Monday, February 6, 2012

koran terbaru - berita seputar indonesia

koran terbaru - berita seputar indonesia


Ini Kata Tifatul Soal Sensor Internet

Posted: 06 Feb 2012 09:16 PM PST

Tifatul Sembiring (Koran Baru/Adri Irianto)

Koran Baru – Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengatakan bahwa sampai saat ini pihak Kementerian Kominfo telah menyensor hampir satu juta situs di Indonesia.

“Jumlah yang disensor sudah 938 ribu, dan ini akan berkembang terus,” kata Tifatul, usai pembukaan Seminar Internet Sehat dan Aman oleh Asia Internet Coalition (AIC) bekejasama dengan Kominfo di Jakarta, Senin, 6 Febuari 2012.

Penyensoran, lanjut Tifatul, tidak dapat disalahkan karena hal ini merupakan amanah undang-undang. Namun, jika kondisi sudah cukup memungkinkan, sensor bisa saja tidak diberlakukan lagi.

“Jika tingkat kesadaran sudah tinggi, bisa tidak dilakukan sensor,” ucap mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini.

Dalam kesempatan ini, Tifatul juga menyampaikan bahwa saat ini 90 persen situs porno di Indonesia telah diblokir. Bandingkan dengan pemblokiran di Singapura yang hanya 15 persen.

Tifatul pun menyambut baik adanya kampanye dari AIC ini yang fokus berinternet yang sehat dan aman. Menurutnya, kampanye ini  akan lebih membantu tugas Kominfo dalam melakukan penyensoran. “Ini ringankan pemblokiran,” katanya.

Kampanye ini melibatkan perusahaan internet yang tergabung dala AIC yang meliputi Google, Yahoo, eBay, Skype, ICT watch untuk kampanye internet ini. (eh)

Gaya Merokok, Salah Satu Cara Ungkap Kepribadian

Posted: 06 Feb 2012 08:46 PM PST

Ilustrasi orang merokok (REUTERS/Toru Hanai)

Vlog – Mungkin banyak yang belum tahu bahwa, gaya merokok seseorang mencerminkan kepribadiannya. Ini bukan sebuah lolucon atau humor saja, tetapi ini adalah sebuah fakta dan ilmiah.

Jika anda tidak percaya, silahkan teliti sendiri, dengan memperhatikan orang-orang di sekitar anda yang merokok. Coba bandingkan hasil analisis di bawah ini dengan hasil yang anda dapatkan dari penelitian orang-orang disekitar anda yang merokok.

Baca selanjutnya … 

Mobil Toyota Terlaris Sepanjang Januari

Posted: 06 Feb 2012 08:35 PM PST

Toyota membukukan penjualan 29.010 unit atau meningkat 10 persen dibandingkan Januari 2011 (csmonitor.com)

Koran Baru – Setelah melewati tahun 2011 dengan berbagai rintangan, Toyota mengawali 2012 dengan kinerja positif. Produsen otomotif itu mampu membukukan penjualan ritel 29.010 unit pada Januari 2012. Penjualan itu meningkat 10 persen dari Januari 2011, dan naik 8,6 persen dibandingkan Desember 2011.

Kenaikan penjualan itu tak lepas dari pulihnya pasokan Toyota pasca dua bencana besar, gempa dan tsunami Jepang, serta banjir di Thailand. "Dapat dikatakan pasar otomotif nasional positif. Kami bersyukur dapat mengawali tahun ini dengan baik,"  ujar Presiden Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan, Senin 6 Februari 2012.

Lalu, apa mobil Toyota terlaris sepanjang Januari lalu?

MPV Avanza masih menjadi kontributor terbesar penjualan Toyota pada Januari, dengan total penjualan 14.641 unit. Penjualan Avanza masih meningkat tiga persen dibanding bulan sebelumnya. Mobil terlaris berikutnya adalah MPV Kijang Innova dengan penjualan 6.436 unit atau 17 persen.

Toyota Rush dan Fortuner (4×2) masing-masing mampu mencetak penjualan sebanyak 2.624 dan 1.842 unit. Disusul Toyota Yaris yang terjual 1.196 unit (naik 288 persen) dibandingkan Desember tahun lalu.

Sementara itu, sedan Toyota berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 744 unit. Di kelas komersial, Toyota Hilux berhasil membukukan penjualan 410 unit, tumbuh lebih dari 88 persen dibanding Desember.

“Tren penjualan ini belum terlihat adanya reaksi konsumen terhadap rencana pembatasan bahan bakar bersubsidi,” katanya. (art)

Gempa 6,8 SR Guncang Filipina

Posted: 06 Feb 2012 08:23 PM PST

Gempa bumi (sciencemediacentre.co.nz)

Koran Baru - Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang pulau ketiga terbesar di Filipina hari ini. Belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Dilansir kantor berita Reuters, Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa terjadi di sekitar 70km timur laut kota pesisir Dumaguete, Kepulauan Negros pukul 11.49 waktu setempat. Provinsi Cebu yang berlokasi di area Visayas juga turut merasakan getaran.

USGS melaporkan, pusat gempa terletak di perairan dengan kedalaman 46,6 km dari permukaan laut. Badan geologi yang berpusat di Hawaii ini tidak melihat adanya kemungkinan gempa menimbulkan tsunami. (eh)

KPK Quizzes Employer on Miranda Goeltom Case

Posted: 06 Feb 2012 08:12 PM PST

Senin, 6 Februari 2012, 12:00 WIBIta Lismawati F. Malau, Dedy Priatmojo Suspect of traveler’s check case (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Koran Baru – Indonesia’s Corruption Eradication Commission (KPK) questions a number of witnesses in relation with the bribery case using traveler’s checks during the elections of Bank Indonesia Senior Deputy Governor (DGS BI) in 2004, which was linked to the appointment Miranda Swaray Goeltom. Today, KPK is scheduled to quiz the Director of PT First Mujur Plantation & Industry, Budi Amal.

"He is chosen as a witness of the suspect Mrs. NN (Nunun Nurbaetie)," said KPK spokesman, Priharsa Nugraha, today, Feb 6. 

Earlier, KPK has questioned a number of PT First Mujur's officials including 3 commissioners, the president director and the finance director. PT First Mujur was the company who proposed the purchase of 480 travelers' checks worth Rp50 million for the purchase of palm plantation in North Sumatra.

PT First Mujur's partner, Suhardi a.k.a Ferry Yen called for the use of travelers' checks for the purchase payment. PT First Mujur then agreed and purchased the checks from Artha Graha Bank. However, because the bank couldn't meet the request, then Artha Graha bought the checks from Bank International Indonesia (BII).

Ferry suddenly canceled the transaction, but the checks were already sent to Ferry. Until his death in 2007, the reason of the cancellation was not known. 

As a result, the checks for the plantation purchase went to Nunun Nurbaetie, the suspect of the travelers' checks which were distributed to former members of Commission IX of the House of Representatives of 1999-2004 period for the purpose of electing Miranda as DGS BI in 2004. 

Bupati Bogor Ikut Maju di Pilkada Jawa Barat

Posted: 06 Feb 2012 07:51 PM PST

Ketua Umum PPP Suryadharma Ali dan Rachmat Yasin (Antara/ Jafkhairi)

Koran Baru - Bupati Bogor Rachmat Yasin maju dalam bursa calon Gubernur Jawa Barat. Rachmat yang merupakan ketua Dewan Pembina wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan Jawa Barat dianggap figur mumpuni dari PPP untuk maju menjadi Gubernur.

Saat menghadiri kegiatan Peringatan Hari Lahir PPP ke-39 di DPC PPP Kota Sukabumi, Rachmat Yasin akhirnya angkat bicara. DPW PPP Jabar juga siap memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 mendatang. "Saya sudah siap maju maju sebagai Gubernur Jawa Barat," katanya, Senin 6 Februari 2012.

Tidak hanya itu, Rachmat optimistis partai berlambang Ka'bah ini akan mendapatkan 15 kursi pada Pemilu legislatif di Jawa Barat mendatang. Jumlah kursi ini akan memperkuat posisi PPP di legislatif termasuk menepis isu sebagai partai tua yang ke hilangan pamor.

Untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat, PPP harus berkoalisi dengan partai lain. PPP tidak mungkin maju sendiri mengingat jumlah kursi di DPRD Jawa Barat tak mencukupi. “Saat ini kami sudah melakukan koalisi dan membangun kemitraan dengan partai lain di Jawa Barat di antaranya, PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, Demokrat dan PAN,” katanya.

Majunya Rachmat Yasin sebagai calon gubernur Jawa Barat telah mendapatkan restu dari Ketua Dewan Pimpinan Pusat  (DPP) PPP, Reni Marlinawati. "Rachmat Yasin merupakan kader terbaik yang saat ini dimiliki oleh PPP di Jawa Barat dan bahkan tidak menutup kemungkinan DPP PPP. Kalau sudah ada kesiapan dari dirinya DPP PPP Pasti tidak akan berpikir panjang untuk memberikan restu,” ujarnya.

Anas: Kerja Keras, Kerja Keras, Kerja Keras

Posted: 06 Feb 2012 07:37 PM PST

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (ANTARA/ Andika Wahyu)

Koran Baru - Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tidak banyak menanggapi soal keterangan pers Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono soal kasus hukum yang mendera sejumlah kader kemarin di Cikeas. Seperti biasa, Anas hanya memilih untuk bekerja daripada panjang lebar menanggapi.

“Untuk langkah ke depan, saya akan kerja keras, kerja keras, dan kerja keras,” kata Anas Urbaningrum saat menghadiri pengukuhan Denny Indrayana sebagai Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada, di Gedung Pusat Balai Senat, Yogyakarta, Senin 6 Februari 2012.

Anas yang mengenakan batik biru ini tidak berbicara banyak. Saat dicecar wartawan, tidak ada satu pun jawaban yang terlontar. Anas langsung masuk ke dalam arena pengukuhan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

Dalam keterangan pers kemarin, SBY mengingatkan bahwa kader Demokrat harus bicara, memberikan penjelasan kepada masyarakat dan konstituen atas berbagai isu yang menerjang. “Jangan tiarap,” kata SBY yang juga Ketua Dewan Kehormatan Demokrat kemarin di Cikeas.

Keterangan pers SBY ini hanya selang dua hari setelah politisi Demokrat, yang juga anggota Badan Anggaran DPR, Angelina Sondakh ditetapkan menjadi tersangka. Angelina menjadi tersangka kasus yang juga mendera mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin. Dalam kasus ini, nama Anas Urbaningrum juga terseret. Meski Anas sudah berkali-kali membantahnya.

Pengukuhan

Sementara, sejumlah tokoh terlihat dalam acara pengukuhan Denny Indrayana sebagai Guru Besar Fakultas Hukum UGM ini. Mereka yang terlihat antara lain Wakil Presiden Boediono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, Ketua DPR Marzuki Alie, serta Menkumham Amir Syamsuddin.

Dalam pengukuhan jabatannya, Denny berpidato dengan tema “Sistem Presidensial Yang Adil Dan Demokratis.” Denny mendesain sistem pemerintahan presidensial yang efektif, adil dan demokratis.

Bagi Denny, sistem yang didesain itu sangat bergantung pada kewenangan konstitusional yang cukup, dukungan politik yang harus mencapai minimal mayoritas sederhana di parlemen, dan kontrol yang tetap efektif. Tidak hanya dari Negara tetapi juga non Negara, terutama dari masyarakat madani dan Pers yang bebas.

“Yang harus dijaga dengan baik adalah kewenangan presiden untuk mengangkat dan memberhentikan (appointment and removal) serta kewenangan vertikal presiden untuk menjadi kepala pemerintahan dari seluruh kepala daerah,” kata Denny. (umi)

Teknologi Baru dalam Sepatu Bola Nike

Posted: 06 Feb 2012 07:27 PM PST

Nike merupakan salah satu merek sepatu yang namanya sudah mendunia. Nike Tiempo Legend IV Elite (http://telepongenggam-jimmy63.blogspot.com)

Vlog - Nike merupakan salah satu merek sepatu yang namanya sudah mendunia. Sepatu yang biasa digunakan dalam berbagai olah raga, seperti basket dan bola ini pun terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan desainnya yang indah.

Nike terus memberikan kelebihan kepada setiap pemain untuk mendominasi permainan lapangan dengan pilihan sepatu bola yang sesuai dengan tipe dan gaya bermain yang berbeda-beda. Musim ini, Nike memberikan warna-warna terbaru ke empat jenis sepatu bola Nike.

Baca selanjutnya…

Cara Unik Atasi Lemak Membandel

Posted: 06 Feb 2012 07:17 PM PST

Diet mediterania sangat dianjurkan mengurangi lemak tubuh (Daily Mail)

Koran Baru - Diet ketat dan olahraga sering kali tak mampu menghilangkan timbunan lemak membandel di pinggang, perut bokong atau punggung belakang. Sehingga banyak yang merasa gagal dan kembali dalam gaya hidup tak sehat.

Seorang pakar obat alami atau naturopatis, Max Tomlinson, memiliki solusi untuk mengikis lemak membandel yang menggagalkan diet wanita. “Banyak wanita berdiet dan hanya mampu menurunkan lemak dari dada dan wajah, namun cenderung menumpuk lemak di lengan dan perut mereka saat menua.”

Max yakin, alasan lemak membandel ini akibat pengaruh hormonal. Masalah timbul jika terjadi ketidakseimbangan hormon akibat pola makan buruk, stres, polusi atau kurang olahraga yang efektif.

Ada beberapa tips unik mengikis lemak di tempat bermasalah, seperti dikutip dari Dailymail, yaitu:

Tonjolan di pinggang

Kurangi makanan manis, untuk mengatur tingkat insulin dalam tubuh. Makanan manis memaksa tubuh memompa insulin, kelebihan glukosa juga akan membentuk lemak yang tak sedap dipandang.

Untuk itu, hindari gula dan makanan yang cepat dibakar seperti alkohol, roti putih, biskuit, kue, keripik, sereal manis, nasi, permen dan minuman bersoda. Perbanyak makanan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi resistensi insulin antara lain kayu manis, cengkeh, kunyit, rempah segar, cabai, cranberry, blueberry, brokoli dan teh hijau.

Lemak di punggung

Lemak sering terlihat di sisi bra akibat kinerja tiroid yang lamban, sehingga mengurangi metabolisme. Hormon tiroid yang melemah membuat Anda terlihat lebih gemuk, dan lebih rentan kelelahan serta depresi.

Untuk mengurangi lemak punggung, asupan makanan tertentu di antaranya brokoli, kubis Brussel, kol, kangkung, lobak, bayam, persik, produk kedelai dan stroberi. Jenis makanan ini membantu kinerja tiroid.

Asupan yodium dan selenium juga membantu kerja tiroid seperti pada kacang Brazil, beras merah, bawang putih, rumput laut, hati, bawang, ikan salmon, tuna, gandum dan biji-bijian. Selain itu menggunakan pasta gigi nonflouride juga membantu hormon tiroid.

Lengan besar

Lengan yang membesar bisa menjadi sinyal menurunnya level testosteron saat wanita mencapai usia pertengahan. Olahraga angkat beban dapat meningkatkan level testosteron dan memperbaiki bentuk lengan.

Selain itu, hubungan seks teratur dan tidur cukup tiap malam akan meningkatkan kadar testosteron.

Disamping itu, pangkas asupan gula dan karbohidrat yang memicu darah tinggi dan menurunkan hormon testosteron. Asupan lemak sehat ikan berminyak seperti salmon, biji rami dan alpukat juga baik untuk produksi testosteron.

Paha dan bokong besar

Hormon estrogen pada wanita meningkatkan penyimpanan lemak pada bagian paha dan bokong. Untuk menguranginya, perbanyak makan buah, sayuran dan biji-bijian karena mengandung zat khusus yang mengikat, dan membantu mengekskresikan kelebihan estrogen di daerah itu.

