya di lini tengah Liverpool.

"Dia adalah teman baik, kami masih berhubungan sejauh ini. Ia mempunyai pengaruh besar bagi karir saya. Ketika saya tiba di Liverpool saya berusia 22 tahun sementara ia menjabat sebagai kapten. Dia cermin bagi saya, caranya bersikap dengan sesama rekan dan pendukung membuat saya belajar banyak."

Di akhir kalimat, Alonso menyisipkan harapan untuk Gerrard. Sang pemain yang menjadi tumpuan utama Liverpool, diharapkan mampu meraih 700 caps, raihan yang luar biasa di kancah sepak bola. Alonso pun meyakini, Gerrard mampu berkarir di Spanyol, yakni dengan merasakan selapangan dengan Andres Iniesta, Xavi, dan tentu saja dirinya sendiri.

Nil Maizar Temukan Kerangka Timnas Indonesia PSSI AFF 2012

Posted: 06 Nov 2012 09:41 AM PST

Timnas Indonesia PSSI masih terus melakukan perbaikan dalam menghadapi turnamen AFF 2012 mendatang. Dan kini, pelatih Nil Maizar pun mengaku sudah memiliki gambaran 22 pemain yang akan dibawa menuju penyisihan grup B di Malaysia.

Setelah melakukan serangkaian uji coba, Nil Maizar mengaku dirinya kini sudah menemukan kerangka susunan tim.

"Gambaran jelas sudah ada setelah kita melakukan beberapa kali pertandingan uji coba melawan Korut, Vietnam, juga Brunei" ungkap Nil Maizar.

Sementara itu latihan Timnas Indonesia Senin sore kemarin (5/11/12), telah diikuti oleh 22 pemain.

Empat pemain Semen Padang Hengki Ardilles, Vendri Mofu, Novan Setya Sasongko serta Wahyu Wijiastanto sudah kembali bergabung.

Para pemain itu sempat ditarik oleh klubnya, dengan alasan pihak klub ingin mempersiapkan diri berlaga di kompetisi ISL musim depan.

Selain itu terlihat pula penjaga gawang Samsidar, yang sempat meninggalkan TC Timnas Indonesia untuk mengurus masalah administratif dengan klub barunya, Mitra Kukar.

Ketika dimintai keterangan, Nil Maizar mengaku tidak terlalu mengkhawatirkan dengan absennya pemain Semen Padang dalam beberapa hari ini. Menurutnya, para pemain sudah saling menyatu setelah 6 bulan melakukan latihan bersama.

"Di timnas mereka kan sudah enam bulan kumpul, jadi tidak ada masalah. Hanya lima hari mereka tidak kumpul dengan kita, karena lagi dibutuhkan klubnya" ungkap Nil Maizar.

Prediksi Real Madrid vs Borussia Dortmund Rabu, 7 November 2012

Posted: 06 Nov 2012 09:39 AM PST

Prediksi Real Madrid vs Borussia Dortmund Rabu, 7 November 2012

Real Madrid harus membalas dendam atas kekalahan mereka 2-1 dari Borussia Dortmund di matchday 3 Liga Champions beberapa waktu lalu. Kesempatan hadir kala mereka menjamu pasukan Juergen Klopp dalam pertandingan Real Madrid vs Borussia Dortmund yang akan digelar pada Rabu, 7 November 2012 pukul 02.45 WIB. Dalam pertandingan yang ditayangkan SCTV ini, Madrid berharap catatan apik mereka di kompetisi domestik, menular di Liga Champions.

Real Madrid akhirnya merasakan juga beratnya bertarung di Grup Neraka. Setelah mulus menekuk Manchester City (3-2) dan Ajax Amsterdam (menang 1-4), pasukan Jose Mourinho harus karam oleh Borussia Dortmund 2-1 karena blunder lini belakang. Kini kesempatan meraih kemenangan ketiga di Liga Champions terbuka lebar karena sang lawan tengah bermasala di kompetisi domestik, sedang El Real tidak.