Kurangi minum alkohol, obat penghilang rasa sakit dan minuman sarat bahan pengawet kimia dan zat pewarna. Sebab, minuman ini akan membuat hati kesulitan membersihkan hormon estrogen.

Makan yogurt alami untuk membantu bakteri usus melancarkan metabolisme gastrointestinal. Kurangi asupan kopi, sebab sebuah studi menemukan dua cangkir kafein memicu pelepasan estrogen pada wanita.

Perut gendut

Kondisi perut menunjukkan adanya masalah kelenjar adrenalin dan kelebihan hormon kortisol. Stres yang tak dapat dikelola dalam jangka panjang menyebabkan tubuh memproduksi kortisol dan meningkatkan kadar glukosa darah. Selanjutnya, memicu insulin dan memaksa tubuh menyimpan kelebihannya dalam bentuk lemak di perut.

Kurangi alkohol dan karbohidrat putih dan ganti dengan sayuran, kacang-kacangan. Selain itu, biasakan menangani stres untuk mengurangi produksi  kortisol. (umi)

Baca juga:

Bersantap Ala Bangsawan Thailand

Persib Akan Boyong Along di Putaran II ISL

Posted: 06 Feb 2012 06:53 PM PST

Persib Akan Boyong Along di Putaran II ISLAlong merasa gerah dengan konflik internal di tubuh Arema.Senin, 6 Februari 2012, 11:58 WIBEdwan Ruriansyah ,  Yadi (Bandung) Noh Alam Shah (kanan) & Muhamad Ridhuan (Ongisnade)

Koran Baru – Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar akhirnya terbuka soal rencana perekrutan striker asal Singapura, Noh Alam Shah. Umuh terang-terangan menyebut pemain yang akrab disapa Along itu sebagai salah satu target Maung Bandung di putaran II Liga Super Indonesia (ISL) 2011-12.

"Ya, ada beberapa pemain yang kami incar. Salah satunya adalah Along. Kami tertarik untuk mendatangkannya di putaran II nanti," papar Umuh kepada wartawan seusai laga Persib kontra Pelita Jaya, Minggu 5 Februari 2012.

Peluang Maung Bandung mendapatkan striker yang dikenal tempramental itu kian terbuka karena Along dikabarkan sudah siap-siap hengkang dari klubnya, Arema yang tampil di IPL. Ia merasa gerah dengan konflik internal di tubuh Arema.

"Sebenarnya kita belum melakukan pendekatan secara langsung kepada Along. Saya juga baru dengar kabar di media kalau dia ingin hengkang dari Arema," ucap Umuh.

Selain Along, Persib pun dikabarkan tertarik kepada kemampuan striker asal Australia, Sean Daniel Rooney. Meski saat ini pemain yang pernah membela tim nasional Australia U-20 itu masih terikat kontrak dengan Deltras Sidoarjo, Persib dikabarkan sudah menyiapkan dana demi 'membajak' Rooney.

Kualitas Rooney dinilai cocok karena dengan kemampuan skill dan kecepatannya. Pemain plontos itu dinilai mumpuni dan cocok dengan skema yang dikembangkan pelatih Drago Mamic.

Persib masih memiliki satu slot jatah pemain asing Asia setelah beberapa waktu lalu membatalkan rencana untuk mengontrak Ryota Miki. Striker asal Jepang itu mengalami cedera lutut lumayan parah saat menjalani latihan hanya beberapa jam jelang penandatanganan kontraknya. (sj)

Capello: Tanpa Ibra, Milan Pincang

Posted: 06 Feb 2012 06:40 PM PST

Capello: Tanpa Ibra, Milan PincangMilan terancam kehilangan Ibra selama 3 pekan ke depan.Senin, 6 Februari 2012, 09:49 WIB Zlatan Ibrahimovic (REUTERS/Alessandro Garofalo)

Koran Baru – Pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, mengaku yakin AC Milan akan pincang tanpa keberadaan Zlatan Ibrahimovic di lapangan. Menurut Capello, Ibra merupakan sosok yang sangat vital di kubu Rossoneri.

Milan terancam kehilangan Ibra selama 3 pekan ke depan. Pemain asal Swedia itu menerima kartu merah saat Milan menghadapi Napoli di San Siro, Minggu 5 Februari 2012. Ibra diusir wasit karena menampar pemain Napoli, Salvatore Aronica.

Tanpa Ibra, Milan hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Napoli. Hasil itu memaku Clarence Seedorf dan kawan-kawan di peringkat 2 klasemen dengan 44 poin. Milan tertinggal satu angka dari Juventus yang bertengger di puncak klasemen.

“Juventus dan Milan masih merupakan favorit untuk titel juara,” kata Capello kepada stasiun televisi RAI 1.

“Juve tidak hanya memiliki keberanian, tapi mereka juga memiliki semangat tim yang luar biasa. Milan memiliki kelas yang lebih besar, tapi tanpa Zlatan Ibrahimovic mereka benar-benar bisa kehilangan sesuatu. Ini adalah mengapa saya mengatakan bahwa Juventus adalah favorit,” ujar Capello.

Sementara itu, Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, memprediksi Ibra takkan absen lebih dari 2 laga. Menurut pria berkepala plontos itu, perilaku Ibra masih bisa ditolerir.

“Saya membaca pendapat-pendapat mengenai hal ini, tapi tidak ada maksud kekerasan di situ. Saya percaya Ibrahimovic tidak akan menerima larangan lebih dua pertandingan. Saya juga melihat gerakan Aronica terhadap Antonio Nocerino yang memulai insiden itu. Tapi, wasit tidak melihatnya,” ujar Galliani. (eh)

Jenis-Jenis Gerakan Refleks Pada Bayi

Posted: 06 Feb 2012 06:16 PM PST

Refleks adalah mekanisme pertahanan hidup yang dibawa secara genetic. ibu dan bayi mengobrol (Corbis)

Vlog – Bayi yang baru lahir sepenuhnya tidak berdaya, dia adalah makhluk paling lemah dan membutuhkan bantuan orang lain. Tetapi walaupun begitu, bayi mempunyai system pertahanan diri melalui gerakan-gerakan refleks. Contonya refleks mencari dan refleks mengisap merupakan contoh penting. Refleks merupakan reaksi alama terhadap stimulus, yang mengatur gerakan bayi yang bersifat otomatis dan diluar kehendak bayi.   Contoh-contoh jenis gerakan refleks pada bayi adalah sebagai berikut:

Baca selenajutnya … 

Hujatan Fans Chelsea Jadi Inspirasi Ferdinand

Posted: 06 Feb 2012 06:04 PM PST

Hujatan Fans Chelsea Jadi Inspirasi FerdinandBek senior MU itu dicemooh saat laga di markas Chelsea tadi malamSenin, 6 Februari 2012, 11:38 WIB Rio Ferdinand (Koran Baru/Muhamad Solihin)

Koran Baru – Tampil di markas Chelsea, Stamford Bridge, bukan sesuatu yang menakutkan bagi bek senior Manchester United, Rio Ferdinand. Ia justru semakin tertantang memberikan performa terbaik di hadapan ribuan pendukung The Blues.

Semalam, Minggu 5 Februari 2012, Chelsea menjamu MU dalam laga lanjutan Premier League. Pertemuan kedua di musim ini berakhir imbang 3-3. Chelsea sempat unggul 3-0 sebelum MU  berhasil menyamakan kedudukan.

Laga kali ini tak hanya mengumbar aura persaingan kedua tim. Kapten Chelsea John Terry, absen lantaran ingin mengembalikan nama baiknya atas tuduhan rasisme terhadap bek Queens Park Rangers, Anton Ferdinand. Anton merupakan adik kandung Rio Ferdinand.

Terkait kasus tersebut, Terry harus kehilangan ban kapten tim nasional Inggris. Tak heran jika saat pertandingan malam tadi, Ferdinand menjadi target olok-olok pendukung tuan rumah.

"Saya dicemooh fans CFC hari ini. Cukup berhasil, terima kasih telah menginspirasi saya dan rekan-rekan tim! Itu seperti bahan bakar buat saya!”  tulis Ferdinand dalam akun di laman Twitter.

Sebenarnya, Terry belum dinyatakan bersalah atas tuduhan rasisme tersebut. Persidangan ditunda dan dijadwalkan kembali digelar pada Juli mendatang. Namun, Asosiasi Sepakbola (FA) Inggris sudah membulatkan keputusan mencopot ban kapten timnas dari bek 31 tahun itu.

Sebelum Piala Dunia 2010, FA juga sempat memecat Terry dari jabatan kapten timnas karena kasus perselingkuhan. Ban kapten diserahkan kepada Ferdinand, namun ia mengalami cedera sehingga diberikan kepada Steven Gerrard. Kini, Ferdinand menegaskan bahwa dirinya tidak tertarik lagi menggantikan Terry.

“Saya tidak ingin jadi kapten Inggris setelah episode terakhir lalu. Saya hanya ingin konsentrasi bermain untuk Manchester United dan jika memang masuk skuad timnas, saya akan senang,” tutur bek kelahiran 33 tahun silam itu. (irb)

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Tottenham Kontak Mourinho Gantikan Redknapp

Posted: 06 Feb 2012 05:51 PM PST

Tottenham Kontak Mourinho Gantikan RedknappSpurs ingin mengembalikan mantan manajer Chelsea, Mourinho ke London. Senin, 6 Februari 2012, 11:45 WIB Jose Mourinho (REUTERS/Juan Medina)

Koran Baru – Kubu Tottenham Hotspur disebut-sebut telah mengontak Jose Mourinho. Pelatih Real Madrid itu akan dijadikan sebagai suksesor Harry Redknapp jika kelak menjadi manajer Inggris.

Menurut Times, kubu White Hart Lane kini sedang berburu kandidat manajer baru. Karena Redknapp kemungkinan besar akan menjadi suksesor manajer Inggris, Fabio Capello yang tak memperpanjang kontrak seusai Euro 2012.

Bidikan Tottenham mengarah ke Madrid. Spurs ingin mengembalikan mantan manajer Chelsea, Mourinho ke London. Atmosfer London dan Premier League yang tak asing diharapkan bisa membawa pria Portugal itu ke Inggris lagi.

Mourinho berpeluang besar membawa Madrid menjadi jawara La Liga pada musim keduanya menangani tim Ibukota Spanyol itu. Karena El Real kini sudah unggul 7 poin atas juara bertahan sekaligus rival bebuyutan Barcelona.

Telegraph pada kesempatan sebelumnya mengabarkan Mourinho akan meninggalkan Santiago Bernabeu meski berhasil mengantarkan Madrid menjadi jawara La Liga. Destinasi berikut Mourinho tak lain Premier League.

Mourinho meninggalkan Chelsea pada 2007 setelah membawa The Blues menjadi jawara Premier League musim 2004/05 dan 2005/06. Sayangnya, Mourinho gagal membawa Chelsea ke final Liga Champions setelah digagalkan Liverpool dalam dua kesempatan. (eh)

Angie dan Koster Absen di Rapat DPR

Posted: 06 Feb 2012 05:41 PM PST

Senin, 6 Februari 2012, 11:08 WIBIta Lismawati F. Malau, Mohammad Adam Angelina Sondakh saat menjalani pemeriksaan di kantor KPK (Koran Baru/Anhar Rizki Affandi)

Koran Baru - Komisi X DPR menggelar rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng. Dalam rapat hari ini, dua anggota Komisi X DPR, Angelina Sondakh dan I Wayan Koster tidak terlihat.

Empat pimpinan Komisi tampak hadir dengan diketuai oleh Mahyuddin (Fraksi Demokrat). Rapat ini dimulai pukul 10 WIB. Namun, hingga pukul 10.35 WIB, rapat hanya diikuti 12 anggota Komisi minus Koster dan Angelina.

Sebelum mengikuti rapat, Andi menjelaskan bahwa rapat akan membahas masalah perkembangan proyek pembangunan fasilitas olahraga di Hambalang, Bogor. “Selain itu, juga laporan SEA Games.”

Angelina dan Koster sudah dicekal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat pekan lalu terkait kasus suap wisma atlet SEA Games di Jakabiring, Sumatera Selatan. Bahkan, Angie-sapaan Angelina-ditetapkan sebagai tersangka.

Dalam beberapa sidang kasus ini, nama Angie dan Koster disebut-sebut sebagai penerima suap.

Terpidana kasus suap wisma atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mindo Rosalina Manulang menyatakan Angelina meminta uang untuk pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Ada Hambalang atau wisma atlet. Dia bilang butuh uang untuk menggolkan anggaran,” kata Rosa di sidang Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Senin 16 Januari 2012.

Membantah

Disebut dalam sidang sebagai peminta dana, Angie merasa dizalimi. Anggota Komisi IX DPR itu heran disebut-sebut menerima uang tersebut padahal dirinya tidak pernah bicara dengan Rosa.

“Membicarakan itu saja tidak pernah, membicarakan dengan Nazar apalagi Mbak Rosa, urusannya nyalon saja lalu ke butik, Pak Nazar juga nggak pernah, tiba-tiba saya dibilang terima,” ujar Angie kepada wartawan, Senin 16 Januari 2012.

Angie mengaku heran kenapa dirinya bisa disebut meminta uang untuk meloloskan anggaran proyek tersebut. “Aku nggak pernah ngomong, aku sudah pusing, ada apa di balik semua ini, bicara soal Wisma Atlet, mereka yang menghubungi aku bicara tidak pernah apalagi minta, bicara tidak pernah,” kata Angie.

Selain Rosa, mantan Wakil Direktur Keuangan PT Permai Group, Yulianis, mengungkapkan aliran dana dari perusahannya ke sejumlah anggota DPR. Yulianis pun membeberkan anggota DPR yang mendapatkan aliran dana itu adalah Angelina Sondakh dan Wayan Koster.

Sementara, Koster membantah kesaksian mantan supir Yulianis, Luthfie Ardiansyah, di Pengadilan Tipikor yang  menyebut dirinya menerima uang Rp5 miliar yang diantar dua kali ke DPR pada hari yang sama.

Koster menjelaskan, ia sudah pernah menanyakan kepada stafnya apakah mereka pernah menerima titipan uang tersebut atau tidak. Koster mengatakan, stafnya juga membantah menerima uang sebesar Rp5 miliar dari Luthfie.

"Saya sudah tanya staf saya. Dia mengaku tidak pernah mengenal Luthfie dan tidak pernah menerima titipan, juga tidak pernah membuat tanda terima," ujar Koster, Senin 30 Januari 2012. Namun Koster menyatakan siap dipanggil KPK untuk memberikan klarifikasi. "Saya pasti akan datang memberi keterangan," imbuhnya. (Baca Selengkapnya Bantahan Koster di Sini) (eh)

VIDEO: MU Tahan Chelsea

Posted: 06 Feb 2012 05:27 PM PST

MU sempat tertinggal 0-3 dari Chelsea dalam tempo 51 menit.Senin, 6 Februari 2012, 11:21 WIB Duel Jonny Evans & Fernando Torres (REUTERS/Eddie Keogh)

Koran Baru – Stamford Bridge, kandang Chelsea, pada Minggu tengah malam WIB, 5 Februari 2012, nyaris menjadi neraka bagi Manchester United. MU sempat tertinggal 0-3 dalam tempo 51 menit.

Ya, super bigmatch di Stamford Bridge itu berjalan sangat seru karena kedua tim bergantian melancarkan serangan bergelombang. MU yang terus menekan Chelsea sejak awal pertandingan, justru kecolongan tiga gol lebih dahulu.

Dimulai dari gol bunuh diri Jonny Evans di menit 36, tendangan spektakuler Juan Mata menit 46 dan sundulan David Luiz yang sempat mengenai badan Rio Ferdinand pada menit 51.

Tapi, pasukan Sir Alex Ferguson tak putus asa. Waktu yang masih banyak tersisa digunakan untuk mengejar ketinggalan. Dua sayap: Ashley Young dan Antonio Valencia serta Wayne Rooney menjadi kreator serangan bergelombang yang terus meneror pertahanan Chelsea.