Pasca ditekuk oleh Dortmund, Madrid bangkit dengan luar biasa. Tiga pertandingan berlalu, mereka sukses mencetak 10 gol dan cuma sekali terbobol. Penampilan tanpa para pemain lini belakang yang cedera, juga tidak bermasalah. Los Merengues malah akan mendapat tambahan tenaga segar. Xabi Alonso yang akhir pekan lalu tak tampil saat Madrid menggempur Zaragoza (4-0) karena akumulasi kartu kuning, siap berduet dengan Michael Essien yang menggantikan sosok Sami Khedira.

Borussia Dortmund sendiri, berangkat ke Santiago Bernabeu untuk memupus rekor buruk. Selama ini, jika mereka melawat ke kandang Los Blancos, dalam dua laga, Dortmund senantiasa kalah. Lagipula ini kesempatan emas untuk melenggang. Andai seri atau menang dari Madrid, pasukan Juergen Klopp semakin mulus peluangnya ke babak 16 besar.

Sebastian Kehl, sang kapten, kemungkinan bisa diturunkan meski akhir pekan lalu mengalami cedera di bagian wajah saat klubnya bermain imbang 0-0 dengan Stuttgart. Sven Bender, juga bisa diharapkan. Klopp juga bisa mengandalkan seorang Mario Gotze. Pemuda ini sempat mencetak 2 gol dalam dua partai berturut-turut sebelum terhenti saat melawan Stuttgart. Ia akan ditriokan dengan duo Jerman lain: Marco Reus dan Kevin Grosskreutz di belakang Robert Lewandowski.

Bicara peluang kemenangan, Real Madrid memang layak diunggulkan. Mereka senantiasa menang dalam 7 partai kandang terakhir di Liga Champions. Namun, seperti kata Jose Mourinho sendiri, tak mudah menaklukkan tim rapi dan setipe seperti Dortmund.

Perkiraan Susunan Formasi

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Ramos, Varane, Pepe, Arbeloa; Essien, Alonso;Di Maria, Ozil, Ronaldo; Higuain
Borussia Dortmund (4-2-3-1): Weidenfeller; Piszczek, Subotic, Hummels, Schmelzer; Gundogan, Kehl; Reus, Gotze, Grosskreutz; Lewandowski

Lima Pertemuan Terakhir

01/04/1998    Real Madrid vs Borussia Dortmund 2-0
15/04/1998    Borussia Dortmund vs Real Madrid 0-0
19/02/2003    Real Madrid vs Borussia Dortmund 2-1
25/02/2003    Borussia Dortmund vs Real Madrid 1-1
25/10/2012    Borussia Dortmund vs Real Madrid 2-1

Tiga Mantan Pemain Persib Diincar Pelita Bandung Raya

Posted: 06 Nov 2012 09:37 AM PST

Tiga Mantan Pemain Persib Diincar Pelita Bandung Raya

Persib yang baru saja mendapatkan gelar juara Celebes Cup II, akan mendapatkan lawan tangguh di ISL 2013 mendatang. Siapa lagi kalau bukan Pelita Bandung Raya (PBR). Klub ini sudah menggelar seleksi pemain. Beberapa mantan pemain Persib ikut dalam seleksi tersebut. Selain itu, Pelatih PBR, Simon McMenemy, menyebutkan timnya ingin memakai jasa tiga pemain Maung Bandung: Eka Ramdhani, Nova Arianto, dan Isnan Ali.

Seberapa panas persaingan antara Persib Bandung dengan Pelita Bandung Raya di ISL musim depan? Pelatih PBR, Simon McMenemy menyebutkan, bahwa timnya ingin bersaing sehat dengan Maung Bandung.

Mantan pelatih Filipina di Piala AFF 2010 ini juga menyatakan, "Bahkan kita (PBR) masih belajar pada klub besar seperti Persib. Persib merupakan klub yang lebih mapan."