Gol sepertinya tinggal menunggu waktu. Alhasil, dua penalti Rooney di menit 58 dan 69, disusul sundulan Javier ‘Chicharito’ Hernandez di menit 84 membuat Stamford Bridge batal menjadi neraka bagi MU. Duel sangat seru ini pun berakhir 3-3.

Untuk menyaksikan enam gol yang tercipta pada bigmatch di Stamford Bridge ini, bisa klik di sini.

Rooney: MU Tekan City Sampai Laga Terakhir

Posted: 06 Feb 2012 05:02 PM PST

Rooney: MU Tekan City Sampai Laga TerakhirSempat tertinggal tiga gol, Rooney dan kawan-kawan bangkit dan memaksakan skor akhir 3-3.Senin, 6 Februari 2012, 11:27 WIB Wayne Rooney (kanan) (REUTERS/Phil Noble)

Koran Baru – Striker Manchester United, Wayne Rooney memberi peringatan kepada pimpinan klasemen sementara Premier League, Manchester City. Rooney mengatakan, timnya akan berjuang sampai laga terakhir demi mempertahankan mahkota juara Premier League.

MU tampil impresif saat menghadapi Chelsea di Stamford Bridge, Minggu tengah malam WIB, 5 Februari 2012. Sempat tertinggal tiga gol, Rooney dan kawan-kawan berhasil bangkit dan memaksakan skor akhir 3-3.

The Blues unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri Johny Evans (36′), Juan Mata (46′) dan David Luiz (51′), sebelum akhirnya disamakan oleh penalti Rooney (58′, 69′) dan sundulan Javier ‘Chicharito’ Hernandez (84′).

“Tentu saja kami kehilangan 2 angka. Kami memahami hal ini. Tapi, semua pemain ManCity di rumah tidak akan menikmati pertandingan ini, karena setelah tertinggal 0-3, mereka melihat cara kami melawan balik dan semangat tim ini,” kata Rooney seperti dilansir Mirror Football.

Hasil imbang ini memaku Setan Merah di posisi 2 dengan 55 angka dari 24 pertandingan. ManCity sendiri masih bertengger di singgasana klasemen sementara Premier League dengan 57 poin.

“Mereka (ManCity) tahu ini akan menjadi pertarungan yang panjang dan kami akan bersaing terus sampai akhir kompetisi. Kami berjuang dengan bagus, dengan keras, dan hal ini bisa membawa kami menjuarai liga.”

“Kami telah menunjukkan hal ini selama bertahun-tahun. Banyak tim akan menundukkan kepala mereka dan menerima kekalahan. Tetapi, kami terus berjuang, bekerja keras, dan untungnya kami mendapatkan sesuatu dari pertandingan melawan Chelsea,” ujar Rooney. (one)

Ancelotti: Chelsea Perlu Waktu untuk Kuat

Posted: 06 Feb 2012 04:47 PM PST

Carlo Ancelotti (REUTERS/Benoit Tessier)

Koran Baru – Hasil kurang memuaskan yang didapat Chelsea di musim ini mendapat tanggapan serius dari mantan pelatihnya, Carlo Ancelotti. Pria Italia itu menilai, skuad Chelsea perlu dibenahi untuk mewujudkan misi meraih hasil impresif di akhir musim kompetisi.

Namun, Don Carletto, julukan Ancelotti, menyadari betul, tidak mudah bagi Chelsea untuk melewati masa transisi. Menilik skuad The Blues saat ini, sebagian pemain memang tidak lagi berusia muda. Frank Lampard, Didier Drogba, dan John Terry merupakan sederet nama pilar yang mulai tergerus usia.

“Ini bukan momen mudah untuk Chelsea karena saya pikir, klub harus melakukan perubahan,” kata Ancelotti seperti dikutip Tribal Football.

“Mereka membutuhkan pemain yang bisa menggantikan pemain besar. Mungkin tidak sekarang tetapi di masa datang.”

Agar hasilnya optimal, Ancelotti yang menangani The Blues pada 2009-2011 itu pun meminta agar manajemen tim tidak membentuk skuad anyar dengan cara instan. Ancelotti yang kini menukangi Paris St. Germain mengingatkan bahwa untuk membawa tim yang kuat perlu waktu lama.

“Di tahun kedua, kami melakukan suatu perubahan. Kami kehilangan Ricardo Carvalho, Joe Cole, Deco dan Michael Ballack dan kami mendapatkan lima pemain muda di skuad. Jadi kami juga memiliki ide ini di masa lalu,” sambung Ancelotti.

Selain itu, masih menurutnya, pemilik Chelsea harus punya kesabaran plus menaruh kepercayaan penuh kepada pelatih untuk mewujudkan tim juara.

“Ini semua bergantung pada tujuan klub. Jika diperlukan perubahan, maka mereka harus menaruh kepercayaan kepada manajer dan menunggu. Tidak peduli, bila Anda tidak memenangkan liga musim ini. Tetapi Anda harus membuat tim baru di musim depan,” tuntas Ancelotti. (irb)

• Koran Baru

Selingkuhan John F Kennedy Terbitkan Buku

Posted: 06 Feb 2012 04:37 PM PST

John F Kenney dan Mimi Alford (Reuters)

Koran Baru - Seorang perempuan, yang mengaku mantan kekasih gelap John F. Kennedy, meluncurkan sebuah memoar, yang berisi detail perselingkuhannya selama 18 bulan dengan presiden Amerika Serikat itu. Dalam bukunya, Kennedy dikatakan telah merenggut keperawanannya.

Perselingkuhan terjadi saat Mimi Alford, demikian nama wanita itu, berusia 19 tahun dan sedang magang di Gedung Putih. Diberitakan BBC, Minggu 5 Februari 2012, mantan administrator gereja yang kini berusia 69 tahun itu memutuskan mengungkap perselingkuhannya setelah statusnya sebagai ‘anak magang Gedung putih’ ramai disebut-sebut media AS.

Alford menggambarkan bagaimana hubungan gelap mereka berawal setelah Kennedy merenggut keperawanannya di kamar istrinya, Jackie, usai pesta di kolam renang pada 1962. “Saya sangat terkejut. Di sisi lain, Presiden bersikap seolah-olah apa yang telah terjadi adalah sesuatu yang paling biasa di dunia,” tulis Alford, seperti dimuat Telegraph.

Dalam ulasan di New York Post, Alford dalam bukunya mengatakan bahwa Kennedy pernah memaksanya menenggak pil narkoba. Selain itu, Kennedy pernah “menawarkan” Alford kepada asisten utamanya David Powers, sementara sang presiden menyaksikan adegan bejat tersebut. Kennedy bahkan sempat meminta ajudannya mengantarkan Alford ke dokter untuk aborsi, namun ternyata dia tidak hamil.

Hubungan terus berlanjut bahkan setelah Alford selesai magang dan meninggalkan Washington. Beberapa hari sebelum Kennedy tewas ditembak pada 1963, Alford juga mengklaim sempat tidur bersama Kennedy. Ketika berhubungan, ungkap Alford, mereka sekalipun tidak pernah berciuman.

Berniat Mundur

Dalam buku bertajuk “Sebuah Rahasia: Perselingkuhanku dengan John F. Kennedy,” Alford terkadang menggambarkan bagaimana ia menjalani hari-hari serta malam-malamnya bersama Kennedy lewat gambar. Secara keseluruhan, Alford mendeskripsikan hubungan mereka sebagai hubungan yang teramat dekat.

Saat Kennedy berduka karena kematian bayinya, Patrick, Alford juga salah satu orang yang berusaha menenangkannya saat menangis. Ia juga mengklaim Kennedy sebenarnya berniat mundur terkait krisis misil Kuba pada 1962.