Meski masih 'malu-malu' untuk bersaing dengan Maung Bandung, bukan berarti persiapan PBR menjelang musim kompetisi baru, biasa-biasa saja. Pelita Bandung Raya sudah menggelar seleksi pemain yang dimulai sejak Senin, 5 November 2012 kemarin. Seleksi ini akan berakhir pada Sabtu, 9 November mendatang.

Ada sekitar 100 pemain yang ikut dalam seleksi ini. Yang menarik, beberapa di antaranya adalah mantan pemain Persib Bandung. Seperti dilansir oleh Persibholic, mereka adalah Dudi Sunardi, Edi Hafid, Edi Kurnia, Enjang Rohiman, Rendi Saputra, Rian Permana, Salim Alaidrus, dan Yudi Khaerudin.

Selain mengandalkan pemain seleksi, PBR juga mengincar beberapa pemain untuk menambah amunisi skuad mereka. Tak terkecuali tiga nama yang cukup lekat dengan Maung Bandung. Mereka adalah Eka Ramdhani, Nova Arianto, dan Isnan Ali.

Eka yang akrab disapa Ebol ini hijrah ke Persisam Putra Samarinda pada musim lalu setelah memperkuat Persib selama enam tahun. Nova Arianto yang dikenal dengan selebrasi suster ngesotnya, menikmati perjalanan karier bersama Persib selama empat tahun sebelum musim lalu berkostum Sriwijaya FC. Sementara itu, Isnan Ali yang di kompetisi ISL 2011-2012 berseragam Mitra Kukar, pernah setahun bersama Maung Bandung.

Hingga saat ini, tiga pemain yang disebutkan di atas, masih menjalani negoisasi dengan PBR. Meskipun demikian, Simon McMenemy siap memberi keistimewaan untuk Eka, Nova, dan Isnan Ali andai mereka bisa bergabung dengan Pelita Bandung Raya. Sang pelatih menjamin ketiganya tidak akan ikut seleksi karena sudah diketahui kualitas masing-masing. Simon juga menegaskan, dirinyalah yang terpikat dengan ketiga mantan punggawa Maung Bandung tersebut.

Aplikasi Facebook untuk iOS dapat Update Terbaru

Posted: 06 Nov 2012 09:23 AM PST

Facebook iOS iPad

Aplikasi Facebook untuk iOS mendapatkan update terbaru. Aplikasi yang berjalan di versi 5.1 ini telah ditambahkan beberapa fitur yang tidak ditemukan di versi sebelumnya.

Salah satu opsi baru yang ditambahkan adalah saat berbagi foto. Di versi terbarunya, pengguna bisa menambahkan banyak foto sekaligus dengan cepat tatkala berbagi ke Facebook.

Facebook iOS

Tentu saja dengan fitur tersebut aktivitas berbagi foto di Facebook bisa dilakukan dengan lebih cepat. Sebelumnya pengguna hanya bisa menambahkan satu foto demi satu jika ingin berbagi.

Dan penambahan fitur baru di aplikasi Facebook iOS versi 5.1 adalah sebagai berikut:

Tinggal tap ke kiri di mana saja untuk mengetahui teman yang sedang tersedia.Menambahkan teman favorit di fitur perpesanan.Berbagi foto lebih cepat dengan banyak foto sekaligus.Mendukung Facebook Gift namun hanya khusus di wilayah US.Saat mengirim pesan, pengguna bisa mengetahui siapa saja teman yang sedang tersedia.

Facebook Gift sendiri adalah fitur baru yang dikeluarkan Facebook pada bulan September lalu. Tatkala teman sedang merayakan peristiwa penting, pengguna Facebook bisa memberikan hadiah yang sesungguhnya, bukan virtual.

Sayangnya fitur tersebut hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Sedangkan untuk wilayah lain hingga saat ini masih belum mendukung.

Untuk mengunduh Facebook iOS versi 5.1 sila ikuti tautan berikut.

Zac Vawter Gunakan Kaki Robot Untuk Naiki Menara 103 Lantai

Posted: 06 Nov 2012 09:20 AM PST

kaki robot

Zac Vawter adalah laki-laki pertama yang menggunakan kaki robot yang dikontrol dengan otak untuk menaiki Willis Tower, sebuah bangunan dengan 103 lantai di Chicago.

Zac Vawter sendiri adalah seorang laki-laki yang berumur 31 tahun yang harus kehilangan kaki kanannya akibat kecelakaan sepeda motor. Zac Vawter harus menggunakan kaki buatan yang mirip kaki robot yang disebut yang menggunakan metode Targeted Muscle Reinnervation (TMR).

metode TMR adalah sebuah metode atau teknik yang menghubungkan syaraf yang terputus akibat amputasi ke otot-otot lainnya. Saraf yang biasanya mengendalikan kaki kanan Zac Vawter ini telah dipilih dan dialihkan ke hamstring nya, dan impuls listrik diubah menjadi sinyal yang menggerakkan kaki bionik atau kaki robot ini.

SkyRise Chicago mengadakan ujicoba kaki robot atau kaki bionik pertama seperti yang digunakan oleh Zac Vawter untuk naik ke menara Willis yang terdiri dari 103 lantai. Tak ada jaminan bahwa kaki bionik tersebut dapat terus bekerja dan beberapa peserta mengalami kegagalan.

Namun Zac Vawter telah berhasil mencapai lantai teratas menara Willis dalam waktu kurang dari 1 jam, tepatnya 53 menit sembilan detik menggunakan kaki robot atau bioniknya tanpa mengalami masalah.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (05/11/2012), Zac Vawter sebenarnya adalah kelinci percobaan untuk perangkat kaki buatan mutakhir ini, yang merupakan hasil kerjasama antara Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan beberapa universitas ternama.

Kaki bionik atau kaki robot ini memiliki berat sekitar 10 kg dan menghabiskan biaya sekitar USD $8 juta untuk membuatnya. Kaki bionik ini memiliki 2 motor penggerak yang berada di lutut dan pergelangan kaki secara terpisah. Penasaran? Simak video berikut.

Nokia 109, Ponsel Sosial Media Murah Segera Meluncur

Posted: 06 Nov 2012 09:19 AM PST

Nokia 109

Setelah menggelontorkan ponsel murah Nokia 110, produsen ponsel asal Finlandia ini dikabarkan telah menyiapkan ponsel sosial media murah yang mengusung nama Nokia 109.

Ponsel kelas pemula atau sering disebut sebagai feature phone ini dinilai masih memiliki pasar yang besar mengingat harga yang ditawarkan oleh ponsel kategori feature phone ini terbilang murah. Tak hanya itu, menurut IDC, sekitar 264 juta ponsel dengan kategori feature phone telah dikapalkan pada kuartal lalu.

Beberapa vendor telah banyak meninggalkan segmen entry-level atau feature phone dan berkonsentrasi pada smartphone, sebut saja Sony, Motorola atau HTC. Berbeda dengan Nokia, produsen pembesut smartphone Lumia ini masih mengisi pasar feature phone, salah satunya melalui ponsel Nokia 109.

Ponsel Nokia 109 ini kabarnya akan dijual dengan harga harga yang terjangkau, yakni USD $42 atau sekitar Rp. 400.000. Meski harga yang ditawarkan terbilang murah, namun ponsel ini tetap dapat digunakan untuk mengakses situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Nokia 1o9 ini dibekali layar berukuran 1,8 inci serta baterai yang memiliki daya tahan cukup lama, yakni 8 jam waktu bicara serta waktu stand by mencapai 33 hari. Hal ini wajar mengingat ponsel ini tak membawa fitur multimedia.