“Lebih baik anak-anak saya jadi ‘merah’ ketimbang mati,” kenang Alford, mengutip kata-kata Kennedy saat itu. Tidak disebutkan apa yang dimaksud dengan ‘merah’ disini, apakah maksudnya menjadi komunis atau bukan. (ren)

MU Pantang Menyerah Gempur Chelsea

Posted: 06 Feb 2012 04:22 PM PST

MU Pantang Menyerah Gempur Chelsea Sikap pantang menyerah menjadi jurus andalan MU untuk mencuri satu poin di Stamford BridgeSenin, 6 Februari 2012, 11:06 WIB Javier Hernandez menyundul bola (REUTERS/Eddie Keogh)

Koran Baru – Bomber Manchester United, Javier ‘Chicharito’ Hernandez mengungkapkan kunci rahasia Manchester United menyelamatkan diri dari kekalahan saat jumpa Chelsea, Minggu, 5 Februari 2012 kemarin yang berakhir imbang 3-3.

Sikap pantang menyerah menjadi jurus andalan MU untuk mencuri satu angka di Stamford Bridge. Melihat rekaman pertandingan, The Red Devils, julukan MU, memang sempat tertinggal tiga gol lebih dulu.

Namun, tim asuhan Sir Alex Ferguson itu bisa mengejar ketertinggalan tiga gol, melalui dua gol dari titik putih yang dicetak Wayne Rooney serta satu gol tambahan dari Chicharito.

“Sangat sulit bagi kami. Tapi kami tidak pernah menyerah. Kami masih berjuang sampai menit terakhir dan untungnya kami bisa mencetak tiga gol,” seru pemain asal Meksiko tersebut di Tribal Football, Senin, 6 Februari 2012.

Dalam kesempatan itu, Chicharito pun menyatakan, MU lebih mendominasi jalannya pertandingan. “Saya pikir kami mengendalikan pertandingan dengan baik. Tapi Chelsea tim besar, mereka bermain di kandang, mereka mendapatkan tiga peluang dan mereka mencetak gol,” ujar dia.

Atas hasil ini, MU mengumpulkan 55 poin, terpaut dua angka dari rival terdekat mereka, Manchester City yang bertengger di peringkat pertama dengen 57 angka. (umi)

• Koran Baru function suzuki_banner(act) {if (act == ‘close’) {$(“#ads_regularsuzuki”).show();$(“#ads_expandsuzuki”).hide();} else {$(“#ads_regularsuzuki”).hide();$(“#ads_expandsuzuki”).show();}}Loading Klasemen…

Melihat Sisi Lain Justin Bieber

Posted: 06 Feb 2012 04:07 PM PST

Ternyata Justin Bieber mempunyai sisi lain dalam dirinya. Justin Bieber – Reuters (REUTERS/Henry Romero)

Vlog – Justin Bieber, artis asal Kanada ini tentu sangat familiar di telinga kita. Ia pun sudah terkenal di kancah musik internasional. Albumnya laris terjual dengan jutaan kopi di seluruh dunia. Tentu saja, ini membuat Justin mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Namun dibalik itu semua, ternyata Justin Bieber mempunyai sisi lain dalam dirinya. Dibesarkan di keluarga yang serba terbatas, membuat Justin memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap saudara-saudaranya yang kurang mampu. Sehingga bintang muda ini amat suka beramal.

Baca selanjutnya…

Fajar Lazuardi di Bahtsul Masail Gula Legi

Posted: 06 Feb 2012 03:55 PM PST

Menneg BUMN Dahlan Iskan (ANTARA/Fanny Octavianus)

Koran Baru – Hampir seribu orang berkumpul di gedung Empire Surabaya hari Minggu pagi kemarin. Semua berkaus sama: kaus putih bergambar tebu, sepeda, dan sedikit hantu. Tidak peduli karyawan biasa, kepala bagian, kepala pabrik maupun direksinya. Saya pun diminta mengenakan kaus yang sama, entah apa maksud gambar hantu di situ. Tujuan pertemuan ini memang hanya satu: memajukan pabrik-pabrik gula milik BUMN. 

Dari 179 pabrik gula milik negara yang pernah ada, kini tinggal 51 yang masih tersisa. Itu pun separonya dalam keadaan sulit dan sangat sulit. Zaman memang sudah berubah. Kejayaan industri gula sudah lama berlalu. Kalau dulu harga gula 2,5 kali harga beras, kini harga kedua komoditi itu sudah praktis sama. Maka minat menanam tebu pun tentu tidak sebesar dulu lagi. Kini begitu banyak tanaman lain yang lebih menjanjikan. Apalagi untuk menanam tebu diperlukan waktu tiga kali lipat lebih lama dari tanaman padi. 

Di saat produksi gula mengalami kesulitan seperti itu, orang masih terus membeli gula. Kian tahun konsumsi gula kian tinggi–termasuk oleh mereka yang terkena sakit gula sekali pun. Akibatnya impor gula harus digalakkan. Pabrik gula dalam negeri kian bertambah-tambah sulitnya. 

Tapi benarkah pabrik gula harus sulit? Mengapa masih ada pabrik gula yang baik? Mengapa masih ada pabrik gula yang maju? Mengapa minat swasta membangun pabrik gula tetap tinggi? Mengapa di beberapa negara produksi gulanya terus meningkat dan bahkan mampu ekspor?

Dalam forum seribu orang itu semua pertanyaan harus terjawab. Agar pertemuan tidak seperti sekadar seminar atau rapat kerja, semua pembicara harus ngomong to the point, tidak ada basa-basi, tidak boleh bicara lebih dua menit dan harus fokus per-topik. Tidak ada upacara pembukaan atau penutupan. Juga tidak ada pemimpin rapat. Yang ada hanya moderator yang diserahkan kepada saya. Yang hadir pun sangat bervariasi sehingga tidak mungkin ada persoalan yang tidak tahu jawabnya.

Di samping direksi, hadir di forum ini semua kepala pabrik, semua kepala bagian, dan peserta khusus. Peserta khusus adalah generasi muda berprestasi di sebuah pabrik gula tanpa memandang sudah punya jabatan atau belum. Masing-masing pabrik gula mengirimkan 10 orang generasi muda berprestasi. Saya jadi teringat pidato Bung Karno: berikan kepada saya 10 orang pemuda, akan saya ubah dunia! Saya berharap 10 generasi muda di situ pun bisa menjadi champions untuk perubahan di masing-masing pabrik gula.

Tempat duduk di forum yang secara informal dinamakan "bahtsul masail kubro" ini juga diatur secara khusus. Peserta dari pabrik-pabrik yang sudah maju disandingkan dengan peserta dari pabrik-pabrik yang lagi sulit. Peserta dari pabrik-pabrik yang maju sering diminta tampil untuk menceritakan kiat-kiat mereka di topik-topik tertentu.

Maka 17 topik yang selama ini menjadi penyebab sulitnya pabrik gula itu bisa dibicarakan secara tuntas. Topik-topik itu misalnya: mengapa petani tidak berminat menanam tebu di suatu wilayah pabrik, mengapa ada pabrik yang lebih dekat tetapi petani mengirim tebunya ke pabrik yang lebih jauh, mengapa ketidakefisienan pabrik ikut dibebankan kepada petani, mengapa tebu dari jauh diberi insentif ongkos angkut sementara tidak ada insentif kepada petani yang dekat dengan pabrik, apa yang harus dilakukan untuk merebut kepercayaan petani kepada pabrik gula setempat, betapa besar pengaruh kekompakan para kepala bagian di dalam suatu pabrik terhadap keberhasilan pabrik gula, bagaimana agar pembakaran ketel tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak, mungkinkah dilakukan sistem beli putus: petani kirim tebu dan langsung dibayar saat itu, bagaimana mengatasi semakin sulitnya mencari tenaga untuk menebang tebu dan seterusnya.

Topik yang paling panjang tentu yang satu ini: bagaimana merebut kepercayaan petani. Agar mereka mau menanam tebu. Agar mereka mengirim tebu ke pabrik yang terdekat. Agar pabrik tidak kekurangan tebu. Agar petani merasakan keadilan dan kesejahteraan.

Mencari jawabnya tidak sulit. Sudah ada contoh yang sangat berhasil. Pabrik Gula Pesantren Baru di dan Pabrik Gula Ngadirejo, keduanya di Kediri, sudah menerapkannya dengan sukses. Demikian juga delapan pabrik gula lainnya, termasuk yang di Lampung dan Palembang. Sejak empat tahun lalu kelompok 10 ini tidak pernah lagi mengalami kesulitan bahan baku. Bahkan sampai berlebihan. Kuncinya satu: keterbukaan manajemen kepada petani tebu.