Tak hanya itu, Nokia 109 ini juga dibekali game-game gratis besutan Electronics Art (EA) dan Zynga. Tak lupa, Nokia menyertakan Nokia Browser yang mampu mengkompresi halaman web hingga 90 persen, sehingga berselancar internet terasa cepat dan hemat pemakaian layanan data.

Seperti yang dilansir dari Kompas (05/11/2012), ponsel Nokia 109 ini akan dipasarkan di China, Asia pasifik dan Eropa. Belum diketahui pasti kapan ponsel ini memasuki pasar Indonesia.

HTC Opera UL, Smartphone Facebook Pertama?

Posted: 06 Nov 2012 09:17 AM PST

HTC Opera UL

Sebuah kabar mengenai smartphone Facebook kembali muncul ke permukaan setelah muncul nama ponsel HTC Opera UL di database perangkat lunak benchmark Nenamark.

Kabar yang beredar sebelumnya, Facebook dikabarkan menggandeng HTC untuk memproduksi smartphone Facebook dan akhirnya hal ini disangkal oleh CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

HTC sendiri sebenarnya pernah memproduksi smartphone dengan tombol khusus Facebook, yakni HTC Salsa atau HTC ChaCha. Mungkinkah smartphone HTC Opera UL ini menjadi HTC Salsa jilid 2?

Kini kabar mengenai samrtphone Facebook kembali ramai dibicarakan di internet dengan hadirnya sosok ponsel yang disebut sebagai HTC Opera UL. Smartphone HTC Opera UL ini dikabarkan memiliki tombol khusus untuk mengakses situs jejaring sosial Facebook.

HTC Opera UL ini muncul di database benchmark Nenamark, terlihat bahwa HTC Opera UL ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon dual-core dengan kecepatan 1,5GHz yang dipadukan dengan grafis dari Adreno 305.

Bench HTC OPERA UL

Ponsel misterius besutan HTC ini diperkirakan mengusung layar berukuran 4,3 inci dengan resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel dengan kepadatan layar mencapai 342 ppi (pixel per inch). Tak hanya itu, HTC Opera UL ini juga dikabarkan dibekali WiFi 801.11n dan Bluetooth 4.0.

Sumber lain menyebut smartphone Facebook besutan HTC ini adalah HTC Opera GL dan akan meluncur pada tahun 2013. Konon, smartphone hasil kerja sama HTC dan Facebook ini mengusung sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (05/11/2012), keberadaan smartphone Facebook sebenarnya telah disangkal secara resmi oleh Facebook. Beberapa pihak memperkirakan bahwa HTC Opera UL ini akan menjadi smartphone yang memudahkan pengguna Facebook.

Anonymous Indonesia Serang Website Polres Gunungkidul

Posted: 06 Nov 2012 09:15 AM PST

Situs Polres Gunung Kidul Hack

Kelompok peretas yang menamakan dirinya Anonymous Indonesia menyerang website Polres Gunungkidul. Aksi deface ini terkait dengan kasus meninggalnya Reza Eka Wardana (16), siswa SMA Dominicus, Wonosari, Gunungkidul yang hingga kini masih menjadi tanda tanya.

Menurut pantauan Detik, pagi tadi situs yang beralamat di PolresGunungkidul.com ini tertulis pesan yang ditinggalkan oleh Anonymous Indonesia. Isi pesan tersebut berupa sindiran yang dialamatkan kepada aparat kepolisian setempat.

"Perhatikan ini sebuah peringatan bagi kalian para Aparat Pembunuh Sipil," bunyi pesan tersebut.