Di pabrik-pabrik tersebut tiap hari (di masa giling) diumumkan di papan pengumuman, petani siapa memperoleh rendemen (kandungan gula) berapa persen. Mereka yang setor tebu ke pabrik biasanya mampir ke papan pengumuman itu. Sejak sistem ini diterapkan tidak ada lagi kecurigaan dari petani. Padahal dulunya pabrik selalu dicurigai mempermainkan rendemen petani. Sampai-sampai petani meminta agar dibentuk tim independen untuk mengikuti keterbukaan model Pesantren Baru atau Ngadirejo, tim seperti itu tidak diperlukan lagi.

Yang juga banyak mendapat tepuk tangan adalah ketika sepasang kepala bagian diminta naik panggung. Dia adalah Surya Wirawan kepala bagian teknik dan Fajar Lazuardi kepala bagian pengolahan. Keduanya dijadikan contoh betapa bila dua orang kepala bagian di suatu pabrik kompak, hasilnya luar biasa. Ketika keduanya bekerja di posisi tersebut, Pabrik Gula Prajekan, Situbondo, mengalami kemajuan 100 persen dalam produksinya. Oleh direksi PTPN XI, keduanya kini diminta tetap berpasangan untuk membenahi Pabrik Gula Semboro di Jember. Mereka pun optimis bisa menghidupkan kembali pabrik gula Semboro yang semula sulit ini.

"Kami ini bukan lagi seperti rekan sejawat, tapi sudah seperti bersaudara," ujar Surya Wirawan yang jadi kepala bagian teknik. "Saya selalu panggil dia ‘Kid’ dan dia panggil saya ‘Sam’," tambahnya. Bagi orang Malang tidak ada panggilan yang bisa menunjukkan kekentalan persahabatan melebihi panggilan “Kid” dan “Sam” itu. Orang Ngalam, eh orang Malang, memang biasa mengucapkan suatu kata dari huruf paling belakang.

Biaya memproduksi uap memang sangat besar di suatu pabrik gula. Bagian teknik yang memproduksi uap melalui ketelnya (boiler) harus erat berhubungan dengan bagian pengolahan yang menggunakan uap tersebut. Kalau produksi uap kurang cukup sudah seharusnya bagian pengolahan menjerit. Sebaliknya, kalau bagian pengolahan terlalu boros menggunakan uap dalam proses pembuatan gulanya sudah sewajarnya bagian teknik menjerit.

Dalam hal tim yang tidak kompak, bisa saja terlalu banyak bahan bakar yang terbuang karena penggunaan uap yang berlebihan. Sebaliknya, kalau produksi uap tidak lancar bisa jadi banyak gula yang kualitasnya jelek. 

Dengan berbagai langkah yang sudah dilakukan para pengelola pabrik gula selama tahun-tahun terakhir, setidaknya sudah banyak best practices yang terjadi. Banyak sekali cerita keberhasian dan kiat kesuksesan yang bisa diceritakan di forum kemarin. Kini tinggal bagaimana manajemen bisa menularkan semua itu kepada pabrik yang masih sulit.

Di akhir pertemuan, 22 pimpinan pabrik gula yang masih sulit dan sangat sulit naik ke panggung. Urutan jejernya pun sudah seperti otomatis: yang paling sulit di ujung kanan dan kian ke kiri kian kurang sulitnya. Mereka sudah mendengar sendiri kiat-kiat sukses pabrik lainnya. Di antara 22 pabrik yang sulit dan amat sulit itu ternyata masih memberikan hope yang besar: 12 pabrik di antaranya siap keluar dari "neraka" akhir tahun ini. 

Banyak sekali rencana yang akan mereka lakukan setelah pertemuan ini. Bahkan di antara mereka ada yang sangat detil. Misalnya ada yang akan menjaga agar mesin pengolahannya selalu dibersihkan dengan sangat-sangat bersih.  Ini tidak hanya demi kerapian atau kesehatan, ternyata juga sangat erat dengan peningkatan produksi. Dia menceritakan secara detil reaksi-reaksi kimiawi dari semua instalasi pengolahan yang kurang dibersihkan secara benar-benar bersih dengan produktivitas gula. 

Dengan sangat menyindirnya, dia berucap, "Kalau Bapak mengatakan ruang tunggu bandara harus lebih nyaman dari ruang kerja direksi bandara, saya akan bikin doktrin instalasi pengolahan di pabrik gula saya harus dibersihkan lebih bersih dari piring yang saya pakai makan!"

Alhamdulillah. Dengan demikian, bila Tuhan mengizinkan, akhir tahun ini tinggal 10 lagi pabrik gula yang masih sulit. Berarti masih 20 persen lagi. Tentu tidak mudah memecahkannya. Meski tinggal 10 pabrik gula, tapi pastilah ini yang paling sulit dari yang tersulit.-sulit. 

Untuk membaca seberapa sulitkah kesulitan yang sulit itu, masing-masing pimpinan 10 pabrik gula tersebut diminta menyebutkan tiga penyebab utama kesulitan itu. Yang satu, yang di Klaten itu, menyebutkan kesulitan utamanya hanya satu: pabrik tersebut menggunakan banyak sekali boiler yang semuanya berukuran kecil-kecil. Kalau apa yang dia kemukakan itu benar, tentu tidak sulit memecahkannya: ganti boiler. Satu saja tapi yang besar. Satu saja tapi bahan bakarnya jangan minyak. Satu saja tapi bayarnya nyicil. 

Satu pabrik lagi, di Probolinggo, beralasan pabriknya sudah terlalu tua. Sudah 166 tahun. Kalau ini benar, maka masih tetap bisa diatasi. Sebab, pabrik gula pada prinsipnya adalah mekanik. Banyak hal bisa dilakukan dengan mudah untuk peralatan yang sifatnya mekanik.

Satu pabrik lagi, di Jateng, penyebabnya agak unik: kalah bersaing dengan pabrik gula Jawa yang jumlahnya sampai 300 buah di sekitar pabriknya. Para petani tidak ada yang mengirim tebu ke pabrik karena diolah sendiri-sendiri. Tentu alasan seperti ini terlalu klasik untuk sebuah bisnis. Bukan alasan yang kuat. Karena itu sampai ada peserta yang memberikan jalan keluar secara bergurau: bagaimana kalau pabrik gula ini sekalian saja memproduksi gula Jawa?

Intinya: semuanya berkaitan dengan kurangnya pasokan tebu sebagai bahan baku utama. Intinya lagi, petani kurang tertarik menanam tebu atau mengirim tebu ke pabrik. Lebih inti lagi: petani kehilangan kepercayaan kepada pabrik gula BUMN. Maka khusus yang 10 pabrik gula ini akan bertemu lagi sebulan mendatang. Tentu dengan usulan dan jalan keluar yang sudah lebih nyata. Kalau pun tahun ini belum  bisa teratasi, setidaknya tahun depan harus beres. Atau, hi hi hi, menjadi seperti hiasan di kaus yang kemarin mereka kenakan itu!

*Menneg BUMN Dahlan Iskan

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

Komandan Polantas Pukuli Anak Buah

Posted: 06 Feb 2012 03:41 PM PST

Polisi Lalulintas (Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis)

Koran Baru – Kepala Bagian Pembinaan Operasional (Kabag Bin Ops) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Bonaparte Silalahi, dilaporkan oleh dua anak buahnya atas tuduhan penganiayaan. Kedua anggota polisi lalulintas itu mengalami luka memar di bagian pipi karena dipukul oleh atasannya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, membenarkan adanya pelaporan itu.  “Yang melapor dua anggota yang sama-sama menjadi korban. Tentu jika ada laporan maka akan diproses dan dituntaskan,” kata Rikwanto di Jakarta, Senin 6 Februari 2012.

Dua anggota polantas yang melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya ini berinisial Brigadir EDN, 30, dan Briptu MY, 35.