Setidaknya ada delapan poin isi pesan yang ditinggalkan. Poin-poin tersebut antara lain sebagai berikut:

Ketika kalian sewenang-wenang maka kami bertindak dengan cara seperti ini.Ketika kalian aparat menjadi aparat.Ketika semboyan kalian mengayomi itu hanya bualan semata.Ketika kalian sebut pelanggaran tapi uang masuk saku.Ketika kalian menangkap maling ayam tapi kalian pelaku korupsi simulator SIM.Ketika kalian membunuh Reza Eka Wardana tapi kalian berusaha menghindar.Ketika kalian punya senjata membabi buta ke warga sipil.Ketika hukum dipermainkan kalian maka ini cara kami menghukum kalian.

Sore ini situs Polres Gunungkidul telah pulih kembali. Pesan yang ditulis Anonymous Indonesia tak lagi muncul di laman landing page situs tersebut.

Situs Polres Gunung Kidul Senin sore, situs Polres Gunungkidul telah normal kembali

Kasus Reza Eka Wardana hingga saat ini masih belum menemui titik temu. Setidaknya ada dua versi yang berkembang. Reza Eka Wardana murni kecelakaan tunggal atau ia mengalami tindak kekerasan oleh kepolisian hingga koma dan meninggal dunia.

Gingerbread Masih Kuasai 54 Persen Pasar Android

Posted: 06 Nov 2012 09:14 AM PST

ICS Gingerbread

Meski telah muncul versi Android yang lebih baru seperti Android 4.0 Ice Cream Sandwich, 4.1 dan 4.2 Jelly Bean, Android 2.3 Gingerbread masih mendominasi pasar. Android 'roti jahe' ini masih menguasai 54 persen pasar Android.

Google baru saja meluncurkan Android 4.2 Jelly Bean 29 Oktober lalu dengan berbagai fitur baru dan peningkatan fitur keamanan. Sebelumnya, Android 4.1 Jelly Bean dan Android 4.0 Ice cream Sandwich telah meluncur terlebih dahulu, sayangnya sampai saat ini belum ada yang mampu mengalahkan dominasi Android 2.3 Gingerbread.

Berdasarkan data dari Android Developer bulan November, Android 2.3 Gingerbread menguasai 54 persen pasar Android, menurun dari bulan lalu yang menguasai 55,5 persen. Disusul Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang menguasai 25,8 persen, sedikit meningkat dari bulan lalu yang mencapai 23,7 persen.

android pasar nov

Android 4.1 Jelly Bean juga mengalami kenaikan dari 1,8 persen di bulan lalu, kini menguasai 2,7 persen pasar Android. Android terbaru, yakni Android 4.2 Jelly Bean Saat ini belum masuk daftar.

Sementara Android 2.2 Froyo masih menguasai 12 persen disusul Android 2.1 Eclair dengan 3,1 persen. Sementara itu Android Honeycomb menguasai 1,8 persen. Android versi paling lawas, Cupcake dan Donut masing-masing menguasai 0,1 dan 0,3 persen.

Hal yang berberda terjadi pada platform Apple iOS dimana setiap rilis sistem operasi baru, penggunannya kompak untuk melakukan update ke sistem operasi versi baru, kecuali untuk perangkat Apple keluaran lawas.

Pada platform Android, tak sesederhana Apple iOS, karena hampir semua perangkat Android upgrade sistem operasinya bergantung pada produsen perangkat dan setiap produsen perangkat memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait upgrade sistem operasi.

Spesifikasi perangkat Android juga turut mempengaruhi adopsi Android versi terbaru. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar perangkat Android terutama smartphone entry-level dibekali spesifikasi yang minim sehingga hanya mendukung penggunaan Android 2.3 Gingerbread saja.

Selain itu, menurut sejumlah pengguna yang telah merasakan Android 4.0 dan Android 2.3 mengatakan bahwa Android 2.3 Gingerbread dinilai paling stabil dan kompatibel dengan banyak game-game HD.

Android Kini Telah Berumur 5 Tahun

Posted: 06 Nov 2012 09:13 AM PST

Android 5 tahun

Tak terasa, Android kini telah berusia 5 tahun sejak hadirnya Android versi 1.0 hingga saat ini Android telah mendominasi pasar smartphone dan telah mencapai versi 4.2 Jelly Bean dengan segala kecanggihan fitur yang dibawanya.

Kehadiran Android sendiri berawal dari rumor yang mengatakan bahwa Google akan membuat ponsel sendiri bernama Google Phone atau GPhone yang kabarnya dibuat untuk menyaingi Apple iPhone. Namun, ternyata Google malah membentuk Open Handset Alliance dan merilis sistem operasi untuk ponsel yang disebut sebagai Android.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (05/11/2012), Android adalah sistem operasi open-source yang dibuat menggunakan basis kernel Linux dan bebas digunakan oleh berbagai produsen ponsel dan pengembang aplikasi.

HTC Dream HTC Dream

Pada bulan Oktober 2008, muncul smartphone Android pertama yang dikenal sebagai G1 atau HTC Dream yang mengusung spesifikasi yang cukup tinggi dimasanya. HTC Dream ini dibekali layar berukuran 3,2 inci, kamera dengan resolusi 3,15 megapiksel, memori RAM sebesar 192MB serta datang bersama keyboard slide-out QWERTY.

HTC Dream atau G1 ini awalnya menggunakan sistem operasi Android 1.0 yang kemudian mendapatkan update ke Android 1.6 Donut satu tahun kemudian. Bandingkan dengan ponsel Nexus terbaru, LG Nexus 4.

Nexus 4 LG Nexus 4

Nexus 4 mengusung prosesor quad-core, layar 4,7 inci dengan resolusi HD serta menggunakan sistem operasi terbaru, Android 4.2 Jelly Bean. Tak hanya itu, Android kini juga telah mendominasi pasar smartphone hingga 75% penguasaan pasar.

Sementara di segmen tablet, Android masih nomor dua, namun sistem operasi besutan Google ini terus menunjukan tren kenaikan. Sebaliknya, iPad besutan Apple mengalami penurunan.

Semoga Google terus meningkatkan kualitas dan inovasi platform Android agar lebih baik lagi. Selamat ulang tahun yang ke 5, Android!

Instagram Akhirnya Rilis Versi Website

Posted: 06 Nov 2012 09:12 AM PST

Instagram Web

Instagram akhirnya merilis versi website. Dalam beberapa hari kedepan, seluruh pengguna bisa menikmati profil mereka secara utuh di website Instagram.

Di versi website tersebut nantinya akan ditampilkan foto yang baru saja ditambahkan. Pun juga ada bio serta profil ringkas pengguna.

Dalam versi situs ini pula pengguna bisa saling berkomentar dan menyukai foto yang telah diunggah. Profil pun bisa diedit dengan mudah serta secara langsung dari laman website tersebut.

Sayangnya Instagram versi web tidak bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Namun Instagram berjanji dalam beberapa hari kedepan laman ini bisa diakses oleh mereka.

Untuk mencek apakah profil pengguna telah tersedia di versi web sila kunjungi laman Instagram dengan format Instagram.com/username. Misalkan saja kita tuju laman CEO Instagram Kevin Systrom di alamat Instagram.com/kevin maka tampilannya akan sebagai berikut.

Instagram Web Kevin

Seperti gambar di atas, sekilas laman profil Instagram versi web mirip atau serupa dengan Facebook Timeline. Instagram versi web memiliki cover foto dan foto profil pengguna yang berada di sisi sebelah kiri bawah.

Cover foto ini seperti slideshow foto-foto Instagram yang ditampilkan secara berkala di beberapa frame. Sedangkan foto-foto dibawahnya diurutkan sesuai bulan pengunggahan.

Meski demikian upload foto Instagram tetap harus melalui aplikasi (mobile). Intagram tetap fokus di ranah tersebut. Dan apabila pengguna memiliki foto dengan label privasi, maka hanya pengguna tersebut yang bisa menikmatinya dan tak akan ditampilkan.

No comments:

Post a Comment