Mereka tercatat sebagai anggota satuan penegakkan pengaturan (gatur) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. “Peristiwanya terjadi di kolong jembatan Semanggi, Kamis sore. Dilaporkannya baru Jumat kemarin,” kata Rikwanto.

Rikwanto menduga kejadian itu akibat salah paham. Menurut dia, awalnya Bonaparte yang saat itu melintas di kolong jembatan Semanggi melihat EDN dan MY sedang istirahat.

Bonaparte kemudian memanggil mereka. Namun bukannya menghampiri, kedua anggota tersebut malah bergegas lari ke arah tempat di mana mereka ditugaskan menjaga lalu lintas.

Kesal karena panggilannya tidak dihiraukan, Bonaparte menghampiri kedua anggota polantas tersebut dan menegurnya. “Kedua korban dipukul di bagian mata sebanyak satu kali,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan di lapangan, EDN dan MY bertugas di sekitar kolong jembatan Semanggi dari pukul 14.30 WIB. Kemudian, pukul 17.30, keduanya bermaksud istirahat dan aplusan dengan Briptu J. Keduanya berjalan ke arah kolong jembatan untuk istirahat. Hari itu mereka seharusnya bertugas sampai pukul 22.00 WIB.

Saat sedang istirahat, mereka dipergoki oleh Bonaparte yang sedang mengawasi anak buahnya di sore hari itu.

Dari jarak cukup jauh, Bonaparte meneriakinya. Namun entah takut karena kepergok atau karena memang tidak mendengar panggilan atasannya itu, EDN dan MY bergegas berlari kembali ke titik tempat tugasnya.

Bonaparte menghampiri, menegur, dan memberikan sanksi dengan cara memukulnya. Kemudian, EDN dan MY disuruh ke pos lalu lintas di Pintu 5 Senayan dan di situ mereka diberikan pengharahan. Buntutnya, Jumat sore, kedua anggota tersebut resmi mengadukan perwira menengah itu ke SPK Polda Metro Jaya dengan sangkaan melakukan penganiayaan.

Rikwanto menjelaskan, sebenarnya diatur cara-cara pimpinan dalam menegur anggota yang dianggap tidak bekerja sebagaimana mestinya. Caranya antara lain dengan memanggil dan menanyakan sebabnya. Jika memang pelanggaran yang dilakukan anggota tersebut dirasa cukup berat, maka pimpinan bisa mengadukannya ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam).

“Misalkan tidak melaksanakan tugas dengan baik seperti tidak masuk-masuk lebih dari tiga hari tanpa alasan. Jadi bukan dengan cara-cara kekerasan,” kata Rikwanto.

Dia juga membenarkan Bonaparte akan dimutasi ke tempat lain di luar Polda Metro Jaya. Namun, Rikwanto menegaskan mutasi bukan karena adanya laporan itu. “Pengumuman mutasi itu sudah ada sebulan lalu dan sekarang yang bersangkutan tinggal menunggu proses sertijab,” ucapnya

Saat dikonfirmasi, Bonaparte membantah kejadian pemukulan itu. Mantan Kasat Lalu Lintas Wilayah Jakarta Utara ini mengatakan tidak ada kejadian dan laporan itu. Jika pun ada pengaduan, tentunya kata Bonaparte, dia sudah dipanggil. Namun sampai saat ini tidak ada pemanggilan buat dirinya. (adi)

Keita Berharap Perdamaian di Mali

Posted: 06 Feb 2012 03:32 PM PST

Keita Berharap Perdamaian di Mali"Kami ingin peperangan dan pembunuhan di bagian utara Mali dihentikan,” kata Keita.Selasa, 7 Februari 2012, 03:06 WIB Seydou Keita menendang penalti saat melawan Gabon (REUTERS/Thomas Mukoya)Koran Baru – Seydou Keita menjadi pahlawan kemenangan Mali saat melawan tuan rumah Gabon dalam babak perempat final Piala Afrika 2012 yang berlangsung di Stade d’Angondj√©, Libreville, Senin 6 Januari 2012.

Gelandang Barcelona itu sukses mengambil tendangan penalti kelima Mali saat adu tendangan penalti. Mali akhirnya menang 5-4 lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Di babak semifinal, Mali akan menghadapi lawan tangguh, Pantai Gading.

Keita mengaku tak bisa merayakan kemenangan itu. Dia merasa sedih karena saat ini tengah terjadi konflik bersenjata di negaranya.

"Ini sulit bagi kami. Kami seharusnya senang setelah menaklukkan Gabon, namun kami sedih. Kemenangan ini untuk rakyat Mali, semuanya. Apa yang pemain timnas inginkan adalah perdamaian di Mali. Kita satu negara, apakah berada di utara atau selatan, kita semua rakyat Mali," ujar Keita seperti dilansir Goal.

"Kami ingin peperangan dan pembunuhan di bagian utara Mali dihentikan, itulah sebabnya kami menyampaikan pesan ini. Kemenangan hari ini akan menyatukan kita lagi," lanjut pemain 32 tahun ini.

Pertempuran sengit pecah di Mali bulan lalu antara tentara Mali dan pemberontak Touareg dari National Movement for the Liberation of the Azawad (MNLA) – kelompok separatis yang menginginkan kemerdekaan di bagian utara Mali.

Lebih dari 20 pemberontak tewas pada saat bentrokan hari Sabtu lalu. Sementara itu puluhan ribu warga sipil dilaporkan melarikan diri dari wilayah Timbuktu.

• Koran Baru function suzuki_banner(act) {if (act == ‘close’) {$(“#ads_regularsuzuki”).show();$(“#ads_expandsuzuki”).hide();} else {$(“#ads_regularsuzuki”).hide();$(“#ads_expandsuzuki”).show();}}Loading Klasemen…

Pencarian yang tertangkap pada berita ini:

PSSI Akhirnya Restui Persipura Tampil di LCA

Posted: 06 Feb 2012 03:29 PM PST

Parade juara Persipura (Koran Baru/Banjir Ambarita)

Koran Baru - Lembar pendaftaran Persipura Jayapura mengikuti Liga Champions Asia (LCA) 2011-12 akhirnya disahkan PSSI. Menurut Ketua Harian, Persipura, La Siya, formulir tersebut telah ditandatangani Sekjen PSSI, Tri Goestoro, Senin, 6 Februari 2012.

“Sekjen telah menandatangani hard copy formulir pendaftaran Persipura. Semoga tidak ada lagi masalah,” kata La Siya di kantor PSSI, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Senin, 6 Februari 2012.

Dengan ditandatanganinya formulir tersebut, maka kepastian Persipura tampil di LCA musim ini tinggal selangkah lagi. La Siya pun berharap PSSI segera menyerahkan formulir itu ke tangan AFC.

“Hari ini saya hanya menyampaikan formulir-formulir pendaftaran dan diserahkan ke AFC. Sekarang kami ingin proses ini segara dikirimkan ke AFC karena batas waktunya hari ini,” paparnya.

La Siya juga menjelaskan, Persipura telah menentukan skuad intinya untuk berlaga di LCA. “Ada 25 pemin dan 14 official yang kami daftarkan. Official itu sudah termasuk pelatih,” ujar La Siya.

Sekjen PSSI, Tri menyatakan, formulir telah diterima dan ditandatangani PSSI. Namun menurutnya, masih ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki sebelum diserahkan kepada AFC, yakni terkait dengan pemain yang akan memperkuat Persipura dan daftar official.

“Itu terpisah, jadi harus disatukan dan formulir tersebut dikirim ke AFC lewat email,” kata Tri. Sedangkan Wakil Sekjen PSSI, Tondo Widodo menyatakan bahwa pihaknya akan segera mengirimkan formulir itu kepada AFC. “Jadi usaha kita satu-satunya adalah menyampaikan formulir ke AFC tepat waktu. Inilah bantuan PSSI kepada Persipura,” kata Tondo.

Sebelumnya pihak Persipura sempat mempertanyakan mengenai keberadaan formulir LCA yang kabarnya sudah berada di tangan PSSI. Padahal Persipura yakin formulir tersebut telah dikirimkan AFC kepada PSSI sejak Jumat lalu, 3 Februari 2012. (umi)

No comments:

Post a Comment